Resep Sop Bakso Ikan Kolagen

Resep Sop bakso ikan mah ufah biasa kali yaaa.. tapi kalau sop bakso ikan mengandung kolagen yang bisa bikin emak-emak awet muda plus nutrisi anak bagus, jarang kaaan? Nah catet deh yaa resep sop bakso ikan kolagen ala Ade UFi ditulisan ini ^_^.

Sop Baksi Ikan Kolagen

Bismillahirrahmanirrahiim, Resep Sop Bakso Ikan Kolagen.

Hampir sebagian besar balita itu makannya pilah pilih, istilah kerennya sih picky eater. Apalagi yang judulnya sayur dan buah. Otomatis nutrisi yang didapat tidak lengkap atau yaaa itu-itu saja. Termasuk juga kedua anak saya. Waktu Abang Fi saya masih bisa menyisipi bayam yang sudah dicincang halus kedalam suapan makanannya. Kalau Adek Fi.. bablas nggak masuk. Dia bisa mendeteksi sayur walau sekecil apapun cincangannya. Saya bingung dr mana nutrisi yang mengandung banyak kolagen untuk kesehatannya kalau nggak mau makan buah dan sayur? Alhamdulillah nih ada yang kasih saran ke saya untuk dimasakkan sop yang mengandung kolagen, salah satunya sop bakso ikan kolagen.


Di blog ini saya pernah menulis manfaat kolagen bagi kita, terutama anak-anak. Bukan cuma manfaatnya, namun dari mana kolagen itu didapat, bahkan kita bisa membuat sendiri kolagen alami di rumah. Nah, kolagen alami yang kita buat sendiri ini, bisa kita masukkan kedalam masakan apapun untuk penambah nutrisi anak. Buat teman-teman yang belum tau bagaimana membuat kolagen alami bisa dibaca di blog saya yang berjudul Cara Membuat Kolagen Alami di Rumah.


Resep Sop Bakso Ikan Kolagen

Dari kolagen yang saya buat kemarin, saya bisa memasukkannya ke Sop Bakso Ikan. Saya buat sop ikan kolagen ini karena bahannya nggak banyak dan mudah dicari. Nah, dicatat yaa resep sop bakso ikan kolagen ala Ade UFi.


Bahan-Bahan Sop Bakso Ikan Kolagen

  • Bakso ikan 15 butir
  • Tahu putih 1 kotak
  • Tomat 1 buah
  • Daun bawang 1 batang
  • Jahe 5cm (2 ruas jari)
  • Kolagen (kurang lebih 1 telapak tangan)
  • Gula dan garam secukupnya
  • Bawang goreng secukupnya
  • Air 1 panci (kurang lebih 1 liter)


Cara Membuat Sop Bakso Ikan Kolagen

  1. Rebus air hingga mendidih
  2. Siram tahu dan bakso ikan yang sudah dicuci dengan air panas mendidih. Bakso ikan dan tahunya dipisahkan di wadah terpisah ya. Fungsi menyiram air panas ke tahu ini agar tahu tidak mudah hancur saat dimasak. Sedangkan bakso ikan, agar bau amis bakso ikan dihilangkan.
  3. Kupas kulit jahe dan cuci jahenya. Setelah dicuci iris tipis jahe atau jika malas, bisa langsung digeprek.
  4. Masukkan kolagen kedalam sisa air mendidih, tunggu hingga kembali mendidih.
  5. Masukkan bakso ikan kedalam rebusan air kolagen. Sebelumnya buang dulu yaa air yang dipakai untuk menyiram baksop ikan.
  6. Masukkan jahe, tomat yang sudah dipotong kotak-kotak dan tahu putih (sebelumnya buang juga air yang digunakan untuk menyiram tahu). Tunggu hingga sop mendidih.
  7. Setelah mendidih, matikan kompor. Masukkan gula dan garam secukupnya, lalu koreksi rasa. Pada sop bakso ikan ini kita tidak perlu lagi menambah kaldu bubuk untuk penyedap rasa. Karena kaldunya sudah didapat juga dari kolagennya.
  8. Masukkan irisan daun bawang, aduk sebentar lalu koresi rasa. Jika ada yang kurang tinggal tambahkan gula garamnya sesuai selera. Aduk-aduk agar sop tercampur rata.
  9. Sop bakso ikan kolagen siap disajikan. Saat menyajikan jangan lupa taburkan bawang goreng agar lebih sedaaap.



