5 Resep Olahan Gula Aren Arenga

Apa sih Gula Aren Arenga? Dan resep apa saja yang bisa dibuat jadi masakan dengan bahan Gula Aren Arenga? Semua jawaban itu ada ditulisan 5 resep olahan Gula Aren Arenga. Cekidot!

Resep Olahan Gula Aren Arenga

Bismillahirrahmanirrahiim, 5 resep olahan Gula Aren Arenga.

Semenjak kopi kekinian menjamur, pamor gula aren meningkat. Gula aren yang dulu kita temui dalam bentuk batok, sudah diolah menjadi gula aren bubuk atau biasa disebut gula semut dan gula aren cair (liquid). Nah, salah satu produsen gula aren yang memproduksi gula aren asli adalah Arenga. Dari Gula aren Arenga inilah saya membuat 5 resep olahan Gula Aren Arenga.


Sebelum saya menulis resepnya, saya mau cerita dulu nih kenapa saya memilih Gula Aren Arenga sebagai bahan gula aren masakan saya. Jadi begini ceritanya.. (ala-ala presenter drama mistis.. masih ingat kan?) ^_^ 


Saya tuh kan seneng banget baca tulisan teman-teman, terutama yang berbau masakan dan dunia parenting. Nah, pas lagi baca-baca, saya ketemu blognya Mba Evi Indrawanto, beliau selalu bahas tentang gula aren. Segala macam tentang gula aren diulas di blognya Mba Evi, mulai dari resep masakan, manfaat gula aren hingga bagaimana kita membedakan gula aren yang asli dan palsu. Pokoknya everything tentang gula aren deh. Agak penasaran kenapa beliau begitu fokus ke nichi blog tentang gula aren ini. Usut punya usut ternyata beliau mempunyai bisnis gula aren, dengan nama produksi Arenga Indonesia.


Arenga Indonesia adalah perusahaan supplier Gula Aren Bubuk dan Cair untuk industri yang sudah berdiri sejak tahun 2006. Artinya sudah lebih dari 15 tahun Arenga Indonesia menyuplai gula merah. Gula aren Arenga ini diinfokan sebagai gula aren dengan kualitas bagus, organik, premium, dan harga bersaing dari bahan baku industri makanan dan minuman ke seluruh Indonesia. Makin penasaran dooong saya baca info tentang Arenga ini untuk mencobanya. 


Akhirnya saya hubungi beliau di nomor 081932418190, nomor yang tertera di website Arenga https://arengaindonesia.com/ untuk membeli salah satu produknya. Berhubung Arenga Indonesia mensuply gula aren untuk industri, pastinya masuk partai besar dong untuk membelinya. Saya pun bertanya dengan Mba Evi, bisa nggak ya kalau saya beli satuan. Kan saya beli bukan untuk usaha, melainkan untuk konsumsi pribadi. Alhamdulillah ternyata bisa loh. Mba Evi langsung memberi link toko Arenga di tokopedia dengan nama toko Jago Rista atau bisa langsung di nomor wa diatas.


Kenapa Mau Mencoba Gula Aren Arenga?

Jujur pertama karena penjelasan-penjelasan Mba Evi tentang kualitas Gula Aren Arenga. Dimana Gula Aren Arenga dibuat dari bahan bermutu dan secara tradisional. Jadi insya Allah jauh dari bahan-bahan kimia yang berbahaya. 

Resep Olahan Gula Aren Arenga
Beragam kemasan Gula Aren Arenga


Kedua kemasan yang menarik. Desain kemasannya terlihat unik dan elegan. Saya lihat ada 3 kemasan yang dipakai oleh Gula Aren Arenga. Untuk yang cair kemasan ada yang berupa botol kaca dan derijen plastik yang ditempel sticker khas Arenga. Sedangkan yang bubuk hanya 1 kemasan berbentuk standing pouch yang terdapat klip dibagian atasnya. Jadi kalau nggak habis bisa ditutup lagi.


