Sayur Besan Khas Betawi dari Warung Betawi Emperan

Membaca namanya saja mungkin hanya orang Betawi yang tau ini sayur apa. Yes, Sayur Besan khas Betawi ini menjadi sayur yang langka ditemui di daerahnya sendiri a.k.a di Jakarta. Alhamdulillah beruntung sekali di daerah tempat tinggal saya masih bisa ditemui. Itu sebabnya saya mau mengabadikannya di blog saya ini. Yuk, cari tau Sayur Besan khas Betawi ini.

Sayur besan khas betawi


Bismillahirrahmanirrahiim, Sayur Besan Khas Betawi

Semenjak pandemik, saya memang suka sekali jajan makanan lewat ojol. Apalagi kalau malas masaknya sedang keluar. Saya pasti cari menu-menu untuk makan seharian lewat ojol. Biasanya saya suka membeli di warung-warung makanan yang menjual lauk lengkap. Nah, pas saya sedang searching nggak sengaja saya menemukan Sayur Besan Khas Betawi ini di ojol.

Saya menemukan Sayur Besan Khas Betawi ini di lapak Warung Emperan Betawi yang terletak di jl. Pramuka Depok. Memang saya pas lagi mau cari lauk khas Betawi. Eh, pas saya lihat ada menu sayur besan, nggak pakai mikir langsung saya pesan. Apalagi menu itu pas lagi promo.

Harga promo Sayur Besan Khas Betawi ini murah banget. Hanya Rp 16.000 tapi dapat banyak. Semangkok besar. Lumayan bisa untuk makan 2 - 3 orang. Jika makannya dicampur dengan nasi putih hangat, sambal uleg dan ayam goreng lengkuas.. hmmm... menggoda.


sayur-besan-khas-betawi
menu sayur besan khas betawi di warung betawi emperan (harganya sudah kembali normal)

Maka pesanlah saya Sayur Besan Khas Betawi ini. Walaupun saya sering dengar dari cang cing saya, tapi saya baru melihat wujud dan merasakannya ketika beli di ojol ini. Nah, biar teman-teman juga tau bagaimana rupa dan rasanya, mari kita bahas yaa...

Filosofi Sayur Besan Khas Betawi

Kata "Besan" untuk orang Betawi identik dengan pernikahan. Besan artinya keluarga pasangan kita. Jadi kalau dicontohkan ke saya itu kelaurga besan ya, keluarganya Pak Suami. Dan besan saya berasal dari Sumatera Barat. 


Kenapa disebut sayur besan, karena memang sayur ini hanya ada diacara-acara pernikahan keluarga Betawi. Biasanya disajikan saat acara atau bisa juga sebagai sayur hantaran balasan untuk keluarga besan.


Iya, dalam adat Betawi, keluarga perempuan selalu memberikan hantaran lauk untuk membalas keluarga besan yang datang membawa hantaran nikah. Jika kita dari keluarga laki-laki, sayur besan dibawa sebagai hantaran nikah.


Namun, akhir-akhir ini saya jarang menemukan sayur besan sebagai lauk hantaran, lebih kepada menu yang disajikan saat pesta. Mungkin karena berupa kuah sayur kali ya, jadi agak ribet buat dibungkus-bungkus jadi hantaran. Khawatir tumpah dan khawatir juga akan mudah basi. 


Jadi lauk hantaran lebih kepada yang minim kuah, macam semur jengkol, ayam goreng lengkuas, ikan pesmol, dan kue-kue camilan khas Betawi. Seperti kue bugis, kue pepe, kue geplak, dll.


Isi Sayur Besan Khas Betawi

Bicara soal makanan, tentunya kita bahas bahan-bahan atau isi dari makanan tersebut ya. Nah, Sayur Besan Khas Betawi ini juga unik.

Sayur Besan Khas Betawi ini adalah sayur dengan kuah santan, dengan warna agak kemerehan. Isinya ada bihun, jagung putren, wortel, labu, kol, kacang panjang, kentang, pete dan yang unik dari isi sayur besan itu adalah terubuk. Terubuk inilah yang menjadikan sayur besan itu langka, karena memang bahan yang satu ini susah untuk dicari.

Terubuk ini adalah bunga dari tanaman. Di daerah Jawa, terubuk dikenal dengan nama telur (tiwu endhog) atau bunga tebu. Namun ada juga yang menyebutnya dengan nama sayur lilin, karena bentuknya yang menyerupai lilin.


sayur besan khas betawi
photo by Detik Food

Saat memakan sayur besan betawi dari Warung Betawi Emperan, saya pikir terubuk itu pepaya muda. Sebab bentuk dan rasanya yang lembut. Tapi setelah saya coba searching cara membuat sayur besan, barulah saya tahu kalau itu terubuk.

Dan saya pun baru tahu sayuran bernama terubuk ini yaaa saat saya baru mau mulai menulis postingan ini... xixixi... maklum orang Betawi jaman now, kagak ngerti dah sayur-sayur langka. Mungkin kalau almarhumah emak haji masih hidup saya bisa banyak belajar dari beliau.

