Sate Perkedel Saus Kacang dan Choconut Ball Skippy Peanut Butter

 selai skippy peanut butter
Bismillahirrahmaanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Punya dua anak dengan kebiasaan makan yang berbeda itu tantangan banget buat saya. Kalau Abang Fi suka sekali makan, tapi nggak mau sayuran. Sedangkan Adek Fi, gampang-gampang susah. Adek Fi kurang suka dengan nasi. Nasi hanya disentuh jika dia benar-benar lapar sekali (tuuuh sudah 'benar-benar' ditambah kata 'sekali, saking laparnya). Kalau hanya lapar-lapar biasa, nasi tidak akan disentuh, paling hanya lauk yang diambil sama dia. Biasanya saya ganti nasi dengan kentang goreng. Yang sudah pasti keduanya suka coklat dan cemilan. ^_^

Nah, kali ini saya hendak membuat makanan utama (nasi dan lauk pauk) dalam bentuk cemilan untuk mereka berdua dari selai Skippy Peanut Butter. Wah apa tuh? Cekidot!

TENTANG SKIPPY

Bicara soal selai kacang, sejak dulu almarhumah mama selalu menggunakan Skippy sebagai bahan di kue kacang dan bolu kacang buatan beliau. Kadang kami juga mengoleskannya di roti saat sarapan. Dan kami anak-anak mama punya cara masing-masing mengoleskan selai Skippy Peanut Butter-nya di roti. Kakak saya mengoleskan mentega dulu baru selai Skippy Peanut Butter. Sedangkan saya langsung selai Skippy Peanut Buttertanpa mentega. Jadi saya butuh selai yang banyak agar saat digigit sudah berasa selai Skippy Peanut Butter-nya. Dan adik saya hampir sama dengan kakak, tapi setelah itu diatasnya ditaburi meses.

Wah berarti Skippy dah ada dari jaman dulu ya?
Iyes, selai Skippy Peanut Butter sudah ada sejak tahun 1933 yang ditemukan resep awalnya oleh Josep L. Rosefield (sumber : wikipedia.com). Saat ini Skippy diproduksi oleh Hormel Foods yang membeli merek dari Unilever pada tahun 2013 dan diimpor oleh PT Sukanda Djaya, salah satu perusahaan importir makanan nasional terbesar.

KEMASAN SKIPPY

Jaman almarhumah mama menggunakan Skkipy Peanut Butter, kemasannya masih pakai kemasan kaca. Namun sekarang Skippy menggunakan kemasan plastik ya. Jadi kalau jatuh kebanting, tidak akan mudah pecah. Kalau biasanya untuk menjaga kualitas produk agar tidak tercemar dengan udara saat dibuka tutupnya, ada quality seal yang menutup rapat toples Skippy. Hal tersebut cara Skippy menjaga kualitas produknya.

selai skippy peanut butter
Quality seal pada kemasan selai skippy peanut butter

Logo halal MUI dan BPOM

Yes, logo halal dan BPOM adalah 2 hal paling utama yang saya cari dari setiap makanan kemasan. Kalau sudah ada 2 hal tersebut hati rasanya tenaaaang dan damai makannya. Dan saya menemukannya pada kemasan Skippy Chunky yang saya punya. Tapi sayangnya, saya tidak menemukan pada kemasan Skippy Chocolate Peanut. Saya coba searching tentang kehalalannya. Alhamdulillah semua selai Skippy Peanut Butter sudah terdaftar di web-nya halal MUI.


selai skippy peanut butter
Logo halal di selai Skippy peanut butter chunky

Informasi Nilai Gizi

Pada setiap kemasan Skippy Peanut Butter terdapat informasi nilai gizi masing-masing selai. Jadi buat yang selalu mengukur takaran makanannya dengan kandungan nutrisi nggak perlu bingung lagi. Kalau saya sih nggak pernah menakar nutrisinya, selama enak yaaa saya makan... hahaha.. Tapi untuk anak-anak saya juga ajarkan bagaimana cara memilih makanan yang sehat.

Baca : 7 cara memilih jajanan sehat untuk anak dan waspadai permen narkoba

Ukuran Kemasan

Untuk selai Skippy saat ini tersedia 2 ukuran toples, yaitu 350 gram dan 500 gram. Kecuali varian Skippy Chunky tersedia ukuran 170 gram, tapi dijual terbatas.

selai skippy peanut butter
Ukuran selai skippy peanut butter yang 350 gram dan 500 gram


VARIAN & HARGA SKIPPY

Dulu selai Skippy hanya selai kacang biasa yang lembuuut sekali. Tapi kini varian skippy ada banyak, yaitu :
  • Skippy Creamy
  • Skippy Chunky
  • Skippy  Strawberry Stripe
  • Skippy  Chocolate Stripe
  • Skippy  Grape Stripe
Untuk ukuran 350 gram harga kurang lebih Rp 50.000. sedangkan untuk ukuran 500 gram kurang lebih Rp 100.000.
selai skippy peanut butter
Varian dan harga selai skippy peanut butter ukuran 350 gram di hypermart

Dari kelima varian selai Skippy saya paling suka Skippy Chunky dan Skippi Chocolate Stripe. Makanya kali ini saya buat 2 resep dari 2 selai tersebut. Nah sekarang catat yaa resepnya!


