Cara Menjaga Gigi Susu Anak



Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum w.w.

Hai teman-teman,
Ada pepatah bilang bahwa senyum itu adalah sedekah yang paling murah, tapi berdampak sangat besar bagi hubungan sesama manusia. Tentunya akan lebih indah jika senyum dengan gigi yang sehat.
Memiliki gigi yang sehat itu tidak serta merta langsung cliiing bisa bagus giginya. Tentunya ada perawatan sejak dini. Bahkan dirawat mulai dari masih gigi susu.


Nah, Kali ini saya akan menulis tentang cara menjaga gigi susu anak, karena kebanyakan orangtua suka mengabaikannya. Alasan mereka adalah “Ah, nanti juga akan tumbuh gigi tetapnya”. Duh, jika mereka sadar akan pentingnya gigi susu, pastinya mereka tidak akan bicara seperti ini.

Fungsi Gigi Susu Anak

Sebelum kita membahas bagaimana cara menjaga gigi susu anak, kita ketahui dulu apa sih sebenarnya fungsi dari gigi susu pada anak?

1. Memudahkan proses pencernaan

Semua orang tahu bahwa fungsi gigi adalah untuk merobek, menggigit dan mengunyah. Nah gigi susu pada anak membantu anak untuk melumat makananyang diberikan. Agar kerja usus tidak terlalu berat. Kita sebagai orangtua, saat memberikan makanan, pastikan anak untuk mengunyahnya.

2. Membantu pertumbuhan rahang

Proses mengunyah pada poin satu, sudah otomatis membatu rahang pada mulut anak terbentuk dengan sempurna. Agar rahang terbentuk simetris, kita harus memastikan anak mengunyah disisi kiri dan kanan mulutnya.

3. Membantu gigi tetap menentukan arah tumbuh

Dengan adanya gigi susu yang lengkap dan baik serta sehat, maka secara otomatis gigi tetap akan tumbuh mengikuti posisi gigi susunya. Gigi susu yang copot lebih cepat (akibat dari kerusakan gigi susu) sebelum adanya gigi tetap, maka akan membuat gigi tetap mencari tempat yang lain. Sehingga kelak gigi tetap akan menumpuk.

posisi gigi tetap yang akan muncul adalah di dalam gusi.

Setelah kita ketahui fungsinya, tidak mungkinkan kita mengabaikan cara menjaganya.

Cara Menjaga Gigi Susu Anak

Perawatan gigi anak berbeda-beda. Semua dipengaruhi oleh usia bagi anak. Nah, kali ini saya coba berbagi cara menjaga susu gigi anak, lewat cara yang saya lakukan ke anak-anak.

Kategori usia 0 – 6 bulan


  • Bersihkan setiap habis mandi gusi anak dengan menggunakan kasa steril yang sudah direndam oleh air hangat atau kain yang lembap.
  • Hindari minum susu botol (khusus yang tidak menggunakan ASI) menjelang mau tidur.
  • Hindari makanan/minuman yang manis.
  • Perbanyak konsumsi kalsium disaat menyusui.


Kategori 7 – 12 bulan


  • Tetap lakukan kebiasaan membersihkan gigi dengan kasa steril/kain lembap.
  • Periksakan gigi secara rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali
  • Berikan air putih jika anak ingin minum diluar jadwal minum susu.
  • Jika gigi baru sudah muncul, maka kita wajib membersihkan gigi tersebut minimal 2x sehari.
  • Jika tumbuh gigi geraham. Sebaiknya mulai menggunakan sikat gigi berbulu lembut, tanpa menggunakan pasta gigi.


Kategori 13 – 24 bulan


  • Mulai lah kita mengenalkan sikat gigi pada anak di range usia ini.
  • Gunakan sikat gigi yang lembut dan dari bahan nilon.
  • Kenalkan flouride pada pasta gigi anak.
  • Gunakan pasta gigi sebesar biji kacang hijau
  • Periksakan gigi secara rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali
  • Ganti sikat gigi setiap 6 bulan sekali.


