Cara Menjaga Psikis Anak bersama Halodoc

Halodoc

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum w.w.

“Ummi nggak ngerti sih perasaan aku gimana?”
Kalimat itu seringkali dilontarkan oleh Abang Fi, jikala ia mengadu tentang teman-teman yang membullynya secara verbal. Sementara Abang Fi bukan type yang berani melawan teman-temannya. Ada 1 hal yang paling ditakuti, jika ia melakukan perlawanan kepada teman-temannya, yaitu kehilangan teman. Duh..

Segala dukungan moril dan nasehat sudah saya berikan kepadanya, tapi tetap saja ada ketakutan dia sama teman-temannya yang suka bicara nggak ngenakin versi Abang Fi. Rasanya saya ingin sekali menghadiri seminar parenting yang membahas masalah psikis anak.

Kebanyakan seminar atau workshop parenting yang saya ikuti itu membahas tentang gizi dan tumbuh kembang anak. Seminar parenting masalah psikis anak hanya saya dapat disaat saya menjadi guru. Dan itu sudah 4 tahun yang lalu. Rindu saya dapat nutrisi parenting soal psikis anak datang kembali.

Masya Allaaah... pucuk dicinta ulam tiba... saya dapat undangan dari Mom Blogger Communitty (MBC) untuk menghadiri acara Halodoc Blogger Gathering yang bertajuk Tips Menjaga Psikis Anak Sejak Dini.


Blogger Gathering di Paradigma Cafe

Dari pukul 9 malam, saya sudah janjian dengan Mba Elva, untuk pergi bersama naik commuterline ke Paradigma Cafe. Tempat acara Halodoc Blogger Gathering diadakan.

Acara gatheringnya diadakan hari Selasa, 31 Juli 2018, pukul 9.30 pagi. Seperti biasa, saya selalu berangkat 2 jam sebelum acara dimulai.

Setelah mama ayu datang, saya langsung cabut menggunakan ojol ke stasiun Pondok Cina. Biasanya kan saya ke stasiun Depok Baru. Berhubung ini janjian dengan Mba Elva, jadi saya naik dari stasiun Pondok Cina.

Dengan kekuatan bulaaaan datanglah... eh.. bukan ding, dengan kekuatan fisik yang mumpuni, saya dan Mba Elva naik di gerbang wanita yang penuh sesak. Hanya kekuatan sabar yang membuat kami diam menikmati perjalanan penuh sesak.. xixixi

Berhubung jam sudah menunjukkan pukul 8, kereta jurusan manapun yang datang kita naik. Dan kami menaiki kereta jurusan Jatinegara. Otomatis karena tujuan kita ke stasiun Cikini, jadi kita transit dulu di Manggarai.

Setibanya di stasiun Cikini, kami tinggal jalan kaki sedikit menuju Paradigma Cafe. Paradigma Cafe memang terdapat di lingkungan gedung Golkar Cikini.

halodoc
Paradigma Cafe tempat acara Blogger Gathering Halodoc

Setelah registrasi saya dan Mba Elva, mencari posisi duduk yang nyaman. Saya memilih paling depan. Biar puas mendengar materinya dan juga kalau foto-foto tidak terhalang orang.

Acarapun dimulai tepat pukul 9.30. Setelah dibuka oleh Mas Ferdinan sebagai MC dari Halodoc. Selanjutnya acara diisi oleh Mba Nana Nirmala, Offline Marketing Manager Halodoc, menjelaskan sedikit tentang isi dari aplikasi Halodoc. Supaya penjelasan Mba Nana tentang Halodoc lebih detail, nanti kita lanjutkan dibawah yaa..

halodoc
Mas Ferdinan, MC dari Halodoc

Selesai penjelasan dari Mba Nana Nirmala, MC mengadakan sedikit tanya jawab soal Halodoc. Yang bertanya mendapatkan hadiah dari Halodoc. Iih asyik banget sih di acara ini, tadi baru mulai aja dah ada yang dapet hadiah voucher belanja karena datang paling awal. Eh sekarang nanya aja dapet hadiah lagi. Nanti dapat hadiah apa lagi yaa?

