Pisang Goreng Keju


Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Aloha, teman-teman
Siapa yang tidak kenal dengan PISANG? pastinya sudah tahu semua doooong. Sejak kecil buah pertama dikenalkan oleh orangtua kita sebagai MPASI adalah pisang. Pisang memang terkenal sebagai buah yang baik untuk pencernaan dan penambah energi bagi tubuh kita.

Saya masih ingat ketika saya masih berprofesi sebagai guru. Saya pernah ngobrol dengan teman saya, beliau adalah guru olahraga. Beliau mengatakan bahwa satu buah pisang bisa menggantikan sepiring nasi dengan lauk komplit (sayur, daging dan nasi). Karena di dalam pisang sudah mengandung banyak gizi yang tubuh kita butuhkan. Hmm... iya juga sih, saya bisa bertahan 3 - 4 jam hanya dengan memakan 2 buah pisang. Mungkin itu sebabnya pisang menjadi salah satu buah yang dijadikan makanan diet. Pernah dengar kan diet pisang? Hari ini mau bahas diet pisang? xixixi nggak kok. Terusin aja bacanya ya!

Selain buat diet, pisang juga bagus untuk kita para ibu hamil. Waktu hamil Abang dan Adek, saya diprotes dokter kandungan karena kelebihan berat badan. Duh, doook.. nggak hamil aja udah kelebihan berat badan. xixixi.. tapiii ini kelebihan berat badan buat Duo Fi itu di dalam perut. Al hasil saya disuruh diet karbohidrat. Dokter meyarankan saya untuk diet pisang. Menurut Pak Dokter, buah pisang itu kaya akan asam folat dan baik nutrisinya untuk bayi. Jadi kalaupun ibu hamil harus diet, dengan memakan pisang, Insya Allah nutrisi bayi tidak berkurang. Dasyat yaa manfaatnya pisang?

Nah, karena buah ini banyak manfaat dan kandungan gizinya, pisang menjadi salah satu buah favorite di rumah. Alhmadulillah Duo Fi suka juga dengan buah ini. Mulai lah saya cari ragam olahan makanan dari buah kuning melengkung ini. Salah satunya yang jadi favorite sebagai cemilan buka puasa pernah saya tulis resepnya di blog ini, yaitu : PISANG GENCET.

Namun kali ini saya hendak berbagi resep olahan pisang yang lain. Resep ini juga menjadi resep cemilan keluarga, yaitu PISANG GORENG MELELEH. Seperti apa resepnya? yuk, kita eksekusi..



RESEP
PISANG GORENG MELELEH


Bahan-bahan :
Pisang tanduk 3 buah
Misis/keju secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Bahan tepung :
Tepung terigu
Telor 1 butir
Vanila 1 bungkus
Margarine 2 sendok makan (cairkan)
Garam secukupnya
Air secukupnya
(Jika ingin praktis gunakan tepung instan pisang goreng.)

Cara Membuat :
Potong pisang tanduk pendek-pendek lalu rebus dengan kulitnya dan diberi sedikit garam. Agar  rasa pisang agak gurih dan warna nggak pudar.


Sambil menunggu pisang empuk, kita buat adonan tepungnya ya. Campurkan semua bahan tepung kecuali air. Aduk bahan dengan dikucuri sedikit-sedikit, hingga agak mengental.

Setelah pisang matang, kupas kulitnya, lalu lumat-lumat pisang dengan garpu hingga hancur. Setelah hancur, pipihkan ditangan dan isi dengan mises atau keju atau keju mises. Tutup dan buat bola-bola. Cara membuat bola-bolanya kurang lebih sama seperti saat membentuk bola-bola sushi/onigiri yang pernah saya videokan. Nah, jika bingung seperti apa, bisa di cek di video berikut ini :


Setelah jadi bola-bola pisang, masukkan bola-bola pisang kedalam adonan tepung. Lalu goreng pisang hingga kecoklatan. Nah, PISANG MELELEH siap disajikan!



