4 Beda Kopi Plus Gula Kapal Api Special Mix dan Kapal Api Mantap

Buat pencinta kopi pastinya sudah kenal dong dengan brand kopi Kapal Api. Nah, dari produknya Kapal Api ada varian kopi plus gula dari Kapal Api Special Mix dan Kapal Api Mantap. Nah, dari kedua varian itu bingung ngebedainnya? Nggak usah bingung, kali ini saya akan tuliskan Beda Kopi Plus Gula Kapal Api Special Mix dan Kapal Api Mantap. Cekidot!

Beda Kopi Plus Gula Kapal Api Special Mix dan Kapal Api Mantap

Bismillahirrahmanirrahiim, Beda Kopi Plus Gula Kapal Api Special Mix dan Kapal Api Mantap

Minum kopi adalah hal wajib buat saya dan Pak Suami sebagai teman camilan. Kalau saya sih biasanya minum sore hari, sedangkan Pak Suami jadwal minumnya pagi dan sore. Brand kopi andalan kami di rumah adalah Kopi Kapal Api. Jadi setiap belanja bulanan, saya pasti beli untuk stock kopi di rumah. Biar praktis kami memilih kopi plus gula, biar langsung seduh. Awalnya saya beli kopi plus gula Kapal Api Special Mix. Nah, pas sedang belanja, saya melihat ada kopi plus gula varian Kapal Api Mantap. Hmm.. jadi kepo deh Beda Kopi Plus Gula Kapal Api Special Mix dan Kapal Api Mantap.


Melihat ada kopi plus gula dengan 2 varian rasa, saya tanya dengan pramuniaganya apa beda kopi plus gula Kapal Api Special Mix dan Kapal Api Mantap. Dan semua pramuniaga, baik yang di mini market atau yang di super market, nggak ada yang bisa jawab bedanya apa. Mereka jawabnya selalu sama.. "Yaa, sama aja sih, Bu. Cuma beda harga aja" Duuuh bukan jawaban yang saya mau itu.


Beda Kopi Plus Gula Kapal Api Special Mix dan Kapal Api Mantap

Akhirnya, untuk melepas rasa penasaran saya, saya beli keduanya. Dirumah kami sama-sama merasakan dan ini beda kopi plus gula Kapal Api Special Mix dan Kapal Api Mantap.


1. Warna dan Kekentalan Kopi

Saat pertama kali saya menyeduh kedua varian kopi Kapal Api tersebut, saya sudah melihat perbedaannya. Warna Kopi Kapal Api Mantap lebih hitam dari warna Kopi Kapal Api Special Mix. Kekentalannya pun lebih kental Kopi Kapal Api Mantap daripada Kopi Kapal Api Special Mix. Kalau dibayangkan, Kopi Kapal Api Mantap ini seperti kopi tubruk.

Beda Kopi Plus Gula Kapal Api Special Mix dan Kapal Api Mantap
Beda Kopi Plus Gula Kapal Api Special Mix dan Kapal Api Mantap


2. Rasa Kopi

Bukan cuma warnanya saja, dari rasa juga agak berbeda. Untuk rasa pastinya berkaitan dengan bahan yang digunakan ya. Kalau soal kopinya, nggak usah diragukan lagi lah.. Kopi Kapal Api pasti menggunakan kopi terbaik. Tapi bagaimana dengan gulanya? Nah, rasa manis inilah yang membedakan kedua varian Kopi Kapal Api yang kita bahas kali ini. Kopi Kapal Api Special Mix lebih manis dibanding dengan Kopi Kapal Api Mantap. Jadi buat yang pencinta rasa manis, sebaiknya memilih Kopi Kapal Api Special Mix. Sedangkan buat saya dan Pak Suami tidak suka terlalu manis, jadi tau yaaa kita memilih yang mana? Yes, kita memilih Kopi Kapal Api Mantap.


3. Harga Kopi

Dari harga pun juga beda, Harga Kopi Kapal Api Special Mix lebih mahal daripada Kopi Kapal Api Mantap. Nah, untuk harga ini saya sempat membaca alasannya di grup Facebook Kapal Api. Kopi Kapal Api Special Mix bisa jadi lebih mahal karena iklan Kopi Kapal Api Special Miz beredar dimana-mana. 


