Tips Membuat Pie Susu Teflon Anti Gagal

Kreatifitas buat cemilan selama WFH, makin bertambah. Saya penasaran lagi untuk ikut tantangan buat Pie Susu Teflon yang berseliweran di instagram. Bahannya gampang, buatnya simple ga pakai panggangan, tapi belum tentu bisa matang secara merata. Nah, saya kasih tips membuat Pie Susu Teflon anti gagal dengan matang merata. Cekidot!

Pie Susu Teflon cover


Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Lagi-lagi saya tertantang mengikuti cara membuat Pie Susu Teflon yang berseliweran di instagram. Iyaa.. Pie Susu Teflon. Pie Susu yang buatnya nggak pakai oven. Hanya menggunakan teflon anti lengket yang ada di rumah. Saya yakin teman-teman pasti punya kan teflon anti lengket di rumah?

Sebab sekarang teflon anti lengket sudah menjadi alat masak pada umumnya. Teflonnya yang biasa aja looh, bukan teflon macam Happycall Double Pan. Kalau ada itu lebih bagus lagi. Panasnya rata atas bawah.

Sejarah Pie Susu Teflon

Sebelum saya lanjutkan membuat Pie Susu teflon, kita cari tau dulu yaa sejarahnya makanan ini darimana.

Kalau dari hasil searching sejarah Pie Susu ini banyak ragamnya. Ada yang bilang berasal dari negara-negara Eropa, seperti Inggris, Portugis, Perancis, dll. Tapi ada yang bilang dari Negara Asia, khususnya Asia Timur, seperti Cina, Hongkong, dll

Namun merujuk dari Wikipedia asal mula Pie Susu atau bahasa bule-nya Egg Tart, itu berasal dari Cina, tepatnya di Guangzhao, Ibukota Guangdong. Guangzhao di awal abad ke 20 merupakan satu-satunya Pelabuhan yang dapat diakses oleh pedagang asing.

Disaat ekonomi Guangzhou tumbuh dari perdagangan dan interaksi dengan Inggris, para chef pastry di departemen store ala yang bergaya kebarat-baratan, berlomba membuat kue-kue baru di setiap minggunya. Mereka diminta untuk membuat kue-kue tersebut untuk menarik pelanggan dari luar negara mereka. Mereka memadukan pudding telur kukus makanan tradisional Kanton dengan Custard Tart dari Inggris. Maka terciptalah Egg Tart (Pie Susu).

puding susu kanton asal mula Pie Susu Teflon
puding telur, desert tradisional Kanton asal mula Pie Susu Teflon (photo by cooking with dog)

custard tart england asal mula Pie Susu Teflon
Custard Tart asal mula Pie Susu Teflon (photo by wikipedia)

Di tahun 1940, Pie Susu mulai diperkenalkan ke Hongkong. Namun Pie Susu awalnya hanya bisa ditemui di restoran-restoran bergaya Barat kelas atas. Lalu tahun 1960, Cha Chaan Tengs mulai membuat dan mempopulerkan Pie Susu kepada para pekerja di Hongkong yang dibentuk lebih kecil disbanding dengan Pie Susu dari China. Jangan tanya Cha Chaan Tengs itu siapa ya? Karena di wiki juga ga kasih keterangannya dia siapa. Yangvjelas sih orang China.. xixixi.

Pie Susu Teflon versi macau
Pie Susu versi Macau - asal mula pie susu teflon (photo by wikipedia)

Pie Susu Teflon versi hongkong
Pie Susu versi Hongkong - asal mula pie susu teflon (photo by wikipedia)
Nah, Sebagian hasil searching ada yang bilang kalau Pie Susu ini berasal dari Portugis, karena kuenya mirip dengan kue khas Portugis, yaitu Pastel de Nata. Lagi-lagi dari Wikipedia, Kue Pie Susu di Portugis ini asalnya dari kue puding tradisional Portugis yang diciptakan lebih dari 200 tahun silam oleh seorang suster Katholik di Biara Jeronimos. Dan tahun 1837 mulai dijual di toko kue pertama di luar Biara, Casa Pasteis De Belem.