Satu lagi yang membuat saya tertarik ketiga untuk mencoba gula aren Arenga ini karena sudah bersertifikat halal MUI. Segala jenis produk makanan saya selalu mencari logo halal MUI untuk keamanan makanan yang masuk kedalam tubuh kita.


Harga Gula Aren Arenga Bagaimana?

Dari toko Jago Rista (salah satu reseller Arenga Indonesia) saya dapati harga-harga produksi gula aren Arenga. Seperti yang dikutip dari website Arenga Indonesia kan gula aren berkualitas dan premium yaa, jadi saya bayangin harganya pasti mahal. Ternyata harganya ga semahal yang saya bayangkan.  Untuk Gula Aren Arenga bubuk ukuran 225gr harganya hanya Rp 15.000, ukuran 500gr harganya Rp 30.000 dan untuk ukuran 1kg harganya Rp 50.000... waah.. biasanya harga yang saya lihat untuk gula aren premium itu selalu diatas 15K.


Ok itu untuk harga yang bubuk, sedangkan untuk harga gula aren Arenga yang cair ada 2 varian ukurannya. Untuk yang botol derijen berukuran 1000 ml / 1 liter, harganya Rp 54.500 dan yang botol kaca ukuran 650 ml, harganya Rp 40.500. Yang seneng lagi, untuk Gula Aren Arenga yang cair (liquid) bukan cuma original saja, tapi ada yang varian pandan.


Baiklah, saya akhirnya mencoba Gula Aren Arenga cair original dan pandan plus bubuknya untuk memasukkan di resep olahan Gula Aren Arenga.


5 Resep Olahan Gula Aren Arenga

Baiklaaah.. Akhirnya paket Gula Aren Arenga saya tiba.. yeeey... mari kita eksekusi ke resepnya yaa.. Saya memilih resep yang tidak banyak menggunakan bahan dan simple. Bahan utamanya adalah 1 butir kelapa dan Gula Aren Arenga.


Resep Urap Gula Aren Arenga

Salad sayur khas masakan daerah Jawa ini biasanya menggunakan gula pasir untuk bumbu kelapanya, namun kali ini saya mengganti gula pasir dengan Gula Aren Arenga bubuk.

Resep Olahan Gula Aren Arenga


Bahan-Bahan Urap Gula Aren Arenga

  • Kacang Panjang 100gr
  • Kol 1/4 buah
  • Wortel ukuran besar 1 buah 
  • Bayam 1 ikat
  • Tauge 100gr
  • Kelapa Parut 150gr (1/2 kelapa)


Bumbu Kelapa Urap Gula Aren Arenga

  • Bawang Merah 6 siung
  • Bawang Putih 3 siung
  • Cabe Merah Keriting 3 buah
  • Cabe Rawit Orange 10 buah
  • Kencur 2 ruas
  • Terasi 1/2 ruas jari


Bumbu Tabur Urap Gula Aren Arenga

  • Gula Aren Arenga Bubuk 2 sdm
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya (optional)


Cara Membuat Urap Gula Aren Arenga

  • Rebus semua sayuran satu per satu, lalu tiriskan. Rebusnya nggak usah terlalu lama, cukup setengah matang saja. Jika terlalu lama maka akan blenyek dan kebanyakan air di sayurannya. Saat meniriskan pun harus dipastikan letakkan pada wadah berlobang yaa. Biar airnya turun, karena kalau masih ada airnya, sayur urap mudah basi.
  • Uleg semua bumbu kelapa. Kalau yang males macam saya, bisa diblender dengan sedikit air atau dichopper biar halus.
  • Tumis bumbu dengan sedikit minyak hingga matang, berhubung saya sedang mengurangi minyak, maka saya menggunakan sedikit air untuk menumis bumbu. Minyak bisa didapat dari kelapa parutnya nanti. Kematangan bumbu bisa diukur dengan bumbu mengental dan tak ada air lagi.
  • Setelah bumbu matang, masukkan kelapa parut. Aduk-aduk hingga rata dan agak mengering, tidak basah. Masukkan Gula Aren Areng dan garam. Bagi yang menggunakan kaldu bubuk bisa diberikan berbarengan dengan gula dan garam. Oiya untuk kelapa urat, minta sama tukang sayurnya kelapa remaja ya.. iiih apa sih Ade kelapa remaja.. iyaaa maksudnya bukan kelapa tua atau kelapa muda, dia ditengah-tengah. Bilang saja kelapa buat urap.
  • Sebelum memasukkan sayuran, koreksi dulu rasa bumbu kelapanya. Jika sudah oke, masukkan semua sayuran dan aduk hingga rata dengan bumbu kelapanya.
  • Urap Gula Aren Arenga siap disajikan untuk 5 porsi.