SKIPPY CHOCONUT BALL



Bahan-Bahan :

  • Biskuit marie 1 bungkus besar (dihancurkan dengan blender kering)
  • Susu bubuk 1 saset 
  • Mentega 3 sdm munjung (dicairkan)
  • Susu kental manis secukupnya
  • SKIPPY CHOCOLATE STRIPE 2 sdm
  • Mises secukupnya
Bahan-bahan Skippy choconut ball

Cara Membuatnya :

  • Campur biskuit marie yang telah halus, mises dan susu bubuk putih hingga rata
  • Masukkan mentega cair dan Skippy, lalu aduk hingga agak kenyal
  • Masukkan perlahan susu kental manis hingga adonnan agak kenyal dan bisa digulung.
  • Ambil 1 sendok adonan dan gulung-gulung seperti bola.
  • Nah, Skippy Choconut Ball siap disantap. 

Tips Membuat :

  • Pada saat membuat adonan dan menggulungnya gunakan sarung tangan plastik, agar adonan tidak lengket ditangan.
  • Setelah jadi bola-bola sebaiknya diamkan dalam kulkas dalam kondisi tertutup rapat selama minimal 30 menit. Agar rasa bola-bolanya agak krenyes-krenyes.
  • Jadikan Skippy Choconut Ball teman ngopi atau ngeteh sore hari atau cemilan anak-anak.

SATE PERKEDEL SAUS KACANG SKIPPY

Bahan-Bahan :

Perkedel

  • Kentang 1 kg
  • Skippy Chunky 2 sdm munjung
  • Sosis secukupnya (rebus hingga mengambang diair)
  • Tepung krispi serbaguna secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya
  • Tusuk sate secukupnya
  • Bumbu : bawang putih, lada, garam dan biji pala secukupnya. (diuleg)

selai skippy peanut butter
bahan-bahan sate perkedel saus kacang skippy

Saus kacang

  • Skippy 2 sdm
  • Cuka secukupnya
  • Gula cair secukupnya
  • Garam sesukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat :

Perkedel 

  • Kukus kentang hingga empuk, lalu lumat-lumatkan dengan garpu.
  • Masukkan bumbu uleg, lalu aduk hingga rata.
  • Masukkan selai Skippy Chunky lalu aduk hingga rata.
  • Ambil 1 sendok adonan kentang, pipihkan
  • Letakkan sosis di adonan kentang yang dipipihkan. 
  • Lalu tutup sosis dengan adonan kentang dan kepal-kepal seperti membuat perkedel lonjong.
  • Pisahkan tepung krispi serbaguna di 2 wadah. Wadah yang satunya dikasih air secukupnya, hingga tepung mengental.
  • Gulirkan perkedel ke tepung krispi cair, lalu gulingkan di tepung kripsi kering. Ulang hingga 2 kali.
  • Goreng perkedel hingga kekuningan, lalu tiriskan.
  • Setelah agak kering tusuk-tusuk perkedel hingga menyerupai sate lilit.
selai skippy peanut butter
Sate perkedel dengan selai skippy peanut butter chunky

Saus kacang

  • Larutkan 2 sdm selai Skippy Chunky dengan air matang hingga berbentuk saus kacang.
  • Masukkan gula cair, cuka dan garam secukupnya. Koreksi rasa sesuai selera masing-masing.
  • Jika ingin pedas, uleg cabe rawit dan cabe merah dan masukkan kedalam saus kacang. Berhubung anak-anak saya nggak suka pedas jadi saya tidak masukkan cabe di dalam bahan-bahan.
  • Nah, Sate Perkedel Saus Kacang Skippy siap disantap.
selai skippy peanut-butter
Saus kacang dengan selai skippy peanut butter chunky

Tips Membuat Sate Perkedel Saus kacang Skippy :

  • Pada saat menggoreng, jangan terlalu lama, karena kalau kelamaan bisa hancur.
  • Panas minyak jangan terlalu panas dan saat menggoreng gunakan api kecil.
  • Cabe pada saus kacang bisa diganti sesuai selera. Bisa menggunakan cabe bubuk atau saos sambal instan. Tapi kalau buat pencinta pedas, lebih baik uleg cabe rawit deh. Karena cabe bubuk tidak pedas menurut saya yaaa.
  • Cabe sebelum diuleg sebaiknya direbus dahulu. bisa direbus berbarengan dengan sosisnya.
  • Untuk asam saus kacangnya, bagi yang nggak kuat dengan asam cuka dan ingin mencari asam alami, boleh diganti dengan jeruk nipis.


Nah, alhamdulillah kedua cemilan ini disukai anak-anak. Buat Adek Fi perkedel kentang bisa jadi makanan pengganti nasi. Sudah ada protein, lemak dan karbohidratnya, sesuai dengan anjuran kesehatan. Adek Fi sih makannya tidak menggunakan saus kacang. Kalau Abang Fi suka banget kalau dicocol saus kacang.

