Review Colour To Life Faber Castell, Melatih Konsentrasi dan Fokus Anak

colour to life faber castell

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum w.w.

Di era sekarang ini banyak sekali kita temui anak-anak yang memiliki konsentrasi belajar yang rendah. Abang Fi termasuk salah satu diantaranya.

Saya ingat betul, bagaimana kecewanya saya saat mengetahui bahwa anak saya rendah konsentrasi dalam belajar. Sehingga ia dinyatakan tidak lulus untuk masuk ke salah satu SDIT di Depok. SDIT tersebut memang menggunakan test masuk hanya dengan test psikologi.

Yang membuat saya kecewa, orang lain beranggapan anak saya bodoh karena tidak lulus test. Anak yang rendah konsentrasi dalam belajar bukan berarti anak yang bodoh. Itu terbukti hasil test akademik di 2 sekolah dasar lainnya memberikan angka 90 untuk Abang Fi. Tapi memang hasil test psikologinya Abang Fi dinyatakan rendah konsentrasi, sehingga kurang fokus.

Bersyukur Abang Fi diterima di SDIT yang memberi kesempatan bagi anak yang memiliki masalah seperti Abang Fi. Saya ingat betul bagaimana bu guru yang memberikan hasil test tersebut mengatakan, “Bu, kita tidak bisa menjudge anak bodoh hanya dalam 1 hari test psikologi saja. Bisa jadi Ananda (Abang Fi) konsentrasi rendah karena dia stress atau grogi saat menghadapi ujian. Anak ibu nilai akademiknya bagus, berarti masih bisa mengikuti pelajaran di sekolah. Yang terpenting, di rumah ibu membantu melatih konsentrasi anak Ibu. Biar kita bekerja sama mendidik ananda.”

Ya Allah, kalimat itu membesarkan hati saya yang down saat itu. Hal tersebutlah yang menjadi salah satu alasan saya resign menjadi guru. Saya mau fokus melatih konsentrasi belajar anak saya.

Saya langsung cari tau psikolog yang memberi test Abang Fi saat itu. Saya menanyakan kegiatan apa yang harus saya lakukan terhadap anak saya. Psikolog yang memberi hasil test psikotes fikri menyatakan bahwa salah satu terapi agar anak fokus adalah dengan mewarnai. Hmm..


Manfaat Mewarnai bagi Anak-anak

Saya pun mencari tahu lewat internet dan bertanya kepada teman-teman yang mempunyai ilmu psikologi. Ternyata manfaat mewarnai itu ada banyak ya. Bukan sekedar melatih konsentrasi anak saja. Manfaat lainnya adalah :

  • Mengekspresikan diri
  • Belajar konsentrasi dan fokus
  • Latihan menggenggam
  • Merangsang fungsi motorik
  • Melatih kemampuan koordinasi

Manfaat mewarnai bagi orang Dewasa

Selain untuk anak, mewarnai juga mempunyai manfaat yang sama untuk orang dewasa. Menurut neuropsychologist dan neuroscientist Dr Stan Rodksi, seperti dikutip dari ABC.net.au, mengatakan bahwa proses dalam pewarnaan itu yang menimbulkan efek menenangkan karena kita merasa menikmati saat mewarnai gambar.

Proses tersebut membawa kita pada momen di mana stres jadi dibebaskan. Efek relaksasi dari mewarnai gambar pun dibuktikan Stan lewat alat canggih yang bisa mengukur gelombang otak dan ritme jantung.

"Hal paling menakjubkan adalah kami melihat adanya perubahan pada detak jantung dan gelombang di otak," terangnya.

Ia juga menjelaskan dalam proses mewarnai buku gambar ada tiga elemen yang membawa dampak positif dari aktivitas ini, yaitu : repetisi (gerakan yang berulang), pola dan detail. Ketika Anda melakukan sesuatu yang sudah bisa diprediksi dalam cara-cara tertentu, hal itu akan berefek menenangkan. (dikutip dari detik.com)

Alhamdulillah dengan mewarnai perlahan Abang Fi sudah mulai bisa fokus kembali. Memang tidak bisa instan dan butuh proses serta kesabaran luar biasa dari kita.