Pie Susu Teflon versi portugis
Pie Susu dari Portugis - asal mula pie susu teflon (photo by wikipedia)
Yaah kalau ditarik benang merahnya, wajar sajalah negara-negara tersebut mengakui sebagai asal mulanya kue Pie Susu. Sebab mereka masih 1 koloni Hongkong, Portugis, Cina. Apapun cerita asal mulanya Pie Susu, yang terpenting sudah sampai ke Indonesia. Bahkan diakui jadi oleh-oleh khas Bali. ^_^

Resep Pie Susu Teflon

Nah, karena sudah booming dan terkenal banget kalau ke Bali wajib beli Pie Susu, maka banyak orang kreatif untuk membuat sendiri di rumah demi menikmati oleh-oleh khas Bali tersebut. Iyalah yaa.. macam kami yang di Jakarta, alangkah jauhnya kalau mau menikmati Pie Susu saja kudu ke Bali dulu. Apalagi harus ke negara asalnya di Guangzhao atau Portugis.. xixixi… jauuuuuh.

Saking kreatifnya, malah banyak yang membuat Pie Susu hanya dengan menggunakan teflon. Mungkin yang pertama kali nyoba-nyoba buat Pie Susu dengan Teflon, karena nggak punya oven. Males beli oven dulu demi buat Pie Susu, maka dicobalah di Teflon…xixixixi.. mungkin yaaa.. soalnya saya searching yang pertama kali buat pakai teflon, nggak ada.

Nah, saya termasuk yang tertarik melihat tutorial membuat Pie Susu Teflon yang seliweran di Instagram. Maka saya buatlah di rumah. Kini saya berbagi resepnya ya.

Bahan-Bahan Pie Susu Teflon

Bahan Kulit :

  • Tepung Terigu 8 sdm
  • Susu Bubuk putih 1 saset (kurleb 2 sdm)
  • Margarine 5 sdm
  • SKM 2sdm
  • Garam secukupnya


Bahan isi :

  • Susu cair 10sdm (kalau nggak ada susu cair pakai air biasa aja juga nggak apa-apa)
  • Maizena 2 sdm
  • Telor 2 butir
  • SKM 10-20 sdm (tergantung suka manisnya gimana)
Bahan bahan Pie Susu Teflon
Bahan-bahan Pie Susu Teflon


Cara Membuat Pie Susu Teflon


  • Aduk semua bahan kulit sampai menggumpal padat.
  • Cetak di teflon bulat ukuran sedang.
  • Tusuk-tusuk adonan pakai garpu biar ada rongga, sisihkan sementara lalu buat bahan isi
  • Kocok semua bahan isi dengan menggunakan whisk (kocokan telur) garpu hingga berbusa. Berhubung saya nggak punya whisk, maka saya gunakan garpu.
  • Letakkan Teflon isi cetakan pie ke kompor.
  • Nyalakan kompor dengan api kecil.
  • Tuang adonan isi didalam cetakan pie.
  • Tutup Teflon tunggu hingga kulit matang kecoklatan.
  • Pie Susu Teflon siap disajikan.

Bira lengkap ini video tutorialnya :

Tips Pie Susu Teflon Anti Gagal

Kalau dari cara membuatnya, terlihat mudah ya. Tapi walau mudah banyak yang mengeluh gagal, karena pienya gosong. Macam membuat Dalgona Coffee aja deh, gampang buatnya, tapi prakteknya nggak semudah teori. Nah, biar nggak gosong dan bisa rata matangnya, saya punya tipsnya nih. Catet yaa tips membuat Pie Susu Teflon anti gagal!

1. Masak Pie Susu Teflon dengan api kecil

Dicara membuat saat menyalakan Teflon saya menyarankan dengan api kecil, kenapa? Karena adonan pie itu kan menggunakan mentega dan SKM. Nah mentega dan manis dr SKM, kalau terkena api panas cepat sekali membuat adonan gosong, sementara untuk isi pie butuh waktu lama untuk matang. Nah, biar matangnya bareng, api kompornya kecil saja.

2. Gunakan saringan teh saat memasukkan isi Pie Susu Teflon.

Pada adonan isi itu kan ada bahan tepung maizenanya, maka saat mengocok belum tentu bisa kecampur dengan baik sehingga menggumpal. Bahkan terkadang kuning telur pun ada yang masih suka menggumpal. Gumpalan-gumpalan tersebut bisa membuat isi pie susu lama matangnya. Nah, biar hasil maksimal dan juga tampilan isi pie kalau dipotong cantik rata, saat menuangkan adonan isi ke cetakan, gunakan saringan teh, biar gumpalan-gumpalannya tidak ikut masuk.

