Fakta Bakso Daging Sapi Bagi Kesehatan Tubuh kita

bakso daging sapi

Bimillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Dua minggu terakhir ini saya banyak di rumah papa, kebetulan Abang Fi libur 2 minggu sebelum UKK. Dan setiap ngumpul entah kenapa yang terlintas di otak dan ditransfer sinyalnya ke mulut lalu ke perut (ini urutannya kebalik.. hahaha..), "saya mau makan bakso nih." Dan sinyal itu diaminin sama adekku, "Yuk, Kak kita makan bakso!"

Terlaksana dong hajatnya? Nggak.

Soalnya susah banget cari bakso di sekitaran rumah papa. Bahkan abang-abang yang jualan lewat depan rumah pun nggak ada. Apalagi suruh cari bakso daging asli. Makin susah deh.

Ada siiih tapi baksonya nggak enak, Kalau mau cari yang enak kudu ke Tebet dulu.. aaah jauuuh..

Bisa juga sih delivery pakai ojek online, tapi mana enak makan bakso kalau nggak ditempatnya. Tuh, kaaan nulis begini aja dah mau makan bakso lagi.

Mending di Depok deeeh, segala jenis bakso dijual dari yang beranak, item, super, sampe yang raksasa 1 mangkok isi bakso doang, itu pun ada.

Baca juga : Tempat makan romantis di Depok

Dan rasanya juga enaaak. Trus di depan rumah, abang-abang bakso lewat 2x sehari. Tiga kali ding kalau sama bakso Malang.

Alhamdulillah Allah mendengar bahasa kalbu saya yang pengen banget sama bakso. Saya dapat undangan 'makan bakso bersama' dari Bonanza Beef Bakso... yeeeey. Allah maha tau yaa kebutuhan hamba-Nya.

Tepat tanggal 9 Mei 2018, saya bersama para moms lainnya dari komunitas Moms Blogger Community (MBC), diajak ke Kolega X Markplus, Kuningan, Jaksel.

Undangan kami kesana untuk makan bakso dari Bonanza Beef Bakso. Disana kami bukan sekedar makan bakso saja, tapi kami dapat edukasi tentang gizi dari Emilia E Achmadi.

Beliau adalah ahli gizi yang menjadi nara sumber saat itu. Kami juga dijelaskan asal muasal bakso dan bagaimana produksi Bonanza Beef Bakso oleh Ibu Dayu Ariasintawati, managing director PT. Great Giant Livestock. Acara hari itu bertema Filosofi Bakso.
bakso daging sapi
Ibu Dayu (kiri) dan Ibu Emilia (kanan) narasumber di acara Filosofi Bakso

SEJARAH BAKSO DAGING SAPI

Bakso ini sudah ada sejak jaman bahela, malah sampai dibuat lagunya. Kalau orang sekarang kenalnya Melisa yang menyanyikan lagu "Abang Tukang Bakso".

Ternyata lagu tentang bakso sudah ada dari jaman saya belum lahir.. hahaha.. Yes, yang melantunkan anaknya Idris Sadri, yaitu Santi Sadri.

Nih buat yang belum pernah denger lagu baksonya Santi Sardi, bisa klik link youtube dibawah ini.


Makan bakso itu memang sudah menjadi tradisi rakyat Indonesia ya, walaupun asal muasal bakso itu dari Negeri Tirai Bambu.

Orang China menyebutnya "Bak" dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti 'daging giling'.

Bakso yang berasal dari Tiongkok berbeda dengan bakso dari Indonesia.

Bakso Tiongkok biasanya terbuat dari babi atau makanan laut dan warnanya agak kecoklatan serta bentuknya tidak bulat sekali.

Sedangkan bakso dari Indonesia terbuat dari daging sapi, berwarna abu-abu dan bentuknya bulat sekali. Bakso Tiongkok biasanya tidak disajikan dengan kuah melimpah.

Daerah di Indonesia yang terkenal dengan produksi pembuat bakso itu, terdapat di Solo dan Malang.

Bakso Solo terkenal dengan Bakso Wonogirinya yang menggunakan mie kuning atau bihun sebagai pendamping bakso itu sendiri.

Sedangkan bakso di Malang, sudah banyak yang tau karena punya sebutan ya Bakso Malang, yang isinya hanya bakso dengan berbagai variasi plus kuah melimpah.

Variasi  bakso malang seperti bakso tahu, bakso pangsit goreng, bakso pangsit basah dan bakso daging itu sendiri.

