3 Hal yang Harus diperhatikan dalam Memilih Cemilan Baik untuk Anak

Seberapa pentingkah cemilan untuk anak-anak kita? Perlukah kita perhatikan juga komposisi kesehatannya? Nah, teman-teman bisa baca terus tulisan saya, karena semua jawaban ada dalam tulisan saya ini. Saya akan memberikan 3 Hal yang Harus diperhatikan dalam Memilih Cemilan Baik untuk Anak. Lanjuuut..

Cemilan baik untuk anak

Bismillahirrahmanirrahiim, 3 Hal yang Harus diperhatikan dalam Memilih Cemilan Baik untuk Anak.

Cemilan memang sepertinya sudah menjadi kewajiban yang harus ada dalam menu makanan keseharian kita. Apalagi anak-anak. Bahkan hampir setiap acara pasti ada jadwal snack time. Biasanya pagi jam 9 - 10 atau sore jam 3 - 4. Dirumah pun jadwal makan, saya buat seperti halnya jadwal makan di seminar-seminar. Cemilan selalu ada 2x sehari dirumah. Tentunya untuk anak, saya akan memilih atau membuatkan cemilan baik untuk tumbuh kembang mereka. Makanya saya selalu utamakan cemilan anak terlebih dahulu, baru deh Ummi Abinya mengikuti selera mereka.

Dalam memilih cemilan baik untuk anak, saya memang kadang membebaskan mereka memilih apa yang mereka suka. Tapiiii.... ada syaratnya. Mereka harus melihat ada logo halal, BPOM dan komposisi tidak mengandung msg. Hanya itu. Ternyata dalam memilih cemilan baik untuk anak, bukan hanya dari 3 hal tersebut loh. Kita juga harus memperhatikan takaran komposisi dalam setiap sajiannya. Terutama di kalori, gula dan lemak jenuhnya. Wakwaaw... saya nggak pernah perhatiin tuh.. Duuuh >_<

Hal tersebut saya ketahui, disaat saya mengikuti webminar dari Paddel Pop yang bertajuk Pentingnya Memilih Cemilan Baik untuk Tumbuh Kembang Anak, pada tanggal 22 Januari 2021. Webminar ini diadakan dalam rangka menyambut hari gizi anak nasional pada tanggal 25 Januari 2021. 
Saat itu, tepat pukul 13.30 WIB Mas Kemal Mochtar, sebagai MC pada acara webminar Paddle Pop ini, membuka acara. Beliau memperkenalkan 4 narasumber yang bisa hadir saat itu, yaitu :

  • Hernie Raharja, Foods & Refreshment Director Unilever Indonesia
  • dr. Attila Dewanti, Sp.A
  • Memoria Dwi Prasita, Head of Marketing Ice Cream Unilever Indonesia
  • Shopie Navita, Mom KOL

Cemilan baik untuk anak
narasumber acara Paddle Pop Cemilan baik untuk tumbuh kemban anak

Di sesi pertama, Ibu Hernie Raharja menjelaskan bagaimana Paddle Pop, sebagai pionir cemilan es krim anak selama 28 tahun di Indonesia, mendukung tumbuh kembang anak dalam memberikan cemilan baik bagi anak. Hal ini memang menjadi bagian dari komitmen Unilever terkait Pangan Masa Depan, yang bertujuan membantu masyarakat mengubah pola makan yang lebih sehat & ramah lingkungan. Dalam pemaparannya, Ibu Harnie mengatakan bahwa Unilever Indonesia secara konsisten melakukan inovasi dengan meluncurkan produk yang baik, termasuk es krim Paddle Pop yang dibuat secara bertanggungjawab untuk anak, sehingga menjadi cemilan baik untuk anak.

3 Hal yang Harus diperhatikan dalam Memilih Cemilan Baik untuk Anak

Dalam acara tersebut, Bu Dokter Attila menjelaskan beberapa tips dalam memilih cemilan baik untuk anak, agar tumbuh kembang anak berjalan dengan baik. Apa saja ya?

