Ini Dia 3 Cara Makan Ketan Kukus

Dipostingan sebelumnya saya menulis 3 resep sarapan nasi yang praktis dan enak. Nah kali ini saya akan membuatkan resep untuk sarapan juga atau bisa sebagai camilan sore dengan menggunakan ketan. Tapi kali ini resepnya cuma satu, hanya saja cara makannya ada 3. Nah, ini dia cara makan ketan kukus versi saya. Cekidot ya!

3 cara makan ketan kukus

Bismillahirrahmanirrahiim, 3 Cara Makan Ketan Kukus
Orang Indonesia kalau ditanya ketan pasti pada kenal ya. Nggak mungkin ada yang tidak kenal. Tapi kalau disuruh membedakan antara ketan dan beras, belum tentu semua bisa. Iya, Ketan memang sejenis biji-bijian serelia (sereal) yange memiliki tekstur dan kandungan serupa dengan beras. 

Fungsi ketan dan beras pun sama. Mereka sama-sama berfungsi sebagai karbohidrat untuk tubuh kita. Jadi.. kalau sarapan pakai ketan, jangan bilang belum sarapan yaa. ^_^


Lalu apa bedanya ketan dengan beras?
Bedanya adalah di warna dan tekstur setelah dimasak. Ketan berwarna agak putih keruh (kalau bahasa Inggrisnya broken white) dan padat, sedangkan beras berwarna putih bersih dan transparan. Jika dimasak ketan lebih lengket dan mudah lembek dibanding dengan beras.

Resep Ketan Kukus

Sebelum ke cara makannya, kita mulai dulu yaa bagaimana cara membuat ketan kukusnya. Nah, dicatat resep ketan kukusnya ya.

Bahan-Bahan :
  • 500 gram ketan putih
  • 200 ml santan instan
  • 1 lembar daun pandan
  • 1 liter air (atau secukupnya hingga air lebih 1 ruas jari, seperti masak nasi)
  • 1 sdt garam

Cara Membuat :
  • Cuci ketan dan rendam hingga kurang lebih 1 jam.
  • Setelah direndam, buang air rendamannya. Lalu campur semua bahan.
  • Masak atau aron campuran bahan ketan dengan menggunakan api sedang. Aduk-aduk hingga airnya saat (kering)
  • Setelah saat, masukkan aronan ketan kedalam langseng, kukus hingga 30 menit atau hingga matang.
  • Ketan siap disajikan

3 Cara Makan Ketan Kukus

Sudah tau cara buat ketan kukus, sekarang bagaimana cara makannya ya.

1. Ketan Kukus Sambal Kacang

Nah, sarapan pagi emang enak banget makan yang gurih-gurih. Buat yang suka gurih pedas, ketan kukus memang enak dimakan dengan sambal kacang. Buat sambal kacangnya juga mudah banget.

Biar nggak bingung ini saya buatkan resep sambal kacangnya.

Bahan-Bahan :
  • 2 sdm kacang tanah (atau segenggam) digoreng sampai matang
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah cabe rawit orange (ini sesuai selera ya, kalau suka pedas bisa ditambah)
  • 3 buah cabe merah kriting
  • 1 sdm cuka
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt garam
  • 300 ml air matang

Cara Membuatnya :
  • Blender semua bahan hingga halus. Koreksi rasa hingga rasa yang diinginkan (tambah kurangnya di cuka gula garam saja ya)
  • Sambel kacang siap disajikan.
Lebih nikmat lagi kalau ketannya ditaburi kelapa muda parut (kelapa muda ya, bukan kelapa degan) baru dibaluri sambal kacang.. Hhmm.. Maknyuus. 

2. Ketan Kukus Pisang Goreng

Heh? Makan ketan pakai pisang goreng? Nggak usah heran. Saya pun kaget pas baru menikah dan menginap di rumah mertua. Ternyata di Padang sarapan ketan dengan pisang goreng sudah biasa. Malah ada yang makan dengan buah duren langsung. Hmm... 

3 cara makan ketan susu


Awalnya saya bingung juga rasanya gimana, ternyata setelah saya cicipi emang enak. Gurih manis pas banget buat menu sarapan atau camilan sore.

