Review Mustika Ratu Beauty Queen Pro Volume Mascara "Mata Biasa jadi Istimewa"


Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum w.w.

Hai teman-teman.
Ini kali kedua saya menulis tentang kosmetik di blog saya. Jika dulu saya membahas tentang Lipstik, kali ini saya akan membahas tentang Maskara.

Saya memang termasuk yang jarang sekali menggunakan make up. Make up saya hanya sebatas, pelembab, bedak, dan lipstik. Dan make up itu hanya sekali pakai saja. Kalau sudah kena wudhu, ya saya nggak poles lagi, biar saja begitu apa adanya.. xixixi..

Padahal saya tuh suka banget looh beli peralatan make up, mulai dari foundation, bb cream, krim pagi malam, lipstik, dan teman-teman yang lainnya. Tapi peralatan itu hanya saya pakai saat hendak pergi kondangan atau saat acara besar seperti Hari Raya Idul Fitri kemarin.

Namun akhir-akhir ini saya mulai menggunakan make up jika saya keluar rumah. Tentunya keluar yang memakan waktu lama dan agak jauhan dari rumah. Kalau cuma sekedar ke pasar Depok Jaya kan nggak perlu yaa pakai make up lengkap. Ntar pada bingung pedagangnya, ada bidadari lagi belanja.


Bicara soal make up saya teringat kalimat yang ada di caption instagram teman saya. Teman saya mengatakan bahwa kekuatan make up yang paling utama itu berada di mata. Hmm.. Iya juga ya. Tanpa bedak atau blush on, hanya nguprek-nguprek dimata, sudah membuat wajah seseorang tampak beda dari biasanya.

Sebenarnya ada apa saja sih make up yang digunakan untuk merias mata?
Ada banyak make up yang digunakan untuk merias diseputaran mata. Diantaranya adalah Eyeshadow, Eyebrows pencil, Eyeliner dan pastinya Maskara.

Nah, seperti yang saya tulis diawal kalimat, saya tidak akan membahas make up-make up tersebut. Namun kali ini saya akan membahas tentang MASKARA.

Apa sih maskara itu?
Untuk sebagian besar wanita, paham apa yang dimaksud dengan maskara. Namun bagi yang belum paham, maskara adalah kosmetik yang digunakan untuk meningkatkan bulu mata. Fungsi maskara adalah untuk menebalkan dan memanjangkan bulu mata.

Maskara memiliki 2 macam bentuk, yaitu : cair dan cake atau krim. Dalam kandungan maskara modern ada beberapa campuran formula, namun sebagian besar mengandung komponen dasar pigmen, minyak, lilin, dan pengawet yang sama.

SEJARAH MASKARA

Teman-teman tahu nggak sih asal mulanya maskara itu bagaimana? Saat buat tulisan ini, saya coba berselancar cantik untuk mencari informasi tentang asal mulanya maskara.

Maskara itu sudah ada sejak tahun 4000 SM. Saat itu maskara yang berasal dari kata máscara (bahasa Spanyol) berarti 'topeng' atau 'noda, digunakan untuk menutupi mata (menutupi alis, kelopak mata dan bulu mata) layaknya badut atau topeng. Fungsi maskara diyakini dapat mengusir roh jahat dan melindungi jiwa, baik oleh pria maupun wanita.

Saat itu maskara terbuat dari zat Kohl, yaitu galena (zat mineral yang juga digunakan untuk membuat perak), Malachite (zat mineral yang mengandung karbonhidroksida), arang atau jelaga, kotoran buaya, madu dan air ditambahkan untuk menjaga agar kohl tidak mudah hilang.

