Pengalaman Menggunakan Aplikasi TIKI Mobile

Sudah tahu belum kalau TIKI sudah ada aplikasi untuk layanan aplikasi mobile? Belum tahu ya? saya juga kok.. xixixi... saya termasuk yang baru tahu tentang aplikasi TIKI mobile. Maka dari itu saya mau bercerita tentang Pengalaman Menggunakan Aplikasi TIKI mobile ini. Yuk, lanjut!

Aplikasi TIKI mobile

Bismillahiraahmanirrahiim, Pengalaman Menggunakan Aplikasi TIKI Mobile

Jika bicara tentang jasa ekspedisi, TIKI ini yang paling nyangkut di otak saya. Kenapa? karena waktu masa-masa saya masih aktif berdagang online, TIKI menjadi satu-satunya jasa kurir yang saya pakai. Saya menggunakan jasa kurir TIKI, alasannya sederhana, yaitu gerai TIKI yang paling dekat dengan rumah saya atau rumah papa... xixixixi...

Aplikasi TIKI mobile
Gerai TIKI dekat rumah papa

Tapi nggak cuma itu aja kok, saya juga suka pelayanan TIKI. Mbak atau Mas yang menjaga di gerai TIKI dekat rumah itu, ramah-ramah dan melayani banget. Prediksi yang dikatakan oleh mereka pun tepat waktu, malah terkadang lebih cepat. Selama saya menggunakan TIKI sih nggak pernah telat ya. Bahkan saat lebaran, paket yang saya kirim via TIKI sesuai prediksi yang disampaikan oleh petugasnya.

aplikasi TIKI mobile
Jualan saya dulu tahun 2011 mengirim paket harus ke gerai TIKI

Cuma ada satu kekurangan TIKI yang saya sesalkan saat itu. Paketnya nggak bisa dijemput ke rumah. Kalau dijemput ke rumah harus ada minimum paket yang dikirim. Hmm.. secara saya saat berdagang online itu bukan menjadi pekerjaan tetap, hanya sekedar hobi. Jadi paket yang terkirim paling banyak 5 paket sehari. Sementara kata si Mbak yang bertugas, minimal 10 paket.. huuhu... Pernah sih berandai-andai.. andaaai TIKI bisa jemput ke rumah tanpa minumum paket yaaa... ^_^


Dan ternyata benar loh. Jangan suka berandai-andai, apalagi diucapkan, seperti saya waktu itu berucap di depan petugas TIKI. Ucapan andai itu akan jadi doa. Mungkin saat itu malaikat baik sedang jalan-jalan patroli siang, lalu meng-aamiin-i ucapan saya. 


Soalnya akhir-akhir ini saya pernah baca, sekarang TIKI sudah ada aplikasi TIKI mobile yang bisa jemput ke rumah dan tidak ada batasan minimun. Satu paket pun mereka melayani. Masya Allah, terbukti juga andai-andai saya ya. Walau butuh waktu 10 tahun untuk tercapai... hahaha...


Lalu apa itu aplikasi TIKI Mobile? 

Hmm... mari kita kupas bersama-sama. ^_^


Sejarah Jasa Ekspedisi TIKI

Sebelum kita masuk ke sesi penjelasan aplikasi TIKI mobile, kita kupas dulu sejarah adanya TIKI yaa. Jujur, jasa ekspedisi yang saya ketahui pertama kali itu ya TIKI. Dan pas saya baca di website resmi TIKI (www.tiki.id) ternyata TIKI itu sudah ada sejak tahun 1970. Ya Allah.. saya belum lahir, direncanain pun belum, TIKI sudah ada.


Dan sampai saat ini TIKI sudah ada 65 kantor besar, 500 kantor perwakilan dan 3700 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Wuuiiih banyak yaa... pantas saja TIKI bisa kita temui dimana saja.


Tentunya, dalam perjalanan selama setengah abad, TIKI banyak meraih penghargaan atas jasa yang mereka berikan. Salah satunya adalah The Best Freight Forwarding Company in Service and Customer Satisfaction of the Year 2018. 


Produk Jasa Ekspedisi TIKI

Jujur saya tuh kalau nggak ada aplikasi TIKI mobile mungkin saya nggak pernah tahu bahwa produk jasa ekspedisi TIKI tuh ada banyak... serius loh ini. Saya tahu jasa TIKI itu cuma 2, yaitu ONS dan REG. Dua produk yang sering saya gunakan. Ternyata produk jasa TIKI itu ada 7 loh. Ini dia nih produknya :


aplikasi tiki mobile


1. SDS (Same Day Service)

Produk SDS ini adalah produk untuk yang butuh pengiriman cepat, karena hari ini kita kasih ke TIKI maka hari ini juga paket itu sampai. Maksimal barang diterima, mulai dari barang diberikan, adalah 12 jam. Radius pengiriman untuk produk SDS ini adalah 60 km dari posisi gerai TIKI yang terdekat dengan kita.