BAKSO DAGING SAPI dan KESEHATAN

Seperti yang saya tulis diatas, di Indonesia mayoritas beragama Islam maka dagingnya dibuat dari daging sapi.

Dan daging sapi dalam kesehatan sangat diperlukan sekali oleh tubuh kita, karena banyak zat gizi yang bermanfaat pada daging sapi.

ZAT GIZI dan MANFAAT PADA BAKSO DAGING SAPI

Menurut Ibu Emilia, masyarakat kita tuh rendah banget jumlah orang yang makan daging. Hanya 2,9 kg per tahun. Berarti rata-rata 200 gram per bulan.

Ya Allah rendah banget yaa? Padahal menurut Ibu Emilia, kandungan gizi daging itu banyak sekali.

Kalau bakso gimana, Bu?
Kandungan pada bakso tergantung dari takaran pembuatan bakso, karena dalam bakso terdapat : tepung tapioka, daging sapi dan garam.

Jika daging sapi mencapai 80%, maka zat gizi dalam bakso sama dengan daging sapi itu sendiri. Berikut kandungan gizi yang terdapat dalam daging sapi, yaitu :

1. Protein

Salah satu kandungan gizi dalam daging sapi yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia adalah protein. Protein memang dapat kita dapatkan dengan mengkonsumsi telur, tahu dan tempe.

Akan tetapi, sumber protein hewani yang sangat besar adalah berasal dari daging sapi.

Lalu kenapa protein ini sangat penting bagi tubuh?
Karena protein membantu tubuh manusia untuk membentuk otot sehingga menambah masa otot dan pada akhirnya dapat menambah berat badan kita.

Selain itu, protein ini juga sangat penting dalam masa pertumbuhan anak-anak. Terutama tumbuh kembang anak diusia 6 bulan hingga 2 tahun.

2. Zat besi

Dalam daging sapi terdapat kandungan zat besi yang sangat tinggi. Kandungan zat besi bagi tubuh manusia adalah sebagai benteng pertahanan melawan penyakit.

Zat Besi dapat meningkatkan dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Sehingga menghindarkan kita dari anemia.

Selain itu Zat Besi sangat diperlukan juga oleh anak-anak karena membantu perkembangan dan pertumbuhan otaknya.

3. Selenium dan Zinc

Selenium merupakan suatu zat yang membantu tubuh manusia untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Hampir mirip dengan fungsi dari zat besi.

Zat lain yang juga membantu tubuh manusia meningkatkan kekebalannya adalah zinc. Zinc juga membantu pria untuk memproduksi sperma dengan baik dan mencegah kerusakan pada organ reproduksinya.

Nah, cocok nih. Buat temen-temen yang mau punya anak, perbanyak makan daging segar.

4. Vitamin B kompleks

Daging sapi juga mengandung vitamin B kompleks, yang berfungsi mempertajam daya ingat kita dan membuat kita dapat berkonsentrasi dengan lebih baik.

Vitamin B kompleks ini tentu saja akan sangat berguna bagi anak kita, yang masih duduk di bangku sekolah, demi meningkatkan prestasinya.

5. Omega 3

Selain terkandung pada ikan, omega 3 juga terkandung dan banyak terdapat pada daging sapi. Omega 3 pada daging sapi membantu menjaga dan memelihara sistem saraf pusat atau otak.

Omega 3 juga mempunyai kandungan yang membantu fungsi jantung dan hati.

6. Lemak

Daging sapi tidak terlepas dari lemak yang dikandungnya, fungsi lemak sendiri adalah untuk meningkatkan energi dan sumber tenaga bagi tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari.


CIRI-CIRI BAKSO DAGING SAPI SEHAT

Saya rasa nggak mungkin yaaa kalau penduduk di Indonesia itu belum pernah nyobain yang namanya bakso. Hampir sebagian besar sudah. Paling bayi usia dibawah 1 tahun ya.

Bahkan orang yang katanya nggak suka bakso, pasti sudah pernah mencoba daging sapi bulat ini.

Tapi sayangnya, karena bakso banyak sekali pencintanya di Indonesia dari seluruh kalangan, disalahgunakan kesenangan orang tersebut oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Biar produksinya murah dan dapat untung besar karena dijual murah, beberapa orang yang nakal mengganti bakso daging sapi dengan bakso daging tikus.. hueeek.

Baca juga : Cara memilih jajanan sehat untuk anak

Bahkan ada sebagian orang memberikan boraks dan formalin agar baksonya bisa tahan lama, jadi nggak cepat basi kalau nggak laku.