Resep Tahu Bacem Gula Aren Arenga

Saya memilih resep yang kedua ini karena dari 1 butir kelapa yang saya beli, saya minta air kelapanya jangan dibuang. Karena manfaat air kelapa tua menurut dr. Zaidul Akbar mampu memberi pasokan nutrisi lebih baik kedalam tubuh, dan bagus juga untuk dikonsumsi bagi yang menderita penyakit degeneratif (seperti stroke, darah tinggi, dll). Nah, air kelapa tua ini bisa diolah menjadi masakan tahu bacam. Kalau lagi ga ada ide mau masak apa biasanya saya langsung minum sendiri.

Resep Olahan Gula Aren Arenga


Bahan-bahan Tahu Bacem Gula Aren Arenga

  • Tahu Putih 5 kotak sedang
  • Air kelapa 500ml
  • Daun salam 3 lembar
  • Asam Jawa 1 kotak (yang ukurannya sebesar kotak korek api)
  • Kecap Manis 3 sdm
  • Gula Aren Arenga Bubuk 150 gr (kurang lebih 5 sdm munjung)


Bumbu Uleg Tahu Bacam 

  • Kemiri 5 butir
  • Bawang Merah 4 siung
  • Bawang putih 4 siung
  • Ketumbar 1 sdm
  • Lengkuas 3 ruas jari


Cara Membuat Tahu Bacem Gula Aren Arenga

  • Rebus tahu di air mendidih, jangan terlalu lama, cukup 2 menit saja dan diamkan di air tersebut sambil kita merasik bumbu bacemnya. Fungsi direbus tahunya agak tidak mudah hancur dan lebih kenyal.
  • Haluskan semua bumbu tahu bacem, bisa diuleg, chopper atau diblender ya. 
  • Susun diwajan dengan urutan berikut : Daun salam, 3 sendok maka Gula Aren Arenga, tahu putih, sisa Gula Aren Arenga, asam jawa, kecap manis dan terakhir siram dengan air kelapa. Nyalakan kompor, masak dengan api sedang. Tunggu sampai mendidih.
  • Setelah mendidih baru kita masukkan bumbu bacemnya. Aduk rata dan tunggu hingga airnya agak mengering (sa'at kalau bahasa orangtua sih).
  • Begitu sa'at airnya, angkat tahu bacemnya. Nanti kan ada sisa bumbu bacemnya. Nah sisihkan bumbu tersebut, jangan dibuang.
  • Jika biasanya tahu bacem setelah diungkep langsung digoreng, kalau saya lebih memilih dipanggang. Caranya nggak harus panggang dengan oven ya, tapi siapkan saja wajan teflon atau wajan panggangan. Oleskan sedikit minyak dan taro tahu yang sudah berbumbu diatasnya. Panggang dengan api kecil yaa, biar nggak cepat gosong. Saat dipanggang, oleskan tahu dengan sisa kuah bumbu tadi, sambil dibolak-balik seperti kita membakar ayam.
  • Nah, Tahu Bacam Gula Aren Arenga siap disajikan untuk 5 porsi


Bubur Sumsum Gula Aren Arenga

Ini resep paling gampang bahannya tapi lumayan pegel buatnya... hahaha... Bubur sumsum ini biasanya banyak kita temui disaat bulan Ramadhan. Nah, sebentar lagi kan puasa nih. Ga ada salahnya biar irit buat bubur sumsum sendiri.

