Cara Membuat Kolagen Alami di Rumah

Pastinya semua orang tau manfaat kolagen bagi kesehatan tubuh kita. Dan akhir-akhir ini banyak sekali produk-produk kecantikan ataupun farmasi yang menawarkan minuman atau obat yang mengandung kolagen. Padahal kolagen itu bisa kita dapati dan buat sendiri loh. Daripada kita mengkonsumsi kolagen dengan campuran bahan kimia lainnya. Ya kan? Nah, bagaimana cara membuat kolagen alami di rumah yang bisa kita simpan? Semua ada di tulisan saya kali ini. Cekidot!

cara membuat kolagen alami di rumah

Bismillahirrahmanirrahiim, Cara Membuat Kolagen Alami di Rumah

Saya tuh suka terkagum-kagum kalau sedang nonton drama Korea atau drama China. Itu wajah artis-artisnya meni glowing muluuus.. Usia mereka sudah sama dengan saya, tapi wajahnya seperti usia 20 tahun. Imut dan menggemaskan. Masih cocok pakai baju seragam SMA. Kalau saya pakai seragam SMA? duuuh jangan ngebayangin deh.. hahaha..


Udah jadi rahasia para beauty, bahwa mau punya wajah seperti itu skin carenya pasti yang muahaaaal. Dan setiap kali saya melihat iklan skin care, pasti ada embel-embel kata "mengandung kolagen". Pasti kalau sudah ada kata "kolagen" produknya untuk produk-produk awet muda atau meremajakan kulit. Hmm...


Sebenarnya apa sih kolagen itu?

Kolagen adalah protein yang memiliki fungsi memberi struktur, kekenyalan, dan peregangan pada kulit. Seiring bertambahnya usia, manusia normalnya akan menghasilkan lebih sedikit kolagen di kulit. Jika sudah demikian, kulit pun akan menjadi kendur dan keluar garis-garis atau kerutan. Maka dari itu, kolagen adalah salah satu kandungan yang harus ada di dalam produk kecantikan. (ref : Kompas health)


Huhuhu.. pantas saja yaa banyak, terutama wanita, yang mengincar segala suplemen atau obat-obatan yang mengandung kolagen. Saya termasuk salah satunya.. xixixi.. Padahaaaal.. kolagen alami itu bisa kita buat sendiri loh. ini saya baru tahu pas sedang browsing resep di youtube. Buatnya ternyata gampang dan bahannya mudah dicari pluuuus.. harganya terjangkau banget. Pastinya kalau saya tulis cara membuat kolagen alami di rumah akan banyak komentar.. aaah yang begitu saya sering banget buat. Naaah, penasaran kan? 


Bahan yang Digunakan untuk Membuat Kolagen Alami di Rumah

Sebelum kita bicara tentang cara membuat kolagen alami di rumah, kita cari tau dulu yaa apa saja bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kolagen alami di rumah.


Ada banyak bahan yang bisa kita temui untuk membuat kolagen alami di rumah, diantaranya adalah : ayam, ikan, daging sapi, putih telur, buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi (seperti tomat, kiwi, mangga, jeruk, dll), sayuran hijau, bawang putih dan kacang.


Untuk ayam, ikan dan daging sapi ada bagian-bagian tertentu yang banyak mengandung kolagennya. Untuk ayam terdapat pada ceker ayam. Sedangkan ikan ada pada mata, sisik dan kepala ikan. Dan untuk daging, kita bisa mendapatkan banyak kolagen pada tulang-tulang rawan atau tulang iga. Nah dari ketiga bagian hewan itu lah kita bisa membuat kolagen alami di rumah. Untuk kali ini, saya mau ambil bahan dengan menggunakan ceker ayam.

cara membuat kolagen alami di rumah


Kenapa Harus Ceker Ayam untuk Membuat Kolagen Alami di Rumah?

Ceker ayam ini bagian ayam yang sering tidak dipakai oleh orang-orang. Jijik, alasan utamanya. Padahal dalam ceker ayam ini banyak sekali loh yang bisa kita dapatkan manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Ini nih manfaat ceker ayam untuk kesehatan tubuh kita :


1. Memperbaiki Sistem Kekebalan Tubuh

Ceker ayam mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor. Mineral-mineral ini berperan penting dalam mendukung sirkulasi darah yang sehat, meningkatkan kepadatan dan kesehatan tulang, serta menjaga kesehatan saraf, jantung, dan pencernaan. Semua mineral tersebut dibutuhkan tubuh guna membangun kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit.