Produk ini baru saja diluncurkan pada bulan Februari 2020 kemarin, bertepatan dengan tahun emas (50 tahun) berdirinya TIKI. Dan produk SDS ini baru tersedia di wilayah Jawa saja. 


Alasan TIKI memilih wilayah Jawa untuk peluncuran produk SDS ini karena menurut Bapak Rocky Nagoya, Sales & Commercial Director TIKI dari portal berita wartaekonomi.co.id, mengatakan bahwa berdasarkan total transaksi yang masuk ke TIKI, 70%  dominasi belanja online berada di wilayah Jawa dan ke depannya TIKI akan memperluas lagi jangkauan SDS ke wilayah lain. 


2. ONS (Over Night Service)

Nah, produk ini saya tahu sejak lama. Produk ONS ini adalah layanan jasa kirim yang hanya membutuhkan waktu 1 hari saja. Jika SDS 12 jam, ONS 24 jam barang yang dikirim tiba.

Produk ONS ini sering saya gunakan, apalagi untuk pengiriman paket menjelang lebaran. Sebab saya saat itu produksi jilbab dan baju. Jadi wajar kaan, kalau lebaran pesanan lumayan banyak dan mau buru-buru sampai ke customer.


3. TDS (Two Days Service)

Dari namanya saja kita tahu ya berapa lama jasa pengirman produk TIKI yang satu ini. Yes, lama pengiriman paket untuk layanan ini adalah 2 hari. 

Selama saya mengirim paket melalui TIKI, saya jarang ditawarkan produk ini. Mungkin petugas TIKI-nya melihat kemana dan seberapa lama waktu yang dibutuhkan ke alamat yang dituju. Sebab memang customer saya itu masih wilayah Jabodetabek, Bandung, Lampung dan Riau. 


4. REG (Regular)

Selain ONS produk TIKI inilah yang sering saya gunakan saat masih menjadi seller online. Pengiriman Regular ini yang sering ditawarkan ke saya. 

Sejauh yang saya tahu, Pengiriman REG atau regular adalah layanan standar ke seluruh Indonesia dengan waktu tidak lebih dari tujuh hari untuk sampai tujuan. Semakin dekat tujuan pengirimannya akan semakin cepat juga waktu yang dibutuhkan agar paket sampai tujuan. 


5. ECO (Economy)

Kalau jasa ECO ini sebenarnya sudah ada sejak lama. Hanya saja saya belum berani untuk menggunakannya. Memang untuk layanan ECO ini ditawarkan untuk pengiriman dengan biaya yang ramah dan sesuai kebutuhan customer. Namun saya tidak ada info berapa lama paket akan tiba. Jadi dari pada nebak-nebak saya lebih memilih jasa REG yang sudah pasti dan biasa saya pakai.


6.TRC (Trucking Service)

Untuk paket yang beratnya lebih dari 10kg, maka petugas TIKI akan menyarankan menggunakan jasa layanan ini. Iya, sebab pasti barangnya besar atau berat. Maka biasanya diangkut dengan menggunakan truck bersama paket lain.


7. INT (Internasional)

Rupanya TIKI bukan hanya melayani paket domestik looh. Mereka juga memberikan jasa layanan pengiriman keluar negeri. Iya, menggunakan paket INT ini. Durasi lamanya tergantung jarak negara yang dituju.


Aplikasi TIKI Mobile

Melihat usia berdirinya jasa ekspedisi TIKI, pastinya TIKI sudah khatam seluk beluk dalam pengiriman barang. Kebayang kan orang di usia setengah abad, banyak hal yang sudah ia lalui. Sudah tak diragukan lagi, TIKI bisa bertahan selama 51 tahun, karena TIKI berusaha memberikan inovasi baru yang menyesuaikan kebutuhan jaman.


Seperti saat masa pandemik ini. Dimana banyak orang takut untuk keluar rumah dan lebih memilih melakukan segala sesuatunya melalui online, maka TIKI pun meluncurkan produk baru di aplikasi TIKI Mobile. Produk yang memudahkan pelanggan jasa ekspedisi untuk bertransaksi.


Sebenarnya kemudahan transaksi online, sudah ada sebelum masa pandemik datang, yaitu bertransaksi melalui website. Namun transaksi melalui website kan terbatas hanya pada orang-orang yang memiliki laptop atau personal computer. Seiring berkembangnya teknologi, TIKI akhirnya merambah ke aplikasi Mobile.


Untuk mendapatkan aplikasi TIKI mobile pasti sudah pada tahu dooong. Yes, cukup ke google playstore untuk android lalu ketik saja TIKI. Nanti dia kan muncul. Pilih logo sesuai gambar dibawah ini yaa.. 


Aplikasi tiki mobile



Fitur Aplikasi TIKI Mobile

Nah, dengan merambahnya TIKI lewat aplikasi TIKI mobile inilah andai-andai saya terjawab... hahaha... Yes, fitur di aplikasi TIKI mobile ini yang mewujudkan babang TIKI datang kerumah ambil paket saya tanpa minimum jumlah paket. Jadi 1 paket pun tetap disambangi babang TIKI.

