Cara Membuat Dalgona Coffeee (Efek dari Corona)

Kopi item (black coffee) atau kopi susu (coffee milk) itu sudah biasa. Tapi kalau Dalgona Coffee, menjadi hal baru buat saya. Kali ini saya mau berbagi resep cara membuat Dalgona Coffee yang sedang booming itu. So, cekidot !


dalgona coffee


Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Corona oh corona.. Kali ini kita sedang dihadapi wabah penyakit yang penularannya cepat sekali. Sehingga pemerintah memutuskan agar kita #dirumahaja. karena dengan berdiam diri di rumah selama 14 hari, maka virus itu akan perlahan hilang. Idealnya sih begitu yaaa.. tapi kebanyakan rakyat Indonesia masih meremehkan penyakit ini. Banyak yang masih santai keluar rumah dan membuat kerumunan. Masih banyak juga pemimpin-pemimpin perusahaan yang belum meliburkan karyawannya. Efeknya karantina di rumah yang harusnya 14 hari, jadi selalu diundur per minggu menunggu situasi diluar kondusif dari wabah ini.

Dan otomatis kegiatan kita selama di rumah pastinya macam-macam. Kita lebih bayak berinteraksi lewat sosial media. Baik itu IG, whatsaap, facebook dan sosial media lainnya. Nah, akhir-akhir ini social media viral banget soal Dalgona coffee.

Seketika sosmed dibanjiri foto kopi susu yang disajikan dengan 2 layers. Dimana kopinya berbentuk foam atau busa.

Awal saya tau Dalgona Coffee itu dari kiriman video Om Iyan (adekku) di grup keluarga. Pas lihat kiriman itu sih biasa aja. Tapi nggak lama kemudian, social media saya dibanjiri postingan buat Dalgona Coffee. Duuh, kan jadi kepo.. apaan sih ini kok sampai rame begini?

Asal Mula Dalgona Coffee

Akhirnya mulai lah browsing cari-cari infonya di Om Google. Rupanya Dalgona itu adalah cemilan manis tradisional dari Korea yang dijual di pinggir-pinggir jalan a.k.a jajanan kaki lima a.k.a street food. Manis adalah makna dari kata Dalgona itu sendiri.

Cara buatnya dengan memasak gula dan minyak yang diaduk terus, lalu ditambah baking soda hingga mengembang dan berbentuk sponge (busa). Trus dimakannya seperti makan lolipop.

Dalgona ini sudah ada sejak tahun 1960an. Namun permen manis ini di Korea dikenal juga dengan namanya Ppopgi. Ini saya dapat infonya dari blog Mba Tanti

Dalgona Coffee, Si Jajanan Tempo Doeloe yang Naik Daoen.

Di blog Mba Tanti juga dijelaskan apa itu Ppopgi. Jadi tahu semua deh yaa.. ^_^

permen dalgona coffee
Dalgona (Ppopgi), permen manis yang menjadi cikal Dalgona Coffee (foto by tribun news)

Bagaimana bisa menjadi Dalgona Coffee?

Sebenarnya Dalgona Coffee ini justru asalnya dari India. Namun beberapa negara, seperti Pakistan dan Macau, juga menjadikannya minuman tradisional negara mereka. Mereka menamakannya Capucino India atau Kopi Pethi Hui dan dalam Bahasa Inggris disebut Beaten Coffee atau Whipped Coffee. Nah menjadi Dalgona Coffee, karena aktor Korsel Jung Il Woo yang mempopulerkannya.

Saat Jung Il Woo berlibur ke Macau, ia mampir kesebuah rumah makan. Pemeran Song Yi Soo di drama Korea 49 Day ini memang sedang dalam syuting acara Fun-staurant. Reality show dari stasiun TV KBS saat itu. Ia memesan Iced Coffee tradisional Macau. Nah, yang membuat Jung Il Woo tertarik karena pembuatan kopinya diaduk seperti Dalgona. Maka mulai saat itulah Dalgona Coffee populer. Apalagi Jung Il Woo ikut membuat sendiri Dalgona Coffee yang akhirnya viral ke semua sosmed dan dijadikan challange.

Cara Membuat Dalgona Coffee

Nah, dalam kondisi gabut di rumah saja, saya pun coba ikut tantangan itu. Saya coba cari tahu resepnya. Ternyata mudah banget. Hanya sedia susu, kopi, batu es, gula dan air panas. That's it.

Percobaan Pertama Membuat Dalgona Coffee

Melihat bahan-bahannya yang mudah dan semua ada di rumah, maka saya coba membuatnya. Saat itu, di rumah saya punya 2 jenis kopi hitam. Maka saya memilih kopi lombok, karena saya suka kopinya. Mulailah bereksperimen. Berhubung saya nggak punya whisk (pengocok telur), maka saya langsung menggunakan mixer. Beeeeerrrr...

