Travel Halal Bersama CBWisata


Bismillahirrahmaanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Resiko saat kita traveling keluar negeri itu adalah mencari makanan halal di negeri orang. Kalau negaranya memiliki penduduk mayoritas muslim sih nggak terlalu pusing yaa. Tapi kalau penduduknya mayoritas non muslim.. huhuhuhu...

Ingat dulu saat saya ke Pattani, Thailand. Kami sempat bingung mau makan dimana. Bersyukur kami sepakat menyewa mobil plus supirnya dan minta ditunjukkan di restauran yang punya muslim. 

Sempat terpikir dulu, seandainya sudah ada travel halal ya, pasti kita nggak membuang waktu untuk mencari-cari pemandu perjalanan kami.

Eh, tapi sebenarnya apa sih yang dimaksud travel halal itu?
Beberapa teman yang saya tanya menjawab seperti ini :

"Wah, aku baru denger, Mbak. Biasanya tuh kata halal adanya pada makanan/minuman halal, restauran halal, kosmetik halal. Belum pernah tuh travel halal."

atau

"Apa ye, De? Biro perjalanan halal gitu?"

Tapi sebagian lagi yang saya tanya tentang travel halal, mereka mengatakan :

"Travel halal itu travel yang nyediain makanan halal, bayarnya nggak pakai riba, nggak ngajak ke tempat-tempat maksiat. Beribadah tepat waktunya. Macam Umroh dan Haji itu."

Hmm...
Memang untuk sebagian orang, banyak yang berpikir bahwa travel halal itu nggak jauh dari travel umroh dan haji. Padahal travel halal itu bukan sekedar perjalanan ke tanah suci saja loh.

Ketika mencari di wikipedia, travel halal diarahkankan ke pariwisata halal. Pariwisata halal menurut wikipedia adalah pariwisata yang diarahkan untuk keluarga muslim yang mematuhi aturan Islam.

Ya, Travel halal adalah sebuah perjalanan yang mengikuti aturan Islam. Pada itinerary (jadwal perjalanan) ada jadwal berhenti untuk melakukan sholat 5 waktu. Makan di tempat makanan yang halal dan pergi ke tempat-tempat wisata yang diperbolehkan untuk muslim.

Namun memang travel halal baru seputaran perjalanan umroh dan haji. Belum banyak biro perjalanan yang menawarkan paket travel halal.

Hingga saya ditawarkan seorang teman sebuah paket perjalanan dari CBWisata. Teman saya memberikan brosur dari CBWisata tersebut.

Begitu lihat paket travel yang ditawarkan, ada paket travel halalnya looh, iiih saya langsung tertarik deh.

TENTANG CBWisata

Sebelum saya menjelaskan paket travel halal yang ditawarkan oleh CBWisata, kita kenalan dulu ya dengan perusahaan travel ini.

CBWisata adalah nama dari usaha PT. Cakrawala Buana Wisata yang bergerak di industri pariwisata. Dalam hal ini adalah biro perjalanan atau travel.

CBWisata juga didukung oleh SDM yang berpengalaman dalam bidangnya, serta mampu bekerja secara professional. CBWisata mencoba mewujudkan cita dan tanggung jawab dalam bentuk pemberian pelayanan dalam bidang biro perjalanan wisata.

LOKASI KANTOR CBWisata

CBWisata adalah perusahaan travel yang berlokasi di Jakarta, tepatnya di :

Pejaten Indah 2
Blok D no 4
Jakarta Selatan 12520
Indonesia

atau di

Gedung NITC Lt Dasar
(RA Tour)
Jln Imam Bonjol
Lubuk Baja - Nagoya
Batam
Indonesia

VISI & MISI CBWisata

Menjadi Perusahaan Tour & Travel yang terdepan dan terpercaya dalam bidang jasa pelayanan pariwisata dengan kualitas terbaik adalah visi dari CBWisata.