Resep Olahan Gula Aren Arenga


Bahan-bahan Bubur Sumsum Gula Aren Arenga

  • Tepung Beras 125gr
  • Susu cair Full Cream/Santan cair 300ml
  • Gula Aren Arenga Pandan Liquid secukupnya


Cara Membuat bubur Sumsum Gula Aren Arenga

  • Campur Tepung beras dan susu cair (saya lebih suka susu daripada santan) di panci sebelum dinyalakan api. Masukkan susu cairnya jangan dituang semua, tapi tuang sedikit-sedikit sampai tak ada lagi gumpalan tepung beras.
  • Nyalakan api kompor sedang dan aduk lagi adonan diatas kompor hingga mengental sesuai kekentalan bubur yang diinginkan. 
  • Setelah kental, sajikan bubur sumsum dengan dituang sedikit Gula Aren Arenga Pandan. 
  • Bubur Sumsum Gula Aren Arenga siap disajikan untuk porsi 2 orang.


Teh Jahe Gula Aren Arenga

Untuk resep ketiga ini saya kasih minuman hangat dimusim penghujan. Orang jawa bilang Wedang Jahe. Tapi kalau wedang jahe nggak pakai jeruk nipis. Saya biasanya minum ini mejelang tidur malam. Saat pagi hari bangun dengan kondisi badan yang segar. Minuman herbal resep dari kakak sepupu ini selalu saya buat jika saya dalam kondisi lelah seharian.

Resep Olahan Gula Aren Arenga


Bahan-Bahan Teh Jahe Gula Aren Arenga

  • Jahe merah 1 ruas
  • Teh bubuk sedu atau teh celup 1 saset
  • Gula Aren Arenga Original Liquid 1 sdm
  • Jeruk nipis 1 irisan


Cara membuat teh jahe gula aren arenga

  • Geprek jahe setelah dikupas kulitnya dan dicuci. Jika tidak ada jahe merah bisa menggunakan jahe biasa.
  • Masukkan teh bubuk (saya suka teh bubuk, karena aroma dan rasanya lebih keangkat dibanding yang celup). Sedu dengan air panas mendidih. Tutup dan diamkan sebentar hingga hangat kuku.
  • Setelah mendingin, saring air teh ke gelas yang baru. Sajikan dengan Gula Aren Arenga dan perasan jeruk nipis. Nikmat jika diminum selagi panas untuk 1 porsi.


Es Kopi Gula Aren Arenga

Naaah, resep yang kelima mah pasti dah pada sering buat ya? Kalau males buat, beli online banyaaaaak.. Iya resep kelima resep yang sedang menjamur. Ini resep kopi kekinian ala Ade UFi

Resep Olahan Gula Aren Arenga


Bahan-Bahan Es Kopi Gula Aren Arenga

  • Kopi instan 1 saset
  • Susu full cream 200 ml
  • Es Batu secukupnya
  • Gula Aren Arenga Original Liquid 1 sdm


Cara Membuat Es Kopi Gula Aren Arenga

  • Sedu kopi instan dengan air panas mendidih  200 ml. Saya menggunakan kopi instan yang tanpa ampas. Biasanya saya menggunakan nescafe.
  • Cara penyajiannya disusun sebagai berikut : Masukkan Gula Aren Arenga, lalu masukkan es batu hingga mencapai bibir gelas. Tuang susu hingga setengah gelas. Terakhir tuang kopi hingga mencapai 3/4 gelas.
  • Nah Es kopi Gula Aren Arenga siap disajikan untuk 1 porsi.


Review Setelah Menggunakan Gula Aren Arenga

Kali ini setelah mencobanya, saya mau me-review kualitas dari Gula Aren Arenga. Jujur sejak awal paket gula aren arenganya datang, saya langsung membuka dan cicipi kedua jenis gula aren arenga, baik yang bubuk ataupun yang liquid. 


