Cara Mendaftar Antrian Online Paspor via Aplikasi 'Antrian Online'


Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu'alaikum w.w.

Alohaaa teman-teman,
Kemarin saya sudah menulis bagaimana cara mendaftar antrian online membuat paspor via aplikasi whatsapp. Buat teman-teman yang belum baca tahapannya atau sekedar kepo gimana caranya, bisa baca disini :

Cara Mendaftar Antrian Online Paspor via Whatsapp

Nah, tulisan saya saat ini masih seputar daftar mendaftar booking nomor antrian online membuat paspor. Namun saya membuat tulisan tentang mendaftar antrian online via aplikasi "Antrian Online" yang dikeluarkan oleh pemerintah. Aplikasi Antrian Paspor ini untuk kantor imigrasi yang tidak melayani lewat whatsapp. Berikut tahapannya, dibaca yaaa...


Aplikasi Antrian Online ini diluncurkan oleh Dirjen Imigrasi Kementrian Hukum dan HAM untuk memperbaiki sistem pelayanan paspor agar lebih cepat. Mengingat kita yang harus menunggu berjam saat membuat paspor yang walk in (datang langsung).

Nah bagaimana cara mendaftarnya? yuuuk, disimak !

1. Download aplikasi "Antrian Online"
Sebelumnya kita download dulu aplikasi antrian online di Play store. Ini free, no charge. Oiya, Aplikasi ini hanya bisa di download oleh pengguna smartphone android ya, bagi pengguna Iphone (IOS) belum disediakan.
Yaaa... trus lewat mana kalau IOS nggak bisa?
Antrian Online ini bisa diakses di link ini : https://antrian.imigrasi.go.id/Layanan/
Langkah-langkahnya kurang lebih sama dengan yang di HP.


2. Register
Setelah mendownload 'Antrian Paspor'. Kita klik "masuk'.


Untuk register data kita di aplikasi tersebut, klik tulisan "Belum punya akun? Daftar sekarang".


Setelah mengisi data, nanti akan dikirimkan email verifikasi, seperti digambar.


Jika sudah di verifikasi, maka akan tampil di aplikasi pernyataan bahwa aplikasi sudah terverifikasi dan bisa digunakan.

3. Masuk Aplikasi
Jika aplikasi sudah terverifikasi, kita kembali ke halaman utama hp kita dan klik ulang aplikasi. Sekali lagi kita klik ikon 'masuk'. Lalu kita masukkan data email dan pasword yang sudah kita isi saat register.


Maka akan keluar tampilan kantor-kantor Imigrasi. Urutan kantor Imigrasi yang tampil itu berdasarkan lokasi kita membuka aplikasi, jika kita berada di Depok, maka yang paling utama adalah kantor imigrasi Depok, lanjut kanim jaksel, dst.

Daftar kanim mulai dari yang terdekat dengan aplikasi

4. Pilih Kantor Imigrasi.
Seperti yang sudah saya jelaskan di poin 3, kita tinggal mengklik kantor imigrasi yang terdekat dengan domisili kita atau yang ingin kita datangi sebagai tempat pembuatan paspor. Setelah dipilih maka akan terlihat tampilan seperti digambar. Dimana ada tanggal dan kuota yang disediakan.
Info jika kuota habis atau dibuka bukan saat jam kantor
tampilan jika sudah masuk dan masih ada kuota


5. Pilih tanggal, waktu mendaftar
Setelah masuk ke kanim yang hendak kita datangi, lanjutkan mengisi form di kanim tersebut, yang utama adalah pilih tanggal terlebih dahulu. Lalu kita memilih waktunya pagi (dibawah jam 12.00) atau siang (diatas jam 12.00). Nanti akan terlihat kuota yang disediakan oleh kanim pilihan kita.


6. Masukkan kuota pendaftar
Setelah kita mengisi tanggal dan waktu, kita lanjutkan untuk mengisi jumlah kuota pendaftar. Aplikasi akan me-reload lagi untuk mendapatkan data terbaru. Sehingga kuota yang kita daftarkan itu memenuhi kuota atau tidak.
Jika kuota masih bisa, maka lanjut ke poin 7. Tapi jika sudah diambil orang lain yang mendaftar, maka akan ada info kalau kuota tidak mencukupi atau tiba-tiba eror atau kembali ke halaman kantor kanim dengan sendirinya.


7. Masukkan data pendaftar
Jika kuota kita masih bisa, maka kita tetap di halaman form pendaftaran. Klik isi data dan masukkan nama lengkap dan NIK kita. Kalau anak yang belum mempunyai KTP, NIK bisa dilihat di Kartu Keluarga (KK). Dan pada kolom keterangan, isi dengan 'anak'.

form isian data pendaftar

8. Submit
Setelah mengisi data, maka kita bisa mengklik icon lanjut untuk menyelesaikan form pendaftaran kita. Dan sekali lagi, seperti poin 6, jika sudah penuh, tampilan akan kembali lagi ke halaman kantor imigrasi, atau eror. Tapi jika berhasil akan keluar jadwal seperti pada gambar


9. Cek jadwal dan QRcode.
Jika pendaftaran kita berhasil masuk, maka tunggu beberapa menit untuk selanjutnya menekan tulisan 'Jadwal'. Pada halaman Jadwal, akan tertera nama data kita dan jadwal waktu. Jika ingin melihat kode booking dan QRcode-nya klita tinggal klik nama kita tersebut. Jika ingin membatalkan klik titik 3 dibawah tulisan jadwal.

Jika sudah terlihat QRcodenya, sebaiknya langsung di capture. Karena khawatir sinyal jelek saat datang ke kanim pilihan kita, lalu tidak bisa membuka aplikasi, sementara kita membutuhkannya untuk mendaftar.