Jadi?

Jadi siiih, tapi warnanya tetap hitam dan saat saya masukkan ke susunya tidak ngambang. Langsung tenggelam. Bingung.. Kenapa ya?

Akhirnya saya langsung bertanya ke teman kuliah saya, yang memamerkan keberhasilannya membuat Dalgona Coffee. Yenny, teman kuliah saya, bertanya, "emang kopi yang dipakai apa?"
Dan saya menjawab apa adanya. Ternyata menurut beliau, kopinya jangan yang pakai ampas. Cari kopi instan tanpa ampas. Seperti Nescafe, Indocafe atau Excleso.

Hmm.. baiklah.. saya langsung berniat membelinya ke mini market dekat rumah. Cuma berhubung lagi kondisi darurat corona, saya nggak boleh kemana-mana. Hmm..

Percobaan Kedua Membuat Dalgona Coffee

Berhubung nggak jadi buat, karena nggak bisa kemana-mana. Saya pun menulis ke-bete-an saya itu di status FB. Dan ternyata dapat sambutan dari Mba Dydie, beliau berkomentar kalau Dalgona Coffee bisa dibuat dengan kopi instan apapun, malah bisa pakai Milo. Wah, seneng dooong membaca komentarnya Mba Dydie. Soalnya dirumah ada Milo 3in1, sisa buat Puding Oreo Blebeg-Blebeg.

Keesokan harinya saya mulai eksekusi. Takarannya sama dengan takaran percobaan membuat Dalgona Coffee yang pertama. Beeeeeerrrr....

Jadi?

Hmm... berubah sih warnanya jadi coklat muda begitu, tapi cair dan tidak mengembang. Saking penasaran nggak mengembang, saya tambahkan putih telur. Kali ngembang, soalnya kalau bolu kan dikasih putih telur ngembang. Dan ternyata itu pemikiran bodoh yang pernah saya lakukan dalam dunia masak memasak... hahahaha..  Adonannya makin cair sodara-sodara.. hahahaha.. makin ancuuur. Akhirnya saya buang. Lah? siapa yang mau makan kalau dicampur putih telur?

Saking penasaran saya pun browsing ke youtube. Tutorial di youtube menjelaskan, kalau mau pakai Milo tambahkan whipe cream atau tbm dengan perbandingan sama. Berhubung saat itu nggak punya whiped cream atau tbm. Jadinya yaa nggak dieksekusi.

Percobaan Ketiga Membuat Dalgona Coffee

Give up? Tentu tidak. Saya masih penasaran mau mencobanya. Pas banget, Pak Suami menawarkan diri titipan belanjaan, karena beliau mau ke mini market depan rumah. Mata saya langsung berbinar. Saya langsung meminta Pak Suami beli kopi Nescafe Classic, terserah mau varian apa aja. Dan Pak Suami membawa pulang Nescafe Classic Robusta Lampung. Mulailah saya eksekusi resepnya. Beeerrrrr...

Jadi?

Jadi doooooong.. sukses dengan sempurna. Yes yes yes.

Resep Membuat Dalgona Coffee

Nah, karena percobaan ketiga ini berhasil saya beranikan diri menulis resepnya disini. Tapi sebelum mulai sebaiknya baca tips cara membuat Dalgona Coffee dari blognya Nitalanaf.

Sudah dibaca, sekarang catat yaaa!

Bahan-Bahan Dalgona Coffee :

  • Kopi Nescafe Classic  2 sdm
  • Gula Pasir 2 sdm
  • Air panas 2 sdm
  • Susu Full Cream secukupnya
  • Batu es secukupnya

Cara Membuat Dalgona Coffee :


  • Masukkan kopi, gula dan air kedalam wadah, lalu kocok dengan mixer berkecepatan tinggi hingga warna berubah dari hitam menjadi coklat muda.
  • Jika tidak mempunyai mixer, bisa menggunakan whisk (kocokan telur), malah ada yang mencobanya mengocok dengan saringan teh yang stainless steel. Belum pernah dipraktekin sih pakai saringan teh. Tapi kalau yang saya lihat di youtube hanya butuh waktu 3 menit. 

Cara Menyajikan Dalgona Coffee :

  • Masukan batu es kedalam gelas
  • Tuang susu full cream 3/4 gelas
  • Masukkan adonan Dalgona
  • Dalgona Coffee siap disajikan

Nah, simple kaaaan buatnya. Kalau bingung saya punya video tutorialnya dibawah ini langsung dari Jung Il Woo



Nah, buat pencinta kopi, sudah jelas kan tutorial cara membuat Dalgona Coffee? Kini saatnya kalian buat di rumah untuk terima challangenya. Selamat mencoba! ^_^


Wassalam











37 comments

  1. alhamduliilllaaaah bisa mengicip icip kopi kekinian ala cafe yaaa biar pun di rumah saja

    ReplyDelete
  2. Wah..kopi kekinian yg lagi viral ya.. Saya kurang tertarik.karena bukan penikmat kopi.. Kalau pakai bubuk coklat bisa gak ya? Atau sama dg Milo harus ditambah whiped cream?