1. Kebutuhan Kalori Tidak Boleh Lebih dari 330 KKal/Hari.

Cemilan baik untuk anak sebaiknya tidak melebihi 330 kkal dalam satu hari. Tak masalah jika kita ingin memberikan banyak cemilan, namun takaran kalori sesuai angka kecukupan gizi (AKG) untuk cemilan tidak boleh lebih dari kebutuhan kalori anak. Yaa itu 330 kkal atau 20% porsi kalori yang dibutuhkan tubuh dalam 1 hari. Sebab, jika kita berlebihan memberikannya akan berlanjut menjadi sebuah penyakit di kemudian hari.


Hmm... saya nggak pernah nih naker-naker kalori buat anak-anak saya. Lah saya aja baru naker-naker kalori setelah mengikuti program diet kok.. duuuh... besok nggak boleh egois nih menakar kalori hanya untuk pribadi, tapi juga harus tahu takaran kalori untuk keluarga, terutama anak. Agar anak bisa menikmati cemilan baik setiap harinya. Lanjuut...

2. Harus Mengandung Vitamin dan Mineral

Makanan sehat adalah makanan yang seharusnya mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh memerlukan berbagai macam nutrisi agar dapat tetap sehat dan pertumbuhan dapat berjalan dengan optimal. Keseimbangan makanan sehat adalah makanan yang memiliki banyak kandungan vitamin dan mineralnya, agar mudah terserap oleh tubuh. Namun tetap harus memperhatikan komposisi zat gizi lainnya, seperti karbohidrat, protein dan lemak. Begitupun dalam memilih cemilan.

Cemilan baik pun harus memperhatikan komposisi gizinya, karena cemilan termasuk bagian dari makanan yang kita asup sehari-hari. Tanpa memperhatikan komposisinya, tentunya akan berakibat tidak seimbangnya gizi yang ada dalam tubuh kita, seperti berlebihan atau kekurang salah satu komposisi gizi. Biasanya kalau untuk cemilan dominan gula dan penguat rasa atau penguat warna. Jika berlebihan di salah satu komposisinya akan menyebabkan kita mudah terserang penyakit degeneratif di usia dini (seperti diabetes, darah tinggi, dll). Sering kan yaa kita dengar anak usia 8 tahun sudah kena diabetes.. duuuh kasian kaan? Nah, vitamin dan mineral ini lah yang bisa menyeimbangkan kelebihan salah satu zat gizi yang berlebihan.

3. Tidak Mengandung Gula, Garam dan Perasa yang Tinggi

Gula dan garam memang merupakan bahan makanan yang sering digunakan untuk menambah rasa pada makanan. Namun ada takaran tersendiri bagi kebutuhan kesehatan makanan anak, begitupun dalam cemilan baik untuk anak. Kebutuhan gula dan garam untuk anak-anak berbeda-beda, semua tergantung dari usianya.


Menurut dr. Attila bahwa untuk gula yang dikonsumsi anak usia 6 tahun keatas hanya boleh diberikan sebanyak 12 gr perhari. Sedangkan untuk garam dr. Attila tidak menjelaskan berapa takaran yang baik untuk anak. Saya pun penasaran dan langsung googling untuk mencari tahu standar penggunaan garam bagi anak-anak. Alhamdulillah saya dapat info dari National Health Service (NHS) bahwa jumlah maksimal garam yang disarankan untuk bayi dan anak-anak adalah:

  • Usia 0-12 bulan, kurang dari 1 gram (0,4 gr sodium)
  • Usia 1-2 tahun, 2 gram (0,8 gr sodium)
  • Usia 4-6 tahun, 3 gram (1,2 gr sodium)
  • Usia 7-10 tahun, 5 gram (2 gr sodium)
  • Usia 11 tahun keatas, 6 gram (2,4 gr sodium)

Untuk perasa (penguat rasa) sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan oleh anak. Perasa sudah didapat dari gula,garam dan rempah-rempah. Makanya kalau kita perhatikan masakan tradisional Indonesia itu bumbu rempahnya bererot alias banyak banget. Yaa fungsinya buat penguat rasa. Mereka tidak mengenal MSG atau micin. Namun seiring berkembangnya teknologi, dibuatlah penguat rasa itu menjadi bubuk yang tinggal kita tabur saja. 