Namun seiring berkembangnya kemajuan teknologi dan penelitian, di abad ke 19 Eugene Rimmel mengembangkan maskara dengan formula yang lebih halus lagi, yaitu dengan menggunakan petroleum jelly. Hingga akhirnya menjadi sebuah kosmetik untuk mempercantik bulu mata di era ini.
(informasi didapat dari link https://en.wikipedia.org/wiki/Mascara)


Petroleum Jelly (photo by wikipedia)


Macam-Macam Sikat Maskara

Untuk formula maskara semuanya sama, namun pada maskara terdapat berbagai macam sikatnya. Masing-masing sikat mempunyai fungsinya. Berikut macam-macam sikat maskara :

  • Oversized : Berfungsi untuk membuat bulu mata tebal dan penuh.
  • Contaper : Berfungsi untuk membuat bulu mata menjadi lebih lentik bagai sayap yang menjuntai keluar.
  • Curved : Berfungsi untuk membuat bulu mata menjadi ikal (curly) dan panjang.
  • Micro Wand : Berfungsi untuk membuat bulu mata terlihat lentik namun terlihat natural, seolah tanpa maskara. Biasanya digunakan oleh pemula.
  • Rubber Shortly : Berfungsi untuk membantu bulu mata terlihat benar-benar panjang. Sikat karet yang fleksibel, memberikan curl yang diinginkan.
  • Flat Comb : Berfungsi untuk membuat bulu mata terlihat rapih dan tidak bertumpuk, selain itu dapat membuat bulu mata terlihat hitam secara indah.



Review Beauty Queen Pro Volume Mascara

Oke, setelah kita tahu sedikit tentang maskara, kini saatnya saya me-review tentang maskara. Maskara yang saya review saat ini adalah kosmetik dari Beauty Queen Series milik Mustika Ratu, yaitu Beauty Queen Pro Volume Mascara.

Baiklah kita kupas satu persatu yaa. Kita mulai dari..

Kemasan Beauty Queen Pro Volume Mascara

Dari kemasannya saja, Mustika Ratu seolah memberikan kosmetik kepada pelanggan dengan gaya high class. Kemasan tabung sepanjang 12 cm dan berwarna merah keemasan, membuat Beauty Queen Pro Volume Mascara tampak elegan. Kotak pembungkusnya pun terlihat elegan dengan warna merah marun dan bertuliskan tinta gold.

kemasan Beauty Queen Pro Volume Mascara

kemasan botol Beauty Queen Pro Volume Mascara

Kemewahan yang terpancar dari kemasan makin menjelaskan tagline yang terdapat pada kemasan tersebut, yaitu “Professional Quality (Thicker – Bolder – Waterproof)

Selain nama dan tagline, pada kemasan terdapat komposisi produk, barcode produk, alamat dan customer service center dari Mustika Ratu, informasi produk, kode BPOM dan label halal.

logo halal MUI


Sikat Beauty Queen Pro Volume Mascara

Sikat yang digunakan pada Beauty Queen Pro Volume Mascara adalah sikat berbentuk Curved dengan bulu sikat yang banyak. Jadi fungsi dari sikat Beauty Queen Pro Volume Mascara bukan hanya membuat bulu mata menjadi ikal, namun dapat membuat bulu mata tampak lebih tebal.


Kandungan Beauty Queen Pro Volume Mascara

Ada yang unik pada kandungan Mustika Ratu Beauty Queen Series ini. Kandungan unik ini lah yang menjadi alasan saya untuk membeli Beauty Queen Pro Volume Mascara. Kandungan tersebut adalah Moringa Seed Extract atau Ekstrak Biji Kelor.

Hmm.. kenapa ya Mustika Ratu menggunakan kandungan dari Ekstrak Biji Kelor?
Setelah saya baca, banyak sekali kandungan bermanfaat bagi kesehatan yang terdapat pada Ekstrak Biji Kelor ini. Salah satunya untuk kecantikan adalah menghilangkan flek wajah, memutihkan kulit, menghilangkan jerawat dan komedo.

Selain itu Ekstrak Biji Kelor ini terkandung minyak sekitar 40 persen, yang mana minyak buah kelor dikenal dengan sebutan minyak Ben. Minyak Ekstrak Biji Kelor kaya akan antioksidan, dan nutrisinya hampir serupa dengan minyak zaitun.

Antioksidan ini lah yang memberikan skin care benefit dapat mempercantik dan merawat keremajaan kulit wajah (rejuvenation).



Loh, kalau manfaatnya di maskara untuk apa dong?
Ekstrak Biji Kelor juga punya manfaat untuk kesehatan mata, yaitu menjaga kesehatan lensa mata, sekaligus dapat dijadikan sebagai obat untuk mencegah dan mengatasi penyakit mata degeneratif.

