Si Putih Sawi Jamur Saus Tiram


Bissmillahirrahmaanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Hai teman-teman,
Masih ingat jalan-jalan saya seharian berkuliner di Jakarta, yang diundang sama Aji-no-moto?
Yaa.. benar, Umami Food Marathon bersama Aji-no-moto dan tabloid Bintang. Bagi kamu yang belum baca acaranya bagaimana, silakan tengok tulisan saya di :
Umami Food Marathon Aji-no-moto mengungkap 5 fakta tentang MSG

Nah, pada acara tersebut, kami diberikan produk-produk dari Aji-no-moto. Salah satunya adalah SAORI. Ada 5 macam SAORI produksi dari Aji-no-moto, yaitu :
  • Saori saus tiram.
  • Saori saus asam manis.
  • Saori saus teriyaki.
  • Saori saus mentega.
  • Saori saus lada hitam.
Photo taken by ajinomoto.co.id
Tapi yang didalam goodie bag hanya ada 3, saus tiram, saus teriyaki dan saus asam manis.

Nah, ceritanya hari Minggu kemarin, saya iseng mau buat tumis-tumisan dengan menggunakan sisa bahan yang ada di lemari es. Hmm.. Ada jamur enoki, bonus dari beli Jamur krispi di Lottemart kemarin. Buat yang mau bagaimana cara masak jamur yang lainnya bisa dibaca disini :
Memasak Janur Krispi dengan 2 Cara


Jamur Enoki (photo taken by bukalapak.com)
Selain jamur enoki ada sawi putih. Sepertinya cocok buat bahan utama tumisan Saori saus tiram nih. Berhubung warna sawi dan jamur sama-sama putih jadi saya beri nama SI PUTIH SAWI JAMUR SAUS TIRAM.

Bagaimana resepnya? Yuk, kita olah!


SI PUTIH SAWI JAMUR SAUS TIRAM

Bahan-bahan :
  • Sawi putih 1 bonggol (iris kasar)
  • Jamur Enoki 1 bungkus (potong akarnya)
  • Cabe merah kriting sesukanya
  • Minyak 2 SDM
Bahan-bahan utama
Bumbu-bumbu :
  • Bawang merah 3 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • Saori saus tiram
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
Cara Membuat :
  • Kukus sawi putih dan jamur enoki kurang lebih 2 menit. 
  • Sambil menunggu kukusan, tumis bawang merah, bawang putih hingga harum, lalu masukkan cabe merah.
  • Masukkan kukusan sawi putih dan jamur enoki.
  • Masukkan gula, garam dan saori saus tiram Aduk-aduk sebentar saja, lalu angkat.
  • Tumis sawi putih dan jamur siap disajikan.
Tips memasak :
  • Untuk tumis sayuran sebaiknya jangan terlalu lama. Asalkan sudah tercampur dengan bumbunya segera angkat. Jika terlalu lama, sayur akan over cook dan terlihat sangat layu
  • Untuk jamur, jika tidak ketemu jamur enoki, bisa gunakan jamur tiram yang banyak dijual di pasar tradisional.
Nah, selesai deh.. Selamat mencoba ^_^

Wassalam




13 komentar:

  1. Wah dimasak dengan sawi jamur ya saus tiramnya. Enak ini, sayuran tapi ada rasa bumbunya. Ayo habiskan semua bumbunya hadiah dari Dapur Umami, haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. Iya.. Besok bikin apa lagi yaaa masih ada beberapa tuuuh.

      Hapus
  2. PRaktis ya masak pake aneka saus gitu
    Gak perlu pake acara ngulek aneka bumbu , masakan sudah enak rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba.. soalnya kalau ngabisin stock kulkas kan ga banyak isinya ^_^

      Hapus
  3. aku belum pernah masak jamur enoki, ternyata enak ya pakai sawi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata suamiku sih enak. Dicoba saja, Mba ^_^

      Hapus
  4. Kayaknya aku bisa mencoba resep ini. Mudah dan praktis. Saori saos tiram memang menjadikan masakan jadi lebih sedaaap.

    BalasHapus
  5. aku sering pake saori tiram n teriyaki yang lainnya belum coba pengen yang lada hitam deh hehehe sapa tau masakanku bisa jadi sekelas chef internesyenel wkwkwk *ngimpi*

    BalasHapus
  6. Aku selalu nyetok saori, tumisan apapun enaknya pake saori kalo aku. Udh klik rasanya.

    BalasHapus
  7. Aku juga selalu pake Saori buat numis, walau Chef amatir tapi jadi enak aja rasanya (menurutku), haha

    BalasHapus
  8. Barusan aku juga masak pakai Saori. Nyummy...

    BalasHapus
  9. Aku juga suka pakai saori saus tiram kl bikin tumisan. Biasanya aku tambahin ebi apalagi untuk sayuran sawi putih maupun hijau. Jadi makin terasa kelezatannya ya. Simple banget masak kayak gini. Ga perlu banyak bumbu dapur...saori emang cihuy ya mb Ade.

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^