3. Tutup teflon selama memasak Pie Susu Teflon.

Saat sudah dituang adonan isinya, jangan lupa ditutup ya. Kalau nggak punya Teflon yang nggak ada tutupnya, pinjem dulu deh tutup panci yang ukurannya sama dengan teflonnya. Nggak ada juga, cari apapun buat nutup teflonnya. Fungsinya apa? Fungsinya biar panas di Teflon muter ke adonan. Kalau panasnya muter, maka adonan isi bisa cepat matangnya, berbarengan dengan kulit pienya.

4. Cukup masak hingga kulit Pie Susu Teflon matang.

Kalau sudah ditutup, jangan dibuka-buka yaa.. tunggu saja kurleb 3 menit baru buka. Nah, saat buka perhatikan kulitnya saja. Sudah kecoklatan kah? Kalau sudah kecoklatan, tutup lagi dan matikan kompor. Loh, kalau adonan isinya masih lembek gimana? Jawabannya ada di tips kelima.

5. Diamkan Pie Susu Teflon sampai dingin baru angkat.

Setelah kulit pie matang, diamkan Pie Susu diatas kompor dengan kondisi tetap tertutup, hingga teflonnya adem. Nanti adonan isi akan mengeras sendiri karena dingin. Jika kita patokan matangnya ke adonan isi, maka kulit pie akan gosong. Karena adonan isi nggak akan mengeras, selama masih didalam wadah yang panas. Jadi patokannya tetap di kematangan kulit pie.

Nah, sejarahnya sudah. Cara buatnya sudah, bahkan tips membuat Pie Susu anti gagal juga sudah. Sekarang tinggal eksekusi teman-teman di dapur masing-masing yaa. Selamat Mencoba!



Wassalam











47 comments

  1. Waahh..sangat menginspirasi untuk bikin cemilan di rumah nih. Jadi pengin nyobain, kayaknya simpel ya, tapi setelah dicoba nggak tahu gimana nanti. Doain semoga berhasil ya.. :)

    ReplyDelete
  2. Ah noted deh ... suatu waktu bisa dicobain.
    BTW ternyata jenis pie susu beragam rupa juga ya.

    ReplyDelete
  3. Duluuu pake u yg banyak saking lamanya.
    Aku pernah sukses jg bikin pie susu jg lho mba...
    Sayangnya ga di dokumentasikan di blog.
    Kyknya ku post di IG sih.
    Nah krn aku bikin ya sm nyontek di rese dr hasil googling mau bikin lagi kok lupa blasss
    Wajib buka contekan lg nih

    ReplyDelete
  4. Sebenernya gampang banget yaaaa itu bikinnya. jadi pengen coba. Tapi pas lihat bahan utamanya ada SKM ya, baru tau aku :) pantesan enak yaa hahaa..

    ReplyDelete
  5. Asyik dapat resep baru lagi. Semenjak si corcor menyerang, saya bertahan di rumah dengan mencoba resep macam-macam

    ReplyDelete
  6. Huaaaa bahannya simpel dan murah. Alternatif baru nih biar seisi rumah bisa icip-icip. Pengen bikin juga. Bintangin ah biar gampang kalau mau contek resepnya. Ternyata sejarah si pie susu ini panjang dan seru, ya

    ReplyDelete
  7. Anakku sudah berapa hari pengen coba bikin resep pie susu teflon ini, lumayan gampang ya bahannya, jadi pengen coba bikin juga makasih tipsnya ya mbak Ade..

    ReplyDelete
  8. Widyanti YuliandariApril 14, 2020 at 10:21 PM

    Jadi pengin pai susu. Tapi bebikinan itu bukan aku banget. Wkwkwk. Males enak makannya aja.

    ReplyDelete
  9. Aku bbrapa kali bikin pie susu. Tapi udah lama sih mba nggak buat. Belum pernah pakai teflon. Makasih tipsnya mba

    ReplyDelete
  10. iya tinggal eksekusinya ini. Ntar mau ajak anak gadis buat praktek lah. kemarin dia sudah berhasil bikin dalgona coffe, semoga pie susu teflon ini juga berhasil

    ReplyDelete
  11. Ternyata praktis ya, kirain ribet... Kapan-kapan coba bikin juga ah... Makasih tipsnya ya mak :)

    ReplyDelete
  12. Aku pernah Mbak bikin pie susu teflon. Dan yaaa gosong. Hahaha. Trus belum coba bikin lagi. Mungkin next time bikin ah, dengan memperhatikan tips dari mbak Ade ini.
    Makasih sharingnya ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  13. Uwaaaa.. kebetulan banget nih mbak, aku mau bikin pie susu teflon ini. Saki g gabutnya ga bisa kemana-mana dan anak2 tanya terus soal cemilan.