Aplikasi TIKI mobile


Di aplikasi TIKI mobile ini banyak yang bisa kita lakukan tanpa harus datang ke gerai, yaitu :

1. Cek Ongkos Kirim (Ongkir)

Waktu jaman saya masih jualan online, saya kudu datang ke gerai tiki membawa paket jualan saya dan bertanya berpa ongkirnya untuk mendapatkan bukti besar ongkir kepada pelanggan. Tapi semenjak ada aplikasi TIKI mobile saya cukup screen shoot besarannya untuk dikirim langsung ke si penerima paket.


2. Cek Lokasi

Nah, untuk fitur yang satu ini, saya sebagai pengguna jasa ekspedisi TIKI, tak perlu lagi mencari-cari gerai TIKI terdekat dengan rumah saya atau lokasi saya mau mengirim barang dengan TIKI. Jadi jika teman-teman kebetulan lagi ada acara diluar, tapi harus ada paket yang dikirim, lewat fitur ini kita bisa cek lokasi TIKI terdekat dengan lokasi handphone yang kita gunakan.


3. Kode POS

Terkadang kan ada ya pelanggan yang tidak memberikan kode pos pada alamat pengirimannya. Nah, di aplikasi TIKI mobile ini kita bisa cek kode pos pelanggan tanpa sibuk cari melalui Mbah Google. Mudah dan cepat.


4. Self Collect

Untuk fitur self collect ini adalah layanan dimana kita menjemput langsung di gerai TIKI-nya. Paket kita dikumpulkan ke gerai TIKi terdekat. Lalu kita ambil sendiri kesana. Cukup dengan memasukkan resi pengiriman TIKI. Sayangnya fitur ini terbatas hanya untuk pengiriman yang bertujuan Jakarta. 


5. Booking

Awalnya saya pikir booking ini untuk membooking TIKI untuk ambil paket saya yang mau dikirim. Ternyata fitur booking ini untuk produk SERLOK (Seller Online Booking).


Apa itu SERLOK?

Kalau dari informai yang saya baca di website TIKI, SERLOK ini untuk kemitraan antara TIKI dan seller online yang belum punya badan usaha dan tidak mempunyai toko di marketplace. 


TIKI memberikan kemudahan bagi para seller online tersebut dalam jasa ekspedisi jualannya. Kuantitas paket yang dikirim mulai dari 1 hingga 200 paket sehari. Selain itu seller online akan memberikan bonus harian sebesar 18% dan terintegrasi API (Application Programing Interface) dengan syarat dan ketentuan berlaku.


Jadi TIKI memang sangat membantu serta memberikan kemudahan untuk para UMKM dan UKM dalam menjalankan bisnisnya.


6. Sobat TIKI

Keren banget loh TIKI, setiap transaksi/pengiriman paket kita, yang menggunakan aplikasi TIKI mobile, akan mendapatkan 1 poin. Jika dikumpulkan poinnya dapat ditukarkan dengan bonus-bonus dari TIKI lainnya, seperti gambar dibawah ini :

Aplikasi TIKI mobile
Saya baru dapat 2 poin dari pengiriman via aplikasi TIKI mobile



7. JEMPOL

Fitur Jempol (Jemput Online) adalah fitur yang digunakan untuk pengantaran paket yang dijemput langsung di rumah, bisa dalam kota, luar kota ataupun luar negeri. Tergantung produk TIKI apa yang kita pilih.


8. PUTAR

Putar (Jemput Antar) adalah fitur yang digunakan untuk pengiriman dalam kota. Pengiriman lebih cepat dari SDS. Hanya membutuhkan waktu 3 jam, paket sudah langsung sampai. Fitur Putar saat ini hanya bisa digunakan di 2 kota dahulu, yaitu Jakarta dan Bandung. Hmm... Depok tetangganya Jakarta kapan yaaa?


Pengalaman Menggunakan Aplikasi TIKI Mobile

Tak kenal maka tak sayang, pepatah ini selalu saya gunakan jika saya melihat fitur baru yang bisa saya manfaatkan di kehidupan saya sehari-hari. Begitu juga dengan aplikasi TIKI Mobile. Maka saya pun mau mencoba menggunakan aplikasi TIKI mobile. Terutama untuk fitur JEMPOL dan PUTAR, produk baru TIKI yang memang khusus diluncurkan unrtuk mempermudah seller online selama masa pandemik ini.


Pengalaman Menggunakan Fitur JEMPOL TIKI

Sudah lama saya tidak menjadi seller online lagi, semenjak hamil anak ketiga. Tapi saya memang senang berbelanja dan kirim-kirim barang ke teman, saudara dan yang paling sering orangtua secara online sejak pandemik ini. Iya, soalnya kan saya nggak bisa ketemu mereka dengan bebas. Maka untuk menjaga silaturahmi hal tersebutlah yang sering saya lakukan.


