Macam-Macam Baju Muslim Pria (Baju Koko) di Indonesia

baju muslim pria

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum w.w.

Hai temans,
Beberapa hari yang lalu, umat muslim merayakan Hari Raya besar kedua setelah Hari Raya Iedul Fitri. Yes, kita merayakan Hari Raya Iedul Adha. Hari Raya dimana Allah melihat keikhlasan hambaNya untuk berbagi daging kurban sesuai syariat Islam.

Kali ini saya tidak akan membahas tentang hewan kurban. Dan saya juga tidak akan membahas kuliner khas lebaran, karena sebelumnya saya pernah bahas tentang sayur babanci, sebagai makanan khas orang Betawi di Hari Raya. Kini saatnya saya membahas tentang baju muslim, khususnya baju muslim pria atau Baju Koko.

Asal Mula Nama Baju Koko

Baju Koko, baju dengan kerah tegak di leher dan 5 kancing dibawahnya, sudah menjadi identik sebagai baju muslim pria di Indonesia, padahal Baju Koko sendiri berasal dari Nergeri Tirai Bambu.

Menurut pengamat budaya Tionghua peranakan, David Kwa, Baju Koko ini awalnya bernama baju Tui Khim. Namun dikalangan rakyat Betawi menyebutnya dengan Baju Tikim.

baju muslim pria
Baju Tikim (photo by apakabardunia.com)

Baju Tikim ini digunakan rakyat Betawi sebagai baju sehari-hari. Baju yang biasa kita lihat sebagai baju tradisional orang Betawi. Baju Koko putih lengan panjang dengan celana komprang (longgar) plus ikat pinggang dompetnya.

Remy Silado, sebagai budayawan Indonesia menjelaskan bahwa dahulu kala Baju Tikim ini sering dipakai oleh engkoh-engkoh. Jika dieja dalam bahasa Indonesianya koko. Maka jadilah nama Baju Tikim berubah menjadi Baju Koko.

Baju Koko bukan Baju Takwa

Di beberapa daerah banyak yang menyangka bahwa Baju Koko sama dengan baju takwa. Padahal sejarahnya baju takwa bukan berasal dari baju tukim. Baju takwa berasal dari baju jawa (surjan), yaitu baju dengan motif garis lurus vertikal berwarna coklat muda atau coklat tua.

Baju takwa atau Baju Surjan ini adalah baju resmi adat Jawa khas pria. Baju ini hanya dipakai di wilayah Jogjakarta.

Asal mula baju surjan berawal dari Sunan Kalijaga yang merubah baju lurik Jawa yang berlengan pendek menjadi lengan panjang.
baju muslim pria
Baju surjan desain sunan kalijaga (photo by dewisundari.com)

Model baju takwa adalah lengan panjang, ujung baju runcing, leher dengan kancing 3 pasang. Kancing yang berjumlah 6 melambangkan rukun Iman. Baju Takwa juga memiliki dua kancing di dada kanan kiri yang berarti dua kalimat syahadat. Lalu 3 buah kancing tertutup melambangkan 3 nafsu manusia yang harus diatasi, yakni nafsu bahimiah (binatang), lauwamah (perut) dan nafsu setan.

Iih bermakna sekali yaaa. Wajarlah dinamakan baju takwa.

Sumber :
apakabardunia.com
dewisundari.com

Macam-macam Baju Koko

Dulu Baju Koko memang 1 model saja. Berwarna putih dan berlengan panjang. Perbedaan yang terlihat hanya ada pada bahan dan bordiran pada baju muslim pria tersebut.

baju muslim pria
baju koko standar (photo by matahari mall)

Seiring perkembagan jaman, Baju Koko kini mulai terlihat modis diolah oleh tangan-tangan kreatif para perancang busana. Modifikasipun dimulai dari warna yang beragam, bahkan sekarang bentuknya beragam.