Rasa Gula Aren Arenga

Rasa manis Gula Aren Arenga tidak jauh beda dengan gula pasir. Namun gula aren Arenga lebih legit rasanya. Jadi kalau buat saya, takaran antara gula pasir dan gula aren arenga 1 : 1 alias sama. Biasanya kalau saya menggunakan gula aren itu takarannya 1 sendok gula pasir = 2 sendok gula aren. Jadi menggunakan gula aren Arengan lebih irit dari gula aren produk lain. 


Bentuk Gula Aren Arenga

Untuk bentuk Gula Aren Arenga yang bubuk, halus sekali. Jangan aneh kalau saat diaduk dengan air, dia ada ampasnya, karena gula aren yang bagus itu justru ada ampasnya. Ia menunjukkan bahwa bahannya dari aren asli.


Sedangkan yang cair, saya pikir kental sekali seperti madu, karena saya tidak pernah beli gula aren cair jadi tidak ada pembanding. Ternyata Gula Aren Arenga agak sedikit cair dibanding madu, tapi sedikit aja berasa manisnya. 


Warna Gula Aren Arenga

Warna gula Aren Arenga bubuk terlihat lebih gelap dibanding gula aren bubuk pada umumnya. Sedangkan yang liquid berwarna hitam pekat. Namun keduanya ketika dicampur dengan air putih mempunyai warna agak hitam yang sama. Seperti minum kopi hitam, hanya saja lebih bening sedikit. Jika mengacu dari artikel di Detik Health semakin gelap warna gula aren, maka jejak nutrisinya jauh lebih banyak.


Aroma Gula Aren Arenga

Ini yang saya suka. Harum aroma Gula Aren Arenga khas sekali harum pohon Aren. Begitu dibuka kemasannya, harumnya menguak. Tapi setelah masuk makanan atau minuman tidak tercium lagi, hanya bisa dirasakan. Seperti orang menikah tak perlu cium lagi, cukup dirasakan... ini apa siiiih? Jaka sembung piara burung gelatik, Nggak nyambung cantiiiik.. 



Ok, daripada makin nggak nyambung, marilah kita tuntaskan saja tulisan 5 resep olahan gula aren arenga ini. Semoga teman-teman yang membaca bisa langsung terinspirasi untuk membuat resep diatas daaan pastinya pakai gula aren yang berkualitas yaa, macam gula aren arenga ini.. eeeaaa. Selamat mencoba ^_^


Wassalam




32 comments

  1. Waduhh, aroma kopi kekinian pakai Gula Arenga, nyampe siniiii mba :D Uenakkk banget dah gula aren ini. Lebih niqmat, dan banyak manfaatnya.
    Engga menimbulkan bahaya buat tubuh.
    kalo gula pasir kan banyak mudharatnya

    ReplyDelete
  2. Hai, Mbak Ade. Wah, aku juga punya nih gula arenga cuma belum dibuat macam2 campuran masakan dan minuman sih, soalnya bingung mo bikin apa hihihi. Bisa diikutin resep mbak Ade ah. Btw maksudnya apa yach 1 sendok gula pasir sama dengan 2 sendok takar gula arenga? Apa ga terbalik? Atau akunya yang belum mudeng hihi... Tahun tempe bacem pasti uenaak enan nih dipakein gula arenga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak kebalik, Rul. Soalnya Gula Pasir rasanya lebih manis daripada gula aren. Jadi biasanya kalau buat minuman takarannya 1 sdt gula pasir = 2 sdt gula aren. Tapi kalau Arenga manisnya sama dengan gula pasir.

      Delete
  3. Whuaaaa....makanannya menggoda semua, itu bubur lemu, bacem, urap ahhh pengen dilahap deeh, plus nyeruput es kopsus. Makin legit rasanya pake gulan aren Arenga ya .jadi penasaran juga akutuuu, belom pernah pesen, ntar mauu ahh.
    Ga diragukan lagi kualitasnya nih gulaa, juara!

