Cara Memasak Tahu Telur (Resep)

Bosen dengan tumisan tahu tauge yang begitu saja? kali ini saya kreasikan bahan yang sama dengan olahan yang sedikit berbeda, yaitu memasak tahu telur. Nah, catat yaa resepnya!

memasak tahu telur cover


Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum w.w.

Di rumah saya tuh ada cheff yang masakannya bisa diacuing 4 jempol deh. Beliau memang sudah pintar masak, dan bekerja sama almarhumah mama yang punya usaha catering, makin jadi deh keahlian masaknya. Siapa lagi kalau bukan Mama Ayu. Buat yang sering baca blog saya pastinya nama Mama Ayu sudah tidak asing lagi. Yes, beliau adalah ART setia kami dari jaman saya masih gadis dan masih ada Mama. Berhubung Mama sudah harus pergi duluan sebelum saya bisa memasak, jadi beliau lah yang menurunkan ilmu masaknya ke saya. Kali ini saya mau memasak tahu telur.

Memasak tahu telur resep dari Mama Ayu, Mi? Bukan. Loh jadi apa hubungannya Mama Ayu dengan memasak tahu telur? Hmm.. jadi begini ceritanya (ala-ala presenter ftv misteri). Mama Ayu ini kan biasanya kerja seminggu full di rumah kami sejak dulu, tapi beliau ART yang pulang hari. Berhubung usia beliau makin tua (usia Mama Ayu beda 8 tahun sama saya), kami (saya dan Pak Suami) tidak tega kalau beliau harus kerja full 7 hari. Jadi kami kasih beliau libur di hari Sabrtu atau Minggu. Tergantung beliau maunya hari apa.

Nah, semenjak masa karantina ini, saya minta Mama Ayu belanja bahan makanannya untuk 2 hari. Saya membebaskan beliau untuk membeli bahan makanan apa saja. Nanti biar hari Minggu, disaat beliau libur, saya yang mengolahnya. Kadang beliau sudah menyiapkannya all in, sehingga saya tinggal masak saja. Tapi kadang ya bahan saja yang disiapkan. Saya yang berkreasi mengolah maunya masa kapa.

Nah, kemarin tuh saya melihat di kulkas, hanya ada tahu, tauge, timun, dan cabe merah kriting. Saya tau nih, Mama Ayu pasti food preparationnya untuk masak tumis tauge. Cuma kalau masak itu, Abang nggak akan makan. Saya ingat Abang tuh suka sama menu Tahu Tek yang ada di restoran Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk. Hmm.. ya sudah saya pun mau masak itu.

Saya mulai searching bumbu kuah Tahu Tek. Daaan.. jengjeng, ternyata harus pakai petis dan kacang tanah. Ok.. setip deh tuh menu.. duuuh setiiip… bahasa jadul banget dah. Hapus maksudnya.. xixixi..

Mulailah keyword searching saya ubah, yang semula resep tahu tek, berubah jadi masakan olahan tahu. Daaan saya ketemu dong video tutorial memasak tahu telur Master Chef Devina Hermawan. Simple bangeet.

memasak tahu telur
Chef Devina Hermawan sedang memasak tahu telur buatannya (photo by youtube)

Resep Memasak Tahu Telur ala Ade UFi

Loh kok judulnya bukan ala Devina Hermawan? Iya, saya memang berubah beberapa bahan yang digunakan oleh Chef Devina. Sebab ada beberapa bahan memasak tahu telur yang Chef Devina gunakan tidak ada di rumah. Jadi yaaa… ala Ade UFi lah tahu telornya.

Bahan-bahan memasak tahu telur


  • Tahu putih besar 1 potong
  • Telur 3 butir
  • Tauge 250 gram (optional)
  • Cabe merah 3 buah (optional)
  • Cabe rawit orange 3 buah (optional)
  • Bawang putih 3 siung besar
  • Kecap 3 sdm
  • Minyak wijen 2 sdm
  • Minyak goreng 1 cangkir kopi
  • Gula, Garam, Lada secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya (optional)

bahan-bahan memasak tahu telur
bahan-bahan memasak tahu telur

Persiapan memasak tahu telur


  • Potong-potong tahu putih sebesar dadu
  • Kocok lepas telur dengan diberi garam, lada dan kadlu bubuk secukupnya.
  • Iris miring cabe merah dan cabe rawit
  • Uleg halus bawang putih