Cara buat pisang gorengnya sudah bisa kaaan? Kalau nggak bisa, banyak kok tukang gorengan bertebaran dimana-mana.. xixixi.. kalau pun buat juga tinggal beli pisang dan tepung goreng pisang instan banyak dijual. Gampang dan cepat. Nggak pakai ribet.


3. Ketan Kukus Susu (Tansu)

Nah, yang ini cara makan ketan kekinian. Banyak yang jual. Dan modalnya juga agak mahal dikit yaa.. karena menggunakan keju, meisis dan kental manis.

Makanan ini jadi favorite di rumah. Malah sampai ke Adek Fi. Kalau nomor 1 dan 2 Adek Fi nggak suka, tapi kalau yang ketiga ini dia pasti lahap makannya.

Cara penyajiannya, susun sesuai urutan ini : ketan, parut keju diatas ketan, taburi meisis dan terakhir tuang kental manis.


Nah, ini 3 cara makan ketan kukus versi Ade UFi. Sebenarnya banyak cara makan ketan kukus lainnya, seperti makan ketan kukus dengan kinca durian. Tapi 3 cara ini yang paling sering saya buat dan praktis.

Buat teman-teman yang bingung mau buat camilan apa di masa pandemik begini, silakan mencoba 3 cara makan ketan kukus diatas. Selamat mencoba!



Wassalam






52 comments

  1. Wah. Ketan kukus sambel kacang belom oernah nyoba nih kak. Pisang sering, banyak juga yg jual sarapan pagi kek gini.

    Kalau tansu hanya bikin sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih itu enak banget. Sarapan pagi orang Betawi itu

      Delete
  2. Tansu aneka bumbu aku pernah makan di Pare, Kediri nih pas nengok Rafa acara dari MTS 4 sebulan di sana kelas bilingual. Ternyata enak banget ya ketan tuh diapain aja. Yang keju pastilah jozz rasanya. Yang bumbu kacang aku juga suka. Enaknya disantap panas2 begitu diangkat dari wajan atau oven, tergantung alat masaknya hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakenya langseng atau panci, neng.. Kan dikukus. Kalau oven di panggang, wajan digoreng.. Xixixi..

      Delete
    2. Oh iyaaa, kapai langseng yak, maklum mamah males pisaaaaan baking2, taunya makan doang hahahaha :) Itu kalau ketan mamamnya ditemenin pisang goreng, aku bayangin kayak apa yach? Aneh tapi nyata wkwkwkwkwkwkw :) Pisangnya kudu tanduk atau apa aja nih?

      Delete
  3. Bhuaaaa, dapet resep baru nih kalo ketan kukus bisa sama pisgoor, baruu denger juga nih.Secara di rumah pecinta ketan jugaa, kalo tansu sama bumbu kacang aku udah sering bikin.

    Favoritnya sih Ketan Kukus pake kelapa muda tabur gula cairrr, whuuuuu nikmaat sama teh panaas.
    Ahh aku mau nyobain ketan sama pisang ahhh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya biasanya yang sambal kacang ditaburi kelapa muda yg dikukus juga dipakein garem. Enak banget ini

      Delete
  4. Paling suka ketan kukus susu itu. Kalau yang pisang blom pernah nyoba, tapi pernah makan ketan pakai semacam saus durian gitu. Enaaaaaakkk nya minta ampun dah .. Mpe khilaf makannya nggak kira2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini pakai kinca durian, Mba namanya. Saya buat juga kok resepnya

      Delete
  5. Ketan kukus memang enyaaakkk banget bangett
    aku pernah makan yg di alun2 Batu Jatim
    ramenya minta ampuuun, karena enaakk, bisa dikasi topping duren, keju, ya ampuun ngecesss

    ReplyDelete
  6. Kalau di sini, ketan kukus dan parutan kelapa itu udah enak banget. Kalau ada uang, beli abon juga enak. Aku sendiri kurang suka ketan. Cuma kadang makan aja apalagi hangat-hangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Ita parutan kelapa plus sambal kacangnya. Ga pale sambal seperti ada yg kurang

      Delete
  7. cara satu dan cara dua blom pernah aku coba nih mba...
    jadi inget ketan susu di malang yang bisa digabung sama toping segala macam...tp favoritku yg pake durian hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tulis resepnya juga yang pakai durian.

