Resep Adonan Utama Aci untuk 3 Camilan Olahan Aci

Pernah dengar beragam makanan dari Jawa Barat yang mengandung aci? iyaa.. macam cilok, cilor, cimbay, cimin, dan ci ci yang lainnya. Ada banyak loooh... tapiiii dari semua camilan aci tersebut, adonan utamanya itu sama. Saya buat nih resep adonan utama untuk 3 camilan olahan aci. cekidot!

adonan utama aci untuk camilan olahan aci

Bismillahirrahmanirrahiim, Adonan Utama Aci untuk 3 Camilan Olahan Aci

Pertama kali pindah ke Depok, saya sempat bingung ketika ditawarkan oleh teman-teman kampus saya untuk jajan cilok. Maklum yaa.. jaman kuliah dulu (tahun 1994) di Lampung tidak pernah saya temui cilok. Bahkan di Jakarta pun jarang ditemui.


Setelah teman saya jelaskan, kalau itu makanan dari aci dan diberitahu bentuknya macam apa, saya cuma langsung teringat bakso aci. Nah, kalau bakso aci banyak saya temu di Jakarta. 


Memang Cilok dan Bakso Aci sebelas dua belas bentuknya. Beda di kuah aja. Kalau Cilok kuahnya kuah kacang, sedangkan Bakso Aci kuahnya kuah bakso. Tapi pada dasarnya pembuatan bulat-bulat acinya berbahan sama. 


Saat hendak membuat tulisan ini saya sempat konsultasi dulu dengan Mbah Google tentang makanan kenyal montok imut ini. 


Apa sih aci itu?

Untuk sebagian orang mungkin sudah paham apa itu aci. Aci adalah bahasa Sunda dari pati atau tepung. Jadi aci adalah makanan yang terbuat dari tepung. 


Apa semua makanan yang dari tepung disebut aci? 

Nggak, karena aci hanya terbuat dari tepung tapioka atau tepung sagu dari pohon enau. Untuk sebagian orang kadang dicampur dengan tepung terigu.


Aci sama nggak dengan kanji?

Sama, karena sama-sama dari tepung sagu. Tapi kalau Aci masih campur-campur. Sedangkan Kanji memang khusus tepung sagu.


Tepung sagu tuh tepung tapioka ya?

No no no.. beda. Tepung sagu ya tepung yang terbuat dari sagu, sedangkan tepung tapioka terbuat dari singkong atau ketela. Jangan salah yaa.. tapi kalau mau buat aci yaa keduanya bisa dipakai. Tapi kalau saya lebih suka menggunakan tepung tapioka.

Kalau tepung terigu? tau dong yaa terbuat dari apa? Yes, benaaar.. tepung terigu terbuat dari gandum. Sedangkan tepung beras terbuat dari beras. Loh? ini kenapa jadi belajar beragam macam tepung... xixixi..


Resep Adonan Utama untuk Camilan Olahan Aci

Ok, kita masuk ke inti dari tulsan ini yaa. Kita buat adonan utama untuk camilan olahan aci. Dicatat yaa.. mudah kok. Insya Allah yang baca bisa mempraktekkan di rumah.


Bahan-Bahan Adonan Utama Aci :

  • 250 gram tepung tapioka
  • 250 gram tepung terigu
  • 1 batang daun bawang (iris halus)
  • 3 siung bawang putih (uleg halus)
  • 1 sdt lada bubuk (saya pakai ladaku)
  • 1 sdt garam
  • Air secukupnya.
  • kaldu secukupnya (optional)


Cara Membuat Adonan Utama Aci :

  • Campur semua bahan, kecuali air.
  • Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni adonannya, hingga adonan menjadi kalis (tidak menempel atau lengket ditangan lagi)
  • Kalau ingin acinya kenyal dan agak-agak alot takaran tepung tapiokanya lebih banyak dibanding tepung terigunya. Tapi kalau mau yang empuk, kebalikannya. Perbanyak adoanan tepung terigunya.
  • Nah, Adonan siap diolah menjadi 3 camilan dibawah ini.


1. Cilok

Nah, camilan ini terkenal banget nih. dan banyak dijual di abang-abang. Cilok sendiri akronim dari aCi dicoLOK.  Tapi di era pandemik ini, kita perlu yang higienis ya, jadi lebih baik buat sendiri. 


