Buah Lai yang Serupa tapi Tak Sama dengan Durian

Nggak suka dengan durian? Tapi penasaran mau cobain durian? kalau begitu coba dulu buah yang satu ini. Buah khas dari Kalimantan.  Buah Lai yang serupa tapi tak sama dengan Durian. Eh, ada ya? Ada dong. Di tulisan kali ini kita bahas apa sih buah lai itu?

Buah Lai yang Serupa tapi Tak Sama dengan Durian

Bismillahirrahmanirrahiim, Buah Lai yang Serupa tapi Tak Sama denagn Durian

Ada yang baru dengar dengan buah lai? *ngacung. Saya memang baru dengar ada buah yang menyerupai duiran. Namanya lai. Awalnya teman bilang kalau buah lai ini serupa tapi tak sama dengan durian, saya tak percaya. Sampai akhirnya dia menunjukkan video dan gambarnya. Wah iyaa, mirip banget.


Kebetulan saya ikut grup guru-guru di Sekolah Dian Didaktika. Kita punya grup whatsapp yang dikelola oleh koperasi Dian Didaktika, sebagai wadah shopping online bagi guru-guru. Disana sudah seperti market place. Ada yang dagang dan ada yang beli. Siapapun boleh berdagang. Termasuk ex guru Dian Didaktika. Nah disanalah saya mengenal buah lai yang serupa tapi tak sama dengan durian.


Pas awal muncul yang keluarg duluan kan gambarnya, saya langsung tertarik. Duh, durian apa ini warna daging buahnya cakep banget, orange menggoda gitu. Pas deskripsi jualannya muncul. Ternyata buah lai. Bener-bener deh itu buah plek ketiplek mirip sama durian. 


Penasaran dong saya mau mencoba. Saya langsung ikut daftar yang membeli. Karena di sana model jualannya sistem PO atau pre order. Buat list siapa yang mau beli, lalu barangnya bisa diambil pada hari yang ditentukan di DD Mart, mini market milik koperasi Dian Didaktika. Siapa coba yang tidak mau mencoba buah lai yang serupa tapi tak sama dengan durian. Sebagai pencinta durian saya tak boleh melewatkan ini.. xixixi...


Sambil menunggu buah lai datang, saya pun cari tau lewat Om Google. Dapatlah informasi tentang buah kuning kembaran buah durian ini. Buah lai, serupa tapi tak sama dengan durian.


Asal dan Nama Lain Buah Lai yang Serupa tapi Tak Sama dengan Durian

Buah Lai adalah buah yang masih sekerabat dengan durian, yang mempunyai nama ilmiah Durio Kutejenis. Kutejenis ini adalah nama yang diberikan oleh peneliti asal Jerman yang berarti berasal dari Kutai.


Yes, buah lai ini memang asalnya dari Kalimantan. Buah yang tumbuh banyak di hutan kalimantan ini memang sangat dikenal oleh masyarakat Kalimantan. Makanya sama peneliti bule dinamakan Kutejenis.


Buah lain juga punya nama lain yang dikenal dengan nama durian kuning, durian tinggang, durian pulu, nyekak, ruas, sekawi, pekawai dan lain-lain. Banyak yaa? Saya jadi ingat film upin ipin dimana Atuk ikut lomba durian, salah satu pesertanya membawa durian warna merah (mungkin orange tua kali ya maksudnya). Apa yang dibawa itu buah lain kali ya? Hmm.. nanti tanya lah sama penulis skenarionya upin ipin.. xixixi..


Ciri-ciri Buah Lai yang Serupa tapi Tak Sama dengan Durian

Dari judulnya saja sudah dibilang serupa tapi tak sama, maka ciri-ciri buah lai ini memang serupa dengan durian. Ketika buah lai tiba di rumah saya, saya bisa lihat beberapa perbedaannya dengan buah durian. Saya coba bedah satu-satu mulai dari kulitnya ya.