Setelah bagi-bagi hadiah, mulailah Dr. Tjin Wiguna Sp.KJ memberi materi yang saya nanti-nantikan. Dokter Tjin Wiguna menyampaikan bahwa peran orangtua itu sangat penting bagi pembentukan karakternya. Karena anak adalah cerminan orangtuanya.

halodoc
Dokter Tjin Wiguna

Anak itu pada umumnya mencari panutan untuk membentuk karakternya, seperti pembentukan bahasa, prilaku dan sikap mereka.

Sebagai orangtua sudah menjadi tanggung jawab kita untuk membentuk moralitas yang baik bagi anak kita. Dan yang terpenting kita sebagai orangtua harus bisa memastikan bahwa bahasa, sikap dan prilaku kita menjadi panutan yang positif bagi anak.

Caranya bagaimana?

Dokter Tjin menjelaskan ada 3A dalam mendidik anak-anak kita, yaitu :

  • Asah : mengasahnya dengan memberikan stimulasi-stimulasi
  • Asih : memberikan kasih sayang (mengasihi dan menyayangi) kepada anak-anak kita
  • Asuh : mengasuh dan mendidik anak sehingga kita menjadi panutan yang positif bagi anak-anak kita.

Jadi sebagai orangtua kita jangan sekedar sibuk memikirkan kesehatan jasmaninya, tapi kita juga bisa menjaga kesehatan psikisnya. Sehingga kelak anak akan menjadi orang yang mampu bermoral baik diluar.

Tips menjaga psikis anak

Sesuai dengan tema talkshow hari itu dokter Tjin memberikan beberapa tips agar kita bisa menjadi panutan terbaik bagi anak-anak, yaitu :

1. Tunjukan sikap dan prilaku positif pada anak.

Seperti yang ditulis diatas bahwa anak butuh panutan. Sedangkan orangtua adalah orang terdekat yang ia lihat. Maka dari itu, tunjukkan sikap-sikap baik kepada anak, agar anak mempunyai panutan positif.

Dr. Tjin memberikan video ini sebagai contoh :



2. Fokus dan mempunyai tujuan serta perencanaan yang baik

Dengan kita sebagai orangtua yang fokus dan mempunyai perencanaan dan tujuan yang baik, maka anak pun akan melakukan yang sama.

3. Bantu dan dukung anak dalam hal yang disukai

Sebagai orangtua kita harus tahu dan bisa melihat apa yang diminati oleh anak. Selama kegiatan itu positif bantu dan dukung hal tersebut.

4. Memberikan contoh tokoh sukses

Pada sesi ini dokter Tjin menceritakan bahwa dirinya sangat ingin mempunyai anak yang mengambil bidang sama dengannya. Yaitu menjadi seorang dokter. Tapi sayangnya anaknya nggak mau. Kita tidak boleh memaksakan secara langsung kepada anak, namun kita bisa menunjukkan tokoh-tokoh orang sukses di bidang kedokteran. Alhamdulillah sekarang anaknya kuliah di fakultas kedokteran, padahal dulu anaknya menolak terus.

Dengan memberikan bacaan atau tontonan orang sukses dibidang yang kita miliki secara nggak langsung anak sudah tedoktrin untuk mengikuti arahan kita. Selain itu juga anak belar bahwa menjadi orang sukses butuh proses dalam mencapainya. Tidak bisa secara instan.

5. Tanamkan nilai agama

Agama adalah pondasi moral baik pada anak. Dengan adanya agama maka ada ketenangan dalam diri kita. Sebaiknya nilai-nilai agama sudah kita tanamkan sejak dini.

6. Berikan reward (pujian)

Biasakan memberikan reward pada sikap anak yang positif, jangan sekedar hukuman. Maka anak merasa dihargai dan percaya diri.

7. Peka akan apa yang dirasakan anak

Sebagai orangtua biasanya kita memiliki feeling terhadap apa yang dirasakan oleh anak. Jadilah kita orangtua yang peka akan sikap-sikap anak dan apa yang dirasakan oleh anak.

8. Ajarkan empati

Sejak dini ajarkan anak untuk bisa berempati terhadap oranglain. Ajak ke tempat-tempat dimana dia bisa menumbuhkan rasa empatinya. Seperti ke panti asuhan, dll

Nah, 8 tips tersebut lah yang dijabarkan dokter Tjin saat acara talkshow tersebut.