Penguat rasa sangat tidak disarankan diberikan untuk anak-anak, terutama anak dibawah usia 6 tahun. Mengandung garam atau perasa yang tinggi, buat anak jadi adektif dan jadi picky saat makanan utama. Tapi kalaupun hendak diberikan tidak boleh berlebihan. Ada takaran khususnya. Jika gula dan garam dibatasi sesuai usia, MSG dibatasi sesuai dengan berat badan.


Dari hasil googling untuk kadar MSG yang direkomendasikan oleh U.S Food and Drug Administration (FDA) adalah sekitar 30 mg/berat badan. Jadi misal nih yaaa berat badan 50 kg, maka dosis MSG yang direkomendasikan FDA adalah sekitar 1,5 gram/hari.


3 Hal yang diperhatikan oleh Paddle Pop dalam Membuat Cemilan Baik untuk Anak

Nah, Berdasarkan tips yang dijabarkan oleh dr. Attila, Paddle Pop membuat ketentuan untuk produksi makanannya sesuai takaran kesehatan yang dibutuhkan oleh anak. Semua es krim Paddle Pop dibuat khusus sesuai standar nutrisi tinggi dengan kebaikan susu & buah, serta membatasi tidak lebih dari kalori 110 kkal, 12 gr gula dan 3 gr lemak jenuh, untuk memenuhi asupan nutrisi sesuai kebutuhan anak. Standar ini telah mengikuti acuan dari dari World Health Organization (WHO) dan Kementerian Kesehatan RI. Selain itu es krim Paddle Pop sebagai cemilan baik juga telah mendapatkan nomor ijin edar dari BPOM & halal sertifikat dari MUI.


Jika dr. Attila menjelaskan 3 hal yang harus diperhartikan dalam memilih cemilan baik untuk anak berdasarkan ketentuan kesehatan, Ibu Memoria menjelaskan juga ada 3 hal yang diperhatikan oleh Paddle Pop dalam membuat cemilan baik untuk anak, yaitu :

1. Rasa Harus Enak

Siapapun pasti akan memilih makanan yang enak. Walau harga lebih mahal, pasti akan dicari. Begitupun anak-anak. Rasa enak menjadi patokan awal membuat produk Paddle Pop. Agar banyak anak yang menyukai Paddle Pop. 


Ini sudah kebukti kok yaa.. Adek Fi tuh kalau saya belanja bulanan, baik di super market ataupun di mini market pasti larinya ke kotak freezer Walls. Dan es krim yang diambil Paddle Pop Rainbows, nggak ngelirik yang lain. Walaupun saya tawarkan paddle pop shaky shake yang lebih besar, dia tetap memilih Paddle Pop Raindows. Dia baru mau ambil yang lain kalau Rainbows tidak ada di dalam freezer ^_^


2. Didesain untuk Nutrisi Anak

Kandungan nutrisi dalam es krim dibuat bernutrisi sesuai takaran cemilan baik untuk anak, yaitu memiliki kandungan gula dibawah 12 gr, kalori dibawah 100 kkal dan lemak jenuh dibawah 3 gr. Jadi kalau sesuai anjururan dr. Attila Paddle Pop bisa dimakan 2 - 3 dalam sehari, karena tidak melewati 330 kkal/ hari. 


Lalu, ada yang bertanya, "Bahaya ga ya, Dok kalau es krim dimakan tiap hari? Soalnya anak saya suka batuk kalau makan es krim terus-terusan."

Dr. Attilla menjawab bahwa konsumsi es krim tiap hari tidak masalah, tapi sesuai takaran AKG (Angka Kecukupan Gizi) anak dan anak tidak memiliki riwayat alergi. Batuk dan pilek yang timbul saat makan es krim itu karena anak tersebut ada alergi sehingga mengakibatkan radang dan pilek di tenggorokan. Waaah pantas saja ya Adek Fi pernah makan es krim tiap hari selama seminggu, hanya karena merayu untuk makan utama, aman-aman saja. Saya stop karena takut batuk, padahal mah kalau tidak ada alergi nggak masalah ya.