Rasa Sayur Besan Khas Betawi

Seperti yang saya bilang diatas, walau saya sering dengar, saya baru merasakan Sayur Besan Khas Betawi ini saat memesan ojol di Warung Emperan Betawi.

Setelah saya cicipi, rasa sayur besan khas Betawi ini seperti perpaduan antara sayur godok dan sayur lodeh yang keduanya khas Betawi. Dibilang sayur lodeh, dia menggunakan ebi, terasi dan cabe merah. Kalau sayur lodeh kan nggak. Tapi dibilang sayur godok, ada wortel dan kol dalam isiannya. Jadi yaa memang perpaduan 2 sayur itu deh.


Jujur setalah saya coba sayur besan khas Betawi dari Warung Betawi Emperan, saya jadi mau coba buat sendiri. Saya belum masukkan resepnya disini, karena saya belum dapat terubuknya. Sebenarnya kalau jaman now, mencari terubuk tidak susah, karena sudah banyak marketplace yang segalanya ada dijual.

Jadi cerita sayur besan khas Betawinya cukup sampai disini. One day, saya akan tulis resep lengkapnya. Nantikan yaa! Biar teman-teman juga bisa merasakan sayur langkanya orang Betawi ini. ^_^


Wassalam








35 comments

  1. Kalau saya di Jawa Timur, besan itu orangtua menantu kita. Jadi Bapak Ibu saya itu berbesan dengan Mertua saya.
    Jadi kalau nanti anak saya menikah, orang tua menantu saya adalah besan saya.
    Sayur besan pernah makan disuguhi teman yang asli Betawi , senangnya kalau sudah ada dijual via ojol, praktis kalau pengin beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba memang seperti itu. Tapi pada akhirnya, semua keluarga pasangan disebut besan.. Xixixi.. Ga mau ribet.

      Delete
  2. Eleuh baru tahu juga nih terubuk ummi hahaha...pantesan ya langka keknya emang kudu beli di marketplace terubuknya yah..jujur kalau aku belum pernah ngerasain masakan asli maka aku belum berani coba masak2 gitu ummi takut salah tafsir namanya masakan sendiri pasti dialem sendiri dah :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya seperti lontong sayur. Kalau orang Betawi sebutnya sayur godog, tapi isinya rame. Kalau sayur godog kan cuma kacang panjang dan labu atau pepaya.

      Delete
  3. Waaahhh aku baru denger tentang sayur besan ini. Jadi penasaran pengen nyobain.

    ReplyDelete
  4. Terlihat menggiurkan ya mak, kebayang lodeh tapi soto betawi juuga karena sama-sama bersantan dan ada bihunnya, ples ini ada sayurnya duh jadi kepingin nyicip.

    ReplyDelete
  5. Baru tahu ada resep masakan ini lho mam, maklum, bukan orang Betawi soalnya, hehehe... Aku lihat mi-nya nampak menggoda, pengen coba bikin ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang org betawi aja banyak yang ga tau kok.. Xixixi

      Delete

  6. Masya Allah Sayur Besan, makanan favorit keluarga kami nih, Mbak. Dulu almh Mama suka masak Sayur Besan, waaah itu bisa nambah-nambah terus pokoknya. Telur tebu ter-the best lah, aku suka banget banget. Baru tahu juga sih kalau itu namanya terubuk hahaha. Di tempat tinggalku sudah susah cari warung makan yang menjual Sayur Besan, sekalinya ada pun nggak pakai terubuk ini, jadi kurang mantap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah nah nah.. Enak kaan? Saya aja jadi suka bikinnya hahaha

      Delete
  7. Aku yg Betawi asli baru pernah denger sekilas aja soal sayur besan ini. Belum pernah liat perwujudan aslinya
    Umumnya klo ada acara keluarga, malah sering masak sayur asam (hehehehe)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Emang dah jarang, say. Di kampung ade aja udah jarang nemuin. Emang lebih banyak ke sayur asem atau sop daging deh.

      Delete
  8. Saya kayaknya belum pernah coba sayur besan. Saya langsung membayangkan pas diantar pakai rantang susun yang jadul itu. Seru kalau dibiasain lagi kayak gini ya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Emang saya suka angkat masakan-masakan daerah yang langka, Mba.

      Delete
  9. Oohhh namanya Sayur Besan yaaa, aku pernah makan jugaa waktu ada syukuran pernikahan pakdeku yang dapetin orang betwai, ternyataa yaa perpaduan 2 sayur lodeh dan godok.
    Enaaak, apalagi menjadi kulineran ciri khas Betawi.

    ReplyDelete
  10. Awal baca judulnya, aku kirain sayur yang dikasih sama besan teryata itu nama masakan.. Lama tinggal di jakarta jujur aku baru tahu sama yang nama nya Sayur Besan dan ada juga yang namanya Terubuk, sekilas kalau lihat dari gambarnya agak mirip kaya sereh ya mbak..
    Aku ngebayanin kalau makan Sayur Besan pas hangat pasti enak banget

    ReplyDelete
  11. ooo di ojol bisa search pakai kata kunci "langka" ya.
    Unik ya namanya, sayur besan dan memang awalnya hanya ada di acara penrikahan saja buat hantaran.