2. Mencegah Kerapuhan Tulang

Seseorang yang mulai menua, pastilah jumlah kalsium dalam tubuh mengalami penurunan dan sel menjadi lebih sulit beregenerasi. Nah, salah satu manfaat ceker ayam, yakni bisa mencegah kerapuhan tulang. Maka dari itu, konsumsilah ceker ayam secara teratur, untuk mendapatkan sejumlah nutrisi seperti kalsium, protein, tulang rawan, dan kolagen yang berguna membantu menguatkan sendi dan mencegah tulang rapuh saat tubuh mulai menua. Selain itu, di dalam ceker ayam juga ada Glukosamin, yang merupakan kandungan untuk mendukung kekuatan sendi, sehingga bisa membantu kamu terhindar dari penyakit radang sendi atau nyeri sendi.


3. Menjaga Kesehatan Gusi

Gusi adalah jaringan kuat yang digunakan untuk menopang gigi. Beberapa masalah yang terjadi pada gusi disebabkan oleh masalah kesehatan gigi yang buruk. Namun, masalah pada gusi bisa ditimbulkan dari dalam tubuh, yakni bila tubuh kekurangan vitamin dan nutrisi. Salah satu manfaat ceker ayam bisa menjaga kesehatan gusi karena di dalam ceker ayam mengandung nutrisi, seperti asam amino, kolagen, dan beberapa zat gelatin, di mana ketiga zat tersebut bisa meningkatkan kesehatan gusi.


4. Membantu Proses Penyembuhan

Manfaat ceker ayam selanjutnya adalah bisa membantu proses penyembuhan. Hal ini dikarenakan ceker mengandung protein dan kalsium, di mana kedua nutrisi ini sangat penting untuk membantu regenerasi otot, tulang, dan saraf. Potensi nutrisi ini bisa membantu menyembuhkan luka.


5.  Mengandung Banyak Kolagen

Kolagen bisa didapat dengan mengonsumsi ceker ayam. Sebab, ceker ayam mengandung kolagen yang sangat tinggi. Kadar kolagen alami yang ada pada ceker ayam sangat mirip dengan kolagen yang ada pada sayuran berdaun hijau dan buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C. Kolagen merupakan salah satu bahan khusus yang dibutuhkan kulit untuk menjaga elastisitas kulit, fungsi tubuh, memperkuat struktur pembuluh darah, melindungi lapisan saluran cerna, dan memperkuat struktur tulang.


Bagi yang tidak terbiasa makan ceker ayam, kamu bisa mengolahnya menjadi kaldu. Cara tersebut bisa membuat kamu merasakan nutrisi dan manfaat ceker ayam untuk kesehatan tubuh. Nah berikut cara membuat kolagen alami di rumah dengan ceker ayam.


Cara Membuat Kolagen Alami di Rumah

Seperti yang saya tulis diatas kita akan buat kolagen alami di rumah dengan menggunakan ceker ayam. Ini tahapannya yaa..


1. Kita gunakan 5 pasang ceker ayam atau 10 ceker ayam. Sebelumnya ceker kita bersihkan dahulu dengan memotong kuku-kukunya biar nggak di strap (duuuh strap.. hehehe), lalu cuci bersih dan kupas kulit kuningnya kalau masih ada.


2. Isi panci yang berisi dengan air, hingga ceker terendam. Masak hingga mendidih dan keluar buih-buih kecoklatan. Kita saring buih-buih tersebut dan buang, biar tidak menempel di ceker ayamnya, karena buih-buih coklat itu sisa kotoran pada ceker ayam yang tidak tercuci, seperti darah dan bakteri lainnya. Lalu buang juga air rebusannya.


3. Isi lagi panci yang berisi ceker hingga 2x lipat dari air sebelumnya. Masak dengan api kecil. Tunggu hingga air berwarna putih dan keluar minyaknya. Karena menggunakan api kecil, masak ceker hingga 3 - 5 jam. Kalau teman-teman punya slow cooker bisa kita gunakan. Masak dengan slow cooker selama 3 jam.