Sedangkan misi yang dikedepankan oleh CBWisata adalah sebagai berikut :
  • Memberikan pelayanan terbaik
  • Menggunakan tenaga pekerja yang profesional
  • Berkomitmen pada standar kerja yang tinggi
  • Memberikan produk jasa travel yang berkualitas
  • Membina komunikasi yang baik kepada semua pelanggan
  • Menjadi perusahaan penyedia layanan travel dengan kualitas pelayanan yang prima.
  • Mengutamakan kepuasan pelanggan

PAKET PERJALANAN CBWisata

Berawal dari kegelisahan para traveler yang sudah mulai aware akan kehalalan perjalanannya, CBWisata pun membuka program travel halal.

Sudah tentu travel halal yang paling utama adalah perjalanan haji dan umroh yang setiap tahunnya selalu ada. Namun selain perjalanan haji dan umroh, CBWisata juga membuka perjalanan menyusuri tempat-tempat bersejarah Islam.

Bukan cuma itu, CBWisata juga menawarkan perjalanan umum tentunya dengan jadwal dan itinerary yang sesuai dengan kaidah-kaidah umat Islam.

Berikut paket-paket perjalanan yang dibuat oleh CBWisata :

Haji dan Umroh

Pada paket haji dan umroh ini ada banyak ragam paketnya, yaitu :

  • Paket umroh dan haji pada umumnya (langsung ke tanah suci)
  • Paket umroh dan wisata Turki
  • Paket umroh bulan Ramadhan.

travel halal
photo by CBWisata dokumentasi

    Jelajah Bumi Para Nabi

    Pada paket perjalanan ini, kita bisa touring menyusuri jejak sejarah para nabi-nabi Allah, dengan destinasi sebagai berikut : “MUSCAT – CAIRO – GUNUN TURSINA – JERUSALEM – TEL AVIV DANAU TIBERIAS – HEBRON – JERICHO – PETRA – MU'TAH – AMMAN”



    Kita diajak mengunjungi dan menyaksikan jejak perjalanan Nabi Musa as, yaitu ke Piramida, Gunung Sinai, Gunung Tursina, dll.
    travel halal
    photo by CBWisata dokumentasi
    Bukan cuma itu kita diajak melakukan perjalanan bersejarah ke Jordania, yaitu ke bangunan bersejarah Petra yang merupakan salah satu keajaiban dunia.

    Pohon Sahabi juga merupakan salah satu destinasi kita saat di Jordania. Menurut sejarah Pohon Sahabi ini adalah pohon yang dipercaya sebagai saksi pertemuan biarawan Kristen bernama Bahira dengan Nabi Muhammad SAW.  Masya Allah..

    travel halal

    Sebenarnya, CBWisata juga menyediakan paket perjalanan beribadah di Masjidil Aqsa/Baitul Maqdis. Seperti kita ketahui mulai bulan Juni 2018, pemerintah Israel tidak memberikan ijin visa bagi wisatawan dari Indonesia, maka kegiatan wisata kesana pun untuk semetara dihentikan.

    Hmm.. sampai kapan ya? 
    Sampai Allah mengijinkan kita shalat di Masjidil Aqsa. ^_^ itu jawaban saya.. xixixi.. Kalau jawaban CBWisata hingga batas waktu yang belum ditentukan.

    Flash Packer New Zaeland

    Paket perjalanan ini kita ber-travel halal di negara New Zaeland. Dimana kita diajak melihat desa yang dipakai untuk lokasi syuting film The Hobbit. Tau kaaan film box office itu?

    Dan kita juga diajak berwisata melihat keindahan alam New Zaeland dari atas Skyline Gondola. Dan masih banyak lagi wisata-wisata lainnya seperti ke The Blue Spring yang merupakan sumber mata air yang menyuplai 70% air mineral kemasan di New Zealand.


    K-Pop Muslim Tour

    Nah kalau yang ini buat para pencinta K-Pop dan drama Korea (macam saya iniii... ^_^) paket ini cocok banget nih.

    Kita diajak ke Pulau Nami, lalu belajar membuat Kimchi dan menggunakan Hanbok (pakaian tradisional Korea), ikutan meletakan gembok cinta (eeeaa ini buat yang couple kali ya, yang jomblo gembokan hatimu pada Allah biar dikasih jodoh sholeh dan sholehah.. aamiin).