Hadeuuuuh... ampun deh. Mereka mikir nggak ya kalau itu berbahaya buat kita? Grrr..

Nah untuk mengenalinya, Ibu Emilia memberikan ciri-ciri bakso daging sapi yang sehat, yaitu :

1. Warnanya abu-abu tua

Jika bakso tersebut terbuat dari daging sapi, maka warna bakso adalah abu-abu tua dan saat keluar dari kemasan warnanya berubah agak kecoklatan.

Bukti bahwa bakso tidak mengandung formalin.

Jika berwarna agak kecoklatan sebelum dimasak dan setelah dimasak makin coklat tua, maka bakso terbuat dari daging yang tidak segar.

Selain itu warna coklat tua bisa juga dibuat dari daging yang lain. Seperti daging babi atau daging tikus.

2. Kalau dilempar ke lantai tidak membal

Bakso yang mengandung boraks dan formalin, ciri-cirinya adalah jika dilempar ke lantai ia akan membal seperti bekel.

3. Dagingnya empuk

Daging yang berkualitas, akan terasa empuk. Dan ciri ketiga ini berteman dengan ciri kedua. Sudah otomatis jika dilempar ke lantai membal, dagingnya saat dikunyah agak keras.

4. Jika dibelah serat dagingnya terlihat jelas

Untuk bakso daging sapi yang berkualita atau banyak dagingnya, maka saat dibelah terlihat serat dagingnya.

Tapi jika bakso tersebut lebih banyak tepungnya dibanding dagingnya maka tidak terlihat seratnya.

5. Hanya bisa bertahan 24 jam

Bakso daging sapi tanpa boraks dan formalin, hanya bisa bertahan diluaran 24 jam saja. Kecuali dimasukkan ke freezer.


FAKTA DAN MITOS TENTANG BAKSO DAGING SAPI

Bicara soal daging, di era high tech seperti saat ini, pastinya banyak perusahaan memproduksi daging kemasan yang di frozen.

Ibu Emilia memberikan fakta dan mitos tentang daging frozen, yaitu :

1. Daging yang empuk adalah daging yang baru disembelih dan langsung dikemas/masak. (Mitos)

Daging tidak sama dengan sayuran. Jika sayur begitu dipetik masih segar dan boleh langsung dimasak. Tapi tidak dengan daging

Daging perlu diistirahatkan terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit, setelah disembelih. Setelah disembelih 30 menit, kita bisa memasaknya atau mengemasnya.

Daging akan menjadi keras jika baru dipotong, langsung kita kemas atau dimasak.

2. Daging di pasar tradisional lebih sehat dibanding daging frozen (Mitos)

Faktanya bakteri senang tumbuh di suhu udara 7 - 63 derajat celcius. Jika suhu dibawah itu atau diatas itu, maka bakteri akan mati. Karena bakteri tidak tahan hidup terlalu panas atau terlalu dingin.

Suhu yang ada di pasar tradisional merupakan suhu normal, sekitar 28 - 30 derajat celscius. Dan suhu ruangan ac sekalipun paling rendah 16 derajat celcius. Hal tersebut mampu membuat bakteri cepat berkembang biak.

Jadi daging yang di frozen, mampu mematikan bakteri yang ada pada daging. Itu membuat kualitas daging semakin baik.

3. Daging frozen dengan kemasan press wrap lebih awet dari pada kemasan biasa. (Fakta)

Yes, jika kemasan daging frozen di press wrap atau kedap udara, maka makin sedikit ruang bagi bakteri untuk tumbuh. Maka kualitas gizi dari daging bisa tahan lama.

Selain itu kualitas daging masih bagus bahkan bisa makin bagus.

4. Kualitas daging akan rusak jika keluar masuk freezer (Fakta)

Yes, dengan keluar masuk freezer maka daging mudah terkontaminasi dengan bakteri yang berada diluar kulkas.

Ibu Emilia menyarankan, sebaiknya sebelum masuk kedalam freezer, kita sudah memilah-milah daging sesuai kebutuhan.

TENTANG BAKSO DAGING SAPI BONANZA

bakso daging sapi
Bonanza Beef Bakso dari Bakso daging sapi asli


Nah, melihat kekhawatiran yang beredar di masyarakat, Ibu Dayu  berusaha membangkitkan kembali kepercayaan masayarakat dengan memproduksi bakso yang sehat, yaitu Bonanza Beef Bakso

Bonanza Beef Bakso diproduksi oleh Great Giant Foods (GGF), yaitu group perusahaan yang mengembangkan usaha industri makanan dan minuman secara terintegrasi (from farm to plate).