      Delete
  8. Kalau favorit di rumahku makan ketan kukusnya pakai bumbu rendang mbak. Ini nggak boleh dilewatkan kalau hari raya. Pasti selalu ada, bentar lagi nih bakalan masak buat idul adha. Resep dari nenekku yang di Medan nih hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah patut dicoba nih. Secara saya suka bikin rendang

      Delete
  9. Sayangnya gak semua ada gambarnya mbak, jadi gak bisa membayangin hehe. Soalnya tidak ada satupun yang pernah saya coba di atas. Perlu ekplore kuliner lebih dalam lagi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto cover atau yang paling atas itu ketan kukus sus, Mba. Itu yang pisanv juga ada. Memang yang ga ada cuma sambal kacang. Saya ga sempat foto. Dah leburu habis duluan.

      Delete
  10. Dari 3 cara menikmati Ketan Kukus, Ketan Kukus Sambal Kacang, Ketan Kukus Pisang Goreng dan Ketan Kukus Susu, hanya yang terakhir yang pernah coba, yang lainnya belum pernah. Itu pun di Bogor. Memang penganan berbahan baku ketan lezat dinikmati dan saya suka. Terima kasih sharingnya Bu.

    ReplyDelete
  11. Aku suka ketan susu. Waktu itu suka karna dibikinin suami. Aku bkin kok nggak enak. Hehe. Belum pernah makan sama pisang goreng mba

    ReplyDelete
  12. Dikasih sambal kacang tetap jadi favorit saya. Suka juga kalau dikasih serundeng kelapa. Enak banget, deh. Kok, saya jadi pengen ke pasar dan bikin ketan kukus hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya niiih.. Ketan tetel namanya, Mba kalau pakai serundeng kelapa. Saya juga suka.

      Delete
  13. ohh iya ya, banyak ternyata cara menikmati makan ketan kukus ini
    aku yang belum pernah makan ketan susu dengan pisang goreng

    ReplyDelete
  14. Kalo ketan biasanya aku suka makannya bareng burjo. Wuuh, anget-anget berkuah burjo, ketannya masuk dalem mulut. Sedaapp.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya ketan yang pakai burjo itu ketan item. Memang enak sih. Kalau ketan putih belum bereksperimen.. Xixixi

      Delete
  15. Tansu idolaku! tapi belum pernah bikin sendiri padahal gampang ya. Biasanya beli di warung Tansu Kemayoran yang hits banget itu. Kalau ketan mangga macem di Thailand gitu bisa juga kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa.. Tapi saya blm pernah buat. Boleh lah saya coba nih ketan mangga

      Delete
  16. Tadi resep nasi, sekarang ketan kukus asli semuanya bikin ngeces dan jadi pengen coba bikin mbak Ade huhu wish me luck! Semoga berhasil...

    ReplyDelete
  17. Ketan kukus pisang goreng, ini enak banget. Aku dulu taunya pas tinggal di Batam. Ketan dibungkus daun pisang atasnya dikasih pisang goreng, enak banget dimakan anget anget

    ReplyDelete
  18. Kayaknya aku akan pilih cara makan yang pertama deh. Yang pake sambal kacang. Klo ketan yang dipakein serundeng tuh sama gak sih sama ketan kukus ini? Klo beda, berarti aku belum pernah nih makan ketan kukus.

    ReplyDelete
  19. Wah bikin mupeng deh ketan susunya, aku udah beberapa kali bikin ketan duren. Nah kalo makan kasih sambel kacang, ditertawai adikku. Enak ya padahal hahaha.

    ReplyDelete
  20. Aku suka ketan susu mbak, kebetulan tu deket rumah ada yang jual jajanan pasar itu jd gk pernah bikin (hallah bilang aja ra iso hahaha), apalagi yang sama susu. Kalau sama sambal kacang kyk gmn itu? Aku tahunya kalau gurih tuh yang sama semacam serundeng gtu :D
    Kalau ala Thailand nih biasanya ma mangga ya :D

    ReplyDelete
  21. Diantara semuanya cm tahu ketan susu.. Ya ampun.. Tyt bs dimakan sm sambal kacang n pisang goreng jg ya. Entar deh aku cb jg

    ReplyDelete
  22. Jadi inget ketan susu Cilandak yang dulu banget pernah datang ke sana
    uenaaaak dan tempatnya bagus pula!

