Me Time Bisa Terwujud karena Novakid

Cobaaaa... siapa yang semenjak pandemik, kita para ibu rumah tangga nggak bisa punya me time? *ngacung. Waktu 24 jam sehari rasanya tak cukup. Bisa me time selama 25 meniiiit saja itu sudah bahagia banget ya. Alhamdulillah nih ada kabar baik buat yang mau me time 25 menit. Yes, me time bisa terwujud karena Novakid. Apa tuh Novakid? Baca terus yaa!

Me Time Bisa Terwujud karena Novakid

Bismillahirrahmanirrahiim, Me Time Bisa Terwujud karena Novakid

Banyak orang bilang pekerjaan ibu rumah tangga adalah pekerjaan terberat, karena waktunya full bekerja 24 jam untuk keluarganya. Itulah yang saya alami ketika saya memutuskan untuk resign dari mengajar. Jika ketika bekerja saya bisa punya me time dengan jalan-jalan, ngupi-ngupi syantik bersama teman-teman guru. Ketika menjadi IRT, saya harus mencuri waktu untuk me time.

Waktu me time terbaik adalah ketika anak-anak sekolah. Dulu sebelum punya Adek Fi, me time saya ketika Abang masuk sekolah. Apalagi Abang belajar di sekolah full day. Jadi waktu me time saya lumayan panjang.

Begitu punya Adek Fi, waktu me time saya mulai terbatas. Saya tak bisa wara wiri seenaknya, karena makanannya saya bawa kemana-mana. Yes, Adek Fi kan wajib ASI. Tapi walau demikian jadwal me time saya ngobrol cantik bersama teman-teman masih bisa. Saya bisa membawa Adek Fi kemana-mana. Apalagi saat itu saya masih punya Mama Ayu yang bisa dititipin Adek Fi, diusia dia lepas ASI.

Tapi begitu masuk masa pandemik, semua waktu me time saya buyar. Ditambah, Mama Ayu resign karena usia. Jadilah saya IRT sepenuhnya.

Awal-awal pandemik, saya sih bahagia banget, karena semua ada di rumah lengkap. Bakal ada bala bantuan nih, terutama dari Abang. Pekerjaan rumah tangga bisa dibantu sama Abang. Kadang Pak Suami pun turut serta membantu. Mereka berdua siap membantu, kecuali jaga Adek Fi.

Untuk Abang kalau ada titah, “Jagain Adek sebentar ya, Bang.” Langsung angkat tangan. Kalau Pak Suami masih mau, tapiiiii… ya biar anteng Adek dikasih gadget… hhh… Kesininya Abang pun bersedia jaga Adek, tapi Adek harus pegang handphone. Hhh… like father like son.

Saat ini bala bantuanku mulai tak ada di rumah… hiks. Abang Fi sudah kembali ke pesantren. Pak Suami mulai bekerja ke kampusnya untuk pekerjaan struktural. Kalau fungsionalnya, masih online. Saya harus mendampingi Adek belajar.

Iya, usia Adek Fi sudah masuk TK. Harusnya tahun ini ia mulai masuk sekolah. Saya sudah senang banget Adek sudah sekolah. Tandanya saya punya me time disaat dia sekolah. Tapi Pak Suami belum mengijinkan Adek Fi sekolah resmi dulu, karena ada pertemuan offline. Ia masih khawatir akan wabah ini. Apalagi ada berita masuk varian baru covid.

Walau kepaksa dan berat hati, saya ikut apa kata Abinya Duo Fi. Akhirnya saya pun setiap hari menjadi guru untuk Adek Fi, agar saat dia mulai masuk sekolah resmi, dia tidak ketinggalan banget. Belum lagi mengerjakan pekerjaan rumah sendiri. Duuh rasanya ingin nyanyi lagu Rossa… Ku menangiiiiiis…. Onde mandeee… kapan lah awak sedikiiiit aja bisa leyeh-leyeh me time, atau minimal bisa ngupi-ngupi cantik lagi sama temen-temen.

Seandainya tak ada pandemik, saya bisa jalan-jalan, ngupi cantik bareng teman dan ngobrol-ngobrol melepas lelah dengan rutinitas rumah dengan mengajak Adek Fi atau sekedar ngemall berdua dia. Tapi pandemik menjebak saya untuk tetap di rumah. Saya mungkin bisa bebas pergi karena vaksin, tapi kalau Adek Fi? Belum ada vaksin di usia dia.

