3 Resep Sarapan Enak dari Susu Hometown

Minum susu itu identik dengan sarapan pagi. Itu sebabnya saya mau membuat 3 resep sarapan enak dari susu Hometown. Soo.. lanjutkan bacanya yaa!

Resep Sarapan Enak dari Susu Hometown

Bismillahirrahmanirrahiim, 3 Resep Sarapan Enak dari Susu Hometown

Enak susunya ma ma ma ma.. Enak susunya ma ma ma ma... masak sarapan sambil nyanyi.. xixixi. Iyes, susu memang menjadi minuman wajib dari saya bayi hingga sekarang. Dan sejak dulu mama berusaha membeli susu yang langsung dari peternak sapi. Kebetulan mama punya langganannya. Namun semenjak papa tugas luar kota dan kami wajib ikut, otomatis susu segar susah sekali dicari. Untuk memenuhi kebutuhan susu anak-anaknya, mama beralih ke susu bubuk. Kebiasaan tersebut saya tularkan juga ke anak-anak saya, saya mewajibkan susu sebagai minuman sarapan mereka. Dan bersyukurlah susu segar tidak susah dicari dijaman anak-anak saya. Salah satunya susu Hometown. Karena kemudahannya, saya juga mengolah resep sarapan enak dengan susu Hometown.


Susu Hometown itu apa sih?

Susu Hometown tuh adalah salah satu brand susu segar yang diproduksi oleh Great Giant Foods (GGF), yaitu group perusahaan yang mengembangkan usaha industri makanan dan minuman secara terintegrasi (from farm to plate).


GGF menerapkan konsep Pertanian – Peternakan yang berkesinambungan (Sustainable Farming, Good Farming Practise), Animal Welfare, Good Manufacturing Practice, Food Safety, Halal, Trace-ability.


Resep Sarapan enak dari Susu Hometown

Produk – produk yang menjadi basis pengembangan GGF antara lain Buah – Buahan, Daging Sapi, Daging Ayam, dan Susu Segar. Nah, susu segarnya yaa susu Hometown ini.


Peternakan Susu Hometown bersumber dari sapi di peternakan milik lokal yang berlokasi di Terbanggi Lampung Tengah. Jadi dapat dikontrol secara ketat proses dari pertanian hingga prosedur pemerahan. Memastikan susu sesegar mungkin hanya dengan proses pasteurisasi 72% dari perternakan yang langsung diantar ke konsumen. Sesuai dengan taglinenya "Hometown Dairy membawa keutuhan dan kesegaran susu murni dari pertanian langsung ke rumah anda."

Resep Sarapan enak dari Susu Hometown
Keunggulan Susu Hometown (photo by GGF Shopee Official)

Harga Susu Hometown

Susu Hometown ini 100% murni susu sapi, tanpa tambahan air, gula atau bahan tambahan lainnya. Itu sebabnya Susu Hometown ini bebas dari kolesterol dan mempunyai banyak manfaat susu yang sesungguhnhya. Jadi wajar kalau harganya pun lebih mahal dari susu cair biasanya. Untuk 1 liter botol Susu Hometown Rp 30.000 - Rp 35.000, sedangkan untuk 2 liter susu Rp 60.000 - Rp 65.000 dan untuk yang 3 liter harga Rp 80.000 - Rp 85.000.

Resep Sarapan Enak dari Susu Hometown
photo by Depo Susu Kelapa Gading Shopee


3 Resep Sarapan Enak dari Susu Hometown

Ok, Mas Kurir sudah mengantarkan 2 botol Susu Hometown saya yang berukuran 1 liter dan 2 liter. Kini saatnya kita eksekusi 3 resep sarapan enak dari Susu Hometown

 

Hokkaido Cheese Toast Susu Hometown

Ini resep sarapan dari Jepang untuk para pencinta sarapan manis. Sempat viral juga di medsos saat baru-baru pandemik.

Resep Sarapan Enak dari Susu Hometown

Bahan-Bahan Hokkaido Cheese Toast Susu Hometown

📌 Susu Hometown 200 ml

📌 Telur 1 butir

📌 Tepung custard (maizena) 1 sdm

📌 Kental manis 10 sdm

📌 Roti tawar 10 lembar

📌 Keju quick melted/milky soft 1 kotak

📌 Margarine secukupnya untuk dioles


Cara membuat Hokkaido Cheese Toast Susu Hometown :

📌 Kita buat selai custardnya. Campur telur, susu, kental manis dan maizena ke dalam wadah, belum dimasukkan kedalam kompor yaaa.. Aduk hingga rata.

📌 Saring adonan telur dan susu dan masukkan ke dlm panci.

📌 Nyalakan kompor dengan api sedang dan masak adonan telur susu. Aduk-aduk adonan, jangan dilepas, hingga mengental. Setelah mengental matikan kompor dan diamkan sejenak.

