3 Game Anak Cerdas dengan Tanggap yang Lengkap

game anak

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Hai Teman-temans, bahagia bagi saya sebagai orangtua itu sederhana sekali. Melihat anak-anak tumbuh sehat dan bahagia kelak. Tentunya untuk mencapai kebahagiaan baik dunia atau akhirat, kita sebagai orangtua perlu mendidiknya sejak dini. Mendidik anak menjadi cerdas dengan tanggap yang lengkap.

Oiya, teman-teman sudah ada yang tau belum tanggap yang lengkap itu seperti apa? Nah, buat yang belum silakan baca tulisan saya di blog ini.

Baca juga : Cara menstimulasi kecerdasan anak sejak dini

Cerdas tanggap yang lengkap versi ibu Verauli, psikolog anak yang memberikan ilmu parenting anak, ada 3 yaitu :

game anak anak
Ibu Verauli, Psikolog Parenting Anak

  • Cerdas tanggap.
  • Tanggap secara emosi
  • Tanggap secara sosial.

Untuk mempunyai anak cerdas dengan tanggap yang lengkap seperti itu bisa kita stimulasi dalam kegiatan sehari-hari dengan memberikan game anak. Pada tulisan ini, saya hendak berbagi permainan apa saja yang dapat melatih kecerdasan anak dengan tanggap yang lengkap.

Menurut Ibu Verauli, usia anak 2 - 6 tahun (pas dengan usia Adek Fi) adalah masa bermain pada anak. Kita sebagai orangtua jangan menghilangkan masa-masa itu. Biarkan anak berkembang kecerdasannya dengan mengeksplorasi dalam permainan.


Nah, Berikut ini game anak balita yang saya berikan juga kepada Adek Fi dan Adek Fi suka sekali. Beberapa game anak juga disarankan oleh pakar psikologi anak.

1. Bermain Puzzel

Pada game anak berupa puzzel ini banyak sekali manfaat yang didapat. Ada banyak hal yang dilatih dalam bermain puzzel. Seluruh kecerdasan anak yang disarankan ibu Verauli ada pada permainan puzzle, yaitu:

Adek Fi sedang main puzzelsebagai game anak yang bagus

Manfaat Bermain Puzzel

a. Anak mampu menyelesaikan masalahnya sendiri (cerdas tanggap dan tanggap sosial)

Menyusun satu-satu puzzel yang berantakan menjadi gambar yang utuh melatih kecerdasan kognitif/intelektual si anak. Di saat anak mencari solusi menyusun puzzel ini secara tidak langsung melatih anak untuk mampu menyelesaikan masalahnya sendiri di saat bergabung dengan teman-temannya atau masalah pribadinya kelak.

b. Perkembangan motorik anak terlatih dengan baik (cerdas tanggap)

Mengambil pecahan puzzel dan meletakkannya pada tempat yang benar, secara tidak langsung melatih motorik halusnya yang kelak berfungsi disaat ia menulis, membuat keterampilan dan hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan tangan.

c. Anak menjadi lebih sabar (tanggap emosi)

Tentunya butuh kesabaran dalam menyusun puzzel ya. Jangankan bayi, orang dewasa saja seolah asyik dan butuh waktu dalam menyusun puzzel. Jika tidak sabar, puzzel biasanya tidak selesai-selesai. Apalagi jika salah meletakkan puzzel.

d. Melatih kecerdasan logika anak (cerdas tanggap)

Untuk menyelesaikan 1 potongan puzzel saja, logika anak akan bermain 'kira-kira, bentuk seperti ini diletakkan dimana ya?' Dan seacara tidak langsung kelak dalam berpikir pun anak akan menggunakan logikanya daripada mengandalkan perasaan.

e. Melatih kecerdasan sosial (tanggap sosial)

Permainan puzzel ini bukan hanya bisa dimainkan sendiri, tapi bisa dimainkan secara bersama-sama. Pada saat bermain bersama, disini anak dilatih kecerdasan sosialnya, seperti diskusi meletakkan buah puzzelnya dimana, bekerja sama dan saling membantu kekurangan temannya.