Untuk menjaga kebahagian hati seorang Ummi Fi, saya mencoba cari-cari resep masakan. Mungkin saja saya bisa me time dengan membuat makanan. Tapi ya itu.. lagi-lagi masalah waktu. Padahal saya hanya butuh 25 meniiit saja untuk bisa melakukan kesukaan saya. Sampai akhirnya saya menemukan informasi tentang Novakid.  Setelah saya baca informasinya, me time bisa terwujud karena Novakid nih.

Apa sih Novakid itu?

Novakid adalah sebuah program belajar bahasa Inggris dimana menggunakan program dan metodelogi pembelajaran imersi, penyampaian kurikulum dengan bahasa kedua selain bahasa ibu. 

Me Time Bisa Terwujud karena Novakid

Di Novakid, anak-anak mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa asli mereka. Keterampilan siswanya dilatih dengan cara berkomunikasi langsung dengan para native speaker. Jadi bule-bule langsung yang mengajar anak-anak.

Kelas dikelola dengan cara yang menyenangkan namun tetap efisien dan berlangsung selama 25 menit sehingga anak-anak tidak kehilangan konsentrasi serta dapat mempelajari dan menguasai materi dengan lebih efektif. Nah.. nah.. nah.. pas banget nih sesuai dengan yang saya butuhkan.

Walaupun sarana pengajaran utama adalah ruang kelas virtual, namun Novakid mengubah pembelajaran menjadi pencarian yang menyenangkan. Hmm… jadi makin penasaran nih, program-program yang ditawarkan oleh Novakid.

Program Belajar di Novakid

Setelah saya baca di website resminya Novakid. Program Novakid ini dibuat berdasarkan level A1 dan A2 standar CEFR Eropa, yang sesuai dengan tes YLE Starters, Movers, dan Flyers dari Cambridge English.

Program-program di Novakid juga mempertimbangkan karakteristik psikologis anak-anak dari berbagai usia. Pada kelas pertama, guru akan menentukan dulu tingkat kemampuan bahasa Inggris anak-anak berdasar usia dan pengetahuannya. Guru dan ahli metodologi Novakid selalu mengawasi perkembangan anak dan menyesuaikan program berdasarkan kebutuhan anak di sepanjang proses belajar.

Ada 5 level kelas pembelajaran dalam program Novakid ini, yaitu :

Level 0 (untuk usia 4-5 tahun)

Pada program kelas bahasa Inggris untuk anak usia 4-5 tahun di Novakid memiliki format khusus. Bisanya pada usia ini belajar bahasa bukanlah tujuan untuk anak-anak.

Pada program ini Novakid tidak tidak mengajarkan anak-anak  tentang pengetahuan, pengucapan yang baik, atau nilai seperti di sekolah. Tapi lebih kepada variasi dan permainan menarik yang diawasi dengan cermat oleh guru berbahasa Inggris profesional. Agar anak-anak dapat menikmati bahasa Inggris sebelum mereka mulai belajar yang sesungguhnya.

Level 1 (untuk usia 6-7 tahun)

Di usia ini, anak-anak mulai menunjukkan mekanisme alamiah mereka dalam belajar berbicara dan memiliki memori tidak sadar yang telah berkembang penuh. Memori visual dan auditorial mendominasi persepsi mereka akan informasi. Anak-anak menjadi semakin kognitif, imajinatif, dan kreatif. Rasa keberanian dalam komunikasi membantu menghindari anak-anak usia 6-7 tahun dalam hambatan bahasa.

Program belajar yang diberikan dari Novakid adalah mengembangkan latar belakang pengetahuan dasar mereka, seperti mempelajari puisi, lagu, twister lidah, dan sajak, sehingga anak-anak dapat membentuk pemahaman yang lebih baik tentang budaya dan pemikiran asing

Level 3 (untuk usia 8-9 tahun)

Untuk usia 8-9 tahun ini, biasanya sering mendapati pelajaran bahasa Inggris yang tidak menyenangkan. Sebab kebanyakan guru di sekolah fokus pada tata bahasa dan melatih teknik membaca. Padahal secara psikologi anak di range usia ini baru saja belajar mengelola atensi, sehingga mereka membutuhkan usaha keras untuk konsentrasi full.

Program Novakid mempertimbangkan fitur psikologis tersebut, agar efektivitas pembelajaran di kelas bisa lebih meningkat.

Program yang diberikan Novakid adalah program dimana imajinasi dan berpikir kreatif dalam pembentukan dan pengembangan keterampilan berbicara.

