Trastuzumab Subkutan Metode Pengobatan Baru Penderita Kanker Payudara dari Roche


Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Disaat saya sedang memperhatikan instagram, saya melihat foto seorang teman kuliah yang sedang tiduran di ranjang rumah sakit. Saya kaget. Karena biasanya dia memposting wajah-wajah ceria dan sehat.

Akhirnya saya bertanya, "sakit apa?" Dia menjawab bahwa dia terserang kanker payudara... duuh.. sedih dengarnya. Saya pun langsung mencari tahu.


Sekilas tentang kanker payudara

Kanker payudara adalah pertumbuhan sel secara tidak terkendali, yang memiliki kemampuan untuk menyusup dan merusak sel-sel sehat di jaringan payudara. Sel tersebut umumnya membentuk tumor yang terasa seperti benjolan.

Sejauh yang saya baca bahwa kanker payudara merupakan penyakit yang mematikan bagi perempuan. Bukan lagi hanya di Indonesia, melainkan dunia. Menurut info dari web WHO Internasional Agency for Reasearch on Cancer (http://globocan.iarc.fr/Default.aspx) bahwa ada 1,4 juta perempuan di dunia yang menjadi penderita kanker payudara baru, bahkan dari 450.000 perempuan diperkirakan meninggal setiap tahunnya. Ya Allah.. makin sedih bacanya ya.

Apa sih penyebab kanker payudara?

Ada banyak faktor resiko yang menyebabkan berkembangnya sel kanker pada payudara, namun 3 hal yang kemungkinan terbesar terserangnya penyakit ini adalah :
  • Usia : sel kanker pada payudara akan bertumbuh mengikuti usia penderita yang semakin tua.
  • Jenis kelamin : kanker payudara memang lebih rentan menyerang perempuan, namun bukan berarti pria tidak akan terserang penyakit ini.
  • Paparan radiasi : bagi orang yang sering menjalani radioterapi, akan beresiko untuk dihinggapi penyakit ini.
  • Genetikal : seseorang yang memiliki riwayat keluarga mempunyai penyakit kanker payudara, maka kemungkinan besar akan mudah terserang penyakit ini.


Apa gejala awal kanker payudara?

Adanya benjolan di payudara adalah gejala awal penderita kanker payudara. Lalu diiringi perih di sekitar puting susu dan warna kulit payudara berubah.

Skema diagnosis kanker payudara

Untuk lebih rinci lagi, penderita kanker payudara ini mengalami 4 tahap skema diagnosis.

Pada hari Rabu, tepatnya tanggal 11 Juli 2018, saya bersama teman-teman dari komunitas ISB (Indonesia Social Bloggerpreneur) menghadiri undangan acara Edukasi Media dari Roche Indonesia.

Saya, teh ani (founder ISB) dan bersama teman-teman ISB lainnya

Edukasi Media yang bertemakan less time ini the hospital, More time with your loved one memberikan edukasi tentang pengobatan terbaru bagi penderita kanker payudara.

Namun, sebelum diberikan penjelasan tentang pengobatannya, Dr. Dr. Nugroho Prayogo, SpPD-KHOM (staf medis, sub divisi hematologi-ongkilogi medik RS Kanker Darmais) memaparkan skema diagnosis bagi penderita kanker payudara.

Dr.dr.Nugroho


Ada 2 level diagnosis bagi penderita kanker payudara :
  • Diagnosis tingkat penyakit
  • Diagnosis jenis penyakit



Tingkat penyakit penderita kanker payudara

Pada diagnosa tingakat penyakit, penderita kanker payudara di pisahkan menjadi 5 tingkat, yaitu :
  • Stadium 0 : Pada tingkat ini sel kanker sudah menutupi saluran susu. Benjolan tidak sampai keluar kepermukaan.
  • Stadium 1 : Pada tingkat ini sel kanker sudah muncul kepermukaan berupa benjolan di sekitar payudara.
  • Stadium 2 : Pada tingkat ini sel kanker sudah mulai menjalar kebagian ketiak.
  • Stadium 3 : Pajalaran sel kanker di tingkat ini bukan hanya ada satu dua benjolan saja, melainkan sudah beberapa.
  • Stadium 4 : Ini adalah tingkat paling tinggi bagi penderita kanker payudara. Karena pada tingkat ini selkanker sudah menjalar kemana-mana bahkan sampai ke otak kita.




