Faktor Tumbuh Kembang Anak Menjadi Anak Cerdas Tanggap yang Lengkap

tumbuh kembang anak

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Aloha, Temans..
Melihat anak cerdas itu sangat membahagiakan ya? Pastinya dalam hati para ibu akan berbisik seperti ini, "Duuh, coba anakku seperti itu ya! Cerdas banget." atau "Duh, sopan, sholeh, baik dan pintar pula. Bagaimana ya itu bisa mendidik anak seperti itu?

Kecerdasan anak itu memang tidak bisa datang secara instan. Apalagi jika kita menginkan anak untuk cerdas tanggap yang lengkap. Untuk proses tumbuh kembang anak bisa dilihat dari perkembangan dan pertumbuhan otak anak yang optimal secara keseluruhan. Dokter Nur Aisiyah Widjaja, Sp.A(K) atau biasa disapa dengan dr. Nuril, konsultasi nutrisi dan Penyakit Metabolitik Anak, memberikan 3 hal penting yang harus diperhatikan dalam tumbuh kembang anak, yaitu :

tumbuh kembang anak
Dr. Nuril, pembicara tentang tumbuh kembang anak (photo by capture video live FB)

1. Genetik
Bicara soal anak sudah pasti otomatis berhubungan dengan genetik atau keturunan. Nah, untuk perkembangan anak pintar juga termasuk salah satunya adalah genetik dari kedua orangtuanya. Namun, bukan berarti 100% anak pintar itu berasal dari genetik, karena menurut dr. Nuril pengaruh genetik hanya 20% dari perkembangan otak anak.

2.Stimulasi Lingkungan
Stimulasi disini berupa game anak-anak dan prilaku orang tua baik dari ucapan ataupun sikap sebagai contoh. Dan hal ini sudah saya sampaikan di tulisan saya sebelumnya. Buat yang belum baca silakan baca : Cara menstimulasi kecerdasan anak sejak dini.

3. Nutrisi 
Nutrisi adalah zat-zat gizi atau zat lain yang berhubungan dengan kesehatan dan penyakit, termasuk keseluruhan proses pemasukan dan pengolahan zat makanan oleh tubuh manusia yang bertujuan menghasilkan energi yang nantinya akan digunakan untuk aktivitas tubuh serta mengeluarkan zat sisanya (hasil metabolisme).

Nah, nutrisi otak yang membantu tumbuh kembang anak inilah yang akan dibahas dalam tulisan saya kali ini untuk perkembangan kognitif anak atau kecerdasan intelektual. Yuk, lanjutkan dibaca ya!


DEFINISI PERTUMBUHAN dan PERKEMBANGAN OTAK ANAK

Sebelum lebih lanjut kita membahas nutrisi otak yang baik untuk tumbuh kembang anak, sebaiknya kita bisa membedakan antara pertumbuhan dan perkembangan. Dua kata tersebut mempunyai beda makna jika dihubungkan dengan otak anak.

Pada saat acara launching Bebelac baru, ini menyampaikan bahwa pertumbuhan otak anak itu dimulai sejak ia dalam kandungan. Yang dimaksud dengan pertumbuhan otak anak adalah bertambah besar volume otak yang didalamnya terdapat sel-sel otak. Sedangkan perkembangan otak anak adalah berkembangnya sel otak anak yang dibantu oleh stimulasi-stimulasi dari luar.

Untuk terasahnya kecerdasan anak, maka yang diperlukan adalah perkembangan otak si anak.

NUTRISI OTAK YANG DIPERLUKAN OLEH ANAK
Memberikan nutrisi otak pada anak harus memperhatikan 3 hal ini sebagai fungsinya, yaitu :
  • Menghasilkan energi.
  • Menggantikan Sel-sel tubuh yang rusak.
  • Hitungan gramnya sesuai kebutuhan.
Dan pemberian nutrisi atau zat gizi pada anak itu berdasarkan jumlahnya, tergolong menjadi 2 bagian, yaitu :

a. Zat Gizi Makro
Disebut zat gizi makro, karena zat gizi ini harus diberikan dalam jumlah banyak. Makanan yang termasuk zat gizi makro yaitu :
  • Karbohidrat : Nasi, Pasta, Jagung, Kentang, dll.
  • Protein : Protein yang terbaik adalah dari protein hewani, seperti Hati Ampela, Daging Merah, Daging Ayam, dan Daging Ikan.
  • Lemak
Dokter Nuril menyarankan untuk anak usia 2 tahun kebawah sebaiknya jangan banyak makan sayur dan buah. Sayur dan Buah silakan untuk diperkenalkan tapi bukan sebagai sumber nutrisi yang utama, karena usia 2 tahun kebawah masih memerlukan zat gizi makro tersebut sebagai sumber nutrisi utama.