Bermain Colour To Life Faber Castell

Kegiatan mewarnai ini saya latih terus untuk Abang Fi hingga sekarang. Namun tidak sesering saat ia baru masuk SD. Kegiatan ini saya lakukan jika saya sudah melihat kondisi nggak fokus dari Abang Fi.

Hanya saja, semakin besar usianya, semakin ada saja alasan untuk menolaknya. Salah satu alasan Abang Fi adalah membosankan. Saya pun mulai memutar otak untuk mencari hal menyenangkan dalam mewarnai. Dari baca hasil googling di internet, saya menemukan permainan Colour To Life Faber Castell.

Apa sih Colour To Life Faber Castell?

Colour To Life Faber Castell ini adalah sebuah permainan di smartphone yang menggunakan media buku mewarnai.

Cerdasnya Faber Castell adalah mencoba menggabungkan 2 media untuk melatih konsentrasi anak, yaitu berupa kegiatan menggambar/mewarnai secara konvensional dengan teknologi digital Augmented Reality (AR).

colour to life faber castell

Apa itu Augmented Reality?

Adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.

Hmm.. jadi penasaran kan? Kita bongkar satu-satu ya..

Kemasan dan Isi kotak Colour To Life Faber Castell

colour to life faber castell

Kemasan games ini berupa kotak berukuran 25 x 20 centimeter dengan isi :

Buku Mewarnai (Colouring AR)

Pada buku mewarnai Colour To Life Faber Castell terdapat 15 halaman mewarnai. Tema gambarnya disesuaikan dengan gambar tokoh dalam permainan. Berhubung dalam Colour To Life Faber Castell ada 5 permainan, maka dalam buku mewarnai masing-masing permainan disediakan 3 lembar gambar untuk diwarnai.

Pada cover buku mewarnai pada sisi kanan terdapat juga QR Code untuk melihat panduan dan QR Code untuk mendownload aplikasi. Sedangkan sisi kirinya terdapat panduan cara bermain Colour to Life Faber Castell.

colour to life faber castell

Connector Colouring Pen

Pada kotak Colour To Life Faber Castell menyediakan spidol mewarnai yang berupa Connector Colouring Pen Faber Castell yang disediakan ada 20 macam warna Connector Colouring Pen.

colour to life faber castell
20 warna connector colouring pen

Pada penggunaan Connector Colouring Pen, jika tidak sedang digunakan sebaiknya ditutup. Karena Connector Colouring Pen yang terbuka, jika ujungnya menyentuh kertas atau kain, warnanya akan meleber ke kain/kertas tersebut, sehingga membuat Connector Colouring Pen cepat habis isinya

Buku Panduan

colour to life faber castell

Buku panduan disini isinya bukan cara memainkan Colour To Life Faber Castell, melainkan tehnik cara mewarnai. Ada 5 tehnik yang diajarkan dalam buku panduan tersebut, yaitu :

  • Patterning
colour to life faber castell

  • Pointilism
colour to life faber castell

  • Squiggling
colour to life faber castell

  • Shading
colour to life faber castell

  • Counturing
colour to life faber castell


Selain tehnik mewarnai, terdapat juga panduan membuat 2 bentuk mainan dari tutup Connector Colouring Pen. Yaitu membuat bebek dan helikopter.

colour to life faber castell
Teropong Connector Colouring Pen versi Abang Fi 

Cara Download Colour To Life Faber Castell

Untuk memainkan tokoh yang sudah kita warnai pada buku mewarnai Colour To Life Faber Castell, kita harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu di Playstore. Cari aplikasi Colour To Life Faber Castell, lalu install.

colour to life faber castell


Bagi teman-teman yang mempunyai aplikasi scan QR Code di handphone-nya, langsung saja scan QR Code Colour To Life Faber Castell yang terdapat ditutup kemasan atau di cover buku mewarnai.