Tip bermain puzzle :

  • Pilih mulai dari puzzel yang sederhana dahulu untuk pengenalan mainan ini. Untuk tahap awal pilih puzzel bentuk. Puzzel bentuk biasanya 1 bentuk dalam 1 kolom kosong, baru setelah itu pilih puzzel yang pecahan gambarnya sedikit/besar-besar dalam 1 gambar. Setelah anak makin mahir maka tingkat kesulitan pada puzzle makin dinaikkan.

game anak anak
Puzzel sayur untuk game anak

game anak anak
Puzzel mengenal bentuk untuk game anak
  • Pilih puzzel yang sudah berlogo SNI. Dengan ada logo SNI nya mainan tersebut terjamin keamanannya bagi anak, baik itu cat atau bahannya.
  • Pada awal bermain temani anak dahulu untuk diajarkan posisi puzzelnya. Untuk yang pengenalan angka dan warna, bisa langsung disebutkan namanya. Cukup 2 kali pengenalan saja. Nggak perlu khawatir, balita itu daya rekamnya luar biasa, dikenalkan sekali dia langsung cepat menangkapnya untuk diulang. Selanjutnya biarkan anak melakukan sendiri, boleh dibantu jika masih kesulitan.
  • Jika anak benar meletakkannya, jangan lupa ya untuk memberikan penghargaan dengan berkata, "hebaaat" atau "pinteeer" atau sekedar teriak "yeeeeey" sambil tepuk tangan. Otomatis anak akan merasa dihargai hasil kerjanya.
  • Jika salah meletakkannya berikan nada-nada lucu agar anak mengingatnya. Seperti "Nooo.. ngek ngok" atau "wak waaaaw".
  • Dalam membantu kesusahan anak, bukan bantu solusinya melainkan bantu caranya. Misal saat anak hendak susah meletakkan puzzel bentuk wortel karena dia memasangnya dengan terbalik, maka kita membantunya membenarkan pegangan wortelnya tidak terbalik lagi, bukan membantu langsung meletakkan ditempatnya.
  • Lihat suasana hati atau mood anak. Jika tidak bergairah lebih baik menunda dahulu.


2. Bernyanyi "Kalau Kau Suka Hati"

Game anak yang satu ini cendrung untuk tanggap sosial. Lagu "kalau kau suka hati" ini merupakan game anak yang luas sekali bisa kita manfaatkan. Kita tinggal tentukan saja apa yang ingin kita ajarkan kepada anak. Misalkan kita hendak mengajarkan bagaimana bertamu yang baik. Lagunya bisa kita buat seperti ini :

Kalau kau suka hati ketuk pintu
Kalau kau suka hati ketuk pintu
Kalau kau suka hati mari kita lakukan
Kalau kau suka hati ketuk pintu

Kalau kau suka hati beri salam "assalamu'alaikum"
Kalau kau suka hati beri salam "assalamu'alaikum"
Kalau kau suka hati mari kita lakukan
Kalau kau suka hati beri salam "assalamu'alaikum"

Kalau kau suka hati cium tangan
Kalau kau suka hati cium tangan
Kalau kau suka hati mari kita lakukan
Kalau kau suka hati cium tangan

Kalau kau suka hati semuanya
Kalau kau suka hati semuanya
Kalau kau suka hati mari kita lakukan
Kalau kau suka hati semuanya

Dalam game anak ini ada beberapa manfaat untuk anak sehingga mejadi anak cerdas dengan tanggap yang lengkap, yaitu :

Manfaat Bernyanyi Lagu "Kalau Kau Suka Hati"

a. Menambah wawasan/pengetahuan (cerdas tanggap)

Dengan mesisipi ilmu di dalam lagu tersebut, secara tidak langsung menambahkan wawasan anak akan hal yang baru. Contoh lagu diatas menambah wawasan anak menjadi tahu bagaimana cara bertamu yang baik ke rumah orang.

b. Melatih kecerdasan sosial (tanggap sosial)

Seperti yang saya tulis diatas, bahwa game anak ini cendrung untuk tanggap sosial, karena ilmu yang disisipi lebih banyak cara anak bersosialisasi ke lingkungannya. Selain itu jika dilakukan bersama, menumbuhkan rasa kerjasama dan kekompakan dalam tim dan saling mengingatkan jika ada yang salah.

c. Melatih motorik kasar (cerdas tanggap)

Lagu ini juga bisa untuk melatih motorik kasar, seperti lari di tempat, melompat, dll. Tergantung gerakan apa yang hendak kita sisipkan.