Level 3 (untuk usia 10 -11 tahun)

Pada umumnya, anak-anak usia ini sedang mempersiapkan diri untuk sekolah yang lebih serius, namun belum bisa meninggalkan rasa ingin bermain mereka. Dan hal ini berdampak besar pada kesadaran diri, perilaku, dan sikap anak-anak terhadap pengalaman belajar.

Secara biologis, usia ini banyak mengalami transformasi atas proses kognitif dan fisiologis mereka.

Program yang diberikan Novakid pada anak usia 10-11 merupakan program lanjutan di level 2. Dimana mereka sudah bisa diajak serius untuk belajar bahasa.

Level 4 (usia 11-12 tahun)

Di usia ini anak sedang mengalami proses pencarian jati diri. Mereka cenderung memiliki atensi yang terpecah-pecah, kelelahan yang meningkat, sering berganti minat, rendahnya minat akan pelajaran sekolah, dan ketergantungan yang tinggi pada penilaian positif orang lain atas kepribadian mereka.

Kesediaan dan keengganan belajar anak usia ini, berhubungan langsung dengan emosi yang dihasilkan oleh proses tersebut. Sehingga Novakid memberikan program belajar dimana anak-anak dapat menggali rasa ingin tahu mereka dalam bentuk berdiskusi.

Dengan membenamkan diri dalam diskusi tentang masalah yang menarik bagi mereka atau terinspirasi dan didukung oleh teks bacaan mampu merangsang pemikiran mereka.

Time2Talk

Program Time2Talk Novakid ini dirancang untuk anak-anak dengan pengetahuan dasar tata bahasa dan kosa kata yang memadai (level A1-B1 atau level 3, 4 Novakid) selain kursus umum di sekolah. Program ini mengaktifkan keterampilan percakapan dan memberikan kesempatan untuk menerapkan pengetahuan dalam komunikasi langsung dengan native speaker.

Time2Talk mencakup 40 pelajaran, yang masing-masing merupakan topik terpisah dengan kosakata unik dan praktik percakapannya sendiri. Pelajaran mencakup diskusi, permainan peran dan diskusi untuk membantu siswa memperoleh kepercayaan diri dalam berbicara.

Untuk perkembangannya, Novakid akan memberikan laporan setiap bulannya. Dan jika mereka lulus setiap levelnya akan mendapatkan sertifikatnya.

Me Time Bisa Terwujud karena Novakid
bentuk laporan yang diberikan Novakid

Durasi Belajar di Novakid

Lama belajar (durasi) di Novakid pun sudah ditentukan sesuai tingkatannya, yaitu :

  • Pre-K (level 0) : 2 kelas per minggu selama 7 bulan
  • Juniors (level 1) : 3 kelas per minggu selama 3,5 bulan
  • Starters (level 2) : 3 kelas per minggu selama 3,5 bulan
  • Movers (level 3) : 3 kelas per minggu selama 4,5 bulan
  • Flyers (level 4) : 3 kelas per minggu selama 6,5 bulan
  • Time2Talk : 2 kelas per minggu selama 5 bulan.


Seperti yang saya tulis diatas bahwa dalam satu kali pembelajaran berlangsung selama 25 menit dan itu fleksibel looh, kita yang nentuin mau kapan belajarnya.

Durasi ini adalah durasi yang tepat karena seorang anak tidak akan merasa lelah dan mampu mempelajari materi. Tepat juga buat Umminya me time kaan... xixixi….

Pengajar di Novakid

Untuk belajar keahlian, tentunya butuh guru-guru yang ahli pula dibidangnya. Novakid menyeleksi guru-guru yang mengajar sangat ketat. Guru-guru di Novakid berasal dari seluruh negara. Mereka minimal memiliki pengalaman mengajar selama 2 tahun.

Selain itu mereka bukan sekedar ahli dalam bahasa. Mereka juga harus ekspresi dan kreatif dalam mengajar. Karena Novakid menggunakan metode Total Physical Response (TPR), yaitu metode dimana seorang pengajar tidak hanya menampilkan slide saja, tetapi juga mempraktikkan materi dengan sikap, ekspresi wajah, dan gerakan.

Biaya Belajar di Novakid

Naaah, bagian ini nih biasanya yang dikepoin para ibu… xixixi… sebagai direktur keuangan tentunya punya anggaran khusus, jadi biaya belajar anak pun harus masuk budgetnya.