Cara Memainkan Colour To Life Faber Castell

1. Pilih permainan apa yang ingin kita mainkan.

Dalam Colour To Life Faber Castell ada 5 permainan yang bisa kita mainkan, yaitu ada :

colour to life faber castell

Giddy Up

colour to life faber castell

Pada permainan ini kita berperan jadi kesatria baja yang menunggang kuda. Kita diwajibkan mengumpulkan bintang untuk menambah nilai kita, dan jam waker untuk menambah waktu kita. Permainan selesai jika waktu selesai. Namun ditengah-tengah kita bisa saja selesai jika kita menabrak batang pohon yang runcing. Sedangkan jika kita menabrak batang pohon biasa waktu kita akan dipangkas.
colour to life faber castell

Kita cukup menekan panah kanan dan kiri untuk menghindari batang pohon. Ada 3 kesempatan kita menabrak batang pohon biasa. Jika sampai 3x kita menabrak walau masih ada waktunya permainan selesai.
colour to life faber castell
petunjuk di giddy up colour to life faber castell

Jika permaianan selesai akan ada pilihan kita hendak melanjutkan atau berhenti dan menggantikan dengan yang lain.


Pogo Boy

colour to life faber castell

Dari namanya saja sudah bisa nebak ya? Yes, tokoh utama dalam permainan ini adalah seorang anak laki-laki yang menggunakan pogo. Anak-laki-laki itu harus meloncati batu dengan pogonya.
Jika batunya dekat, maka ambil loncatan pendek. Tapi jika batunya jauh atau terhalang oleh batu yang lain, kita mengambil loncatan jauh. Untuk meloncat jauh kita tekan icon kotak no 2 di sebelah kanan, dan kalau lompatan kecil tekan icon kotak angka 1 disebelah kiri untuk melompat.

colour to life faber castell

Larangannya, jangan berpijak pada batu yang ada gambar segitiga tanda seru, karena permainan akan selesai. Jangan juga sampai tercebur, karena akan mengurangi waktu dan mengurangi kesempatan hidup. Kesempatan hidup yang diberikan adalah 3 kali.

colour to life faber castell
Cara bermain Pogo Boy

colour to life faber castell
Yang harus dihindari Pogo Boy


Jika permainan berakhir akan peringatan apakah kita ingin mengulangnya atau berhenti dak keluar dari permainan.

Dress up Challenge

colour to life faber castell

Nah ini untuk permainan anak perempuan. Karena tokoh utamanya pun perempuan. Permainan ini untuk mengasah daya ingat kita. Awalnya layar akan menunjukkan gambar manekin beserta baju yang dipakai. Kita cukup mengingat warna dari masing-masing pakaian dan aksesoris yang dipakai. Lalu setelah layar ditutup dan dibuka untuk kedua kalinya, kita diminta untuk memasangkan pakaian sesuai dengan gambar yang dilihat sebelumnya.

colour to life faber castell

Jika sukses maka waktu dan nilai bertambah. Jika salah waktu akan berkurang. Permainan ini sepertinya permainan yang paling lama. Karena jika benar terus waktu tidak akan habis dan permainan jalan terus sampai otak kita lelah untuk mengingat, sehingga banyak salah. ^_^

colour to life faber castell

Balance Your Brain

colour to life faber castell

Tokoh karekter di permainan ini adalah kucing pelukis. Nah, dibagian ini otak kita benar-benar diasah. Kita diajak bilang betul atau salah dari gambar tapak kaki kucing. Tugas kita hanya menebak warna tapak kaki kucing tersebut sesuai tidak dengan kata yang dituliskan dibawahnya. Jangan terpengaruh dengan warna tulisan pada kata. Cukup cocokkan kata dengan warna tapak kaki kucing.

