Es Timun minuman khas dari Aceh

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Hai..hai..
Kembali lagi dengan resep masakan untuk kreasi anak. Eh, sekarang bukan masakan ding, tapi minuman. Anak-anak di rumah untuk minuman selain air putih, mereka lebih ke minuman susu dan sari kelapa. Kadang kalau iseng mereka membuat sirup sendiri, bukan mereka ding, Abang Fi aja. hehe..

Kebetulan banget semua minuman itu habis nih. Abang pun minta dibuatkan minuman yang segar. Di kulkas stock nya hanya ada timun jepang dan lemon. Biasanya timun Jepang saya gunakan untuk membuat sushi, tapi kali ini Abang mintanya minuman. Lemon memang saya beli untuk saya. Sudah dari hari Sabtu saya terserang batuk pilek. Saya jarang minum obat kimia, cukup perasan jeruk nipis atau lemon.

Ya sudah, dari 2 bahan itu saya pun memanfatkan untuk membuat minuman segar yang anak-anak suka. Saya akan buat Es Timun.


Asal Mula Minuman Es Timun

Minuman es timun ini adalah minuman khas dari Daerah Istimeewa Aceh. Di Aceh minuman ini selalu ada saat berbuka puasa bulan Ramadhan. Yaa.. seperti kita di pulau Jawa yang buat minuman timun suri.

Jika kita ke restoran Aceh pastinya akan menemukan menu es timun serut. Hanya saja di Aceh menggunakan selasih, semantara yang hendak saya buat ini tidak menggunakan selasih

Manfaat timun bagi tubuh kita

Ada banyak sekali manfaat yang diberikan buah timun bagi kesehatan tubuh kita, salah satunya adalah menurunkan tensi darah bagi penderita penyakit tekanan darah tinggi.

Namun selain itu, ada 5 manfaat timun yang bagus bagi kesehatan tanpa kita duga sama sekali, yaitu :

1. Kesehatan kulit dan rambut

Kandungan sulfur dan silikon pada buah timun bagus untuk pertumbuhan rambut agar menjadi rambut yang sehat. Cara penggunaannya selain kita makan langsung, timun di parut lalu kita tempelkan dikulit kepala, sambil dipijat lembut. Yaa seperti kapster salon memberikan masker atau creambath rambut kita. Setelah rata, diamkan selama 5 menit. Setelah itu bilas bersih rambut kita. Lakukan ini minimal seminggu 2 kali.

2. Melawan Kanker

Kandungan lain pada buah timun ada 3 lignan yaitu pinoresinol, lariciresinol dan secoisolariciresinol. Ketiga kandungan tersebut membantu mengurangi risiko berbagai jenis kanker. Seperti kanker ovarium, kanker payudara, kanker prostat, hingga kanker rahim.

Baca juga :
Pengalaman Pap smear gratis di Prodia Pasar Minggu
Trastuzumab subkutan metode pengobatan baru bagi penderita kanker payudara dari Roche

3. Mengurangi sakit kepala dan mabuk

Ternyata dengan mengunyah beberapa iris mentimun sebelum tidur dapat membantu mengurangi sakit kepala dan mabuk saat terbangun di pagi hari. Hal ini karena adanya kandungan vitamin B, gula dan elektrolit pada buah timun. Kandungan tersebut mampu mengisi beberapa nutrisi penting bagi tubuh.

4. Meredakan nyeri sendi dan encok

Pada buah timun terdapat sumber silika yang dikenal dapat memperkuat jaringan sendi. Selain sumber silika buah timun mengandung kalsium, folat, potassium, magnesium, dan vitamin A, C, D, B1 dan B6, nutrisi yang baik untuk sendi-sendi dalam tubuh.

5. Melindungi Otak

Di dalam buah timun terdapat sejumlah zat yang bernama flavanol (fisetin), yang memiliki manfaat dalam peningkatan memori dan melindungi sel-sel saraf, dari penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Bahkan pada sebuah penelitian, senyawa fisetin ini memberikan perlindungan secara progresif terhadap gangguan Alzheimer.

(Info dari rangkuman kompas.com dan manfaat.co.id)

Nah, manfaat buah timun sudah tau, sekarang saatnya kita eksekusi resep es timun serutnya... cuuuuss...

ES TIMUN SERUT


Bahan-bahan :


  • Timun Jepang 3 buah
  • Lemon 4 buah
  • Gula Pasir secukupnya
  • Es Batu
  • Air secukupnya


Cara membuat


  • Belah-belah timun, lalu buang bijinya.
  • Serut timun yang dibelah-belah dengan parutan keju.
  • Peras buah lemon diatas timun
  • Taburkan gula sebagian pasir sebagian diatas timun, lalu sebagian lagi dimasak hingga cair.
  • Tuang air es lalu aduk-aduk hingga rata, koreksi rasa.
  • Sajikan estimun serut dengan es batu


Tips memasak


  • Saya memilih timun Jepang karena baunya tidak terlalu langu, tapi jika adanya hanya timun biasa, nggak papa untuk digunakan.
  • Untuk pemanis, jika untuk kesehatan sebaiknya menggunakan gula batu atau gula jagung. Saya menggunakan gula pasir karena saat itu di rumah adanya Cuma gula pasir. ^_^
  • Saat memberikan gula saya sengaja menaburkan gula sebelum dimasak, agar ada rasa greges-greges sedikit sebagai pengganti selasih. Memang seharusnya pakai selasih. Kalau pakai selasih, tak perlu berikan taburan gula. Cukup diberikan gula matang saja.
  • Kalau malas untuk memasak gulanya, bisa diganti dengan sirup vanila atau jeruk.
  • Pemberian kadar gula sesuai selera yaa.. karena kan ada yang memang ga suka manis.


Ok, deh resep telah digelar. Bagi teman-teman yang masih bingung dengan penjelasannya, mungkin video ini membantu teman-teman sebagai tutorial secara visual:


Semoga menjadi minuman yang menyehatkan bagi teman-teman. Selamat mencoba ^_^

Waasalam





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^