3 Resep Sarapan Nasi yang Praktis dan Enak

Sarapan pagi itu adalah hal wajib yang harus dilakukan. Karena dari sarapan kita bisa dapat amunisi untuk memulai kegiatan. Tapi kebanyakan dari kita tuh malesnya yang gede (eh, itu saya aja ding.. xixixi). Wajar sih ya menurut saya. Sebab kita baru saja bangun dari tidur. Nah, makanya saya buatkan nih 3 resep sarapan pagi yang praktis dan enak tanpa menguras tenaga. cekidot! 

3 resep sarapan nasi praktis dan enak

Bismillahirrahmanirrahiim, 3 resep sarapan pagi yang praktis dan enak

Lagu bangun tidur ku terus mandi itu tidak berlaku sama saya. Iya, saya bangun tidur itu langsung ke dapur. Kegiatan dapur seolah memanggil-manggil kangen setelah semalaman ditinggal istirahat. Kegiatan utama adalah nyupir (nyuci piring) dan jerang air buat bikin kopi untuk sarapan. 

Yes, Sarapan. Kata itu yang membuat saya harus ke dapur. Saya seolah berburu dengan bangunnya para lelakiku di rumah. Biasanya ba'da shubuh mereka setelah mengaji tidur lagi. Saya tidak. Kalau lagi rajin. Semua menu makan berat sudah siap di meja untuk sarapan. Tapi kalau malasnya lagi keluar atau kecapeaan semalam habis begadang menyelesaikan tulisan, biasanya saya membuat sarapan pagi praktis.


Dan sarapan praktis ini saya buat karena biasanya hanya menggunakan bahan makanan yang ada di rumah. Sebab, warung sayur baru buka setelah para lelakiku bangun untuk sarapan. hiks. Makanya apa yang ada di rumah saya gunakan untuk sarapan.


3 Resep Sarapan Nasi yang Praktis dan Enak

Nah, dari sekian banyak menu sarapan yang saya buat. Saya pilihkan menu-menu sarapan pagi yang praktis untuk di buat dan insya Allah sehat.


1. Nasi Uduk Rice Cooker

Menu ini jadi andalan saya kalau saya mualaaasnya minta ampun.. xixixi.. karena ini paling praktis. Catat ya resepnya!


Bahan-Bahan :

  • 2 mug kecil beras
  • 65 ml/1 sacet kecil Santan instan (kalau senang lebih gurih bisa ditambah)
  • 1 batang sereh (ikat ujungnya dan geprek pangkalnya)
  • 2 lembar daun salam
  • 2 ruas jari (5 cm) lengkuas (digeprek)
  • 1 buah kembang lawang (kalau ga punya bisa di skip)
  • garam secukupnya
  • kaldu secukupnya (optional)
  • Air secukupnya


Cara Membuat

  • Cuci beras hingga bersih. Sama seperti kita mencuci beras ketika hendak masak nasi.
  • Masukkan beras kedalam panci rice cooker. Tambahkan air seperti kita memasak nasi. jika biasanya lebih air dari permukaan beras 1 ruas jari, untuk masak nasi ini lebihkan sedikit
  • Masukkan semua bahan-bahan kedalam beras di rpanci rice cooker. 
  • Aduk-aduk hingga tercampur rata, lalu masak nasi seperti biasa. Jangan lupa di ceklek ya tombol cook-nya.
  • Nah, tunggu deh 30 menit. Kita bisa tinggal buat bobo atau melakukan kegiatan lainnya. 
  • Setelah matang diaduk-aduk dulu sebelum disajikan. 
  • Untuk pendampingnya kita bisa masak telur dadar lalu diiris, lalu sambal terasi saset. Kalau mau uleg sendiri juga bisa.



2. Nasi Liwet Rice Cooker

Nah, untuk menu sarapan ini tak jauh beda cara masaknya dengan nasi uduk, hanya bedanya di bumbu dan santan.


Bahan-Bahan :

  • 2 mug kecil beras
  • 2 sdm teri (bisa teri apa saja, bagusnya teri nasi yang kecil-kecil putih)
  • 3 siung bawang merah (diiris tipis)
  • 2 siung bawang putih (diiris tipis)
  • 1 batang sereh (ikat ujungnya dan geprek pangkalnya)
  • 2 lembar daun salam
  • 2 ruas jari (5 cm) lengkuas (digeprek)
  • 1 buah kembang lawang (kalau ga punya bisa di skip)
  • garam secukupnya
  • kaldu secukupnya (optional)
  • Air secukupnya
  • 2 sdm minyak untuk menumis.


