Beda Kopi Susu Gula Aren Kopi Kenangan, Janji Jiwa dan Kulo

Sebagai penikmat kopi kekinian, saya senang mencoba semua gerai kopi yang lagi hits. Ada 3 gerai kopi kekinian yang banyak disukai anak muda dan emak-emak berjiwa gaul (mau nulis, saya salah satunya, takut ditimpukin duit segepok.. xixixi). Tiga gerai kopi ini disukai dan jadi hit karena rasa dan harganya yang dibawah Rp 20.000. Gerai kopi apa sih? Mereka adalah Kopi Kenangan, Janji Jiwa dan Kulo. Nah, kali ini saya akan review beda kopi susu gula aren Kopi Kenangan, Janji Jiwa dan Kulo. Apa ya bedanya? Cekidot!

beda kopi susu gula aren Kopi Kenangan, Janji Jiwa dan Kulo

Bismillahirrahminirrahiim, Beda Kopi Susu Gula Aren Kopi Kenangan, Janji Jiwa dan Kulo.

Berawal dari hobi kami sekeluarga (kecuali Adek Fi) untuk minum kopi kekinian, menimbulkan rasa penasaran kami untuk mengetahui apa sih beda kopi susu gula aren dari 3 gerai kopi kekinian. Memang yaa sejak 5 tahun terakhir ini, kopi kekinian menjamur di Indonesia. Sekalipun gerai kopi kekinian bertebaran dimana-mana, hanya beberapa yang jadi hit dan bertahan lama. Bahkan tetap bertahan hits di masa pandemik seperti saat ini. 


Saya sempat ngobrol sama Abang Fi, kira-kira gerai mana saja yang hits. Maka dari hasil pengamatan kami dari sekian banyak gerai kopi kekinian yang tetap hits dan bertahan ada 3 nama, yaitu Kopi Kenangan, Janji Jiwa dan Kulo. Nah, penasaran dong kita sama rasa kopi dari ketiga gerai tersebut. Semua produknya hampir sama, tapi yang jelas pasti ada adalah kopi susu gula aren. Maka dari itu, kami memilih untuk me-review beda kopi susu gula aren Kopi Kenangan, Janji Jiwa dan Kulo.


Nama Kopi Gula Aren Kopi Kenangan, Janji Jiwa dan Kulo

Kopi gula aren dari masing-masing gerai ini mempunyai nama-nama yang unik. Mereka memberi nama sesuai tema gerai yang mereka usung. Kalau Kopi Kenangan nama-namanya mengangkat kisah masa lalu dengan mantan.. eeeaaa... jadi kalau yang nggak punya mantan mungkin nggak tau kali ya rasanya pahit cinta yang sepahit kopi... uhuy... Lihat saja nama-nama kopi di Kopi Kenangan digambar ini ^_^

beda kopi susu gula aren Kopi Kenangan, Janji Jiwa dan Kulo

Saya waktu pertama kali mencoba minum di Kopi Kenangan, langsung cekikikan lihat daftar menu yang dipajang. Sampai-sampai saya enggan memilih menu di daftar Minuman Selingkuhan. Takut jadi kenyataan... ngeri. Teman saya yang mengajak sampai bilang, "Udeeeh lo mah nggak usah macem-macem, De. Kopi Kenangan Mantan aja. Ntar mikir yang aneh-aneh deh." hahaha...

Jika Kopi Kenangan tentang kenangan indah masa lalu dengan mantan, kalau Janji Jiwa justru kebalikan dari Kopi Kenangan. Janji Jiwa mengusung tema cinta. Janji cinta kedua instan. Bukan terhadap pasangan saja, tapi kepada teman juga. Pada produk Janji Jiwa nggak ada nama-nama aneh, tapi kalau kita beli kopinya, di kemasan selalu ada quote-quote yang bikin kita termehek-mehek.

beda kopi susu gula aren Kopi Kenangan, Janji Jiwa dan Kulo

Sedangkan untuk Kulo, sepertinya tak ada yang istimewa dalam pemilihan nama dari produknya. Hanya namanya dihubung-hubungkan ke kata Kulo, itu pun hanya 1, seperti Kopi Spekulo. 