    Terubuk ini sering lihat kalau pas ada tetangga yang bersihin kebun tebunya, tapi nggak tahu kalau ternyata enak juga saat diolah jadi sayur

    ReplyDelete
  12. Aku tuh penasaran sama syur ini mba, dulu pernah liat di liputan TV, pengen nyobain. Selama ini masakan khas Betawi yg sdh dicobain baru soto betawi sama semur doang. Pengen nyoba yg lain juga

    ReplyDelete
  13. Enak itu Mak, anakku suka kalo masak kuah santan bening. Orang Bengkulu menyebutnya Tebu Telur. Banyak dijual di pasar tradisional dan warung.

    ReplyDelete
  14. Isi sayur besan ini memang unik yaa, ada pete dan terubuk. Saya juga baru tahu terubuk bunga tebu. Dulu kakek saya menanam tebu di kebun. Dan setiap lebaran panen, karena cucunya suka makan tebu. Nah, karena saya cucu yang tinggal dengan nenek dan kakek, jadi tahu juga bunga tebu, tapi kayaknya enggak pernah dibuat sayuran. Bunganya itu mirip sama jagung yaa, ada surainya kayak kuda hehe
    duh jadi kangen deh sama suasana zaman dulu, ketika kakek nenek masih hidup. Bener ini sayuran yang mengangkat kenangan yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah beneeer, Mba. Bentuknya macam jagung muda atau putren. Penampakan luar mah kayak sereh.

      Delete
  15. aku selama tinggal di Jakarta belum pernah makan sayur besan ini mbak
    mungkin karena nggak banyak warung makan yang jual sayur ini ya mbak?
    sekilas mirip asinan nggak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada malah. Di Depok aja nih baru nemu kmrn. Dan skrg pas di klik lagi udah ga ada. Jadi jualannya musiman.

      Delete
  16. Bahagia banget ya Mbak Ade bisa dapat sayur langka dari Betawi, iya sekarang jarang jadi hantaran pengantin mungkin karena ribet berkuah terus langka juga bahan baku trubuknya ya..

    ReplyDelete
  17. Lucu ya namanya sayur besan. Aku malah penasaran ama Terubuknya itu. Terubuk itu bisa dimakan juga apa dia cuma buat penyedap gitu sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dimakan, Mba. Enak rasanya agak manis. Karena kan bunga tebu ya jadi manis2 tebu bisa kita rasain.

      Delete
  18. 12 tahun di Jakarta, aku baru tahu ada sayur besan ini mba. Kalau makanan khas betawi lainny aku sudah coba. Sayur besan ini belum

    ReplyDelete
  19. Mirip lodeh beneran ya mbak. Kalau di Sumatera khasnya pake ebi jadi bikin beda rasanya. Namanya sayur labu kadang pakai kentang atau wortel juga. Aku baru tahu kalo khas Betawi pakai bunga tebu

    ReplyDelete
  20. Wah, jd terubuk itu khasnya ya mba. Aku liatnya sekilas mirip serai. Haha. Matakuuu.

    Tp itu beneran bunga tebu? Jd tunas tebu gitu ya? Penasaran jg nih sm rasanya. Blm pernah makan soalnya..

    ReplyDelete
  21. Beberapa makanan betawi aku suka banget..kayak soto, rujak juhi, asinan, dll. Nahini Sayur besan.. Namanya unik sih.. Pernah tahu waktu ikutan webinar tentang kuliner.. Jadi penasaran nih sama rasanya..

    ReplyDelete
  22. aku belum nyoba sayur besan baru tau sayur besan
    mirip ama lontong sayur yang bersantan ga ya mak rasanya
    liatnya kayak lonsay soale

    ReplyDelete
  23. Makan sayur besan khas Betawi pasti membuat segar dan teringat akan cerita-cerita klasik.
    Seneng banget, kak Ade...menemukan penjual sayur besan yang legendaris.
    Semoga banyak orang tidak melupakan masakan khas daerah ini.

    ReplyDelete
  24. Wah enak nih kayanyaaa, aku malah baru denger sayur besan ini. Jadi penasaran juga nih mau cobain sayur besan betawi ini. Mau ngintip app gofud dulu aaaah.. hihi

    ReplyDelete
  25. Beneran, aku baru dengar ada sayur besan. ternyata buat upacara pernikahan ya, pantesan saja namanya besan.
    Terubuk ini juga baru lihat fotonya aja. Hihi ... Isian sayurnya anti mainstream, nih.

    ReplyDelete
  26. Aku malah ngebayangin, kuah sayur ini pasti enaaaaak dijadiin kuah lontong sayur, tinggal kasih cabe dan lauk lontong lainnya :D. Jadi lapeeeer :D.

    Sayang aku baru denger skr nama sayurnya. Dulu pernah ke restoran khas Betawi di Bekasi, tapi yg aku pesen malah menu Betawi lain. Yg udah familier :D. Kapan2 ah, mau pesen ini.

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^