Tips bernyanyi "kalau kau suka hati"

  • Lakukan dengan wajah ceria dan ekspresif. Anak lebih menyukai permainan yang dilakukan secara gembira dan penuh tawa serta ekspresif dalam melakukannya. Pengalaman saya kalau saya nyanyinya ogah-ogahan, Adek Fi setengah lagu juga udah menghindar dan cari mainan lain.
  • Cukup berikan 3 gerakan saja (kalau contoh diatas ketuk pintu, ucap salah dan cium tangan). Kalau kebanyakan biasanya ilmu yang hendak kita sisipi justru tidak masuk.
  • Biasakan tepuk tangan seraya teriak "yeeeeey" disaat nyanyian sudah selesai. Kalau saya sih plus pelukan dan minta cium. Ini umminya terlalu ekspresif.. hahaha.,.
  • Lakukan berulang hingga anak hafal dengan gerakannya.
  • Lihat suasana hati atau mood anak. Jika tidak bergairah lebih baik menunda dahulu.


3. Bermain Bongkar Pasang

Mainan bongkar pasang ini lebih dikenal dengan nama LEGO karena perusahaan tersebut lah yang pertama kali menciptakan. Mainan ini berupa balok bata yang bisa disusun menjadi sebuah bangunan atau bentuk. Adek Fi pertama kali diberikan mainan ini langsung anteng menyusun sendiri mainannya. Kebanyakan sih dia bilangnya jadi 'police car'.

game anak anak
Bongkar pasang (lego) untuk game anak

Manfaat Bermain Bongkar Pasang

Manfaat mainan ini kurang lebih sama dengan manfaat puzzel, hanya saja yang membedakan adalah :

a. Membuat anak jadi kreatif (cerdas tanggap)

Karena pada mainan ini, anak bukan sekedar meletakan gambar yang terpecah melainkan menciptakan bentuk mainan baru sesuai imajinasi dan penglihatan anak.

Tips bermain bongkar pasang


  • Mainan ini bisa dimainkan oleh siapapun, namun dimulai usia 1,5 tahun yaaa.
  • Siapkan balok bongkar pasangnya sesuai usia. jika masih balita, lebih baik pilih balok yang plastik dan besar-besar. Jika balok terlalu kecil dikhawatirkan usia tersebut masih rawan untuk ditelan atau dimasukkan ke lubang hidung dan telinga.
  • Pilih balok yang berwarna cerah, karena selain menyusun ruang bangun kita bisa juga belajar mengenalkan warna.
  • Pilih mainan yang bersertifikan SNI, agar keamanan mainan terjaga untuk anak.
  • Lihat suasana hati atau mood anak. Jika tidak bergairah lebih baik menunda dahulu.


Nah, itulah 3 game anak yang sering saya mainkan bersama Adek Fi. Dari stimulasi lewat mainan Alhamdulillah, Adek Fi mudah untuk bersosialisasi bersama teman-teman sebayanya. Selain stimulasi dari mainan saya juga memberikan nutrisi yang baik untuk Adek Fi sesuai arahan dari dr. Nuril pada acara launching Bebelac formula baru.

Baca juga : Faktor tumbuh kembang anak menjadi anak cerdas tanggap yang lengkap

Hubungan Suasana Hati dengan Kesehatan Perut

Berdasarkan informasi yang diberikan dr. Nuril bahwa menjaga kesehatan perut itu berpengaruh pada kecerdasan otak anak. Itu sebabnya di setiap tips saya selalu menambahkan agar kita bisa melihat suasana hati anak atau mood anak. Karena mood anak kebanyakan berasal dari perut/pencernaan.

Urusan perut tentunya tidak jauh dengan urusan pencernaan. Bebelac disini memberikan formula baru yang di sempurnakan. juga. Dengan minyak ikan dan omega 6 yang ditingkatkan dibanding dengan formula susu Bebelac sebelumnya. Karena pada formulasi itulah yang dibutuhkan dimasa keemasan pertumbuhan anak. Penting sekali memberikan Omega 3 dan 6 sebagai nutrisi otak.


Selain itu ada komposisi yang unik pada susu Bebelac baru saat ini, yaitu : FOS and GOS dengan perbandingan 1 : 9 yang dipatenkan, serta mengandung 13 vitamin dan 9 mineral. Di mana formulasi tersebut berfungsi untuk saluran cerna yang sehat bagi anak. Itu sebabnya Bebelac mencoba menjaga kesehatan perut anak.