Harga di Novakid tergantung paket belajar yang kita pilih. Namun bulan September ini sedang ada promo loh. Untuk mendapatkan harga promosinya ikuti langkah-langkah ini nih :

  • Register by link: https://cutt.ly/KEBxNovakid 
  • Pilih trial subscription (promo price Rp327,000 get 4 classes)
  • Gunakan kode 25MENUTESSEP saat  checkout dan dapatkan 1 extra class!
  • Kode promo berlaku sampai  30 September 2021

Nah, mending biar puas, kita bisa lihat detailnya di web resmi Novakid, yaitu www.novakid.id atau bisa DM di Instagramnya @novakid.id

Me time bisa terwujud karena Novakid

Nah... nah… benar-benar menarik nih. Saya lihat video pembelajarannya saja sudah suka banget. Pas kayaknya buat Adek Fi.


Hmm.. Kapan lagi anak dapat pembelajaran menyenangkan dengan kualitas internasional dan ibunya bisa me time 2-3 kali dalam seminggu. Anak bahagia, ibu pun bahagia. Me Time bisa terwujud karena Novakid. Selamat Me Time! ^_^


Wassalam








55 comments

  1. Alhamdulillah ya mam... Me time memang wajib banget. Alhamdulillah ada Novakids ya, aku jadi tertarik deh untuk nyoba. Apalagi kalau pengajarnya native speaker pasti lebih cihuy ya hasilnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cas cis cus, ga diragukan lagi soal pronounce nya ya, Mak

      Delete
  2. KURINDU ME TIME (capslok jebol)
    sejak pandemi, ngimpi aja deh bisa punya me time. kalo ada sebentaar aja rsanya sangat bersyukur.
    ada novakid, bisa me time nih mumpung anak lagi belajar... asik asik

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. me too, Mba. Sementara ya terbantu deh sama Novakid ^_^

      Delete
  3. Belajar bahasa ini memang puenting banget ya Mak... Anakku juga ikutan les online bahasa inggris. Tapi bener banget seperti dibilang di tulisan ini. Dia ada di level ini Mak : Di usia ini anak sedang mengalami proses pencarian jati diri. Mereka cenderung memiliki atensi yang terpecah-pecah, kelelahan yang meningkat, sering berganti minat, rendahnya minat akan pelajaran sekolah, dan ketergantungan yang tinggi pada penilaian positif orang lain atas kepribadian mereka.

    Maka, aku sekarang lagi berusaha tarik ulur, supaya timbul dulu keinginan dalam hatinya utk belajar bahasa asing.
    Novakids meni keren pisan bikin kampanyenya. Me time buat emak-emak kan nggak kalah penting :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang kalau belajar itu sebaiknya sesuai dengan usianya. Jadi bisa tertangani dengan baik materi yang diberikan.

      Delete
  4. Belajar di Novakid ini bisa jelas dan terarah banget ya, Mbak. Karena kelasnya dibedakan level usia, jadi gak campur-campur. Guru-gurunya tentu berkualitas tinggi ya. Mereka minimal memiliki mengajar 2 tahun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jadi mereka fokus biar masuk pelajarannya. Gurunya juga diseleksi dan berkualitas

      Delete
  5. Keponakanku belum ada pelajaran Bahasa Inggris, tapi emang sekarang ini perlu. Minimal ngenalin dulu lah. Kan kita gak tahu ke depannya bakal gimana. Kelas bahasa Inggris Novakid ini boleh juga dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, Mba.. b.Ing kan bahasa universal. Jadi sepertinya perlu bisa.

      Delete
  6. Asyik, Mbak Ade bisa me time, Adek Fi sudah dapat pembelajaran menyenangkan dengan kualitas internasional dari Novakid, bikin ibunya bisa me time 2-3 kali dalam seminggu.
    Anak bahagia, ibu pun bahagia kalau gini ya Mbak
    Me Time bisa terwujud karena Novakid.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. membahagiakan diri sendiri. Minimal bisa rebah-rebahan selama 25 menit deh

      Delete
  7. Harga khusus untuk pelanggan pertama NOvakid jangan sampai tersia-siakan nih mba. Ayyas karana usia 12 tahun kayaknya harus ikutan yang level 4. Jadi banyak waktu buat me time ya

    ReplyDelete
  8. Ada level level nya gitu jadi anak mau belajar bisa menyesuaikan dengan usia dan kemampuan ya di Novakid ini

    ReplyDelete
  9. Itu kalau native speaker, kira-kira anak-anak bakal mudeng nggak sih Mbak Ade? Aku sempat maju mundur nih soalnya. Let me know ya Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan sebelum masuk kelas anak diseleksi dulu, kira-kira masuk kelas yang mana. Jadi materi yang diberikan disesuaikan kemampuan anak.

