Camilan Khas Betawi 2 (Kue Lebaran)

Tulisan saya sebelumnya membahas camilan khas Betawi yang sering kita temui di kaki lima. Kali ini saya lanjutkan part 2-nya tentang camilan khas Betawi. Namun, camilan yang saya pilih kali ini hanya ada di moment-moment tertentu. Camilan apa saja? Yuk, lanjut!

camilan khas betawi

Bismillahirrahmanirrahiim, Camilan Khas Betawi 2 (kue lebaran)
Indonesia tuh kaya banget ya sama kuliner tradisionalnya. Nggak usah jauh-jauh kemana-mana, makanan tradisional khas asli suku kita aja dah puluhan, secara Indonesia ada 34 propinsi. Terkadang di masing-masing propinsi saja sudah beda-beda tiap daerah makanannya.. duuuh.. walau mirip-mirip tetap punya ciri khas daerah itu sendiri. Contoh seperti yang akan saya tulis hari ini nih camilan khas Betawi, tanah kelahiran dan asal saya.

Kalau di camilan khas Betawi 1, membahas jajanan pasar. Kini saya bahas kue camilan khas Betawi yang biasa dibuat saat hari raya.

Hari raya memang menjadi ajang kita menampilkan segala khas masakan di daerah masing-masing. Mulai dari membuat kuenya hingga makanan utama pendamping ketupat. Iya hari raya kan identik dengan ketupatnya. Kalau lauk matang masakan khas Betawi sudah pernah saya bahas di tulisan saya tentang Sayur Babanci. Kali ini giliran kue keringnya. Yuk, lah nggak usah banyak kata.. langsung kita bahas.

1. Kue Kelinca

camilan khas betawi


Kalau bukan orang Betawi asli kue ini terdengar aneh dan jarang sekali ditemukan. Sekali pun orang rantau yang lahir di Jakarta (gimana sih.. rantau tapi lahir di Jakarta.. xixixi), belum tentu ketemu kue ini. Bahkan orang Betawi sendiri belum tentu buat kue ini, contoh saya.. hahaha.. 

Kue Kelinca, saya nyebutnya Klenca, ini sering saya temui kalau saya bertandang ke rumah adiknya papa. Almarhumah emak (adik papa), ini setiap lebaran pasti buat kue Kelinca. Saya suka kue Kelinca buatan beliau, enak. rasa kayu manisnya itu khas banget.

Iya, Kue Kelinca ini agak-agak mirip dengan ginger bread dari Amerika atau Specullas dari Belanda dan Kaak dari Arab. Kue kaya rempah. Beragam rempah jadi satu di kue tersebut. Ada jinten, kayu manis, kembang lawang atau bunga pe'chak, dan vanila.

Teksturnya kalau dipegang keras, tapi empuk kalau digigit. Rasanya manis dan harum rempah. Terutama kayu manisnya. Kue Kelinca enak dimakan bareng kopi. Saya suka sekali dicelup di kopi atau teh hangat.


2. Kue Akar Kelapa

camilan khas betawi

Akar kelapa memang menjadi ciri khas budaya Betawi. Hiasan akar kelapa selalu ada di ornamen hajatan Betawi. Mau itu acara resmi pemkot DKI ataupun acara warga keturunan Betawi. Nah, kue pun dibuat juga. 

Camilan khas Betawi yang terbuat dari tepung beras, tepung ketan dan santan ini gampang-gampang susah buatnya. Resepnya kelihatan mudah karena bahannya sederhana, tapi pas prakteknya yang susah. Saya sampai sekarang gagal mulu buatnya... hahahaha.. mana masterchef akar kelapanya sudah almarhum.. hiks..

Kue Akar Kelapa termasuk salah satu kue wajib yang dibuat orang Betawi disaat hari raya. sekali lagi teksturnya terlihat keras, tapi kalau yang pintar buatnya saat dimakan akan terasa renyah. Rasanya gurih, mungkin karena dari santannya itu kali ya. 

Kalau dibilang kayak cheese stick, hmm.. nggak juga. karena rasa cheese stick cendrung asin, kalau kue akar kelapa ini gurih manis.


3. Kue Satu

camilan khas betawi


Nah, yang ini camilan khas Betawi yang jadi favorite saya. Saya kalau sudah ketemu kue Satu bisa habis setengah toples sendiri dalam waktu hitungan menit... hahahaha... untung adanya cuma pas lebaran aja. Kalau nggak bisa kalap deh.

