3 Camilan Khas Betawi 1

Monday, August 9, 2021

Bagi sebagian yang mengikuti cerita-cerita di blog saya (ge er deh.. berasa seleb ^_^) mungkin sudah mengetahui saya berasal dari mana. Ya, saya asli anak Jakarta a.k.a anak Betawi asli. Beberapa bulan lalu saya pernah menampilkan masakan khas Betawi yang nyaris punah dalam lomba, dan alhamdulillah mendapat juara ke-2. Saya waktu itu menulis tentang SAYUR BABANCI. Nah, kali ini saya coba bahas tentang camilannya. Yuk cek 3 dulu camilan khas Betawi di tulisan ini!

Camilan khas betawi
Bismillahirrahmanirrahiim. 3 Camilan khas Betawi
Saya pikir awalnya mudah mendapatkan makanan Camilan khas Betawi ditempat saya tinggal. Ternyata nggak gampang ya. Padahal kan Depok tidak terlalu jauh dari Jakarta. Ada sih, tapi jarang.

Susah-susah saya cari di Depok ternyata malah ketemu di tanah kelahiran saya sendiri. Namanya makanan khas daerah, yaaa banyak dapat di daerah asal makanan tersebut ya. Saya pun dapat banyak di Stasiun Tebet. Persis di depan pintu keluar stasiun.

Teman-teman blogger atau siapa pun yang keluar dari pintu barat stasiun Tebet, pasti begitu keluar  akan disambut dengan teriakan ceria dari para pedagang. Saya saja senang kalau keluar pintu tersebut, karena semua pasti memanggil saya, "Bu Hajii.. mampir Bu Hajii..." Duh senangnya.. ^_^ 

Kalau kata almarhumah mama, jika ada yang memanggil sepeti itu nggak usah ditolak, tapi aminin saja, siapa tau jadi doa kaaan. Iya walau belum berangkat haji, tapi panggilan para pedagang bisa jadi doa buat saya lebih cepat menjadi haji.. aamiin..

Balik lagi ke cerita... Di pintu barat tersebut, ada banyak jajanan camilan khas Betawi disana, tapi saya memilih 3 camilan saja. Yuk, kita baca apa saja 3 camilan khas Betawi tersebut.


1. Kue Pancong

Camilan khas betawi

Dengar namanya pasti kebayang kue yang bentuk dan rasanya seperti kue pukis atau kue cubit ya? Hmm.. di Depok memang banyak warung Kue Pancong sebagai tempat nongkrong para driver transportasi online atau anak-anak sekolahan. Tapi Kue Pancong yang dijual bukan Kue Pancong khas Betawi.

Camilan khas betawi
kue pancong yang dijual di Depok

Bentuknya saja yang sama, yaitu setengah lingkaran dan tebal. Jika kue pancong yang dijual di Depok terbuat dari tepung terigu dan telor, Kue Pancong Betawi terbuat dari tepung beras, kelapa parut dan santan. 

Kue Pancong Betawi tidak perlu pengembang (ragi). Rasa gurihnya terdapat pada santan dan sedikit garam. Biasanya kalau saya makan Kue Pancong, saat baru keluar dari panggangan, dengan ditaburi gula pasir atasnya. Hmm.... rasanya.. yummy... creamy-creamy manis gitu deh. Cocok buat teman ngopi atau ngeteh.

Kue Pancong juga ada di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Jika di Jawa Barat Kue ini dikenal dengan sebutan Kue Bandros, sedangkan di Jawa Tengah disebut Kue Rangin.

Camilan khas betawi
Kue Pancong Betawi / Kue Bandros Camilan Khas Betawi

Hmm.. jangan salah lagi yaa menyebut kue khas Jakarta yang satu ini. ^_^


2. Kue Rangi



Camilan khas betawi

Camilan khas Betawi ini juga ada di Depok, tapi super jarang. Dulu tukang kue rangi selalu lewat depan rumah Papa. Namun, sudah beberapa tahun ini saya tak pernah melihatnya lagi. Kabarnya tukang kue rangi yang lewat depan rumah Papa, sudah mangkal di depan masjid Al Muhajirin Depok atau di Pasar Depok Jaya. 