Tips memasak :
  • Saat menggoreng pisang, minyak jangan terlalu panas. cukup panas sedang dan saat pisang sudah masuk gunakan api kecil, agar masakan tidak mudah gosong. Pisang itu kan manis, jadi kalau minyaknya kepanasan cepat gosong. Sedangkan masak dengan api kecil agar isian pisang (keju atau misis) bisa meleleh, jadi saat dibelah hasilnya akan keluar seperti lava.
  • Keju untuk isian dipotong dadu ya. Jadi tidak terlalu besar di dalam pisang. Dan gunakan keju mozarella atau keju kraft quick melted. Kalau menggunakan keju selain itu saat dibelah tidak akan meleleh. Tetap membalok.

  • Saat membuat adonan tepung jangan terlalu encer, buat agak kental sedikit, seperti kita membuat pisang goreng.

Nah, resep sudah dibagi.. saatnya di eksekusi di dapur masing-masing ya. Selamat mencoba ^_^

Wassalam





17 komentar:

  1. resepnya gampang banget ni, uji coba ah

    BalasHapus
  2. Mbak ade enak bgttttt sayang aku udh buat bakwan jd ngiler wkwwkkww... Btw tertohok dg paragraph atas tuh yg bilang satu buah pisang menggantikan nasi. Lha aku bisa empat lhooooo πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. sama kok saya juga masih suka makan 2 πŸ˜‚

      Hapus
  3. aku paling suka bikin pisang keju sma bolu pisang, emang enak sih olahan pisang itu, wangi dan rasanya enak, udah gtu bikin kenyang juga makan pisang mah

    BalasHapus
  4. Si Ayah nih yang hampir tiap hari pasca aku lahiran buat pisang keju wkwk, tapi memang enak banget buat temen ngeteh

    BalasHapus
  5. Oalaa, pas banget ni ada stok pisang tanduk. Pisang emang buah favoritku nih, bikin kenyang, jd kalo udah makan pisang lebih aman ga sembarangan nyemil deh

    BalasHapus
  6. Pisang tanduk emang ga ada duanya. Dibikin apa aja pasti enak. Apalagi dimodifikasi pake resep mb Ade ini hhhhmmmm yummy. Terasa margarinnya jd gurih, terasa kejunya makin sedap. Bisa habis sepiring full wkwkwkwkw. Kalo ga pakai margarine beda kah rasanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ga pakai margarine, rasanya kurang gurih. Dan kalau dingin jadi keras ga lembut.

      Hapus
  7. Mendadak ikutan meleleh liat si isian keju leleh ituuu. Ya ampun terasa lezatnya deh (eh masih puasa ini loh ya). Kapan2 mau deh eksekusi si pisang meleleh ini. makasih sharing resepnya Mba Ade!

    BalasHapus
  8. Mbaa, aku pengennya dibuatin pisang goreng keju ama mba Ade aja daripada bikin sendiri. Gimana dong ? Hahhaa. Makasih resepnya ya mba. Kejunya meleleh banget :)

    BalasHapus
  9. Dari kemarin baca resep masakan ade bahan dasarnya pisang, kebetulan di rumah pun lagi banyak pisang, ikutan ngolah kaya resepmu ahhh, sedap kayanya

    BalasHapus
  10. Rajin bangeeet sih mba bebikinan, ini aku belum nyoba. Pisang tanduk agak susah ya nyarinya, enak sih soalnya, hihi... Aku mau resep salad yg kemaren aja, udah ada postingannya belum yak?

    BalasHapus
  11. Boleh juga nih di praktekin, anak-anak saya suka pisang goreng, polosan aja lahap apalagi di kreasi begini..

    BalasHapus
  12. Ooo jd krn pisang manis kandungan gulanya bikin dia cepet gosong kalau gorengnya pakai minyak goreng yg ke panasan ya mbak Ade? Nyaamm makasoh resepnya. Kami sekeluarga tu pecinta pisang😁

    BalasHapus
  13. Bikin ahhh. Gampang bgt sptnya. Jd makin variatif panganan pisang yg disuguhkan utk anak anak

    BalasHapus
  14. Kudapan sederhana tapi jadi bergizi ya dengan tambahan keju. Kapan kapan buat sendiri akh maklum seribgnya beli di abang mie rebus hahaha

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^