Tips Mencegah Penyebab Kematian Anak dengan Tisu Basah Antiseptik

penyebab kematian anak

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum w.w.

Kalau baca judulnya, kita pasti bertanya-tanya. Apa iya tisu basah antiseptik bisa mengurangi penyebab kematian anak?

Saya pun demikian. Awalnya saya bingung dan tidak percaya, tapi setelah mendengar pemaparan dari dr. Herbowo Agung Soetomenggolo, Spa(K), dokter anak yang hadir pada acara blogger gathering Rabu, 9 Mei kemarin, saya mulai paham.

SUASANA ACARA MITU BABY GATHERING

Acara blogger gathering yang saya hadiri ini diselenggarakan oleh Godrej Indonesia. yang bekerjasama dengan Komunitas Emak Blogger (KEB). Acara tersebut berlangsung di :

Ev Hive D.Lab
Jl. Riau No.1, RT.9/RW.5
Gondangdia - Menteng
Jakarta Pusat

Seperti biasa saya berangkat menggunakan commuterline. Saya yang biasanya naik commuterline tujuan Tanah Abang setiap kali ada acara blogger gathering, kali ini saya menaiki jurusan Jakarta Kota. Karena tempat acara dekat dengan stasiun Gondangdia.

Acara dimulai pukul 13.30 WIB. Supaya tidak telat, biasanya saya berangkat 2 jam sebelumnya. Jadi sampai disana saya punya waktu longgar untuk melakukan hal lain.

Berhubung saya jalan sebelum dzuhur, maka setibanya saya disana, saya langsung menuju ke mushollah. Selesai sholat, saya langsung menuju ke lantai 2, dimana acara Mitu Gathering dimulai.

Begitu memasuki lantai 2, saya melihat beberapa teman sedang sibuk berfoto ria di photo boots Mitu. Sesuai arahan Mba MC hari itu, Mba Ankatama. Tujuan foto untuk lomba post instagram.

penyebab kematian anak
kehebohan teman-teman blogger mengambil foto terbaik.

Selain photo boots, kami juga diminta untuk menikmati coffee break yang disediakan. Hmm..

penyebab kematian anak
Area cofee break

Pada acara tersebut, kami para mom blogger diijinkan membawa anak. Karena disudut ruangan dekat pintu masuk, disediakan playgroundnya oleh panitia. Jadi anak bisa sedikit tenang dan nyaman selama acara.
penyebab kematian anak
Playgorund di acara Mitu Blogger Gathering

Tepat pukul 14.00 Mba MC pun membuka acara. Acara dibuka dengan ice breaking untuk para mom blogger berupa mengingat gambar yang ditampilkan dilayar.

Sayangnya kami tidak boleh memfotonya, karena gambar yang ditampilkan merupakan jawaban dari pertanyaan yang diberikan Mba MC. Tapi saya sempat mencatatnya.. xixixi… bukan curang looh, tapi kreatif (muji diri sendiri.. hahaha).

penyebab kematian anak
Mba Ankatama, MC acara Mitu Blogger Gathering (photo by adeufi)

Saya pikir saat itu jawaban akan diberikan oleh Mba MC, ternyata jawabannya diberikan oleh pak dokter berupa penjelasan lengkap tentang penyebab kematian anak.

Nah, seperti apa penjabarannya? Yuk, lanjutkan!

Bebelac GO! Susu UHT Bernutrisi dan 5 Alasan Memilihnya untuk Anak

susu uht bernutrisi

Bismillahirrahmaanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Alhamdulillah saya dan keluarga (termasuk anak-anak saya), senang sekali jalan-jalan. Anak-anak saya bisa jauh lebih anteng disaat saya ajak mereka jalan-jalan.

Resiko mengajak jalan-jalan itu ya sudah pasti, barang bawaannya banyak. Terutama barang-barangnya Adek Fi yang masih berusia 2 tahun.

Mulai dari baju ganti, diapers, tisu basah, tisu kering, handuk kecil dan yang tak terlupakan cemilan serta susu uht bernutrisi.