Nah, beberapa hari yang lalu, saya chating sama Miss Nita. Dia kan sudah tinggal di Padang sekarang. Ada keinginan untuk menjajal aplikasi TIKI mobile ini dengan mengirim sesuatu ke dia. Pas banget dia lagi ngomong kangen sama seblak, karena di Padang nggak ada. Hmm... seblak kan makanan basah gimana ngirimnya?


Akhirnya cari tahu deh, ternyata ada seblak instan yang kering. Wah pas banget deh, maka saya pun mengirimkan seblak ke Miss Nita. Fitur aplikasi TIKI mobile yang cocok untuk pengiriman ke Padang adalah menggunakan fitur JEMPOL.


Mulailah saya melakukan tahapan seperti ini :

  1. Klik icon JEMPOL
  2. Ketik alamat atau lokasi si pengirim (posisi paket diambil)
  3. Ketik jenis pelayanan ekspedisi yang dikehendaki, lalu klik submit. Berhubung ke tempat Miss Nita hanya bisa menggunakan layanan REG (regular) dan ECO (Economy), maka saya memilih yang REG. Saya mau tahu berapa lama paket tiba di tempat Miss Nita dengan menggunakan layanan REG.
  4. Tunggu konfirmasi melalui telepon dari TIKI
  5. Petugas TIKI datang 1 jam setelah pesan dari aplikasi TIKI mobile, untuk mengambil paket yang akan dikirimkan. Kalau ada 2 paket langsung sekaligus kedua paket itu diberikan.
  6. Tunggu konfirmasi struk resi  dan nomor rekening dari TIKI melalui pesan whatsapp
  7. Bayar ongkos kirim via transfer ke nomor rekening yang diberikan TIKI
  8. Paket pun dikirim


Untuk lebih jelasnya, silakan lihat tutorial video yang saya buat ini :



Alhamdulillah paket seblak yang dikirim ke Padang, dengan menggunakan layanan REG, diterima Miss Nita selama 3 hari. Termasuk cepat juga yaa..

Aplikasi TIKI mobile
Paket seblak kiriman via aplikasi TIKI mobile ke Nitalanaf di Padang (photo by Nitalanaf)


Pengalaman Menggunakan Fitur PUTAR TIKI

Nah, layanan kedua saya mau menjajal fitur PUTAR, karena JEMPOL dan PUTAR adalah layanan online terbaru yang diluncurkan oleh TIKI.


Saya langsung cari mangsa.... hahaha.. mangsaaaaa... Nggak, saya langsung kepikiran mau kirim-kirim ke Nurul Sufitri. Saya berpikir kan Depok sama Jagakarsa (yang masuk ke dalam kota Jakarta Selatan) itu berdekatan. Tetangga lah yaa.. maka saya mau menggunakan jasa PUTAR. 


Ternyata oh ternyata PUTAR tidak bisa dari Depok, walau tujuannya Jakarta. PUTAR hanya bisa digunakan pada lokasi pengiriman benar-benar antar Jakarta ke Jakarta. Nggak bisa geser dikit ke Depok atau Bekasi atau Tanggerang atau Bogor... murni Jakarta. Ya sudah akhirnya, saya pun ganti mangsa lain... hahahaha...


Memang seperti di ridhai Allah saya mencoba aplikasi TIKI mobile ini, pas banget ayah haji (adik papa), yang tinggal di Kebun Baru - Tebet, sedang perlu madu. Nah, kebetulan rumah mama mertua sebelahan dengan toko herbal. Rumah mama mertua di daerah Mampang Buncit. Saya pun langsung mengirim pesan whatsapp ke adik ipar saya. Saya minta tolong ia belikan madu untuk nantinya dikirim ke rumah ayah haji.


Sebelum memesan PUTAR saya sudah wanti-wanti ke adik ipar untuk siapkan ongkos kirim. Khawatirnya babang TIKI-nya minta cash. Maka mulai lah saya melakukan tahapan berikut ini :


  1. Klik icon PUTAR
  2. Ketik alamat atau lokasi si pengirim (posisi paket diambil)
  3. Ketik data lengkap si pengirim
  4. Ketik alamat atau lokasi si penerima
  5. Ketik data lengkap si penerima
  6. Isi data jenis pelayanan ekspedisi yang dikehendaki, lalu klik submit. 
  7. Tunggu konfirmasi melalui telepon dari TIKI
  8. Petugas TIKI datang 30 menit setelah pesan dari aplikasi TIKI mobile, untuk mengambil paket yang akan dikirimkan. PUTAR hanya menerima 1 paket pengiriman. Jika ada 2 paket maka pesan 2 kali.
  9. Bayar cash ongkos kirim (benar kaaan minta cash. Untung sudah diwanti-wanti). Pembayaran cash bisa dibayar oleh si pengirim atau si penerima. Istilahnya COD - Cash On Delivery.
  10. Tunggu konfirmasi struk resi dari TIKI melalui pesan whatsapp
  11. Paket pun dikirim


Jika masih bingung, saya buatkan video tutorial menggunakan fitur PUTAR



Alhamdulillah madu yang dikemas dalam toples kaca sampai dengan selamat dan baik ke ayah haji.