Coba saya tanya.. sesering apa teman-teman lihat iklan Kopi Kapal Api Mantab di media elektronik atau media cetak? Belum kaaan? Malah nggak pernah lihat (eh, itu saya ding yang nggak pernah lihat iklan Kopi Kapal Api Mantap). Saya seringnya iklan Kopi Kapal Api Special Mix. Jadi secara logika wajar saja sih kalau harga Kopi Kapal Api Special Mix lebih mahal dibanding dengan Kopi Kapal Api Mantap.


4. Kemasan Kopi

Nah, itu Beda Kopi Plus Gula Kapal Api Special Mix dan Kapal Api Mantap. Selebihnya semua sama. Eh, kemasan juga beda sih.. tapi kan itu nggak perlu dibahas kali yaaa.. secara dah keliatan langsung saat membeli dan itu tidak mempengaruhi untuk cita rasa para pencinta kopi. 

Tapi sayangnya di Kopi Kapal Api Mantap saya tidak melihat takaran kalori dan nutrisi per sajinya. Padahal itu jadi perhatian saya setiap kali hendak membeli produk makanan atau minuman apapun, termasuk kopi.

Beda Kopi Plus Gula Kapal Api Special Mix dan Kapal Api Mantap

Beda Kopi Plus Gula Kapal Api Special Mix dan Kapal Api Mantap


Alasan Memilih Kopi Kapal Api

Sejak pertama kali keluar promosi di media elektronik, kopi kapal api ini sudah menggoda banget dengan ciri khasnya. Yaitu wangi kopinya bisa membuat kita bangun dari tidur. Sampai sekarang pun iklan kopi kapal api kan seperti itu, wangi kopi yang menyeruak membuat orang jadi beralih ingin minum kopinya.


Biasanya real produk dengan iklan ada beberapa yang nggak sesuai dengan tagline atau brand yang mau diangkat. Tidak demikian dengan kopi kapal api. Sejak awal mencobanya saya memang senang sekali dengan wangi kopi yang keluar saat membuka kemasan kopi kapal api. Wanginya sudah menyeruak dari sebelum di sedu. Saat di sedu pun wangi kopinya makin jadi. Benar-benar menggoda untuk diminum. Malah pernah saking wanginya.. bubuk kopi kapal api saya pakai buat pengharum ruangan dan kulkas.. xixixi.. Lumayan daaah ilang bau apek kulkas dan ruangan. Saya biasanya meletakan di dalam gelas lalu ditaro di ruangan atau dalam chiller kulkas.


Alasan lain yang saya suka dari kopi kapal api ini, rasanya. Untuk kopi saya memang sejak dulu pencinta kopi hitam, jadi saya suka kopi kapal api yang varian kopi hitamnya. Sampai saat ini saya belum pindak ke lain hati untuk produk kopi hitam selain kopi kapal api. Saya sudah bermacam merk kopi hitam lainnya, belum ada yang nandingin rasa kopi hitamnya kapal api. Rasa kopi kapal api ini jadi favorite keluarga juga.


Bahkan untuk takaran kopi mix gula saja itu pas banget. Nggak terlalu manis dan tidak terlalu pahit. Nah, sejak ada 2 varian kopi hitam kapal api, kini saya punya pembanding. Dulu cintanya hanya kopi kapal api special mix, mau itu kopinya saja ataupun kopi plus gula. Kiniii.. setelah ada kopi plus gula kapal api mantap, saya beralih ke kopi plus gula kapal api mantap.


Mengapa di tempat saya tidak ada Kopi Kapal Api Mantap?

Setelah tau beda Kopi Plus Gula Kapal Api Special Mix dan Kapal Api Mantap, kini penasaran kaaan mau coba keduanya? Buat yang penasaran, teman-teman bisa cari di supermarket ataupun di mini market mana pun untuk kopi plus gula kapal api special mix. Sedangkan untuk kopi plus gula kapal api mantab sepertinya tidak semua ada. Kenapa? karena memang semua permintaan barang sesuai dengan mini market yang akan menjualnya.