Cara memasak tahu telur


  • Panaskan minyak goreng dengan api besar, lalu masukkan tahu putih. Aduk hingga setengah matang (agak sedikit kecoklatan)
  • Masukkan kocokan telur kedalam gorengan tahu. Aduk-aduk hingga telur agak kecoklatan.
  • Masukkan tauge dan semua cabe kedalam tumis tahu dan telur. Aduk-aduk hingga rata.
  • Masukkan bawang putih uleg, aduk hingga harum bawang tercium.
  • Masukkan kecap manis, lalu aduk hingga tumisan rata kecoklatan.
  • Masukkan minyak wijen dan aduk hingga rata dan harum
  • Masukkan gula dan garam, aduk hingga rata.
  • Matikan kompor dan koreksi rasa, jika masih ada yang kurang tambahkan. Jika cukup, maka lauk Tahu Telur siap disajikan. Biasanya diakhir masakan saya memasukkan Chia Seed yang saya beli di Sesa Indonesia.
  • Tahu Telur ini enaknya disanding dengan nasi putih hangat. Hmmm...

memasak tahu telur dengan tambahan chia seed
Memasak tahu telur dengan tambahan chia seed

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memasak Tahu Telur

Disaat kita memasak tahu telur ada tips dan trik yang harus kita perhatikan agar hasilnya sempurna, Berikut hal-hal tersebut :

  • Saat memasukkan tahu putih jangan langsung diaduk, diamkan dulu beberapa detik. Kira-kira ada sedikit warna coklat diujung potongan tahunya, baru kita aduk. Aduk-aduknya pun jangan seperti mengaduk nasi goreng ya, perlahan saja. Sebab, jika tahu putih belum terlalu matang/berubah sedikit warnanya, maka akan mudah hancur. Nanti bentuknya tidak kotak dadu lagi, melainkan seperti bubur. Jadi ketika memasukkan telurnya, tahu juga tidak mudah hancur.
  • Ketika memasukkan kecap, jangan ditengah-tengah wajan yaa, melainkan dipinggir wajan. Fungsinya agar kecap agak sedikit matang sebelum masuk kedalam masakan. Ini saya tahu caranya dari Chef Rudi Khoirudin looh (kemana itu chef yaa? Nggak pernah lihat lagi di tv). Tapi jangan kelamaan, begitu masuk wajan langsung diaduk.
  • Misal dirumah tidak ada tahu putih, teman-teman bisa ganti dengan tahu kuning. Tapi jangan tahu sutra yaa, atau tofu jepang. Sebab tahu sutra mudah sekali hancur.
  • Kalau nggak punya minyak wijen teman-teman bisa menggantinya dengan kecap asin. Tapi jika menggunakan kecap asin, garamnya tidak perlu dimasukkan lagi. Karena masakan akan jadi asin.
  • Kalau nggak punya kecap asin juga, yaaa nggak apa-apan tidak menggunakan kedua bahan tersebut (kecap asin atau minyak wijen), tapi yang jelas sih mempengaruhi rasa ya. Itu selera masing-masing saja.


Nah, selesai deh. Teman-teman bisa langsung mengeksekusi resep tahu telur ala Ade UFi. Kan sudah tau cara memasak tahu telur yang benar. Selamat mencoba! ^_^

Wassalam










28 comments

  1. Diriku biasanya klo tahu digoreng dulu. Itu dia, malas lihat tahu hancur 😀 enak kayaknya nih Ummi. Masak simple dg bahan murah pula.

    ReplyDelete
  2. Jiyaah, jadi lapeeer ini lihat Tahu Telornyaaa. Iya aku pun suka masak resep ala2 ini, cuma ga pake wijen, anak kurang suka. Segala olahan tahu anak suka, tapi kalo tahu kotak di goreng ga suka hihiii.

    Malah rencana ntar buka puasa mo bikin Tahu Tek nih, yummy.

    ReplyDelete
  3. Nyaaamm, aku juga syukaaaa makanan ini, Mak.
    APalagi kalo tahunya pakai tahu susu dari Jombang, endolitaa bgt\
    beda ama tahu biasa

    ReplyDelete
  4. Ini enak banget. Tapi aku belum pernah pake wijen. Ntar cobain, ah.

    ReplyDelete
  5. Lha ini kesukaan keluarga kami,cuma biasanya aku masak dalam dua versi, pedas dan tidak. Kemudian daun seledri ini yang beneran wajib gak boleh gak ada karena mempengaruhi aromanya. Nah, yang baru nih, ada chia seed-nya. Belum pernah masak pakai chia seed. Palingan kubuat puding atau taburin smoothie aja. Coba ah.

    ReplyDelete
  6. kalo dipraktekin buat bocils saya, harus diilangin tauge dan wijennya nih hahaha

    ReplyDelete
  7. Jadi bumbu-bumbunya malah masuknya belakangan ya mba? Hehehe baru tau nih, biasanya kan pasti bumbu dulu ya yang digongsreng. Siap, boleh juga nih dicontek karena simple banget bahan dan cara-caranya. Terima kasih mba Ade.

    ReplyDelete
  8. Lucuuu tahu telurnya pake chia seed. Oh jadi gitu ya caranya masukin kecap waktu masak.. Kok aku baru tau sih hahaha

    ReplyDelete
  9. Mbak Ade kayaknya memang selalu sedia minyak wijen ya? SAya belum pernah masak pake minyak wijen. Di resep ini sepertinya bikin makin enak ya. Kalo dengan nasi goreng juga mungkin ya bisa makin enak?