Aplikasi TIKI mobile
Madu untuk Ayah Haji kirim via aplikasi TIKI mobile (photo by Fatiyah anak Ayah Haji)


Pengalaman Menggunakan Fitur JEMPOL TIKI untuk Jasa SDS

Loh, trus Nurul bagaimana?

Berhubung saya sudah niat mau mengirimkan sesuatu ke dia, maka saat penolakan pertama kali pesan PUTAR untuk Nurul, saya tanya ke petugas TIKI yang menelepon saya. Sebaiknya menggunakan jasa apa? Petugas itu menjawab, bahwa kiriman dari Depok ke Jagakarsa bisa menggunakan jasa SDS di fitur JEMPOL. "Tapi pagi-pagi ya, Bu! Sebelum jam 9 pagi. Kalau bisa dari jam 7 pagi"


Baiklaaah.. akhirnya, keesokan harinya, jam 7 pagi sesuai dengan saran dari petugas TIKI, saya mulai membuka aplikasi TIKI mobile dan memesan JEMPOL. Tapiii... ketika saya klik JEMPOL saya dapat pesan mesra dari aplikasi TIKI mobile, "Pick up not available on this time"

Aplikasi TIKI mobile


Hmm.. jam berapa ya fitur JEMPOL dibuka?

Setiap 15 menit saya coba terus klik JEMPOL.. hahaha... saking nggak tahunya saya kapan fitur ini buka. Dan akhirnya tepat jam 8.00 fitur JEMPOL bisa dibuka.. yeeeey...


Jadi perlu diingat yaa, jasa SDS dengan menggunakan aplikasi TIKI mobile fitur JEMPOL, teman-teman harus memesannya di jam 8.00 - 9.00 pagi. Nggak boleh lewat walau hanya semenit, karena system aplikasinya akan mengunci otomatis. Tidak bisa diakalin oleh petugas TIKI-nya.


Alhamdulillah akhirnya bisa juga saya pesan layanan SDS dengan fitur JEMPOL. Tahapannya sama yaa seperti tahapan pemesanan JEMPOL ke Miss Nita.

Tapiiiii... ada tapinya nih. Begitu Babang TIKI yang jemput paket datang, saya dengan santainya memberikan asinan Betawi yang dimasukkan kedalam kantong biasa, seperti saya mengirim makanan via ojol. Lalu terjadilah percakapan ini :


Babang TIKI (BT) : Bu, Maaf kalau bisa kemasannya diganti menggunakan karton atau kardus kecil. Soalnya sistem kami tidak seperti ojol. Sistem kami pengiriman paketnya sama seperti pengiriman paket keluar kota. Hanya saja bedanya sampai di hari yang sama. 

Saya : Heh? macam paket biasa? Lama nggak, Mas sampainya?

BT : Yaa sesuai aturan maksimal 12 jam, jadi kira-kira jam 8 malam (saat itu Babang TIKI datang jam 8.45) 

Saya : (dalam hati) waduuuh basi nggak ya? 12 jam diungkep di kardus?

Kebayang kaaaan... asinan loh. Takut banget basi. Kalau tahu diperlakukan sama dengan paket biasa, saya tidak akan memilih makanan basah untuk dikirim ke Nurul. Tapi saya tetap saja nurut. Saya bungkus dengan kardus, asinan tersebut. 


Untung ada kardus di rumah. Jadilah Babang TIKI menunggu saya packaging dulu. Setelah selesai saya packing, tanpa dilakban (karena saya nggak punya lakban) paket dibawa oleh Babang TIKI. Mereka bilang nggak apa-apa paketnya nggak dilakban nanti di gerai TIKI dirapihkan.


Iya juga ya, saya jadi ingat, saya pernah baca di webiste resmi TIKI, TIKI bisa memberikan pelayanan packaging. Nah, enak kaaaan.. paling ntar tinggal masuk resinya kali ya?


Alhamdulillah jam 16.30 Nurul whatsapp saya bahwa paket asinan sudah sampai, tanpa basi. Semua masih segar dan enak.Yang menerima paketnya Abang Fahri, anak Nurul. 

