2 Tempat Makan Romantis di Depok


Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Setiap orang punya pilihan tempat romantis sesuai seleranya. Tempat romantis tidak melulu diatas pegunungan, di pinggir pantai atau candle light dinner di restoran mahal. Berhubung saya itu hobi banget makan, maka tempat romantis versi saya adalah makan di saung dengan nuansa tenang pinggir kolam atau danau buatan berdua yayang, seraya memandang ikan bersenda gurau bersama teman-temannya. Eaaaa... ^_^

Eh, eh.. kok tetiba bahas soal tempat romantis nih?
Iya saya mau menanggapi tulisan Mba Primastuti Satrianto atau akrab dipanggil Manda/Ima yang berjudul Tempat Romantis Saat Berlibur di Lombok. Saya menanggapi tulisan ini dalam rangka ikut #KEBloggingCollab. Disini saya hendak menunjukkan tempat romantis versi saya, seperti yang saya tulis pada paragraf pertama. Apa saja? Yuk, lanjutkan!


Tempat romantis versi saya, memang tidak jauh dari tempat tinggal saya, yaitu di Depok Jawa barat. Di Depok sebenarnya ada banyak tempat seperti itu. Tempat makan berupa saung dengan nuansa kolam, serasa sedang makan diatas kolam atau danau. Namun yang saya tulis disini 2 tempat dengan makanan enak dan nuasanya benar-benar romantis, yaitu :

1. Saung Talaga


photo by openrice.com

Rumah makan ini jadi langganan ngumpul sama teman-temanku ngajar dulu. Kalau ada acara kita pasti merujuknya kesini. Tempatnya nyaman memang. Dulu dari cuma beberapa saung, sekarang luas sekali di sepanjang danau ada tempat makannya. Tempat duduknya pun ada yang tanpa pembatas menuju ke danau, ada juga yang benar-benar diatas saung.

tempat duduk pinggir danau tanpa pembatas (photo by tripadvisor)


tempat duduk lesesah (photo by tripadvisor)
Di Saung telaga ini kita bukan hanya makan-makan saja, tapi bisa naik perahu keliling danau. Duduk berdua di perahu dengan yayang sambil tunjuk-tunjuk sesuatu, seperti model-model klip kalau lagi berdua pasti ada nunjuk-nujuk sesuatu.. xixixi..

Perahu unutk keliling danau (photo by google search)
Fasilitas lain di Saung telaga, live music bisa menambah keromantisan berdua. Enaknya nih kalau mau benar-benar itu danau milik berdua, hindari datang di jam-jam makan siang atau weekends. Suasana benar-benar terasa romantis. Selain tempat makan disana juga ada kolam renangnya looh. Jadi selain indah buat berdua yayang, kita bisa juga ajak keluarga. Untuk jam operasional kolam renang sudah dimulai pukul 09.00 - 18.00 dengan harga tiket Rp 15.000 (weekdays) dan Rp 20.000 (weekends). Nah, kalau di jam-jam baru buka, itu kolam renang bisa serasa milik berdua, karena masih sepiiii... xixixi

jam operasional dan harga tiket kolam renang (photo by google search)

kolam renang saung talaga (photo by google search)
Selain berenang anak-anak juga bisa bermain di playground yang disediakan. Ada ayunan dan komidi putar mini. Oiya kalau musim duren, di pintu masuk biasanya dijajakan duren besar-besar dan maniiis.

playground di saung talaga (photo by google search)

Lokasi Rumah Makan Saung telaga ada di :
Jalan Raya Sawangan No. 1, RT 01/ RW 04
Rangkapan Jaya, Pancoran MAS
Kota Depok, Jawa Barat 16435
Jam Buka  : 8:30 - 20.30 WIB (Setiap Hari)
PIC : 0813-8016-5357


Kalau dari Terminal Depok, setelah RS Bakti Yudha dan Depok Town Center (DTC). Tapi kalau dari arah cinere setelah komplek perumahan BDN.