Iklan juga berpengaruh terhadap permintaan pembeli. Yaa seperti yang saya tulis diatas, saya saja baru tau ada varian Kapal Api Mantap itu saat belanja di mini market, bukan dari iklan.


Ok, sekarang teman-teman sudah tau kaaan beda Kopi Plus Gula Kapal Api Special Mix dan Kapal Api Mantap? Silakan kalau teman-teman mau membuktikan kenikmatan kedua kopi kapal api diatas. Selamat mencoba ^_^



Wassalam






31 comments

  1. aku suka banget yang special mix, cocok buat sarapan bersama roti di pagi hari :D

    ReplyDelete
  2. Kalo saya merasa justru yg mantap yang terlalu manis hehe...Saya lebih sering minum yg spesial mix. Ternyata kita sama2 penggemar kopi kapal api ya... hehe

    ReplyDelete
  3. Memang kelihatan sekali bedanya waktu sudah di seduh ya, saya biasa beli yg original buat persediaan tamu saja. saya maupun suami gak ngopi hehe

    ReplyDelete
  4. Jadi paham bedanya dan kapal api menyediakan varian kopi sebagai pilihan ya, Mbak

    Saya dan suami pecinta kopi, setiap hari bisa dua cangkir kopi dibuat, tapi kopi tanpa gula. jadi kopinya dipress sediri karena mesin penggilingnya rusak, hikssss.

    ReplyDelete
  5. Auto ngerebus air di dapur mbaaa wkwkw
    aku syukaakk sama varian Kopi Kapal Api ini
    bener2 membangkitkan semangaatt!

    ReplyDelete
  6. Wah, aku baru ngeh kalau ternyata Kopi Kapal Api ada 2 varian kayak gini. Pahamnya duluuuu Kapal Api ini hitam pekat doang, sekarang ada yang mix ya. Kapan2 mau beli ah serenceng, buat gopi sambil ngeblog atau santai2 nonton tv kan pas tuh. Item2nya ngambang atau ga, mbak? Karena mesti nunggu ampas kopinya turun baru dimimi hihihi :D

    ReplyDelete
  7. Aku termasukk penggemar kopi kapal api mbk. Tiap belanja bulanan pasti beli ini. Untuk yang sasetan pake gula, paling belinya kadang kadang kalo suami request. Etapi, baru tau yang mantap.. Asal beli aja biasanya kl sasetan pokoknya kapal api hehehe

    ReplyDelete
  8. Oalah aku pikir harganya lebih mahal yang mix karena gulanya lebih banyak yang mix, hehe.

    Dulu waktu aku masih TK, tiap maghrib minumnya kopi Kapal Api juga. Ibu dulu suka belanja di koperasi karyawan kan sering dapat mug tiap beli berapa Kapal Api itu, hihi. Jadilah stok Kapal Api itu selalu banyak.

    ReplyDelete
  9. wah aku juga belum pernah nemu kopi kapal api mantap. Saya biasa beli yang murni kopi, spesial kadang juga yang varian kapal api kopi lampung. kalau yang kopi plus gula belum pernah

    ReplyDelete
  10. tosss sesama pecinta kopi hitam :)
    brand kapal api ini keren yaa...tetap bertahan di tengah kemunculan brand kopi kemasan baru.
    Kalau kita lihat di minimarket/supermarket, makin banyak aja merk kopi yang bisa kita pilih.

    ReplyDelete
  11. Mba Ade, jujur aku kiranya ya kopi kapal api ya kopi kapal api saja. Maksudnya nggak ada tahu bahwa ada kopi kapal api mantap. Enak sih soalnya ya koopi kapal api ini

    ReplyDelete
  12. Keren ulasannya..sesama pecinta Kapalapi toss..
    Tapi ada satu nih varian Kapalapi yang adanya cuman disekitaran pabriknya, didaerahku Sepanjang, yaitu Kapalapi SP.

