Gyoza Lilo Says Factory Bikin Nagih


Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Hayoooo.. baca judulnya pasti yang nggak suka nonton dorama (drama Jepang) nggak tau apa itu. Jangan ngaku pencinta dorama deh kalau nggak tau makanan ini. *tunjuk tangan... xixixi... asli, kalau hanya namanya saja saya juga akan bertanya, "Makanan apa itu?" Tapi kalau lihat bentuknya, baru deh saya paham. Hanya saja saya lebih kenal dengan sebutan Dumpling dan saya pun taunya saat nonton drakor (drama Korea) bukan dorama.

Yes, Dumpling adalah nama internasionalnya. Kalau nama jepangnya Gyoza.

Gyoza siap makan

Sebenarnya asal Gyoza itu dari China. Orang China menyebutnya dengan nama Jiaozi, yaitu cemilan pembuka yang berisi daging babi atau udang yang dicampur dengan sayuran yang dicincang lalu ditutup dengan kulit. Kulitnya seperti kulit lumpia basah. Terbuat dari tepung, air dan garam. Kalau di Jepang dikenal dengan Gyoza, lain halnya dengan di Korea. Di Korea dikenal dengan sebutan Mandu. Kalau di Indonesia kayaknya serupa dengan pangsit basah.

Seperti yang saya tulis diatas, bahwa saya tau soal Gyoza ini dari drama Korea. Hingga suatu ketika ada teman yang memposting testimoni dari pelanggannya tentang rasa enak gyoza jualannya. Hmm... penasaran dooong, akhirnya saya memesan 2 paket Gyoza Lilo Says Factory. Ok, ini review saya tentang Gyoza Lilo Says Factory. Cekidot!


Yes, Lilo Says Factory adalah usaha kuliner online yang dibuat oleh Mba Cantik Uchy Sudhanto bersama suaminya. Gyozanya pakai daging babi seperti Jiozi dari China? Ya nggak, doooong... secara Mba Uchy ini muslim dan mengenakan jilbab, masa iya jual daging babi? Gyoza Lilo Says Factory ini diganti dagingnya dengan daging ayam oleh Mbak Uchy. Dan Mbak Uchy membuat 2 varian rasa Gyoza ayamnya, yaitu :
  • Gyoza Chicken
  • Gyoza Chicken Cheese
Waktu saya memesan, Mba Uchy menyarankan saya pesan lewat bukalapak. Waktu itu sedang ada promo free ongkir dari bukalapak. Selain bukalapak, Lilo Says Factory ini juga ada di Tokopedia. Hanya 2 marketplace itu saja tempat toko Lilo Says Factory berjualan.

Maka pesanlah saya 2 varian rasa Gyoza Lilo Says Factory. Saat saya memesan Gyoza yang pertama, kalau tidak salah di hari Sabtu. Dan berhubung Minggu libur, Mba Uchy meminta ijin untuk dikirimkan pada hari Senin. Memang ramah deh Mba satu ini. Pelayanannya juga cepat tanggap. Jadi enak berkomunikasi soal pesan memesan Gyoza.

Dan taraaaa... Gyoza datang tepat waktu. Gyoza Lilo Says Factory ini sudah ketuk pintu rumah, siap dimakan sama kami. Gyoza Lilo Says Factory ini dijual dalam bentuk paketan. Satu pack berisi 10 Gyoza dan ada juga yang isi 15 Gyoza. Packagingnya menggunakan kotak plastik dengan tutup diberi sticker brand.

Kemasan plastik gyoza frozen (photo by Lilo Says Factory)

Waktu tiba Gyoza di rumah, masih frozen. Lalu setelah saya kabari ke Mba Uchy bahwa Gyoza sudah mendarat mulus, beliau langsung memberikan tutorial masaknya. Saya pikir, masaknya tinggal rebus aja atau goreng aja, ternyata ada caranya toh..

Cara memasak yang diberikan oleh Mba Uchy adalah sebagai berikut.
  • Sebaiknya masak dengan menggunakan wajan teflon.
  • Olesi teflon dengan minyak goreng hingga rata.
  • Susun Gyoza di teflon dan masak dengan api kecil (jangan dibolak balik ya! biarkan Gyoza di satu sisi)
  • Setelah dibawahnya agak kecoklatan, siram dengan air hingga Gyoza terendam setengah.
  • Tutup teflon dan masak hingga air agak kering. 
Nah, Gyoza siap disajikan. Tapiiiii kata Mba Uchy lagi, kalau malas melakukannya, goreng aja langsung.. xixixixi...

