7 Poin Penting tentang Layanan WiFi.id dari Telkom yang Harus Kita Tahu

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum w.w.

Hai-hai teman-teman, mau nanya nih.. Pernah nggak teman-teman pas jalan-jalan, kehabisan kuota internet di tempat umum yang tidak menyediakan layanan WiFi? Pernah kan? Saya juga.

Saya langsung mati gaya deh, kalau kehabisan kuota gitu. Bingung mau ngapain. Saya seperti lost informasi. Apalagi sekarang saya sedang menikmati profesi baru saya sebagai blogger. Info-info tentang nge-blog banyak saya dapat dari internet.

Biasanya sih saya ngetem dulu di restoran-restoran untuk mencari wifi gratisan..xixixi.. Itu duluuu... sekarang saya nggak khawatir lagi, semenjak ada WiFi.id.


Apa sih Wifi.id itu?

Pernah nggak saat kita di area publik, ketika menyalakan jaringan wifi, kita melihat tulisan WiFi.id pada ponsel kita?

Nah, jika kita menemukan jaringan WiFi.id di lokasi tempat kita berada, kita bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk mengakses internet dengan mudah dan cepat.

WiFi.id adalah produk dari Telkom yang memungkinkan kita untuk mengakses internet broadband dengan sistem prabayar. Layanan ini tersebar di berbagai lokasi, dari mulai gedung perkantoran hingga pusat perbelanjaan.

Kita juga bisa mengakses info tentang Telkom di Traveloka.com untuk mengetahui layanan unggulan lain dari perusahaan telekomunikasi pertama di Indonesia ini.

Namun, sebelum mulai menggunakan layanan WiFi.id untuk mengakses internet berkecepatan tinggi, ketahui dulu tujuh poin berikut tentang layanan tersebut. Apa saja tuh?

1. Syarat dan Ketentuan

Telkom – pixabay.com
Poin utama yang harus diperhatikan adalah sejumlah syarat dan ketentuan dari layanan ini. Layanan WiFi.id ini hanya bisa digunakan oleh seluruh pengguna kartu seluler dari Telkomsel, perusahaan turunan dari Telkom. Kartu seluler yang bisa mengakses layanan ini adalah KartuHALO, simPATI, KartuAs, dan Loop.

Di awal pembelian paket, skema dan periode masa aktif dari paket layanan berlangganan yang kita pilih akan dikonfirmasi terlebih dahulu sebelum layanan mulai digunakan. Selain itu, perlu diketahui jika WiFi.id hanya bisa diaktivasi di Indonesia.

2. Access Point

Telkom – paketindihome.wordpress.com

Layanan WiFi.id sudah tersebar ke banyak lokasi di wilayah Indonesia. Telkom membagi wilayah cakupan layanan ini dengan klasifikasi zona, yakni

  • Zona A : yang terdiri dari Pulau Sumatra, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.
  • Zona B : meliputi Kalimantan dan Sulawesi
  • Zona C : yang terdiri dari Maluku dan Papua.


Lokasi spesifik yang termasuk ke dalam titik akses WiFi.id bisa dicek dengan mengetikkan kota tempat kita berada atau melalui fitur pencari hotspot di aplikasi wifi.id go.

3. Cara Aktivasi dan Penggunaan

Aktivasi dan layanan - pixabay.com

Dalam aktivasi layanan WiFi.id, kita memerlukan username dan password untuk login di halaman utama WiFi.id saat kita akan mulai mengakses internet. Untuk mendapatkannya, pastikan kita sudah menemukan akses hotspot WiFi.id dan telah memilih koneksi SSID @wifi.id dari perangkat elektronik kita.

Setelah akses ditemukan, aktifkan layanan ini dengan mengirim net (spasi) nominal paket yang dipilih ke 98108. Sebagai contoh, jika kita memilih paket akses selama 2 jam seharga Rp1000, maka format SMS yang harus dikirimkan adalah net 1000. Kita akan menerima SMS balasan yang berisi username, password, serta informasi masa berlaku paket.

Selanjutnya, saat membuka aplikasi browser, kita akan langsung dialihkan ke halaman utama WiFi.id untuk proses login dengan menggunakan username dan password yang sudah diterima.

4. Durasi Penggunaan Layanan

Telkom - pixabay.com

Setelah melakukan aktivasi, akses internet dari WiFi.id dapat dinikmati dalam periode atau durasi penggunaan yang telah ditentukan, tergantung pada paket layanan yang dipilih.

Ada beberapa pilihan paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita, yakni

  • Paket harian dengan durasi 2 jam dengan harga Rp1000 dan 12 jam seharga Rp5000.
  • Paket berlangganan 24 jam selama 7 hari atau 30 hari yang masing-masing dihargai Rp20.000 dan Rp50.000.