    ReplyDelete
  4. Banyak olahan makanan yang bisa menggunakan gula aren arenga ya. Enak juga buat bikin kopi serasa minum kopi di coffee shop

    ReplyDelete
  5. lengkap banget resepnya mba...btw sejujurnya kau blom pernah pakai gula ren yg bentuknya bubuk sama cair kayak gini mba biasanya pakai gula aren transisonal yang bentuknya sesuai cetakannya baik dr batok kelapa tau daun kawung gt sih. jd memang harus dipotong2 atau dicairkan sendiri...klo ini praktisnya pakainya

    ReplyDelete
  6. Mentok-mentok pakai gula aren biasa untuk campuran minuman aja, eh dapat ide resep baru nih, bahkan untuk urap juga bisa...

    ReplyDelete
  7. Wah bener juga ya bisa buat baceman tempe dan tahu. Enak kayaknya. Selama ini mikirnya gula aren buat bahan di cemilan manis aja ato minuman

    ReplyDelete
  8. Duh bubur sumsum nya bikin ngiler, tapi liat es kopinya juga gak kalah seger ya.. pengen nyobain arenga jugaa

    ReplyDelete
  9. Aku lihat beberapa resep dari mbak Ade, selama ini gak kepikiran bikin baceman pakai gula aren. Kalau bikin es kopi susu di rumah sering aku pakai gula aren, jadi kepikiran beli Arenga juga deh.

    ReplyDelete
  10. wah ternyata banyak juga ya mbak, beragam resep olahan masakan yg bisa menggunakan gula aren
    selama ini aku klo pakai gula aren cuma buat kopi aja, hehe

    ReplyDelete
  11. Eh tadinya aku salah mengunjungi blog Mbak Evi ternyata Mbak Ade udah nyobain gula arenga ini ya :D
    Huhu mau donk dikirimin bubur sumsumnya, apalagi dengan gula gtu nyaaamm.
    Bubur sumsum anget2 pas buat hujan2 gini :D

    ReplyDelete
  12. Udah lama juga tahu kalau mbak evi indrawanto tuh produsen arenga, tapi belum pernah nyicip produknya. Asyik nih bisa beli eceran, jadi pengen beli juga dan praktekin resep bubur sumsumnya

    ReplyDelete
  13. Paling suka dengan gula aren. Sementara saya dapatkan gula aren dari kakakku yang tinggal di pegunungan dan dekat dengan pabriknya gula aren batokan

    Kami sekeluarga juga suka sekali Mbak, dengan gula aren, Mau dicampur mengguankan bahan makanan apapun, tetap enak. Bubur sumsum tu paling enak,

    ReplyDelete
  14. Jadi kepengen beli gula aren arenga juga nih. Udah sering kepoin blog arenga juga sh, tapi blm kesampaian beli. Bubur sumsum dan es kopinya itu menggoda sekali.

    ReplyDelete
  15. Aduh duh duh, ngeces sama bubur sumsum, kopi gula aren juga wedang jahenya, ya ampunnnn kebayang legitnya di mulut. Saya sudah lama lho penasaran sama produk punya Mbak Evi ini. Cuma masih maju mundur mau tanya dijual ecer atau enggak. Sekarang jadi tahu cara ordernya.

    ReplyDelete
  16. Dari kelima resep di atas, saya tertarik dan mau praktikkan tahu bacem, mungkin namanya bisa dibilang tahu bacem panggang. soalnya eksekusi terakhirnya dipanggang.

    ReplyDelete
  17. Duuuh, jadi pengen bubur sumsum. Kayaknya enak, deh, malem-malem gini makan bubur sumsum angeet.
    Di rumah juga suka pakai gula aren. Lebih enak kalau dicampur untuk makanan. Kalau suami saya senang mencampur gula aren dengan kopi hitam. Rasanya lebih nikmat.

