Kinca Durian Betawi, Merubah Durian Hambar Jadi Makanan Lezat

Beli durian, trus pas dibuka duriannya anyep. Nggak enak dimakan langsung. Itu rasanya gimanaaaa gitu ya. Iya kita kan tau ya kalau durian di Jabodetabek bukan buah murah. Jadi begitu dapat yang rasanya hambar (kalau kata orang Betawi, 'anyep'), langsung rugi bandar. Dibuang? duuh jangan, mending kita olah jadi makanan lezat. Nih saya kasih resep Kinca Durian, merubah durian hambar jadi makanan lezat.

kinca durian
kinca durian betawi
Bismillahirrahmanirrahiim, Kinca Durian, Merubah Durian Hambar Jadi Makanan Lezat

Durian, saya sih bilangnya duren (bukan duda keren ya).. xixixi.. adalah buah khas Indonesia yang banyak penikmatnya, tapi banyak juga yang tidak suka. Biasanya yang tidak suka karena baunya yang tajam, sehingga membuat kita men jadi pusing. Begitupun dengan rasanya yang terlalu manis.. untuk dilupakaaaan (auto nyanyi.. hahaha), bagi sebagian orang bikin eneg. 


Dulu saya tuh nggak suka dengan buah berduri satu ini. Padahal saya besar di Lampung. Dimana harga durian murah sekali. Satu butir durian sebesar kepala manusia harganya hanya Rp 2000 (tahun 1990an), dimana harga di Jakarta sudah Rp 10.000 - 20.000 per buah.


Jangankan mencicipi, mencium baunya saja saya sudah menghindar. Nenek saya yang datang dari Jakarta saking pengen-nya makan durian murah pas ke Lampung, harus rela makan di halaman belakang, diluar rumah.


Saya mulai suka durian ketika sudah tinggal di Depok. Papa saya pulang kerja beli durian montong dan itu tidak bau. Tau juga kan kalau durian montong dagingnya tebel banget, jadi pas makan tuh enak. Duriannya tidak terlalu manis dan tidak bau tajam. Disitulah saya mulai menyukai buah enak ini. Sampai saya di bego-begoin (maklum orang Betawi yang ceplas ceplos) sama adik saya.  Dia bilang "Bego lo, Kaaak.. giliran duren murah kagak doyan. Giliran dah di Jakarta, duren mahal malah suka."

hahaha... iya juga ya.


Tapi... walau dulu saya nggak suka, saya masih tetap makan durian dalam bentuk olahan lain. 

Olahan durian yang paling saya suka adalah kinca durian. Jika keluarga saya lagi mau beli durian, almarhumah mama saya selalu menyisakan beberapa butir durian untuk diolah menjadi kinca. Begitu sayangnya Mama,  sampai ingat menyisakan durian untuk anaknya yang nggak doyan. 


Selain itu, jika pas kita beli durian terus duriannya anyep rasanya, hanya dapat wangi duriannya aja. Mama pun akan mengolahnya menjadi kinca. Jadi tidak perlu khawatir mau duriannya manis atau anyep, kinca durian tetap enak dinikmati.


Apa sih kinca durian?

Jika saya bilang mau buat kinca, pasti orang akan bertanya, "Kinca apaan sih, De?"

Kinca durian itu makanan khas Betawi. Orang betawi sering mengolah durian menjadi kinca. Biasanya orang Betawi makan kinca durian bersama ketan kukus. Saya pernah menuliskan juga cara makan ketan kukus yang lainnya selain dengan kinca. Tapi kalau almarhumah mama seringnya menyajikan kinca dengan roti tawar. Dan itu kesukaan saya banget.


Kalau dilihat dari bentuk dan resepnya, kinca itu tak jauh dengan kolak. Hanya beda diisinya saja. Orang Betawi kalau bilang 'buat kolak', maka isinya pisang atau ubi. Terkadang kedua bahan itu dicampur dengan kolang kaling. Tapi kalau sudah sebut 'kinca' maka isinya wajib durian.


Resep Kinca Durian

Nah biar nggak cuma ngebayangin aja bagaimana bentuk kinca, sekalian saja kita buat yuk. Saya bagikan resepnya disini. Dicatat ya!