Bagi yang suka membaca tulisan saya, tentunya tau kalau Adek Fi ini anak setengah bule. Apaan tuh anak setengah bule?

Baca : Adek Fi Anak setengah bule

Kalau bule kan nggak suka nasi, nah Adek Fi juga termasuk anak yang susah masuk nasi. Bukan nggak suka ya, tapi kurang suka.

Jika boleh memilih, dia akan memilih kentang goreng daripada nasi. Karena menurut saya, makan yang dikonsumsinya bukan nasi dan (masih menurut saya yaaaa) tidak mengenyangkan, saya biasanya mendampinginya dengan susu.

Nah, makin sempurna deh bulenya.. xixixi..

Bicara soal susu, Adek Fi termasuk yang dominan susu jika sedang jalan-jalan. Itu sebabnya saya selalu membawa susu uht bernutrisi dalam ransel perjalanan saya. Susu uht-nya khusus buat Adek Fi.

Nah, kebetulan kemarin saya dikasih tau oleh teman bahwa Bebelac mengeluarkan susu uht bernutrisi. Wah, kepo dooong. Dia memberikan beberapa alasan kenapa saya harus mencoba Bebelac GO! untuk anak.

Inilah 5 alasan teman saya, saat menyarankan saya untuk memberikan Bebelac GO! susu uht bernutrisi kepada Adek Fi. Dan saya pun mengiyakan semua alasan tersebut.

1. Ada Logo Halal MUI dan Tercatat di BPOM RI

Alasan yang diberikan teman seolah tau kalau saya tuh pasti pertama kali selalu mencari 2 hal ini pada makanan/minuman kemasan. Dan itu penting buat saya.

Jika sudah ada logo halal MUI dan nomor BPOM, sudah pasti makanannya aman dikonsumsi khususnya muslim seperti saya.

susu uht bernutrisi
Logo halal MUI pada kemasan Bebelac GO! susu uht bernutrisi
Tanpa adanya 2 lembaga tersebut, lalu dengan apa kita bisa percaya bahwa makanan/minuman itu aman dikonsumsi dan halal?

Untuk mencek kehalalan Bebelac GO! terdaftar atau tidak di MUI bisa dilihat disini.

2. Kadar gula rendah

Gula jika dikonsumsi terlalu banyak, maka akan berakibat buruk bagi si anak. Salah satu efeknya adalah kurangnya kekebalan tubuh bagi anak. (info : balitapedia.com)

Tubuh memiliki banyak bakteri bagus yang mencerna makanan, memproduksi vitamin, dan melindungi dari kuman serta penyakit. Tapi ketika anak mengonsumsi terlalu banyak gula, ini bisa mengubah keseimbangan antara bakteri baik dan jahat dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Meski anak masih sering batuk pilek, gejalanya bisa dikurangi bila asupan gula dikurangi.
Nah, temanku mengatakan Bebelac GO! susu uht bernutrisi ini memiliki kadar gula yang rendah.

Jadi aman untuk dikonsumsi sehari-hari bukan hanya sebagai selingan. Dan hal tersebut ada pada info dikemasannya.

3. Mempunyai komposisi yang baik bagi anak

Pada Bebelac GO! terdapat kandungan yang mendukung pemenuhan nutrisi bagi anak, yaitu:

a. Omega 3&6 

Semua orangtua pasti tau kalau omega 3&6 berfungsi untuk tumbuh kembang kecerdasan otaknya. dan semua ini masuk kedalam kandungan Bebelac GO! susu uht bernutrisi.

b. Serat pangan inulin 

Yaitu nutrisi yang mendukung fungsi saluran cerna anak. Karena jika saluran cernanya baik, maka syaraf-syaraf otaknya akan tumbuh dengan baik sehingga anak akan tumbuh menjadi anak cerdas dengan tanggap yang lengkap.

c. Vitamin & mineral 

Vitamin dan mineral ini mendukung tumbuh kembang anak semakin optimal. Agar nutrisi disalurkan dengan baik ke tubuh si anak.