colour to life faber castell
Petunjuk Balance your Brain

colour to life faber castell
Balance your brain game

Safe Flight

colour to life faber castell

Pada permainan ini, kita berperan sebagai pilot yang membawa pesawat. Pada permainan ini sih kita banyak menggunakan feeling ketepatan menerbangkan pesawat. Cara menerbangkannya dengan menekan layar jangan dilepas. Jika ingin diturunkan baru deh dilepas.

colour to life faber castell


colour to life faber castell
petunjuk safe the flight
Pada permainan ini sama dengan yang pogo boy dan giddy up, sama-sama mengumpulkan bintang untuk menambah angka dan tanda forward untuk menambah waktu permainan. Yang harus dihindari adalah awan hitam. Jika menabrak awan hitam, permainan akan selesai. Dan jika menabrak awan putih, waktu berkurang. Kesempatan menabrak awan putih hanya 3 x atau hingga waktu habis. Maka permainan selesai.
colour to life faber castell
yang harus dihindari di safe the flight

2. Warnai tokoh karakter permaianannya

Setelah memilih permainan yang ingin dimainkan, pilih lembar mewarnai yang gambarinya sesuai dengan tokoh karakter pada permainan tersebut. Pada saat mewarnai usahakan untuk tidak melewati frame.

3. Scan gambar yang telah diwarnai

Selesai mewarnai, scan gambar yang telah diwarnai tersebut. Ada beberapa syarat agar gambar terscan dan tokoh karakter hidup dalam handphone kita, yaitu :
Posisikan handphone tegak lurus dengan gambar atau tunggu hingga gambar terlihat ditutupi frame hijau muda.

colour to life faber castell

Usahakan jarak handphone dengan gambar saat men-scan jauh kurang lebih 50 centimeter.
Setelah gambar tokoh muncul di layar handphone kita, segera tekan play the game, agar tokoh tidak mudah hilang.

Jika kita gagal menscan, arahkan kamera ketempat lain yang jauh dari gambar. Baru deh mulai scan lagi.

4. Tekan Play The Game

Nah, setelah muncul tokoh virtualnya di handphone kita, langsung tekan play the game untuk memulai permainan.

Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di video ini yaa..


Memangnya nggak apa-apa, Mbak anak-anak main hp begitu?

Buat saya dan anak-anak keseruan Colour To Life Faber Castell ini terletak pada saat mewarnai tokoh karakternya, lalu dijadikan virtual player. Kita banyak coba-coba dengan aneka warna. Tapi kalaupun mereka harus memainkannya, saya tidak melarang. Hanya saja saya batasi.

Games di Colour To Life Faber Castell itu paling lama berlangsung 15 menit. Kadang saya batasi boleh 3x permainan. Atau terkadang saya dan Abang bergilir mainnya. Begitu selesai 1 permainan, ganti. Kalau sedang bermain gantian, kami buat aturan nggak boleh main Dress up Challenge. Soalnya Abang Fi nggak mau nunggu lama kalau saya yang main.. hahahaha

colour to life faber castell
Score Abang di balance your brain

colour to life faber castell
Score ummi di safe the flight

Sepertinya perancang games Colour To Life Faber Castell paham bahaya gadget untuk anak-anak. Jadi ya nggak perlu khawatir mereka main Colour To Life Faber Castell. Tidak membuat orang jadi maniac games.

Selain itu games di Colour To Life Faber Castell adalah permainan-permainan olahraga otak yang sering diberikan oleh trainer-trainer seminar.

Bermain Colour To Life Faber Castell Bersama Duo Fi

Oke setelah penjelasan tentang isi dan cara-cara bermainnya, saya pun mengajak Abang Fi untuk memulai mewarnai lagi, mengingat ia sudah mulai kelas 6 SD dan perlu fokus untuk belajar.