GGF menerapkan konsep Pertanian – Peternakan yang berkesinambungan (Sustainable Farming, Good Farming Practise), Animal Welfare, Good Manufacturing Practice, Food Safety, Halal, Trace-ability.
bakso daging sapi
Logo GGF perusahaan Bonanza Beef Bakso (photo by ade ufi)

Produk – produk yang menjadi basis pengembangan GGF antara lain Buah – Buahan, Daging Sapi, Daging Ayam, dan Susu Segar.

Dan Bonanza Beef bakso merupakan bagian dari produksi Bonaza Beef yang sejak tahun 2015 memasarkan dagingnya di Jabodetabek.

MENGANDUNG 84% DAGING SAPI

Bahan olahan Bonanza Beef Bakso mengandung 84% daging sapi asli tanpa bahan campuran lain. Sedangkan 16% sisanya adalah tepung tapioka dan bahan-bahan lain untuk merekatkan daging sehingga membentuk sebuah bakso.

bakso daging sapi
Isi bakso daging sapi Bonanza (photo by adeufi)

Sebab mengandung 84% daging sapi asli dan tidak memasukkan bahan pengawet, Bonanza Beef Bakso hanya bertahan 24 jam di suhu ruang.

Bisa bertahan lama jika berada di suhu freezer hingga 6 bulan, dengan syarat tidak terkontaminasi udara atau benda lain.

Dalam setiap sajiannya mengandung 100gr daging sesuai dengan kebutuhan gizi protein hewani pada tubuh kita.

KUALITAS DAGING SAPI BONANZA BEEF BAKSO

Seperti semboyan dari GGF, yaitu from farm to plate, maka daging sapi yang diambil untuk memproduksi Bonanza Beef Bakso berasal dari sapi yang diternak sendiri.

Sapi-sapi yang dibudidayakan merupakan sapi lokal dan sapi impor dari Australia. Sapi-sapi tersebut dipelihara di tengah 30.000 areal perkebunan di Terbanggi Besar, Lampung.

Proses perternakan menerapkan sistem Good Farming Practice. Dimana kondisi sapi dijaga dengan baik, mulai dari pakan hingga kesejahteraan sapi.

Sapi juga dikelilingi dengan berbagai pasokan sumber pakan alami (Food Safety). Ternak dirawat di lingkungan yang bersih dan bebas stres (Animal Welfare).

Selain itu daging sapi pada Bonanza Beef Bakso sangat empuk, beda sekali dengan bakso daging sapi yang lain.

Berdasarkan penjelasan Ibu Dayu, keempukan daging sapi sebab pakan yang dimakan oleh sapi ternak Bonanza.

Sapi ternak Bonanza diberi makan potongan-potongan buah nanas, sisa dari produksi nanas kaleng yang juga dikelola oleh Great Giant Livestock (GGL)

Pantas saja empuk yaa.. secara daging nanas kan sering digunakan chef untuk membuat daging lebih lembut.

Jadi kualitas daging Bonanza Beef Bakso bernar-benar berasal dari daging yang terpelihara dengan baik.

KEHALALAN BAKSO DAGING SAPI BONANZA

Halal adalah harga mati bagi umat muslim pada sebuah makanan. Dan GGF menjamin kehalalan produk Bonanza Beef Bakso.

Semua dibuktikan dengan adanya logo halal MUI pada kemasan Bonanza Beef Bakso.

bakso daging sapi
logo halal MUI bakso daging sapi Bonanza (photo by ade Ufi)

Bukan cuma itu, Ibu Dayu bahkan menjelaskan bahwa Sertifikat halal MUI itu bukan sekedar bakso jadinya saja.

Proses halal dilihat dari awal proses pemberian makan ternak, pemotongan hewan hingga pembuatan bakso.

Nah, nggak diragukan lagi kan kehalalannya.

HARGA BAKSO DAGING SAPI BONANZA

Bonanza Beef Bakso baru mengeluarkan kemasan dengan berat 500 gram. Dalam 1 kemasan Bonanza Beef Bakso berisi 32 - 34 butir.

Kebetulan nih saya dapat yang 34 butir.. xixixi.. alhamdulillaaaah. Kalau rejeki nggak bakal kemana.

Untuk kemasan 500 gram GGF memberikan harga Rp 85.000, Tapi kalau beli partai besar harga bisa di nego looooh.

TEMPAT MEMBELI BAKSO DAGING SAPI BONANZA

Saat ini, Bonanza Beef Bakso hadir lebih dari 100 outlet modern trade di Jabodetabek, seperti Lion Superindo, Hero, AEON, Papaya, Ranch Market, Lotte Mart dan beberapa supermarket lainnya.

