Cara Membuat Salad Hokben ala Chef Wilgoz

Kalau makan di Hokben pasti akan dapat sajian salad. Hanya saja dapatnya sedikiiiit sekali. Suka gumuuuzz kalau pas makan disana tuh. Mau nambah mahal banget ya? Akhirnya penasaran searching di youtube. Dan taraaa... ketemu dooong. Ada di chanelnya Chef William Gozali alias Wilgoz. Nah seperti apa resepnya? Ini saya tulis cara membuat salad Hokben ala Wilgoz.

cara membuat salad hokben ala chef wilgoz
cara membuat salad hokben ala chef wilgoz (tapi di foto kolnya kebanyakan.. xixixi)

Bismillahirrahmanirrahiim, Cara Membuat Salad Hokben ala Chef Wilgoz

Makan di Hokben itu menjadi favorite keluarga kami, karena semua anggota keluarga bisa makan... xixixi.... Selain itu rasanya sudah Indonesia banget walau makanannya ala Jepang. Ciri khas makanan di Hokben pasti dapat salad. Saya suka banget salad di Hokben. Kadang kalau makan disana saya beli salad Hokben tambahan. Soalnya seperti saya bilang diatas, kalau dalam paket makanan saladnya dikiiiit.


Hingga suatu hari Abang Fi nyeletuk, "Mi, bisa buat salad Hokben nggak?"

Hmm.. Ummi jadi tertantang untuk cari resepnya dan recook. Setelah searching di youtube, dapatlah resep membuat salad hokben ala Chef Wilgoz. 


Kenapa milih salad Hokben ala Chef Wilgoz? 

Entah kenapa, dari semua chef kekinian, saya cocok sama rasa masakan olahan Chef Wilgoz.  Kalau chef jadul saya suka dengan resep olahan Chef Bara. Cocok dilidah saya dan praktis. Selain itu Kedua chef itu kalau sedang bikin masakan bukan sekedar masak aja, ada ilmu-ilmu memasak yang lain yang dijelaskan.


Cara Membuat Salad Hokben ala Chef Wilgoz

Ok, nggak usah panjang kali lebar jelasin Chef Wilgoz, kita langsung eksekusi saja yuk resep salad Hokben ala beliau.


Bahan-Bahan Salad Hokben ala Chef Wilgoz :

  • 2 buah wortel kecil (kalau besar 1).
  • 1/2 buah kol putih kecil (kalau besar 1/4)


Bahan Rendaman Cuka Salad Hokben ala Chef Wilgoz :

  • 3 sdm cuka (saya pakai merk dixie)
  • 150 ml air
  • 2 sdm gula
  • 1/2 sdt garam


Bahan Saus Salad Hokben ala Chef Wilgoz :

  • 3 sdm penuh mayonaise (saya pakai merk maestro, kalau kata Chef Wilgoz mayo merk ini yang paling pas dengan rasa mayo Hokben, nggak usah bawel.. hahaha)
  • 1 sdm saus tomat
  • 1/2 sdm saus cabe 
  • 2 sdm krimer bubuk (kadang saya pakai susu bubuk dancow full cream)
  • 3 sdm air putih


Cara Membuat Salad Hokben ala Chef Wilgoz :

  • Iris tipis kol dan potong lidi untuk wortel. Kalau kata Chef Wilgoz salad Hokben yang asli pakai lobak, tapi kok kayaknya saya nggak pernah ketemu lobaknya ya? Taunya ya wortel dan kol.
  • Setelah diiris kol-nya direndam dengan air es dan sejumput garam. Fungsinya agar kol tidak menghitam dan tetap crunchy.
  • Lalu kita buat rendaman cukanya untuk wortelnya. Fungsi rendaman cuka ini agar wortelnya tidak bau langu dan rasanya juga jadi manis asam crunchy. Kadang kalau saya lagi malas, saya campur semua wortel dan kol ke dalam rendaman cuka. rasanya sama kok.. xixixi..
  • Untuk buat rendaman cuka, campur semua bahan lalu aduk hingga gula garamnya larut. Setelah larut masukkan wortelnya. Pastikan semua wortel kerendam.
  • Setelah selesai, masukkan kol dan wortel ke dalam kulkas, kurang lebih 30 menit hingga 1 jam.
  • Sambil menunggu salad dingin, kita buat saus saladnya (dressing). Campur semua bahan jadi satu lalu aduk hingga semua larut dan menyatu. Lalu tutup dalam wadah dan masukkan kulkas.
  • Saat hendak disajikan kita tinggal menyusunnya kol dan wortel lalu baluri dengan saus saladnya (dressing). Salad Hokben ala Chef Wilgoz siap disantap.


Kalau menurut saya agak sedikit ribet persiapan membuat salad hokben ala Chef Wilgoz, tapi demi mendapatkan salad hokben banyaaak. Tak masalah lah ribet dikit yaa. Saya suka karena semua bahannya mudah di dapat. Selamat mencoba! ^_^



Wassalam






24 comments

  1. Wah, mesti dipraktikkan nih. Salad hokben ala chef wilgoz emang enak ya. Bener deh kalau kita pas makan di restonya, saladnya dikiiit hahaha. Gemes kan jadinya. Mendingan coba bikin sendiri. Tinggal tambahin masak menu ayam kek atau apa jadi berasa dine in di Hokben deh, aseeeek :D

    ReplyDelete
  2. mbakk, toooss dulu..aku kalo makan di Hokben kadang nambah saladnya lo..digadoin gitu aja enaka ahahaha. wah boleh juga ini resepnya, next mau bikin ah buat pendamping ayam katsu

    ReplyDelete
  3. Aku sukaaaa banget sama salad. Jadi kangen bebikinan salad nih. Caranya gampang, ya. Tandain ah salad Maestronya. Nanti mau belanja dan langsung eksekusi

    ReplyDelete
  4. Waaah, noted banget cara buat salad hokbennya. Nah aku suka sama hokben tapi pas giliran saladnya aku hibahin ke anak, wakkakakak entahlah lidah ini rasanya kurang pas sama rasa salad apalagi mayonesnya, hhahaaa ndeso deh.