Tips Membuat Sop Bakso Ikan Kolagen

Agar hasil resep sop bakso ikan kolagennya paripurna, tentunya ada tips-tips yang dilakukan diluar resep yang disharing, Berikut tips membuat sup bakso ikan kolagen : 

  • Saat semua bahan sudah masuk, jangan terlalu lama mendidihkan airnya, karena jika terlalu lama tahu bisa hancur dan bakso ikan bisa membesar sehingga bisa menumpahkan air.
  • Seperti yang saya tulis sebelumnya, disaat menyajikan taburi dengan bawang goreng. Bawang goreng ini bisa kita beli ya di tukang sayur.
  • Sop Bakso Ikan Kolagen ini lebih nikmat disantap saat panas. Jadi jika masih tersisa di panci dan hendak makan, sebaiknya dihangatkan terlebih dahulu


Bakso ikannya bisa diganti nggak, Mi?

Bisa doong, mungkin ada yang tidak suka dalam bentuk bakso, kita bisa menggantikannya dengan ikan tuna atau ayam. Kemarin ketika kehabisan bakso, saya menggunakan ceker ayam yang digunakan untuk membuat kolagen alami. Biar tidak mubazir. 


sop bakso ikan kolagen
Kolagen yang dibuat dari ceker ayam


Nah, selesai deh resep sop bakso ikan kolagen. Gampang kaan buatnya? tinggal nyemplung-nyemplungin saja. Adek Fi suka sekali dengan bakso ikan ini, karena dia memang suka dengan bakso. Kadang kalau dia nggak mau makan baksonya, saya suka menggantikan dengan telur rebus dan mengambil air sop bakso ikan kolagen ini, karena justru nutrisi kolagennya ada pada air sop bakso ikan ini. Selamat mencoba resep sop bakso ikan kolagen ^_^



Wassalam




23 comments

  1. Sedaaapp banget ini Mbaa
    daku mau coba ahhh
    Karena selama ini anakku demen banget ama sop bakso, dan pengin coba varian ini
    makasiii ya

    ReplyDelete
  2. Kuahnya pasti gurih nih. Dan sehat ut generasi X ^_^

    ReplyDelete
  3. Aku paling demen nih kalau dapat resep yang gampang-gampang gini, karena emang gak bisa masak yang ribet-ribet anaknya. wkakakakaka

    ReplyDelete
  4. Saya jadi kepoin cara bikin kolagennya, Mbak. Ternyata beneran gak sulit, ya. Harus dipraktekkan nih ma saya

    ReplyDelete
  5. Salfok sama judul kolagennya bun wkwkk.. Makasih loh resep baso ikannya bun, jadi pengen bikin deh biasanya saya beli aja baso ikannya. Kalau bikin kan terjamin ya gizinya :)

    ReplyDelete
  6. Ini dia resep idaman yg ber-kolagen-ria. Padti bunda kunjungi postingan "cara nikin kolage"-nys dulu tfus bunda akan balik lzgi ke blog ini liat resepnya, hehe...abis kl dicatat puanjaang pake banget dan bunda udah lm gak pernah nulis. Jd paling praktis ya balik lg ke postingan inilah.

    ReplyDelete
  7. Wah ternyata kuahnya ceker bisa dimanfaatkan untuk menu lain ya... Bikin ahhh....manfaatnya banyak banget ..

    ReplyDelete
  8. Suka banget rebusan ceker ayam, ini yang dipakai sebagai kolagen itu ya, Mbak.