    Selain itu kita juga diajak jalan-jalan ke MBC Broadcasting. Duuuh, siapa tau ketemu oppa Soung Seung Heun. *Ngarep.

    Muslim Travel Domestik

    Paket ini diberikan bagi teman-teman yang mau berwisata di negeri kita tercinta ini. Banyak jejak-jejak sejarah Islam tersebar di negeri yang mayoritas muslim ini.

    Sport Session

    Selain itu CBWisata juga memberikan travel halal yang paket-paket perjalanannya bersifat momentum, seperti Paket perjalanan menonton pertandingan olahraga atau berolahraga di negeri orang.

    Paket sport session ini terdiri dari olahraga :

    a. Sepak Bola.

    Buat kamu para pencinta bola, CBWisata menyediakan tiket nonton Piala Dunia FIFA 2018 dan Internasional Champion Cup 2018. Duh, kebayang nonton serunya piala dunia, sambil sesekali bikin yel-yel dengan kemeriahan theme song piala dunia 2018 dari Jason Derulo.



    b. Balap Motor.

    Kalau buat pencinta MotoGP atau Internasional Motorcycle Grand Pix, kamu bisa pesen nih dari sekarang tiketnya. Iiish.. kapan lagi nih liat babang Rossi, Lorenzo, Pedrosa dan dedek Marquez. Huaaa... jadi mupeng.




    c. Golf

    Ini buat yang seneng dengan olahraga tongkat a.k.a golf. CBWisata menyediakan paket untuk bermain golf di Bangkok, Thailand. Duh.. jauh ya mainnya.. Nggak papa kan kali ini olahraganya plus travel halal. Jadi aman dan damai perjalanannya.



    KEUNGGULAN CBWisata

    1. Terpercaya

    Ini travelnya amanah nggak? Nanti tipu-tipu macam yang sedang booming saat ini.

    Memang yaa, denger berita saat ini bikin biro-biro perjalanan ketar-ketir, karena efeknya kepercayaan orang jadi menurun. Dan pertanyaan diatas sering kali terlontar kepada travel-travel yang mengatasnamakan travel halal.

    Terperosoknya para travel itu, karena mereka menggunakan sistem yang tidak islami. Macam sistem ponzi atau multilavel marketing, yang jelas dalam Islam ini dilarang.

    Nah, Insya Allah CBWisata sistem yang digunakan adalah dengan menggunakan bisnis travel konvensional pada umumnya.

    Kepercayaan itu dibuktikan dengan bergabungnya CBWisata ke asosiasi travel yang terpercaya, seperti :

    • My Halal Trip Indonesia (MHTI)


    Sebuah asosiasi yang sudah memiliki izin yang sah ini dibentuk oleh beberapa pengusaha muslim nasional, khususnya yang bergerak di industri pariwisata. Mereka membentuk asosiasi ini berawal dari sebuah komunitas travel agent.

    MHTI berdiri karena melihat wisatawan muslim yang pergi ke negara non-muslim namun sulit mendapatkan akomodasi dan konsumsi yang halal. Seperti kegelisahan saya, yang saya tulis diatas.

    MHTI memberikan kepastian bahwa kebutuhan halal tersebut bisa dipenuhi, dengan hadirnya travel halal ke negara-negara seperti Jepang, Korea, dll

    MHTI seolah melihat peluang bahwa sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia menjadi salah satu pasar yang menarik untuk berkembangnya industri wisata halal di Tanah Air.

    • Garuda Wisata Halal


    Garuda Wisata Halal, adalah sebuah asosiasi dan konsorsium travel, yang juga merupakan salah satu bagian dari My Halal Trip Indonesia (MHTI).

    PT. Garuda Indonesia Airlines, Tbk sebagai maskapai terbesar di Indonesia memberikan kontribusi dan support untuk fasilitas transportasi udara dalam kebutuhan paket-paket perjalanan wisata ke : Korea, Jepang, Hongkong, Thailand, dan destinasi wisata lainnya.

