Perlengkapan Bayi yang Wajib Disiapkan Calon Ibu

photo taken by : tokopedia

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Halo-halo, apa kabar semua?
Mempunyai baby tuh anugerah banget ya. Saking excited nya baru 4 bulan hamil saja sudah sibuk mau menyiapkan ini itu untuk perlengkapan sang buah hati. Kalau orangtua jaman dulu, terutama yang bersuku Jawa, ada pantangan untuk membeli perlengkapan bayi sebelum 7 bulan. Katanya nanti bisa membawa sial.

Kalau dari segi agama memang terkesan syirik ya dan berbau kelenik-kelenik begitu... xixixi. Pada dasarnya mungkin mereka hendak mengingatkan namun biar anak-anaknya nurut, ada bumbu nakut-nakutin. Tapi jika kita melihatnya secara logika dan pengalaman saya selama mengandung 3 anak, saya malah melihat sisi positifnya.

Kalau dalam segi kedokteran usia 7 bulan keatas (tri semeter ketiga) bayi sudah dibilang matang dan siap lahir. Sedangkan dalam Islam bayi siap lahir diusia 6 bulan, terbukti dari Ibnu Katsir rahimahullah berkata ketika menafsirkan surat Al-Ahqaf ayat 15,
وقد استدل علي، رضي الله عنه، بهذه الآية مع التي في لقمان: {وفصاله في عامين} [لقمان: 14] ، وقوله: {والوالدات يرضعن أولادهن حولين كاملين لمن أراد أن يتم الرضاعة} [البقرة: 233] ، على أن أقل مدة الحمل ستة أشهر، وهو استنباط قوي صحيح. ووافقه عليه عثمان وجماعة من الصحابة، رضي الله عنهم.
“ Ali radhiallahu ‘anhu berdalil bahwa ayat ini [Al-ahqaf: 15] bersama ayat dalam surat surat Luqman {“dan penyapihannya selama dua tahun”} dan surat firman-Nya {“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan.”} [AL-Baqarah: 223] bahwa batasan minimal lama waktu kehamilan adalah 6 bulan. Ini adalah kesimpulan yang kokoh dan shahih. Disepakati oleh Ustman dan sejumlah sahabat radhiallhu ‘anhu.” [Tafsir Al-Quran Al-Adzhim 7/280, Darul Thayyibah, cet. Ke-2, 1420 H, Asy-Syamilah]


Jika kita hubungkan dengan membeli perlengkapan bayi dibawah usia tri semeter 3, khawatir terjadi hal yang tidak dikehendaki oleh kita (karena yang punya rencana hidup matinya seseorang hanya Allah yang tahu), maka barang yang kita beli akan menjadi mubazir. Dan mubazir adalah salah satu sifat syetan. Selain itu jika bayinya meninggal, barang-barang tersebut justru akan menjadi luka hati kita. Itu sih yang saya rasakan saat anak kedua saya meninggal. Nah, kekhawatiran itulah yang ditakutkan oleh orangtua jaman dulu, bisa jadi jaman now juga.

Bicara soal perlengkapan bayi, saat ini saya hendak berbagi tentang perlengkapan bayi apa saja yang perlu disiapkan oleh calon ibu, berdasarkan pengalaman saya selama ini :



1. Pakaian
Ini adalah perlengkapan penting untuk kehadiran bayi. Ada beberapa pakaian yang diperlukan sesuai dengan usia bayi. Diantaranya yaitu :
  • Kaos bayi : belilah sebanyak selusin untuk usia 0 - 3 bln (lengan pendek 6 pcs, lengan panjang 6 pcs)
  • Kaos dalam : belilah sebanyak selusin dengan ukuran grosir (0 - 3 bln = 6 pcs dan 4 - 6 bln = 6 pcs).
  • Celana pendek : celana pendek ini biasanya baru dipakai setelah usia 2 bulan keatas. Beli untuk persiapan celana pendek (usia 0 - 6 bln) beli selusin saja cukup. Karena kalau kita beli clodi, celana pendek suka tidak terpakai.
  • Sarung tangan : ini cukup beli 2 pcs saja, karena sarung tangan bayi hanya digunakan untuk menghindari kuku tajam yang mencakar wajahnya saat tidur saja. Pilih yang karetnya tidak terlalu tebal dan kuat, jadi agak longgar saat dikenakan ke adek bayi.
  • Kaos kaki : ini juga cukup beli 2 pcs utk usia (0 - 3) bulan. kaos kaki juga hanya digunakan saat berpergian. Jadi cukup 2 pcs. kalau perlu cari kaos kaki yang sekaligus berbentuk sepatu.