Warna pada Beauty Queen Pro Volume Mascara

Pada Beauty Queen Pro Volume Mascara, Mustika Ratu hanya menyediakan 1 warna saja, yaitu Hitam. Padahal saya mencarinya yang warna coklat loh. Saya senang dengan warna coklat, karena tidak terlalu mencolok, lagipula senada dengan warna mata saya yang kecoklatan. Tapi, tak apalah.. yang penting saya punya maskara.. yeey.. ^_^

Tahapan Menggunakan Beauty Queen Pro Volume Mascara

Kini saatnya saya menggunakan Beauty Queen Pro Volume Mascara untum riasan indah mata saya. Maskara selalu saya pakai paling terakhir pada riasan mata saya. Biar lebih jelas berikut tahapannya :

  • Biasanya saya awali dengan membersihkan mata terlebih dahulu.
  • Setelah itu saya berikan pelembab mata.
  • Lalu saya menggunakan eyeshadow.
  • Setelah selesai menggunakan eyeshadow, saya berikan eyeliner.
  • Terakhir saya menggunakan maskara


Hasil Penggunaan Beauty Queen Pro Volume Mascara

Setiap produk pasti ada kekurangan dan kelebihannya dari hasil setalah penggunaan Beauty Queen Pro Volume Mascara. Saya membuat beberapa catatan kelebihan dan kekurangan produk ini.

Kelebihan Beauty Queen Pro Volume Mascara

1. Tidak Meleber Kemana-mana
Jujur, saya suka sekali menggunakan Beauty Queen Pro Volume Mascara, karena liquid maskara pada sikat tidak terlalu cair. Sehingga saat digunakan tidak meleber kemana-mana.

Biasanya jika saya menggunakan maskara, saya harus tahan berkedip kurang lebih 10 detik. Supaya maskara yang baru saja saya gunakan tidak bikin cap sendiri di pipi. Otomatis kan merusak riasan di pipi saya. Yang paling sebel kalau terkena kelopak mata. Uuugghh.. harus ulang lagi deh riasan eyeshadownya.

Tidak demikian dengan Beauty Queen Pro Volume Mascara. Selain tidak terlalu cair, Beauty Queen Pro Volume Mascara cepat keringnya.

2. Waterproof
Selesai memakai Beauty Queen Pro Volume Mascara, saya pun mencoba membasuh muka dengan air, seperti orang berwudhu. Dan lagi-lagi tidak meleber atau hilang maskaranya. Terbukti kalau Beauty Queen Pro Volume Mascara itu mempunyai formula anti air (waterproof).

Kalau waterproof nanti susah nggak dihapusnya?
Nggak kok, saya saja menghapusnya cukup menggunakan eyes and lips make up remover. Langsung cling.. bersih.

3. Thicker
Untuk sekali olesan Beauty Queen Pro Volume Mascara memang membuat bulu mata saya agak lebih tebal. Dan saya tidak pernah memakai penjepit bulu mata, namun menggunakan Beauty Queen Pro Volume Mascara membuat bulu mata saya agak lentik (curly).



Kekurangan Beauty Queen Pro Volume Mascara

Buat saya Beauty Queen Pro Volume Mascara hanya punya 1 kekurangan, yaitu harganya.

Loh memang harganya berapa?
Untuk sebuah maskara dengan isi 7 ml harga Rp 70.000 – Rp 150.000 buat saya ini mahal. Tapi jika saya melihat manfaat dan kualitas produknya, saya rasa harga tersebut menjadi wajar. Orang bilang “ada kualitas ada harga”.

Tempat Membeli Beauty Queen Pro Volume Mascara

Untuk toko offline, Beauty Queen Pro Volume Mascara bisa ditemui di counter-counter-nya Mustika Ratu atau di toko obat modern seperti Watson, Guardian, dll.
Sedangkan toko onlinenya, Mustika Ratu memiliki online shop tersendiri, yaitu di http://www.mustikaratushop.com/

Nah, teman-teman inilah review saya saat menggunakan Mustika Ratu Beauty Queen Pro Volume Mascara. Semoga tulisan ini bisa menjadi manfaat bagi teman-teman yang sedang mencari maskara. Selamat mencoba ^_^

Waasalam






Tidak ada komentar

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^