3. Punya Rasa Kebaikan Susu dan Buah

Paddle Pop berusaha memasukkan rasa dari rasa kebaikan susu dan buah. Menurut dr. Attila bahwa susu memiliki beragam manfaat bagi anak-anak, karena memiliki kandungan protein & kalsium yang menunjang pertumbuhan tulang anak secara optimal. Buah juga mengandung berbagai jenis vitamin yang dapat membantu tumbuh-kembang anak dan sesuai dengan rekomendasi Kementerian Kesehatan RI. Untuk balita dan anak usia sekolah setidaknya mengkonsumsi cemilan 2 - 3 porsi setiap hari.


Iya juga sih, anak-anak itu kan hampir sebagian besar tidak suka buah dan sayur, tapi jika buah-buahannya dikemas dalam bentuk cemilan, mereka pasti makan. Karena anak-anak memang masih suka nyemil. Makanya saya pun menyarankan anak-anak kalau mau beli es krim pilih yang produk walls, alasannya ya karena kaya susu dan buah itu. Adek Fi kalau diajak ke mini market pajaknya pasti minta es krim Paddle Pop Rainbows. Nggak mau dia es krim lain kalau masih ada Paddle Pop Rainbows.


Dengan memperhatikan 3 hal cemilan baik untuk anak tersebut, di momen perayaan Hari Gizi Nasional 2021 ini, Paddle Pop memperkenalkan logo ‘Cemilan Baik Untukmu’ dalam memberikan jaminan kandungan es krim Paddle Pop yang baik untuk anak. Logo ini akan diaplikasikan secara berkala pada kemasan dan media komunikasi Paddle Pop. Ini menjadi bagian dari komitmen Unilever terkait Pangan Masa Depan yang bertujuan membantu masyarakat mengubah pola makan yang lebih sehat dan ramah lingkungan.


Cemilan baik untuk anak
logo terbaik pada kemasan Paddle Pop cemilan baik untuk anak


Wah jadi nggak perlu repot lagi deh kudu ngecek-ngecek komposisi kalau ada logo cemilan baik untukmu. Lebih ringkes niiih kita para emak. Bisa fokus ambil belanjaan lain, tinggal suruh anak lihat logo #cemilanbaikuntukmu.



Dalam webminar Paddle Pop tersebut, Shopie Navita sebagai Mom KOL yang menjadi narasumber di acara tersebut juga memberikan saran kepada kita para orang tua dalam memilihkan cemilan baik untuk anak. Menurut Shopie, orang tua pun memiliki peran penting untuk memberikan contoh positif dalam memilih makanan dan cemilan baik untuk anak. Seperti yang dilakukan Sophie. Beliau ikut menyuarakan pentingnya menanamkan kebiasaan smart snacking kepada anak sejak dini.


“Saya percaya bahwa tugas utama dari orang tua bukan hanya memberikan yang terbaik, namun bagaimana kita bisa mewariskan kebiasaan baik bagi anak. Saya berupaya memberikan alasan setiap kali melarang atau memperbolehkan anak dalam memilih cemilan, dengan harapan kebiasaan ini akan tertanam dalam diri mereka hingga dewasa, dan diwariskan juga ke anak-cucu generasi berikutnya,” ungkap Sophie


Selain itu menurut Shopie, orang tua harus memberi contoh kepada anak-anak juga. Jadi jika kita melarang minuman bersoda, maka kita pun sebisa mungkin di depan anak tidak minum minuman bersoda. Jangan kita bilang, "ooo ini makanan buat orang dewasa, anak-anak nggak boleh makan". Kalaupun kita mau makan makanan terlarang buat anak, ya kita harus ngumpet-ngumpet, bagusnya sih tidak ikutan makan juga. 