      Delete
  10. enak ya Ummi bisa me time 25 menit doang karena novakid lumayan yah rebahan santuy dan anak-anak ikutan kursus bahasa inggris deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa main games dan rebahan, Soalnya jalan2 tak bisa kemana2, walau ada vaksin juga

      Delete
  11. 25 menit untuk belajar, keliatannya singkat tapi justru padat, dan bisa fokus. Benar juga, kadang kalau kelamaan jadi bosan, karena yang namanya anak-anak, pikirannya mudah kemana-mana. Saya yang udah tua ini aja, kalau kelamaan nyimak materi, kepala mulai oleng haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terlihat singkat memang bagi kita orang awam, tapi pas buat belajar anak. Jadi nggak bosenin, ga kecepetan juga

      Delete
  12. Alhamdulillah ya ummi Ade, akhirnya ada waktu juga buat me time. Anak belajar emaknya me time deh. Btw menarik ya program belajarnya, meskipun online tapi kurikulumnya jelas gitu, nanti anak akan sampai ke level apa. daftarnya juga lagi ada diskon pula yaa.

    ReplyDelete
  13. PJJ membuat banyak me time para ibu terenggut. Gak heran kalau banyak yang merasa lelah hehehe. Bagus juga kalau ada Novakid yang bis ammebantu anak-anak belajar. Lumayan lah ibunya bisa me time sejenak

    ReplyDelete
  14. keren nih ada Novakid emak2 jadi me time sejenak ya,anak2 makin jago deh Bahasa Inggrisnya ya.

    ReplyDelete
  15. Kelas Novakid ini asyik banget, belajarnya menyenangkan dan anak berkesempatan un tuk ngobrol langsung dengan native speaker. Sementara emaknya bisa me time dulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, seru banget pasti ya... Apalagi kalau interaktif kan anaknya ga bakal bosen ya...

      Delete
  16. Alhamdulillah makin banyak ruang pembelajaran online untuk anak-anak ya Mbak. Jadi banyak pilihan dan bisa jadi opsi pendamping selain PJJ dari sekolah. Saya minat ah untuk anak kedua nanti.

    ReplyDelete
  17. informasi tentang Novakid berikut ini penting banget nih, jadi orangtua ya anak-anak dapat apa aja dalam kurun waktu belajar tersebut:
    Lama belajar (durasi) di Novakid pun sudah ditentukan sesuai tingkatannya, yaitu :

    Pre-K (level 0) : 2 kelas per minggu selama 7 bulan
    Juniors (level 1) : 3 kelas per minggu selama 3,5 bulan
    Starters (level 2) : 3 kelas per minggu selama 3,5 bulan
    Movers (level 3) : 3 kelas per minggu selama 4,5 bulan
    Flyers (level 4) : 3 kelas per minggu selama 6,5 bulan
    Time2Talk : 2 kelas per minggu selama 5 bulan.

    ReplyDelete
  18. Wah paling asyuk kalau ada les online dengan waktu belajar yang sangat fleksible kyk Novakid ini ya mbak.
    Seru juga ih belajar bahasa inggris 25 menit asalkan konsisten.
    Wah guru Novakids banyak yang native gtu ya? Asyik ya bisa lansgung diajar sama native langsung jd anak jg paham gmn cara pengucapan yg bener

    ReplyDelete
  19. ma kasih banget penjelasannya ya mak, jadi pengen juga buat anak,cuma waktunya sekarang belum bisa, anak2 pada ada jadwal les juga, moga nanti deh bisa join

    ReplyDelete
    Replies
    1. penuh yaa jadwal kegiatan kakak kakak... nanti ada waktunya untuk berbagi

      Delete
  20. serunya belajar di novakid
    dulu mau ikutan ini mak cuma mikir2 masih kalau online
    ternyata di novakid efektif juga ya lesnya onlinenya
    dulu soale pernah online tapi ya gitu kurang kalau online menurutku jadi pengen nyobain novakid

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya alhamdulillah.. iya kalau ada yang ga sesuai sebaiknya refund

      Delete
    2. susah mak kalau refund soalnya dah kadung bayar mak. tapi kalau novakid ini pasti bikin nyaman anak pinter juga ya. pengen nyobain ah novakid

      Delete
  21. Iya banget deh, dengan anak anteng, kita jadi bisa ber-me-time-ria ya. Tapi ya anteng juga gak sembarang anteng. Anteng yang berkualitas kalo buka Novakid mah. Aku jadi kepengen ngajak bocah buka Novakid juga. Mereka pasti suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuuk.. kadang demi anteng ngobrol atau kerjain tugas, Anak dikasih hp.. duuk

      Delete
  22. Kemarin sempat ikut trial class karena kalau berbayar masih bingung sama payment-nya. Kebetulan ada keperluan mendesak juga waktu itu. Kebayangan serunya kalau kelas dimilao...