Jakarta Selatan

Ranch Market Pondok Indah
Ranch Market Darmawangsa
Ranch Market Oakwood
Ranch Market Kemang
Ranch Market La Maison Barito
Ranch Market South Quater
Farmer Market One Bell Park
Farmer Market L'avenue Tebet
Farmer Market Epicentrum
Farmer Kalibata City
Papaya Market City Walk
Papaya Fresh Galery
Hero Permata Hijau (on progress)
Hero Pondok Indah Mall (on progress)

Jakarta Barat

Farmer Market Citra Garden VI
Hero Taman Anggrek (on progress)
Hero Mal Ciputra (on progress)
Hero Puri Indah (on progress)

Jakarta Pusat

Ranch Market Grand Indonesia
Farmer Market Gunung Sahari
Hero Sarinah (on progress)

Jakarta Utara

Farmer Market Baywalk Mal
Farmer Market Kelapa Gading
Farmer Market Pluit Junction
Market City PIK
Market City Muara Karang

Jakarta Timur

Lulu Mart Cakung

Bekasi

Farmer Market Grand Wisata
Farmer Market Grand Metropolitan Mal
Farmer Market Jababeka
Papaya Market Cikarang

Serpong

Ranch Market The Breeze
Farmer Market Serpong
Lulu Mart BSD
Hero Alam Sutera (onprogress)

Tanggerang

Farmer Market Bintaro Exchange
Farmer Market Eco Plaza
Hero Bintaro (on progress)
Hero Emerald Bintaro (on progress)

Bandung

Papaya Fresh Galery Bandung
Hero Tarogong (on progress)

Bogor

Hero Kota Wisata (on progress)

Depok
Insya Allah yaaa.. mudah-mudahan bisa masuk di Superindo DTC.. aamiiin. Ini baru bisik-bisik sama staff GGF.

RASA BAKSO DAGING BONANZA

Ibu Dayu meyakinkan kami bahwa Bonanza beef Bakso ini sebenarnya sudah merupakan bakso matang. Pada pembuatannya sudah ditambahkan bumbu-bumbu.

Bumbu-bumbu yang diolah dalam adonan bakso,  tidak menggunakan penyedap rasa mengandung msg.

Ibu Dayu juga menyampaikan bahwa ia sering dapat protes dari pelanggan, karena Bonanza Beef Bakso tidak menggunakan bumbu instan untuk kuah bakso.

Menurut Ibu Dayu, Bonanza Beef Bakso memang dibuat dengan tujuan bakso daging sapi yang sehat. Jadi, biarkan penyedap datang dari bumbu buatan kita sendiri.

wow, yes banget, Bu. Saya setuju. Dibawah nanti saya buatkan resep kuah baksonya, Bu. ^_^

Saat saya mencobanya di resep onigiri dan bakso kriuk. Saya tidak memberikan bumbu apapun pada bakso daging sapi Bonanza yang saya gunakan. karena memang sudah enak.

Jadi kalaupun ingin menggado baksonya saja, tinggal rebus baksonya di air mendidih atau di goreng langsung di minyak panas, sudah bisa kita makan deh baksonya. Enak buat dicemal cemil.

SOSIAL MEDIA BAKSO DAGING SAPI BONANZA

Buat kamu yang kepo banget dengan Bonanza Beef Bakso ini, bisa lihat-lihat sosial medianya, yaitu :
Instagram : @bonanzabeef.id
Facebook : bonanzabeef.id
website : www.bonanzabeef.co.id



RESEP BAKSO DAGING SAPI BONANZA

Alhamdulillah begitu acara selsai, kami disuguhkan semua menu bakso dan susu hometown dairy yang merupakan produk saudaranya Bonanza Beef dan Bonanza Beef Bakso dari GGF. ^_^

Menu yang disuguhkan ada Bakso Goreng, Bakso kuah dan Bakso Bakar.. Yummy..

bakso daging sapi
Bakso Daging Sapi Bonanza kuah (photo by adeufi)

Bakso Daging Sapi Bonanza Goreng (photo by adeufi)

Alhamdulillah, perut kenyang dan kami pun dibekal 1 bungkus Bonanza Beef Bakso. Senaaaang sekali. Dari 34 butir bakso, di rumah saya olah menjadi resep berikut :

CEMILAN BAKSO KRIUK

Bahan- Bahan :