Setelah memberikan penjabaran Mas Ferdinan mengajak peserta yang hadir untuk bermain peran dan diminta untuk mempraktekan ilmu yang diberikan oleh Pak Dokter. Saya termasuk salah satunya.

halodoc
Saya bersama 2 teman dari MBC sedang bermain peran (photo by faradiladputri.com)

Kami diminta untuk menyelesaikan masalah yang terjadi pada anak. Mas Ferdinan berperan sebagai anaknya. Saya pas sekali dapat permasalahan serupa dengan apa yang saya hadapi di rumah. Yaitu anak di bully dan tidak mau sekolah. Saya praktekan semua yang saya lakukan di rumah. Ternyata saat sesi penilaian saya dianggap terlalu panjang memberikan nasehat. Untuk anak yang dibully, cukup saya sampaikan, “Biar saja seluruh dunia mengatakan kamu jelek, tapi kamu tetap yang paling ganteng buat mama.”

Hmm.. benar juga, bagaimana anak bisa percaya diri jika dari kita tak pernah menyatakan kebanggaan kita terhadapnya.

Alhamdulillah dari hasil bermain peran tersebut saya mendapat voucher diskon Rp 50.000 untuk dibelanjakan di Halodoc.

halodoc
Add caption


Tentang Halodoc

Nah, kini saatnya saya menjabarkan apa saja yang dijelaskan oleh Mba Nana Nirmala. Mba Nana menjelaskan bahwa Halodoc adalah aplikasi smartphone yang berfungsi sebagai pelayanan kesehatan bagi penggunanya.

halodoc
Mba Nana Nirmala, offline marketing manager Halodoc   

Cara Menggunakan Aplikasi Halodoc

Cara mendapatkan aplikasi Halodoc ini kita cukup mengetik Halodoc di playstore. Tapi jangan sampai salah yaa.. soalnya di playstore itu ada beberapa aplikasi Halodoc.

halodoc
macam-macam aplikasi halodoc
Nah, teman-teman memilih Halodoc yang warnanya merah, seperti dibawah ini :

halodoc
Aplikasi Halodoc yang benar

Setelah masuk ke aplikasi Halodoc di playstroe, kita klik install. Tunggu hingga selesai. Setelah itu buka aplkasi Halodoc, maka kita akan diminta no handphone yang kita gunakan saat ini.

halodoc

Selesai memasukkan nomor handphone, Halodoc meminta ijin menggunakan lokasi posisi kita saat ini. Jika kita tidak mau di deteksi lokasinya oleh map Halodos, bisa menolaknya dengan menekan icon skip.

halodoc
Selesai itu baru deh kita bisa menggunakan layanan pada aplikasi Halodoc.

halodoc

3 Layanan Aplikasi Halodoc

Pada aplikasi Halodoc terdapat 3 pelayanan kesehatan yang ditawarkan, yaitu :

Pharmacy Delivery

halodoc

Pada layanan ini kita bisa membeli segala produk kesehatan yang diantar langsung ke rumah atau ketempat yang dituju dalam waktu 24 jam. Bahkan kebutuhan untuk bayi pun ada, seperti popok, lotion, susu, dll.

Delivery produk yang dibeli di aplikasi Halodoc bekerjasama dengan Gojek Indonesia. Jadi kalau tengah malam, tiba-tiba kita membutuhkan obat atau produk kesahatan dengan cepat, kita tak perlu khawatir lagi.

Pharmacy Delivery memberikan 2 macam cara pembelian, yaitu :

1. Membeli langsung di marketplace yang terdapat di aplikasi halodoc. (official store)

Official Store menyediakan 3 layanan apotek secara online, yaitu halodoc hemat, watson dan top categories.

halodoc

Pada Halodoc hemat, kita tinggal pilih produk atau obatnya apa, nanti akan dituntun hingga proses pembayaran. Yaa serupa deh dengan membeli di marketplace online shop. Harga-harga yang ditawarkan di Halodoc hemat itu lebih murah dibanding kita membeli langsung di toko obat atau apotek.