Aaah bener banget.. saya pun memberikan alasan kenapa kita harus memilih cemilan baik dengan syarat a b c d setiap kali kita meminta atau melarang mereka saat meminta cemilan. Saya juga kalau melarang anak mengkonsumsi cemilan tidak sehat, saya tidak membelinya. Nggak enak makan sembunyi-sembunyi, berasa dosa banget.. xixixi..


Cemilan baik untuk anak
foto bersama acara webminar Paddle Pop cemilan baik untuk anak (saya yang ada lopenya ^_^)

Alhamdulillah webminar ditutup dengan pengumuman pemenang kuis. Dan kita peserta webminarnya mendapatkan hampers dari Paddle Pop yang dikirim langsung ke rumah.. yeeee... hampersnya kesukaan Adek Fi banget iniiii.. ada se-box es krim, bantal kecil dan papan tempel kulkas tentang kolom menu cemilan selama seminggu. Yang uniknya dari hampres tersebut box-nya terdiri dari mainan anak-anak. Alhamdulillaaaah. Lumayan ini buat mengajak Adek Fi bermain, daripada banyakan pegang gadget mulu.

Cemilan baik untuk anak
Isi hampers yang diberikan selesai webminar Paddle Pop cemilan baik untuk anak

Nah, ilmu sudah didapat. Kini saatnya kita menerapkannya didalam kehidupan sehari-hari. Semoga 3 hal yang harus diperhatikan dalam memilih cemilan baik untuk anak dari webminar Paddle Pop, bisa kita laksanakan dengan baik yaaa. Semangat, Kakak! ^_^



Wassalam




44 comments

  1. Wah banyaknya stok Paddle Pop adek Fi nih. Tante nita bagi 1 dong yg cup, hehe... BTW baru ngeh kalau Paddle Pop ini takaran kalorinya 100 ya, jadi masih aman nih kalo tante nita jajan, haha... Udah gitu ada protein susu dan buah pula kan. Kadang mau jajan es, jadi mikir kalorinya juga kalau banyak kan sayang, apalagi kalau gulanya banyak. Iyess, kalau bisa, 1 cemilan itu memang bisa dinikmati untuk seluruh anggota keluarga ya, Mi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amaaan, tantee.. Memang paddle pop ini takaran nutrisinya bukan cuma buat anak-anak saja ya. Aman buat semua usia. ^_^

      Delete
  2. Waaah semuanya doyan es krim Paddle Pop ya. Memilih cemilan anak jadi gampang deh dengan logo Cemilan Baik Untukmu yang eye catching dan didisain untuk anak. Rasa es krimnya memang enak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. jadi ga ribet yaa.. cukup liat logo barunya aja ^_^

      Delete
  3. dengan adanya logo cemilan baik untukmu memudahkan para orangtua dalam mendapatkan cemilan yang sehat dan enak untuk anak-anak di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, Mba apalagi mom yang mau serba praktis macam saya ^_^

      Delete
  4. Yup orang tua memang harus jadi contoh buat anak. Karena melarang anak ngemil camilan yang mengandung msg nggak akan efektif kalau anak lihat orang tuanya makan camilan itu.

    Paddle pop, es krim favorit keluarga kami. Makin seneng karena ini adalah camilan sehat yang rasanya enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kan kita cerminan buat anak ya, Mba. Jadi kalau mau anaknya sehat ya kita harus hidup sehat.

      Delete
  5. Wah, toss yuk anak2 kita sama2 doyan ngemil es krim Paddle Pop, mbak Ade! Emang deh, makin ke sini kita ga perlu khawatir lagi kasih anak cemilan yang baik karena Paddle Pop bernutrisi tinggi sesuai rekomendasi WHO dan Kemenkes ya... Sehat2 teruuuss! Tante boleh ikutan main ular tangganya? hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hu uh.. belum ada info gini aja sudah percaya yaa sama paddle pop dengan kekayaan susunya

      Delete
  6. Ahhh, senangnyaaa, karena WALL'S sangat concern dengan tips serta memberikan kriteria camilan baik buat anak yaa.... Ini beneran deh, makin memudahkan ortu untuk memilih cemilan yang baik buat anak.