2. Mang Engking


Rumah makan ini berada di dalam lingkungan kampus UI. Saya pertama kali kemari lagi-lagi bersama dengan teman-teman mengajar saya. Kami selain memiliki jalur pulang yang searah, kami juga memiliki hobi yang sama "senang jalan dan senang makan". Sebenarnya di Gubug Makan Mang Engking itu di Jabodetabek ada 2 tempat, di Depok dan BSD. Kalau di BSD spesial menyajikan makanan khas Sunda, sedangkan di Depok lebih ke Seafood yang dimasak tradisional Sunda.

Disini tidak seperti di Saung Talaga, 1 saung besar ada beberapa lesehan yang di sekat. Kalau di Mang Engking benar-benar diberikan per gubug untuk lesehan. Bagi yang tidak bisa duduk ada meja makan yang menggunakan bangku. Disediakan di dekat pintu masuk. Tapi kan jadi ga romantis.. ga bisa berdua-duan dengan yayang.

Tempat makan dengan meja dan kursi (photo by depoktren)

Nah untuk mendapatkan tempat yang lebih privasi, dan mendapatkan susana romantis yang tenang, kita bisa meminta pelayannya untuk diantarkan ke gubug yang lebih dalam. Suasana di Mang Engking mau malam atau siang, selalu terlihat romantis.
Suasana malam Mang Engking (photo by Tomi satryanto)

Suasana gubug Mang Engking saat siang (photo by qraved)


Sayangnya disini hanya ada fasilitas perahu, tapi itu pun sedikit. Dan di Mang Engking tidak ada playground untuk anak-anak. Jika bawa keluarga, mainan buat anak-anak hanya pada saat memberikan makan ikan. anak-anak pasti senang sekali.

Ikan ternak di danau Mang Engking (photo by tripadvisor)

Lokasi Gubug Makan Mang Engking ada di :
Kampus UI
Jalan Danau Salam, Srengseng Sawah
Jagakarsa, Jakarta
Jam Buka : 10.00 - 22.00 WIB (Minggu Libur)
PIC : 0858-1411-3926

Kalau dari Terminal Depok setelah ring road tugu perbatasan Depok dan Jakarta, masuk ke gapura UI. Kalau ke kampus UI belok kiri, Mang Engking belok kanan.

Nah, kedua tempat tersebut terkadang dijadikan latar untuk foto prewedding. Coba itu udah romantis, perut kenyang dan bahagia deh sama yayang pulang dari sana. Tapi yayangnya yang sudah resmi dan halal yaa. Tidak dibenarkan untuk pasangan yang belum halal. ^_^

Selamat beromantis riaaa ^_^

Wassalam



38 komentar:

  1. Mang engking..di jogja juga ada mba. Romantis juga suasananya, tengah sawah...banyak saung2...

    Tapi lumayan bikin dompet cepet langsing..😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. namanya juga beli suasana, mba

      Hapus
  2. Wah, dua tempat favorit daku juga nih kalau ke Depok.
    Untung Mang Engking ada di Yogya, kalau kangen udangnya, bisa mampir :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mba indah enak memang seafoodnya

      Hapus
  3. makan bersama orang tercinta sambil dengar suara gemericik air memang akan terasa lebih romantis yaa Mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangeeet.. serasa dunia milik bedua

      Hapus
  4. Aku penasaran nih pengen makan di saung Talaga. Kayaknya maknyos banget ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sih suka, Mba.. nggak tau kalau mas anang.. eh..

      Hapus
  5. Kayaknya dulu saya pernah ke yang Mang Engking deh. Tapi karena malem dan setelah melewati drama horor dengan rekan-rekan kerja baru, jadinya yang ada pas ke sana nggak berasa nyaman sama sekali. Mungkin kalau banyak orang ke Mang Engking dapat pengalaman romantis, saya dan beberapa teman malah sebaliknya. Hehehe...

    BalasHapus
  6. Tempat makan Mang Engking asik banget itu. Ada kayak kolam, ah jadi serasa di rumah itu mah.. Nyaman dan tenteram.

