7 Poin Penting tentang Layanan WiFi.id dari Telkom yang Harus Kita Tahu

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum w.w.

Hai-hai teman-teman, mau nanya nih.. Pernah nggak teman-teman pas jalan-jalan, kehabisan kuota internet di tempat umum yang tidak menyediakan layanan WiFi? Pernah kan? Saya juga.

Saya langsung mati gaya deh, kalau kehabisan kuota gitu. Bingung mau ngapain. Saya seperti lost informasi. Apalagi sekarang saya sedang menikmati profesi baru saya sebagai blogger. Info-info tentang nge-blog banyak saya dapat dari internet.

Biasanya sih saya ngetem dulu di restoran-restoran untuk mencari wifi gratisan..xixixi.. Itu duluuu... sekarang saya nggak khawatir lagi, semenjak ada WiFi.id.


Apa sih Wifi.id itu?

Pernah nggak saat kita di area publik, ketika menyalakan jaringan wifi, kita melihat tulisan WiFi.id pada ponsel kita?

Nah, jika kita menemukan jaringan WiFi.id di lokasi tempat kita berada, kita bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk mengakses internet dengan mudah dan cepat.

WiFi.id adalah produk dari Telkom yang memungkinkan kita untuk mengakses internet broadband dengan sistem prabayar. Layanan ini tersebar di berbagai lokasi, dari mulai gedung perkantoran hingga pusat perbelanjaan.

Kita juga bisa mengakses info tentang Telkom di Traveloka.com untuk mengetahui layanan unggulan lain dari perusahaan telekomunikasi pertama di Indonesia ini.

Namun, sebelum mulai menggunakan layanan WiFi.id untuk mengakses internet berkecepatan tinggi, ketahui dulu tujuh poin berikut tentang layanan tersebut. Apa saja tuh?

1. Syarat dan Ketentuan

Telkom – pixabay.com
Poin utama yang harus diperhatikan adalah sejumlah syarat dan ketentuan dari layanan ini. Layanan WiFi.id ini hanya bisa digunakan oleh seluruh pengguna kartu seluler dari Telkomsel, perusahaan turunan dari Telkom. Kartu seluler yang bisa mengakses layanan ini adalah KartuHALO, simPATI, KartuAs, dan Loop.

Di awal pembelian paket, skema dan periode masa aktif dari paket layanan berlangganan yang kita pilih akan dikonfirmasi terlebih dahulu sebelum layanan mulai digunakan. Selain itu, perlu diketahui jika WiFi.id hanya bisa diaktivasi di Indonesia.

2. Access Point

Telkom – paketindihome.wordpress.com

Layanan WiFi.id sudah tersebar ke banyak lokasi di wilayah Indonesia. Telkom membagi wilayah cakupan layanan ini dengan klasifikasi zona, yakni

  • Zona A : yang terdiri dari Pulau Sumatra, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.
  • Zona B : meliputi Kalimantan dan Sulawesi
  • Zona C : yang terdiri dari Maluku dan Papua.


Lokasi spesifik yang termasuk ke dalam titik akses WiFi.id bisa dicek dengan mengetikkan kota tempat kita berada atau melalui fitur pencari hotspot di aplikasi wifi.id go.

3. Cara Aktivasi dan Penggunaan

Aktivasi dan layanan - pixabay.com

Dalam aktivasi layanan WiFi.id, kita memerlukan username dan password untuk login di halaman utama WiFi.id saat kita akan mulai mengakses internet. Untuk mendapatkannya, pastikan kita sudah menemukan akses hotspot WiFi.id dan telah memilih koneksi SSID @wifi.id dari perangkat elektronik kita.

Setelah akses ditemukan, aktifkan layanan ini dengan mengirim net (spasi) nominal paket yang dipilih ke 98108. Sebagai contoh, jika kita memilih paket akses selama 2 jam seharga Rp1000, maka format SMS yang harus dikirimkan adalah net 1000. Kita akan menerima SMS balasan yang berisi username, password, serta informasi masa berlaku paket.

Selanjutnya, saat membuka aplikasi browser, kita akan langsung dialihkan ke halaman utama WiFi.id untuk proses login dengan menggunakan username dan password yang sudah diterima.

4. Durasi Penggunaan Layanan

Telkom - pixabay.com

Setelah melakukan aktivasi, akses internet dari WiFi.id dapat dinikmati dalam periode atau durasi penggunaan yang telah ditentukan, tergantung pada paket layanan yang dipilih.

Ada beberapa pilihan paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita, yakni

  • Paket harian dengan durasi 2 jam dengan harga Rp1000 dan 12 jam seharga Rp5000.
  • Paket berlangganan 24 jam selama 7 hari atau 30 hari yang masing-masing dihargai Rp20.000 dan Rp50.000.


5. Konektivitas dan Kecepatan

Telkom - pixabay.com

Kecepatan maksimum dari layanan internet WiFi.id adalah 100Mbps. Namun, tidak seperti fasilitas hotspot lainnya yang dapat digunakan oleh beberapa perangkat dalam waktu bersamaan, layanan internet broadband dari WiFi.id hanya dapat digunakan oleh satu perangkat elektronik. Saat sedang digunakan oleh satu perangkat, akun username serta password yang didapatkan dalam proses aktivasi tidak bisa digunakan oleh perangkat lainnya.

6. Layanan Komunitas

Telkom - pixabay.com

Selain memberikan akses internet hotspot berkecepatan tinggi dengan tarif yang terjangkau, WiFi.id juga mendukung dan bekerja sama dengan sejumlah komunitas yang menawarkan beragam layanan tambahan. Komunitas yang tergabung dalam layanan ini antara lain komunitas i-Travelguard dan komunitas starwifi.

Ada pula komunitas untuk bisnis dan belanja seperti Smartbisnis, voucher gift, serta komunitas grosir dan UKM. Untuk fasilitas umum, beberapa komunitas yang tersedia adalah komunitas kampus, komunitas rumah sakit, dan berbagai komunitas lainnya.

7. Skema Bisnis

Telkom - pixabay.com

WiFi.id yang merupakan realisasi program Indonesia WiFi dari Telkom tidak hanya bisa digunakan secara personal oleh pengguna perseorangan. Perusahaan telekomunikasi penyedia layanan ini juga menawarkan pengaturan skema bisnis untuk berbagai lembaga dan fasilitas umum yang ingin menyediakan akses internet berkualitas.

Selain untuk fasilitas umum, layanan WiFi.id juga dapat digunakan oleh kawasan pendidikan yang ingin menyediakan fasilitas hotspot untuk mendukung aktivitas pembelajaran atau oleh kawasan komersial dan gerai elektronik untuk memberikan layanan internet bagi pelanggannya.

Beberapa lembaga lain yang juga bisa menggunakan layanan ini adalah pengelola komunitas, penyelenggara event, pengelola hotel, serta pengelola area publik lainnya. Skema bisnis untuk sejumlah lembaga tersebut dapat diatur berdasarkan jumlah pengguna serta periode penggunaan.

Itulah beberapa poin penting yang harus kita tahu tentang layanan WiFi.id dari Telkom. Nah, setelah mengetahui informasi terkait layanan ini, kita sekarang nggak bingung lagi kan kalau kehabisan kuota diluar. Kita bisa memanfaatkannya dengan lebih mudah dan efektif. Selamat berselancar di dunia maya ^_^.

Waasalam






1 comment

  1. aku juga pake kalo pas lagi di rumah sakit atau tempat nongkrong :D

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^