    Makin hepiii karena didukung dengan logo baru "cemilan baik untukmu", mantab jiwaa! Terobosan dan inovasi yang keren banget! Apresiasi buat WALL'S!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. paddle pop seolah tau yaa masalah kita yang kadang suka males liat-liat komposisi ^_^

      Delete
  7. Rasa yang enak tetap menjadi syarat yang mutlak, ya. Apalagi bagi anak. Bakalan susah deh kalau rasanya gak enak. Tetapi, enak aja gak cukup. Tetap harus lihat lagi komposisinya. Pilih camilan baik yang rasanya enak :)

    ReplyDelete
  8. Saya lihat banyak yang abai ya Mbak (termasuk saya masih abai nih), terutama di bagian: Tidak Mengandung Gula, Garam dan Perasa yang Tinggi .... harus jadi perhatian nih

    ReplyDelete
  9. terbantu banget bakalan ya klo ada logo #cemilanbaikuntukmu karena kita bs mempersingkat waktu tanpa ngecek satu2 kandungan dr cemilan yang kita beli yaaa

    ReplyDelete
  10. Gak salah deh kalau saya udah sejak lama mengenalkan anak-anak dengan Paddle Pop. Ternyata termasuk cemilan baik. Udah pasti lah saya senang karena asupannya gak berlebihan

    ReplyDelete
  11. Ya ampun paddle pop ini eskrim favorit aku jaman masih kecil dulu, legend banget karena harganya yang murah meriah tapi lezat bngt, kangen banget, cuma dia nih satu2nya es krim yang ditunggu2 klo ada mamang yang lewat pake gerobak merah waakakaka...

    ReplyDelete
  12. Paddle pop gak cuma anak2 yang suka tapi papahnya anak2 juga suka. Ahaha. memilih cemilan harus memperhatikan logo halal, BPOM dan komposisi yang tidak mengandung msg ya mbak. Apalagi ada logo cemilan baik makin gampang mencari cemilan yang baik untuk anak

    ReplyDelete
  13. Hampir semua anak suka es krim ya. Emang kudu pilih-pilih cemilan yang lebih aman buat anak-anak.

    ReplyDelete
  14. paddle pop rasa buah dan susunya terasa banget makanya anak-anak suka.. dan nggak masalah mereka suka es krim karena kandungan paddle pop banyak nutrisinya.. emang jadi nggak khawatir

    ReplyDelete
  15. Dengan adanya logo Cemilan Baik Untukmu, kita jadi lebih mudah memilih cemilan yang sehat untuk anak-anak ya. Jadi lebih tenang memberikan cemilan untuk keluarga

    ReplyDelete
  16. tenang aku tuh jadinya mau kasih es ke si kecil. karena baca ini jadi tau deh cemilannya lebih sehta. thankyou mba

    ReplyDelete
  17. Pasti Adek Fi seneng banget yaaaa dapat ice cream paddle pop sekardus!
    Ni juga fave abang Derry yang rainbow dan choco magma sama kalo dulu fruity zap dan color popper

    ReplyDelete
  18. Senang banget ini kalau ada ice cream enak dan lezat kesukaan anak. Skarang harus makin pintar pilih cemilan buat anak

    ReplyDelete
  19. Kadang tuh masih banyak anak yang suka makanan atau cemilan yang manisnya kebangetan. PAdahal sebaiknya tidak. makasih infornya mba

    ReplyDelete
  20. Harus lebih hati-hati ya mbak memiih camilan untuk anak nggak sekadar enak saja tapi juga harus sehat..banyak camilan yang mengandung pengawet, gula buatan dan terlalu banyak MSG yang tidak baik untuk kesehatan

    ReplyDelete
  21. Setuju, Mbak..kalau kita melarang ngemil yang enggak sehat ke anak mestinya kita juga mencontohkan ya. Agar jadi kebiasaan yang baik hingga mereka dewasa kelak.
    Seperti ngemil Paddle Pop yang merupakan cemilan yang baik untukmu ini...