    ReplyDelete
  23. alhamdulillah banget nih mba.. anak - anak bisa terus belajar dan kembangkan bakat sementara mama bisa menikmati me time yaaa

    ReplyDelete
  24. Bisa selonjoran 25 menit tanpa gangguan anak-anak aja udah bahagian banget ya mbak. Apalagi ini emaknya bisa selonjoran aja, si anak juga ada kegiatan bermanfaat bersma Novakid.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bangeeet... hahaha... kapan lagi bisa punya me time. ^_^

      Delete
  25. Me time Ade sederhana ya, 25 menit cukup hahahaha

    Tapi beneran kok, jadi mom sibuk itu punya waktu me time itu precious things

    ReplyDelete
  26. Program belajar yang menyenangkan dan tentu bermanfaat
    Selain itu begitu produktif karena waktu proses belajarnya hanya 25 menit
    Metode pembelajaran nya pasti sudah sangat berpengalaman

    ReplyDelete
  27. Menurutku si Novakid ini bagaikan penyelamat para ibu banget deh, karena lumayan banget walau degnamn 25 menit kita bisa melakukan me time dan anak pun belajar dengan esmangat dan gembira ya mbak.

    ReplyDelete
  28. Berlipat ini untungnya, di Novakid anak dapat pembelajaran menyenangkan dengan kualitas internasional, ibu bisa me time di saat yang sama. Anak bahagia, ibu bahagia, keluarga lebih bahagia

    ReplyDelete
  29. Wah menarik banget, di Novakid anak-anak mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa asli mereka, jadi memang dilatih percakapan ya. Pas nanti belajar di sekolah, anak2 sudah bisa selangkah lebih maju deh dari kawan2nya.

    ReplyDelete
  30. Bener-bener menarik mbak cara pengajaran Bahasa Inggris di NOVAKID bikin anak semangat & antusias gitu apalagi bahasa Inggirs juga penting. Cuma 25 menit tapi masuk materi yg diajarkan sementara ibunya bisa me time

    ReplyDelete
  31. Bisa jadi referensi aku nih, kebetulan aku lg cari les bahasa inggris buat anakku si Narend. Kmrn nyari² dimana gitu yanh harganya affordable. Novakid ini bisa jadi pertimbangan aku dan suami nih :)
    Besok aku DM ke mereka ahh~~

    ReplyDelete
  32. Me time-nya kurang lancar karena anak2 daring terus ya, Maak. Qiqiqi.

    Anak2 seneng pastinya nih belajar bahasa inggris. Apalagi videonya keren gitu, bikin semangat belajarnya.

    ReplyDelete
  33. saya kira novakids ini buat anak mulai usia 6 tahun, ternyata ada yg untuk 4 tahun ya. cocok nih buat anak saya. apalagi dia mulai apal angla, warna dan beberapa kata dalam bahasa inggris. pengen dia lebih baik lagi dari saya

    ReplyDelete
  34. Biayanya affordable banget jika melihat fasilitasnya ya, Mak.. Bisa belajar dengan native speaker, di kelas yang private, jadi ngga keganggu dengan peserta lain. Ada report dari guru juga setiap kelas berakhir. Keren banget sih, dan anakku juga bahagia banget ikutan belajar di Novakid.

    ReplyDelete
  35. Sebagai lulusan jurusan pendidikan yang udah pernah praktek ngajar di sekolah, metode Total Physical Response tu beneran bisa bikin siswa lebih fokus ke materi yang disampaikan sih Mak. Nggak cuma datar-datar doang gitu lho jelasinnya. Kalo tanpa ekspresi juga kita pasti bosen yak xD

    ReplyDelete
  36. Novakida cocok banget nih Kak untuk ibu-ibu yang ingin me time berkualitas. Apalagi juga ada level untuk anak usia pra sekolah. Metode yang digunakan juga kreatif.

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^