  • 12 butir Bonanza Beef Bakso
  • 10 lembar kulit pangsit
  • 1 butir telur (kocok lepas)
  • Mayonaise secukupnya
  • Saos sambal secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Memasak :

  • Olesi keliling sisi pangsit dengan kocokan telur.
  • Letakkan bakso ditengh-tengah pangsit.
bakso daging sapi

  • Lipat pangsit sesuai selera.

bakso daging sapi
bentuk pangsit Bakso Daging Sapi Bonanza
  • Panaskan minyak. Setelah panas, kecilkan apinya.
  • Masukkan bakso yang sudah dibentuk kedalam minyak. Aduk-aduk
  • Setelah warna kecoklatan, angkat bakso dan tiriskan minyaknya sebentar.
  • Nah, Cemilan Bakso Kriuk siap disajikan. Enaknya dimakan dengan menggunakan cocolan saos sambal dan mayonaise

BAKSO KUAH

Bahan-Bahan :

  • 12 butir Bonanza Beef Bakso
  • 1/2 panci kecil air kaldu
  • Minyak secukupnya
  • Garam dan Bumbu penyedap secukupnya.
  • 1 batang daun bawang

Bahan taburan :

  • 10 siung bawang merah
  • 1 tangkai daun seledri

Bahan Bumbu :

  • 1 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdt lada putih
  • 1/2 butir biji pala
  • 5 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah

Cara Memasak :

  • Iris kasar daun bawang dan daun seledri.
  • Iris bawang merah, lalu goreng hingga kering.
  • Masukkan Bonanza Beef Bakso kedalam panci yang terisi air kaldu. Rebus, hingga air kaldu mendidih. Kecilkan api. (jika tidak punya daging untuk dibuat air kaldu, bisa menggunakan air biasa)
  • Sambil menunggu  air mendidih uleg semua bahan bumbu.
  • Masukkan bumbu uleg kedalam air bakso yang mendidih. Aduk-aduk hingga rata.
  • Masukkan garam dan bumbu penyedap secukupnya sambil koreksi rasanya.
  • Masukkan daun bawang lalu aduk.
  • Nah, bakso kuah siap disajikan. Akan lebih nikmat jika makan dengan mie  telor keriting dan bihun.

    ONIGIRI BULAT BAKSO DAGING SAPI

    bakso daging sapi

    Bahan-Bahan :

    • 10 butir Bonanza Beef Bakso
    • 5 lembar nori
    • 1 piring nasi putih
    • 2 sdt gula pasir
    • 1 sdt garam
    • Cuka secukupnya

      bahan-bahan onigiri bakso daging sapi

      Cara Memasak :

      • Rebus Bonanza Beef Bakso hingga air mendidih. Angkat dan tiriskan.
      • Aduk gula, garam dan cuka jadi satu.
      • Pisahkan nasi sedikit-sedikit, karena saat membuat onigiri nasi sebaiknya dalam kondisi hangat tidak dingin. Agar cuka, gula dan garam meresap kedalam nasi. Selain itu, nasi hangat bisa membuat nori melunak dan mengikuti bentuk, jika dingin nori mudah robek.
      • Masukan campuran gula, garam, dan cuka sedikit-sedikit kedalam nasi panas.
      • Potong nori menjadi 2.

      • Susun nori, nasi, lalu bakso ditengah-tengah.

      • Kepal-kepal nori dengan menggunakan plastik. Kalau bingung, silakan liat tehnik membukusnya pada video berikut ini yaa :

      • Pada saat mengepal gunakan sarung tangan plastik yaa.
      • Nah, onigiri siap disajikan. Lebih nikmat jika dimakan dengan mayonaise dan saos sambal.
      Setelah saya mencoba Bonanza Beef Bakso ini, semua yang dibicarakan diatas tentang ciri-ciri bakso sehat ada pada Bakso Daging Sapi Bonanza.

      Jadi sekarang kita nggak perlu takut lagi kaan untuk mengkonsumsi bakso, karena ada Bonanza Beef Bakso dari GGF.

      Menu-menu yang saya berikan juga bisa digunakan sebagai menu Ramadhan looh. Baik untuk berbuka ataupun makan malam dan sahur.

      Terima kasih MBC sudah mengenalkan saya dengan Bonanza Beef Bakso. Bakso Daging Sapi yang Sehat.

      Bakso Bonanza, berasa banget dagingnya. Selamat mencoba ^_^

      Wassalam




      57 komentar:

      1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

        BalasHapus
        Balasan
        1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

          Hapus
      2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

        BalasHapus
        Balasan
        1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

          Hapus
      3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

        BalasHapus
        Balasan
        1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

          Hapus
      4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

        BalasHapus
        Balasan
        1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

          Hapus
      5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

        BalasHapus
        Balasan
        1. Iya memang.. ga bikin eneg.