Contoh kode booking dan QRcode antrian

Nah, setelah mengikuti 9 tahapan mendaftar Antrian secara online, maka kita siap untuk datang ke kantor imigrasi pilihan kita.

Oiya ada beberapa hal yang wajib kita perhatikan sebelum mendaftar antrian online via aplikasi. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan :

- Per hari kanim membuka kuota 50 - 150 pendaftar. 
Entah dimulai dari kapan, kuota biasanya sudah terisi selama sebulan. Contoh jika kitgklik di bulan Januari, maka kuota biasanya dapat dibulan Februari. Bahkan jika dimusim libur kemarin bisa 2 bulan baru dapat jatah kuota.

- Sebaiknya saat membuka aplikasi untuk mendaftar dilakukan jam 8 pagi.
Sesuai dengan dimulainya jam kantor imigrasi. Seperti yang saya bilang diatas bahwa jadwal biasanya sudah terpenuhi 1 bulan. Nah, jika kita membuka jam 8 pagi, biasanya ada saja kanim yang menyebar kuota. Biasanya kuota dari orang-orang yang membatalkan mendaftar di hari itu.

- Lakukan dengan Gerak Cepat
Seperti yang saya lakukan, saat saya mendaftar di awal desember, saya mendapat jadwal di bulan februari. Tapi saya pantang menyerah, saya terus membuka apikasi setiap hari, hingga di tanggal 18 des, tiba-tiba kanim jaksel membuak kuota 50 orang , langsung saja saya daftar. Nggak pakai kebanyakan mikir.. xixixi. Setelah terdaftar saya jajal lagi untuk mengklik kanim yang sama, dan whuuuuz.. dari kuota 50 tinggal 14, cepet bangeeet ya. Jadi kalau nggak mau kehabisan kuota lagi, lakukan dengan cepat.

Selamat mencoba yaaa ^_^

Wassalam




21 komentar:

  1. Saya sudah mendaftar tp tidak dikirimi email verifikasi. Lalu bagaimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mendaftar yang mana? kalau mendaftar nomor antrian paspor memang tidak dikasih email. lihat di poin 9. Tapi kalau verifikasi aplikasi, memang harus sabar. coba cek ke spam atau promotion atau social kalau pakai gmail.

      Hapus
  2. Mau tanya, kalo kita daftarin buat temen bisa gak ya? Jadi gak ada hubungan keluarga. Apakah bisa keterangannya sama2 pribadi? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Mohon bantuan mengisi ketika registrasi kak. Kayanya udah benar, tp kok muncul tulisan no.tlp atau username sudah ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek di kolom "jadwal" kalau sudah ada jadwal kamu disana, berarti sudah masuk. Atau kamu sudah menggunakan untuk 5 pendaftaran, jadi nggak bisa digunakan lagi

      Hapus
  5. Saya sudah coba daftar tapi kenapa ya gagal terus?keterangannya user name dan no.hp sudah digunakan. Pdhal sebelumny saya blm pernah daftar. Kira2 kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kadang suka begitu. Coba uninstall lagi lalu masukkan lagi. No hp, username dan alamat email hanya bia dipakai 1x

      Hapus
  6. Mba Ade, apakah kita bisa mengambil antrian untuk orang lain contoh nya orang tua kita? Tapi saat pembuatan paspor, kita tidak ikut serta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Yang penting nama yg didaftarkan yang buat paspor dan qr codenya dipegang yg biat paspor

      Hapus
  7. pertama saya coba registrasi/ pendaftaran, namun email yang saya masukkan salah sehingga tidak dapat verifikasi, kemudian pada saat daftar ulang kembali dengan email yang benar namun system menolak dengan alasan User name sudah digunakan dan no telepon sudah digunakan.
    mohon bantuanya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. No hp, username dan email hy bs digunakan 1x Coba install ulang lagi dan gunakan pakai yg lain mas.

      Hapus
  8. mba mau tanya, kalau saya daftarin kluarga sy yg 1 KK dan kluarga saudara sy (beda KK) bisa kan, tp bisakah skligus brengan 1 waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, saya waktu itu daftar pakai nama saya saja untuk saya dan anak saya. Lalu 1 lagi saya daftar pakai nama teman saya krn dia mau ikutan juga.

      Hapus
  9. Kalo daftar didaerah bukan tempat kita berasal bisa gak? Saya jambi tp bikin passportnya dipadang

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya bisa ya, mas. Karena KK saya saja Depok dan saya daftar di Jakarta Selatan. Tapi kembalikan lagi ke imigrasi masing-maisng kotanya, Mas. Coba telp dan tanyakan apakah bisa menerima dari luar kota.

      Hapus
  10. selamat siang, sy sdh daftar via WA, sdh dpt kode persetujuan layanan paspor, ttp blm dpt kode booking , apakah kode persetujusn sdh cukup. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah dapat kode persetujuan, harusnya sudah dapat kode bookingnya. Coba ajukan lagi, mas. Saya kurang paham apakah dgn kode persetujuan bisa digunakan.

      Hapus
  11. Assalamualaikum, mba saya mau nanya.. kan saya mau daftarin adik saya, tapi di keterangan pemohon itu tidak ada pilihan "saudara", jdi untuk adik saya ini keterangan nya tetap "pribadi" atau gimana mba? Mohon bantuannya, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai pribadi aja, Mba. Kan jatahnya mba punya kesempatan 5x daftar. 1x pendaftaran bisa buat 1 KK. Saya saja daftarkan teman pakai akun saya dan saya tulis pribadi.

      Hapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^