    ReplyDelete
  5. aku juga Ummi suka nontonin channel Wilgoz pengen coba juga bikin salad hokben soalnya suamiku suka banget sama salad hokben

    ReplyDelete
  6. Memang dikit banget salad hokben, bikin gregetan haha. Udah bener bikin sendiri aja, bisa bikin banyak sesuai selera, dan puas. Di rumahku semua pada doyan salad, anak-anak kadang bikin sendiri. Tapi belum pernah praktek rendam cuka. Tipsnya siap dicateeet :D

    ReplyDelete
  7. Paporit akuuuu, anakku juga demen banget salad HokBen
    Seger krenyes2
    apalagi dicampur mayonais-duhhh endeuss banget
    Mau coba bikin jg ah
    makasi mba

    ReplyDelete
  8. Lobak di pasar dekat rumah saya banyak, Mbak. Saya juga suka pakai lobak. Kalaupun ditambah kol, saya pakai kol ungu. Biar lebih berwarna aja hehehe.

    Waktu pertama kali bikin, saya pakai cuka biasa. Tetapi, memang gak pernah suka bau cuka. Meskipun rasa salad tetap enak. Sekarang saya ganti dengan cuka apel dan air lemon.

    ReplyDelete
  9. Aku pun suka degnan Wilgoz, cara dia memberikan informasi suka bikin ketawa apalagi kalau lihat ekspresinya. Ternyata bikin sausnya itu gampang ya mbak, bisa jadi andalan nih salad hokbe di rumah karena hampir tiap hari juga ku makan salad sebagai pendamping.

    ReplyDelete
  10. Nggak pa pa ribet dikit dipersiapannya mbak, tapi setelah jadi kan bisa puas makan saladnya.

    Kalau kami biasanya makan di hokben itu, saladnya malah nggak tersentuh. Nggak cocok di lidah kami

    ReplyDelete
  11. wah makasih sudah berbagi resep mbak
    aku harus coba bikin nih. Salad hokben ala chef wilgoz ini pasti enak
    anak anakku juga suka banget sama salad hokben ini

    ReplyDelete
  12. Terakhir lihat resep Wilgoz itu waktu nyari resep mie ayam. Jarang makan salad, lebih suka acar. Mungkin kapan-kapan dicoba ya. Kali aja lagi bosan, hehehe

    ReplyDelete
  13. Saya juga paling suka salad Hokben. Kadang bisa ngabisin punya anak-anak kalau mereka lagi gak mau makan saladnya.
    Nah sekarang bisa bikin salad ala hokben di rumah juga, dong, nyontek resepnya ya, Mbaak :)

    ReplyDelete
  14. Saya sukaaa banget salad Hokben! Rasanya kalau makan pengin nambah tapi terbatas hiks ini izin save yaa mbak resepnya mau dieksekusi di rumah.

    ReplyDelete
  15. Waah Mbak keren bisa menyajikan salad sekelas Hokben buat di rumah. Saya tuh suka banget salad sebenarnya tapi sayang nggak pintar buatnya. Mau ah resepnya.

    ReplyDelete
  16. Jadi mau buaat. Saya juga suka banget sama salad hokben ini. Tinggal bikin egg roll dan beef/chicken teriyaki buat pendamping jadi deh makan di rumah citarasa ala hokben hehehe.

    ReplyDelete
  17. Wah, tyt resepnya gini toh. Bahannya simple n tyt masaknya jg lumayan praktis. Jd pengen coba jg nih. Masa begini kudu alihkan perhatian dg bebikinan di dapur XD

    ReplyDelete
  18. dari dulu kepengen banget salad hokben bikin secara kalau beli dikit kann wkwkwk kuranggg banget rasanya. duh pengen nyoba juga mumpung aya mayo di dapur anak-anak pasti seneng

    ReplyDelete
  19. Saladnya Hokben emang beda banget ya sama yang lain... jadi pengen coba bikin juga nih...secara dah lama banget gak icip2 menunya hokben haha...

    ReplyDelete
  20. Suka sama chef Wilgoz karena kocak, apa-apa dijadiin waffle. Wkwkwk... Lontong diwaffle-in, bubur ayam diwaffle-in, untung salad hokben ngga diwaffle-in juga, haha...

    ReplyDelete
  21. Oh, ternyata rahasianya mayonaise merk Maestro ya. pantesan saya pakek merek lain rasanya jauh banget sama salad hokben. Oke deh, next harus ganti dressing. Salad HokBen ini favorit banget. Anak-anakku doyan semua, bahkan yang kecil pun sukak. jadi lebih puas nih kalau bisa bikin sendiri.

    ReplyDelete
  22. Langsung catet deh resepnya, ini enak banget kalau salad Hokben, favorite banget deh.

    ReplyDelete
  23. Wah, ini sih kesukaan anak-anak. Kalo ke Hokben, mereka kepengennya banyak deh salad ini. Wah ada resep begini, bisa bikin sendiri nih. Nanti nyoba ah. Semoga bisa mirip. Selama ini kalo bikin pasti ada kurang ini itunya. Jadinya gak dimakan. Hehehe.

    ReplyDelete
  24. aku belum pernah nih makan di hokben jadi engga bisa membayangkan bagaimana rasa salad hokben. tapi dari tampilannya bikin mouthwatering nih mbak ade. jadi pingin nyobain resepnya juga

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^