Baca : Solusi ibu dalam mengatasi GTM (gerakan tutup mulut) pada anak

Kalau Choconut Ball-nya mah jangan ditanya, langsung ludes. Karena memang makanan itu jadi makanan kesukaan anak-anak sejak dulu. Hanya saja sekarang ada rasa kacangnya. Kata Abang Fi, "lebih enak ini, Mi. Nggak terlalu manis dan ada gurih-gurih kacang gitu." Ini saja saat saya menulis resepnya, Abang Fi sudah pesan lagi minta dibuatkan.. xixixi..

Baca : 3 cemilan kesukaan Duo Fi

Kenapa saya memilih selai Skippy Chunky untuk bahan resep Sate Perkedel Saus kacang Skippy, karena saya suka dengan makanan yang ada krenyes-krenyesnya. Pada selai Skippy Chunky ada greges-greges dari potongan kacang kecil-kecil didalam selai. Jadi ada sensasi tersendiri saat makan perkedelnya. YIPPEE... This is how I enjoy my SKIPPY® Peanut Butter

Nah, buat teman-teman yang senang nyemil, tapi cari yang mengenyangkan, semoga 2 resep selai Skippy Peanut Butter ini bisa jadi pilihan teman-teman yaa. Ada yang manis dan ada yang gurih. Selamat mencoba ^_^

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.

Wassalam




24 komentar:

  1. Perkedel pakai saus wah cocok buat ide usaha. Skippy emang enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya.. tapi nanti kerjaan makin banyak.. haha

      Hapus
  2. Kreatif amat mbakkkk. Dari satu bahan skippy bisa bikin aneka camilan sehat dan enak. Maaksih share resepnya yak.

    BalasHapus
  3. Jadi pengen coba resep sate perkedelnya

    BalasHapus
  4. Wah, anak-anak kalau makanan dikreasikan gini jd syuka nih, ada selai kacangnya yg gak harus numbuk2 tinggal cocol pake skippy...

    BalasHapus
  5. Skippy juga kesukaanku dan Pewe nih, Mbak. Selama ini kami cuma tau buat roti doang. Ternyata bisa dipadukan dengan banyak ragam resep makanan ya. Sate perkedelnya kayaknya enak nih. Terima kasih udah berbagi resepnya ya, akan saya coba juga ah buat nyenengin si kesayangan... hahaha

    BalasHapus
  6. samaan kita bikin bola2 dari kueh marie :D
    cemilan pake skippy jadi makin enak yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah sehati emang kita ya kalau cari ide masakan xixixi

      Hapus
  7. Asik nih dapet resep baru pakai bahan Skippy. Pasti enak deh.

    BalasHapus
  8. Kreatif banget resepnya mbak! Pasti anak-anak suka banget ya. Duh aku jadi jiper resep aku biasa-biasa aja.

    BalasHapus
  9. Mba Ade sih emang jago masak deh. Akan lebih mantap kalo aku nyobain masakannya.

    BalasHapus
  10. Samaaaa anakku juga picky eater dan susah banget makan nasi, emaknya harus bgt kreatif bikin camilan yang bikin kenyang, bergizi, sekaligus dia suka yaaa.

    BalasHapus
  11. Pingin melipir jadinya nih ke tempat mba Ade, penasaran mau nyobain. Kreatif banget siih mbaa..

    BalasHapus
  12. Wew mantep ini resep2nya. Info tentang Skippy nya pun lengkap, Ummi. Yang biskuit itu ternyata pakai margarin leleh juga ya. Bumbu kacangnya ini mantep juga, ntar diriku mau cobain :D

    BalasHapus
  13. Mauuuu sate perkedelnya Mba Adeee.. hahaha.. Enak ya ini dicocol pake Skippy.. Aku ada bakwan kayaknya enak juga nih dicocol selai kacang.. hehe.. :D

    BalasHapus
  14. tahunya selai cuma jadi olesan ternyata bisa dibikin aneka makanan juga nih

    BalasHapus
  15. Weh baru tau skippy bisa buat bumbu kacang ya. Ntar puasa jadi favorit buat temenin gorengan hehe

    BalasHapus
  16. Manteb2 resepnuyaaaa. Calon juara ini :D
    Selai Skippy tu emang enak ya mbak. Ini anak2ku moso suka nyemilin coba hahaha.

    BalasHapus
  17. Skippy bs jd alternatif bikin saos kacang untuk gado gado dan salad ya. Praktis dan pastinya enak.

    BalasHapus
  18. idenya menarik mbak Ade, lauk jadi cemilan. jadi terasa menyenangkan ya hihihi

    BalasHapus
  19. Mb ade ade kreatif banget ya

    BalasHapus
  20. Asiknyaa kalau punya Skippy jadi mudah di aplikasikan dibberbagai resep ya

    BalasHapus
  21. Saya juga suka banget selai skippy. Tapi ga pernah kepikiran dibikin yang macem2. Sekarang orang2 makin kreatif aja ya.

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^