Cara Membuat

  • Cuci beras hingga bersih. Sama seperti kita mencuci beras ketika hendak masak nasi.
  • Masukkan beras kedalam panci rice cooker. Tambahkan air seperti kita memasak nasi. jika biasanya lebih air dari permukaan beras 1 ruas jari, untuk masak nasi ini lebihkan sedikit
  • Tumis semua bahan, kecuali garam dan kembang lawang. Masukkan tumisan kedalam panci rice cooker setelah masuk beras. 
  • Masukkan kembang lawang, garam dan kaldu
  • Aduk-aduk hingga tercampur rata, lalu masak nasi seperti biasa. Jangan lupa di ceklek ya tombol cook-nya.
  • Tunggu 30 menit hingga matang.
  • Setelah matang diaduk-aduk dulu sebelum disajikan. 
  • Untuk pendampingnya cukup dikasih bawang goreng dan sambal terasi saset. Tak perlu lauk lain karena sudah ada teri didalamnya. 


2. Nasi Jeruk Rice Cooker

Kalau ini nasi kekinian nih. Cara buat nggak jauh beda dengan nasi uduk. Rasanya hanya lebih gurih dan harum jeruk. 


Bahan-Bahan :

  • 2 mug kecil beras
  • 65 ml/1 sacet kecil Santan instan (kalau senang lebih gurih bisa ditambah)
  • 1 batang sereh (ikat ujungnya dan geprek pangkalnya)
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1/2 buah jeruk nipis (peras airnya) 
  • 2 ruas jari (5 cm) lengkuas (digeprek)
  • 1 buah kembang lawang (kalau ga punya bisa di skip)
  • garam secukupnya
  • kaldu secukupnya (optional)
  • Air secukupnya


Cara Membuat

  • Cuci beras hingga bersih. Sama seperti kita mencuci beras ketika hendak masak nasi.
  • Masukkan beras kedalam panci rice cooker. Tambahkan air seperti kita memasak nasi. jika biasanya lebih air dari permukaan beras 1 ruas jari, untuk masak nasi ini lebihkan sedikit
  • Masukkan semua bahan-bahan kedalam beras di panci rice cooker 
  • Aduk-aduk hingga tercampur rata, lalu masak nasi seperti biasa. Jangan lupa di ceklek ya tombol cook-nya.
  • Tunggu deh 30 menit hingga matang. 
  • Setelah matang diaduk-aduk dulu sebelum disajikan. 
  • Untuk pendampingnya kita bisa masak telur dadar lalu diiris, lalu sambal terasi saset, serta ditaburi bawang goreng kalau punya. Kalau ga punya bisa di skip. 


Nah, praktis kaan? Menunggu nasi matang kita bisa bobo syantik lagi. Itu saya ding.. xixixi.. Atay melakukan kegiatan pagi sehari-hari. 

Oiya, untuk 3 resep sarapan nasi yang praktis dan enak diatas kalau suka pedas, bisa kita tambahkan irirsan cabe rawit orange ya. Jumlahnya sesuka selera kita, karena level pedas kita kan nggak semua sama. Dan untuk nasi liwet kadang saya suka tambah petai kalau Abang sedang di pondok. Kalau pas WFH begini no petai.

3 resep sarapan nasi yang praktis dan enak diatas itu termasuk sarapan yang paling disukai di keluarga saya, terutama saya. Karena ya itu gampang buatnya. Biarkan rice cooker yang belerja 😂


Selamat mencoba. ^_^




Wassalam






35 comments

  1. nasi uduk dan liwetnya loovee banget
    pengin coba bikin jugaaa
    sepertinya anak2 bakal sukaa
    soale gurihh enjoyable bgt

    ReplyDelete
  2. Beberapa kali aku bikin nasi liwet pakai magic com, enak sih rasanya. Tapi bahan2nya ga aku tumis, langsung dicemplungin aja gitu hahaha. Ketahuan bener malesnya yak :D Besok, mau aku tumis deh supaya aromanya lebih terasa.

    ReplyDelete
  3. Saya baru tau nasi liwet ini pakai teri enak ya. Tapi disini agak susah nyari teri nasi. Pernah beli agak keasinan. Heu. *malah curhat. Haha. Makasih resepnya mbaa.. Izin nyonteeek buat sarapan.