    • Travel4All


    Sebuah asosiasi yang bergerak di industri pariwisata, beranggotakan travel agent dari Indonesia, Malaysia, dan Thailand, yang mengedepankan konsep wisata halal ke destinasi-destinasi wisata favorit di dunia.

    Nah, kalau sudah tergabung dalam 3 asosiasi tersebut, nggak mungkin kan mau tipu-tipu. Mereka juga kan memilih membernya untuk menjaga nama baik organisasinya.

    2. Visa diurus oleh pihak travel

    Sebagian besar visa travel diurus langsung oleh CBWisata. Jadi menghemat waktu dan tenaga kita untuk dateng-dateng ke kedutaan untuk pengurusan visa ini. Tinggal siapin diri aja deh.. langsung cuuus.. berangkat.

    3. Costume/Private

    Pelayanan travel dari CBWisata ini bisa disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan pelanggan. Jadi nggak saklek harus sesuai ketentuan travel yaa.

    4. Well Organized

    Buat yang hendak berpergian kelompok, nggak perlu lagi pusing mengatur agenda kegiatan apa saja yang dilakukan. Tinggal hubungi CBWisata untuk koordinasi maunya gimana, jeng jeeeng... jadwal kegiatan kita tersusun dengan rapih.

    5. Kemudahan pembayarannya

    Orang Indonesia kan demen ya dengan kata "dicicil". Mulai dari nyicil pekerjaan, nyicil isi rumah, apalagi pembayaran yang dicicil.. xixixi.

    CBWisata sadar akan kesukaan tersebut, maka untuk beberapa produk jasa CBWisata, diberikan kemudahan dengan membayar secara bertahap (dicicil). Yeeey...


    Nah, sekarang, dengan menggunakan travel halal dari CBWisata, teman-teman bisa berwisata mengunjungi tempat-tempat favorite teman-teman, tanpa takut-takut lagi dengan segala kegiatan kita sebagai muslim/muslimah.



    Wassalam




    49 komentar:

    1. Penting banget kalo lagi jalan2 itu semua serba halal, baik makanan, minuman, tempat wisata (ga maksiat) dan ontime saat sholat 5 waktu.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iyaa.. jadi mau jalan2 kemana ga pusing nyari2 makanan halal ya.

        Hapus
    2. Dengan ikut travel halal, maka traveling jadi lebih tenang ya mba

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iyees.. bener2 nikmati perjalanannya

        Hapus
    3. Nyaman dan aman ini yang dicari banyak orang kalau melakukan perjalanan ya. Bukan hanya SDM yang profesional kalau menurut aku tapi juga amanah penting ya

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iyes, Mba. Kepercayaan itu sangat dibutuhkan saat ini. Mengingat kasus travel bodong.

        Hapus
    4. Wah ada juga ya paket jelajah muslim di domestik? Mau ah skali skali nyoba. Sebelum menjelajah di luar negeri :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ada, Mbaa.. yuk BDC di planning jalan2 halal domestik.

        Hapus
    5. Setelah maraknya kasus penipuan dari
      biro perjalanan umroh, menjadi pembelajaran bagi banyak orang untuk lebih teliti lagi dalam memilih biro perjalanan, Travel halal ini bisa menjawab keraguan ya mba.. selain sistemnya jelas dan tidak melenceng dari aturan agama islam juga rekomendasi tempat makan halal ditempat perjalanan nantinya ya mba..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Insya Allah, Mba..makanya berusaha menjaga kepercayaan pelanggan ya mba.

        Hapus
    6. Jd keinget sekarang Indonesia gak boleh ke Palestina ya? Terakhir kabarnya dibanned sama ISrael.
      Skrng makin banyak ya travel halal gtu, soalnya emang makin banyak wisatawan muslim dr Indonesia berkunjung ke negara yang muslimnya minoritas. Jd ini ceruk yg dimanfaatkan sama penyedia jasa travel.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hu uh.. lah mayoritas muslim, tapi pihak travel tidak menyediakan produk travel halal.

