Nyobain Mola Mola Jet Spinner, Wahana Baru di Ocean Dream Samudera Ancol

Siapa yang nggak tertarik nyobain wahana permainan baru di Ancol? Pasti mau banget kaan? Kali ini saya mau menulis pengalaman nyobain Mola Mola Jet Spinner, wahana baru di Ocean Dream Samudera Ancol.

Mola mola jet spinner Wahana baru Ocean Dream Samudera Ancol

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu'alaikum w.w.

"Mba, mau ikut nggak acara peluncuran wahana baru di Ocean Dream Samudera Ancol?"

Weleh, dapat tawaran seperti itu siapa yang nolak? Apalagi boleh mengajak 3 orang pendamping. Yeeey..

Mendapat kabar gembira seperti itu, saya langsung menyusun rencana untuk pergi dengan siapa saja. Awalnya mau sekeluarga, kan pas tuh. Sayangnya Abang Fi di pesantren. Dan tentunya nggak boleh bolos, karena sedang UAS juga. Ya, sudah deh.. akhirnya saya ganti dengan mengajak Mama Ayu.

Maka, berangkatlah kami ke Ancol. Yess..

Kami berangkat dengan menggunakan kereta yang turun di stasiun Kampung Bandan. Itu kali pertama saya turun di stasiun Kampung Bandan. Saya pikir dari pintu keluar kereta sudah dekat ke jalan raya, lokasi meeting point dengan taksi online. Ternyata masih jauuuuh, Booo. Untungnya Adek Fi nggak lagi rewel, jadi asyik aja diajak jalan dari stasiun ke jalan raya.

Dari stasiun Kampung Bandan memang sudah dekat dengan Ancol. Dan kami dipesankan oleh panitia untuk naik taksi online Grab.

Baca juga : Cara pesan Grab dengan 2 tujuan.

Ancol memang sudah bekerja sama dengan Grab, jadi tinggal bilang saja Grab, maka mobil dan driver-nya free dari tiket masuk Ancol. Cukup bayar tiket masuk penumpangnya saja, sebesar Rp 25.000/orang.

Selain dengan Grab, masuk Ancol juga bisa menggunakan bus Trans Jakarta, nanti dari halte bus Ancol ada bus wara wiri yang akan mengantar ke Ocean Dream Samudera Ancol. Bus wara wiri free yaaa, tidak bayar.

Secuil Tentang Ocean Dream Samudera Ancol

Ada mungkin 8 tahun saya tidak ke Ocean Dream Samudera. Kalau dulu dipanggilnya Gelanggang Samudera. Terakhir saya kesana sekeluarga plus Mama Ayu juga, tapi Mama Ayu mengajak anaknya. Waktu itu Abang Fi masih berusia 5 tahun. Adek Fi belum ada saat itu.

Pintu masuk Ocean Dream samudera Ancol
Pintu masuk
Ocean Dream Samudera Ancol

Memang Ocean Dream ini taman bermain untuk segala umur, jadi anak-anak usia balita pun bisa bermain disini, bukan cuma orang dewasa. Kalau diibaratkan Dufan mini deh.

Baca juga : Liburan seru ke Dufan

Diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Bpk. Ali Sadikin pada tahun 1974, sebagai perwujudan cita-citanya. Bpk. Ali Sadikin berharap perlunya sarana rekreasi yang mengenalkan kepada masyarakat tentang laut beserta potensinya.

Ocean Dream Samudra merupakan Edutainment Theme Park bernuansa konservasi alam yang memberikan pengalaman untuk mengenal lebih dekat dan menyayangi aneka satwa.

Wahana di Ocean Dream Samudera Ancol

Berhubung Ocean Dream Samudera Ancol ini miniaturnya Dufan, maka ada banyak wahana juga didalamnya. Di Ocean Dream Samudera Ancol ini terbagi 2 jenis wahana, yaitu :

1. Wahana pertunjukkan

Wahana jenis ini menampilkan berbagai pertunjukan yang tak jauh dari hewan yang berkutat di air. Pertunjukan yang ditampilkan adalah :