    ReplyDelete
  23. Di jogja ketan kukus makannya pake taburan kacang kedelai sangrai mak. Atau juga disiram cairan gula jawa. Dulu aku sering beli. Tapi sejak pandemi jarang beli huhuhu harus bikin sendiri deh kayak gini

    ReplyDelete
  24. Sebenarnya ketan kukus ini kalau disajikan dengan berbagai kuliner lainnya cocok-cocok aja ya Mbak bahkan di Thailand malah disjaikan dengan mangga dengan mango ricenya.

    ReplyDelete
  25. Nah, Ketan Kukus Sambal Kacang ini aku kayanya belum pernah coba.
    Rasanya pasti perpaduan gurih dan bumbu kacang yang kuat.
    Bikin nagih kan..

    Tapi aku tim Ketan Kukus Susu.
    Bareng Ade Fi makannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketan ini membuat perut cukup kenyang.
      Jadi makan ketan, aman. Gak kepengen makan nasi lagi.
      Ternyata variasi makan berbahan ketan ini banyak yaah..

      Delete
  26. Ketan kukus dimakan sama duren enak lho. Wajib duren matang yang manis ya, bukan yang anyep haha Bisa juga pakai kelapa parut yang dimasak pakai gula merah. Aku sukanya ketan kukus yang dimakan pakai bubur kacang ijo. Manis gurih campur2 rasanya, dan bikin kenyang :D

    ReplyDelete
  27. Di depan kompleks perumahanku ada orang jual ketan kukus seperti ini mbak
    ketannya punel dan enak, mungkin next time aku mau coba makan ketan kukus sama pisang goreng, belum pernah soalnya
    hehee

    ReplyDelete
  28. Boleh juga ketankukuys susu itu, Mbak Ade.

    Di seluruh Indonesia, ketan familier banget ya. Kalau di daerah ayah saya, dimasaknya dibungkus daun terus anti dimakan dengan gula merah tapi gula merahnya bukan yang langsung dilelehkan gitu, dimasak dulu, dengan telur. Nanti gula merahnya kental, makan deh dengan ketan :)

    ReplyDelete
  29. Ketan merupakan salah satu favorit saya. Paling suka saat dimakan dengan tempe goreng hangat. Bisa nambah ga berhenti2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah nyoba kalo aku nih. Ketan & tempe goreng ya? Wah.. kalo di tempatku biasanya ketan kukus dan di atas ketan ada parutan kelapa yang dicampur gula merah. Enak buat ngemil hehe.

      Delete
  30. ketan kukus yaa mba. Aku suka makan ketan tapi ngga suka makan yang manis. Jadi kalau aku makannya hanya dengan parutan kelapa segar dan sambal kacang aja mbaa. Asli enaaak itu hehehe

    ReplyDelete
  31. malah baru tahu kalau ketan bisa dimakan dengan pisang goreng

    ReplyDelete
  32. Taunya cuma ketan kukus tabur abob atau kelapa gurih :) cepat kenyang makan beras ketan ini ya Mba. Cuma karena di rumah tak ada yg doyan jadi aku gabisa ekplorasi menu ketan

    ReplyDelete
  33. ternyata caranya banyak ya, kalau aku cuma tahu pakai susu sama dikasih pisang rebus manis. enak juga rasanya. cuma yg pakai pisang goreng dan sambal kacang baru tahu nih mbak

    ReplyDelete
  34. Wah makasih mba resepnya. Perlu dicoba nih. Aku selama ini makan ketan kukus pakai toping kuah duren, susu, keju, atau kinca. Pake pisang goreng sama sambal kacang belum pernah

    ReplyDelete
  35. Aku suka makan pos ketan legenda yg ada di malang, olahan ketan kukusnya di kasih keju sama durian. Ya ampun, baca blog ini jasi kebayang mau makan itu deh..

    ReplyDelete
  36. mak ada lagi pakai taburan warna kuning coklat kayak bubuk itu loh duh apa ya namanya
    kalau di sini ketan itu ya makannya pakai itu mak

    ReplyDelete
  37. Aku baru tau makanan ini mba ade aq pas ke malang blm nemuin makanan ini

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^