Coba deh bayangin, jika perut nggak enak dan tidak nyaman, pastinya anak akan uring-uringan dan moody. Efeknya akan berpengaruh ke teman-teman bermainnya. Itu sebabnya salah satu tips untuk menjaga suasana hati anak adalah menjaga kesehatan pencernaan anak dengan memberikan Bebelac baru sebagai nutrisi baik bagi pencernaan. Informasi lebih lanjut mengenai tips mengasuh anak agar tumbuh dengan tanggap yang lengkap bisa dilihat di website Bebelac.

Ok, selesai sudah tulisan saya kali ini. Semoga bermanfaat bagi semua yaa. Selamat Bermain. ^_^

Wassalam



63 komentar:

  1. saya baru tahu ada puzzle logo SNI, hihi . Tapi emang harus ya biar aman buat anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaa.. saya selalu beli puzzel yg ada logo SNI nya.

      Hapus
  2. Bernyanyi kalo kau suka hati itu sering banget aku bawakan sama anak. Mereka juga seru mengikuti dan senang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. mereka suka niruinnya dan ketawa2.

      Hapus
  3. Jadi nostalgia bacanya, dulu aku sering main puzzle. Kalo bete ga bisa nyelesainnya bakal ngambeg.. Mungkin kurang minyak ikan dan omega 6 yaa >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. jaman dulu belum banyak yg memproduksi susu dgn kandungan yg baik utk kecerdasan otak anak ya, Mba.

      Hapus
  4. Aku juga suka melatih anakku bermain bongkar pasang mbak, biasanya aku ajak dia bermain susun balok mbak. Jadi warna balok yang warna warni bikin tertarik dan ternyata bagus juga sekalian ngenalin warna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbaa.. sekali dayung 2 3 pulau terlampaui.

      Hapus
  5. Hahaha aman dan nyaman ya memberikan alat permaianan buat anak yang udah ada SNInya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba.. soalnya kadang suka diisep2 ama dijilat2. Lah kalau catnya ga aman buat dipegang anak2 kan bahaya.

      Hapus
  6. Puzzle, bernyanyi dan bongkar pasang ya. Oke...

    Selama ini putra saya Fahmi cuma puzzle dan bongkar pasang saja, mainnya. Kalau menyanyi dia agak susah. Karena sifatnya pemalu itu mungkin ya.

    Sekarang tugas saya nih sering mungkin mengajak dia game baru dg bernyanyi dan tampil. Supaya kelak jadi anak yang memiliki tanggap lengkap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan dipaksa jika nggak mau mba. Diajak pelan2 aja. Kan kecerdasan masing2 anak beda2.

      Hapus
  7. Inspiratif banget mba ade, setuju banget mba, saluran cerna yang baik sangat menentukan mood anak.. selain stimulasi yang terus konsisten juga asupan nutrisi yang tepat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes.. jadi dpt dua-duanya sekaligus.. lengkap kan.

      Hapus
  8. Mainan Lego selain menyenangkan juga baik untuk stimulasi kecerdasan anak namun perlu juga asupan gizi yang seimbang sehingga anak bisa tumbuh sehat dan memiliki jiwa kepekaan tinggi terhadap lingkungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, Mba.. nutri dan stimulasi memang harus berteman baik demi perkembangan kecerdasan anak.

      Hapus
  9. Aku sering sedih melihat kenyataan bhw anak2 usia emas cukup bnyk yg dijejali dg gadget dan game drpd diperkenalkan dg permainan edukatif dan merangsang kemampuan motorik kasarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaah makanya ada tulisan ini biar bisa ganti permainan.

      Hapus
  10. Wah, alhamdulillah, anak saya suka dengan ke-3 games ini. Mereka antusias kalo lagi maen. Baru tahu kalo ketiganya bermanfaat di dalam membentuk kecerdasan tanggap yang lengkap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillaaah.. semoga jadi anak yang cerdas dengan tanggap yg lengkap ya mba. ^_^

      Hapus
  11. Waah tahnkyou mba Ade, aku mau ajarkan mbul lagu "Kalau kau suka hati" baru tahu liriknya nih, edukatif buat anak, kalau main puzzle dan bongkar pasang udah dari dua tahun ku beliin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liriknya bisa kita ganti2 sesuka hati, Mba.. sesuai judul lagunya.. hahaha..