  • Singa Laut dan sahabatnya : wahana yang menampilkan atraksi singa laut dan berang-berang.
  • Petualangan Lumba-Lumba : wahana yang juga menampilkan atraksi lumba-lumba dan paus putih.
  • Scorpion Pirates : wahana yang menampilkan atraksi water stuntman mengambil tema pertempuran bajak laut.
  • Istana Pinguin : wahana yang menampilkan pertunjukan tornado fish dan pinguin. Disini juga bisa melihat kolam ikan hiu kecil.
  • Sinema 5D : sebuah pertunjukan film 5D tentang hewan yang berdurasi 15 menit.
Jadwal pertunjukan di Ocean Dream Samudera Ancol
Jadwal pertunjukan di Ocean Dream Samudera Ancol

2. Wahana permainan

Pada wahana permainan ada beragam permainan yang bisa dimainkan bersama, seperti :

  • Karausel : permainan komedi putar.
  • Bombom Car : bermain mobil
  • Ubur-ubur : permainan sejenis komedi putar, namun berbentuk balon udara/ubur-ubur yang diputar diatas.
  • Mola Mola Jet Spinner : Nah, mola mola inilah nama wahana baru yang akan saya bahas.


Peluncuran Wahana Baru Mola Mola Jet Spinner

Pada hari Rabu, 4 Desember 2019 kemarin, saya diundang untuk mengikui acara peluncuran wahana baru di Ocean Dream Samudera Ancol. Kami para blogger datang disambut panitia dan diberikan kaos berwarna ungu, sesuai dengan tema warna wahana terbaru tersebut.

Mola Mola Jet Spinner, namanya. Saat itu Pak Rika Sudranto, Vice President Ancol menjelaskan makna dari nama Mola Mola. Beliau mengatakan bahwa Mola Mola diambil dari nama ikan Mola Mola atau lebih dikenal dengan Sun Fish. Ikan Mola Mola adalah jenis ikan laut yang langka dan banyak hidup di laut bagian timur Indonesia.

Pak Rika vice presdir Ancol di Wahana baru di Ocean Dream Samudera
Pak Rika Sudranto
,
Menurut Pak Rika, memberikan nama Mola Mola karena terinspirasi dengan aktifitas ikan tersebut yang disebut-sebut sebagai ikan penjelajah. Gerakannya yang memutar dan muncul sesekali ke permukaan laut, juga menjadi ide desain pembuatan wahana baru ini.

Review Naik Mola Mola Jet Spinner

Selesai wahana Mola Mola resmi dibuka oleh Pak Rika dan Pak Taufan, wahana itu pun boleh langsung digunakan oleh pengunjung Ocean Dream Samudera. Termasuk kami, para blogger, boleh mencobanya. Yeeey..

Mola Mola Jet Spinner ini berupa spinning coaster, seperti layaknya spinning coaster di Dufan. Bedanya disini bukan berupa kereta, tapi terdiri dari 4 bangku. Ketinggian bangkunya maksimal 8,5m. dan bentuk tempat duduknya bukan berupa kereta yang memanjang, melainkan tempat duduk kereta yang berhadapan dan bisa berputar mengikuti arah rel.

Mola Mola Jet Spinner Wahana baru di Ocean Dream Samudera Ancol
Bangku Mola Mola Jet Spinner
Ocean Dream Samudera Ancol

Sekali bermain Mola Mola Jet Spinner diberi kesempatan 2 kali putaran. Kurang lebih 10 menit deh.

Kalau ditanya rasanya bagaimana naik Mola Mola Jet Spinner, jawabnya seru. Tidak menakutkan dan tidak ada rel yang jungkir balik. Jadi pas lah buat spinning coaster versi anak-anak. Cuma memang ada yang mengejutkan saat rel menurun. Berasa mau keluar rel aja itu tempat duduknya.


Syarat dan Kentuan Bermain Mola Mola Jet Spinner

Namanya wahana permainan pasti ada aturan yang wajib dipatuhi. Wahana yang bernuansa ungu ini memiliki syarat bagi yang ingin ikut bermain, yaitu :

Tampak depan mola mola jet spinner Wahana baru di Ocean Dream Samudera Ancol
Tampak Depan Mola Mola Jet Spinner,
Wahana baru di Ocean Dream Samudera Ancol

1. Mempunyai tinggi minimal 95 cm dan maksimal 195.

Jadi yang tingginya lewat atau kurang dari itu tidak bisa ikutan main yaa. Dan yg mempunyai tinggi 95 cm - 120 cm harus didampingi orang dewasa.