    BalasHapus
  7. aku pernah ke Mang Engking, emang enak sih suasana dan makanannya.. tapi kalau ke saung talaga belum pernah sih, kapan-kapan ah coba kesana berdua suami hihihi

    BalasHapus
  8. Baru tahu di Depok ada tempat makan seromantis ini. Instagramable pulak.
    Kalau deket pasti tak datengin terus nih. Wkwk

    BalasHapus
  9. Wah jadi penasaran makan di sini Mba...kayaknya bakalan nikmat banget ..Mudah2an ada takdirnya bisa ke sini bareng keluarga :)

    BalasHapus
  10. Enak banget tuh di Saung Telaga dan Mang Engking. Keduanya alami tempatnya ya. Suka dengan tempat temlat kayak gini yang menyatu dengan alam.

    BalasHapus
  11. Ooo Mang Engking ityu yang di UI pengen ah ke sana juga :D
    Pernah baca gtu papan petunjukkanya.
    Kapan2 kita juga bisa kali ya kumpul2 emak depok di sana :D

    BalasHapus
  12. Duaduanya oke josh. Di jogja juga ada Mang Engking....

    BalasHapus
  13. Woow itu tempatnya keren bangat Mba Ade, duuuh jadi pengen ajak si Dia ke sana hehehehe

    Kayanya buat makan-makan saat ulang tahun boleh juga nih ke sini sama keluarga dan teman-teman. Dekat ini ke Depok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ecieee.. aja si dia. Ajak saya juga ya mas awan. ^_^

      Hapus
  14. dua duanya belom pernah aku kunjungin nih mba. baca postingan mba jadi pengen kesana deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kunjungi dong, Mba. Kalau mau dapat suasana romantis.

      Hapus
  15. Sempat tinggal safu tahun di depok, namun belum kesampaian coba dua tempat makan yang kece ini... semoga setelah ini ada kesempatan untuk mampir makan...

    BalasHapus
  16. Entah kenapa suka banget kalau ke tempat makan dan bentuknya gubug atau gazebo macam ini... juga kalau ada air atau danau kecilnya di tengah. Kalau makan malem2 pasti ditemani lampu temaram

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaah.. disitulah suasana romantisnya. Berarti kita 1 frekuensi ttg romantis ya, Mba.. xixixi

      Hapus
  17. Wiih romatisnya mbak tuh tempat, bisa perahu2an berdua suami hihi.
    Btw mau dong diajak kesana. Mbak Ade sama suaminya dan saya sama suami saya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. kalau saya ajak suami pasti buntutnya ikut serta. Bisa jadi rombongan. Haha

      Hapus
  18. Saung Talaga kayaknya yang lebih asyik, karena bisa naik perahu, hahahah... Kagak bisa ngelihat perahu banget dah. Tapi tempat duduknya itu benar2 ga ada pembatas ya dengan danaunya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma 1 spot itu aja yg ga ada pembatasnya. Selebihnya ada.

      Hapus
  19. Aku pernah tuh makan siang di Saung Talaga. Romantis, makanannya lumayan enak. Oh tenyata ada kolam reanngnya ya? Aku waktu itu kok ga ngeh ya hehehe. Kalau Mand Engking aku sih suka2 aja. Sama2 lah besaung gitu. Lebih deket rumahku sih lokasi Mang Engking. Aku suka udang bakarnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempatnya memang nyaman buat makan sama keluarga ya, rul

      Hapus
  20. Balasan
    1. Iya mba.. makanya jadi tulisan ^_^

      Hapus
  21. Jadi inget jaman pacaran makan di Mak Engking hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ecieeee... waktu kuliah yaa.

      Hapus
  22. Semuanya terlihat asri ya mbak :) yang ad akolamnya itu kayaknya naksir deh.. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kolam yang mana ya mas? 22nya berdiri di pinggir danau.

      Hapus
  23. Tempatnya keduanya asri.
    Bikin betah makan berlama-lama makan di resto model seperti itu, kesannya menyatu dengan alam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dan serasa makan di gunung. Padahal mah ditengah kota.

      Hapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^