    ReplyDelete
  3. Barussaan banget aku liat video kocaknya Henry (ex-Suju) bikin Dalgona Coffee.
    Memang kayaknya rata-rata gak sekali bikin langsung jadi yaah...
    Aku jadi seriuuss penasaran pen nyobain jugak...

    Ternyata Jung Il Woo oppaa~ yang mempopulerkan kembali...
    **tapi beda sumber, beda kepercayaan apa yaa...?

    ReplyDelete
  4. Barussaan banget aku liat video kocaknya Henry (ex-Suju) bikin Dalgona Coffee.
    Memang kayaknya rata-rata gak sekali bikin langsung jadi yaah...
    Aku jadi seriuuss penasaran pen nyobain jugak...

    Ternyata Jung Il Woo oppaa~ yang mempopulerkan kembali...
    **tapi beda sumber, beda kepercayaan apa yaa...?

    ReplyDelete
  5. Akutuh terkejut mba, serasa dalam goa ketika tiba-tiba di medos Dalgona Coffee ini viral sekali. Ternyata seperti itu wujud dan cara buatnya haha
    Pengen nyoba juga donk dirumah

    ReplyDelete
  6. Mantapssssss euy mba Ade berhasil membuat minuman yang hit saat sikon tidak kondusif. Enjoy mba. Sehat selalu.

    ReplyDelete
  7. wkwkwkw, aku terlalu pesimis sampai hari ini belum coba, padahal ya penasaran kayak apa gitu. Pesimis karena ngocok kue aja tak jadi hahaha

    ReplyDelete
  8. Belakangan ini aku sering banget liat postingan dalgona coffee.. akhirnya dapat informasi lengkap di sini.

    ReplyDelete
  9. Aku kok nggak tertarik bikin dalgona coffee ya, mungkin karena bukan penyuka coffee. Tapi ikut berbahagia lihat yg pada sukses

    ReplyDelete
  10. Ya ampun aku dri kmren sliweran ini cari tau apa sih dalogna 😂🤣 trnyata ini tohhh ..

    ReplyDelete
  11. widiii udah jadi aja blogpostnya. keren euy!
    aku ga bikin lagi. abisnya cedih, capek2 ngaduk yg doyan cuman aku doang :P

    ReplyDelete
  12. Saking gabutnya di rumah aja, daku juga bikin DALGONA ini Mbaaa
    Tapi to be honest, aku ga terlalu suka, soale ngga nge-blend ama susunya.
    Jadi kayak layer gituuu

    ReplyDelete
  13. Aku tertarik coba permen manisnyaaaa
    tapi blum nemu nih, kayaknya blum ada yg jual di surabaya

    ReplyDelete
  14. Ealah, Jung Il Woo yang populerin ternyata. Aku belum bikin dan gak terlalu penasaran karena memang gak hobi minum kopi. Gak tahu deh nanti kalau tiba-tiba pengen coba

    ReplyDelete
  15. Haha..hits banget ini ya mbak. Tapi aku belum nyobain sih. Lha dibikin kopi susu aja udah glek-glek tandaassss

    ReplyDelete
  16. Dalgona Coffee berseliweran di IG dan saya dong gak tahu asal usulnya. Untung deh mampir ke sini jadi tahu moyangnya minuman ini. Jadi awalnya dari permen di Korea ya. Terus di negara lain juga ada walau namanya beda

    ReplyDelete
  17. ini minuman hits yang menghibur saat wabah covid. tapi aku blom bikin. ntar kapan2 deh soalnya penasaran sm kopi ini

    ReplyDelete
  18. Wadaww sampe berkali-kali ya, Ummi percobaannya dan akhirnya berhasil, yeayyy... Asyik lah untuk mengisi waktu senggang di rumah ya :D

    ReplyDelete
  19. Anakku dari kemarin merengek aja pengen nyobain, nggak punya mixer di rumah. Jadi bisa pakai pengocok telur ya, besok deh saya cariin bahannya, biar dia bereksperimen, daripada gabut dirumah aja

    ReplyDelete
  20. Bhuahaha..Dalgona addict nih,
    Tiap siang2 ngantuk pas kerja ku minta bikinin Dalgona sama anakku, udah berbagai metode dicoba. Nah baru siang tadi ngocoknya pake saringan stainless teh dan berhasil sodara cukup 3 menit udah jadi foam, tsalallaaa..eksperimen berhasil..