        Hapus
    7. Nah asik nih ada travel halal, jadi kalau jalan-jalan ke LN udah gak repot lagi nyari tempat sholat dan tempat makan yg halal ya, alhamdulillaah..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iyeees.. kita tinggal menikmati perjalanan yg Allah ridha.

        Hapus
    8. Nunggu diajak jalan2 sama mba Ade ah. Blm ada budget jalan2 nih ke LN nih.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Wah ga salah nih? Pan menang mulu, Mba. ^_^

        Hapus
    9. Makin mudah deh berwisata sekarang dengan paket yang ditawarkan. Mau deh ikut travel halal ke Jordania.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Yuk.. bareng kalau mau kesana yaaa.. aminin aja sapa rau makbul. ^_^

        Hapus
    10. Travel Halal, wow terobosan baru yang perlu diapresiasi nih. Seringkali bingung kalau mau Traveling tapi trus kelewat waktu sholat terus, kebablasan karena keasikan jalan2, dsb. Dengan adanya Travel Halal ini, kita jadi bener2 Tadzabur Alam dengan Ibadah wajib yang jalan terus, mantaaaap

      BalasHapus
    11. Deket nih di Pejaten ya kantornya. Kalau kota pesen paket yravel halal kayak gini..rasanya hati plong ga waswas ya mbak Ade 😆😘 Sampai bola2an juga ada nih jln2 ke mana aja dijabanin. Visa juga travel yang urus. Pokoknya tinggal bawa diri ya..setelah siap uangnya juga hehehe..fisik dan mental juga harus siap kalo mau traveling jauh gini. Tq infonya bermanfaat nih.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iyeees.. tinggal bawa diri dan bawa duit. Hahaha..

        Hapus
    12. wa asik ini mah seru udah ada tema dan fokus hobinya apa dan jalannya kemana. Aman juga untuk muslim klo binun mam apahh.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hu uh.. mamih mau ikut yg piala dunia? Atau motogp?

        Hapus
    13. Menarik sekali ini mbak. Berarti sekarang lebih mudah ya untuk mencarai agen yang support perjalanan yang halal dan ontime masalah sholat. Soalnya kalau biro lainnya, sering nggak peduli nih soal sembahyang dan menyerahkan ke masing2 penumpang dalam mengatur waktunya sendiri. akahirnya kalau jalan-jalan jadi bingung alokasi waktunya

      BalasHapus
    14. Sebagai Muslim dalam bepergian pun ada adab yg tetap Harus dipatuhi termasuk memilih makanan halal dan menggunakan Travel halal tentu tidak memikirkan itenary kehalalannya Selama perjalanan karena semuanya sudah atur oleh pihak travel menjadi wisata halal

      BalasHapus
    15. Enak ya kalau ada travel halal kaya gini jadi kita muslim ga perlu was was lagi mau makan yang halal.

      BalasHapus
    16. Mau dong yg K-Pop Muslim Travel, pasti asik dan seru ya mbak. Apalagi perginya bareng keluarga

      BalasHapus
    17. Aku mau travelling ke Korea pake CB yuks atuh kapan jalan bareng, duh mimpi bnget ini udah mau k sana

      BalasHapus
    18. Disaat hebohnya kasus penipuan travel umroh milik hasibuan dan abu semoga munculnya travel umroh halal terpercaya ini bisa jadi solusi dan meredakan gejolak kekecewaan masyarakat ya.

      BalasHapus
    19. Wah mantaps nih, memang penting sih ada travel halal seperti ini karena di negeri orang kita tidak tahu mana makanan yg halal dan tidak. Dengan memakai travel halal jd tenang dan aman kita :)

      BalasHapus
    20. Lagi rame soal travel agent yang gak amanah, terutama travel agent umroh, bikin masyarakat sekarang kudu hati-hati. Masyarakat harus jeli dengan segala sesuatu mengenai agen travel. Semoga CB Wisata bisa amanah ya. Dan mungkin bisa jadi solusi dari keinginan masyarakat akan agen travel yang bisa mewujudkan impian masyarakat untuk umroh. :)

      BalasHapus
    21. Ini jadi catan penting buat traveler loh. Hobi jalan its ok tapi sholat dan lainnya gak boleh dikesampingkan..