Takaran serat (sayur buah) yang diperkenalkan kepada bayi, menurut dr. Nuril sesuai dengan rumusnya, yaitu : Usia bayi + 5 gram, contoh bayi berusia 1 tahun, berarti serat yang diperkenalkan hanya 6 gram/hari. Dikit banget yaaa..

Jika anak kekurangan zat gizi makro, efeknya anak akan menjadi stunting (pendek). Dan Indonesia sudah di posisi ke 5 di dunia sebagai negara yang memiliki orang pendek terbanyak.

b. Zat Gizi Mikro
Kebalikan dari zat gizi makro, maka zat gizi mikro diberikan kepada anak dalam jumlah sedikit. Zat gizi mikro pada makanan terdiri dari :
  • Vitamin : Vit A, D, E, K, B dan C
  • Mineral : Na, K, Cl, Ca, Fe, Zn, Mg, Se, dll.
Lagi-lagi dr. Nuril menyarankan untuk mengambil zat gizi mikro ini di daging hewan bukan di sayuran, karena vitamin dan mineral yang ada pada daging hewan lebih mudah diserap oleh pencernaan bayi.

tumbuh kembang anak
nutrisi bagi tumbuh kembang anak (photo by ade ufi)

EFEK SAMPING JIKA KEKURANGAN NUTRISI

Segala sesuatunya di dunia ini jika kekurangan atau kelebihan akan ada efek sampingnya. Termasuk dalam pemberian nutrisi bagi anak. Efek yang lebih banyak terlihat buruknya jika anak kekurangan nutrisi atau biasa disebut dengan malnutrisi. Malnutrisi adalah tidak seimbangnya ukuran pemberian nutrisi (zat gizi) pada makanan/minuman yang dikonsumsi.

Dokter Nuril memberikan 2 dampak negatif malnutrisi pada anak, yaitu :
  • Gangguan perkembangan otak pada jangka pendek, namun nantinya di jangka panjang akan mengganggu kecerdasan, tampilan dan kecerdasan anak.
  • Gangguan pertumbuhan (IUGR) pada jangka pendek bayi lahir dengan berat badan kurang dari 2,5kg, yang nantinya di jangka panjang menjadi stunting (pendek). Dari informasi dr. Nuril pertumbuhan yang optimal itu harus dicapai saat usia 0-2 tahun. Kenaikan normal bayi 0-1 tahun itu bisa naik hingga 25 cm dan usia 1-2 tahun kenaikannya bisa mencapai 12,5 cm. Untuk usia 2-3 tahun hanya naik 8cm, setelah itu pertumbuhan anak hanya berkisar 4 cm, hingga usia maksimal pertumbuhan manusia, yaitu usia 20 tahun. Jadi sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan untuk kenaikan optimal. Dan ada masanya pada pertumbuhan anak laki-laki melonjak tinggi karena hormon, biasanya di usia 14 - 16 tahun atau setelah disunat.
  • Gangguan program metabolik glukosa, protein, hormon dan gen di jangka pendek, namun nantinya jangka panjang berakibat hipertensi, diabetes, penyakit jantung koroner, obesitas dan stroke.
tumbuh kembang anak
Dampak kekurangan gzi pada tumbuh kembang anak (photo by ade ufi)

Waaah seseram itu ya kalau kita salah memberikan nutrisi pada anak. 

Dokter Nuril juga menjelaskan bahwa dengan memberikan nutrisi yang baik maka perkembangan mikrobiota atau bakteri baik yang ada pada pencernaan anak akan baik pula. Semakin banyak bakteri baik dalam pencernaan, mereka akan melakukan cross talk untuk mempengaruhi otak dan prilaku anak hingga memberikan respon baik dan cerdas tanggap yang lengkap.