2. Tidak sedang hamil.

Iya lah yaa.. nanti kenapa-kenapa sama janinnya kan bahaya. Sebab ada yang mengejutkan disana. Udah gitu, pengaman di perutnya cukup ketat, jadi kalau perutnya buncit lumayan tertekan. Untuk saya sudah turun 11 kg, jadi pas dengan pengaman di perut.

3. Berat badan maksimal 100kg

Wah alhamdulillah, saya dah turun BBnya, jadi aman deh naik wahana itu. Buat yang berat badan lebih dari 100 mending nggak usah ikutan yaa. Sebab bangku per orangnya hanya sanggup menahan beban 100kg.

4. Tidak memiliki sakit epilepsi dan jantung.

Iyes banget untuk ini. Soalnya ada area dimana wahananya berasa jatuh mau kelempar keluar.. xixixi.. bikin kaget banget deh. Jadi yang punya penyakit jantung sebaiknya nggak usah ikut yaa.

5. Tidak menggunakan syal atau aksesoris yang panjang menjuntai dan mudah lepas.

Sebab tempat duduk Mola Mola Jet Spinner itu berputar-putar, jadi khawatir barang-barangnya nyangkut atau jatuh kan bahaya ya.

6. Tidak membawa makanan dan minuman

Iih ini mah nggak usah dibuat aturan juga kayaknya nggak mungkin yaaa main sambil makan. Yang ada bertebaran kemana-mana tuh makanan. Karena laju Mola Mola Jet Spinner sesuai namanya.. Jet Spinner, jadi kecepatannya pun seperti jet.. wuuus..

Jam Operasional Mola Mola Jet Spinner

Berhubung Mola MOla Jet Spinner berada di dalam taman bermain Ocean Dream Samudera Ancol, maka jam operasionalnya pun mengikuti waktu operasional Ocean Dream Samudera Ancol, yaitu 09.00 - 17.00 WIB. Pas dengan jam mobil wara wiri berakhir.

Harga Tiket Masuk Mola Mola Jet Spinner

Buat yang mau naik Mola Mola Jet Spinner, berarti masuk ke Ocean Dream Samudera Ancol yaa. Cukup membayar Rp 90.000 saja untuk weekday dan Rp 105.000 untuk weekend atau hari libur, baik libur sekolah ataupun libur nasional.

Tapi kalau teman-teman mau kesana sering-sering dan nggak kenal hari, lebih baik beli annual pass (dolphin member). Annual Pass (Dolphin Member) ini berlaku selama setahun dan bisa kapan saja kita pakai. Tidak peduli mau liburan atau hari kerja, tinggal masuk saja.

Harga annual pass-nya hanya Rp 195.000. Murah kaaan?

Kita bisa buat annual pass di loket dekat pintu masuk Ocean Dream Samudera Ancol. Cukup ditanya nama dan foto langsung dikantornya, saat itu juga langsung jadi deh. Tapi bayarnya cash yaa!

Nanti saat berkunjung kita juga cukup menunjukkan kartu annual passnya saja. Tapi kartu annual pass tidak bisa dipindahtangan yaa. Karena harus sesuai dengan fotonya nanti. Kecuali kembar kali bisa masuk.. xixixixi..

Tempat Memesan Tiket Ocean Dream Samudera Ancol

Untuk pembelian tiketnya, kita bisa beli langsung di loket Ocean Dream Samudera atau bisa beli secara online di website ancol.com.

Buat yang menggunakan aplikasi travel atau tiket juga bisa kok.

Ocean Dream Samudera Ancol juga memberikan harga paket dengan taman bermain lainnya yang ada di Ancol loh. Jadi kepoin aja webnya ya. Siapa tau selain harga paket ada promo-promo lainnya.

Nah, yuuuuk.. sebentar lagi liburan sekolah dan akhir tahun. Nggak afdol dong kalau belum nyobain Mola Mola Jet Spinner, wahana baru di Ocean Dream Samudera Ancol. Kapan lagi?

Saya aja mau ajak Abang Fi kesana lagi, pas dia pulang liburan nanti. Gantian. Kan kemarin Adeknya, sekarang Abangnya. Yuk, sampai ketemu di Ocean Dream Samudera Ancol. Happy holiday ^_^

Wassalam










No comments

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^