Awalnya banyak penolakan, “nggak ah, Mi Capek..” Saya sih tidak memaksa, saya mewarnai punya saya sendiri dulu, lalu saya scan dan berekspresi histeris di depan Abang. Si Abang kepo dooong. Langsung deh menghampiri saya.

Dia terkagum-kagum dengan penampakan hasil gambar saya di handphone.
”Aku mau dong, miii..”
“Boleeeh, tapi kamu warnai dulu. Kalau ini kan punya ummi”.
Tanpa ba bi bu, abang langsung memilih gambar yang dia suka. Dari kelima gambar yang ada, Ia memilih gambar Pogo Boy, karena terkesan laki-laki.. iyaaa deeeh.

Seperti biasa, kalau Abangnya sedang asyik melakukan sesuatu, pasti deh Adek Fi mau ikutan nimbrung. Awalnya saya kasih connector colouring pen sambil ia menyebutkan nama warnanya satu-satu.
colour to life faber castell
Sibuk mewarnai karena mau lihat hasil scan

Tapi lama-lama ia bosan dan meminta lembar gambarnya. Akhirnya saya minta ia memilih gambar yang dia suka. Dia memilih gambar Satria Berkuda. Dan dia pun ikut sibuk mewarnai.
colour to life faber castell
Hasil mewarnai Ummi

colour to life faber castell
Hasil Mewarnai Abang

colour to life faber castell
Hasil Mewarnai Adek

Selesai mewarnai, kami pun men-scan gambar kami masing-masing. Tiba-tiba Adek merengek minta di scan juga. Nah, teman-teman sudah lihat kaan hasil gambar Adek Fi? Saya pikir gambar itu tidak bisa di scan, karena coretan Adek Fi sudah melewati batas frame. Ternyataaa.. saya salah looh. Gambar Adek Fi pun bisa saya scan. Dan ini hasil scan gambar kami.

colour to life faber castell
Hasil scan Abang

colour to life faber castell
Hasil Scan Ummi

colour to life faber castell
Kuda hasil scan Adek

Saya makin penasaran, gambar urek-urekan Adek Fi saja bisa di scan, kalau tidak diwarnai bisa nggak ya? Akhirnya saya coba gambar yang tidak diwarnai. Dan ternyata bisa loooh.. ini hasilnya.
colour to life faber castell

colour to life faber castell

Berfoto Ria bersama Colour To Life Faber Castell

Namanya games baru, saya senang menjajal semua tombol icon yang ada. Dan ada 1 icon bergambar kamera di pojok kanan atas yang bisa digunakan untuk berselfie ria dengan tokoh virtual kita loh.

Seperti yang saya tulis diawal, kalau habis men-scan gambar kita, kita langsung tekan icon play the game. Tapii... jika setelah di scan kita langsung menekan icon kamera tersebut, tokoh virtualnya tidak hilang. Dan kita bisa ikutan hadir didalam frame kamera untuk berselfie ria.

Lagi-lagi kami seperti orang norak, yang terkagum-kagum dengan kecanggihan digital AR dari Colour To Life Faber Castell. Seperti dapat mainan baru.. loh? Emang iya kaaan mainan baru? Hahaha...
Berhubung kami tidak suka selfie, jadi kami foto tanpa muka..xixixi.. Dan ini hasil foto-foto kami.

colour to life faber castell
Sedang terkagum-kagum sama prince charming ^_^

colour to life faber castell
Hasil berfoto ria versi Abang

Harga dan Tempat Membeli Colour To Life Faber Castell

Untuk toko offline Colour To Life Faber Castell bisa ditemui di Toko Buku Gramedia dan toko-toko buku lainnya. Sedangkan untuk toko online, kita juga bisa membelinya di Tokopedia.

Harga yang ditawarkan sangat variatif mulai dari 103K – 150K. Untuk kualitas games dan buku mewarni sekelas Colour To Life Faber Castell, saya rasa harga segitu termasuk standar. Apalgi mampu menghasilkan hal baik bagi anak-anak ataupun diri kita sendiri.