Kenapa sih harus masak dengan api kecil dan lama begitu?

memasak dengan slow cooker atau api kecil itu akan membuat daging ceker lembut tanpa merusak jaringan kolagen dan nutrisi yang terdapat pada ceker tersebut.


4. Angkat ceker ketika air kaldu cekernya agak sedikit mengental. Nah, cekernya bisa kita olah jadi masakan apa saja. Air kadlunya bisa kita gunakan sebagai kaldu untuk memasak makanan apapun. Seperti membuat nasi tim untuk bayi, atau sop bakso ikan, dll. Sisa air kaldunya bisa kita simpan di chiller kulkas. Masa penyimpanannya bisa hingga 6 hari. Selebihnya air kaldu sudah tak bagus lagi untuk digunakan. Collagen yang sukses, bentuknya berupa jelly saat disimpan, bukan es batu.

cara membuat kolagen alami di rumah


Selesai deh saya menuliskan cara membuat kolagen alami di rumah. Nah, pasti pada komen.. waaah yang begitu saya sering buaat. Apalagi yang punya baby. Kaldu ceker ayam ini bagus banget untuk dijadikan tambahan kuah sayur pada mpaso, karena manfaatnya diatas sebagai pembentuk kekuatan tulang.


Pantes yaa.. dulu orangtua kita sering kasih ceker ayam ke kita. Saya masih ingat dulu papa kalau kasih ceker ayam ke anak-anaknya itu selalu bilang, "Nih, bagus makan cekernya. Biar mudah cari rejekinya mudah dan cepat. Karena ayam kan mengais rejekinya dengan ceker." xixixixi.. alasannya masuk akal waktu itu. Tapi alasan yang tepat ya memang ceker bagus untuk kesehatan kita semua.


Ok, sekian tulisan saya tentang cara membuat kolagen alami di rumah. Semoga tulisan ini bermanfaat ya. Nantikan saya menulis resep lain yang menggunakan kaldu kolagen ceker ayam ini. Selamat mencoba! ^_^



Wassalam




39 comments

  1. Bahan makanan sumber kolagen yang familiar dna gampang banget dibikin di rumah. Aku suka masak ceker juga, anakku suka banget apalagi kalo di soup, berasa banget gurih2nya.
    Nah, setuju banget sebnernya orang tua jaman dulu suka ngasih resep ini juga, ternyata sama yaa dan benar adanyaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, saya juga suka masak ceker. Tapi seringnya kuahnya dijadikan semur. Sekarang baca ini jadi makin semangat masak ceker, supaya dapat banyak nutrisi kolagennya, hihihihi..

      Delete
    2. orangtua jaman dulu emang selalu bener kayanya kata-katanya ya mak.. Hihi. Walaupun penyempaiannya kadang berbeda, tapi maksudnya bener sih yaaaa.. Iya aku juga doyan makan ceker nih, tapi belom pernah dimasak giniiii..

      Delete
  2. trus kolagen home made itu dimakan atau digunakan atau dua-duanya mak? kok menarik banget sih ini membuat kolagen sendiri. kren deh mak kamu

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi emang ceker ayam itu nikmat banget ya mak, mau dibuat sup, digoreng pedes, dikukus jadi dimsum, enak banget deh pokoknya

      Delete
  3. di rumah kami, suami nih yang paling hobi makan ceker. Jadi sering deh pas beli daging ayam ditambah beli satu bagian ceker aja. Dan karena banyak orang ga suka ceker, jadi bagian ceker aja selalu jauuuh lebih murah.

    Ternyata bisa untuk kolagen yaaah. Cuma selama ini cara masaknya yg kurang tepat, yakni malah pake happycall biar empuk sempurna hahaha. Jadi mudah menggerogitinya gituuu :D

    Next sesekali harus pakai cara ini deh. Kan lama juga ya rebusnya jd pasti empuk.

    ReplyDelete
  4. Wah ternyata banyak manfaat ceker ayam buat kesehatan ya. Baru tau saya.
    Saya taunya cuman enaknya aja, hahaha...

    Sayangnya di rumah cuman saya yang doyan makan ceker, anak-anak pada jijik.
    Mending saya suru aja mereka baca tulisan mbak Ade ini, biar mereka tau kalo makan ceker itu baik buat kesehatan.