Nah, untuk bisa membandingkan, saya memesan produk yang sama dari 3 gerai tersebut yaitu kopi susu gula aren. Agar saya bisa merasakan beda kopi susu gula aren Kopi Kenangan, Janji Jiwa dan Kulo, saya langsung memesan ketiga kopi gula aren dalam waktu bersamaan. Biasanya kan saya beli kopi susu gula aren di waktu yang berbeda dari masing-masing gerai.


Ok, mari kita bahas beda kopi susu gula aren Kopi Kenangan, Janji Jiwa dan Kulo ini yaa...


Beda Rasa dari Kopi Susu Gula Aren Kopi Kenangan, Janji Jiwa dan Kulo


Rasa Kopi

Berhubung yang mau dibandingkan itu produk kopi, maka  rasa kopilah yang pertama akan dibahas. Dari ketiga gerai kopi tersebut, menurut saya dan Abang, rasa kopi yang paling kuat ada pada Kopi Kenangan. Begitu menyeruput Kopi Kenangan Mantan (nama kopi susu gula aren dari Kopi Kenangan), kita bisa menikmati rasa pahit kopi Arabica yang kuat. Ini baru yang single shoot loh, Kebanyangkan pahitnya kopi jika memilih yang double shoot coffee. 


Buat para pencinta kopi sejati dan terbiasa minum kopi hitam, Kopi gula aren pada Kopi Kenangan bisa menjadi pilihan teman-teman. 


Sedangkan untuk yang middle bisa memilih Kopi Kulo. Rasa kopi pada kopi susu gula arennya tak terlalu kuat, walau dilidah rasa pahit kopinya masih terasa.

beda kopi susu gula aren Kopi Kenangan, Janji Jiwa dan Kulo

Lalu baagaimana dengan rasa kopi di Janji Jiwa?

Menurut saya dan Abang Fi sebagai pencicip ketiga kopi gula aren Kopi Kenangan, Janji Jiwa dan Kulo. Hanya Janji Jiwa yang tidak berasa kopinya. Tak sedikit pun rasa pahit kopi menempel dilidah kami.

"Tapi, teman-teman aku tuh malah banyak yang memilih Janji Jiwa loh, Mi. Mereka pada suka kopi Janji Jiwa." 

Hmm... sebelum kita bahas pernyataan Abang, mari kita tuntaskan dulu tentang beda kopi susu gula aren Kopi Kenangan, Janji Jiwa dan Kulo.


Rasa Manis

Selanjutnya yang dibahas adalah rasa manis. Rasa manis masih dipegang oleh kopi gula aren Kopi Kenangan. Mungkin untuk mengimbangi rasa pahit kopinya ya. Tapi buat saya yang sudah mulai mengurangi gula, manis di kopi gula aren Kopi Kenangan terlalu manis. Terlalu maniiiis untuk dilupakaaaan.. (auto nyanyi lagu Slank.. xixixi)

Makanya setiap kali memesan kopi gula aren di Kopi Kenangan, saya selalu memilih yang less sugar dan less ice. Biar benar-benar terasa nikmat kopinya.

Sedangkan rasa manis di kopi gula aren Janji Jiwa dan Kulo, sudah pas dengan paduan rasa lainnya.

Oiya, saat memesan kopi gula aren di ketiga gerai kopi tersebut, semuanya saya pilih yang normal sugar.


Rasa Susu

Namanya juga produk kopi susu ya, maka kita bahas rasa susu dari ketiga gerai kopi tersebut. Untuk rasa susu, juaranya dipegang oleh kopi Janji Jiwa. Rasa susu atau krimer pada kopi susu gula aren Janji Jiwa ini lebih dominan dari rasa kopinya. Ini mungkin yang menjadi jawaban dari komentar Abang diatas, bahwa teman-temannya lebih suka kopi Janji Jiwa.


Yes, untuk takaran remaja atau penikmat kopi pemula (ada gitu yaaa penikmat kopi pemula.. xixi) kopi gula aren Janji Jiwa ini memang bisa jadi pilihannya, karena memang benar-benar tak ada sedikit pun rasa pahit kopi. Beda sekali dengan kopi Kulo, apalagi Kopi Kenangan.