Kulit Buah Lai

Buah lai ini memliki kulit berduri layaknya buah durian. Warna kulita buah lai yang matang agak kuning. Lebih kuning dari durian. Kalau durian kan hijau agak sedikit kuning. Nah, kalau buah lain kuning agak sedikit hijau. Duri buah lai tidak keras dan tajam seperti durian. Duri kulit buah lai agak panjang sedikit. Hmm.. kalau diumpamakan seperti perpaduan kulit rambutan dan durian. 

Buah Lai yang Serupa tapi Tak Sama dengan Durian
kulit Buah Lai yang Serupa tapi Tak Sama dengan Durian

Kulitnya juga tidak keras. Saya tak perlu menggunakan pisau besar atau golok untuk membukanya. Cukup dengan pisau bisa. Saya bisa membelah buah lai yang serupa dengan durian ini. Bahkan samapai ke biji buah lai pun bisa ikut kebelah dengan pisau biasa.


Ukuran Buah Lai

Begitu babang ojol yang mengantarkan buah lai tiba di rumah saya, saya agak sedikit kaget. Saya membayangkan buah yang ukurannya sebesar kepala manusia, seperti layaknya ukuran buah durian. Eh, ternyata kenyataannya, buah yang datang itu ukurannya kecil. Ukurannya hanya sebesar 2 kepalan tangan orang dewasa.

buah lai yang serupa tapi tak sama dengan durian
Ukuran buah Lai yang serupa tapi tak sama dengan durian (photo by Bu Nunu)
 


Tekstur Buah Lai

Begitu saya belah, wooow, dagingnya orange bangeeet... asli menggoda. Ternyata setelah saya pegang buahnya, ia tidak lembek banget seperti buah durian matang. Jadi ketika diambil tidak lengket ke tangan. Kalau saya bilang seperti buah nangka, tapi tidak lengket.


Kebetulan saya dapat buahnya yang tidak rata matangnya. Sebagian mengkal (setengah matang) dan sebagian lagi matang. Untuk tekstur buah yang menhkal, buah lai ini seperti buah durian mainan... hahaha... jadi kalau dipegang buahnya tidak lengket agak kenyal dan tidak lembek, tapi mudah disobek. Tidak alot layaknya karet. 

Buah Lai yang Serupa tapi Tak Sama dengan Durian

Sedangkan untuk buah lai yang matang, Teksturnya lebih lembut sedikit. Hmm.. kalau mau lebih mendekati, seperti yang saya tulis diatas, seperti buah nangka, tapi tidak lengket. Saat dimakan pun dia agak berserat macam nangka.


Bau atau Wangi Buah Lai

Diawal promosi buah lai ini memang sudah dikatakan tidak punya bau  menyengat seperti durian. Dan memang benar. Begitu buahnya datang dia tidak memiliki bau apapun. Kalau nangka saja kan ada bau nangkanya, ini sama sekali tidak ada baunya. Jadi buat yang tidak suka bau buah durian, tapi mau makan durian, bisa trial dulu dengan buah lai.


Rasa Buah Lai

Nah, sekarang ke bagian terpenting nih... rasa.... Begitu saya mencicipi buah lai. Saya positif bilang ini buah nangka. Sebab rasa buah lai ini memiliki rasa manis nangka, tapi kurang dikit dari manis nangka. Hmm.. kebayang kan?


Jadi manisnya buah lai ini jauh dari rasa manis durian. Durian memiliki rasa manis yang benar-benar lekat di lidah sampai ke tenggorokan, bahkan sampai sendawa pun durian berasa sekali manisnya.


Seperti nangka? Hmm... rasanya ia, tapi tidak mirip 100%. Buah nangka, walau sendawa tidak menyisakan rasa manis, tapi di tenggorokan masih tersisa. Nah, kalau buah lai tidak. Ia tidak menyisakan di tenggorokan saat menelannya, apalagi saat bersendawa. Cukup rasa manisnya melekat di lidah.


Nah, kesimpulannya untuk bentuk memang buah lai ini menyerupai durian, tapi kalau soal rasa, buah durian menang banyak dari buah lai. Entah, apakah karena buah lai yang saya terima ini tidak matang merata, sehingga saya tidak mendapatkan rasa yang sempurna. 