    ReplyDelete
  22. 3 hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih camilan yang baik, semua nutrisinya harus mencukupi untuk melengkapi nutrisi dari makanan utama.
    Paddle pop sesuai banget dengan kriteria camilan baik karena punya kebaikan susu dan buah

    ReplyDelete
  23. Nah ini Paddle Pop punya rasa kebaikan buah dan susu.
    Kek anakku ga suka buah, tapi kalo di es krim dia sukaa, hahaa.
    Salut dengan logo yang barunya, mempermudah orang tua mencari cemilan yang baik buat anak2 .

    ReplyDelete
  24. Anakku pun ga pernah nolah kalau ditawarin es krim paddle pop.. selain suka rasanya, dia suka sama bentuknya yang lucu

    ReplyDelete
  25. Iya bener nih kalau milih cemilan kemasan jangan sampai kita kelewatan ngecek2 kandungan bahan2nya, berapa kalorinya, supaya gak membahayakan kesehatan anak di masa mendatang ya

    ReplyDelete
  26. Memang beda siih...rasanya Paddle Pop sama es krim lain.
    Ternyata ini penyebabnya yaa...tidak menambahkan penguat rasa dan pemanis buatan.
    Pantes banget rasanya seger.

    ReplyDelete
  27. setuju Ummi untuk pilih cemilan sehat minimal liat dari kemasannya yah apakah ada logo halal serta bpomnya juga di rumah aku sih stock cemilan baik makanan ringan maupun es krim dibanding anak2 jajan sembarangan

    ReplyDelete
  28. makai sharingnya mak adeee.. emang deh , kita mesti pinter pinter dalam memilih cemilan anak yaaaaa.. Wah es krim paddle pop bisa banget nih jadi pilihan cemilan baik untuk anak ya!

    ReplyDelete
  29. Nyammm..nyam.... habis bw langsung cuzzz nih jajan paddle pop... kandungan nutrisinya udah terjamin ya..dan aman buat anak-anak...

    ReplyDelete
  30. Ini es krim favoritku dari dulu lho, hampir setiap minggu pasti beli jatah es krim buat anakku. Paddlepop selain banyak varian, rasanya juga enak

    ReplyDelete
  31. Paddle pop bisa jadi pilihan nih mak buat cemilan anak-anak di rumah. Sekarang harus aware ya dengan cemilan anak

    ReplyDelete
  32. Gak salah nih selama ini aku kasih es krim padle pop ke anak sebagai camilan,
    Sebelumnya enggak terlalu memperhatikan gizi sih cuma karena suka aja.

    Tapi kalau enak, kita suka dan juga bergizi .. bagus dong ya buat camilan keluarga.
    Hihi

    ReplyDelete
  33. Jajanan anak zaman sekarang emang serem2 ya, gulanya tinggi, lemaknya tinggi, pakai pemanis dll yg bahaya buat kesehatan anak.
    Alhamdulillah Paddle Pop ternyata komitmennya bagus utk bikin cemilan yang baik utk anak2 ya mbak

    ReplyDelete
  34. Dulunya anak-anak suka camilan yang semacam keripik gitu tapi efeknya sesudah makan malah bikin mereka batuk, akhirnya alternatif lain sekarang kalau beli camilan pilihkan es krim dan seringnya milih paddle pop

    ReplyDelete
  35. Harus selektif memang ya pilih cemilan untuk anak, apalagi sekarang banyak jajanan yang gak jelas.

    ReplyDelete
  36. Wah senengnya es krim kesukaan anak-anak ini gak pakai banyak gula. Jadi tenang deh kalau kasih paddle pop ke anak-anak.

    ReplyDelete
  37. Bener bgt nih mba harus pinter pilih cemilan yang sehat buat keluarga ya mba

    ReplyDelete
  38. Selain gula, garam ternyata harus diwaspadai juga yaa. Suka deh klo ada logo cemilan baik karena kita bisa tau kalau kandungannya tidak over untuk anak hehe

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^