Bahan-Bahan Kinca Durian :

  • 1 buah durian (kalau beli yang durian kupas bisa 500 gr buah durian)
  • 200 ml santan instan (kalau mau murni 1 liter santan dari 1 butir kelapa)
  • 3 butir gula merah batok (diiris halus)
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/2 sdt garam
  • 1 liter air (kalau pakai santan murni, nggak usah pakai air)


Cara Membuat Kinca Durian :

  • Rebus durian dengan air hingga mendiri 
  • Masukkan gula merah dan aduk-aduk hingga larut dan merata.
  • Masukkan santan instan. Aduk-aduk hingga rata. Gunakan api kecil ketika memasak dengan santan, agar santan tidak mudah pecah. Jangan lepas adukkannya ya. 
  • Masukkan daun pandan dan garam. Aduk hingga mendidih sambil koreksi rasa hingga rasaya yang diinginkan. Kalau terlalu manis bisa tambahkan air. 

Biar nggak bingung ini saya buatkam videonya. Tapi di video pas tidak menggunakan daun pandan dan gula merahnya pas tinggal dikit. Jadi pucet banget. Kinca yang benar itu warnanya coklat. 



Mudah kan? Yakin daaah semua pasti bisa membuatnya. ^_^

Seperti yang sudah saya tulis diatas bahwa makan kinca durian enaknya bersama ketan kukus atau roti tawar. Dan mau duriannya manis atau anyep, kinca tetap enak dinikmati. 


Nah, resepnya sudah saya jabarkan diatas. Semoga semua bisa mencoba buat kinca durian yaa.. Selamat Mencoba. ^_^




Wassalam






27 comments

  1. pecinta durian wajib nyobain resep ini yaaa.. jadi penasaran, tapi saat ini belum musim durian his

    ReplyDelete
  2. Asal mula dibuat Kinca Durian, mungkin dulu memang sebagai solusi agar tidak mubazir ya. Bisa karena alasan anyep, bisa juga karena kelebihan.

    Kayak Tempoyak di SUmsel, kalau dari cerita nenekku (nenekku punya kebon durian 25 pohon), dibuat karena durian terlalu berlimpah. Gak kemakan-makan. Jadi daripada dibuang, dijadikan berbagai macam olahan seperti tempoyak dan lempok. Jadi awet dan bisa dimakan kemudian di lain waktu. Kalau jangka pendek, durian yang berlebih dijadikan bolu, minuman, kolak (mirip kinca), dan sambal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang sejarahnya begitu, Mba Rien. Daripada mubazir kan ya.

      Delete
  3. wah baru tahu nih kinca durian, kayaknya untuk yg jual jadi masih jarang ya mbak Ade? kalau bikin sendiri fix ga yakin bisa. haaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya termasuk makanan langka, jangankan jual yg buat aja jarang. Paddahal enak banget

      Delete
  4. wuih kinca durian.. hmm pasti buat pecinta duren mah akan merasa ngeces dan pengen langsung aplikasikan di rumah deh resepnya. Mantap pisan nih buat menu dessert keluarga di rumah.

    ReplyDelete
  5. Aahh, pas baca ini aku lagi bikin cemilan apem pake kincaa.
    Ehh ini malah ada kinca durian, kalo keluargaku pada ga suka duriaaan MAak, ndesooonya ampoon hahhaaaa.

    Hmm, bagi yang doyann keknya duuh menggiurkan tuuh!

    ReplyDelete
  6. Baru tahu namanya Kinca kalau di Betawi.
    Kalau di Sumatera namanya macam-macam.
    Di Siantar, tempat aku lahir, kolak durian.

    Di kampung suami, Barus Tapanuli Tengah, namanya nasi tuai, kolak durian yang dimakan bareng ketan kukus.

    Jadi terbayang ketika aroma pandan, gula merah dan santan bersinergi!

    Benar banget, kuahnya kudu pekat ya.
    Kalau pucat kurang greget!

    Ah, jadi pengen!


    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener.. Macam srikaya di palembang juga ada yg pakai durian ya, Mba

      Delete
  7. Mba Adeee, nenek aku Betawi. Sering bikin kinca dureen ini. Aku pertama kali tau dari almarhumah nyai aku alias nenek.
    Aku sukaaa dicocol roti tp ketan jg doyan sih klo dikirimin 🤣
    Blm pernah bikin kinca. Klo sama buah duren aku biasa ajaa, yg montong udah pasti nggak nolak..😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Iya memang enak kalau pakai roti ya

      Delete
  8. Bunda berdiri di gardu orang2 yg "gak pernah eneg" kl bau duren malah dicari tuh dari mana nih dateng baunya!! Hehe... Apalagi makan ketan disiram kinca duren... yummy bodo amat sama kolestrol dah.Lanjuuut dilamot hahaha...