Baju Koko Kerah bulat dan V

Perancang busana seolah membaca keluhan pria-pria berleher besar. Begitupun dengan anak-anak yang nggak betah dengan kondisi leher sanghai, maka diciptakanlah Baju Koko berkerah bulat dan V.

baju muslim pria
Baju koko kerah bulat (photo by matahari mall)

baju muslim pria
Baju koko kerah v (photo by matahari mall)


Baju Koko Lengan Pendek

Fungsi Baju Koko kini tidak lagi dipakai untuk acara keagamaan saja. Banyak pria-pria yang menggunakan Baju Koko sebagai identitas dirinya. Sehingga mereka menggunakannya sebagai baju kegiatan sehari-hari.

Baju koko lengan pendek (photo by matahari mall)


Baju Koko Panjang

Disebut Baju Koko panjang, karena memiliki panjang hingga ke mata kaki. Biasanya kita sebut dengan Gamis. Jika dulu Gamis hanya dipakai oleh kalangan ulama dan ustadz, sekarang siapapun sudah mulai menggunakan Gamis.

gamis (photo by matahari mall)

Awalnya pria Indonesia masih malu-malu menggunakan Gamis, karena dianggap seperti baju perempuan. Namun saat ini, karena banyaknya yang sudah berangkat umroh, mereka membawa cara berpakaian pria-pria dari seluruh penjuru dunia ke Indonesia. Salah satunya Gamis.

Nah, penggunaan Gamis ini sama halnya dengan penggunaan Baju Koko lengan panjang . Baru digunakan sebatas acara keagamaan dan ke ibadah ke Masjid.

Baju Koko Gamis juga ada yang berkerah sanghai rapat dan berkerah bulat. Baju Koko Gamis yang berkerah rapat biasanya digunakan oleh orang-orang Arab Saudi. Mereka menamakannya Jubbas dan Thobes (Tawb). Bedanya Jubbas digunakan sehari-hari, Thobes (Tawb) digunakan diacara-acara resmi.

Kuwait thobes (photo by keywordlister.com)

Sedangkan Baju Koko Gamis yang berkerah bulat dinamakan Galabiyya. Galabiyya serupa dengan Jubbas. Hanya penamaannya saja yang berbeda. Galabiyya berasal dari Mesir, sedangkan Jubbas dari Arab Suadi. Namun orang-orang Arab Saudi juga terkadang menyebutnya Galabiyya.

Suka-suka mereka lah yaaa.. kalau kita tetap namanya Baju Koko ^_^

Baju Koko 3/4

Jika Baju Koko biasa panjangnya sebatas paha, Baju Koko ¾ ini memiliki panjang hingga ke dengkul. Model Baju Koko ini berasal dari negara Asia Tengah, seperti Afganistan, Bangladesh, India, Pakistan, Nepal dan Srilanka. Mereka menyebutnya dengan nama Kurta.

India Kurta (photo by khaadi.com)


Pasangan Baju Koko

Baju muslim pria dikatakan lengkap tentu jika sudah sepasang atas dan bawah ya. Nah, pasangan untuk Baju Koko ini ada 3, yaitu :

Celana Panjang

Pasangan paling simple dan banyak dipakai oleh para pria Indonesia adalah celana panjang. Untuk acara yang agak resmi, mereka menggunakan celana panjang bahan. Namun untuk acara yang semi resmi atau santai, biasanya dipadu padan dengan celana jeans.

Celana panajang bahan (photo by matahari mall)
Celana jeans yang dipadu dengan baju koko lengan pendek (photo by matahari mall)

Sarung

Pasangan Baju Koko dengan sarung biasanya digunakan hanya untuk ibadah. Baik itu untuk berjamaah ke masjid, ataupun sholat di rumah masing-masing.