Nah, Bebelac baru ini memberikan formula baru yang mendukung nutrisi lengkap pada minuman anak, yaitu minyak ikan dan omega 6 yang ditingkatkan dari formula susu Bebelac yang lama. Penting banget memberikan Omega 3 & 6 sebagai nutrisi otak anak. Sementara perbandingan FOS (Frukto Oligo Sakarida) dan GOS (Galakto Oligo Sakarida) nya pun kini menjadi 1 : 9 yang berfungsi merangsang pertumbuhan kedua bakteri baik tersebut di dalam saluran pencernaan si bayi.

Hasil studi menunjukkan bahwa susu formula yang sudah diperkaya FOS dan GOS dapat meningkatkan penyerapan kalsium, membuat komposisi mikroba feses bayi mirip dengan komposisi mikroba feses bayi ASI, mengurangi resiko infeksi saluran pencernaan, kulit, dan pernapasan bayi. Penambahan prebiotik ini juga dapat menurunkan mikroba jahat dalam usus serta dapat melunakkan feses bayi. Selain itu pada formula baru susu Bebelac kini mempunyai 13 vitamin dan 9 mineral. Duh lengkap banget nih.

tumbuh kembang anak

Dengan formula baru susu Bebelac ini kita tidak perlu lagi khawatir anak kita akn terhambat tumbuh kembangnya. Sehingga harapan mendapatkan anak cerdas tanggap yang lengkap insya Allah terpenuhi.

Nah, buat para orangtua dan calon orangtua, semoga ilmu yang saya sharing di tulisan ini bermanfaat yaa.

Wassalam




55 komentar:

  1. Nutrisi ternyata memang penting banget buat anak terutama bagi yang dalam masa tumbuh kembang anak di usia balita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba.karena buat jangka panjang di kehidupannya kelak

      Hapus
  2. Sedih deh kalau lihat ada anak yang malnutrisi. Padahal nutrisi juga memainkan peranan sangat penting untuk pertumbuhan anak ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang malah yg malnutrisi bukan dr kalangan menengah kebawah. Semua kalangan, mba. Karena kurang ilmu.

      Hapus
  3. Emang penting banget nutrisi buat anak. Jadi inget obrolan sama dokter di klinik kantor kalau mpasi menunya harus 4 bintang soalnya bayi itu asupannya butuh double, buat pertumbuhan dan energi buat aktifitas. Kalau kurang dan ternyata anaknya aktif, nanti asupan yang buat pertumbuhannya diambil buat energi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, ilmu baru lagi nih. Kadang suka sedih liat anak2 klo dpt ilmu2 baru. Ternyata yg kita lakuin blm bener. Hiks.

      Hapus
  4. Anak tanggap itu lebih lengkap ya kemampuannya baik internal/eksternal ya. Karena bukan melulu harus selalu jago matematika aja ya bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes.. eq sq dan iq nya bermain semua.

      Hapus
  5. Noted, kalau buat anak2 fokusnya ke karbo, lemah, dan protein ya mbk Ade. Selain itu jg stimulasinya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes. Kata dokter nuril sih begitu.

      Hapus
  6. Genetik jg berperan ya dlm faktor kecerdasan anak. Hm harus nyariin jodoh yg cerdas nih buat anak2ku nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma 20%, mba. Selebihnya stimulus.

      Hapus
  7. Nah, aku pasti selalu pingin ngasih asupan nutrisi yang bagus buat anak-anak, tapi PR-nya adalah anak-anak sering banget pilih2 makanan.. huhuw..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaa... anakku juga begitu. Makanya muter otak banget biar dia dpt semua nutriai itu.

      Hapus
  8. Rasanya kasihan kalau ketemu sama anak-anak yang malnutrisi, karena akan punya efek jangka panjang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, bun. Kalau dr kalangan org ada mah masih bisa diperbaiki kehidupannya. Kalau yg ga ada ini nih.

      Hapus
  9. Faktor ini yang harus kita pahami dan terapkan ya, agar anak tumbuh optimal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul. Kalau bisa jangan sampai terabaikan.

      Hapus
  10. anak yang sehat keliatan ya mbak Ade, dari perhatian ayah bundanya dalam memenuhi nutrisinya. terutama nutrisi otaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, Mba. Lingkungan mempengaruhi juga ya.

      Hapus
  11. Berarti harus bersamaan ya, makanan bergizi tapi kalo gak distimulasi ya gak pinter juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. teman baik mereka. Harus seiiring sejalan antara stimulus dan nutrisi.