      Hapus
  12. Bermain puzzle..aku belum punya..kalo bongkar pasang. .emang kesukaannya..m
    Nyanyi2 ceria udah...


    Pertumbuhan dan perkembangan anak harus jadi perhatian...
    Dan untuk memenuhi itu tak hanya latihan atau semacam arahan dari kita
    Tapi juga memperhatikan nutrisinya..agar tumbuh kembang luar dan dalam seimbang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneeer.. mama pintaaar. Kayaknya nggak perlu tulisan ini.. xixixi.

      Hapus
  13. Adek Fi puzzlenya bagus. pinjeeemm hehe.
    Meainan emang salah satu media buat anak belajar ya mbak. Soalnya anak usia dini mang belajarnya dari main, kayk kata Bu Vera itu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tukeran yaaa sama lego brick nya kakak maxy.

      Hapus
    2. Yg mana ya, lego brick mah punya bapaknya wkwkwkwk. Kalau anak2 punyanya lego2an wkwkwkw.

      Hapus
  14. Bahkan semua yang dilakukan anak adalah belajar dterlebih saat bermain ya mba, yang penting kita memberi permainan yang mendidik sehingga anak bisa lebih cepat menyerap apa yang dia pelajari di aetiap permainan yang dilakukannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbaa.. bagaimana kita ortunya yang memilah2 aja

      Hapus
  15. Pantesan Ponakan saya lebih cepat tanggap dan kecerdasannya kelihatan, soalnya saya beliin mainan puzzle sama bongkar pasang. Dianya seru gitu, dan ternyata banyak manfaatnya dari games tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Besok2 diberikan ke anakmu yaaa.. lumayan dpt ilmu banyak buat yg jomblo.

      Hapus
  16. Anakku suka mauin puzzle sama bernyanyi tuh, kalau idah kaya hitu happy banget mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya juga anak2 mbaa.. blm ada rasa tajut dan khawatir ya.,

      Hapus
  17. Itu benar sekali Anakku main semua itu kebetulan aunty nya beliin puzzle, wow anakku sampai bisa pasang puzzle detail banget padahal puzzlenya tidak besar.

    BalasHapus
  18. makasi banget mbaa tips-tipsnyaa..
    emang ya harus pinter pinter bikin permainan atau menyediakan permainan yg bisa merangsang kreativitas anak..
    Alhamdulillah tiga2nya udah sering dimainin aku dan anak2ku hehehe

    BalasHapus
  19. Semakin banyak permainan edukatif untuk anak dengan output maksimal ya mba. Anak senang, karena nuansa beemaib ada, sementara kecerdasan juga terasah

    BalasHapus
  20. Anak saya suka main puzzle abjad, kalau bongkar pasang dia gak suka karena salah-salah terus haha. Jadinya saya kudu lebih sabar lagi ya nemenin dia main. Makasih infonya ya mbak, kadang suka mati gaya 'mau main apa lagi' sama si kecil. Akan segera praktek lah ini mah.

    BalasHapus
  21. Well very good sharing and information. Bermain puzzled adalah kesukaan anak ku fayza. Bernyanyi pun demikian. Namun permainan bongkar pasang masih belum optimal. Biasanya setelah bongkar trus ditinggal. Jadi bongkar tinggal. Puzzle sangat challenging selain membutuhkan konsentrasi untuk berfikir susunan selanjutnya. Juga membutuhkan kesabaran.

    BalasHapus
  22. Aku suka ketakutan kalau anakku kecanduan gadget. Cara pengasuhan aku dan suami agak berbeda. Jadi anakku kenal gadget ya dr suamiku ini, udh beberapa kali aku tegor tapi ya gitu balik lagi. Padahal games lain seperti lego itu sangat membantu ya mba untuk kecerdasan berpikirnya. Huhu semoga anakku gak kecanduan gadget.