    Besok2 mo bikin yang avocado dalgona.

    ReplyDelete
  21. Meski belum pernah bikin dalgona coffee yang lagi viral ini, tapi kalo dilihat dari caranya cukup mudah asal takarannya tepat & pakai mixer

    ReplyDelete
  22. Sampai disini, saya mendapatkan pencerahan ttg cara membuat dalgona coffee ini. Sudah penasaran lihat tempeln sosmed yang diwarnai dalgona coffee. Beberapa hari lalu, anak mbarep sdh coba bikin, laporanlah ke saya saat pulang kerja kalau habis bikin dalgona tapi gagal total. Ta tanya ngaduknya pakai apa? Karena saya lihat mixer masih utuh dalam kemasannya. Katanya pakai manual saja. Saya bilang kalau ngaduknya ya pakai mixer, tapi anak mbarep keukeuh kalau ngaduknya ya manual saja.

    Perdebatan pun usai tanpa ada titik terang.

    ReplyDelete
  23. Ampun dah si Dalgonces ini heitz banget kayak Corona ya. Dimana2 orang ngomongin ini terus. dan aku belum tertarik untuk bikin, soalnya bikin pegel katanya ya :D
    kecuali dibikinin hahaa...

    ReplyDelete
  24. Iya cikal bakal dalgona kopi ya dari permen itu,, sekarang banyak resep cara bikin si permen itu lalu diremukin buat ditaruh di atas susu,,, berasa milk with brown sugar gitu

    ReplyDelete
  25. minuman ngehits ini, anakku suka bikin di rumah. Stock susu sama nescafe jangan sampe kendor deh pokoknya.

    ReplyDelete
  26. Wiih penasaran banget deh bikin Dalgona ini, banyak teman yang sudah mencoba ya, aku belum nih, masih mabok dengan kerjaan belajar anak-anak.

    ReplyDelete
  27. Berhubung saya bukan pecinta kopi, saya pengen nyoba pakai milo atau serbuk teh hijau saja. Pasti rasanya tidak kalah lezat...

    ReplyDelete
  28. Aku baru tahu awal mula nama kopu ngehits ini, mba. Ternyata awalnya dari aktor Korea yang pesan kopi. Bahkan baru tahu juga kalo Dalgona itu permen, kirain memang dari awal untuk sebutan kopi

    ReplyDelete
  29. Aku udah menikmati kopi dalgona ini tapi yang bikin suamiku wkkwk, aku mah males. Lbh enak lagi kalau dikasi creamer mbak, kerasa lbh gurih gtu. Cobain deh :D

    ReplyDelete
  30. ini lagi heboh bangeet ya di mana - mana yaah ehehhe..aku udah ngga ngopi mba but seru aja liatnya. I might try the milo one ..perhaps, since I need to be careful with my sugar intake indeed

    ReplyDelete
  31. Yeayyy akhirnya berhasil juga ya mba di percobaan ketiga. Aku baru sekali nih nyobain yang pake saringan teh. Masih gagal karena enggak pake Nescafe Classic, pakenya kopi sachet sembarang. Masih penasaran nih mau ngulangin lagi, tapi belum beli kopinya.

    ReplyDelete
  32. wah aku jadi tau sejarah dalgona seru juga neh kalau nyobain bikin dalgona juga

    ReplyDelete
  33. Wuaaa selamat sukses atas pembuatan dalgonanya mba Ade hahaha
    aku belum mencoba sama sekali, udah seliweran di imeline. Rame banget.

    ReplyDelete
  34. Aku penyuka kopi. Tapi belum nyoba yang satu ini. Kapan-kapan mau nyoba bikin,ah. Ngintip resepnya di sini, hihi

    ReplyDelete
  35. Corona oh Corona namanya mirip dengan Dalgona oh Dalgona. Kopi kekinian yg katanya hits. Berawal dr WAG keluarga yg akhirnya ketularan dari medsos trus kepengen bikin ya Ummi wkkw. Korea oh Korea, padahal aslinya cuma makanan pinggir jalan aja ya tapi jadi populer seperti sekarang. Sampai pertanyaan Raisa pun viral di twitter seputar ini. Aku pun penasaran tapi mau nyoba bikin antara iya dan ga wkkwkw kebyang capeknya duluan dan pasti gagal haha

    ReplyDelete
  36. Aku juga nyobain bikin .. alhamdulilah..berhasil..DALGONA MILO..soalnya aku gak suka kopi walau instan..

    Juga banget dari kota hingga desa...ngalahin Corona hits-nya .

    ReplyDelete
  37. Corona bikin kita jari kreatif ya mba, ada hikmah yang bisa selalu kita petik dari setiap musibah. Alhamdulillah ya mba, aku belum bikin dalgona wkkwwk belum tergerak untuk buat

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^