    ReplyDelete
  4. Aku pengen nyobain Nasi Uduk Rice Cooker mba. Belum pernah coba selama ini. Paling buat itu nasi liwet aja. Sepertinya besok bisa dicobain nih buat sarapan.

    ReplyDelete
  5. Nah iya, ketiga resepnya praktis banget, Mbak. Saya paling sering bikin nasi liwet, pakai teri juga plus cengek biar tambah sedeep.
    Tapi lebih sering disajikan untuk makan siang, Mbak. Malah belum pernah disajikan untuk sarapan hehehe

    ReplyDelete
  6. Wah, alternatif resep biar sarapan gk nasi putih aja setiap hari ya mbak. Makasih resepnya, bisa dicoba nih kalau nyiapin sarapan anak anak biar makin berselera sarapannya

    ReplyDelete
  7. hahaha, biarkan rice cooker bekerjaaa ya mbaa Adeeee
    aku blm pernah yg nasi jeruk, kayaknya enakeun deh mau cobaa
    kmarin mama aku bikin uduk tapi daun jeruknya aduhai, jadi nikmaat
    dan klo bikin nasgor, aku suka pakai daun jeruk kalau lagi adaaa.. request orang rumah pakai daun jeruk di nasgor

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba Ade klo si mama aku tim tumis bumbunya kuduuuuu. Kata blio lebih enak ditumis yaa, ada bedanya gitu. Kayak sambel ulek atau sambal blender hihi, punya taste yg beda. Aku pernah ditumis dan langsung cemplung jg

      Delete
  8. Wuih, resepnya mantul nih. Dan pasti jadi favorit karena hanya memerlukan rice cooker (kalau saya magic com). Insya Allah anti gagal ya mam...

    ReplyDelete
  9. Paling sering bikin nasi uduk rice cooker ummi enak dan praktis juga ya belum coba nih nasi liwet sama nasi jeruk mau cobain ah soalnya suami suka banget liwet dan nasi jeruk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pas libur kerja rasanya tuh pengen leyeh2 ummi tapi apa daya yah anak dan suami butuh sarapan wkwkwk makanya sebagai emak2 abis subuhan kudu gercep siapin sarapan

      Delete
  10. super praktisnya, gak pake ribet dan cukup dengan rice cooker bisa bikin nasi uduk, nasi liwet. Pengen praktek bikin nasi uduk, sudah lama pengen banget bisa masak nasi uduk tapi maju mundur cantik karena kebanyakan mikir klo bikin nasi uduk itu ribet tahapannya.

    Ternyata dgn rice cooker begini bisa ya bikin ansi uduk yang endess dan bisa santuy

    ReplyDelete
  11. saya paling suka sama ketiga nasi di atas tapi belum pernah nyoba masak sendiri nih mbak, kapan-kapan jadi mau nyobain yang nasi uduk deh

    ReplyDelete
  12. kalau nasi uduk dan liwet sih aku suka bikin. kalau nasi jeruk belum karena belum pernah sama sekali nerasain. takut gak suka. apa rasanay kecut2 atau gimana

    ReplyDelete
  13. Tip simple yang patut dicoba nih Mak. Cuma emang godaan nasi uduk mbah di ruko itu, kadang lebih menggoda, wkwkwkw. Apalagi ditambah gorengan, duh :))

    ReplyDelete
  14. Nasi uduk dan nasi liwet udah pernah. Tapi pake bumbu instan..
    Lha yg nasi jeruk belum pernah. Mksh resepnya mb. Ntar nyoba ah

    ReplyDelete
  15. Aku suka bikin nasi uduk dan nasi liweeet Maak, duuh sama teri medan apalagii ternikaat, belom kerupuuk haduuh,makin lavaar.
    Besok bikin aahhhh nasi liweet!!
    Nah kalo nasi jeruk belom pernah samsek,jadi penasaran rasanya niih!

    ReplyDelete
  16. I do cook a lot with rice cooker as well. And frankly, not only rice but also cakes! It does come very handy

    ReplyDelete
  17. Iya mbak, masa nasi apa aja jadi praktis dengan magic com ya
    amu sudah pernah nyoba, masak masi uduk dan nasi liwet dengan magic com

    ReplyDelete
  18. Saya tertarik bikin nasi liwet, kelihatan simpel dan rasanya pasti gurih.Lah kan sudah ada bumbunya, terutama ikan terinya. Hm, menggoda iman ini dan menghempaskan niat dietku, hahaha.