Ketiga nutrisi yang terdapat dalam Bebelac GO! susu uht adalah nutrisi yang membantu tumbuh kembang anak.

Baca : Faktor tumbuh kembang anak menjadi anak cerdas tanggap yang lengkap.

Jadi pas banget kaaan kalau Bebelac GO! susu uht memiliki kandungan baik bagi balita dalam masa tumbuh kembangnya.

susu uht bernutrisi


4. Praktis

Bebelac GO! susu uht bernutrisi ini sangat praktis. Selain praktis juga susu uht bernutrisi. Nggak perlu pakai sedu-sedu, tinggal sedot. Dan bisa dibawa kemana-mana. Nah cocok kaaan dengan saya yang sering berpergian mengajak Adek Fi.

5. Mudah Didapat

Bebelac GO! Walaupun produk yang baru keluar, tapi sekarang mudah kita temui di minimarket atau supermarket yang tersebar dimana-mana. Selain di minimarket, Bebelac GO! juga banyak dijual secara online loooh. Jadi kalau pas lagi dijalan habis, cepat kita bisa beli tambahannya.

Nah, kelima alasan tersebut membuat saya ingin mencoba Bebelac GO! untuk diberikan ke Adek Fi. Dan Sebelum diberikan, biasanya saya coba minum terlebih dahulu, untuk mengetahui rasanya. Dan ternyata memang enak.

Buat saya yang pencinta susu, sangat terasa sekali dilidah susunya, bukan susu yang kebanyakan air. Namun nggak bikin eneg. Walaupun kadar gula rendah tetap enak.

Dan saya coba berikan kepada Adek Fi, alhamdulillah Adek Fi suka.

susu uht bernutrisi
Adek Fi minum 2 kotak Bebelac GO! saking sukanya (photo by ade ufi)

Dengan isi sebanyak 112 ml, pas banget untuk ukuran minum susunya Adek Fi. Jadi susunya tidak mubazir terbuang percuma karena kebanyakan.

Sehari Adek Fi biasanya minum susu sebanyak 4 kali, sesuai anjuran kesehatan. Namun kalau sedang jalan-jalan mungkin bisa lebih dari 4 kali.

Untuk varian rasanya, Bebelac GO! ini baru memiliki 2 varian rasa yang banyak disukai anak-anak, yaitu Coklat dan Vanila.

susu uht bernutrisi
varian rasa Bebelac GO! susu uht bernutrisi

Adek Fi suka keduanya, tapi kalau disuruh memilih maka ia akan memilih yang coklat. Hehehe.. Yes, coklat memang kesukaan semua anak-anak.

susu uht bernutrisi
Bebelac GO! susu uht bernutrisi rasa coklat kesukaan Adek Fi
Alhamdulillah saya dikenalkan dengan Bebelac GO! untuk Adek Fi. Akhirnya saya dapat juga susu uht bernutrisi yang kualitas dan komposisinya sesuai dengan kebutuhan Adek Fi.

Sekarang kalau berpergian kemanapun susu yang saya utamakan bawa adalah susu uht bernutrisi, yaitu Bebelac GO!

Oiya, sekarang  beli Bebelac GO! susu uht bernutrisi ini bisa dapat reward looh.


Buat teman-teman yang ingin tau lebih lengkap informasi tentang Bebelac GO! ini, teman-teman bisa kepoin :

Facebook : https://www.facebook.com/BebeclubIndonesia/
Website : https://bebeclub.co.id/

Nah, saya sudah kenalan nih dengan Bebelac GO! Bagaimana dengan teman-teman? Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua yaa.

Wassalam



Tips Menikah dengan Cinta Terencana ala BKKBN

cinta terencana bkkbn

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Hai temans,
Masih ingat berita yang viral tentang anak SMP yang mau menikah, alasannya hanya karena takut tidur sendirian. Ya Allaaah.. lugu banget ya.

Padahal untuk nikah tuh bukan sekedar cinta saja looh, tapi butuh proses yang terencana. Yes, cinta terencana, sesuai dengan judulnya.