      Hapus
  12. Faktor genetik memang terbukti sih misal orangtua pintar, anak on sya allah pintar juga. Tapi aku baru tau kalau persentase faktor genetik hanya 20% aja, kirain 70-80% 😊 Asupan nutrisi dan vitamin pasti penting ya. Ada Bebelac nih susu pertumbuhan anak supaya tanggap dan cerdas sejak dini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa cuma 20% sisanya diborong stimulus dan nutrisi.

      Hapus
  13. Kadang orangtua suka membandingkan anaknya dengan anak orang lain, tapi lupa bahwa peran orangtua juga menentukan, dalah satunya dengan pemberian nutrisi yang baik ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah tuh iya.. sebel kalau ada yg banding2in.

      Hapus
  14. ini kayaknya persoalan yang nggak abis-abis di bahas ya mba, selalu aja updet terbaru, yang bikin orangtua belajar lagi..dan lagi

    BalasHapus
  15. nutrisi Bebelac sekarang makin bagus yah apakagi dengan edukasi seperti uni jadi orang tua bisa terbantu dengan memilih nutrisi yg dibutuhkan anak

    BalasHapus
  16. Pedoman yang bagus ya buat tumbuh kembang anak. Otak aja butuh nutrisi yang tepat buat kecerdasan tanggap yang lengkap..

    BalasHapus
  17. Stimulasi anak dengan mainan akan membuat sensor aktif dan untungnya sekarang udah banyak ada yang jual

    BalasHapus
  18. Oh ternyata pengaruh genetik dalam mempengaruhi kecerdasan anak cuma 20 % ya Bun. Tetap aja anak pintar itu lebih tinggi bagaimana cara kita menstimulasi anak kita di rumah. Saya sejak udah nggak ngajar lagi. Akhitnya di rumah suka bikin kegiatan stimulasi buat anak di rumah. Semoga kita bsa jadi ibu yang cerdas ya Mba untuk mendidik anak yang cerdas dan berkarakter pula. Aaminn

    BalasHapus
  19. Oo saya baru tahu penyebab stunting lebih kepada kurangnya gizi makro ya. Hiks, saya termasuk yang stunting. Semoga dengan pemenuhan nutrisi yang tepat tumbuh kembang anak bisa optimal.

    BalasHapus
  20. Masalah nutrisi ini yang bikin aku kwatir sama anak keduaku, dia susah makan. Jadi makannya suka2 dia aja, kadang mau kadang mingkem rapet. Coba kasih bebelac aja kali ya, takut soalnya mempengaruhi asupan nutrisi yg masuk

    BalasHapus
  21. Pentubg ya untuk slu memantau tumbuh kembang anak, bahkan sejam dalam kandungan. Soal gizi ini jg jadi momok buat aku dg bayi yg baru MPASI, hiks. Dan masih galau mengatur menu :( pdhl makanan punya efek tumbang bayi ya mba.

    BalasHapus
  22. Nambah wawasan nih buat kasih makan anak2. Thanks sharingnya ya mom... Sekarang masih berkutat di naikin nafsu makan si sulung nih. Kadang susah makan dianya

    BalasHapus
  23. Duh serem juga ya mbak dampaknya pada anak kalau sampai gangguan gizi. Harusnya ini menjadi tugas utama orangtua untuk bisa memberikan yang terbaik buat anak-anaknya terutama untuk asupan gizinya

    BalasHapus
  24. Cerdas secara genetik tapi kalau ga didukung asupan gizi yang seimbang dan cukup serta stimulus yang kuat jadi percuma ya mbak.

    BalasHapus
  25. tulisan bermanfaat seperti ini harus banyak dishare ya
    karena banyak ibu muda yang kadang kurang paham tentang nutrisi anak
    bahkan masih ikut pemahaman lama
    kadang bayi umur 1 bulan udah dikasi pisang
    katanya biar kenyang
    padahal tidak baik untuk pencernaannya
    jika pun saat bayi tidak apa apa bisa jadi saat besar jadi pencetus penyakit yang berhubungan dengan pencernaan

    BalasHapus
  26. Tumbuh kembang anak harus diperhatikan yah Ummi, nggak cuma melulu ngukur tinggi sama berat badannya aja 😁. Dengan begitu kecerdasannya bisa turut mengalir juga. Rekomen artikelnya buat dipraktekin ke keponakan

    BalasHapus
  27. Aku suka dengan pembahasan mengenai pemberian gizi ini kak. Karena jujur anak aku termasuk berbadan kecil dan aku paling takut dia stunting. Sudah disarankan dokter untuk minum susu tambahan. Kayaknya saya coba untuk anak saya ya kak.