Aplikasi TIKI mobile
Paket asinan Betawi sampai tanpa Basi dengan menggunakan aplikasi TIKI mobile (photo by Nurul Sufitri)


Hal yang Perlu diperhatikan dalam  Mengirim Paket dengan Aplikasi TIKI Mobile

Berdasarkan pengalaman saya diatas, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat memesan fitur JEMPOL dan PUTAR dalam aplikasi TIKI mobile, yaitu :

  • Selesai download aplikasi TIKI mobile, daftar atau buka akun sebelum melakukan pemesanan JEMPOL atau PUTAR. Cara daftarnya ada di pojok kanan bawah bertuliskan akun. Jika sudah punya akun, kita bisa menggunakan fitur JEMPOL dan PUTAR.
  • Setiap paket yang dikirim, harus dibungkus rapih layaknya kiriman paket keluar kota. Kecuali fitur PUTAR, karena langsung diantar.
  • Jika kita tidak sempat untuk packaging paket kita, kita tinggal bilang ke babang TIKI-nya untuk meminta jasa packing paket kita. Seperti yang saya tulis diatas.
  • Jangan mengirim makanan cepat basi untuk layanan JEMPOL produk jasa SDS (Same Day Service).
  • Ingat waktu pemesanan pengiriman JEMPOL yang menggunakan jasa SDS hanya bisa di jam 8.00 - 9.00 pagi. Lewat atau kurang dari jam tersebut tidak bisa, walau semenit.
  • Tetap menulis alamat lengkap si penerima pada bungkus paket. Untuk memudahkan Petuga TIKI di gerai TIKI dalam membuat resi atau membantu Babang TIKI-nya mencari jalan, tanpa harus buka aplikasi.
  • Cek Ongkir terlebih dahulu sebelum melakukan pemesanan JEMPOL atau PUTAR, untuk mempersiapkan uang cash pada pemesanan PUTAR, atau pembayaran transfer.


Cara Tracking Paket TIKI

Untuk mencek paket kita sampai dimana, kita bisa melakukan hal berikut ini :

  • Klik fitur Riwayatposisinya ada di baris paling bawah, seperti gambar berikut :

Aplikasi TIKI mobile


  • Klik Shipment untuk jasa layanan JEMPOL. Maka akan keluar data resi paket yang kita kirim, seperti gambar berikut :

Aplikasi TIKI mobile

  • Untuk pemesanan PUTAR klik Booking setelah klik Riwayat, seperti gambar berikut :
aplikasi TIKI mobile


Disana kita tahu sampai dimana paket kita. Seperti waktu saya cek paket punya Nurul. Saya penasaran kenapa kok sampainya bisa lama. Ternyata dari TIKI Pesona Depok Juanda, paket asinan saya dibawa dulu ke Pluit baru kembali ke TIKI TB Simatupang. Pantes lamaaaa... die jalan-jalan dulu.

Aplikasi TIKI mobile
riwayat pengiriman paket Nurul di aplikasi TIKI mobile


Jam Operasional Ekspedisi TIKI

Setiap ekspedisi pasti punya jam operasional. Begitupun  dengan TIKI. Nah, ini jam operasional ekspedisi TIKI :


  • Senin : 8:00 AM - 4:00 PM
  • Selasa : 8:00 AM - 4:00 PM
  • Rabu : 8:00 AM - 4:00 PM
  • Kamis : 8:00 AM - 4:00 PM
  • Jumat : 8:00 AM - 4:00 PM
  • Sabtu : 8:00 AM - 12:00 PM
  • Minggu : Tutup


Nah, itu deh cerita saya tentang pengalaman berkirim-kirim paket kepada orang-orang terdekat saya. Senang rasanya bisa berbagi sama mereka. Walaupun kondisi sedang pandemik dan juga jauh, kami tetap saling menjaga silaturahmi melalui kirim paket lewat aplikasi TIKI mobile.


Tidak perlu merasa takut terkena wabah covid, karena saya nggak perlu keluar rumah dan babang TIKI-nya pun tetap menjaga protokol kesehatan. Malah yang saya baca di website resmi TIKI, sebelum mereka menjalani tugas mereka sudah dicek semua kondisi kesehatan mereka sesuai aturan protokol kesehatan.


Jika ada kendala atau hal-hal yang kita tidak mengerti, kita bisa hubungi kontak TIKI yang juga tersedia di aplikasi TIKI mobile. Teman-teman bisa melihatnya di fitur kontak yang letaknya disebelah fitur riwayat. Disana lengkap semua kontak TIKI.

Aplikasi TIKI mobile

Jadi, kita benar-benar merasa aman dan nyaman berkirim paket atau berbelanja online dengan menggunakan aplikasi TIKI mobile. Asli, saya jadi mau jualan online lagi nih melihat kemudahan menjadi seller online dengan menggunakan aplikasi TIKI mobile. Buat teman-teman yang belum mencoba aplikasi TIKI mobile, selamat mencoba! ^_^


Sumber Referensi :
www.wartakotaonline.com
www.tiki.id
www.emak2blogger.com


Wassalam






38 comments

  1. Aihh tengkyu, Ummi, my luv. Udah ngirimin jajanan yang bikin diriku kangen banget, walau jauh dan ongkirnya juga maknyuss ya, haha... Moga Ummi banyak duit selalu. Dan tentunya makasih juga abang Tiki yang udah nganterin ke rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. ya Allah... besok-besok kirim orangnya ajalah yang ke Padang yaa.. hahaha

      Delete
  2. mau kirim-kirim makanan sekarang gak khawator lagi ya..Karena layanan TIKI memfasilitasi banget nih...bisa pilih yang sameday, two days..atau reg pun pengirimannya juga aman..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mba.. tapi tetep jangan pilih yang mudah basi yaa..