    BalasHapus
  23. Bentuk Stimulasi untuk si kecil sebenarnya banyak ya mba, aku juga sering ngajak Audrey main bongkar pasang. Nah klo nutrisi otak aku setuju bebelac pilihannya

    BalasHapus
  24. Adek Fi mainannya bagus-bagus, edukatif. Terus sehat ya, biar tumbuh menjadi anak dengan tanggap yang lengkap

    BalasHapus
  25. mainannya itu naufal banget... mainannya gak jauh-jauh dari tema puzzle dan semacam itu.. ternyata bagus juga ya buat anak2

    BalasHapus
  26. Kalau kau suka hati. Nyanyian zaman mpo dulu. Ampuh menstimulasi anak

    BalasHapus
  27. Bermain puzzle adalah kegemaran anakku yang sulung. Tapi memang terlihat manfaatnya buat perkembangan kecerdaannya. Ternyata memang banyak ya manfaat lainnya dari bermain puzzle.

    BalasHapus
  28. Mainan puzzlenya bagus2 banget mbak. Cocok buat mengasah daya ingat anak dan kesabaran anak juga buat menyusun puzzle menjadi utuh

    BalasHapus
  29. Waaahh aku lupa banget buat pengenalan puzzle ke anak aku, jadi pengen beli puzzle buat dia deh. Tapi kita samaan kak kalo soal nyanyi suka hati, itu juga favorit anak aku.

    BalasHapus
  30. Puzzel dan bongkar pasang memang cocok untuk anak-anak bermain, selain seru tapi juga mengasah kecerdasan anak.

    BalasHapus
  31. Main bongkar pasang bagus ya untuk anak, kebetulan anak aku suka permainan ini. Bongkar ppasang mainan yg baru dibeli, remot dan barang lain jg dia suka :D

    BalasHapus
  32. tiga-tiganya disukai sama anakku... yang agak susah itu mengajak merea untuk merapikan mainan. Karena mereka biasanya berhenti bermain ketika sudah capek....

    BalasHapus
  33. Main puzzle yang paling aku suka. AKU yaaa, bukan anak anak. Hahaha. Tapi abhi main apa aja asal si temenin suka sih

    BalasHapus
  34. wah komplit banget ini infonya ❤️ tapi anak aku yang kedua masih belum tertarik main puzzle! jangankan dimainkan, dilirik juga enggak hehehe.. tapi kalau lego sih dia suka banget! bisa betah berlama-lama bongkar pasang bebikinan apa yang dia imajinasikan.. ya robot lah, ya superheroes lah, padahal ya gak mirip2 banget sih bentuk yang dia buat hehehe

    BalasHapus
  35. dengan bermain ga kerasa lagi belajar ya, kreatif

    BalasHapus
  36. ade Fi serius bgt sh mainnya hehe, dunia anak memang bermain ya mba mknya lewat permainan bs jd slh satu media belajar anak2

    BalasHapus
  37. Nah nah, pas nih buat acuan saya dalam menstimulasi Rayhan.
    Apalagi untuk yang bertamu itu.
    Usianya sih masih satu tahun.
    Tapi lebih cepat lebih baikkan mba memperkenalkan hal2 seperti ini ke anak?

    BalasHapus
  38. main puzzle memang menyenangkan ya mbak, ga cuma buat anak, emaknya juga enjoy banget. ternyata banyk manfaat bermain puzzle ya. TFS

    BalasHapus
  39. Idenya keren, patut ditiru dan dicoba

    BalasHapus
  40. Ak beberapa kai ngasih anak2 puzzle dari mulai yang potongannya sedikit sampai banyak. Tapi tetep aja, setelah itu balik maning ke gadget. Duuuhhh...

    BalasHapus
  41. anak dan orang dewasa itu sama ya
    klu lapar jadi reseh hehehe
    anak saya juga dikasi permainan itu waktu kecil
    sampe sekarang masih hobi main bongkar pasang

    BalasHapus
  42. Lengkapnya panduan dari masing-masing games yang mengasah otak di atas.

    Salam sore dari Lombok

    BalasHapus
  43. wah g sembarangan ya mbak kasih mainan ke anak. aku barubtaubbahkan ada puzzle yg SNI segala. Makasih mbak pengetahuannya.

    BalasHapus
  44. Tulisannya lengkap banget, Mbak Ade... terutama mengenai lagu. Inspiratif banget.

    BalasHapus
  45. eh puzzlenya sama lho dengan punya SID. Permainan begini ini yang membuat proses belajar mudah dan menyenangkan.

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^