    BalasHapus
  28. Wah artikelnya bermanfaat banget Mbak. Apalagi anakku sekarang lagi picky eater dan susah banget makan selain roti. Pengen cobain susu ini semoga cocok dan menjadi solusi dari kegalauanku selama ini

    BalasHapus
  29. Ini makanya kawin pun itu mesti kerja keras, biar punya duit buat beli makanan dan minuman yang bergizi untuk anak, termasuk susu yang bagus. Biar anak tumbuh kembangnya pun bagus. Karena memang banyak faktor sih ya untuk bisa punya anak yang sehat dan keren, haha...

    BalasHapus
  30. Walaupun enggak boleh membeda-bedakan anak, tapi enggak bohong juga sih klo kadang mgerasa “iri” liat anak yg lebih hebat. Hehehe.. Dan setuju banget klo lingkungan dan nutrisi jadi faktor yang menentukan kepintaran si anak.

    BalasHapus
  31. Omega 6 dan omega 3 penting banget ya ternyata untuk nutrisi otak si kecil agar tanggap yang lengkap. Dan semua itu ada di bebelac baru

    BalasHapus
  32. Kasus stunting nih memang bikin deg-degan. Suka was-was setiap kali ke dokter anak karena kalau berat badannya kurang pasti langsung disuruh naikkin segera. Makanya nutrisi penting banget ya mbak untuk perkembangan otak & tubuh.

    BalasHapus
  33. masalah nutrisi memang tidak boleh disepelekan ya mbak, krena penting banget..

    BalasHapus
  34. Asupan nutrisi yang tepat dan seimbang memang perlu banget diperhatikan ya, Mbak, agar pertumbuhan dan perkembangan anak berlangsung maksimal. Saat ini, anak tak cukup hanya cerdas secara intelektual, juga harus cerdas secara emosi dan sosial. Jadi tambahan nutrisi tersebut juga perlu dilengkapi dengan stimulasi dari orang tua.

    BalasHapus
  35. Wah saya batu tau apa formula FOS GOS ini.. Ternyata kandungan Bebelac lengkap yah. Mungkin anak yg susah makan sangat terbantu dengan adanya susu ini.. Urusan perkembangan otak juga jangan pernah skali2 kita cuekin.. Terima kasih sharingnya mba..

    BalasHapus
  36. Betul banget kita harus mengutamakan nutrisi terbaik untuk tumbuh kembang anak. Karena anak adalah prioritas utama dalam keluarga.

    BalasHapus
  37. Jadi bener ya knp anak laki2 biasanya badannyabs besar saat setelah di sunat...aku kira cm mitos

    BalasHapus
  38. Nutrisi otak itu kan meliputi: karbohidrat, protein dan lemak. Nah aku sekarang jadi ngerti nih kenapa pas anakku masih kecil, bahkan sejak aku hamil, mamaku ribut nyuruh aku makan ikan yang banyak. Ikan kaya akan omega 3 dan Omega 6 yang ditingkatkan bisa didapatkan dari Bebelac ya

    BalasHapus
  39. Ternyata genetik malah hanya berpengaruh 20% saja ya, terima kasih infonya ya mom :)

    BalasHapus
  40. Aku baca tulisan mbak Ade ini kok malah jadi parno ya mbak. Kepikiran anak-anakku di rumah apakah gizi mereka sudah terpenuhi apa belum. Soalnya anak-anakku nih ukuran badannya pada mungil2 kalau dibandingkan sama teman-teman dan saudara yang seumuran. Terus di keluarga aku susu itu tidak wajib. Maksudnya ya kadang minum kadang nggak buat anak-anak. Sepertinya aku harus ubah nih dan beri nutrisi tambahan untuk mereka.

    BalasHapus
  41. Ternyata banyak faktor untuk mendukung kecerdasan anak ya mba

    BalasHapus
  42. Susu emang dari dulu wajib dikonsumsi sama anak2, karena gizinya memang dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi pemambahan omega 3 dan 6, makin pas buat nutrisi otak.

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^