Nah, saya sudah menuliskan cara menjaga gigi susu anak demi kesehatan dan estetika pada mulutnya. Semoga, sejak membaca artikel ini, teman-teman mulai memperhatikan gigi susu pada anak atau keponakan tersayang yaa..

Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi teman-teman yaaa. ^_^

Waasalam





35 komentar:

  1. Menjaga kesehatan gigi anak susah2 gampang ya mbak. Kitanya kudu harus telaten. Soalnya kalau anak2 mah suka males gosok gigi. Jadi biar giginya kuat harus dirawat dgn baik.

    BalasHapus
  2. Belum punya anak sih. Tapi bermanfaat infonya bekal saya jadi calon orangtua. Hehe

    BalasHapus
  3. Ini paling penting Gigi susu yang kalau akan tumbuh anak jadi rewel dan panas tapi alhamdulillah Sejak Dini anakku mau rajin sikat gigi jadi terawat dech 😊😊

    BalasHapus
  4. Menarik infonya mbak..terutama yang masih mempunyai anak balita ya, terkadang susah mengajari mereka untuk membersihkan dan merawat gigi. Jadi tugas ortu nih yang supaya telaten mengajarkan.

    BalasHapus
  5. Ternyata gigi susu anak ada cara menjaganya juga ya mbak Ade? Mungkin gigi saya ada beberapa yg karang krn dari kecil suka asal2an dan jarang dijaga kebersihannya. Ya maklum dulu masih anak2 yg blm byk tahunya

    BalasHapus
  6. ponaanku susah banget kalo disuruh sikat gigi.... gak cuma sikat gigi sih sebenernya, tapi mandi. ahahahahah...


    ini artike kushare aja kali ya ke mbakku. wkwkwk

    BalasHapus
  7. Menjaga gigi susu ini gampang2 susah ya Mbak. punya anak saya uda pada keropos aja tuh yg bagian atas.

    BalasHapus
  8. keren banget daku BW kemari, karena Ponakan ku gigi susu nya lagi goyang.. Daku bisa praktekkan tipsnya buat perawatan.

    BalasHapus
  9. Penting ini buat dasar pertumbuhan giginya kelak, tapi banyak orang yang mengabaikan perawatan gigi susu anak ya

    BalasHapus
  10. Manfaat bangat mba artikel nya..aku udh kasih link ke adik aku yang baru punya baby ehehe

    BalasHapus
  11. Anakku nasuk fase kedua mba. Ternyata perlu ke dokter gigu juga yaa anak usia 12 bulan?

    BalasHapus
  12. Bermanfaat banget mba. Banyak orang bilang kalau gigi susu itu nggak penting, karena toh akan tumbuh lagi. Tapi saya ga setuju pendapat itu. Dari Erysha lahir, saya sudah memperhatikan kebersihan mulutnya terutama sekarang gigi susu

    BalasHapus
  13. Anakku suka banget sikat gigi sampai pasta Giginya cepet banget habis huhu.. disatu sisi baik disatu sisi lain khawatir pasta yang berlebihan juga.. well note infonya mba Ade.. jadi inget belum ke dokter Gigi

    BalasHapus
  14. Anak saya usia 4 tahun sekarng gigi atasnya udah grepes, salah saya juga sih dulu waktu kecil gak telaten bersihinnya. Sekarang jadi menyesal deh. Ini aja kecil2 akhirnya sudah ada yang ditambal habis kasian kalau sampe ngerasain sakit gigi. Memang harus banget merawat gigi susu itu.

    BalasHapus
  15. Aku selalu menekankan dan membiasakan utk menyikat gigi minimal 2 kali sehari, setelah mkn dan mau tidur ke anak2 ku sejak usia batita. Dan mereka sdh kukenalkan pula dg dokter gigi sedini mungkin.

    BalasHapus
  16. Waspada juga penggunaan pasta gigi pada anak usia 2 tahun.., pilih yg tepat..karena keponakan ku kemarin begitu pake pasta gigi..langsung mulutnya pada sariawan pecah2..padahal untuk anak2.., ntah ibunya kurang baca..itu pasta gigi buat anak berapa tahun ga tau..deh..