    ReplyDelete
  5. Wihh, bisa daku coba nih mbaaa
    mumpung lagi sering di rumah aja, mau praktik ahhh
    biar glowing paripurna kayak bae suzy hahaha

    ReplyDelete
  6. Waktu anak-anak saya masih makan makanan lembut hampir tiap hari bikin bubur dengan ceker ayam. Nah setelahnya cekernya saya kemut-kemut. Begitu banyak manfaag kolagen bagi kulit kita ya. Dan salah satunya bisa didapat dengan mudah, salah satunya, dari ceker ayam. Habis ini bakalan rajin bikin sup ceker ayam kayanya :)

    ReplyDelete
  7. Kolagen alami yaa mba.. aku pernah makan di resto yg kuahnya kaya akan kollagen. Dari ceker ayam jugaa kali ya

    ReplyDelete
  8. wah iya, pas anak anak mpasi aq sering buat kaldu ceker mbak, ternyata ceker bisa buat kolagen alami ya..
    cus besok buat ah

    ReplyDelete
  9. Mau bangeeet...konsumsi kolagen alami dan bikinnya mudah banget sebenarnya yaa..
    Kuncinya, rajin.
    Hehehe... Biasanya suka ngeluh kalau kulit mulai terasa kering.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manfaat dari kaldu ceker ini banyak sekali yaah..
      Dan kolagen gak perlu bebelian yang mahal, cukup rajin membuatnya sendiri begini. Ini biasanya kak Ade konsumsi berapa kali seminggu, kak?

      Delete
  10. Asli baru tau tentang manfaat ceker, mbak. Mengandung kolagen juga ternyata. Aku penikmat ceker soalnya. Tapi sukaw aja, ngga sampai cari tahu tentang manfaatnya, gitu. Padahal manfaatnya besar.

    ReplyDelete
  11. Wah ternyata cairan kental itu kolagen alami ya mbak, saya pernah memasak ceker model begini mbak tapi baru tahu manfaatnya

    ReplyDelete
  12. eh aku baru tau beneran niiihhhh, ternyata bisa bikin kolagen dari ceker ayam ya maaak.. Jadi pengen bikin juga nih, sekalian buat anak anak.. wehehehee. makasi infonya maaak

    ReplyDelete
  13. Semudah itu ya cara buatnya. Di rumah seneng banget makan olahan ceker padahal. Makasih udah share mbak, langsung aku praktekin besok di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mudah pisan dan sering kita temui bahan2nya,
      Btw itu ceker meni syantik2, pengen laah di souuup ato di seblak, eehh

      Delete
  14. Weh gampil juga ye mi, cuma ngabisin gas aja ngerebus 3-5 jam, haha... Iya pakai slow cooker juga enak ya, rasanya lebih irit. Karena listriknya gak terlalu besar nih. Mantap Ummi jadi kadang pudding susu gitu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja sih pemakaian gasnya dengan kita masak 1-2 jam menggunakan api besar, soalnya buat kolagen itu kan pakai api kecil.

      Delete
  15. baeklaahh, besok mau berburu ceker ayaamm
    ada sih, tukang sayur langganan aku yg selalu siapin ceker ayam.
    mau cobaaa ahh

    ReplyDelete
  16. Wah, serius nih mbak Ade masak beginian sampai 3-5 jam? Kudu slow banget gitu ya masak ceker ayamnya? Hihihihi sabar pisan euy! Kolagen alami ternyata mudah ya membuatnya hanya saja niat kita bisa terealisasi atau ga wkwkwkw. Iya, bagus banget bayi dan anak dikasih kolagen dari ceker seperti ini. Btw mbak Ade makan juga ga kolagennya? hihihii...

    ReplyDelete
  17. Iya, dulu pas anak-anak masih masa mpasi, aku ya buatin tuh kaldu ceker. Klo sekarang tuh pada susah makannya kalau tau bahan pembuat kaldunya dari ceker. Apakah aku harus masak dengan sembunyi-sembunyi biar mereka ga tau? :))

    ReplyDelete
  18. ternyata buatnya juga gak susah ini ya mbak Ade, wah asik deh aku bisa bikin kolagen alamu di rumah nih. Tadinya tuh mikir ada yang jual loh si kolagen ini jadi kita tinggal pakai saja.