Saat sesi Mba Nana ada yang bertanya tentang harga murah tersebut. Karena produknya Halodoc ini kan berhubungan dengan kesehatan seseorang, jadi wajarlah kita khawatir kalau harga murah kualitas nggak bagus atau palsu. Namun Mba Nana dibantu oleh Mas Ferdinan menjelaskan bahwa Halodoc bisa memberikan harga murah karena Halodoc sudah bekerjasama dengan apotek-apotek rekomendasi Halodoc, sehingga Halodoc bisa mendapatkan harga spesial.

Sementara yang di Watson, ini nggak jauh beda dengan harga saat kita beli di Watsonnya sendiri. Bedanya kita tidak perlu kelua rumah untuk membeli obat. caranya juga sama dengan cara membeli di Halodoc hemat.

Saya mencoba membeli minyak telonnya Adek Fi dan vitaminnya Abang Fi, karena memang sudah habis dilayanan top categories. Sayangnya vitamin Abang out of stock, jadi yaa saya beli minyak telonnya saja.

halodoc

Jika semua data sudah kita cek dengan benar, maka klik next untuk memesan. Nanti kita akan mendapat sms dari Halodoc dan Gojek, bahwa pesanan kita sudah diterima.

Untuk track order, kita bisa melihatnya di profil, lalu klik track order pada list pesanan kita.

halodoc
Nanti akan terlihat status pesanan kita sudah sampai dimana dan data pengirimnya.

halodoc

Barang pesanan pun tiba nggak sampai 1 jam. Menurut driver gojeknya ia bertugas hanya tinggal mengambil saja dari apotek, semuanya sudah terkemas seperti gambar dibawah ini.

halodoc


Tips membeli : saat kita memesan pastikan tempat membelinya ya, apakah halodoc hemat/watson/top categories. Karena kita tidak bisa menambah orederan dibeda tempat.
Contoh : kita mau membeli minyak telon di top categories, lalu kita add item di halodoc hemat. Ini tidak akan menambah cart kita. Tapi kalau satu tempat akan tambah.

2. Mengupload resep yang kita punya (upload a prescription)

Terkadang agak susah untuk mencari apotek yang buka 24 jam ya. Dan kadang kita juga di rumah ada cadangan copy resep, lalu tengah malam tiba-tiab obatnya habis, sementara besok pagi kita harus minum. Nah, kondisi seperti ini dipermudah oleh Halodoc, yaitu dengan mengupload resep dokter yang kita punya.
halodoc

Setelah mengklik upload a prescription, maka kita diminta untuk mengupload foto resep yang kita mau tebus.

halodoc

Setelah mengupload, biasanya kita diminta untuk mengisi data pribadi kita dengan lengkap dan benar. Setelah mengisi data, beberapa menit kemudian akan ada yang menelepon kita dari Halodoc. Ia akan memverifikasi resep yang kita upload. Kita bisa juga bertanya harga dari obat-obatan yang ada dalam resep kita.

Disini yang saya suka, Halodoc tidak bersifat memaksa agar kita membeli disana. Tapi kita bisa diskusi terlebih dahulu dengan keluarga a[akah hendak diambil atau tidak resep tersebut. Jika kita hendak diskusikan harganya terlebih dahulu dengan orang rumah, maka dari Halodoc akan membatalkan transaksi kita saat itu. Jika kita ingin mengambilnya, maka kita upload ulang resep kita lagi dan mengikuti prosedur seperti dari awal lagi.

Ini saya praktekkan ketika saya berada di rumah papa. Dan satu lagi nih. Alamat pengiriman menyesuaikan lokasi ponsel kita saat itu tanpa harus mengetik alamat lengkapnya.

Contact Doctor

halodoc

Kita bukan saja bisa membeli obat-obatan atau produk kesehatan, namun kita juga bisa konsultasi dengan dokter.