    ReplyDelete
  14. kemarin aku gemes jd dibuka2. secara 30 menit ga mateng2. karena emang takut gosong di awal, jd aku lambarin sama alumunium foil di panku, biar aman. hehehe..
    alhasil masaknya sejam dengan api super kecil dan pindah 2 kompor 🤣

    untungnya mateng bareng. crust dan isian, jd aman banget kemaren. keberuntungan pemula. hahahaha

    ReplyDelete
  15. Komplit deh tips nya bikin pie susu teflon. Kayaknya gampang ya, semoga aku nggak malas bikinnya, mbak. Hahahaa

    ReplyDelete
  16. Kuuuy juga suka bikin pie susu
    Enak cepaaaaat anak2 suka hahahah
    Cuma emang kudu api kecilllll bangett

    ReplyDelete
  17. Aku belum niat bikin swndiri ummi masih mager banget wkwk cuman pinisirin sih udah lama.bangets tau resep ini tp malas bikinnya

    ReplyDelete
  18. Wah perlu dicoba ini resepnya, cemilan anak-anak perlu banget referensi deh soalnya emaknya pengen nyobain pie susu ini deh bosan pempek terus.

    ReplyDelete
  19. Aku deg-degan masak pie susu.
    Karena selama ini gak pernah pakai teflon. Sama ibuk dulu diajarin pakai oven.
    Tapi rada hoream yaah...hahah...kalo teflon kan simpel.

    ReplyDelete
  20. Kudu beli cetakan pie nya dulu nih mba. Mana ga pernah bebikinan kue pulak hihihi.. Suatu saat kudu nyobain nih resep anti gagalnya. Thanks ya mba.

    ReplyDelete
  21. Sama nih masa wfh jd rajin d dapur tp sy belum pernha nih masak pai susu teplon mau akh nyoba

    ReplyDelete
  22. Praktis ya...jadi pengen nyobain juga. Cocok buat teman minum teh pas hujan-hujan. Lumayan ngirit juga ini. Maklum,lama tinggal di rumah pada hobi ngemil semua..

    ReplyDelete
  23. Bulan lalu dikasih oleh-oleh sama tetangga pie susu Bali. Anak-anak ngabisin ini cuma sekejap aja kak Ade.
    Wah kebetulan kak Ade membagi resep ini. Aku copy trus eksekusi boleh ya kak..

    ReplyDelete
  24. Iya, Mbak Ufi. Beberapa waktu saya lihat banyak berseliweran pie susu pakai telpon. Bahkan ada yang dalamnya pakai kopi hehehe. Jadi pengin coba nih, Mbak. Apalagi sudah ada resepnya di sini. Saya terakhir makan pie susu itu di Bandung yang di Tahu Susu Lembang.

    ReplyDelete
  25. Kayaknya gampang ya buatnya, bahannya juga mudah didapat. Yg plg penting bikinnya gak pake oven. Besok2 aku coba deh mbak. Sekarang masih otw belajar masak masakan, kue2 ntaran aja hahaha *pemalas

    ReplyDelete
  26. saat pertama kali bikin saya belum tahu tips kelima ini mbak, ya beneran kulitnya jadi gosong, hahaha. Duh jadi pengen bikin lagi nih yang enggak gosong

    ReplyDelete
  27. Asiiiiik, bisa dicoba nih buat si keci. Dua bulan lalu pas masih tinggal di Bali kalo mau pie susu tinggal beli murah. Sekarang udah pindah ke Surabaya pie susu kayak jadi jajanan langka. Enaknya bikin sendiri aja.

    ReplyDelete
  28. Saya belum pernah bikin sih mbak, tapi baca langkah-langkahnya mudah sepertinya. Nanti saya coba. Ga ribet pakai oven segala juga hehehe

    ReplyDelete
  29. Kirain, cuma dari Portugis asal muasal Pie Susu ini. Ternyata banyak sumber negara lain yah. Efek dulu pas ke Melaka, ada satu warung Egg Tart Portugese yang terkenal. Nah kalau di Indonesia kan, jadinya pie susu.