📌 Sambil menunggu selai custard dingin, olesi satu sisi roti tawar dengan margarine. Lalu olesi sisi lainnya dengan custard yang sudah dingin.

📌 Tambahkan potongan atau parutan keju di sisi yang diolesi custard. Lalu tutup dengan roti lainnya, sehingga jadi 1 tangkap seperti sandwich.

📌 Panggang roti diatas teflon dengan api kecil, hingga warna golden brown.

📌 Hokkaido Cheese Toast siap disajikan untuk 5 porsi.


Resep Bubur Sumsum Susu Hometown

Nah resep ini sudah saya tuliskan di tulisan Gula Aren Arenga. Karena saya menggunakan gula aren juga untuk kuahnya. Jika ingin membacanya silakan klik 5 resep olahan gula aren arenga.

Resep Sarapan Enak dari Susu Hometown

Resep Roti Tawar Gulung Susu Hometown

Namanya sarapan temannya Susu memang nggak jauh dengan roti. Nah, kali ini resep ketiga masih seputar roti. Ayo kita eksekusi.

Resep Sarapan Enak dari Susu Hometown

Bahan-Bahan Roti Tawar Gulung Susu Hometown

📌 Susu Hometown 100ml

📌 Telur 2 butir

📌 Kucai 1 ikat

📌 Abon Sapi 250 gr

📌 Roti tawar tanpa kulit 5 lembar

📌 Keju 1 kotak

📌 Baking paper/plastik untuk membungkus

📌 Margarine secukupnya untuk membakar

📌 Garam dan Lada secukupnya


Cara Membuat Roti Tawar Gulung Susu Hometown :

📌 Masukkan telur dan susu kedalam wadah dengan diberi garam dan lada secukupnya. Kocok hingga rata.

📌 Iris halus kucai dan sisihkan. Jika tidak ada kucai bisa diganti dengan daun bawang yaa.

📌 Letakkan kocokan telur Susu Hometown ke wadah datar. Lalu celupkan 1 sisi roti tawar ke kocokan telur. Kalau roti tawarnya hanya ada roti tawar kulit, berarti buang dulu sisi-sisi kulit tebal roti tawarnya yaa. Kalau saya biasanya tidak mau mubazir, sisi roti saya potong-potong kecil, dan saya jadikan puding roti kukus.

📌 Panaskan teflon dengan api kecil. Masukkan margarine kurang lebih 1/2 sdm kedalam teflon daSaring adonan telur dan susu dan masukkan ke dlm panci.

📌 Setelah margarine mencair, taburkan sedikit kucai.

📌 Panggang sisi roti yang dicelupkan kocokan telur diatas taburan daun kucai. Panggang hingga warna kecoklatan, lalu balik. Angkat roti yang sudah kecoklatan dikedua sisi. 

📌 Ulangi tahapan diatas hingga roti habis.

📌 Tambahkan potongan atau parutan keju di sisi yang tidak ada kucainya. Lalu tambahkan lagi dengan Abon setelah keju. Untuk isian ini bisa kita ganti sesuai selera kita ya. Saya pernah buat pakai sarden, oncom leunca dan kornet.

📌 Gulung roti seperti menggulung sushi/rollade.

📌 Bungkus roti dengan baking paper atau plastik hingga rapat dan dibuat seperti membungkus permen. Fungsinya dibungkus agar gulungan roti tidak terbuka atau menempel. Jika bisa menggulung tanpa plastik dan membuat roti menempel ya nggak papa juga. Jadi baking paper tidak diperlukan.

📌 Roti Tawar Gulung Susu Hometown siap disajikan untuk 5 porsi. Dimakannya lebih nikmat jika dicocol dengan mayonaise atau saus sambal.


Review Setelah Meminum Susu Hometown

Awal saya merasakan Susu Hometown ini tidak seperti susu cair lainnya. Rasanya segar dan tidak terlalu gurih, kalau mau dibandingkan rasanya sama seperti air putih biasa tapi lebih creamy. Jadi tidak bikin eneg. Baunya pun tidak bikin kepala pusing dengan bau susu yang eneg. Di rumah yang tidak doyan susu itu hanya Pak Suami, tapi setelah mencoba susu Hometown dia suka, karena yaa seperti yang saya tulis diatas tadi. 


Dari kemasannya Susu Hometown tidak menggunakan kertas karton, tapi menggunakan botol plastik putih. Ada 2 ukuran Susu Hometown, yaitu 1 liter dan 2 liter. Saat dibuka tutupnya tidak langsung terlihat susu, ada segel didalam mulut botolnya. Dan begitu segelnya dibuka keliatan seperti krim kental atau susu yang menggumpal. 