APA SIH CINTA TERENCANA ITU?

Kalau kata wikipedia niih.. Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut.

Bahasa wiki, kaku yaaa.. xixixi.. Kalau menurut saya pribadi, makna cinta itu tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Cinta hanya bisa dirasakan bagi yang memilikinya. As simple as it.

Agar cinta terlihat seimbang, ada 2 hal yang mempengaruhinya. Hal yang mempengaruhi cinta tersebut adalah : Hati dan Akal. Kedua hal tersebut harus seiring sejalan. Nggak bisa tertinggal salah satunya.

Cinta tanpa hati, maka akan menjadi cinta yang hambar. Sedangkan cinta tanpa akal, bisa menjadi cinta buta. Nah, kalau keduanya beriringan maka bisa kita sebut menjadi Cinta Terencana.

Kebetulan banget, hari Selasa minggu lalu, tepatnya tanggal 15 Mei, saya bersama teman-teman Blogger Plus, menghadiri undangan dari BKKBN di Museum Penerangan TMII yang bertemakan Membangun Keluarga Berkualitas dengan Cinta Terencana

Pada acara tersebut Ibu Eka Sulistya Ediningsih, Direktur Ketahanan Remaja BKKBN, menjelaskan makna cinta terencana versi BKKBN.

cinta terencana bkkbn
Ibu Eka dari BKKBN menjelaskan tentang cinta terencana (photo by adeufi)

Menurut beliau cinta terencana adalah sebuah cinta yang dijalani dengan penuh perencanaan yang matang, untuk mencapai kesejahteraan hakiki.

Cinta terencana juga merupakan sebuah kampanye yang diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Keluarga Nasional. Ada yang sudah tau belum, kapan hari keluarga nasional? Pasti belum tau kaaan?

Toss sama saya kalau belum tau.. xixixi.. Saya pun baru tau kalau ada Hari Keluarga Nasional, saat menghadiri undangan tersebut. Ibu Eka mengatakan bahwa Hari Keluarga Nasional jatuh pada tanggal 29 Juni.

Nah, dicatat yaaa.. besok ada di ujian nasional. ^_^


Faktor Tumbuh Kembang Anak Menjadi Anak Cerdas Tanggap yang Lengkap

tumbuh kembang anak

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Aloha, Temans..
Melihat anak cerdas itu sangat membahagiakan ya? Pastinya dalam hati para ibu akan berbisik seperti ini, "Duuh, coba anakku seperti itu ya! Cerdas banget." atau "Duh, sopan, sholeh, baik dan pintar pula. Bagaimana ya itu bisa mendidik anak seperti itu?

Kecerdasan anak itu memang tidak bisa datang secara instan. Apalagi jika kita menginkan anak untuk cerdas tanggap yang lengkap. Untuk proses tumbuh kembang anak bisa dilihat dari perkembangan dan pertumbuhan otak anak yang optimal secara keseluruhan. Dokter Nur Aisiyah Widjaja, Sp.A(K) atau biasa disapa dengan dr. Nuril, konsultasi nutrisi dan Penyakit Metabolitik Anak, memberikan 3 hal penting yang harus diperhatikan dalam tumbuh kembang anak, yaitu :

tumbuh kembang anak
Dr. Nuril, pembicara tentang tumbuh kembang anak (photo by capture video live FB)

1. Genetik
Bicara soal anak sudah pasti otomatis berhubungan dengan genetik atau keturunan. Nah, untuk perkembangan anak pintar juga termasuk salah satunya adalah genetik dari kedua orangtuanya. Namun, bukan berarti 100% anak pintar itu berasal dari genetik, karena menurut dr. Nuril pengaruh genetik hanya 20% dari perkembangan otak anak.

2.Stimulasi Lingkungan
Stimulasi disini berupa game anak-anak dan prilaku orang tua baik dari ucapan ataupun sikap sebagai contoh. Dan hal ini sudah saya sampaikan di tulisan saya sebelumnya. Buat yang belum baca silakan baca : Cara menstimulasi kecerdasan anak sejak dini.