    ReplyDelete
  10. Wah aku suka makan tahu tek juga, nanti dicoba ah resepnya, keliatan simpel soalnya. Makasih sharenya ya

    ReplyDelete
  11. Mbak Ade aku jadi kangen sama ibuku nih liat resepnya, ibuku jg sering masak masakan ini. Simple aja tapi kalau banyak kecap dan dipedesin kami sekeluarga suka banget hehe :D

    ReplyDelete
  12. Mbak, maaf ini nanti telurnya diaduk-aduk kayak orak-arik gitu ya? Terus pas bumbu uleknya dimaasukkan, itu langsung dicampur dengan tahu dan telur tadi? Maaf banyak tanya, pengen nyoba. Soalnya kelihatannya gampang..

    ReplyDelete
  13. Aku pernah pesan tahu telur di resto makanan Indonesia. Bahan-bahannya sederhana dan bisa sebenernya ya bikin sendiri di rumah. Mumpung WFH ada waktu nih buat ngulik resepnya mbak. Thanks ya.

    ReplyDelete
  14. Wah, boleh nih dicoba.
    Paling suka dengan resep yang simpel dan praktis.
    Cuma makanan seperti ini bisa mendatangkan mara bahaya kalau di rumah.
    Haaa, apa?
    Iya, jadi bikin nambah lagi, lagi dan lagi.
    Hihihi.

    ReplyDelete
  15. Asyiiik dapat lagi resep masakan tumustumis nih, wajib dicoba lah pokoknya

    ReplyDelete
  16. Waahhh diksih cia seed ya, aku belum pernah makai untuk masakan.
    Aku kira tadi mau bikin tahu tek, udah seneng dong karena pengen masak juga

    ReplyDelete
  17. Aku sering ini mba. Gampang cepet dan kenyang apalagi nasi anget-anget

    Mba ada lagi coba telor tahu dibejek ama daging trus pakai mie samping-samping. Jadi tahu telor rambutan wkwkw

    ReplyDelete
  18. ehhh aku kok salfok sama tabauran chia seednya. bisa yaa diprulukan ke masakan asin? selama ini aku pakein buat campuran infused water atau adonan pancake. sekilas jadi kayak lada hitam ya :D

    ReplyDelete
  19. Tahu...
    Bahan makanan yang selalu ada di kulkas, tapi dimasaknya lagi-lagi dogoreng gitu aja.
    Dimasak kaya kak Ade gini, pasti makin manambah selera sahur dan berbuka niih...

    ReplyDelete
  20. Salah satu. menu favorit aku dan kekuarga nih... bahannya gampang.. bikinnya juga simpel.. anak2 juga suka banget...

    ReplyDelete
  21. wuaaaaaah enaknyaaaaaa.. gampang pula bahannya. nnti mau coba buat untuk bukaan aaaaah. makasi sharing resepnya ya maaaaak

    ReplyDelete
  22. dua bahan ini, tahu dan telur wajib ada di rumah saya Mb, karena semua pada suka item ini. masaknya juga , kapan waktu bolehlah dicobain resepnya Mba Ade nih

    ReplyDelete
  23. Aq jg suka nonton chef devina.. resepnya simple.. tapi ttp enak..

    Resepnya aku coba ya teh..

    ReplyDelete
  24. Oh kalau ibuku suka membuat tahu telur itu seperti tahu didadar dengan telur trus disiram saus kacang. Ya Allah ... enak banget itu. Simple tapi bikin lahap makan.

    ReplyDelete
  25. ini seperti tumis tauge tahu ya, tapi bedanya ditambahin telur. Keliatannya enak tapi kalo di rumahku mah cuma aku yang makan nih. Anak-anakku masih susah makan tahu dan tauge.

    ReplyDelete
  26. Sudah sore gini nemu resep beginian, cus! Langsung bongkar kulkas! Pingin juga bikin tahu telurnya. Enak dan simpel. Buat makan malam, ah.

    ReplyDelete
  27. Akupun suka tahu Tek, tp Krn pake petis, jd makannya nunggu Abang yg jual lewat dulu :p.

    Isssh, resepnya bisa diapke utk bikin sahur HR ini mba :D. Gampang, kebetulan ada semua bahannya.. kayaknya kalo tahu g bakal bosen sih diaapin aja . Di goreng trus cocol ke sambel kecap aja aku doyan banget :D. Tp aku ga suka tahu kuning. Rasa bumbu nya itu bikin rasa tahu jd berubah :p.

    ReplyDelete
  28. Wah, ada cara baru masak tahu, telur dan tauge nih 😍 Aku seringnya ya ditumis aja tahu putih atau kuning sengan si tauge. Kapan2 cobain ah. Kayaknya aku ga punya minyak wijen. Ganti pake kecap biasa aja hihihi 🤩

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^