Kue ini menjadi camilan khas Betawi yang hanya bisa ditemui di hari raya. Malah terkadang tidak ketemu, karena proses pembuatannya yang butuh waktu dan cuaca baik. Loh kok pakai cuaca?

Iya, pengeringan kue Satu untuk beberapa keluarga Betawi masih menggunakan cara tradisional, yaitu dijemur dan di cetak satu-satu. Tidak boleh kena air, agar kue menjadi kering. Itu sebabnya orang Betawi menyebutnya kue Satu, karena proses buat tersebut.

Menurut mereka yang masih menggunakan cara tradisional, rasanya beda dengan di panggang dalam oven.. hmm.. jadi penasaran mau nyobain yang versi dipanggang. Soalnya yang dibuat Emak (panggilan untuk almarhumah adiknya papa), dengan cara di oven. Emak masih menggunakan oven tangkring.

Untuk tekstur, saya masih mengandalkan camilan khas Betawi buatan Emak. Kalau yang dibuat Emak, tekturnya keras dan padat, tapi begitu digigit empuk dan nyes lumer di mulut. Enaaak.. rasa gurih dan manis. Kalau dibayangkan, seperti makan bubur kacang ijo versi kue kering.. xixixi...

Waktu saya bertandang ke Dumai, Riau, rumah kakak ipar saya, beliau juga mengatakan ini looh kue khas melayu. Mereka bilangnya kue Kacang Hijau atau kue Kacang Padi. Iya, saya baru tahu kalau di daerah Sumatera kacang hijau disebutnya kacang padi.


Nah, itulah camilan khas Betawi yang selalu ada menjadi kue lebaran. Ada yang sudah mencoba camilan khas Betawi untuk kue lebaran tersebut? Kalau belum, berarti kita harus menunggu lebaran tiba.. duuuh.. lama beneeeer... hahaha. Sambil nunggu mending teman-teman baca aja nih blognya miss Nita www.nitalanaf.com yang ikutan menjajal masak masakan Betawi... Xixixi..

Tapi kalau nggak sabaran nunggu lebaran, kita bisa temui camilan khas Betawi (kue lebaran) ini di toko kue kering untuk kue satu. Tapi untuk kue akar kelapa dan kue kelinca, hanya ada di toko-toko tertentu. Selamat mencoba!



Wassalam






54 comments

  1. Kue kelinca itu geplak bukan ya Umi ?
    Tekstur dan bentuk mirip. (Tapi macem2 sih)
    Ya Ampun kue Satu itu dah lama banget ga nemuin.
    Kalau akar kelapa masih ada yg suka bikin, hmm juga kembang goyang sama biji ketapang. Jadi inget momen2 sambut hari raya dahulu

    ReplyDelete
  2. Dari ke 3 camilan khas Betawi itu, Kelenca doang yg belum pernah nemu apalagi makan. Tapi kue Satu sering banget dan memang banyak yang nyebut dari kacang hijau.

    ReplyDelete
  3. aku suka deh sama flavornya kue akar kelapa. kalau kue satu itu juga makanan tradisional di sunda bukan sih? itu juka jajanan waktu kecil, duh udah lama sekali ga makan itu.

    ReplyDelete
  4. Saya belum pernah mencicipin ketiga camilan betawi ini nih mbak. Sepertinya harus dicoba. Sayang di Surabaya belum ada yang jual camilan Betawi ini

    ReplyDelete
  5. Kue nomor 1 belum pernah coba mba tapi yang nomor 2 dan 3 aku sukaa banget sampai gak lebaran pun PO ke teman

    ReplyDelete
  6. orang tua aku dari betawi mba, dan emang bener bgt sih setiap lebaran harus ada akar kelapa...

    disetiap rumah sodara jg gitu..
    apalagi makanan khas betawinya yg lain ..
    rasanya perlu diperkenalkan lagi nih supaya generasi nanti tetep tau budaya kita meskipun mungkin belum pernah makan

    ReplyDelete
  7. Kue akar kelapa nih jadi salah satu favoritku. Baru tau juga kalau ternyata itu kue khas Betawi hehehe. The more you know~

    ReplyDelete
  8. Kue kelinca kyknya baru tahu ini mbak Ade. Kalau dua lainnya sepertinya udah pernah makan waktu main ke rumah orang.
    Kangen banget ya lebaran kyk dulu bisa sowan ke saudara atau tetangga gitu sambil nyicipin kue2.