kaos kasi boneka (photo taken by pricepdia)
  • Jumper : ini juga beli usia 0 - 3 bulan saja dulu dan tidak perlu banyak-banyak, cukup 2 - 3 pcs. Biasanya jumper dijual dalam bentuk 1 set yang berisi 3 pcs.
  • Leging : ini diperlukan untuk teman jumper, ini juga beli 1 set saja yang berisi 3 pcs.

2. Perlengkapan tidur
Perlengkapan tidur bayi sebenarnya ada banyak sekali, namun dari pengalaman saya yang hampir beli semua saat memiliki abang, menjadi hal sia-sia dan tidak terpakai. Nah, saya disini hanya menyebutkan perlengkapan tidur bayi sesuai kebutuhan yang saya pakai, yaitu :
  • Bedong : loh kok bedoang masuk perlengkapan tidur? Iya, bedong yang saya gunakan hanya untuk membantu bayi beradaptasi dari kehangatan di dalam rahim dengan udara dingin diluar rahim. Itu sebabnya, bedong digunakan di minggu-minggu pertama bayi lahir. Saya biasanya memakaikan bedong setelah selesai mandi dan tidur di kamar. Karena kamar saya menggunakan AC. Nggak perlu banyak-banyak belinya. Cukup beli 3 - 6 pcs saja. Karena bedong bisa dimanfaatkan kelak untuk insert clodi.
  • Alas popok : Alas popok beragam jenisnya, saya menggunakan alas popok renata yang anti tembus. Kalau dibilang anti tembus kayaknya lebay banget ya.. xixixi.. tembus hanya saja lamaaa untuk tembus melewati alas popok tersebut. Beli lah 3 - 6 pcs. Alas popok ini juga bisa dimanfaatkan untuk insert clodi kelak.

Alas ompol renata dan fungsinya (photo taken by : asibayi.com)
  • Bantal : Sebenarnya yang bagus bayi tidur tanpa bantal. Kedua anak saya tidak ada yang tidur pakai bantal. Bantal hanya digunakan di bulan-bulan pertama lahir. Saya menggunakan bantal peyang (bantal olus). Agar bentuk kepala bayi tetap bulat. Alhamdulillah kepala Abang tetap bulat walau lahir normal.
  • Kasa Nyamuk : kasa nyamuk buat bayi ini belilah yang berupa tudung saji. Cukup untuk keperluan bayi saja. Sebenarnya ada yang 1 kasur full, hanya saja repot untuk yang orang dewasanya. Saya beli akhirnya jadi mubazir. -_-
  • Selimut Bayi : duh ini bermanfaat banget sebagai pengganti bedong dan menghindari nyamuk disaat tidur malam. Bayi hanya bertahan dengan bedong biasanya seminggu. Jadi selimutlah yang menggantikannya. Jika tudung saji dipakainya saat pagi hari, selimut dipakai saat malam hari.

3. Perlengkapan mandi
Langsung saja yaaa perlengkapan mandi apa saja yang diperlukan bayi, berikut rinciannya :
  • Baby Bath : Kalau jaman baheula, untuk mandi bayi menggunakan bak mandi bayi, tapi saya tidak menggunakan itu. Karena saya sering meleset saking besarnya untuk memandikan bayi baru lahir. Bak mandi baru bisa terpakai untuk bayi yang sudah bisa duduk. Saya menggunakan Baby Bath untuk usia diatas 2 bulan. Usia 1 - 2 bulan saya menggunakan baskom sedang. Kok baskom? iya saya belajar dari suster rumah sakit, agar pas dengan badan bayi.