    ReplyDelete
  30. langkahnya mudah ya mbak, telur nya bisa diganti bhn apa gitu mba? soalnya ga tahan bau amis telurnya hehe kalau bisa diganti bhn lain enak sptinya

    ReplyDelete
  31. langkahnya mudah ya mbak, telur nya bisa diganti bhn apa gitu mba? soalnya ga tahan bau amis telurnya hehe kalau bisa diganti bhn lain enak sptinya

    ReplyDelete
  32. Belum lama adekku bikin ini dan mupeng abis , ternyata mudah. Insya Allah bikin ah nanti mumpung semua bahannya ada di rumah hehe.

    ReplyDelete
  33. Jadi pie susu ini belum jelas ya mba aslinya dari negara mananya ya. Ternyata bahan bikin pie susu ini gampang ya mba dan mudah banget kita temukan. Hampir Semua bahannya ada di aku. Tinggal beli susu uht nya nih belum ada. Di rumah harus banyak cemilan soalnya. Abis laper mulu ya. Kue pie susu enak nih sebagai cemilan di rumah

    ReplyDelete
  34. Akhirnya ada bahasan ini juga, aku tuh kepengen banget bikin pie susu, tapi takut gagal, setelah baca tips ini jadi pede mau buat.

    ReplyDelete
  35. Aku masih janjiin anakku bikin ini hihhi...Ternyata nemu resep beserta tipsnya yang komplit di sini. Sudah punya amunisi tinggal eksekusi . Thanks Mbak Ade

    ReplyDelete
  36. Aku nih suka pie susu, suka gagal bikinnya wkwkwkw ternyata apinya harus kecil dan diangkatnya setelah dingin ya. Aku selama ini salah berarti. Tapi kalau males, aku ada langganan yg jual pie ini juga hehe

    ReplyDelete
  37. Pernah bikin pie susu coklat. Pertama kali gagal karena bawahnya gosonggg. Karena penasaran jadi buat lagi dan memang harus pake api keciiiiillll banget. Itu pun lumayan coklat banget jadi adonan bawahnya. Kalo rasa memang enak sih.

    ReplyDelete
  38. oooh, cukup kulit pienya berubah warna atau warnanya agak2 emas gitu, udah cukup dibilang matang ya
    wuah boleh dicoba nih tipsnya
    makasih ya kak tipsnya

    ReplyDelete
  39. ternyata bahannya ada semua nih di rumahku, mau bikin jugaak ah besok besook. thankyou mba resepnyaa ;)

    ReplyDelete
  40. Puding telurnya ga nahan banget suka banget aku makanan itu. Kalau pie masih biasanya aja tapi tetep suka, cuma puding telur itu kebayang-bayang pas liat gambarnya k hihi

    ReplyDelete
  41. masyaAllah, jadi pengen nyoba buat sendiri beginian di kosan daripada beli gorengan mulu buat nyamil

    ReplyDelete
  42. Selain dalgona coffee, pie susu jadi resep yang banyak dicari dan dibikin juga ya mbak. Hehehe. Belum pernah nyobain bikin nih, asli suka takut gagal wkwkwkw

    ReplyDelete
  43. Whoaaa lengkap kap kap.
    Ini salah satu menu yang belum kami cobain di masa lockdown
    Rencananya.au di eksekusi pas buat bukaan ramadhan entar bersama anak-anak.
    Thanks for sharing mbaaa

    ReplyDelete
  44. Wah, simple bngt ternyata, oke banget buat dicobain utk cemilan berbuka. Tfs mba

    ReplyDelete
  45. Wah, ternyata ini resepnya seperti ini. Kebetulan pie susu ini favoritnya anakku. Anakku pasti suka deh kalau aku bisa buatnya. Hihi. Mudahan bisa nyobain satu saat.

    ReplyDelete
  46. Ohhh jd shrsnya yg ditunggu Mateng itu kulitnya ya mba. Aku tuh udh lama mau bikin, tp baca temen2 kok bnyk yg gosong, jd mikir hahahaha.mubazir ntr bahannya.. tp sperrinya aku mau beli happy call dulu biar probability suksesnya gede hahahahhaha.

    ReplyDelete
  47. Mesti digaret2 ya adonan kulitnya pas matengin di teflon? Kalau ga, ngaruh atau gimana? AKu mau coba nih biar anak2 berkarya juga ga maen HP mulu kayak mamahnya wkwkwkwkwk :D Kalau lebar teflonnya kayak Happy Call, adonannya dibikin 2x lipat ya? Kayaknya 1 kurang.

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^