5. Konektivitas dan Kecepatan

Telkom - pixabay.com

Kecepatan maksimum dari layanan internet WiFi.id adalah 100Mbps. Namun, tidak seperti fasilitas hotspot lainnya yang dapat digunakan oleh beberapa perangkat dalam waktu bersamaan, layanan internet broadband dari WiFi.id hanya dapat digunakan oleh satu perangkat elektronik. Saat sedang digunakan oleh satu perangkat, akun username serta password yang didapatkan dalam proses aktivasi tidak bisa digunakan oleh perangkat lainnya.

6. Layanan Komunitas

Telkom - pixabay.com

Selain memberikan akses internet hotspot berkecepatan tinggi dengan tarif yang terjangkau, WiFi.id juga mendukung dan bekerja sama dengan sejumlah komunitas yang menawarkan beragam layanan tambahan. Komunitas yang tergabung dalam layanan ini antara lain komunitas i-Travelguard dan komunitas starwifi.

Ada pula komunitas untuk bisnis dan belanja seperti Smartbisnis, voucher gift, serta komunitas grosir dan UKM. Untuk fasilitas umum, beberapa komunitas yang tersedia adalah komunitas kampus, komunitas rumah sakit, dan berbagai komunitas lainnya.

7. Skema Bisnis

Telkom - pixabay.com

WiFi.id yang merupakan realisasi program Indonesia WiFi dari Telkom tidak hanya bisa digunakan secara personal oleh pengguna perseorangan. Perusahaan telekomunikasi penyedia layanan ini juga menawarkan pengaturan skema bisnis untuk berbagai lembaga dan fasilitas umum yang ingin menyediakan akses internet berkualitas.

Selain untuk fasilitas umum, layanan WiFi.id juga dapat digunakan oleh kawasan pendidikan yang ingin menyediakan fasilitas hotspot untuk mendukung aktivitas pembelajaran atau oleh kawasan komersial dan gerai elektronik untuk memberikan layanan internet bagi pelanggannya.

Beberapa lembaga lain yang juga bisa menggunakan layanan ini adalah pengelola komunitas, penyelenggara event, pengelola hotel, serta pengelola area publik lainnya. Skema bisnis untuk sejumlah lembaga tersebut dapat diatur berdasarkan jumlah pengguna serta periode penggunaan.

Itulah beberapa poin penting yang harus kita tahu tentang layanan WiFi.id dari Telkom. Nah, setelah mengetahui informasi terkait layanan ini, kita sekarang nggak bingung lagi kan kalau kehabisan kuota diluar. Kita bisa memanfaatkannya dengan lebih mudah dan efektif. Selamat berselancar di dunia maya ^_^.

Waasalam






31 komentar:

  1. Konektivitas dan kecepatan memang salah satu aspek yang paling sering diperhatikan costumer

    BalasHapus
  2. Saya termasuk orang yang demen internetan pakai wifi.id ini di laptop. Untuk kecepatan saya akuin kenceng banget deh, jadi suka download film pake ini. Nah biasanya saya berlangganan paket bulanan yang 50 ribu itu. Lumayan hemat daripada paket per minggu yang kalau dijumlahin jadi lebih mahal dari paket bulanannya.

    BalasHapus
  3. Saya baru tau Ummi yang wifi.id ini. Masih belum paham sih cara gunainnya, haha... perlu baca ulang nih nanti. Cuma yang terpenting sinyalnya bagus ya. Bayarnya bisa pakai Traveloka juga ya...

    BalasHapus
  4. Wah baru tau nih. Kukira wifi.id itu gratis hehe... memang lebih murah sih daripada paket biasa.

    BalasHapus
  5. Asiknya kalau ada layanan wifi yang memberikan pelayanan internet terbaik ya mba. Apalagi asyiknya ada skema bisnis yang tepat

    BalasHapus
  6. Cakupan WiFi id itu banyak juga ya mbak cukup WiFi id internet an bisnis dan nonbisnis lancar.

    BalasHapus
  7. Zaman now semua serba terhubung sm internet ya Mbak, makanya kebutuhan akan Wi-Fi pun semakin meningkat. Seakan2 uda jadi kebutuhan pokok..

    BalasHapus
  8. Seribu bisa main internet seharian . wah makin sering jalan jalan ke blogg orang.

    BalasHapus
  9. Bener bun, apalagi sebagai blogger kita butuh banget internet dan loadingnya cepet juga ya. Cuma saat ini saya belum bisa berkesempatan pasang wifi telkom karena cuma berdua aja di rumah ama anak kecil. Hihihi

    BalasHapus
  10. Setuju banget mbak, kehabisan kuota ketika di luar itu nggak enak. Mau pesan ojek online pun nggak bisa hehe *eh malah curhat
    Ah sayang banget saya nggak pake Telkomsel, padahal lumayan banget harga kuotanya ramah di kantong.