      Delete
  3. AKu dooong, dikirimin asinan sayur 2 bungkus sama mbak Ade hihihihi :) Kalau rezeki ga akan ke mana kan? :) Ternyata oke banget deh pengiriman paket makanan pakai TIKI Mobile bisa pilih layanannya apa. Misalnya JEMPOL, kita tinggal duduk manis, babang TIKI dateng deh. Yang penting jangan sampai ketiduran atau teleponan ya mbak hahah. Soalnya terlewat terus, kudu jam 8 pagi teng klik2 di aplikasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. buahahahaha... emang tuh yang nelepon kagak tau apa ya orang lagi nungguin jam buka.. hahaha

      Delete
    2. Kok Arin ngga dikirimi juga, Mak? Kangen asinan nih, hihi.. Di sini asinannya ya gitu deh. Wkwkwk...

      Saya sekarang pakai TIKI Jempol terus kalo kirim paket. Maklum ya, anak-anak sekolah daring, kudu ditemenin terus. Jadi mau keluar-keluar tu eman-eman waktunya. Alhamdulillah kebantu banget sama TIKI JEMPOL, paketnya tinggal dipacking doang, trus tunggu sejam dua jam, Pak Kurirnya datang. Alhamdulillah.

      Delete
    3. Jauuuh... Itu aja deg-degan kirim asinan ke Nurul.. Hahaha. Takut basi.

      Memang enak ya skrg ada layanan Jempol sama Putar. Jadi ga perlu keluar rumah.

      Delete
  4. Seneng banget TIKI adaptif dan makin meningkatkan layanan dengan aplikasi mobilenya. Si masa pandemi ini sangat tertolong dengan fasilitas SERLOK dan JEMPOL. Kalau mau cepet dan murah PUTAR jadi andalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, Mba. Inovatif banget ya. Jasanya mengikuti kebutuhan pelanggan saat itu.

      Delete
  5. Wooow kayaknya aku baru baca artikel calon pemenang lomba TIKI nih. Suka banget ama penjelasan step by stepnya yang sangat detail. Jadi kita yang mau pakai layanan TIKI bisa antisipasi kalau ada apa2 gitu. Kereeeeen banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah.. aamiin... sapa tau omongan Mba Wiwid jadi doa yaa.. seperti andai-andai saya ke TIKI.. hahaha

      Delete
  6. Akhirnya, hari ini aku install App TIKI. Berkat baca ulasan teman-teman blogger nih, jadi ga ketinggalan info terbaru. Kayaknya produk JEMPOL dan PUTAR bakal jadi favorit karena paling sering kirim dan terima barang dalam kota. Belum coba sih, jadi belum tahu bisanya dari mana ke mana aja. Kalau sesama dalam kota kayak Jakarta ke Jakarta, apa bisa juga dari dalam Tangsel dengan Tangsel juga? Harusnya Jakarta ke kota-kota pinggir Jakarta sepeti Tangsel Tangerang dan Bogor bisalah ya. Sayang juga kalau belum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan saya tulis diatas, Mba. layanan PUTAR hanya untuk 2 kota saja Bandung dan Jakarta. Jadi kota lain nggak bisa. Sebab radiusnya sudah melewati 60km. Walau tetanggaan aja Jagakarsa dan Depok, jatuhnya udah keluar kota karena beda provinsi. jadi ya cuma seputar Jakarta aja. Kalau Bandung, saya nggak tau deh.. apa Kota Bandungnya saja atau ke seluruh Bandung.

      Delete
  7. Cepat sekali ya umi ade paket ke Padangnya, jadi sama dengan perkiraan sampai ke daerah jawa timur. wah jadi pengen pesen seblak atau asinan betawinya deh Seger banget bisa makan asinan betawi siang-siang.

    ReplyDelete
  8. Senang nih ada fitur jempol dan putar untuk memudahkan kita mengirim paket jadi bisa dijemput ke rumah semoga bisa di kota lain juga nggak hanya Jakarta dan Bandung

    ReplyDelete
  9. Kalo baca sejarahnya, duluan Tiki lahir nih dari saya, hahaha. Di Bengkulu Tiki juga pionir untuk ekspedisi. Sekarang ada aplikasi tentu saja Lebih mobile dan bisa Support pelaku shopping online

    ReplyDelete
  10. Ibukku kudu aku kenalin sama aplikasi TIKI niih..biar semangat kirim paket ke aku.
    Hehehe...((masih mbok-mbok'en))

    Kadang nih yaa..kak Ade, aku pengen banget bumbu pecel bikinan Ibu.
    Atau kue kering bikinan mamah.
    Kalau dipikir-pikir, beli kan bisa yaa.. Tapi pengen yang dimasak Ibu atau mertua.
    Hehhee..