Manfaat Bermain Colour To Life Faber Castell

Alhamdulillah Bermain Colour To Life Faber Castell ini memberikan alternatif mengasyikkan untuk melatih konsentrasi anak dalam belajar. Mewarnai bukan lagi menjadi suatu hal yang membosankan bagi yang tidak suka menggambar/mewarnai, tapi justru jadi hal yang menyenangkan.

Ada beberapa manfaat yang saya rasakan dari permainan Colour To Life Faber Castell, yaitu :

  • Menstimulasi keseimbangan otak kanan dan otak kiri
  • Meningkatkan konsentrasi dan fokus
  • Melatih keterampilan motorik halus
  • Membangun bonding keluarga
  • Meningkatkan kreatifitas
  • Membangun percaya diri
  • Menghilangkan stress

Sama seperti manfaat yaang tertulis ditiap permainan yang ada dibelakang box Colour To Life Faber Castle.
colour to life faber castle
manfaat yang tertulis dibelakang kemasan box colour to life faber castle

Semoga review saya tentang Colour To Life Faber Castell, bisa membantu teman-teman yang sedang mencari mainan edukatif dan melatih konsentrasi pada anak. Oiya sebagai penghujung informasi, Colour To Life Faber Castell memberikan pesan agar sebaiknya dimainkan untuk anak-anak usia sekolah dasar hingga dewasa yaa. Jika balita ingin bermain, sebatas hingga mewarnai.

Selamat mencoba ^_^

Waasalam





12 komentar:

  1. aku suka games balance your brain ini bikin gregetan sama pogo boy aku suka anclup mulu kalau main jadi gemes sendiri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. toss kalau begitu. Iyaaa ade juga seneng yang balance your brain. Kalau Pogo Boy mah kesukaan Abang

      Hapus
  2. I real lucky to find this website on bing, just what I was searching for :D also saved
    to my bookmarks.

    BalasHapus
  3. My programmer is trying to persuade me to move to .net from PHP.
    I have always disliked the idea because of the
    expenses. But he's tryiong none the less. I've been using Movable-type on several websites
    for about a year and am nervous about switching to another platform.

    I have heard great things about blogengine.net.
    Is there a way I can transfer all my wordpress content into it?
    Any kind of help would be really appreciated!

    BalasHapus
  4. Bicara soal Faber Castell sudah familiar banget buat saya. soalnya dari duluudah tahu gimana kualitasnya. karena jaman ebtanas manual beberapa tahun lalu sekolah saya selalu pakai produk Faber Castell

    BalasHapus
  5. Ini mah bukan hanya favorite anak, saya juga ibunya suka banget hehe, asik ya mewarnai terus bisa selfie juga

    BalasHapus
  6. Happening banget nih Faber castell dengan gamenya. Produk baik yang banyak manfaatnya untuk anak dalam mewarnai.

    BalasHapus
  7. Kemarin sempet beliin faber castell juga buat anakku.. produk ini memang sudah masyhur sejak aku sekolah dulu. Oh iya, baru tau kalau aktivitas mewarnai itu juga bermnafaat bagi orang dewasa, bisa menimbulkan efek menenangkan. Perlu dicoba nih..

    BalasHapus
  8. Anakku suka sama pogo boy, dimainin terus sampe batre handphone habis hehe.. ini buku mewarnai super keceh ya Mba.. bisa main game dan foto 3D, jadi kegiatan fav anak sejauh ini

    BalasHapus
  9. Terakhir kali mewarnai waktu sekolah di TK. Abis baca artikel ini jadi pengen nostalgia mewarnai waktu kecil

    BalasHapus
  10. pegabungan menggambar biasa dengan digital hasilnya juga bagus. anak-anak pasti senang karena bisa menggambar dengan cara menyenangkan

    BalasHapus
  11. Canggih ya... Hasil urek2an aja bisa terlihat hasilnya 😄. Jadi pengin nyonya ah.

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^