    ReplyDelete
  19. Ternyata gampang banget yaa Mak, asik ah mau coba juga. Eh tapi habis itu enaknya si jelly kolagen itu digimanain konsumsinya apakah dicairin lagi untuk jadi sup kolagen atau bisa olahan lain?

    ReplyDelete
  20. Baru tahu mba ade kandungan kolagen banyak di cakar ayam jadi pengen cobain bikin kaldunya nih biar lebih glowing kulitnya hihi

    ReplyDelete
  21. Saya tak menyangka kalau bawang putih banyak mengandung kolagen. Selama ini asal pakai saja. Pokoknya asal ada bawang putih. Kalau tahu manfaat bawang putih juga bisa nambah kolagen dalam tubuh, besok-besok kalau masak banyakin ah :)

    ReplyDelete
  22. ceker ayammm favoritku banget ini. ga pernah bosen bikin masakan dari bahan ceker ayam. seringnya disop, dibikin ceker setan, atau buat campuran seblak n mie ayam :D

    ReplyDelete
  23. Wah aku baru tau nih cara membuat kolagen alami itu bisa dengan memakai ceker ayam. Aku biasanya rebus ceker ayam untuk bikin sup ayam atau bikin Tim ayam, diambil kaldunya.
    Nah waktu kecil dulu, aku inget, orang2 tua, ngasih ceker ke anak, biar kakinya kuat, biar cepat jalan katanya (utk anak usia 1 th an)

    ReplyDelete
  24. Kemarin kebetulan baru ngubek2 beberapa web luar ttg kolagen ini. Krn kan marak banget minuman kolagen yg diklaim untuk awet muda. Haha. Ceker ini dulu kesukaan ibuku. Slalu buat kaldu ceker buat dapat kolagen. Tapi aku sendiri emang gak pernah bisa mam ceker. Hihihi

    ReplyDelete
  25. Biar nggak di strap .. hahaha ... ngakak di bagian ini. Istilahnya sudah gak ada ya sekarang wkwkwk.

    BTW, nyari ceker bisa beli sendiri ya di penjual ayam. Boleh juga nih resepnya. Makasih Maak.

    ReplyDelete
  26. Dulu waktu anak-anak masih dikasih MPASI saya juga selalu menggunakan ceker ayam untuk kaldu bubur bayinya. Belum tau kalau ceker ayam itu mengandung kolagen, hanya saya pikir kaldu ceker ayam bisa membuat tulang jadi sehat.

    ReplyDelete
  27. Mba Ade, itu kolagennya buat apa jadinya? Beneran bisa digunakan untuk perawatan wajah kita? Penasaran loh jadinya

    ReplyDelete
  28. Hoooo ternyata gitu ya? Gampang euy bikinnya. Aku suka deh makan ceker, apalagi yang direbus lama sampai empuk gitu

    ReplyDelete
  29. Yup, saya juga waktu kecil suka dikasih ceker, sekarang dipraktikin juga ke anak-anak...

    ReplyDelete
  30. wah waH WAH, aku baru tahu kalau kolagen itu bisa dibuat sendiri di rumah dan bahannya hanya ceker ayaaam. makasih banyak untuk sharingnya mbak ade. pingin bikin juga di rumah

    ReplyDelete
  31. Wkwk papanya kayak bapakku. Nyuruh anak makan bagian ayam jadipake filosofi, makan ceker biar pinter cari duit, jangan kanan brutu ntar gak dianggep wkwkwk dll. Btw aku suka bikin sup ceker dari kolagen ceker, biasa sih mpasi atau saat anak kecil. Tapi bagus ya ini manfaatnya sampai buat orangtua, cuma memang butuh sabar sama stock gas wkwk. Aku gada slowcooker nih hiks

    ReplyDelete
  32. Wah nambah ilmu lagi, kolagen alami ada di makanan kesukaanku, ceker. Semoga sehat dan terjaga kolagennya ya mb. (Manda)

    ReplyDelete
  33. ooo ini kolagen toh
    aku sering kalau kaldu ceker secara lebih murah dan gampang xixixi

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^