    Suka rempong kalau kudu pergi-pergi.
    Minta TIKI buat ambil paket dan VOILA...beres.

    ReplyDelete
  11. Penjemputan paket kayaknya tergantung kebijakan agen ya, kalau agen tiki langganan sy d pondok petir ambil paket satu mau mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooo dari tahun 2011 sudah bisa cuma diambil 1? Di saya ga bisa, Mba. Baru-baru ini aja bisa.

      Delete
  12. aku tahu aplikasi TIKI ini juga blum lama Mbak, dan selama ini aku kalau belanja online juga suka pakai TIKI, sering loh barangnya datang lebih awal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Kadang dateng lebih awal. Tapi srlama saya pakai tiki sih ga pernah meleset dr prediksi petugas tiki

      Delete
  13. Sungguh perjuangan share kebaikan mba Ade ternyata aku jadi tahu tentang layanan TIKI yang fleksibel nih. Tapi layanan Putar dan Jempol ini sebatas di Jakarta dan Bandung ya, semoga segera merata ke Semarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya Putar aja, Mba yang JKT dan Bandung. Kalau Jempol bisa di seluruh Indonesia.

      Delete
  14. Dengan adanya aplikasi TIKI ini, mengirim barang menggunakan TIKI bikin makin mudah dan aman ya kak.
    Keren sekali dengan inovasi fitur JEMPOL PUTADt Ini

    ReplyDelete
  15. Wah kok aku gak dikirimin paket asinan Betawi jg? hehe
    Aku kalau inget Tiki inget pas sblm pindah Jkt aku paketin kompor hadiah nikahan. aktu itu ongkirnya 80 rb hehe pdhl mayan berat itu kompornya :D
    Gerai Tiki banyak dmn2 dan skrng makin gampang dgn appsnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Ngiri aje..
      Memang gerai tiki ada dimana-mana. Jadi memudahkan kita untuk kirim-kirim paket.

      Delete
  16. Tetap bisa fokus urusan rumah tangga biar soal jemput barang tiki aja lewat aplikasi tiki

    ReplyDelete
  17. maakkkk asinan itu bisa dikirim luar kotakah? aduh aku itu kepengen banget asinan dah lama ga makan asinan huhuhu. di sini belum bisa pakai fitur barunya tapi berharap segera. dan skrg seru juga bisa kirim barang begini ya cek pengiriman di aplikasi mudah

    ReplyDelete
  18. Wah, keren banget..Bener-bener dimudahkan ya mbak pakai TIKI. Apa yang kita mau,apa yang customer mau semua ada di TIKI lho. Terus untuk fitur JEMPOLnya juga menarik, jemput online jadi kita nggak perlu keluar rumah ya

    ReplyDelete
  19. Wah, keren nih TIKI, punya aplikasi mobile, ya. Jadi gampang nih kalo mau kirim-kirim. Nyoba install ah, kepengen tahu kayak gimana sekarang. Dulu aku selalu pake TIKI, karena emang gak ada kurir lain yang deket. Sekarang malah jauh. Padahal udah pada kenal sama mamangnya. :D

    ReplyDelete
  20. Saya juga baru tau aplikasi TIKI pas baca post ini.

    Kalau TIKI (Titipan Kilat) tau udah lama kalau ngga salah ingat JNE itu dulu satu induk sama TIKI.

    ReplyDelete
  21. TIKI keren banget sekarang ya mbak. udah ada layanan jemput ke rumah, ada aplikasi mobile, dll. Aku udah lama ga pakai TIKI nih ,dan skrg patut dilirik kembali

    ReplyDelete
  22. Tiki ini luar biasa ya, pas saya masih SMP dulu itu saya juga sering kirim paket lewat Tiki karena dekat dengan tempat saya sekolah. Nah, sejak menikah dan pindah ke desa saya udah gak pernah lagi nih pakai Tiki. Eh sekarang sudah canggih pakai aplikasi dan layanannya lebih siip juga.

    ReplyDelete
  23. Keunggulan tiki semakin luar biasa, dia termasuk jasa ekspedisi yang legend mba tiki ini
    pembeli souvenirku juga sering minta tiki

    ReplyDelete
  24. Hihihi ini TIKI Mak, bukan ojol. Untung abang kurirnya sabar ya, mau nungguin cari kardus dan mengemas paketnya dulu. Bahkan masih bakal ngerapihin lagi paketnya sebelum di kirim karena belum di lakban. Bener-bener top pelayanannya. Kalau kayak gini, pasti bakal setia lah pakai jasanya

    ReplyDelete
  25. Aplikasinya makin keren yah,makin memudahkan jadinya .

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^