Cara membuat cilok :

  • Untuk membuat cilok, kita cukup siapkan air yang direbus di panci. Tunggu hingga air mendidih. Sambil menunggu air mendidih kita buat bola-bola ciloknya.
  • Untuk membuat bola ciloknya, comot.. duh comoooot.. dipotong mungkin yaa. Ambil adonan utama aci dan timbang kurang lebih 15 gram., lalu bentuk bola-bola.
  • Saat membuat bola-bola bisa kita isi sesuai dengan selera kita, kemarin saya isi dengan keju. Kalau nggak punya keju, bisa kita isi dengan kornet, atau bisa juga kita masak lagi isinya dengan daging giling yang ditumis dengan bawang merah dan bawang putih. Suka-suka kita deh mau diisi apa.
  • Tapi kalau misalnya males dengan segala isian tersebut, tanpa isi pun sudah enak kok.
  • Setelah dibentuk bola-bola cilok, cemplungkan bola-bola tersebut ke air mendidih. Tunggu sampai bola-bola mengambang di air.
  • Jika sudah mengambang, cilok bisa diangkat dan siap untuk disantap.
  • cilok ini bisa disajikan dengan bumbu kacang (resep bumbu kacangnya bisa dibaca ditulisan saya  3 cara makan ketan kukus) atau kecap atau saos sambal. Silakan pilih sesuai selera.
  • Karena namanya Cilok, maka cara makannya adalah dengan mencolok aci dengan lidi tebal atau garpu lalu dicelupkan atau dicocol ke bumbu kacang/kecap/saos sambal.

2. Cireng

Cireng ini akronim dari aCI di goRENG. Sudah jelas berarti ya bahan yang kita gunakan bukan air rebusan lagi, melainkan minyak untuk menggoreng. Nah, ini cara membuat cireng.

Cara membuat Cireng :

  • Untuk membuat bola ciloknya, comot.. duh comoooot.. dipotong mungkin yaa. Ambil adonan utama aci dan timbang kurang lebih 20 gram., lalu pipihkan agak tipis (jangan tebal-tebal ya, khawatir tidak matang didalamnya) atau dibentuk sesuai selera.
  • Sebelum digoreng bisa juga kita beri isi sesuai dengan selera kita. Bisa diisi keju, coklat, daging giling yang ditumis, daging ayam. Suka-suka kita deh mau diisi apa.
  • Tapi kalau misalnya males dengan segala isian tersebut, tanpa isi pun sudah enak kok.
  • Setelah dibentuk, panaskan minyak, lalu goreng adonan cireng tersebut hingga agak kering.
  • Nah, cireng siap disantap.
  • Cireng ini bisa disajikan dengan saos sambal atau bubuk berbumbu untuk snack, sepeti bubuk barbeque, jagung bakar, lada hitam, dll. Silakan pilih sesuai selera.


3. Cibay

Nah Cibay ini asli saya baru tau pas saya coba mengolah beragam camilan dari aci ini.  Cibay adalah akronim dari aCI ngamBAY. Arti dari ngambay adalah berjuntai. Ada yang memberikan kepanjangan dari Cibay itu aci lebay.. mungkin saking menjuntainya jadi keliatan lebay. ada juga yang menamai dengan aci jablay.. hahahaha.. ada-ada aja deh. Saya sih tetap pada patokan orang sunda asli yaitu ngambay.

Adonan utama aci untuk 3 camilan olahan aci


Cara membuat Cibay :

  • Kalau adonan utama aci dibuatnya di wadah kering, sedangkan adonan utama untuk cibay dibuat di wajan panas, tanpa tepung terigu. Aduk semua adonan hingga mengental dan agak menjuntai. Macam karet, kenyal-kenyal gitu.
  • Siapkan kulit lumpia untuk tambahan bahan cibay. 
  • Ambil 1 sendok adonan cibay yang telah mengental, lalu letakkan diatas kulit lumpia. Setelah itu tutup kulit lumpianya sesuai selera. Bisa berbentuk kotak seperti martabak tahu, atau segitiga seperti pastel. Saat merekatkan kulit lumpia bisa menggunakan air.
  • Setelah dibungkus dengan kulit lumpia, goreng cibay hingga kecoklatan. 
  • Cibay siap disajikan.
  • Cibay bisa dimakan dengan bumbu kacang, saos sambal, bubuk cabai atau bubuk-bubuk berbumbu. Silakan pilih sesuai selera.
Adonan utama aci untuk 3 camilan olahan aci
photo by cookpad


Naaah, itu tadi resep adonan utama aci yang diolah menjadi 3 camilan berbahan aci. Teman-teman bisa mencoba salah satunya, atau ketiga resep tersebut langsung juga bisa. Selamat mencoba!