Saat mengklik contact doctor, maka akan terpampang list dokter yang terdaftar di aplikasi tersebut. Disana ada keterangan dokter itu berbayar, gratis, available dijam berapa, dll


Jika kita menemukan dokter yang kita kehendaki untuk konsultasi, maka akan terbuka ruang chat bersama dokter tersebut. Dokter akan menyapa kita terlebih dahulu. Seperti yang saya lakukan, ketika saya ingin menanyakan hasil pap smear saya.

halodoc

Baca juga : Pengalaman Papsmear di Prodia Pasar Minggu



Selesai chat biasanya kita akan ditanya tentang kepuasan kita saat berkonsultasi.

halodoc
Tak perlu takut hilang chat pembicaraan kita, karena hasil konsultasi kita disimpan mencadi rekam medis. Rekam medis kita bisa dilihat di profil pada halaman utama.

halodoc

Lab Service


Pada layanan ini Halodoc bekerjasama dengan Prodia. Pada pengecekan atau ambil darahnya, dilakukan di rumah. Petugas farmasinya akan datang ke rumah membawa peralatan sesuai cek lab apa yang kita inginkan.



Top Up Wallet Halodoc

Untuk pembayaran di Halodoc, hanya ada 2 cara, yaitu cash atau Halodoc Wallet.

Untuk pembayaran Halodoc Wallet kita harus top up uangnya terlebih dahulu diaplikasi Halodoc. Top up disini seperti layaknya top up pada marketplace atau layanan transportasi online.

Berikut cara menambahkan dana di walet Halodoc kita :
  • Klik more pada halaman utama Halodoc
  • Klik Wallet
  • Isi jumlah uang yang hendak kita tambahkan.



  • Jika kita punya promo code, klik promo code. Seperti saya saat acara Blogger Gathering MBC x Halodoc saya mendapatkan kode wallet sejumlah Rp 50.000, maka saya ketik codenya. Dengan sendirinya wallet saya nambah Rp 50.000
  • Setelah mengisi jumlahnya, klik top up now
  • Pilih melalui apa pembayaran yang hendak dilakukan.

Setelah selesai semua, kita akan diberikan invoice number dan petunjuk melakukan pembayarannya.

Artikel Kesehatan di Aplikasi Halodoc

Selain tiga layanan utama, Halodoc juga menyediakan artikel untuk dibaca setiap harinya. Artikel tersebut selalu update setiap hari. Artikel yang disajikan bukan hanya tentang kesehatan, tapi ada Beauty, Sex, Diet, Kids, Fitness, Pregnancy, dan Food.


Kerjasama Asuransi

Buat teman-teman yang sudah menggunakan asuransi kesehatan, Halodoc juga menyiapkan pembayaran yang di klaim ke asuransi. Sebelum kita melakukan transaksi kita bisa klik link asuransi di data profil kita atau klik icon more dihalaman utama Halodoc, maka akan ada link asuransi disana.


dengan klik link asuransi kita akam diminta mengisi data-data asuransi kita, seperti menggunakan asuransi apa, nomor polis, nama lengkap kita dan tanggal lahir kita, lalu klik validasi untuk dicek ke piak bersangkutan.

Namun untuk saat ini Halodoc baru bekerjasama dengan 5 asuransi kesehatan, yaitu :
Medicilin, Cigna, Alianz, FWD Employee, dan Intiland.


Nah, ilmu banget saya datang di acara blogger gathering Halodoc ini. Saya dapat ilmu parenting tentang kesehatan jiwa, saya juga dapat informasi baru tentang aplikasi Halodoc ini.

Oiya untuk keterangan lebih jelas lagi silakan hubungi Halodoc dengan ckontak dibawah ini :
Instagram : @halodoc
Facebook : HalodocID
Twitter : @HaloDocID
Office : Mensa 2 building
Jl. HR. Rasuna Said Kav B-34, 4th floor,
Kuningan, Jakarta 12940 - Indonesia
www.halodoc.com

Selamat mempraktekan dan mencoba aplikasinya supaya kita TETAP SEHAT TANPA RIBET ^_^

Waasalam






2 komentar:

  1. Layanan hslodoc ini bsgus ya mb. Jd kita para emak sangat terbantu. Gak gampang cemas

    BalasHapus
  2. Anak2 memang ada yang "pasrah" di-bully karena takut nggak punya teman. Sama halnya dengan sebagian orang dewasa yang pasrah ngadepin spam WA ketimbang ntar nggak punya teman, hahah... Panduan orang-tua juga memang yang harus ditingkatkan ya. Dan ortu pun juga harus makin banyak belajar, salah satunya dari halodoc :)

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^