Kesimpulan Beda Kopi Susu Gula Aren Kopi Kenangan, Janji Jiwa dan Kulo

Kesimpulan dari uji coba ketiga kopi gula aren tersebut, Kopi Kenangan memang top banget diminum oleh para pencinta kopi sejati. Sedangkan Janji Jiwa spesial untuk para penikmat kopi pemula. Dan Kopi Kulo berada ditengah-tengah keduanya, yaitu yang tak suka terlalu pahit dan tak suka kebanyakan susu.


Lalu saya pilih yang mana?

Ini sudah pasti sudah bisa ketemu jawabannya yaa. Buat saya pribadi, saya lebih suka Kopi Kenangan. Dan sekelas Abang Fi yang sudah saya racuni dengan kopi hitam (walau masih kopi nescafe yang tidak ada ampas), lebih memilih Kopi Kenangan.


Namun yang namanya selera orang berbeda-beda. Mungkin bagi yang suka dengan rasa susu lebih dominan, akan memilih Janji Jiwa. Dan yang mau ditengah-tengah, ada Kulo. 


Nah, dari uraian beda kopi susu gula aren Kopi Kenangan, Janji Jiwa dan Kulo, kini teman-teman bisa membayangkan akan memilih kopi gula aren dari gerai kopi yang mana ya. Oiya, untuk harga, berhubung saya memesannya melalui ojol, maka semua mempunyai harga yang sama. Untuk segelas kopi susu gula aren dari ketiga gerai tersebut dibandrol dengan harga Rp 18.000. Harga yang sangat terjangkau bagi kaum muda.


Setelah uji coba ini, Abang meminta saya untuk membandingkan juga kopi-kopi kelas atas, yang harga segelasnya diatas Rp 30.000. Harga 2x lipat dari kopi kekinian yang menjamur. Insya Allah ya, Bang. Tunggu Ummi dapat rejeki, kita adakan uji coba lagi yaa.. xixixi


Ok, kini teman-teman sudah tahu ya beda kopi susu gula aren Kopi Kenangan, Janji Jiwa dan Kulo. Sekarang tinggal eksekusi deh mau milih kopi gula aren yang mana. Seperti yang saya tulis diatas. Semua tergantung selera. Selamat mencoba! ^_^


Wassalam







31 comments

  1. Janji jiwa belum pernah. Iya kulo itu kopinya kurang kerasa ya, apalagi klo buat pencinta kopi. Kopi kenangan ada nih di Parung sekarang, buka cafe 2 lantai

    ReplyDelete
  2. Aku pecinta dan penikmat kopi dan mustahil sya membedakan-bedakn dari semua ini krn semuanya begitu nikmat. Hanya saja tergantung keinginan rasa yg ingin di seruput ketika ada dikadai kopi.

    ReplyDelete
  3. Terakhir jajan kopi kekinian sudah 1,5 tahun lalu sebelum pandemi menyerang mam. Kalau sekarnag aku lebih memilih explorasi resep sendiri, alhamdulillah udah ketemu racikan yang cocok dilidah. Lebih hemat lho...

    ReplyDelete
  4. Dari ketiganya aku juga lebih suka kopi kenangan. Ada lagi yang di dekat sini namanya kopi Lain Hati. Nama menunya sejalan sama kopi kenangan, bikin baper sampe takut beli ha ha ha..

    ReplyDelete
  5. Emang beneran hits mamak satu ini. Tiga macam kopi dari coffee shop terkenal dijajal.
    Saya belum pernah nyoba satu pun. Nggak hits banget, wkwkwk.
    Tapi kalau mau coba keknya dari kopi gula aren dari kopi Janji Jiwa, maklum buka pecinta kopi hanya suka aromanya aja.