    ReplyDelete
  19. Wah enak-enak semua nih, nasi uduk, nasi liwet, nasi jeruk. Sukaaa, ini makan nasinya aja pake sambal dan kerupuk sudah nikmat sekali :D
    Aku belum pernah bikin sendiri nih, biasanya beli aja. Padahal gak terlalu ribet ya bikinnya, pakai rice cooker juga bisa. Kapan-kapan mau coba bikin sendiri ah, makasih resepnya mbak.

    ReplyDelete
  20. Mantap menu-menunya, aku penasaran mau bikin yang ketiga, yang nasi jeruk, kayaknya seger-seger gitu ya nasinya. Oh iya, kembang lawang malah aku baru denger, haha. Baiklah PR Googling nih, pas banget sekarang lagi semangat bikin-bikin menu baru di Rumah, biar Suami dan Anak-anak gak bosan yess :)))

    ReplyDelete
  21. ooo I see, nasi jeruk sama nasi uduk..perbedaannya ada bahan daun jeruk dan perasan
    buah jeruk nipis. Ide nasi jeruk ini menarik, baru tahu kalau masak nasi ada variasi dengan penambahan daun jeruk dan perasan air jeruk nipis ini (WAJIB di Coba ini)

    ReplyDelete
  22. Aaah...matur thank you Mba. Setiap pagi sudah bingung masak apa yg simple tapi enak selain nasgor. Aku ga kepikiran bikin nasi jeruk itu... Pengen bikin sekarang aah.

    ReplyDelete
  23. Waah enak banget Mbak Ade terutama nasi uduknya jadi pengen coba bikin hihi kayaknya mudah ya, bahaya ini makannya jadi lebih lahap gagal diet...

    ReplyDelete
  24. Duh, saya jadi laper banget nih. Catat ah resepnya saya mau masak ini juga ah, buat sarapan kan enak yah

    ReplyDelete
  25. Nasi jeruk aja nih yang belum pernah aku cobain... Kira-kira rasanya gemana ya..hehe... Pan-kapan aku cobain bikin ah...

    ReplyDelete
  26. Ya Allah...terbayang-bayang wanginya akutu..
    Apalagi rasanya...bikin gak bisa berhenti makan. Cuma pakai sambal cumi pun jadii..
    Sekarang simple yaa, kak Ade, bisa langsung masak nasi rasa-rasa dengan rice cooker.

    Aku pernah bikin nasi uduk, tapi kayanya masih ada yang kurang.
    Mau cobain resep kak Adee...

    ReplyDelete
  27. Keren banget nih bisa masak seperti ini aku salut banget yang rajin masak di rumah apalagi ini nasi uduk itu enak

    ReplyDelete
  28. aku mau bikin nasi udu nggak pernah berhasil, saking buta banget sama urusan dapur ya ampun ngakak banget deh.. trnyata ga sulit ya mbak kalau dari resepnnya ini

    ReplyDelete
  29. Kalau nasi uduk dan nasi liwet udah sering bikin, nasi jeruk nih yang masih baru buatku. padahal ternyata lagi kekinian yak, heuheu, ke mana saja diriku ini. Btw, jadi terbayang ikan asin dan sambal tomat nih. Hmm. sedap!

    ReplyDelete
  30. Resep yang lengkap Mba, jadi bagi yg mau belajar buat nasi uduk tulisan ini sangat membantu.
    #ainhy edelweiss

    ReplyDelete
  31. Bikin nasi uduk pake rice cooker, saya udah sering, Mak.. Ini kalau mode pemalas lagi on. Tinggal ungkep ayam, goreng tempe, bikin sambel, makan pake lalapan. Uhhh, nikmaaat banget.

    Nah, kalo bikin nasi liwet dan nasi jeruk, saya belum pernah.. Pengen sih bikin nasi liwet, besok kali, yaa...

    ReplyDelete
  32. Ini mah, andalan aku banget mama ade. Aku sering bikin tuh nasi liwet sama nasi uduk rice cooker, enak kalau pas males wkwkw. TInggal plung..plung...ceklik, lauknya goreng ayam deh beres

    ReplyDelete
  33. Ya Allah, semudah itu ya bikin nasi uduk? Aku sudah lama banget pengin bikin tapi baru kali ini nemu resep yang gampang begini. Aku langsung bilang ke suamiku, mau bikin nasi uduk. Kata dia "Memangnya bisa?" Hihi, nggak tahu aja dia aku sudah dapat resep yang simple. Terima kasih Mbaaak :*

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^