Wassalam






24 comments

  1. Mbak Ade...aku nemu akena aci ini saat tinggal di Jakarta dan suka dong, Cireng di rumah yang laku bangets...Tapi biasa sih beli hihihi. Ya ampun ini komplit sekali. Aku mau bikin juga ah kalau gitu. Makasih sharingnya ya

    ReplyDelete
  2. aku pernah diajarin temen cara buatnya tapi tetep aja ga pandai. hihihi.. pada akhirnya selalu beli lagi- beli lagi. ini mau cobain deh resepnya mba ade. penasaran jg mau bikin cilok dan cireng sendiri

    ReplyDelete
  3. Cilok, cireng, cibay sama2 menggoda seleraaaaaa :) AKu mah maunya langsung jadi aja ah, males bener bikinnya hahahaha :D Dasar mamak malas akuh wkwkwkwk :) Caranya gampang sebenernya cih ya. Oh sekarang jadi tau perbedaan tepung2nya deh. Paling enak makan camilan ini sambil ngeteh atau ngopi di sore hari.

    ReplyDelete
  4. Camilan gampang banget ya bikinnya.. Daripada beli mending bikin sendiri..Kalo cilok sama cireng udah kenal banget sih..nah kalo cibay ini yang belum tahu kayak apa modelnya hehe.

    ReplyDelete
  5. Duh cibay ak nggak tau nih mba. Kudet banget. Gk ada potonya haaa.. Tapi ak mau praktekin yg resep ciloknya mba. Cireng udh pernah bikin dulu hehe

    ReplyDelete
  6. Di antara Cilok, Cireng, dan Cibay, aku paling suka cilok. Tapi nggak sembarang cilok, ciloknya mesti Cilok Djoedes buatan tetanggaku yang outletnya udah tersebar di berbagai kota #malahiklan hahaha
    Sebetulnya aku kurang suka makan makanan yang bahannya aci ya, tapi karena cilok yang dibuat tetanggaku itu bedaaaa banget dengan cilok pada umumnya, aku jadi suka. Ketagihan malah. Karena bentuknya mirip bakso urat, dibuat pakai daging sapi dan dalamnya ada lamur segala, bahkan jamur. #lhamasihiklan :)))

    Makasih ya mbak Ade buat resepnya. Walau aku males bikin makanan berbahan aci, rajin makan doang, suatu saat akan kucoba salah satu resepnya, terutama cilok.

    ReplyDelete
  7. Hhahahaaa comot.. iyasih, kita lebih akrab dengan comot - atau dijimpit kalo orang Jawa bilang

    Aku pernah bikin cilok tapi gagal, bikin cireng juga pernah ikutin dari youtube nah lumayan berhasil tuh De. Nah hebatnya, aku baut cireng dan cilok gagal, tapiiii aku sukses bikin moci! Dan lupa itu "faktor berhasil apa gagalnya" dimana! hahahaha

    Baru tahu kalau perbandingan tepung kanji - tapioka dan tepung terigu itu untuk menghasilkan kekenyalan atau keempukan prodak ya!

    ReplyDelete
  8. Hingga saat ini aku masih gagal bikin cilok mam, kalau ngga terlalu lembek, jadi terlalu keras. Ada tips bikin cilok anti gagal mam? resep yang di sini apakh bisa aku terapin ya?