baby bath yang sekaligus bak mandi (photo taken by babygateaway.com)
  • Sabun bayi : Karena saya suka dengan kepraktisan, saya memilih sabun bayi yang baby bath top to toe. Satu sabun bisa digunakan dari kepala hingga kaki. 
  • Minyak jaitun : Dokter tidak menyarankan kita memberikan minyak penghangat kepada bayi (seperti minyak telon atau minyak kayu putih), itu sebabnya saya lebih memilih minyak jaitun. Saya menggunakan minyak jaitun ini sebelum mandi. Biasanya saya olesi sambil memijat halus badan bayi, baru setelah itu dimandikan dengan air hangat. Yaa, seperti kalau kita di massage di salon saja. Kan setelah itu enak tidurnya. Tapi pilih minyak jaitun yang pure buat bayi yaaa.
  • Sisir : Setelah mandi pastinya perlu sisir kaaan? Nah, ada 2 macam sisir bayi, yaitu : sisir bayi yang berbentuk sikat untuk bayi yang rambutnya tipis dan yang berbentuk sisir biasa dengan ujung sisir bulat untuk bayi yang berambut tebal.

sisi tumpul (kuning) dan sisir sikat (ungu) - photo taken by : chase value center
  • Handuk : Mungkin untuk beberapa orang, handuk buat bayi bisa menggunakan handuk orang dewasa yang sehari-hari kita pakai. Saya sih lebih prefer untuk membeli handuk khusus untuk dedek bayi. Karena kulit bayi masih sangat halus dan sensitif, maka saya memilih handuk yang lebih lembuuut dari handuk orang dewasa.
  • Perlak : Perlak digunakan untuk alas bersih-bersih setelah mandi. Karena biasanya bayi selesai mandi kita sering dapat serangan air mendadak, dan jika tidak menggunakan perlak, siap-siap saja kasur kita kebanjiran.. xixixi.
4. Perlengkapan Menyusui
Nah, untuk bayi baru lahir, makanannya hanya ASI, jadi perlengkapan menyusuilah yang disiapkan jelang lahir. Perlengkapan menyusui adalah sebagai berikut :
  • Breast Pump : Breast pump sangat diperlukan bukan hanya untuk ibu pekerja, namun untuk semua ibu. Breast pump ini diperlukan untuk membantu merangsang ASI. Diawal kelahiran tidak semua ibu mampu mengeluarkan ASI dengan baik. tidak ada salahnya dibantu dengan dipijat tangan (tentunya dengan ilmu yang benar) atau bisa dengan breast pump. Saya termasuk yang tidak bisa mengeluarkan asi dengan pijitan tangan. Tapi saya merangsang produksi ASI dengan cara ini : 8 Proses Merangsang Produksi ASI Lebih Banyak
  • Kantong ASI : Jika kita bersiap untuk merangsang ASI dengan menggunakan breast pump, maka kita memerlukan kantong ASI untuk menyimpannya.

kantong asi (photo taken by tokopedia)

    5. Perlengkapan BAB dan BAK
    Bayi baru lahir akan sangat sering untuk BAK dan BAB. Kebanyakan para ibu bermasalah diurusan ini dengan kulit bayi. Terutama bayi-bayi yang punya riwayat alergi. Nah, kita perlu menyiapkan perlengkapan apa untuk keperluan BAK dan BAB.
    • Kapas bulat : Kapas bulat ini digunakan untuk membersihkan kotoran diseputar area BAK dan BAB. Biasanya beberapa ibu nggak mau ribet, mereka lebih memilih dengan menggunakan tissu basah. Saya sih hanya membayangkan jika saya BAB atau BAK hanya dibersihkan dengan tissu basah kok ya bawaannya lengket ya. Itu sebabnya saya memilih kapas bulat. Kapas bulat ini biasanya saya masukkan di dalam kotak makan, lalu saya siram dengan air panas setelah itu di tutup. Persiapan kapas bulat ini dilakukan dipagi hari atau saat bayi baru tidur pulas, agar disaat menggunakannya, air sudah mendingin.