Tapi tetap saja saya nggak ketemu. Saya sampai bolak balik ke pangkalan tukang kue ini, seperti yang diinfokan oleh teman dan tukang-tukang jualan kaki lima dibelakang pasar, tetap saja tidak ketemu. Saya justru ketemu camilan khas Betawi ini  di Stasiun Tebet, saat saya hendak menghadiri acara blogger gathering.

Ok, kita langsung lanjut ke penjelasan kuenya yaaa.

Kue Rangi ini bisa dibilang kembarannya Kue Pancong. Cuma bukan kembar identik. Apa yang membuat mereka serupa tapi tak sama.

a. Bentuknya

Bentuk Kue Rangi ini hampir sama dengan Kue Pancong, hanya saja beda di tebal tipisnya kue tersebut. Kue Rangi lebih tipis, lebih lebar dan lebih panjang dari Kue Pancong.

b. Adonannya

Dari adonannya pun hampir sama, hanya dibedakan oleh tepungnya. Jika Kue Pancong dari tepung beras, Kue Rangi dari tepung sagu. Itu sebabnya kalaupun dibuat agak tebal dan dalam, Kue Pancong tetap lembut dimakan, sedangkan Kue Rangi lebih ke crunchy. Salah satu alasan kenapa cetakan Kue Rangi dibuat tipis dan cetek kata orang Betawi, alias tidak dalam adalah sensasi crunchy-nya itu. Kebanyang doooong ngunyah-nya seperti apa kalau dicetak sama dengan Kue Pancong. Alot yang ada.. hahaha..

c. Topingnya

Orang Betawi itu bisa dibilang orang Sumateranya Pulau Jawa. Kenapa? hampir sebagian besar makanannya menggunakan bahan dasar kelapa/santan. Namun berhubung berada di pulau Jawa, bukan sekedar gurih saja, namun ada campuran rasa manisnya.

Seperti halnya Kue Pancong, Kue Rangi diberi toping gula. Kalau Kue Pancong cukup ditabur gula pasir, Kue Rangi dibuat pasta gula merah. Pasta gula merah disini terbuat dari gula merah cair yang dicampur dengan larutan tepung sagu. Sehingga toping gula pada Kue Rangi lebih kental. Malah terkadang toping gula Kue Rangi ini diberi 3 aneka rasa buah yang harumnya khas dan bikin ngiler, yaitu buah nangka, nanas dan durian. Nah buah terakhir tuh demenan ane.

Camilan khas betawi
Toping gula merah yang menggiurkan pada Camilan khas betawi


3. Kue Ape

Kue Rangi dan Kue Pancong sudah. Nah, sekarang kue yang ketiga. Kali ini kue yang ketiga beda jauh bentuk dan adonannya, yaituu... Kue Ape



Bagi saya, Kue Ape ini adalah kue yang nggak ada jawabannya setiap kali kita tanya namanya.

Kok bisa?
Iyalah, karena orang Betawi kalau bilang kata 'Apa', mereka hanya merubah huruf terakhirnya dengan huruf 'e', jadi  Apa = Ape.
Maka, jika ada orang Betawi asli bertanya kepada tukang Kue Ape yang juga asli orang Betawi maka akan seperti ini :

Bang, eni kue apaan ye?
Kue Ape, Neng
Yeee.. si Abang, ditanya malah balik nanya. Mane aye tau eni kue ape. Udeh serius dong Bang, eni kue ape ye?
Bener, Neng.. ini Kue Ape.
Ah, Abang becanda mulu 'ni. Udeh deh ye Bang, aye tanya sekali lagi ni. Kagak pake becande ye. Ini kue ape? (mulai emosi)
Eni namanye Kue Ape, Neeeeeng (mulai gedeg ^_^)
Aaaah, au ah Bang. Aye kagak jadi beli (emosi jiwa dan pergi ngeloyor)
*The End

Berdasarkan cerita cang cing, nama asli Kue Ape ini agak vulgar. Kue Ape itu sebenarnya berawal dari kue belanda Pancake. Hanya saja orang Betawi dulu tidak bisa menyebutnya dalam bahasa Belanda tersebut. Tapi jaman dulu di Indonesia belum punya wajan datar. Mereka membuatnya dengan wajan cekung. Maka bentuknya pun tidak seperti pancake. Melainkan seperti payudara perempuan. Emang dasarnya orang Betawi itu nyablak (baca : asal keluar kata dari mulutnya tanpa dipikir dulu) mereka pun menamakan kue tersebut dengan Kue Te**k (maaf di sensor, yang nulis nggak enak bacanya).