    ReplyDelete
  9. Kalau cilok dan cireng saya udah familiar banget, Mbak. Tapi untuk cibay, saya baru tau. Bentuknya seperti apa, ya? Kalau ada gambarnya barangkali saya jadi ngeh, mungkin sebenarnya sudah pernah lihat tapi gak tau namanya hihihi

    ReplyDelete
  10. dari varian aci, yang paling aku suka ya cireng
    apalagi cireng bunbu rujak, duh enak banget itu
    aku juga pernah bikin cireng dari nasi

    ReplyDelete
  11. Ternyata gak semua camilan dari aci saya suka. Saya masih sulit suka cilok. Tapi, kalau cireng bisa habis banyak hahaha. Nah, kalau cibay yang saya belum tau :D

    ReplyDelete
  12. Aku pernah belagu banget beli tepung tapioka buat aci-acian gini kan dan gatot. Terus nyoba bikin Cireng. Ternyata lumayan berhasil. Habis itu bikin adonan lain dan gagal, hahaha

    Masih menata hati nih biar gak buang-buang tepung

    ReplyDelete
  13. cibayyy baru dengar yang ini, hahah... fotonya cibay yang mana mbak? penasaran bentuknya
    kebayang mau bikin adonan aci sambil sensory play dengan anak-anak. Macem buat slime kali yaa

    ReplyDelete
  14. Pengen coba bikin cilok deh Mbak Ade, kayaknya lebih bersih jika bikin sendiri daripada beli di abang-abang ya.. Sama resep nasi gurih rice cooker tulisanmu itu juga bikin mupeeng..

    ReplyDelete
  15. Banyak yang minta gambar cibay... nah saya kasih nih gambae cibay.. xixixi

    ReplyDelete
  16. Aku jarang makan cilok mba. Tapi emang pernah nyoba dan suka sih. TApi kalau buat kayaknya kadnag kurang telaten. Bisa nggak kalau mba Ade yang bikin dan aku yang nyobain ?

    ReplyDelete
  17. Aku tadi juga konsultasi ke mbah gugel, Mbak.. kayak ada yang kurang nyebut nama tepung.. eh ternyata tepung maizena yang belum kesebut. Hahaha..
    Btw besok hari Minggu. Kayaknya asyik nih bikin cilok sama cireng. Kalo cibay mesti beli kulit lumpia ke pasar.. males.. hihi.
    Makasih resepnya, Mbak 😊

    ReplyDelete
  18. Makanan dari aci ini udah familiar banget di lidahku, maklum orang Jawa Barat hehehe. Ada yang bilang aneh tapi buatku enak banget gimana dong suka sih.
    Lucu juga sih kepanjangan CIBAY ya hehehe. Aku suka cilok dengan kuah kacang.

    ReplyDelete
  19. belum berhasil nih membuat cilok, alhamdulillah ada resepnya di blog umi ade. jadi aku ijin save resepnya yaa. mau aku recook. moga berhasil hihii makasih ya mi

    ReplyDelete
  20. Waduh, ini sih kesukaan orang-orang rumah. Ketiganya pada suka. Kalo di rumah, ditambah cimol, cilung, cilor, sama cipuk. Hehehe... kami memang keluarga aci. Gak bagus buat kesehatan, tapinya enaaaak. Tambah sambal kacang, sambal rujak, atau malah saos aja udah enaaak. Mana bikinnya gampang2 pula.

    ReplyDelete
  21. makasih resepnya dah lama pengen bikin cilok sendiri..besok pas libur aku coba bikin deh,,

    ReplyDelete
  22. Aku kok gagal terus kalau bikin Cilok, gak bisa kenyel menul-menul kayak bikinan abang-abang cilok. Kadang malah blenyek mungkin krn kebanyakan air. Tapi anakku doyan aja sih, meskipun secara estetika nggak indah dipandang, hehe. Tanganku emang kurang bersahabat sama dapur. Masak apa-apa hasilnya AASD aja. Asal Anak Suami Doyan, hehe.

    ReplyDelete
  23. Suka banget sama cilok apalagi kalau yang pedes banget gitu tapi belum pernah bikin sendiri karena bahannya juga rada banyak ya mba hehehe

    ReplyDelete
  24. Maaak baru denger ada Cimbay tapi kenapa aku ngebayanginnya Aci Cirambay ahahahaha yastaga mau makan olahan aci kenapa malah jadi cirambay kan pusing yak. Tapi resep adonan aci ini bakal aku rekomendasiin ke ibuku sih Mak biar cuss langsung dicobain buat nyemil sore muehehehe.

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^