    kapas bulat (photo taken by : tokopedia)
    • Kotak makan : seperti penjelasan diatas, kotak makan digunakan untuk menyimpan kapas bulat yang di siram air.
    • Handuk kecil : Handuk kecil saya membelinya hingga 1 lusin, karena handuk kecil disini saya gunakan sebagai pengganti popok sekali pakai (pospak) saat berada di rumah. Saya menggunakan popok lipat kain dengan dilapisi handuk kecil di dalamnya. Selain untuk alas popok kain lipat, handuk kecil digunakan untuk mengeringkan kulit bayi setelah bersih-bersih BAK atau BAB.
    • Popok kain lipat : Seperti penjelasan sebelumnya, popok kain lipat sebagai teman dari handuk kecil. Tidak perlu beli banyak, karena popok kain lipat ini hanya digunakan diusia 1 - 2 bulan

    popok kain lipat dan handuk kecil pengganti diapers (photo taken by : keluarga syamsudin)
    • Popok kain : Popok kain ini bahasa kekiniannya dikenal dengan Clodi (Cloth Diaper) ini bisa digunakan mulai usia 3bln - 3 tahun. Clodi sebagai popok kain lanjutan dan sangat praktis. Cuma harga juga lumayan yaaa. Untuk 1 clodi saja minimal kita merogoh kocek 70K. Clodi ini saya cicil belinya dari hamil 4 bulan. Pahitnya jika terjadi kenapa-kenapa dengan bayi saya, clodi bisa saya gunakan untuk hadiah lahiran teman-teman. Pilih clodi new born 2 - 3 pcs saja, selebihnya clodi biasa yang bisa kita gunakan hingga anak usia 3 tahun. 
    • Popok sekali pakai (pospak) : Sekalipun saya menggunakan clodi atau popok kain lipat, saya juga memerlukan pospak. Pospak ini saya gunakan saat tidur malam. Dan saat saya benar-benar butuh istirahat. Atau disaat kami berpergian. Proses bersih-bersihnya jadi singkat, tinggal buang. ^_^
      6. Perlengkapan jalan-jalan
      Awal-awal lahir, kita masih menjadi sahabat dokter anak atau posyandu untuk mengkontrol perkembangan anak kita. Minimal untuk pemberian imunisasi. Nah tentunya kita perlu perlengkapan untuk membawanya keluar rumah. Apa saja yaa ?
      • Alas ganti popok portable : sekarang sudah semakin dimanjakan segala kebutuhan ibu. sudah banyak dibuat alas ganti popok portable yang bisa kita bawa kemana-mana dan praktis, dibanding harus membawa perlak kemana-mana ^_^

      alas ganti portable (photo taken by : tokopedia)
      • Apron menyusui : Apron menyusui ini di desain untuk menutupi tubuh kita saat menyusui diluar ruangan. Bentuknya seperti apron memasak, namun agak sedikit kaku dibagian leher yang berfungsi untuk melihat wajah bayi. Jadi bayi tidak merasa kehilangan wajah ibunya walau sedang menyusui.

      apron menyusui dan fungsinya (photo taken by : belfashop)
      • Tas : Tas bayi sangat kita perlukan untuk membawa perlengkapan bayi seperti popok, baju ganti, alas ganti popok portable, kapas bayi, dll. Tas perlengkapan bayi ini bisa beragam modelnya. Kalau saya prefer yang ransel, selain dapat memuat banyak barang, ransel membuat saya leluasa menggunakan 2 tangan saya tanpa harus takut tas jatuh dari gendongan.
      • Stroller : Perlengkapan ini sangat membantu kita agar tidak lelah dalam menggendong bayi. Ada beragam stroller untuk bayi. Saran saya sih, stroller tidak perlu membeli, cukup sewa bulanan. Karena stroller hanya dipakai hingga bayi 3 bulan, selebihnya mereka sudah enggan masuk ke dalam stroller. Dan sekarang banyak tempat penyewaan perlengkapan bayi, tinggal kita searching saja.
      • Gendongan bayi : untuk yang satu ini juga bermanfaat jika bayi tidak mau masuk ke dalam stroller lagi. Ada beragam bentuk gendongan bayi sesuai kebutuhan, seperti gendongan bayi samping, gendongan kantong dan gendongan hipseat. Jika hendak membeli, belilah gendongan bayi yang bisa digunakan mulai dari bayi 0 - 24 bln, bahkan lebih. Gendongan bayi ini pun bisa kita sewa juga sesuai kebutuhan usia bayi. Karena beda usia, beda pula bentuk gendongannya.
      Nah, itulah perlengkapan bayi yang harus kita persiapkan sebelum dedek bayinya lahir. Agar disaat lahir, kita sudah siap semuanya. Selamat mencari ^_^
      Semoga tulisan ini bermanfaat bagi yang membaca. Aamiin