Selain cara diatas, Gyoza juga bisa dimakan dengan cara dikukus atau direbus untuk dimasukkan kedalam sop, atau tambahan makanan lain loooh.

Akhirnya saya memasak dengan cara seperti panduan yang Mba Uchy berikan. Setelah selesai, taburi Gyoza dengan  kuah cabe yang diberikan dalam 1 paket. Pas saya coba.. hmm... duuuh, saya sukaaaaa sekali.

Rasa ayam dan sayurannya, pas banget dilidah. Gurih, tapi nggak terlalu gurih. Paduan dengan kuah cabenya itu yang membuat makin nikmat rasa Gyoza Lilo Says Factory. Saya paling suka dengan kuah cabenya. Kalau saya terka niiih, kuah cabenya itu terbuat dari bubuk cabe Jepang yang dimasak dengan minyak wijen. Kalau salah maaf niiih, namanya juga nerka. ^_^

Dari 2 varian Gyoza produksi Lilo Says Factory, saya lebih suka dengan yang Chicken Cheese. Rasa gurihnya makin mantab. Maklum lah lidah bule, jadi rasa keju is the best.. hahaha.. Bule potan?

Kuah Cabe Gyoza (photo by Lilo Says Factory)

Gyoza Lilo Says Factory juga bisa dikirim dalam bentuk siap makan. Tapi menurut selera saya nih ya, Gyoza ini enaknya dimakan saat panas/hangat. Kalau sudah dingin, saya kurang suka. Jadi kalau terima Gyoza yang sudah siap makan, sebaiknya dihangatkan dulu dengan dikukus atau di taro sebentar di rice cooker. Bagi yang punya microwave, bisa dipanaskan di microwave.
Kemasan kotak Gyoza siap makan (photo taken by Lilo Says Factory)

Gyoza juga bisa dimakan bersama nasi putih sebagai lauk. Dimakan langsung juga enyaaaak. Rasa enak ini bukan cuma saya saja yang bilang. Waktu menikmati pesanan kedua kalinya, saya sajikan Gyoza ke gurunya Abang Fi. Kebetulan Abang Fi sedang ada les privat di rumah. Saya sajikan hangat tanpa saya beri kuah cabenya. Xixixi.. kuah cabenya saya umpetin. Habis dikasihnya cuma bungkus kecil, sementara saya suka banget sama kuah cabenya. Kuah cabe inilah yang menjadi resep rahasia enak dan larisnya Gyoza Lilo Says Factory.

Tante Elita, guru private-nya Abang Fi, begitu mencoba satu langsung bilang, "Iiih, Mba enak ini.. apa namanya?"
"Enak?"
"Enak banget, Mba. Aku Suka. Mba buat sendiri?"
"Nggak.. pesen. Sebenarnya ada kuah cabenya, Ta. Tapi cuma sedikit, maaf yaaa nggak dikasih!"
"Iih nggak pake kuah cabe aja sudah enak, Mba. Serius aku!"

Tante Elita, Gurunya Abang Fi sedang menikmati Gyoza

Nah, berarti bukan saya saja kan yang bilang enak. Penasaran yaaa? Kalau penasaran coba kamu kepoin aja Instagram @lilosaysfactory atau pemiliknya, Mba @uchysudhanto. Kalau mau lihat testimoni pembelinya bisa kepoin hastag instagramnya #lilosaysfactory atau #lilosayastesti #lilosaysgyoza

Oiya.. untuk harga, 1 paket Lilo Says Factory adalah sebagai berikut :

1. Gyoza Ayam (Chiken Gyoza)
  • Isi 10 + kuah cabe hanya Rp 35.000
  • Isi 15 + kuah cabe hanya Rp 52.500
  • Party Pack isi 60 + kuah cabe Rp 200.000
2. Gyoza Ayam Keju (Chiken Cheese Gyoza)
  • Isi 10 + kuah cabe hanya Rp 40.000
  • Isi 15 + kuah cabe hanya Rp 60.000
  • Party Pack isi 60 + kuah cabe Rp 230.000
Setiap paket diberikan 1 kuah cabe. Nah, kita bisa menambah kuah cabenya dengan tambahan harga Rp 3.000/bungkus.

Penasaran kaaaan mau tahu gimana rasanya? Teman-teman bisa pesan langsung ke Whatsapp Lilo Says Factory di 082297349511.  Gyoza siap dikirim ke rumah kita, sesuai taglinenya This was made for you. Tapi maaf yaaa.. baru untuk wilayah Jabodetabek yang dilayani. ^_^

Selamat memesan ^_^

Wassalam





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^