    ReplyDelete
  9. Kue satu dan kue akar kelapa ada juga nih di Bandung. Kalau kue kue kelinca .... nah, aku baru tau dari postingan ini. Dulu sempat tinggal di Jakarta 4 tahun, tapi sama sekali nggak tau kue ini. Ternyata emang langka ya.

    ReplyDelete
  10. Kak Adeee...
    Kue Kelinca ini ada juga di Surabaya, tapi aku gak yakin sama namanya. Bentuknya kaya daun gitu.. Enak yaa..tinggal di Indenesia.
    Banyak kuliner dari makanan beurat hingga makanan camilan begini.

    Merindu pulkam..
    Tapi ke Jekarda juga pingiiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kue-kue yang kudu dilestarikan keberadaannya.
      Hehhe...pandemi gini, mamah mertua aku tetep bikin kue dan dikirimkan ke para menantunya, kak Ade.

      Jadi penting banget ya...melestarikan makanan khas setiap daerah di Indonesia ini.

      Delete
  11. Akar kelapa dan Kue Satu itu khas betawi???
    Ya ampuun... itu termasuk makanan kecil favoritkuu karena enak bangett..!

    ReplyDelete
  12. Mbk, aku jadi akneghn ibuku yang suka bikin kue air kelapa bikin cetakan dulu di tukang kayu heheh.... enak kuenya

    ReplyDelete
  13. Fave aku tuh kue akar kelapa. Tapi kayanya udah jarang yang jual yaa. Kalau kue satu sih masih sering lah aku lihat ada yang jual. Beberapa kali teman ibuku yang orang betawi juga suka bawain kue satu

    ReplyDelete
  14. kue akar kelapa jadi favorit juga dan dicari-cari pas lebaran di keluarga besar, sama ada satu lagi yang bahan bakunya kolang kaling itu lho, apa ya namanya

    ReplyDelete
  15. Wah aku suka cemilan Mba Ade apalagi sejak jadi busui. Laper mulu dan pengennta itu ngemil mulu hahaha πŸ˜‚. Ngomong ngomong aku suka kue akar kelapa, tapi aku baru tahu lho kalau kue akar kelapa itu ternyata cemilan khas betawi ya.

    ReplyDelete
  16. Aku cuma tau kue satu, dan doyan banget. Beneran bisa ngabisin setoples sendirian deh. Kirain itu kue palembang lho, soalnya ibuku orang palembang dan menurut beliau itu kue khas dari sana. Apa jangan2 itu d2 kue yg beda ya? Tapi nama dan tampilannya sama sih.

    ReplyDelete
  17. Ternyata kue satu khas Betawi ya Mak?
    Di Jawa buanyaaakk sih kue ini, terutama pas Lebaran.
    Tapi, to be honest, aku ga terlalu demen kue satu.
    apa yaaa... after taste-nya agak sedikit genggeus :D

    ReplyDelete
  18. Aku pernah belanja di toko oleh-oleh berisi kue-kue kering gitu, ketiga camilan yang Ade sebut ada semua. Yang pernah aku coba kue satu. Kalau akar kelapa pernah dikasih tetangga. Aku punya kenalan orang Betawi asli tinggal di Srengseng Jakbar, dulu kalau ke rumahnya pas lebaran, semua kue Betawi ada :D

    ReplyDelete
  19. Kalau kue Satu dan kue Akar Kelapa aku pernah makan. Kalau kue satu di Caruban Jatim juga ada mba. Tanteku tinggal disana dan sering dibawain dulu pas aku masih di Surabaya

    ReplyDelete
  20. Mak, kue satu ini kesukaanku juga, bisa ga berenti nih nyemilinnya, abis enak. Padahal aslinya ga begitu suka makanan manis, cenderung suka yang asin/gurih. Yang akar kelapa pernah nyicip tapi lagi ga mujur, kebagian yang teksturnya keras. Ngeri kalau dilanjut makan. Yang uah keburu dimakan diemut aja kayak permen hahaha. Nah yang kelinca ini kayaknya enak, jadi pengen nyicipin

    ReplyDelete
  21. Akar Kelapa, aku nyebutnya Oyot Klopo. Jawa banget ini, hehehe. Terus Kue Satu, sebutannya Koya. Ini termasuk kue jadul. Mbahku sering sedia. Kalau aku karena beli, kue-kue itu jarang masuk itungan

    ReplyDelete
  22. Wah aku baru tahu ada yang namanya kelinca. Kalau kayak aku biasanya makan saat lebaran di Lampung karena keluarga bapakku orang Arab. Kue satu juga sering makan tapi kurang doyan.