Resep Sarapan Enak dari Susu Hometown
Creamy Susu saat dibuka segelnya

Saya pikir susunya basi, ternyata krim kental itu adalah krim susu yang keluar murni dari susu setelah proses pemanasan. Yaa macam kita manasin susu sapi yang baru diperah deeh.. kan ada biang susu diatasnya tuh. Nah, seperti itu.Selama tidak berbau asam dan dirasa tidak asam maka susu masih aman dikonsumsi.


Berhubung rasanya seperti air biasa, saya coba menggunakannya pada masakan sayur, bukan pengganti santan yaa.. tapi hanya pada masakan sayur biasa. Seperti sayur kacang panjang toge yang saya buat ini. Cuma saya nggak nulis resepnya yaaa.. kan lagi bahas soal sarapan. ^_^

Resep Sarapan Enak dari Susu Hometown

Rasanya memang makin enak, macam ditambah kaldu sapi. Jadi saya nggak perlu nambah penyedap rasa. Cukup gula garam saja tambahannya. Hanya saja berhubung ini susu murni pasteurisasi, jadi kalau bisa buat yang sekali konsumsi langsung habis. Khawatir basi.


Saran Penyimpanan Susu Hometown

Berhubung ini susu murni asli dan hanya diproses 72% pasteurisasi, jadi susu Hometow tidak tahan lama. Pada suhu ruang Susu Hometown hanya bertahan 4 jam saja. Jadi kalau mau pesan online pilih yang pengantarannya bisa cepat dibawah 4 jam. Begitu sampai langsung masukkan kulkas (lemari pendingin). Karena didalam kulkas susu bisa bertahan hingga 7 hari.


Kan ada expire datenya, masa cuma 7 hari?

Expired date yang tercantum dalam kemasan Susu Hometown hanya berlaku jika seal didalam tutup botol belum terbuka. Jika sudah terbuka yaa seperti yang saya tulis diatas.

Resep Sarapan Enak dari Susu Hometown

Beli Susu Hometown dimana?

Berhubung pengiriman susu harus cepat, Hometown hanya tersedia di beberapa kota besar saja yaitu : Jabodetabek, Bandung, Lampung, Medan, Palembang, Semarang, Jogja dan Surabaya, yaitu di Lulu Hypemart, Aeon, Ranch Market, Farmers Market, Lotte Mart, Kemchicks, Foodhall, Superindo, Jakarta Fruit Market, Duta Buah, Hero, Hypermart dan Rumah Buah.

Tepatnya dimana aja, teman-teman bisa kepoin IGnya Susu Hometown di @hometowndairy.id atau teman-teman bisa beli secara online di toko resmi GFF di Shopee dan Tokopedia.


Nah, review susu hometown sudah, resep pun sudah. Maka tuntaslah 3 resep sarapan enak dari Susu Hometown, tentunya menu sarapan itu dimakan dengan didampingi segelas susu hometown. Selamat mencoba ^_^


Wassalam




24 comments

  1. Wah, susu Hometown Dairy ini creamy banget ya mbk. Auto ngiler lihat tiast nya. Aku belum pernah nyoba Hometown Dairy. Ini di jual di minimarket nggak mbk?

    ReplyDelete
  2. kok samaan sih mak menu sarapan keluarga kita, toss,, aku juga suka banget bikin sarapan roti sandwhich dengan telur trus ditambah susu uht

    ReplyDelete
  3. Yang gak suka susu, nyoba Hometown Dairy jadi suka. Enak berarti nih. Kayanya saya mau coba Resep Roti Tawar Gulung Susu Hometown juga. Pasti pada suka

    ReplyDelete
  4. Aku sekeluarga doyan banget mimi susu murni Hometown Dairy, mbak. Memang deh harga ga bohong ya. Yang pasti susunya beneran segar dan ga eneg. AKu kan awalnya ga suka susu plain atau berwarna putih. Tapi gara2 nyobain Hometown malah suka banget. Seringnya bikin puding pakai susu, rasanya makin creamy dan lezat pastinya. Mbak Ade banyak amat bebikinannya, kek aku dikirimin sepiring hahaha :D

    ReplyDelete
  5. Udah nggak diragukan lagi susu ini. Aku suka mba. Eh itu resep roti semuanya aku mau 😄 anak2 drmh aman, minimal roti dan susu. Pas iniii ya mba

    ReplyDelete
  6. Wah, sayangnya belum ada di Makassar, padahal pengen nyobain. Saya bukan penggemar susu olahan. Tapi kalau susu segar saya suka. Waktu kecil biasa dibeliin bapak susu segar, tapi ribet karena ga bisa langsung dikonsumsi. Nah kalau pasteurisasi begini kayaknya cocok buat saya nih. Mudah-mudahan secepatnya bisa didapatkan juga di Makassar deh.