    BalasHapus
  17. anak ku suka males banget itu sikat gigi, susah banget diomonginnya haha

    BalasHapus
  18. Mesti ajak anak ke dokter gigi juga secara rutin ya, apalagi anak suka takut ke dokter gigi, dan diajak merawat gigi sejak kecil

    BalasHapus
  19. Menjaga anak biar aware sama kebersihan gigi susah2 gampang y mba tapi alhamdulillah anakku gigi susunya aman

    BalasHapus
  20. Anak ak bari aj lepas nih gigi susunya satu. Lepas gitu aja, mau beranjak dewasa ya waktu tdk terasa. *malah curhat. Mmg y merawat gigi susu ini PR banget. Plg galau it klo udh muncul lubang di geraham n dy males makan. Bolak balik ke dokter gigi ujung2nya ga boleh ditambal kemarin..

    BalasHapus
  21. alhamdulillah gigi anak saya masuk umur 7 tahun masih bagus gigi susunya
    memang sih diajar sikat gigi dari kecil
    juga faktor susu ya
    klu yg banyak gula cepat keropos
    anak sya minum sufor yang tak ada gula

    BalasHapus
  22. Penting banget menjaga kesehatan gigi pada anak karena kalau sakit gigi itu katanya sakitnya minta ampun, duh gak bisa bayangin kalau sampai anak-anak yang sakit gigi..

    BalasHapus
  23. Nggak gampang ya ternyata jaga gigi susu anak.
    Sebagian ibu banyak yang suka kasih yang manis-manis sama anaknya

    BalasHapus
  24. Anak pertamaku giginya mulai ada yang gigis. Sekarang anak keduaku udah mulai rajin tak latih untuk gosok gigi, khawatir gigis gigis katak abangnya

    BalasHapus
  25. Mba Ade, aku tuh slalu banget mencoba menjaga kesehatan gigi anak. Mungkin karena aku takut sakit gigi ya, jadi pengenny anak pun ga alami sakit gigi. Secara perlahan diajarkan sikat gigi dengan cara yang tepat

    BalasHapus
  26. Anaku yg satu gigi susunya rontok karna makan manis, jadu gigi barunya tumbuh berantakan

    BalasHapus
  27. Aku suka lho ikutin tahap2an ini berkaitan dengan gigi anak. Aktivitas seru pas ngebantu bersihin kadang nurut kadang ngeselin hahaha. Tapi pas bisa sikat gigi sendiri lucu liatnya

    BalasHapus
  28. Jaga kebersihan mulut dan gigi anak sedini mungkin sebenarnya bagus ya karena kelak ya anak sendiri yang merasakan klo giginya sehat dan bagus. Tapi ya itu, orangtua yang mesti telaten.

    BalasHapus
  29. Aku udah sering denger juga nih mba tentang jangka waktu pemakaian sikat gigi. Tapi nyatanya, sikat gigi diganti klo memang bulu2nya udah pada ngejigrak. Wkwkwk

    BalasHapus
  30. Keren mbak artikelnya. Benar-benar bisa jadi referensi. Info di atas sedang sangat saya butuhkan juga untuk keponakan.

    BalasHapus
  31. Alhamdillah gigi anak-anakku sehat dan bersih. Karena aku "galak" kalau buat kebersihan gigi.

    BalasHapus
  32. Makasih infonya mbaak :) Iya nih harus rutin merawat giginya Rio :D

    BalasHapus
  33. wah aku baru liat nih dalamnya gusi ternyata kayak gitu ya, jd sebenernya gigi itu emang udah ada ya didalam gusi.. bentuknya numpuk2 gitu dibawahnya

    BalasHapus
  34. Gigi susu anak saya sudah mulai keropos karena terlalu banyak makan permen dan susah sekali untuk diajak sikat gigi jadi saya merasa gagal menjaga gigi susu anak saya

    BalasHapus
  35. Makasih sharingnya, Umi. Prku nuh nuh m menjaga gigi susu Pendar

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^