Sarung sekarang sudah mulai dimodifikasi memenuhi kebutuhan si pemakai. Ada 2 model sarung yang bisa kita gunakan, yaitu :

Sarung Biasa

Ini model sarung pada umumnya yang hanya punya 1 lobang dari atas kebawah.

sarung biasa (photo by matahari mall)

Sarung Celana

Sarung celana ini sedang trend digunakan oleh para pria muslim Indonesia. Depannya kelihatan sarung dari belakang nampak seperti celana.
Sarung celana (photo by matahari mall)

Sirwal

Akhir-akhir ini sudah banyak yang menggunakan Sirwal sebagai pasangan Baju Koko. Sirwal adalah jenis celana yang disunnahkan Rasulullah untuk digunakan para pria muslim. Yaitu celana panjang bahan yang agak longgar, panjangnya diatas mata kaki. Kalau kita biasanya menyebut dengan celana ngatung.

Sirwal (photo by matahari mall)

Hmm.. di Korea ngetren banget nih celana diatas mata kaki persis.. xixixi..

Nah, buat teman-teman, sudah tau macam-macamnyakan? Tinggal teman-teman memilih, kira-kira baju muslim pria mana yang teman-teman gunakan di Hari Raya Iedul Adha atau untuk Ibadah sehari-hari?

Selamat mencoba ^_^

Waasalam








15 komentar:

  1. Baju koko biasanya suka pakai yang tanpa kerah dan lengan pendek karena terlihat casual dan cocok buat ke masjid atau rapat pengurus masjid

    BalasHapus
  2. Wah baru tau, ternyata baju koko itu aslinya bukan baju takwa, melainkan baju yang sering dipake engkoh engkoh (koko), hehehe

    Keren postingannya.. terima kasih ya :D

    Fajarwalker.com

    BalasHapus
  3. Sekarang cowok pakai warna dusty pin ayaknya pantes aja, ya. Padahal dulu pink warna cewek banget

    BalasHapus
  4. Aku malah nggak tahu kalau ada sarung celana 😮 baju koko yg ga ada kerah lebih nyaman ya mba kayaknya ga panas gitu hehe

    BalasHapus
  5. Suamiku pecinta baju koko, tapi sukanya yang lengan pendek

    BalasHapus
  6. Kalau asal mula baju koko sih udah nebak pasti dari kokoh-kokoh, tapi baru tahu kalau baju takwa dan baju koko itu beda, nice info

    BalasHapus
  7. Wah, jadi tahu sejarah baju Koko. Dan ternyata banyak juga jenisnya ya..

    BalasHapus
  8. Ngerti cowok pada biasa pake gamis tu pas ngajar di boarding school di Kalsel. Mungkin karena kebanyakan anak di sana biasa umrah kali ya. Jadi siswa yang cowok pada biasa pake jubah pas kegiatan di masjid sekolah.

    BalasHapus
  9. Daku antara gagal fokus lihat baju koko dan modelnya, haha, ngepas banget yang jadi modelnya eh 😂

    BalasHapus
  10. Wah, banyak juga ya ternyata macemnya. Suamiku sih hampir punya semua jenis itu. Tapi yang paling disuka, model yang casual.

    BalasHapus
  11. Banyak macamnya ya mba untuk pakaian pria ini, ga kalah dengan fashion pakaian wanita. Kalau suami pakainya kalau ga kaos ya kemeja.

    BalasHapus
  12. Aku suka bikin baju koko buat suami dan anak kalau pas mau lebaran. Ternyata banyak jenisnya yaaa. Kapan-kapan mau coba yang model 3/4 gitu kayaknya cakep tuh.

    BalasHapus
  13. aku suka yang lengen pendek mbak
    santai dan gak panas
    terus bisa buat hangout juga

    eh ini niat shalat apa ngemall ya
    hehe

    BalasHapus
  14. Wah mba.. Aku baru tau loh kalo koko ity sebenernya bukan baju takwa yang jadi ciru khas muslim. Waah. .Jadi salah pengertian ya selama ini.. .

    BalasHapus
  15. Suami aku sukanya krah baju yang emang model koko. Terus kancing depan semuanya. Agak susah makenya kalo kancing atas saja, hahaha

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^