          Btw, komem mba kok sama semua ya di artikel bakso ini hehehe

          Hapus
      6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

        BalasHapus
        Balasan
        1. Bukan cabang mba. Tapi distibutor baksonya. Xixixi.. kalau dipegang mba ria juga jadi menu kreatif.

          Hapus
      7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

        BalasHapus
        Balasan
        1. Hahaha.. iya. Biar praktis buat bekel.

          Hapus
      8. Makan bakso memang menjadi favorit semua kalangan masyarakat ya mbak. Cuma berita hoax tentang bakso yang bikin resah membuat kita selektif banget membeli bakso. Alhamdulillah ada bakso bonanza yang jelas baik dan bisa dibeli di supermarket terdekat ya mbak.

        BalasHapus
        Balasan
        1. Iyes, mba.. alhamdulillah kita jadi bisa menikmati kualitas bakso daging sapi yang sehat dan enak plus halal pula.

          Hapus
      9. Bakso Bonanza enak, dan halal. Jadi pingin makan bakso terus saya.

        BalasHapus
        Balasan
        1. iya, enak banget.. di cemal cemil tanpa bahan atau bumbu tambahan juga dah enak.

          Hapus
      10. Nah iya betul ya fakta aku alamin kalau daging keluar masuk frezeer bisa rusak. Makanya suka langsung olah kalau bukan frozen. Ini produk udah gampang ya dapatnya

        BalasHapus
      11. Informasi akurat banget mbak Ade.Aku baru tahu loh kalo ciri-ciri baso sehat terutama maksimal ketahanannya hanya 24 jam selama ini kan hanya makan saja ya. Boleh nih aku coba baso Bonanza

        BalasHapus
      12. Aku belum pernah mencoba bikin bakso ini tapi aku jamin suka karena lihat penampakannya aja udah ngiler

        BalasHapus
      13. Bakso bisa dikreasikan banyak menu makanan ya. Yang pake pangsit itu bikin ngiler deh umi.

        BalasHapus
      14. baksonya menul menul banget jadi mo coba apalagi denger testimoni yang makan katanya enak

        BalasHapus
      15. Bakso memang masakan hits ya , semua kalangan menyukai makan bakso. Tulisannya detail mba, bagus.

        BalasHapus
        Balasan
        1. Iya makan hits dari jaman dulu. Skrg sdh nyaris hilang krn banyak yg nyalah gunain.

          Hapus
      16. Barusan sahur pakai bakso ini tapi dibikin sop aja. Enak ya baksonya.

        BalasHapus
      17. Ya ampun baca tulisan bakso pagi2
        bikin mupeng makan baso juga sih, kreatif banget mba ade masak basonya.. ngga kepirin aku masak kek mba adek.. sip deh untuk depok masih menunggu ya kehadiran bonanza

        BalasHapus
      18. Makin pengen bakso dong aku, haha. Makasih ya Mba info seputar baksonya, aku tipe yg harus stok bakso di rumah, cuma kendalanya saat pemilihan baksonya itu sendiri, agak picky memang krn banyak khawatirnya,apalagi yg sering konsumsi bakso di rumah tuh bocil (Alfath).

        Jadi tahu deh ciri2 bakso sehat, yuhuuu ntar malam ngebakso aaah :))

        BalasHapus
      19. Ahh aku mau coba resep-resepnya.. penasaran pake nori gimana..

        BalasHapus
      20. Waaaahh.. bakso! Aku suka.. aku suka! 😍😍😍 Bonanza bakso ini enak banget kelihatan fotonya..apalagi riilnya ya mb Ade. Terbuat dari daging sapi asli ya buka tepungnya yang dibanyakin. Aku demen bakso kuah sih pakai sambal yang banyak. Kalau musim penghujan suka enak kuah dan bakso bakar. Pokoknya judulnya bakso..suka diapain aja 😘

        BalasHapus
      21. Ahahahaha aku baru denger kyk gtu to lagu baksonya Santi Sardi :D
        Aku suka Bionanza ini pengen restock aaahh, moga2 abis ini gerai pmbeliannya nambah jg jd bisa beli sekitaran rumah :D

        BalasHapus
        Balasan
        1. Iyaaa.. ngarep sudah hadir di depok. Karena memang enak dan sehat.