Saya masih penasaran mau mencoba buah lai yang serupa tapi tak sama dengan durian ini versi yang matang rata. Soalnya pas saya cari informasi di Om Google, saya melihat marketplace macam tokopedia dan shopee menjual buah lai. Semoga saya bisa mendapatkan lagi buah lai yang matang seutuhnya ya. Atau mungkin teman-teman ada yang pernah mencobanya? boleh sharing di kolom komentar ya. Selamat mencoba! ^_^


Untuk yang mengkal, buah lai ini tidak pahit seperti buah durian. Ia masih berasa manisnya. Dan untuk buah lai yang mengkal, rasanya agak crunchy. Hmm.. tepatnya seperti nangka crunchy.

Wassalam








27 comments

  1. Aku penasaraaaan banget mba dengan buah lai ini. Tapi susah dapetnya. Kalo ada yg ngadain PO lagi aku mau sih ikutan.

    Iya, banyak yg bilang ga terlalu semerbak yaaa. Padahal sbnrnya aku paling suka wangi durian yg menyengat. Tapi namanya aja blm pernah cobain Lai, jadi ttp pengen tau rasanya :D.

    ReplyDelete
  2. sepertinya lagi musim ya mba buah lai ini. saya belum pernah mencoba, jadi pengen nyoba :)

    ReplyDelete
  3. Kuningnya itu lho menggoda banget
    Awalnya kupikir durian jenis lain
    Ah jadi ingat es campur ditambah buah Lai pasti mantap disantap

    ReplyDelete
  4. Kenal Lai saat duduk di bangku SMP karena dikirimi saudara dari Samarinda. Lalu kami tanam bijinya dan tumbuh besar. Alhamdulillah hampir tiap tahun panen Lai. Lumayan, ngga usah beli durian, soalnya Lai dari biji rasanya legit dan pulen seperti durian, aromanya ngga tajam, dan kulitnya ngga tajam.

    ReplyDelete
  5. Baru tau mba ada buah Lai. Kalau dari ceritanya, lebih mirip nangka ya rasanya. Cuma bentuknya aja yg mirip durian. Nangkapun mirip-mirip durian.

    ReplyDelete
  6. Ih beneran mirip durian ya mbak. Jujur aku musuh banget sama durian, ga kuat banget sama baunya. Bahkan liat bentuknya dari jauh aja udah merinding. Alay emang ya tapi begitulah. Dan beneran baru ngeh ada buah yg mirip banet sama durian. Berani ga ya nyobain? Liat bentuknya udh kebayang duren dulu

    ReplyDelete
  7. Kalau lihat di fotonya, saya pasti mengira itu buah durian. Begiu lihat perbandingannya dengan tangan, baru ngeh, ternyata buahnya kecil. Warnanya juga lebih tua ya.
    Soal rasa, saya bisa membayangkan makan buah nangka. Berarti memang lebih enak durian ya...hehehe

    ReplyDelete
  8. Kenapa aku ngerasa ini masih jenis durian cuma mungkin namanya ini durian musang king ngga hahahaa, tetep keukeuh. Pengen nyobain deh mba ade? Kapan ada PO lagi hahaha.

    ReplyDelete
  9. Iya ya mirip duren sepintas tapi tekstur kalau dilihat dari foto emang mirip nangka gtu. AKu baru kenal buah ini mbak.Ternyata dari Kalimantan ya? Coba nanti ku tanya suamiku ah, barangkali kenal buah ini hehe

    ReplyDelete
  10. Aromanya juga beda dengan durian. Kalo di Banjarmasin, namanya pempaken/pampakin. Belum ada jalan-jalan nih aku, kalo ada yg jual juga pengen beli.

    ReplyDelete
  11. Aku penasaran rasanya apakah sama dengan buah durian, teksturnya ternyata mirip nangka ya..malah kangen duren juga haha lama ngga makan..

    ReplyDelete
  12. Aku sempat penasaran pengen ikut PO pas ada teman yang ngiklan buah lai ini beberapa hari lalu mbak. Tapi gak jadi, hihi. Setelah baca tulisan ini kok aku makin gak tertarik ya, kayaknya enakan durian (bagiku) sih. Hihihi.