    ReplyDelete
  13. Kopi tubruk pabrikan lokal terenak sepanjang masa sih kalo Kapal Api, emang seenak itu dan khas indonesia banget,,, tapi aku tetep suka yang kapal api mantap sih dari jaman kakek suka pake yang itu aja

    ReplyDelete
  14. Saya belum pernah cobain kopi Kapal Api Mantap. Kalau yang special mix buat saya terlalu manis. Mungkin lain kali saya mau cobain yang Mantap. Karena kalau baca uraiannya di sini, kopinya lebih pekat

    ReplyDelete
  15. Saya juga kini milih yang kapal api mantap, Mbak. Lebih kopi gituuu. Apalagi lebih mUrah. Hahaha.

    ReplyDelete
  16. Makin tahu nih Kopi Kapal Api banyak jenisnya. Selama ini hanya beli yang kopi original, hanya kopi bubuk aja. Jadi pengen nyicipin juga Kopi Kapal Api Mantap.

    ReplyDelete
  17. ini kopi favorit sejuta umat di seluruh penjuru masyarakat Indonesia, bapakku juga seneng ngopi merk ini yang less suugar tapinya

    ReplyDelete
  18. Kalau inget kapal api ingetnya kopi yang diminum bapakku hehehe
    Ibuku soalnya nyetok juga hehe
    Aku lbh suka kopi yang ada krimernya atau kopi yang dibuat di kafe dan bisa dibeli bubukannya itu :D

    ReplyDelete
  19. Suamiku yang suka banget kopi kapal api, aku baru tahu ternyata beda ya keduanya dan nggak semua ada stoknya di minimarket ya..

    ReplyDelete
  20. Ini tuh kopi favorit papahku banget kak, btw sekarang kayaknya ada kopi Kapal Api baru juga deh mbak Ade. Jadi kangen ngopi bareng sama papaku ini lihat si Kapal Api.

    ReplyDelete
  21. Kopi kesukaan bapak sy ini kapal api dari sy kecil . Sy kurang suka kopi, kalau minum paling nyicipin doank punya suami. Tapi walaupu ga terlalu suka kopi suka banget sama aroma kopi

    ReplyDelete
  22. kapal api ini, kopi andalan keluarga ku
    dulu, almarhum papaku juga minum kopi kapal api
    sekarang, suamiku juga minum kopi kapal api
    dia suka yg special mix

    ReplyDelete
  23. Mendadak kangen minum kopi kapal api ini. kalau yang kapal api mantap belum pernah nyoba sih Mbak.

    ReplyDelete
  24. Bapakku sejak zaman aku kecil kopinya ya kapal api sampe sekwrang udah setia hahaha tp variannya yg kopi ga gula kalau koli gula ini biasanya mertua

    ReplyDelete
  25. Wah, baru tahu saya dengan Kopi Kapal Api Mantap ini. Belom pernah minum. Selama ini minum yang special mix. Kepengen deh sesekali nyoba yang Mantap ini. Kudu nyari nih.

    ReplyDelete
  26. Salah satu merk kopi saset favorit.. Yang special emang lebih nendang rasanya.. Jadi pengen ngopi..hehe

    ReplyDelete
  27. Bagaimana dengan ampasnya, kak?
    Apakah keduanya sama-sama berampas?
    Karena kalau minum Kopi Kapal Api itu kudu didiemin dulu, hihi...kadang kalau lagi kebelet minum, langsung aku minum juga siih..

    ReplyDelete
  28. wah penggemar kopi kapal api, aku karena gak bisa minum kopi ya, gak punya merk favorit

    ReplyDelete
  29. ini baru cobain yg kp.mantapp
    sp.mix:
    aroma lebih wangi dan texture kopi haluss
    mantap:
    texture kopi kasar pekat
    jadi suka yg sp.mix ajaa

    ReplyDelete
  30. Kapal api ini kopi pertamaku icip pny papa, sampai skrg tetap jadi nostalgia.

    ReplyDelete
  31. Awalnya memang saya rasakan bedanya seperti itu juga soal warna dan rasa. Tapi sekarang menurut saya sudah sama kok...kopi mantap nggak hitam lagi dan rasanya juga jauh lebih manis...sama sprt yg merah. Sebenarnya pingin komplain ke produsennya langsung. Sama juga buat yg kemasan besar....kecewa jadinya

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^