Jenis penyakit kanker payudara

Penyakit kanker payudara ini awalnya saya pikir hanya 1 macam. Ya kanker payudara itu saja. Ternyata kanker payudara memiliki banyak jenisnya. Dokter Nugroho menyampaikan ada 4 macam, yaitu :
  • Luminal A
  • Luminal B
  • HER2-Positif
  • Triple Negative

Dari keempat jenis penyakit kanker payudara tersebut, masih menurut pak dokter, yang paling jahat dan berbahaya adalah jenis kanker payudara HER2-Positif. Dari 5 pasien penderita kanker payudara di seluruh dunia, 1 orang terdiagnosis jenis HER2-Positif yang bersifat agresif.

Pada kali ini para dokter dan suster yang menjadi narasumber di acara edukasi media ini, lebih menjelaskan ke pengobatan jenis kanker payudara HER2-Positif.

Apa itu kanker payudara HER2-Positif?

HER2 adalah suatu protein yang diproduksi oleh gen tertentu dan memiliki potensi untuk menyebabkan kanker jika muncul berlebihan di permukaan sel-sel.

Dalam kasus kanker payudara ini, jika ditemukan di stadium dini (stadium 0 dan 1), dimana sel kanker baru ada di seputar payudara dan dapat dioperasi, maka 98% pasien akan bertahan hidup selama 5 tahun jika diobati dengan baik.

HER2-Positif memiliki 2 juta protein HER2 di permukaan, sekitar 100 x lipat lebih banyak

Reseptor : molekul protein yang menerima sinyal kimia dari luar sel yang mengarahkan kegiatan sel, seperti membelah atau mengijinkan molekul tertentu untuk masuk atau keluar sel.

Pengobatan Kanker Payudara HER2-Positif

Pengobatan kanker payudara sebaiknya dilakukan sejak stadium dini (stadium 0 dan 1), karena jika sudah masuk ke stadium lanjut (stadium 2 – 4) akan susah pengobatannya.

Tujuan utama terapi kanker payudara stadium dini adalah untuk mencapai kesembuhan dengan mencegah kambuhnya penyakit kanker tersebut. Pengobatan kanker payudara stadium dini merupakan pendekatan menyeluruh dengan melibatkan terapi sebelum dan setelah pembedahan.

Adjuvant adalah berupa terapi yang menggunakan bahan tambahan pada suatu obat untuk menambah daya kerja komponen utamanya. Menurut suster Mursini prosesnya dilakukan melalui suntikan atau infus.

Cara pengobatan

Pasien kanker payudara HER2-Positif diprediksi harapan hidup lebih rendah dari HER2-negatif. Dalam 15 tahun terakhir, perkembangan perawatan kanker payudara HER2-positif sudah lebih maju. Saat ini, pasien dengan kanker payudara HER2-positif dapat ditangani dengan terapi kemoterapi, radioterapi dan terapi target yang secara umum menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan kanker payudara HER2-negatif.

Salah satu metode pengobatan penderita kanker payudara HER2-positif adalah dengan metode trastuzumab.

Apa itu trastuzumab?

Trastuzumab adalah antibodi monoklonal yang dirancang untuk mentargetkan dan menghentikan fungsu HER2.

Cara kerja trastuzumab adalah mengaktivasi sistem kekebalan tubuh, menghentikan sinyal HER2, dan menghancurkan sel-sel tumor. Trastuzumab telah terbukti menunjukkan efikasi baik dalam pengobatan kanker HER2-positif.

Untuk metode trastuzumab ini ada 2 macam, yaitu :
  • Trastuzumab intravena (iv)
  • Trastuzumab Subkutan (sc)


Apa beda dari trastuzumab iv dan trastuzumab sc?

Ada 2 hal yang menjadi perbedaan yang signifikan antara trastuzumab iv dan trastuzumab sc, yaitu :

  • Pemberian obat pada metode trastuzumab iv melalui infus intravena, sedangkan trastuzumab sc diberikan dengan cara disuntik di paha, perut atau lengan.
  • Pemberian trastuzumab iv memakan waktu 30 – 90 menit setiap pengobatan, sedangkan trastuzumab sc hanya butuh 2 – 3 menit saja.