    ReplyDelete
  13. Mantap, kak Ade.
    Aku ngiler liat warna buah Lai yang cantik, mashaAllah~

    Kalau untuk rasa, apa lebih enak dicampur ke es buah?
    Tapi jadi gak ketauan rasanya yaa.. Padahala mungkin harganya juga gak murah.
    Heuheuu...

    Nanti kapan-kapan mau juga kandungan gizi buah Lai, kak Ade.
    **biar aku semangat cari buahnya, hahaha...selama ini, durian kalau diubah jadi pancake, ISTIMEWA banget.

    ReplyDelete
  14. lucuk ya buahnya gemesin kayak durian. kuningnya kinclong menggoda. etapi pas dimakan kayak nangka? wahh ga nyangkaa

    ReplyDelete
  15. aku kira besar loh ummi ukurannya ternyata segitu ya ga gede banget, menggoda ini jadi pengen beli dan cari malah baru tahu namanya Lai ini..

    ReplyDelete
  16. Jadi penasaran juga mau nyicip, dari "penampakan"nya beneran mirip ya bentuknya. Pertama kali aku tahu tentang Buah Lai, kemana saja dirikuuu? haha
    Semacam buah "perkawinan" antara durian dan nangka ya.

    ReplyDelete
  17. wahh aku baru tahu klo ada buah lai ini
    aku kira ya durian
    emang mirip banget ya mbak

    ReplyDelete
  18. Buah Lai ini bukan cempedak ya? Mirip banget sama durian ya. Kalo aku terus terang suka mabuk kalo makan durian. Kalo buah Lai ini kira-kira bikin aku mabuk gak ya? Jadi pengin cobain..

    ReplyDelete
  19. Aku baru tahu Mak ada buah Lai, warna kuningnya memang kayak buah Nangka, tapi bentuk kayak Durian ya Mak...

    ReplyDelete
  20. Passs banget saya juga baru makan buah Lai ini mbak. Fisiknya mirip durian ya, tapi setelah dimakan, tektur buahnya beda banget. Baunya sih agak samalah yah. tapi elbih kuat durian daripada ini. Saya makan buah lai ini sampai sakit perut wkwkwk, sebab penasaran kok ringan banget, gak seperti makan buah durian.

    ReplyDelete
  21. Mamaku dulu besarnya di Kalimantan, sering banget cerita soal buah Lai ini, tapi sampai sekarang aku cuma pernah dengar ceritanya aja, belum pernah kesampaian makan dan lihat sendiri buahnya🤣

    ReplyDelete
  22. Iya, temanku yang penggemar durian bilang lai ini ga ada mirip-miripnya dari sisi rasa dengan durian. Bener tuh kayak nangka katanya. Penasaran juga pengin nyoba nih.

    ReplyDelete
  23. Ada orang yang tidak suka durian karena baunya. Mungkin ini buah Lai bisa jadi solusi, yaa. Hahaha

    Aku taunya tuh yang serupa dg nangka, ada Cempedak. Ternyata ada juga yg srupa dg durian yaa.

    ReplyDelete
  24. Oh, jadi ini Lay ya, kukira durian tapi memang agak heran lihat biji dan ukurannya. Dilihatnya sih enak banget, tapi kayaknya dari deskripsi mba Ade ini buah gak selezat durian deh heheheh

    ReplyDelete
  25. Wow menarik ya, Ummi. Moga suatu bisa nyoba. Ini mungkin kawinan bapaknya seorang duren (beneran) dan ibunya nangka. Anaknya dikasih nama Lai, yang nama lengkapnya Laila. Rasanya kurang manis dari nangka ya dan gak ada wanginya. BTW berapaan nih Mi? Lebih mahal dari duren gak?

    ReplyDelete
  26. Ini rame banget di Kendal kemarin mba, buah Lai viral banget karena mirip durian
    seglondong gitu dibandrol 35k aku belom sempet beli tapi

    ReplyDelete
  27. iih, berarti selama ini foto=foto durian kuning mentereng yang beredar di internet itu jangan-janngan buah lai ya mbak

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^