Namun entah siapa yang mulai duluan, namanya berubah menjadi Kue Ape. Kalau berdasarkan cerita cang cing tuh berubah karena cerita berikut :

Suatu hari ada seorang tamu dari luar daerah datang berkunjung ke rumah sahabatnya yang orang Betawi. Lalu sebagai hidangan untuk tamu, istri tuan rumah menyajikan Kue Ape.

Tamu : Wah repot-repot nih, Bu
Istri: Ah, kagak Bang.. cuma sajian kecil aje nih buat temen ngupi.
Suami : Ayo dimakan, Bang!
Tamu pun memakan kue tersebut. Si Tamu takjub dengan kelezatan kuenya.

Tamu : Waaah kuenya enak nih, Bu. Kue apa ini namanya?
Suami dan Istri tersebut main lirik-lirikan, bukan main gundu. Mereka bingung mau nyebutin nama kuenya. Dalam kebingungannya Si Istri bertanya kepada suaminya,
Istri : hmm.. Kue Ape ye, Bang?
Rupanya pertanyaan Istri ini dianggap sebagai jawaban sama Tamu.
Tamu : Oooo Kue Ape. Enak, Bu Kue Apenya.
Suami Istri itu pun langsung mengiyakan saja nama baru yang ditemukan tanpa sengaja. Maka sejak saat itu nama Kue tersebut berubah menjadi Kue Ape.

Hihihi.. saya yang dengar cerita tersebut cuma bisa cengar cengir mendengarkannya. Lagian siiih, ngasih nama nggak enak banget.

Kue Ape juga disebut kue serabinya orang Jakarta. Bentuknya hampir sama dengan serabi Solo. Namun kalau serabi Solo kuenya lemas pinggirannya dan langsung manis sekali tengahnya, sedangkan Kue Ape mempunyai pinggir yang garing dan tengah manis gurih.

Camilan khas betawi
kue serabi solo yang serupa dengan kue ape camilan khas Betawi

Adonan Kue Ape ini terbuat dari campuran santan, tepung beras dan tepung terigu. Gurih dari santan menjadi nikmat sekali dengan sedikit manis gula. Bahkan sekarang ada beberapa yang jual dengan variasi tengahnya diberikan meses atau parutan keju.

Dari ketiga cemilan khas Betawi tersebut ada 1 ciri khas masakan Betawi yang bisa kita ambil dari adonan pembuatnya, yaitu kelapa/santan. Dan dari semua resep yang saya dapat tentang masakan Betawi selalu pakai santan.

Nah, itulah 3 kue cemilan khas dari daerah saya, setelah ini ada tulisan camilan khas Betawi 2 kue lebaran. Selamat membaca ^_^

Wassalam

19 comments

  1. Kue ape malah banyak ditemukan di Cianjur lho
    Kalau pancong sama kue rangi agak jarang. Bandros yang bertebaran mah, hehehe...

    ReplyDelete
  2. Rangi dan serabi solo favorit banget, Alhamdulillah disini mudah banget menemukan jajanan itu mbak mana jajanan tersebut favoritku

    ReplyDelete
  3. semua cemilan khas betawi aku suka banget, apalagi kue pancong dan kue tete itu, wah so yummy gurih dan endolita parah

    ReplyDelete
  4. Kue pancong kalo di semarang namanya kue gandos mbak. Udah lama banget ga nemu jajanan ni, jadi pengen euy. Kebayang makannya pas anget2 duuhh auto ngiler

    ReplyDelete
  5. Wah, ternyata banyak juga ya macamnya camilan khas betawi ini. Sekilas hampir mirip kue pukis, apem dan sagon ya kalau di daerahku namanya..Yang pasti semuanya enak..

