8 Proses Merangsang Produksi ASI lebih Banyak


Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Bicara soal ASI banyak sekali yang mengeluh ASI tidak keluar. Padahal dalam Al Quran Allah sudah menjanjikan ASI akan keluar selama 2 tahun. Dan semua itu benar, kecuali memang Allah beri kelainan pada Si Ibu, baik itu berupa sakit atau kelainan organ tubuh ibu yang tidak bisa untuk memproduksi ASI.

۞ وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ ۖ لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ ۚ وَعَلَى الْمَوْلُودِ لَهُ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ ۚ لَا تُكَلَّفُ نَفْسٌ إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَا تُضَارَّ وَالِدَةٌ بِوَلَدِهَا وَلَا مَوْلُودٌ لَهُ بِوَلَدِهِ ۚ وَعَلَى الْوَارِثِ مِثْلُ ذَٰلِكَ ۗ فَإِنْ أَرَادَا فِصَالًا عَنْ تَرَاضٍ مِنْهُمَا وَتَشَاوُرٍ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِمَا ۗ وَإِنْ أَرَدْتُمْ أَنْ تَسْتَرْضِعُوا أَوْلَادَكُمْ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِذَا سَلَّمْتُمْ مَا آتَيْتُمْ بِالْمَعْرُوفِ ۗ وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ


Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma'ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.(Al Baqarah : 233)

Waktu melahirkan Adek Fi, saya dirawat di kamar kelas 1. Dikamar tersebut ada 2 pasien. Nah, saat itu, pasien sebelah mengeluh kalau ASInya tidak keluar. Neneknya sudah tidak sabar melihat ASI yang keluar sedikit dan sudah menyarankan dikasih susu formula. Pihak rumah sakit tidak mau memberikan formula, karena program ASI eksklusif. Saat suster yang menjaga Adek Fi datang, saya sempat ngobrol cantik dengan Mba Suster.

"Sus, memangnya disebelah kenapa ASInya nggak keluar?" tanya saya bisik-bisik. Iyalah bisik-bisik, wong ngomongin tetangga.. hehehe..
"Itu, bu.. sebenarnya ada ASInya, tapi katanya disusuinya cuma mau satu susu aja, sedikit katanya. Padahal bayinya normal-normal saja." Jawab suster sambil memperbaiki bedong Adek Fi untuk dibawa kembali ke ruang bayi.
"Sebenarnya kita bisa taunya darimana sih, Sus kalau bayi kita minum ASI kita dengan baik?" Mak kepo bertanya lagi, padahal susternya sudah mau jalan.
"Bayi minum ASI dengan baik itu bisa dilihat dari pub dan pipis bayi setiap harinya. Karena ASI yang membuang sisa-sisa makanan pada perut bayi saat dalam rahim. Saya pamit ya, Buu.. dadah mama, Adek ke ruang bayi dulu ya," Mba Suster pamitan untuk membawa Adek Fi ke ruang bayi.

Ok, Note Capslock dan ditebalkan yaaa..

Indikasi ASI kita ada dan diminum oleh bayi itu dilihat dari lancarnya BAB dan BAK dedek bayi

Jadi, para ibu juga para bapak, nenek, kakek, tante, dan om jangan tergesa-gesa meklaim bahwa ASI ibu itu kurang atau bahkan tidak ada. Selama dedek bayinya lancar jaya dalam urusan closet, maka ASInya tetap ada.

Satu hal lagi yang perlu diketahui, bahwa lambung bayi itu tidak seperti lambung orang dewasa. Mereka minum sesuai kebutuhan perutnya. Jika sudah full ya mereka berhenti dengan sendirinya.
photo taken by babies first action


Begitupun saat memerah ASI. Jangan langsung panik begitu ASI yang diperah dikit bangeeet cuma 10 ml. Produksi ASI itu ya tergantung dengan seberapa banyak dihisap oleh bayi.

Bicara soal produksi ASI, saya beri trik merangsang ASI agar selalu produksi banyak sesuai kebutuhan bayi, bahkan Insya Allah berlimpah. Nah, berikut hal-hal untuk merangsang ASI memproduksi banyak, yaitu :

1. Memompa ASI.
ASI itu akan terus produksi sesuai dengan permintaan. Jika permintaan banyak dari bayi, maka akan banyak pula ASI memproduksi. Agar hisapan bayi baik pada payudara kita, susui dengan posisi pelekatan yang baik. Posisi pelekatan yang baik sudah saya tulis diblog saya ini. Silakan dibaca yaa :
10 Tips Menyusui dengan Tepat.


Selain pelekatan yang tepat, kita juga bisa merangsangnya dengan memompa ASI. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Susui bayi setiap 2 jam sekali, walau bayi sedang tidur, bangunkan untuk dihisap. kecuali setelah jam 10 malam, biar kan bayi tidur tenang sampai pagi.
  • Disela 2 jam pompa ASI selama 20 menit. Jangan pedulikan jumlah ASI yang keluar, tapi fokus ke pompa ASI selama 20 menit. Kecuali pagi hari saat bangun tidur, pompa ASI sejam sekali selama 20 menit.
Bingung ya? Oke, ini saya kasih simulasinya.

Saat bangun pagi (misalkan jam 05.00) bayi A menyusu di payudara kanan selama 20 menit (5.20). Setelah selesai bayi menyusui, pompa payudara kiri selama 20 menit (5.40). Lalu selesai payudara kiri, gantian memompa payudara kanan 20 menit (6.00). Ingat bukan jumlah ASI nya yang dilihat, tapi fokus ke lama memompanya.
Sejam kemudian (pukul 7.00) bangunkan bayi untuk menyusu di payudara kiri selama 20 menit (7.20), lalu pompa payudara kanan selama 20 menit (7.40) dan pompa payudara kiri selama 20 menit (8.00).