    ReplyDelete
  23. Kue akar kelapa dan kue satu itu aku doyan banget dan suka beli. Tapi kalau kue kelinca aku belum ngeh yang mana dan lupa2 ingat udah pernha lihat atau belum di dunia nyata ya hehehe :D Kue satu mah sering banget zaman kecil dulu tapi kini jarang. Mau dong dibeliin eh hahaha :D

    ReplyDelete
  24. Akar kelapa ini kalau di kampung saja namanya kue sipil dimasaknya ketika menjelang lebaran atau ada hajatan pernikahan atau khitanan.

    ReplyDelete
  25. Makanannya legendaris banget ya. Sering dijumpai saat acara lebaran dan jadi memori tak terlupakan saat-saat menyenangkan bersama keluarga besar dan saudara-saudara tercinta..

    ReplyDelete
  26. Bener banget, Mbak, Indonesia itu kaya banget sama keragaman kulinernya, bahkan kuliner kue2 kering tradisional. Dan sebenarnya, rasanya juga bisa kok diadu sama kue2 modern yg sekarang banyak dikonsumsi anak muda

    ReplyDelete
  27. Dari ketiga kue diatas, yang sering aku temuin kue satu dan paling banyak ditemua itu kue akar kelapa. Kal di daerah saya kue akar kelapa biasanya ada dua rasa, manis sama gut=rih gitu mbak

    ReplyDelete
  28. kangen banget makan kue satu dan aku sering bantuin ibuku buatnya dan selalu kange kalau lebaran.

    ReplyDelete
  29. Setiap daerah punya kue atau camilan khasnya y mbak.dari camilan betawi yabg mbak tulis ini, yang pernah aku makan hanya kue satu, enak rasanya

    ReplyDelete
  30. Luar biasa banget itu kalau kue Satu masih dikeringkan secara tradisional ya? Makanya nungguin cuaca kalau cuaca gk bersahabat ya amsyong hehe
    Penasaran aku tuh sama perbedaan rasa dengan yang dipanggang dengan oven :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kayaknya yang belum pernah makan kue kelincaitu mbak Ade.
      Ah jadi kangen lebaran deh, pas di Jkt jarang ada kue2an saat lebaran di rumahku. Kalau di rumah mbak Ade udah pasti ada ya? hehe

      Delete
  31. Kue Satu ini di Comal sini ada kak jadi khasnya sini juga tapi aku lupa namanya apa, soalnya yang asli sini suamiku. Yang lain aku belom pernah coba pengen

    ReplyDelete
  32. Favorit ku kue satu dari zaman kecil suka banget nyemil kue satu ini. Bisa habis banyak kalau ga inget bisa lengket di mulut hahaha

    ReplyDelete
  33. Kalo kue satu cukup terkenal sih ya..beberapa daerah punya kue satu juga nih meski gak sama persis... Tapi kalao kue akar kelapa sama kelinca kok kayak belum pernah icip-icip ya..hehe

    ReplyDelete
  34. Kudet banget aku tu.. Lama di Jakarta tapi gak tau semua cemilan istimewa ini. Tak cari carinya deh kalo ke Jakarta huhu

    ReplyDelete
  35. Kue kelinca tu pernah nyoba, tapi baru tau namanya itu. Pernah dulu dikasih ortu murid, karena ai gak doyan, hahah... Jadilah ditarok aja di meja. Murid nyobain, "Mis,, kuenya rasa bumbu ya" hahahah...

    Kalo akar kelapa dan kue satu mah doyan banget. Ah kue2 betawi emang enak sih. Miss nita karena Padang rasa Betawi, hahah... jadinya familiar dg kuliner Betawi.