          Hapus
      22. Aku suka banget baso bonanza,moga segera ada di wilayah Depok

        BalasHapus
        Balasan
        1. Aamiin iya Depik belum masuk nih. Kapan ya?

          Hapus
      23. Mba Ade rajin dan kreatif amat sih bakso di buat onigiri jadi penasaran sama rasanya..

        BalasHapus
      24. mba ade mainnya bisik bisik. semoga ada soalnya kepengen coba juga nih

        BalasHapus
      25. Dah kayak minum obat ya tukang bakso di DepokπŸ˜‚πŸ˜‚. Oh pantas kucari di Supermarket dkt rmh, nda ada tuh bakso ternyata hny di tempat tertentu saja ya.

        BalasHapus
        Balasan
        1. Hahaha.. iya sampe 3 kali mbaaa. Tapi ga tay sehat apa g.

          Hapus
      26. Ini baksonya patut di coba mba, karena kandungan daging sapinya lebih banyak, next mau beli

        BalasHapus
      27. baca penjelasannya jadi pingin cobain beli, biasanya aku belinya di pasar sih, boleh juga nih kalau ke supermarket cari Bonanza.

        BalasHapus
      28. Ya ampuun, boleh banget nih dicoba resep2 baksonya. Penasaran pengen nyobain pangsit bakso ahhh

        BalasHapus
      29. puasaa puasaa liat bacaan yang ngebahas bakso, duhh mantap kali deh ini sudah mau keluar air liur wkwk

        BalasHapus
      30. bakso di pasaran rata rata terbuat dari 80% daging sapi dan sisanya ayam. kalau ada yang nekat mencampur dengan B2 itu sih menurut saya bodoh karena dagingnya malah ngga nempel dan hasilnya jd jelek + ga halal. mendingan campur sm ayam

        BalasHapus
      31. Kapan ada di Cianjur? Kami pecinta bakso juga lho. Anak saya sudah makan daging jadi bakso lah salah satu solusinya

        BalasHapus
      32. onigiri nasi bakso enak, saya pernah juga bikin. Duh ini baksonya bikin ngiler deh

        BalasHapus
      33. Perlu banget yah makan bakso, selain kenyang ternyata menyehatkan. Dan pas banget nih dapat tiga resep masakan bakso dari Bunda Ade, ku coba ah.

        BalasHapus
      34. Aku dah coba nih baksonya enakkkkk bangettttt.

        BalasHapus
      35. Duh... Menggoda sekali baksonya. Mana lagi hujan dan perut laper. Jadi pengen seruput kuahnya sampai dasar mangkok. Sedap bangey euy

        BalasHapus
      36. Mbakk , bakso Bonanza emang enak banget yaa mbak. Daging nya terasa banget.. ketagihan saya , ditambah liat menu olahan bakso diatas bikin ngecess ih jd pengen praktekin dirumah..izin save resepnya ya mbakk

        BalasHapus
      37. Sebagai fans bakso garis keras, aku merasa sedih belom nyicip Bakso Bonanza. Di tempatku masih belom ada. Ihikss.. penasaraaaan. :D

        BalasHapus
      38. Ternyata bakso fleksibel ya, bisa diolah sesuai keinginan kita

        BalasHapus
      39. Wuaaaaaahh mau bakso kriuknya. Mbak Ade itu kulit pangsitnya bikin atau beli? Kalau beli dmn? Jd pengen jg nih bikin bakso kriuk, dicocol saus sambel kyke enak.

        BalasHapus
      40. wah baru ngeh ternyata bakso bisa diolah aneka makanan yang enak dan menggoda. kemarin aku lihat juga beberapa menu bakso dalm bentuk brosur di sebuah pusat perbelanjaan. ternyata pas dipraktekin dirumah enak yah

        BalasHapus
      41. Saya sih kurang hobi makan bakso, mungkin karena bakso itu macem-macem banget ya tingkat penyalahgunaannya. Jadi suka ragu-ragu kalau makan bakso haha. Tapi kalau ada Bonanza Beef Bakso jadi pengin nyobain di rumah. Tapi yang terdekat Hero Bintaro masih on progress yaaa, semoga lekas terealisasi nih.

        BalasHapus
      42. Wah baso tuh favaorit banget, paling seneng kalau sdh nemu baso yang terjamin mutu dan kehalalalnnya :)

        BalasHapus
      43. MAUUU BAKSONYAAAAA... arghh aku suka aku suka

        BalasHapus
      44. Aku udah lama nih ga bisa makan daging . Kalo bakso palingan. Ayam atau ikan

        BalasHapus

      Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^