    ReplyDelete
  6. Aku pecinta kopi tapi sama sekali belum pernah nyobain kopi2 kekinian ini mbaa (auto diblacklist jd pecinta kopi ga nih, haha). Aku seringnya bikin kopi sendiri di rumah, nyeduh kopi hitam, kopi tubruk kalo kata orang

    ReplyDelete
  7. Aku doang kayaknya nih yang belum juga nyobain ketiga kopi kekinian ini hahaha :) Ntra kapan2 aku coba deh. Yang bikin ceria kayaknya Janji Jiwa ya, sebab kalau kopi Kenangan itu namanya gimana2 gitu. AH yang penting kan rasa kopinya. Enak sih yang masih terasa susunya juga. AKu ga doyan kopi pahit atau yang ala item2 gitu :)

    ReplyDelete
  8. Ketika membaca bagian kopinya, saya langsung milih Kopi Kenangan. Tetapi, begitu baca rasa manisnya, langsung galau hahaha.

    Sama kayak Mbak Ade, saya gak terlalu suka rasa manis. Mungkin saya pun akan melakukan hal sama. Minta jangan terlalu manis.

    Tapi, kalau keluarga besar saya paling sering beli Kopi Kulo. Kalau lagi kumpul pasti pilihnya Kopi Kulo, deh

    ReplyDelete
  9. kalau yang suka kopi pasti bisa membedakan rasa yang enak dan gak ya.

    ReplyDelete
  10. Wah terima kasih pencerahannya Mbak Ade, aku seringnya Kopi Janji Jiwa karena gerainya dekat rumah..iya pengennya cari yang dominan kopi dibandingkan susunya..

    ReplyDelete
  11. JUARA, kak Ade.
    Aku juga suka Kopken.
    Tapi Janjiw ini sering diskon menu dishes nya.. Kan jadi sulit ditolak yaa..

    Cuma Kopken paling fave, pesen kopi, pesen menu anak-anak ((ada Yuzu apa gitu...yang manggo)) sama roti cokelat plus roti keju.

    Lebih klasik menu rotinya. Tapi kita juga suka.
    Nah, hehhee..aku juga kesimpulannya KOPKEN.
    ^^

    Kemoon kak Ade, kita ngopi bareng.

    ReplyDelete
  12. Setelah membaca ulasan yang cukup unik dan menarik iniiiii, maka aku pengen komentar begini:

    Dari segi nama, aku suka Janji Jiwa. Nama yang menurutku manis banget, seolah mengajak untuk teguh pada janji setia. Nama Kenangan tuh kayak mengajak terlibat dengan masa lalu. Padahal ga semua masa lalu indah dikenang, sebagian pengen diremek-remek haha

    Dari segi rasa, kayaknya aku pilih kopi Kenangan. Aku suka kopi yang rasa kopinya kuat alias pahit. Paling ga suka kalau kopi kemanisan atau kebanyakan susu. Karena, kata suamiku, cukup aku aja yang manis dan seputih susu, kopi jangan #ehGubraks!

    ReplyDelete
  13. aku udah nyoba Janji Jiwa, menurutku keras di asam lambungku, lebih suka yang ada gula aren sih kalau bisa memilih hahaha

    ReplyDelete
  14. Kalau aku suka es kopi susu Kenangan, apalagi kenangan bersama mantan #eh tapi emang bener deh ini aku suka banget, dulu aku penyuka Kulo juga mbak bahkan kudu tiap hari minum Kulo.

    ReplyDelete
  15. Niat banget Mak Ade bandingin tiga-tiganya ih.. Hihi.. Dari ketiga kopi di atas, saya baru nyobain Kopi Kenangan aja. Itu pun dijajanin Mak Mira waktu kumpul di Solo, wkwkwk... Tapi rasanya ngga jauh beda sih sama kopi aren di deket rumah, Koffren namanya.