    ReplyDelete
  36. Selama ini baru pernah nyobain kue satu sih Mak. Kue2 yang lain belum begit familiar tapi kok kayanya menggoda yha. Enak gitu kayanya kalau disanding sama teh anget :9

    ReplyDelete
  37. Di antara kue-kue itu aku suka banget yang biji ketapang, Mba De. gurih dan crunchy begitu. Dulu kalau ke rumah sahabatku yang orang betawi, pasti minta dibungkusin wkwkwk

    ReplyDelete
  38. kalau kue Kelinca itu disini kayaknya ada miripnya, tapi namanya kue/roti jintang, bentuknya kayak jajaran genjang kecil gitu biasanya ditaburi jintan hitam di atasnya :D
    kalau akar kelapa, disini kayaknya kue kaktus :)

    duuuh jadi pengen ngunyah Mbak :)

    ReplyDelete
  39. Baru tahu Kue Satu dari betawi padahal aku dulu sering buat sama ibuku dan suka banget makan kue satu, Enak deh.

    ReplyDelete
  40. Duh, kue satu mah itu kesukaan saya mbak, ternyata dia khas betawi yaa. Jadi inget masa kecil kalau makan kue satu umi Ade.

    ReplyDelete
  41. Mbaak, melihat foto kue-kue itu, saya kok merasa familer dengam kue tradisional Bugis hanya saja saya tidak tahu nama-namanya kaena saya lahir dan besar di ibukota provinsi.
    Kue Satu itu, di kampung bapak saya (daerah Bugis), ini saya ingat banget modelnya persis. Rasanya manis kan? Dulu biasa dikasih nenek untuk oleh-oleh dan seingat saya ada yang bilang itu kacang ijo ...

    ReplyDelete
  42. Kue kelinca baru tau dari baca ini deh. Di Lmapung gak ada juga. MIrip biji ketapang ya.

    ReplyDelete
  43. Kue akar kelapa sama kue satu pernah makan dan sukaak. Kalau kelinca itu mirip kue gandjel rel kayaknya. Kayaknya loh ya

    ReplyDelete
  44. Dulu aku suka akar kelapa, pas kecil suka dibagi sama tetangga yang orang betawi, sekarang udah jarang makan, tapi aku paling suka kue cincin sama geplak kalo makanan khas betawi

    ReplyDelete
  45. Hai mom,aku Dennise,suka banget nih cemilan khas Betawi semuanya enak-enak.Akar kelapa,wow...enak banget,apalagi kalau garing. Oh ya,aku belum pernah coba kue Kelinca.Mungkin kalau di Manado sejenis kue Bangkit ya.Terbuat dari tepung yang dipanggang ada aroma kenari,cengkeh.Mudah-mudahan suatu hari aku bisa dapatkan kue Kelinca

    ReplyDelete
  46. Saya baru tau kue kelinca. Rasanya mirip roti gambang gak, Mbak? Karena kalau baca ulasan Mbak Ade, saya auto ingat roti gambang. Suka banget ma roti ini. Aroma kayumanisnya juga bikin nagih ^_^

    ReplyDelete
  47. Kue kelinca ini mengingatkan aku kue gandjel relπŸ˜€. Akar kelapa sama kue satu kayaknya yang sering banget aku makan.

    ReplyDelete
  48. Keluarga bapak betawi asli kalau pas lebaran ke sana kue-kue ini pada ada di toples Ummi kalau favoritku akar kelapa dan palig ga aku suka yaang kue satu wkwk

    ReplyDelete
  49. kue kelinca ini mirip gandjel rel penampakannya. Tapi gak tahu kalau rasanya. Belum pernah coba soalnya hihihi...Kalau kue satu sama akar kelapa lumayan sering. Dulu ada temen orang betawi suka bawain ini.

    ReplyDelete
  50. Sepupuku ada yang jodohnya sama urang Betawi asli, kak Ade.
    MashaAllah~
    Unik sekali saat pernikahannya dan sajian makanan khasnya seperti camilan kue khas Betawi yang kak Ade tulis. Kesempatan buat mengenalkan kekayaan khazanah budaya dan bahasa suku-suku di Indonesia.

    ReplyDelete
  51. Wow aku suka banget sama kue akar kelapa. Udah lama ga makan itu, terakhir kayaknya pas masih lajang deh wkwkwk lama beud ya. Jadi pengen nyari di gojek ada ga ya πŸ˜„

    ReplyDelete
  52. Duh aku paling doyan banget makan kue akar kelapa. Satu toples bisa habis sendiri. Nah iya bener mbak kalau yang pinter bikinnya pasti nggak keras, renyah kriuk gitu. Aku pernah dong nyobain kue akar kelapa yang kerasnya udah kaya batu. Sampai dicelup ke teh pun masih keras. Hahaha.

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^