    Pernah juga nanya ke temen yang mebawa produk kolagen bgitu, katanya memang lebih baik mengkonsumsi kolagen alami saja, lebih bagus dan bikinnya ndak susah. Makasih ya Mbak Ade tipsnya dan cara membuatnya. Sup emang enak dinikmati hangat hangat gitu pas musim ujan gini y

    ReplyDelete
  9. Kolagen kan bikin kulit canti ya mba...wah bakso kolagen top banget dung ya..kenyang, enak dan bisa bikin cantik. cuss ah mau tahu cara bikin kolagen

    ReplyDelete
  10. Klo udah kelar mpasi jarang bikin nih mba. Tapi besok mau bikin soto ceker euy 😄
    Jadi kolagen sendiri ya itu. Kayaknya enak baso ikan plus kolagen sendiri..

    ReplyDelete
  11. Anakku juga bisa mendeteksi adanya daun daunan di sayur/bakso/mie ayam. Jadi kalau bikin sop nggak pernah pakai taburan bawang goreng maupun irisan daun bawang.

    Sop bakso ikan kolagen, enak dan tetap kaya nutrisi. Mau praktekin juga ah, anak-anak pasti suka, apalagi kalau kuahnya melimpah

    ReplyDelete
  12. Sempat penasaran gimana bikin kolagen sendiri hehe. Oh ternyata caranya cukup mudah ya. Tinggal liat hasilnya aja nih, air kaldunya saat ditaro di kulkas apakah berbentuk jelly atau es batu.

    ReplyDelete
  13. Enak banget ini bakso ikan kolagennya, sehat dan bikin cantik hehe...cara bikinnya juga mudah ya Mbak Ade...

    ReplyDelete
  14. resepnya tidak sulit ya mbaaa.. apalagi karena kaya kolagen gini bagus bangeet buat kulit. Aku jadi pengen buat jugaa deh

    ReplyDelete
  15. Uww, nikmat sekali mbkkk. Bakso ikan salah satu menu favorit aku. Next, bagi resep bikin kolagen dari ceker ayam dong mbk.

    ReplyDelete
  16. Wah, masakan yang bagus nih buat anak-anak ya. Biar kuatin kakinya. Aku dulu waktu anak-anak masih kecil, mamaku rajin masakin sop kolagen begini.

    ReplyDelete
  17. wah bener juga ya mba, saayang sekali kalau baksonya terlalu mengembang raasanya juga akan berubah ya.. Dan bener sih kalau makan bakso ikan itu enaknya ya pas hangat ya, apalagi kalau cuaca dingin, jadinya bisa lebih nikmat deh...

    ReplyDelete
  18. wah lezat dan sehat ini pastinya
    apalagi kandungan kolagen dari kakai ayam itu bagus banget but tumbuh kembang anak ya mbak

    ReplyDelete
  19. Suka khawatir banget memang yaa, kak Ade...kalau si kecil picky eater.
    Bisa diakalin dengan sup akso ikan kolagen, alhamdulillah.

    ReplyDelete
  20. Aku harus lihat cara bikin kolagennya dulu nih di postingan lain ya. Segar ya mbak makan pakai sup bakso ikan kolagen. Anak-anakku suka makanan berkuah kayanya suka juga kalau aku bikin resep ini

    ReplyDelete
  21. Ternyata memang kolagen dibutuhkan ya
    Nggak cuma orang tua yang sedang menjalani perawatan dan butuh kolage supaya tampak muda kulitnya

    ReplyDelete
  22. Mbaaa rajin banget dan kreatif. Aku jadi pengen coba kirakira sukses apa nggak ya eheheh. Bikin baksonya. Aku termasuk demen makan bakso tapi kalo coba bikin belum pernah.

    ReplyDelete
  23. Jadi lapar lagi baca ini mbak hehe. Aku baru tahu kalau ternyata bisa bikin kolagen sendiri di rumah. Mbak kalau diganti sama tuna apakah tuna di rebus terpisah dahulu baru dimasukin ke bakso?

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^