    ReplyDelete
  9. Kinca durian, baru tahu ada olahan durian kayak gini. Cara membuatnya juga gampang ya. Bisa nih di coba kalau pas musim dan harga durian pas murah.

    Kalau suami saya biasanya mengolah durian yang nggak manis dijadiin tempoyak.

    ReplyDelete
  10. Duh ini enak banget loh...meskipun ya..habis makannya berasa guilty gitu hahahha.. Bisa disebut kolak duren juga gak sih kak..? cuma santannya lebih kental gt ya...

    ReplyDelete
  11. Wah, kelihatannya enak banget nih kinca durian khas betawi. Mungkin kalau saya makan ini, bisa suka makan durian. Selama ini saya kurang suka sama durian. Dari aromanya saja, sudah bikin pusing.

    ReplyDelete
  12. Belum pernah cobain kinca durian ini, duh enak kali yah rasanya creamy gitu, jadi ngeces nih.

    ReplyDelete
  13. Kinca ini berarti rasanya manis ya Mba. Saya suka sih durian, tapi kalau makannya banyak suka pusing sama baunya. Pengen juga sesekali cobain kinca durian ini, penasaran sama rasanya

    ReplyDelete
  14. Ya ampun Mbak Ade bikin ngiler saja, tanggung jawab! Hehe. Buah durian nih kesukaanku bangett tapi jarang makan soalnya musiman dan mahal hihi aku belum pernah makam kinca begini..

    ReplyDelete
  15. Waah, terima kasih resepnya Mbaak!
    Selama ini kalau saya beli durian terus rasanya anyep, meski kurang nikmat tetep di makan, soalnya sayang hihihi (sayang harganya maksudnya ;D)
    Lain kali kalau nemu durian yang gak manis, mau saya coba dibikin kinca durian. Pastinya jadi lebih enak ya, Mbak.

    ReplyDelete
  16. Owalah, ini yo kinca.. Kalo di tempatku namanya kolak ketan duren mbk. Hampir tiap musim durian, ibuku selalu bikin ini.. Duh, harum banget pokoknya apalagi ada duriannya

    ReplyDelete
  17. Aku sih bukan penikmat kinca duren - padahal mertua betawi asli,
    kalo duren dalam bentuk buah - dingin - aku rela makannya kalo dibuat dalam bentuk lain agak mikir mikir

    ReplyDelete
  18. Aku pernah makan gak yaaa kinca durian ini? Kyknya pernah tau tapi kok gak yakin hehe
    Lupa2 ingeeett
    Wah gimana ini org Lampung gak suka duren hehe aku kebalikannya suka banget ma duren, dimakan ok, dikreasikan jd makanan manis bahkan makanan pedas kek sambel2an gtu sukaaa :D

    ReplyDelete
  19. Jadi Kangen makan kinca durian... Resepnya Sama persis Sama punya mamah mertua.. klo udah masak sekejap bisa habis mba.

    Tapi klo Aku sih lbih suka durian gk d olah mba dimakan Aja lsg

    ReplyDelete
  20. Iih...bisaan kak Ade...
    Kalo uda diolah lagi begini, jadi lebih yummii yaa...

    Aku pernah doonk...pesen di temen, katanya durian monthong.
    Pas beli, dalan satu wadah tuh brasa gak semuanya Monthong. Jadi di oplos.

    Aku gak nyalahin temen, mungkin dia juga ambil di orang yaa..
    Tapi aku jadi gengges sendiri...karena uda beli-beli sendiri, suamiku gak mau karena ga manis..ya aku lahap sendiri dengan rasa gondhok.

    Gak manis blaasss..
    Huhuu...mana daging buahnya tipiiss...

    Harus belajar resep kinca durian dari blog kak Ade.
    Jadi gak kapok lagi beli durian.

    Let's Gooo....!

    ReplyDelete
  21. Mbak Adeeee...aku suka banget loh kinca durian ini. Apa aja deh olahan durian aku suka. Tapi baru tau juga kalau durian hambar bisa dijadikan kinca juga.

    ReplyDelete
  22. Kinca durian ini ketemu putu mayang juga enak langsung hilang pusing setelah nemenin anak-anak ujian sekolah hahaha.

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^