Review Mobil Suzuki Ertiga Dengan Kelebihannya

Punya 4 orang anggota keluarga rasanya sepeda motor saja tak cukup untuk jalan-jalan atau sekedar berkunjung silaturahmi ke rumah saudara atau teman. Butuh kenyamanan dan keamanan agar perjalanan terasa menyenangkan dan berkesan. Hal yang bisa memberi kenyamanan adalah pemilihan kendaraan harus tepat. Apalagi kalau bukan mobil ya? Nah, disini saya akan membahas mobil yang nyaman untuk keluarga, yaitu Suzuki Ertiga. 

Suzuki Ertiga

Bismillahirrahmanirrahiim, Review Mobil Suzuki Ertiga Dengan Kelebihannya

Sudah sejak lama saya dan Pak Suami berharap sekali punya kendaraan roda 4. Apalagi sekarang beli mobil sudah mudah sekali. Punya uang 5 juta bisa langsung bawa pulang mobil. Bukan kami tak sanggup beli, tapi kami lebih suka membeli secara cash untuk mendapatkan sebuah mobil.


Sambil menabung menunggu uangnya terkumpul, saya sudah lirak lirik mencari type mobil yang pas buat keluarga kami. Pak Suami sempat berceloteh, "Suzuki Ertiga kayaknya pas deh buat kita, Mi. Abi suka dengan desainnya." hmmm... ayo deh.. kita ceki-ceki. 


Seputar Suzuki Ertiga

Kita cari tau dulu deh yaa sejarahnya Suzuki Ertiga. Awalnya, kendaraan yang satu ini diberi nama R-III dan diluncurkan pada suatu acara bernama Indonesia International Motor Show (IIMS) tahun 2010. 

Setelah itu, Suzuki Ertiga juga tampil secara perdana pada ajang Auto Expo tahun 2012. Acara ini diadakan di New Delhi dan mobil ini resmi berganti nama seperti yang tertulis saat ini Suzuki ERTIGA.


Spesifikasi Suzuki Ertiga

Walaupun sudah diluncurkan sejak beberapa tahun silam, mobil ini masih menjadi incaran banyak orang karena spesifikasinya. Salah satunya tidak lepas roda bagian depan menggunakan sistem Front Wheel Drive atau FWD.

Ertiga juga bisa dikatakan sebagai salah satu mobil keluarga terbaik saat ini. Apalagi mobil yang satu ini juga dilengkapi dengan mesin bensin K Series. 

Untuk generasi keduanya diluncurkan pada 2018 dengan platform Heartect. Sedangkan di Indonesia untuk generasi keduanya hanya menyediakan mobil dengan mesin bensin. Adapun spesifikasi lainnya ada di bawah ini.

Dimensi Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga dilengkapi dengan beberapa dimensi di antaranya adalah GA/GX/GL, MT dan AT. Bagian front treadnya berukuran 1480 mm dan read treadnya 1490 mm. Ukuran Ground Clearancenya adalah 185 mm dan Turning Radiusnya 5.2 meter.

Weight Suzuki Ertiga

Curb weight dari suzuki ertiga memiliki berat yang beragam di antaranya 1.160, 1.175, 1.185, 1.180 dan 1.190 kg. Sedangkan untuk Gross Vehicle Weight ukurannya juga beragam, mulai dari 1.760 hingga 1.770 kg.

Engine Suzuki Ertiga

Beralih ke bagian mesin, mobil ini menggunakan tipe K1 4B dengan jenis DOHC VVT dan telah dilengkapi 4 silinder. Kekuatan pistonnya mencapai 1.373 cc dengan bore stroke 73×82 mm. Dengan mesin tersebut Suzuki Ertiga mampu menghasilkan tenaga hingga mencapai 95/6.000 rpm.

Torsi maksimumnya sendiri 130/4.000 rpm. Fuel sistemnya menggunakan jenis Multi Point Injection. Selain itu, mobil yang satu ini juga memiliki compression dengan perbandingan 1 banding 10. Untuk number of valvenya adalah 16.

Transmission Suzuki Ertiga

Bagian transmisi dari mobil ini terdiri dari 5 grade ratio dengan tipenya 5 MT. Selain itu, pada bagian transmisi juga dilengkapi dengan Reverse dan Final Gear Ratio.

Chassis Suzuki Ertiga

Bagian berikutnya adalah Chassis yang dilengkapi dengan Steering jenis Rack and Pinion. Untuk bagian Brakenya menggunakan jenis ABS dan EBD sedangkan fontnya adalah Ventilated Disc. Adapun jenis Rear yang digunakan adalah Leading atau Training Drum. 

Tidak ketinggalan juga pada bagian suspensinya yang ada di depan menggunakan jenis MacPherson Strut With Coil Spring dan rear nya berupa Torsion Beam with Coil Spring. Tyresnya berukuran 185/65 R15. Mobil ini memiliki kapasitas tangki hingga mencapai 45 liter.

Kelebihan Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga Irit Bahan Bakar

Kelebihan pertama dari mobil yang satu ini adalah irit dalam penggunaan bahan bakar. Ini yang jadi idola para direktur keuangan rumah tangga. Jika kita menggunakan Suzuki Ertiga hingga 12 KM, hanya membutuhkan 1 liter BBM saja. Nah, lumayan kaaan 1 banding 12. Hal ini dikarenakan di dalamnya telah dilengkapi dengan teknologi berbasis VVT atau Variable Valve Timing.

Interior Suzuki Ertiga Tampak Mewah dan Elegan

Selain irit Pak Suami pernah bilang jika ia suka dengan desain interiornya. Menurut Pak Suami bagian interiornya tampak mewah dan elegan. Bagian luar dan dalamnya dibuat dengan bentuk bulat selain itu pada console tengahnya sangat pas untuk lekukannya.

Fitur Suzuki Ertiga yang Sangat Lengkap

Kelebihan terakhir adalah terdapat kelengkapan fitur yang membuat banyak orang ingin memiliki mobil ini. Fitur-fitur tersebut di antaranya adalah berupa keselamatan untuk pengendara dan penumpang menggunakan rem ABS dan EBD tipenya adalah airbag serta GX.

Selain itu, Suzuki Ertiga juga telah dilengkapi dengan immobilizer. Tentu saja kendaraan lain masih langka yang menggunakan Immobilizer ini.


Nah, melihat spesifikasinya, makin mantab deh nih nabung biar bisa kebeli Suzuki Ertiga secara cash. Doakan saja semoga tahun ini harapan kami terwujud jadi kenyataan. Aamiin. 




Wassalam






No comments

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^