    ReplyDelete
  7. Susu cair buat saya bisa jadi pengganti santan, Mbak. Misalnya kayak bikin sop betawi, saya sekarang pakai susu. Biasanya rasanya lebih enak. Dan gaks eberat kuah santan. Apalagi kalau pakai Hometown Dairy. Lebih enak deh rasanya

    ReplyDelete
  8. Mbak Ade, keatif sekali..bikin sarapan enak begini, sehat lagi. Memang susu segar seperti Hometown Dairy ini diminum sehat, dibikin masakan bikin tambah nikmat. Wah..aku lagi punya roti tawar dan susu Hoetown dairy nih, besok pagi mau bikin resep ini ah

    ReplyDelete
  9. Wah susu segar untuk dimasukan sayur. Pasti gurih banget nih rasanya. Aku kira bisa juga menggantikan fungsi santan. Karena selama ini kalau bikin bubur kacang hijau, aku menggunakan susu alih-alih santan. Begitu pula kalau bikin soto betawi, enakan pakai susu dari pada santan :)

    ReplyDelete
  10. Nah ini nih. Saya kalau minum susu harus yang gak bikin eneg di perut. Selama ini saya malas minum susu karena gak nyaman di perut. Susu Hometown Diary perlu saya coba nih, harganya juga terjangkau banget. 3 liter harga hanya 80ribuan. Ramah banget di kantong.

    ReplyDelete
  11. Aaakkk, aku mupeengg recook resep2nyaa
    gampil dan bergizi pulak.
    Asalkan pakai Hometown Dairy, jadi makin lezaaat ya sarapan kitaa

    ReplyDelete
  12. Aku belum pernah minum susu hometown ini. Kayaknya enyaaak ya mbak. Aku tu suka minum susu plain dingin. Masih doyan sih susu coklat atau rasa lain, tapi skrg prefer yg susu plain

    ReplyDelete
  13. Kangen banget pengen minum susu segar, dulu sering ada yang keliling jualan dari peternakan jadi masih hangat..enak nih susu Hometown Dairy..pengen cicipin juga toast nya

    ReplyDelete
  14. Ternyata banyak menu yang bisa diolah dengan menggunakan susu murni Hometown Dairy yah mbak, asyik juga. Jadi pengen cobain juga deh. Tapi berarti harus hati2 baca expire date-nya yah mbak

    ReplyDelete
  15. Susu Hometown Dairy enak buat pengganti santan nih, mbak. Kayak soto Betawi gitu kan cocoknya pakai susu, kalo santan malah gak enak.

    ReplyDelete
  16. Sarapan2nya menggoda banget aplagi pake olahan susu hometown. Ga hanya diminum saja yaa, yang kebanyakan suka enek.

    Kalo aku pling suka lanhsung diminum , tapi lebih suka lagi kalo diolah jadi makanan.Ahh, noted banget resep2nya.
    Nanti mo nyobain bikin.

    ReplyDelete
  17. Unik juga dimasukkan ke sayur! Saya udah coba memasukkan susu ke dalam soto daging dan memang rasanya beda, light tapi gurih gimana gitu

    Btw aku auto nyoba yang roti tawar gulung Ade, makasih banyak resep resepnya!

    ReplyDelete
  18. Waaah meu sarapannya menggoda selera dan semuanya mudah ya, Mbak De. Aku jga menggunakan tambahan susu Home Town untuk urusan sarapan dan masakan utama supaya keluargaku kenyang dong.

    Susu Home Town ini susunya enak dinikmati langsung dan terasa enaknya juga jika diolah untuk membuat masakan seperti sayur kacang ini y

    ReplyDelete
  19. Aku jadi bayangin sarapan bubur sumsum buat besok pagi.
    Semoga distribusinya segera merata ya, hiks di Malang belum ada. Masa harus ke Surabaya buat nyicip susu hometown ini

    ReplyDelete
  20. Ini susunya seger banget, paling suka pas diminum dalam kondisi dingin. Bener mbak Ade kalau susu seger tu setelah dibuka segelnya mesti cepet2 dihabiskan ya, soalnya gampang rusak kalau dilama2in.
    Lagian kalau susu hometown pasti cepet habisnya sih hehe

    ReplyDelete
  21. **blinkblink liat susu alami dalam kemasan begini...
    Anakku paling suka susu dengan kenyalan gitu... Katanya enaaakk~

    Aku sukanya kalau uda jadi Bubur Sumsum Susu Hometown, hehhee...

    ReplyDelete
  22. Saya juga kalau ga ada santan biasanya pakai susu bikin bubur kacang ijo atau Soto daging, rasanya lebih sedep

    ReplyDelete
  23. Wah fresh susu gini sih enak di minum langsung ataupun di olah ya.. olahannya juga simple2 buat sarapan. Mantap. Makasih mba

    ReplyDelete
  24. Wah mirip banget ya sama sayur santan kacang panjang meskipun pakai susu. Penasaran rasa sayurnya nih

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^