3. Nutrisi 
Nutrisi adalah zat-zat gizi atau zat lain yang berhubungan dengan kesehatan dan penyakit, termasuk keseluruhan proses pemasukan dan pengolahan zat makanan oleh tubuh manusia yang bertujuan menghasilkan energi yang nantinya akan digunakan untuk aktivitas tubuh serta mengeluarkan zat sisanya (hasil metabolisme).

Nah, nutrisi otak yang membantu tumbuh kembang anak inilah yang akan dibahas dalam tulisan saya kali ini untuk perkembangan kognitif anak atau kecerdasan intelektual. Yuk, lanjutkan dibaca ya!

Fakta Bakso Daging Sapi Bagi Kesehatan Tubuh kita

bakso daging sapi

Bimillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Dua minggu terakhir ini saya banyak di rumah papa, kebetulan Abang Fi libur 2 minggu sebelum UKK. Dan setiap ngumpul entah kenapa yang terlintas di otak dan ditransfer sinyalnya ke mulut lalu ke perut (ini urutannya kebalik.. hahaha..), "saya mau makan bakso nih." Dan sinyal itu diaminin sama adekku, "Yuk, Kak kita makan bakso!"

Terlaksana dong hajatnya? Nggak.

Soalnya susah banget cari bakso di sekitaran rumah papa. Bahkan abang-abang yang jualan lewat depan rumah pun nggak ada. Apalagi suruh cari bakso daging asli. Makin susah deh.

Ada siiih tapi baksonya nggak enak, Kalau mau cari yang enak kudu ke Tebet dulu.. aaah jauuuh..

Bisa juga sih delivery pakai ojek online, tapi mana enak makan bakso kalau nggak ditempatnya. Tuh, kaaan nulis begini aja dah mau makan bakso lagi.

Mending di Depok deeeh, segala jenis bakso dijual dari yang beranak, item, super, sampe yang raksasa 1 mangkok isi bakso doang, itu pun ada.

Baca juga : Tempat makan romantis di Depok

Dan rasanya juga enaaak. Trus di depan rumah, abang-abang bakso lewat 2x sehari. Tiga kali ding kalau sama bakso Malang.

Alhamdulillah Allah mendengar bahasa kalbu saya yang pengen banget sama bakso. Saya dapat undangan 'makan bakso bersama' dari Bonanza Beef Bakso... yeeeey. Allah maha tau yaa kebutuhan hamba-Nya.

Tepat tanggal 9 Mei 2018, saya bersama para moms lainnya dari komunitas Moms Blogger Community (MBC), diajak ke Kolega X Markplus, Kuningan, Jaksel.

Undangan kami kesana untuk makan bakso dari Bonanza Beef Bakso. Disana kami bukan sekedar makan bakso saja, tapi kami dapat edukasi tentang gizi dari Emilia E Achmadi.

Beliau adalah ahli gizi yang menjadi nara sumber saat itu. Kami juga dijelaskan asal muasal bakso dan bagaimana produksi Bonanza Beef Bakso oleh Ibu Dayu Ariasintawati, managing director PT. Great Giant Livestock. Acara hari itu bertema Filosofi Bakso.
bakso daging sapi
Ibu Dayu (kiri) dan Ibu Emilia (kanan) narasumber di acara Filosofi Bakso

Hanya di Bebek Bentu Jatiasih Bisa Makan Enak plus Photo Selfie Keren

bebek bentu jatiasih

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Aloha teman-temaaan..
Sudah pernah dengar rumah makan Bebek Bentu?
Ooo.. yang di Cempaka Putih itu?
Yeeess, anda benaaaar (gaya pemandu kuis televisi). Tapi, kali ini saya bukan mau cerita kulineran di Bebek Bentu Cempaka Putih, melainkan Bebek Bentu di Bekasi.
Loh memang ada Bebek Bentu di Bekasi?
Ada doooong...
Dimana?
Nah ini yang mau saya ceritakan ke teman-teman.