    ReplyDelete
  6. wah iya, saat tinggal di Jakarta dulu, aku juga sering makan makanan khas betawi
    paling suka kue pancong

    ReplyDelete
  7. Ternyata bener ya kue pancong itu sama dengan bandros, jadi enggak penasaran lagi... Berarti yang belum saya coba cuma kue rangi... Kirain kue ape dari bandung, hehe...

    ReplyDelete
  8. Kue Pancong dan Ape itu aku suka banget, apalagi kue pancong yang ditaburi gula...duh kebayang enaknya. Auto nyari penjual kue pancong ah soalnya aku ngak punya cetakannya kalau mau bikin sendiri.

    ReplyDelete
  9. Duh pengen makan kue pancong tapi ga mungkin di sini ada :( kayanya habis ini aku mau coba eksekusi Mba, hahaha...

    Btw aku ngakak liat asal asul kue ape (part ape ye Bang) :D kena aja gitu

    ReplyDelete
  10. Rangi jarang banget mba adeeee.. dongkal mba adee. Ayo makan dongkal mbaaa. Duuh apee pancong aku masih suka beli abang deket rumah.
    Kue ape tapi pada suka nyebut kue teteee ya mba 😄 suami aku tuh suka nyebut kue TT 😆
    Bu hajiiiiiii mauu bu hajiii

    ReplyDelete
  11. Ogituu sejarah Kue Ape hehehe ada aja
    Aku demen banget kue pancong dan kue ape, kalau kue rangi pernah makan tapi jaraaang nemu ya kini. Yang penting 3 camilan khas Betawi ini memang enak sekali!!

    ReplyDelete
  12. Candaannya orang Betawi ini khas yaa, kak Ade.
    Aku suka banget berinteraksi dengan orang Betawi, karena saudara sepupuku ada yang nikah dengan orang Betawi. Baiiik banget.

    Dan kulinerannya yang sekarang sudah mulai langka, bahkan di Jakarta sendiri.
    Sedih banget.
    Aku pernah ke PRJ demi pengen makan kerak telor.
    hehehe..

    ReplyDelete
  13. Sama seperti apem kalau di sumatera kali ya, soalnya lihat adonannya sama tapi bentuknya aja yang beda. Rasanya penasaran nih mau coba

    ReplyDelete
  14. Aku suka banget semua kue betawinya mba ade, inget dulu di Jagakarsa setiap jalan pagi beli kue ape, kue rangi, anget-anget. Habis banyak gak terasa kalau kue ape wkwkw, anak-anak juga demen banget. Wanginya bikin kangen, di depok kok gada yang seenak di jagakarsa ya

    ReplyDelete
  15. Oalah.... Kalau di Betawi namanya kue pancong tho... Kalau di jawa tengah namanya Gandhos mam. Tapi kadang beda kabupaten beda nama sih. Aku suka banget sama kue pancong karena rasanya yang gurih dan mengenyangkan. Udah setahun lebih ngga makan karena pandemi, hiks

    ReplyDelete
  16. aku suka jajan ini mbaaa... asli enak dan terutama yang pancong, aku sukanya yang ngga maniiis

    ReplyDelete
  17. Kue Pancong dan Kue Ape nih pernah saya rasa beberapa kali di sini, tentunya dengan nama yang berbeda. Apa ya namanya kalau di sini? Hmmm.. Kue Pancong nih gampang ditemukan di pasar-pasar sini..Malah ingat sebutannya kalau di Makassar yaitu Kue Buroncong. Gak tahu deh di Lombok sini apa.

    ReplyDelete
  18. Hadehhh jadi kangen Jakarta kan. Kue pancong yang diriku doyan juga pancong betawi. Yang agak2 basah dengan gula di atasnya. Bukan pancong kering. Kue rangi juga enak banget yak, kadang bapaknya suka mangkal juga. Kue ape biasanya beli kalo pas ke pasar mester. Beli yg baru mateng banget, jadi sampe rumah masih hangat. Ini jajanan favorit semuaaa...

    ReplyDelete
  19. kalau di tempatku, jember, kue pancong disebut kue rangin
    dan rangin disini bentukannya nggak kayak kue rangin di betawi
    kadang bentuk sama tapi nama sebutannya beda beda tiap kota

    terus kue apem, mirip kayak kue apem di tempatku mbak,kayaknya rasa hampir sama kalau diliat dari fotonya

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^