    BalasHapus
  11. Daku pernah itu pas jalan-jalan, iseng aja nya lain wi-fi dan kedetect wi-fi.id, ternyata dari telkom yah Pantesan sinyalnya good banget 👍

    BalasHapus
  12. Udah 20 tahunan saya pakai nomor Telkomsel. Tapi, saya juga baru tau layanan ini. Kudet banget ya saya hahaha

    BalasHapus
  13. Aku sering kalo diluar nemuin wifi.id . Tapi dengan baca ini aku jadi ngerti cara ngakttifinnya. Karena jujur kemaren itu bingung sendiri.

    BalasHapus
  14. Aku belum mencoba paket layanan wifi telkom nih mba. Tapi yang aku denger memang rekomended dan internetnya beneran kenceng euy :)

    BalasHapus
  15. saya baru tahu nih tentang wifi id
    klu gitu daftar deh
    biar pas kehabisan kuota ga repot nyari pulsa

    BalasHapus
  16. Wah aku sering nih pake wifi.id . Selain harganya terjangkau, praktis aja sih. Asalkan dpt jangkauannya, bisa langsung pakai wifi.id, tentunya setelah kita bayar paketnya dulu wkwkwk.

    BalasHapus
  17. Pernah liat tulisan wifi.id di cibinong, tapi aku ga tau itu cara aksesnya gimana. Nah sekarang jadi tau setelah baca tulisan mbak ade.

    BalasHapus
  18. Oalah aku baru tau ternyata wifi id itu dari telkom toh, selama ini taunya speedy haha kuper

    BalasHapus
  19. Nah rekomen banget ya Mba? Boleh nih aku kasi info ke pak suami, buat pasang wifi, dari Telkomsel memang terpercaya ya, sinyal bagus, provider inet di ponsel pun aku pake Tsel

    BalasHapus
  20. Mbak Ade...jd kita harus punya username dan password dulu ya? Kalo dipikir2 kok murah ya 30 hari harganya hanya 20.000-50.000 hhhmmm.... Masih mikir juga mengenai perangkat elektroniknya gimana. Keren ya zaman skrg apa2 jd mudah dan terjangkau 😊

    BalasHapus
  21. Selain jaringan data sendiri, wifi menjadi yang paling sering dicari ketika kita membutuhkan akses internet di ruang publik, saya juga termasuk yang sering pakai wifi diruang publik, untuk wifi Telkom juga pernah menggunakannya.. internet lancar dan stabil

    BalasHapus
  22. selama ini aku gak paham cara pake wifi.id hahaha akhirnya jadi tahu deh... thanks for sharing mbak

    BalasHapus
  23. Wifi id andalan ku nih. Soalnya cakupannya luas dan selalu ada di public area, plus murah banget ya. cuma goceng aja siiiii

    BalasHapus
  24. Ya ampun kok murah sih mba, pas banget ni suami nyuruh aku biar pasang wifi di rumah tapi sampe sekarang belum nemu yg cocok karena sinyal terbatas juga, pelosok soalnya. Kalau Telkomsel mah udah ketauan dari dulu jaringan dan sinyalnya kenceng. Mauuu

    BalasHapus
  25. Aku belum pakai wifi nih, masih kuota. Thx infonya mb Ade.masih maju mundur cantik

    BalasHapus
  26. Murah banget mbak Ade, 5000 bisa buat seharian.
    Aalagi internetnya kencang, soalnya pekerjaan Va gak jauh2 dari internet

    BalasHapus
  27. Sering banget lihat Wifi.id ini kalau lagi nongkrong di kafe dan pantesan aja nggak bisa dipakai. Ternyata harus daftar dulu ya. Aku lihat coveragenya luas dan tersebar di mana-mana jadi tenang juga ya kalau tiba-tiba kehabisan kuota. Jadi kepingin nyobain deh.

    BalasHapus
  28. Aku pakai ini juga mbak, tapi biasanya nebeng hp suami yg pakai provider yg telkomsel hehe. Membantu banget kalau pas lg jalan di tempat umum.
    Emang kenceng dan termasuk lumayan terjangkau utk layanannya.

    BalasHapus
  29. bener nih sering banget nemu Wifi.id pas lagi nge-mall, penasaran gimana itu bisa ngaksesnya, aku kan suka penasaran dan sok bisa otrek2 biar masuk, gagal maning gagal maning XD karena (ternyata) ada how to-nya ya seperti penjelasan ummi di tulisan ini

    btw itu murce banget paketnya, cocok klo lagi live tweet

    BalasHapus
  30. Iya dulu aku pernah pakai produk telkom utk wifi lancar y mba jarang ada kndala walaupn ada perbaiknny lumyn cepet

    BalasHapus
  31. makasih infonya umifikri, manfaat banget :-)

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^