Menurut Zr. Mursini, S.ST yang telah menjadi suster di bidang onkologi selama 20 tahun dan sudah menangangi 100 orang pasien kanker payudara bahwa saat menberikan trastuzumab ini sering trajadi ekstravasasi.
Saya bersama suster Mursini

Ekstravasasi merupakan kondisi dimana obat atau cairan yang seharusnya masuk ke pembuluh darah (vena), tapi masuk ke jaringan sekitarnya. Semua terjadi bisa banyak hal, bisa karena alergi atau memang obatnya keras dan tidak kuat untuk pasien.



Zr. Mursini melakukan beberapa hal agar tidak mudah terjadi ekstravasasi, yaitu :
  • Petugas menggunakan jarum kecil
  • Lakukan penyuntikan 1 kali tusuk
  • Suntik di perifer atau pembuluh kecil
  • Memberikan kompres di lokasi yang disuntik
Penyuntikan trastuzumab sc ini dilakukan sebanyak 18 kali dalam setahun.

Harga trastuzumab sc

Untuk harga obat ini Roche Indonesia memberikan harga 14 juta rupiah kepada pihak RS, namun harga dari masing-masing rumah sakit berbeda-beda. Untuk range angkanya kurang lebih 16 – 22 juta.

Menurut dr. Diah Ayu Puspandari, direktur KPMAK UGM, memang untuk penderita kanker biaya pengobatan bisa mengganggu stabilitas keuangan rumah tangga. Biaya yang mahal dan butuh pengobatan yang memakan waktu lama.

Dr. Diah


Namun dengan adanya trastuzumab sc ini, pasien justru lebih hemat bila dibanding dengan trastuzumab iv. Jika biasanya sehari pasien kanker hanya bisa diobati 3 orang, dengan metode pengobatan trastuzumab sc sehari bisa kurang lebih 10 orang.

Biaya yang dikeluarkan pun bisa hemat 35% daripada menggunakan metode trastuzumab iv.

Dimana kita bisa mendapat trastuzumab sc ini?

Metode pengobatan trastuzumab di Indonesia hanya ada yang trastuzumab iv. Sedangkan trastuzumab sc hanya dipasarkan di Genentech-Amerika Serikat, Chungai-Jepang dan Roche Internasional.

Alhamdulillah pada acara edukasi media hari itu, Roche Indonesia mengumumkan bahwa trastuzumab sc sekarang tersedia di Indonesia setelah mendapatkan persetujuan dari BPOM pada tanggal 23 Mei 2018.

Pada saat memberikan sambutan pembuka, dr. Binay Swarup, Country Medical Director Roche Indonesia menyatakan bahwa dengan dapatnya ijin trastuzumab subkutan ini Roche Indonesia berharap dapat membantu pengobatan bagi penderita kanker payudara di Indonesia bisa lebih cepat dan menghemat waktu.

dr. Binay Swarup

Dr.dr. H. Abdul Kadir, selaku direksi utama RS Kanker Darmais, juga mengatakan bahwa di RS Kanker Darmais juga sudah menyediakan trastuzumab sc. Bukan cuma trastuzumab saja yang disediakan, RS Kanker Darmais juga sudah memperbanyak kamar bagi pasien kanker payudara. Jadi pasien tak perlu lagi menunggu hingga 3 bulan untuk rawat inap di RS Darmais.

Tentang Roche

Roche adalah perusahaan bioteknologi terkemuka yang memiliki pengobatan mutakhir dibidang onkologi, imunologi, penyakit menular, serta penyakit mata dan sistem syaraf.

Roche juga merupaka perusahaan terkemuka untuk diagnostik in-virto, diagnosik kanker berbasis jaringan dan perintis dalam penatalaksanaan diabetes.

Roche didirikan tahu 1896 berkesinambungan mencari berbagai cara yang lebih baik untuk mencegah, mendiagnosa dan mengobati berbagai penyakit serta memberikan kontribusi untuk masyarakat.

Perusahaan yang sudah mengembangkan 30 obat yang masuk dalam jajaran daftar obat WHO, yaitu diantaranya antibiotik, antimalaria dan pengobatan kanker.

Grup Roche berkantor pusat di Basel, Swiss. Beroperasi lebih dari 100 negara dan pada tahun 2017 memperkerjakan 94.000 karyawan di seluruh dunia.

Untuk Info lebih detail tentang Roche Indonesia, bisa melihat web-nya di www.roche.co.id atau hubungi :

Revi Renita
Group Communication Manager
PT Roche Indonesia
Telp : 021-30413000/08158083748
Email : revi.renita@roche.com

Alhamdulillah saya dapat banyak ilmu dari penyakit wanita ini. Barakallah. Terima kasih ISB dan Roche Indonesia atas undangannya. Semoga tulisan ini bisa berbagi kepada teman-teman yang membutuhkan.