      Pakai travel halal semua lebih terjamin kan. Termasuk makanan juga halal.

      BalasHapus
    22. Aku masih belum bisa mengecek betul. Travel halal itu kayak apa. Soalnya ini lan udah maauk wilayah dapur travel nya . Butuh banyak informasi tambahan.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Yaaa.. kalau cuma sekedar dari bacaan semua juga nggak meyakinkan, Mba. Bagusnya sih Mba Milda ikut saja langsung salah satu wisata dari CBWisata ini. Biar lebih meyakinkan.

        Hapus
    23. Wah,cocok banget kalau ajak keluarga melalui travel ini. Cater dulu ah

      BalasHapus
    24. Travel Halal, cocok buat kita yang muslim ya mba. Paket promonya semoga ga menipu ya, kasihan yang niat ibadah tapi malah kena tipu-tipu agen travel tak bertanggung jawab.

      BalasHapus
    25. wah jadi pengen pake travel halal CB wisata ini deh ke Kuala lumpur, korea dan jepang, mupeng banget nih

      BalasHapus
    26. Untung ada travel halal seperti CBWisata ini,jadi kalau jalan-jalan keluar negeri gak perlu susah2 lg nyari makanan yg halal

      BalasHapus
    27. Mbak, permisi, itu covernya gak typo kah? Wiasata tulisannya. By the way, ada juga yah wisata bayarbab nyicil wkwkwk... Baru tau ini loh

      BalasHapus
    28. Saya juga baru tahu Mba apa itu travel halal .hihihi. Ngerasa dapet ilmu baru baca artikel ini. Sekarang semakin enak ya Mba kalau jalan-jalan ke luar negeri dengan adanya travel halal ini

      BalasHapus
    29. masya Allah.. saya juga pingiiiiin banget bisa travel gitu keliling dunia apalagi yang halal gitu

      BalasHapus
    30. banyak juga paket perjaanannya.. :)

      saya berhenti ketika paket motogp..

      BalasHapus
    31. Adanya travel halal bikin tenang ya kemanapun jalan2nya

      BalasHapus
    32. Baru tau soal travel halal ini. Aku kirain tok untuk umrah atau haji. Tapi sistemnya aku salut untuk full secara islami. Jadi pengen ke nami island deh.

      BalasHapus
    33. SubhanaAlloh.. aku senang travel ini. Paket wisata yang halal lebih menenangkan jiwa. Karena prinsip sebagai Muslim segala apapun yang kita lakukan didunia akan di pertanggung jawabkan di yaumul Hisab. Aku sekeluarga sedang menabung dari sekarang. Kami ingin Berwisata Ke Istambul. Aku akan hubungi travel agent ini. Ada juga di nagoya yah. Thanks for sharing mbak. I love it!

      BalasHapus
    34. Bener banget Mba, sebagai seorang traveller yet backpacker jalan2 ngebolang ke luar negeri itu paling susah nyari makanan halal dan tempat sholat. Kalau cuma Asia Tenggara aja sih masih oke, di luar itu sudah agak susah. Menarik juga sih travel basis halal bikin kita ga waswas, terutama waktu sholat ga mungkin ga diingatkan. Trip Koreanya menarik banget, cuz ahh ke webnya. Thanks infonyaaa

      BalasHapus
    35. Asyiik banget ini ada pakrt bermain golf nya. Terus terang belum pernah main golf sampai Thailand. Jika ini sudah menjadi paket nya travel halal. Akan sangat menarik pagi Golfers beginner seperti saya. Thanks for sharing

      BalasHapus
    36. Kalau pas lagi jalan-jalan dapatnya serba halal, jalan-jalannya jadi lebih enjoy. Ya kan mba?

      Kita ga was-was dengan kehalalan apa yang kita makan atau pakai.

      BalasHapus
    37. Mpo kirain wisatanya cuma timur tengah tapi juga wisata anak muda, ke korea . asik juga ikutan travel ini

      BalasHapus

    Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^