Hari Sabtu, 5 Mei kemarin saya bersama Abang Fi, asisten kulineran saya.. hehehe.. berkulineran mencari rumah makan bebek di daerah Bekasi. Yes, saya ke Bekasi tempat Bebek Bentu Jatiasih berada. Kami memenuhi undangan untuk menikmati hidangan yang disajikan di rumah makan tersebut. Ada 10 blogger yang diundang. Saya tuh jarang sekali jalan-jalan ke Bekasi, tapi kali ini saya mau mencoba menu bebek yang nama menu dan kepedasannya jarang saya dapati di restoran bebek manapun. Selain itu kabarnya, restoran ini mempunyai interior desing yang unik dan instagramable banget. ah, kita preteli satu-satu yuk, ada apa saja di restoran Bebek Bentu Jatiasih.

Memilih Kosmetik Halal Amalia, Ini 5 Alasan Saya.

kosmetik halal

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaikum w.w.

Siapa bilang mom food blogger nggak bisa tampil cantik. Bisa doooong, masa mau kucel mulu di dapur. Chef-chef cewek juga banyak yang cantik kok.. Biar gemuk kayak akooh juga tetap cantik kaaan? (Hahaha.. muji diri sendiri.. biar aja, toh air laut siapa yang asinin? eeeaaa *ngeles)

Emang mau nulis kosmetik apa sih, De?
Kosmestik halal pastinyaaa.. Iyalah kosmetik kan 11 12 dengan makanan. Masuk lewat kulit dan mengalir dalam darah. Apalagi yang mau saya tulis ini adalah sebuah lipstik. Bukan cuma meresap di kulit tapi bisa masuk juga bersama makanan. Jadi kehalalan produknya kudu jelas. Memilih kosmetik halal sama halnya dengan memilihkan jajanan yang sehat buat anak-anak.

baca : 7 cara memilih makanan sehat untuk anak dan waspadai makanan sehat

Selain halal pastinya perlu lipstik kualitas bagus dooong. Secara kalau food blogger kalau nggak bagus, nanti nempel-nempel di gelas, sendok dan garpu deh. Begitu juga kalau jadi mom blogger, tampil cantik untuk anak itu perlu. Biar anaknya bangga, punya mom cantik kayak akoooh lagi. hahaha.. udah ah. sekarang serius.

Kosmetik halal yang saya pilih kali ini adalah Kosmetik Amalia. Jujur saya baru tau kalau ada kosmetik halal selain Wardah. Saat itu saya dikenalkan oleh teman untuk lipstiknya. Dan saya menggunakan Amalia Glossy Lip Cream.

Namun kali ini saya tidak membahas detail bagaimana saya menggunakan Amalia Glossy Lip Cream yaaa, karena kapasitas saya untuk mereview kosmetik itu sedikit sekali. Jadi kali ini saya akan menulis alasan kenapa saya memilih kosmetik halal Amalia. Apa saja yaa alasannya?

Sate Perkedel Saus Kacang dan Choconut Ball Skippy Peanut Butter

 selai skippy peanut butter
Bismillahirrahmaanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Punya dua anak dengan kebiasaan makan yang berbeda itu tantangan banget buat saya. Kalau Abang Fi suka sekali makan, tapi nggak mau sayuran. Sedangkan Adek Fi, gampang-gampang susah. Adek Fi kurang suka dengan nasi. Nasi hanya disentuh jika dia benar-benar lapar sekali (tuuuh sudah 'benar-benar' ditambah kata 'sekali, saking laparnya). Kalau hanya lapar-lapar biasa, nasi tidak akan disentuh, paling hanya lauk yang diambil sama dia. Biasanya saya ganti nasi dengan kentang goreng. Yang sudah pasti keduanya suka coklat dan cemilan. ^_^

Nah, kali ini saya hendak membuat makanan utama (nasi dan lauk pauk) dalam bentuk cemilan untuk mereka berdua dari selai Skippy Peanut Butter. Wah apa tuh? Cekidot!