Waasalam








18 komentar:

  1. ini semacam inhibitor enzim atau kofaktor ya mbak
    aku lupa sih lama gak buka biotek hehe
    yang penting sudah tersedia di Indonesia dan bisa digunakan untuk meminimalisasi penyebaran kanker payudara ini

    BalasHapus
  2. Wow canggih banget ya dan dipasarkannya pun di luar negeri. Alhamdulillah kalau di Indonesia sekarang udah ada. Insya Allah makin memudahkan pasien kanker payudara yang lagi ikhtiar untuk sembuh :)

    BalasHapus
  3. Lagi rame soal trastuzumab yang gak dicover BPJS lagi nih Mba Ade.. Aku selalu berharap makin banyak paasien yang butuh trastuzumab bisa mendapat pengobatan ini.. Yang keliatan Roche harganya ternyata lebih murah ya dan pasti berkualitas.. Kalo ngomongin kanker payudara jadi ingat mamaku yang survivor.. Delapan tahun lalu dioperasi, alhamdulillah kondisinya sekarang baik-baik aja.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sayangnya trastuzumab sc tidak dicover dgn bpjs. Yg masih dicover kmrn sih yg iv. Entah apakah yg iv itu masih dicover atau g.

      Hapus
  4. Alhamdulillah makin banyak inovasi penyembuhan kanker, saudaraku juga meninggal karena kanker PD. Keterbatasan informasi memang jadi kendala, semoga Indonesia bisa jadi negara bebas kanker. Ngeri bayangin penyakit yg satu ini.

    BalasHapus
  5. Teknologi baru dalam dunia pengobatan sangat dibutuhkan, terlebih untuk penyakit kanker yang mematikan. Dengan teknologi baru pengobatan kanker payudara her-2 positif ini waktu menjadi lebih berharga, waktu sembuh lebih cepat sehingga lebih banyak waktu bersama keluarga

    BalasHapus
  6. Linu kalau udah dengar kata kanker payudara. Kabarnya jumlahnya masih tinggi ya di Indonesia? Acung jempol buat Roche Indonesia

    BalasHapus
  7. Ya Allah moga2 kita semua dijauhkan dr penyakit ini ya mbak...
    Alhamdulillah makin banyak penemuan2 baru utk membunuh sel kanker atau mengobati kanker PD ya mbak. Moga2 jg makin berkembang dan makin muncul penemuan2/ obat2 lain... Tapi kalau bisa sih mencegah ya...

    BalasHapus
  8. Halo mba. Obat itu digunakan sekali saja atau berulangkali mba? Smoga bisa juga di cover BPJS ya. Bagus skali kandungan obat ini ya

    BalasHapus
  9. Semoga semakin banyak inovasi yang baik untuk kesehatan dan terjangkau untuk para pasien. Sehingga ada semangat dari pasien juga keluarga untuk bisa mendapatkan yang terbaik.

    BalasHapus
  10. Harganya masya allah ya. Semoga kita bebas dari kanker payudara. Kabarnya obat ini udah ga dicover BPJS.

    BalasHapus
  11. Aku survivor juga, saat ini ada sahabat-sahabat yang sedang dalam kondisi parah.
    Seperti diingatkan lagi pada masa lalu.
    Semoga makin banyak obat untuk penyakit menakutkan ini

    BalasHapus
  12. Kanker Payudara ini memang jadi salah satu penyakit mematikan, Alhamdulillah ya Mba dengan makin canggihnya teknologi, semakin banyak juga inovasi dalam hal pengobatan. Dan semoga biaya pengobatannya juga dibantu oleh Pemerintah mengingat jumlahnya yang gak sedikit.

    BalasHapus
  13. Kalau ngomongin masalah kanker, masyaa Allah mbak ngeri banget. Jangan sampai kita dan keluarga kita terserang ya mbak.
    Moga Roche Indonesia makin kontinyu dlm memberikan solusi sehat utk kita semua.

    BalasHapus
  14. Alhamdullilah inovasi pengobatan kanker terus berjalan sehingga kemungkinan sembuh besar

    BalasHapus
  15. Ini salah satu penyakit yang paling ditakuti permepuan. Meskipun kabarnya laki-laki pun bisa kena.

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^