      Wassalam




          14 komentar:

          1. Mba Ade lengkap banget dan aku belum beli semuanya padahal dah masuk 7 bulan hehehe insyaAlloh akhir bulan ini mau langsung belenjong :) makasi udah diingetin juga nih ada beberapa yang miss baca ini jadi keingetan lagi hehehe doakan aku ya mba semoga sehat n lancar aamiin

            BalasHapus
          2. Nah ini info yang dicari bumil atau calon bumil xixi. Sama mbak menurutku kaos kaki dan sarung tangan g perlu beli banyak cukup 2 piece saja. Karena anak cepet tumbuh dan pastinya cepet bisa nyopot sarung tangan sendiri haha. Dengan deretan list diatas semoga bumil bisa menyiapkan dengan baik ya persalinannya

            BalasHapus
          3. Satu lagi Ummi yang kurang, yang mesti disiapkan calon ibu... bapaknye si anak! Hahahah... BTW kalo menurut diriku, dari sisi keuangan pun mungkin juga baiknya belanja di usia hamil 7 bulan ke atas. Karena ketika baru sebulan aja udah belanja, trus pas 3 bulan lihat ada yg cakep lagi, belanja lagi, gitu terus. Iya sih duit bisa terkuras untuk belanja aja. Stroller ternyata bisa disewa juga ya.

            BalasHapus
          4. Aku bookmark ah, butuh info kalo suatu hari Allah kasih izin dapat momongan. Makasih banyak infonya yaa mba ^^

            BalasHapus
          5. Aku juga suka nabung peralatan bayi paa hamil, tapi amannya sih beli pas 7 bulanan aja, soalnya kalo dr hamil trimester satu atau dua takut jadi kalap belanja lagi dan lagi.

            BalasHapus
          6. Jadi ingat pas hamil aku hitung dulu nih mba, mana yang harus dibeli banyak dan mana yang tidak. Soalnya kuatir terbuang percuma kan sayang . Apalagi anaknya cepat gede pula

            BalasHapus
          7. Pernak-pernik buat bayi memang lucu yaa, banyak macamnya

            BalasHapus
          8. Akupun juga belanja perlengkapan pas udah 8 bulan.. seruuu.. apalagi abis itu nesting, nyuci bajunya, ngelipetin, nyiapin tas bersalin... Jadi pengen hamil lagi *lah* thanks for sharing mba.. bookmark buat adenya al hahaha

            BalasHapus
          9. Dulu pertama belanja2 saat UK sekitar 6 bulan juga, ada sih yang udah dibeli di UK sebelum 6 bulan, itupun beli online karena gak tahan godaan OLSHop yg jual pernak pernik perlengkapan baby yg lucu-lucu, hihi.
            Kayaknya kalau nanti dikasih rezeki hamil lagi (Amiiiin) gak bakal seheboh dulu, bakal lebih santai dan udah ada bayangan mana yg bener2 krusial mana yg ngga.

            BalasHapus
          10. Waktu anak pertama memang excited banget beli perintilan bayi. Setelah anak kedua aku lebih santai tapi lebih selektif pilih barang. Apalagi yang bersifat pemakaiannya lama.

            BalasHapus
          11. Perlengkapan bayiku dulu gak sebanyak itu tapi sampahnya segudang nih. Mau dikasih ke orang jg udah jelek2.

            BalasHapus
          12. Wow keren sampai ada alas ganti popok portablenya :D
            Zaman skrng perlengkapan bayi tuh unyu2 yaaa. Jd gemes gtu liatnya, bisa bikin kalap belanja emaknya hehe.
            TFS infonya mbak Ade.

            BalasHapus
          13. beli pembalut pasca melahirkan penting juga mak, hal yg gak terpikirkan pas belanja kebutuhan lahiran

            BalasHapus
          14. klo aku dr perut blm buncit udh beli2 :D maklum emaknya gampang heboh, wakaka

            BalasHapus

          Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^