    ReplyDelete
  18. Aku juga sering BW ke website Arenga Indonesia Mbak. Duuh kalau baca-baca tulisan Uni Evie di sana jadi pengen banget mengolah masakan menggunakan gula aren. Kayaknya sehat, alami dan membuat fikiran terbang ke masa lalu waktu kecil di kampung, saat masak apapun selalu menggunakan gula aren.

    ReplyDelete
  19. Urap Gula Arengaaa..
    Aku jadi kangen sama urap yang diramu Ibu. Pasti rasanya originally lezaaatt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah doonk, kak Ade, ke tempat makan yang menyajikan sebuah menu minuman. Tapi karena tidak menggunakan gula aren yang cocok, rasanya jadi gak karu-karuan.
      Aku jadi auto inget gula aren arenga aja niih...variannya bermacam-macam disesuaikan dengan kebutuhan.

      Delete
  20. Jadi gula Aren Arenga ini bisa diolah jadi berbagai resep masakan yaa, nggak cuma buat minuman aja. Tapi itu es kopinya menggugah selera banget deh mbak. Aku harus coba nyetok gula Aren Arenga juga nih sepertinya di rumah.

    ReplyDelete
  21. Praktis ya ummi olahan aren kayak gini jadi pengwn beli juga apalgai liat resep bubur sumsumnya ha mantab

    ReplyDelete
  22. Jadi kebayang bikin wedang jahe pakai gula aren arenga. Harus beli online ya Mba ini?

    ReplyDelete
  23. Tadinya saya pikir harga gula aren Arenga itu mahal soalnya premium, terlihat dari kemasan, foto2 produknya, juga websitenya yang dikelola Mbak Evi.
    Eh ternyata terjangkau banget ya harganya.
    Jadi pengen beli juga deh...

    ReplyDelete
  24. Aku udah lama tahu gula aren arenga ini, jadi bangga juga pas tau ownernya temen satu grup support Mbak Evi hehe keren ya produk lokal kita

    ReplyDelete
  25. wah saya suka banget dengan gula aren, bikin kolak pakai gulai aren enak banget mba, atau buat bubur sumsum juga pakai gula aren ya ampun nikmatnya luar biasa

    ReplyDelete
  26. Aku mau save dulu toko onlinenya, jd ntr pas belanja bulanan bisa lgs beliiii :D. Aku suka gula aren utk bikin minuman mba. Rasanya jd jauh LBH enak dibanding gula putih.

    Kmrn udh sempet keabisan gula aren yg biasa beli di swalayan. Tp bulan ini aku mau coba gula aren Arenga ini deh. Udh lama baca sih dr blog mba Evi juga. Tp lupa Mulu mau nanya utk beli yg buat kebutuhan pribadi :D.

    ReplyDelete
  27. Sebagai pencinta gula aren ku malah baru tau tentang Gula Aren Arenga ini 😍 biasanya memang belinya produk lokal daerah ku saja sih. Jadi tertarik juga cobain Gula Aren Arenga ini. Di Makassar sini banyak banget masakan yang menggunakan gula merah

    ReplyDelete
  28. Ya ampun, enaknya Gula aren cair gini, sudah siap pake. Btw mbak Ade aku nyontek resep bubur sum-sumnya yaa. Td aku jugaa langsung kepoin websitenya Arenga Indonesia. Kapan-kapan mau beli juga ahk

    ReplyDelete
  29. Huwaa liat menunya auto pengen bikin juga mba, apalagi pake gula arenga
    ini brandnya mba Evi kan ya, jadi pengen ikutan incip bikin. Aku suka sama tahu bacem bikin itu aja kali ya

    ReplyDelete
  30. Gula aren emang rasanya lebih enak dan terasa unik gimana gitu sih, jadi kalau di minuman jadi lebih enak rasanya terutama kopi. Aku belum pernah coba hidangan makanan dengan gula aren, patut dicobaa :3

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^