Nah, lakukan terus hal tersebut secara rutin. Capek memang tapi hasilnya bisa terlihat jika usia bayi sudah mencapai 3 bulan. Bahkan bagi ibu bekerja pompaan bayi bisa jadi stock untuk ASI bayi selama bekerja. Oiya beri label susu yang diperah dengan tanggal perah dan waktu. Jadi kita bisa tahu  kapan kadarluasanya.

photo taken by the bump

Namun pompa 20 menit tidak berlaku saat ibu sudah mulai masuk kerja. Ibu bekerja, sempatkan waktu memerah setiap 2 - 3 jam sekali, namun perah sampai habis susunya, bukan waktu lagi.

Insya Allah jika terus melakukannya dengan tekun, ASI akan terus berlimpah, karena ASI produksi sesuai permintaan.


2. Makan Sayur/Buah Berwarna Hijau
Sayur-sayuran berwarna hijau yang banyak kandungan vitamin yang baik untuk ASI ada beberapa, yaitu Daun Pepaya, Bayam, Daun Kemangi, Daun Katuk. Pare, Labu
Pada sayur/daun-daunan berwarna hijau diatas, banyak mengandung Enzim phytoestrogens yang ada pada daun kemangi bisa digunakan untuk memproduksi ASI dalam jumlah yang banyak. 


Daun Katuk yang paling berkhasiat untuk produksi ASI


3. Makan Sayur/ Buah Berwarna Merah
Sayur yang berwarna merah bisa digunakan untuk memprosuksi ASI. Alasannya adalah sayur yang berwarna merah seperti bit, ubi jalar, bayam merah, sawi merah, pepaya dan kangkung merah kaya akan beta karoten yang baik untuk mata dan bisa digunakan untuk memperbanyak produksi ASI. Khasiat sayur merah ini juga banyak mengandung manfaat asam folat bagi ibu hamil.


4. Makan Kacang-Kacangan
Kacang dipilih karena mempunyai kandungan protein tinggi yang mampu meningkatkan produksi ASI. Seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang mete dan kacang almond. Tapi tetap dalam takaran standar ya. Jangan terlalu banyak, karena efeknya ke pencernaan.

photo taken by small footprint family


5. Minum minyak habbats dan sari kurma
Jintan hitam adalah bahasa sehari-hari untuk Habbatusaudah. Dalam jintan hitam kaya akan zat besi sehingga bisa memulihkan tenaga ibu setelah persalinan. Jinten hitam juga kaya akan protein sehingga bisa digunakan untuk memproduksi ASI. Dalam Islam dan pengobatan herbal Cina mempercayai khasiat yang terdapat pada minyak habbats. Sekarang banyak yang dikemas dalam bentuk kapsul. Untuk penambah tenaga ibu, sari kurma mampu mengatasinya. Dan sari kurma bisa menetralkan rasa getir pada minyak habbats.
photo taken by geraiherbal.com



6. Makan biji-bijian
Biji jintan hitam, biji wijen hitam dan biji adas dipercaya mampu memproduksi ASI menjadi banyak. Seperti yang saya tulis diatas bahwa jintan hitam kaya akan zat besi dan protein, wijen hitam mengandung kalisum dan adas mengandung vitamin C. Biji-bijian ini sangat dibutuhkan untuk imunitas bagi bayi yang terserap dalam ASI. Kalau berani ya kita kunyah langsung.. xixixi.. jika tidak berani, seperti saya, biji-bijian tersebut bisa kita campur kedalam masakan atau kue kita.


Wijen hitam (photo taken by she.id)


7. Perbanyak minum air putih
Siapa yang sangka banyak minum air putih mampu melancarkan ASI. Ibu menyusui butuh banyak cairan dalam tubuhnya untuk menyerap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dan dialirkan kembali ke ASI. Terkadang saat menyusui, tenggorokan kita terasa kering. Saya saja saat menyusui yang ada bawaannya ingin sekali minum es susu coklat... hahaha.. kayaknya segeeeeer banget. Jadi setiap habis menyusui sebaiknya ibu minum air putih yang banyak. Agar kebutuhan cairannya pas minimal kita minum 10 - 12 gelas per hari. 
photo taken by beneverson.com


8. Rileks (Tenangkan Hati) dan Yakin
Ini yang terpenting, karena ASI akan cepat terhenti jika kondisi badan kita tidak rileks dan stress. Silakan lakukan hal-hal menyenangkan saat menyusui atau memerah. Bisa sambil mendengarkan lagu, mendengarkan lantunan ayat suci, menyanyi, dll. Apapun yang terpenting hati kita senang.
Kalau yang saya lakukan saat menyusui Duo Fi, saya selalu mengucapkan doa berulang, "Ya Allah perbanyaklah air susuku agar anak-anakku kenyang dan menjadi anak yang sehat sehingga kelak menjadi anak yang sholeh," dan yakin Allah mengabulkan doa saya. Karena sekalipun sudah kita rangsang, tapi hati tidak yakin dan tidak rileks, akan menjadi hal yang sia-sia.

photo taken by wehearit.com


Nah, Allah sudah menjanjikan mencukupi ASI kita hingga 2 tahun, kini tinggal usahanya. Selamat berusaha ^_^

Wassalam





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^