    ReplyDelete
  16. Woooh akhirnya aku tahu beda ketiganya. Selama ini aku ga pernah benar2 memperhatikan bedanya.
    Tapi buat ukuran suamiku yg penggila kopi hitam, kopi2 kekinian ini tetap ga nendang, kecuali pesan yg espresso atau Americano 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. iyes, Mba kalau lagi males pake yang susu saya pun pesen itu. Seringnya buat sendiri di rumah

      Delete
  17. Duh, jam segini lihat ini. Bikin ngiler aja deh. Bikin kepengen nyeruput. Udah lama gak minum es kopi kayak gini. Kebetulan nih di sini baru ada Janji Jiwa. Besok beli aaaah. Suka juga kopi susu gula arennya. :D

    ReplyDelete
  18. Dari ketiga gerai kopi tersebut, di kotaku baru ada Janji Jiwa, jadi Kopi Kenangan sama Kulo belum pernah nyobain...tapi kepo sama yang Kulo aku,

    ReplyDelete
  19. Aku belum pernah nyoba kopi Kenangan, kalo Janji Jiwa beberapa kali. Kulo juga belum sih mbak, nah kayak yang diceritakan mba Farida, di SEmarang ada Kopi Lain Hati. Aku seringnya pesan kopi ini karena dekat dari rumah. Kadang via ojol atau pas belanja di supermarket pulangnya mampir beli kopi

    ReplyDelete
  20. Belum pernah minum kopi kekinian ini umi fikri, jadinya cuma bisa manggut-manggut aja nih saya hihihi lagipula saya memang bukan pecinta kopi. dulu cuma suka ikutan minum kopi buatan nenek aja, kopi liong bulan. Itu pun sedikit, tapi rasanya ga pernah lupa. Pernah juga minum kopi gayo tanpa gula. Herannya kok enak, yaa. Padahal gak pake gula. Mungkin karena nyicipin dikit, udah gitu dikasih tahu bahwa kopi itu memang lezat, makanya jadi terasuki deh, kopi gayo tanpa gula enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kopi liong itu kopi kesukaan saya juga, Mbaaaa.. xixixi... itu memang cuma diproduksi di Jawa Barat. Kalau saya ke Lampung bawa oleh-oleh itu ke temen. Padahal mah di Lampung juaranya kopi.. xixixi

      Delete
  21. hmmm...kopimah pavorite banyak orang ya..aromanya aja sudah pengen, dan cocok diminum hangaat atau dingin. pecinta kopi wajib nyicip nih

    ReplyDelete
  22. Wah setelah baca tulisan ini, saya jadi tahu mau pilih kopi yang mana yang sesuai selera. Yaitu kopi janji jiwa. Hehe. Maklum bukan penyuka kopi pahit

    ReplyDelete
  23. Udah ada pemain baru di perkopian nih... namanya unik unik dan keren ya, Indonesia banget!

    Dan favorit aku banget yang pake gula aren, segerrrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk.. pemain baru. Kalau kata para blogger pencinta kopi, jangan sebut sebagai pencinta kopi kalau nggak pernah bahas yang disukanya.. xixixi

      Delete
  24. Nah, sama nih dengan yang kurasakan ketika nyobain kopi gula arennya Janji Jiwa, emang lebih dominan rasa susunya. Sebagai orang yang ga begitu suka susu, pas banget kalau pilih Kopi Kenangan. Pas dengan pahitnya kalau menurutku, ga terlalu nyusu rasanya.

    ReplyDelete
  25. Kebetulan aku belum pernah ke Kopi Kenangan juga..atau Janji Jiwa..apalagi Kulo..hehe.. Karena memang disini gak ada.. Lihat menunya Kopi Kenangan ngikik juga nih...

    ReplyDelete
  26. Sepakat dg kopi kenangan lebih "ngopi"
    Kalau cobain Lain Hati, itu nomor 2

    Jadi kalau dr saya;
    Kopi kenangan
    Lain hati
    Janji jiwa

    Kulo malah belum pernah :D

    ReplyDelete
  27. Kalo pilihanku, yg pertama ttp Kulo :D. Tapi sbnrnya tiap pesen KULO aku slalu pilih yang kopi susu baileys mba. Jadi ada aroma baileysnya. Makanya aku LBH suka. Ga tau deh apa kopi kenangan punya varian baileys.

    Tapi yg janji jiwa aku setuju, ga berasa kopi :p. Makanya aku ga suka juga. Setelah Kulo, baru deh aku milih kopi kenangan.

    ReplyDelete
  28. Favorit ku kopi susu gula aren Roti O hahaha. Karena yang sering dibeliin suami kalau pulang naik kereta haaa

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^