3 Peran Penting Bunda dalam Mendidik Generasi Maju bersama SGM Eksplor

Dalam islam jelas disampaikan bahwa Ibu adalah madrasah pertamanya anak-anak. Dimana karakter dan tumbuh kembang anak terbentuk dan menjadi cikal bakal terbentuknya generasi maju. Nah, kali ini saya coba menuliskan 3 peran penting Bunda dalam mendidik generasi maju bersama SGM Eksplor.

Bunda SGM Eksplor


Bismillahirahmanirrahim
Assalamu'alaikum w.w.

Dear, mama
Mohon maaf belum banyak yang ade lakuin buat mama, tapi mama sudah harus pergi.

Tapi disini ade mau ucapin terima kasih banget sama Mama, karena ternyata mama sudah menanamkan banyak nasehat saat mama masih ada. Seolah Mama tau, Mama tidak akan lama mendampingi Ade.

Semoga mama disana juga bahagia dan Allah berikan pendamping yang menyenangkan.

Love you, Ma

Surat itu saya tulis dengan airmata yang membasahi pipi. Saya memang tak sanggup menahan airmata, jika teringat almarhumah Mama.

Beliau adalah orang yang tegas dan setiap nasehatnya seolah beliau tak punya waktu lama untuk selalu mendampingi saya.

Seperti nasehat beliau saat memilih jodoh. Dari saya SMP beliau sudah bilang ke saya untuk berdoa dalam setiap sholat, meminta kriteria suami yang saya inginkan. Awalnya saya berpikir masih kecil, masih belum kepikiran untuk nikah. Tapi saya tetap melakukan nasehat beliau. Dan alhamdulillah suami yang saya dapat sesuai dengan yang saya mau dan salah satu syaratnya yang orangtua ridha ya.

Sayangnya 6 bulan sebelum saya menikah Allah sudah memanggil Mama. Jadi Mama sama sekali tidak melihat moment bahagia saya. Tuuuuh kaaan rembes lagi dah ini mata. T_T

3 Peran Penting Bunda dalam Mendidik Generasi Maju

Bicara soal pengorbanan seorang Bunda itu memang nggak ada habisnya. Itu sebabnya tanggal 22 Desember diadakan hari Ibu Nasional.

SGM Eksplor pun tak mau ketinggalan. Pada tanggal 20 Desember kemarin, SGM Eksplor membuat acara mom gathering dalam menyambut hari Ibu Nasional. Acara tersebut bertajuk Indonesia Maju Dimulai dari Bunda.

Acara yang disajikan bukan sekedar acara kumpul-kumpul biasa para Bunda, tapi disana ada penyampaian materi bagaimana peran Bunda yang sangat penting bagi kehidupan seorang anak. Hal tersebut dipaparkan oleh ahlinya, yaitu Ibu Firesta Farizal, M.Psi, psikolog anak.

Firesta Farizal SGM Eksplor
Firesta Farizal

Menurut Mba Eta, panggilan akrab Mba Firesta, mengatakan bahwa Bunda sebagai primary caregiver dapat mempengaruhi bagaimana si Kecil dapat belajar untuk mengembangkan hubungan yang sehat dan positif dengan lingkungannya.

Bahkan Mba eta menjabarkan 3 peran penting Bunda dalam mendidik generasi maju, yaitu :

1. Memberikan Nutrisi Terbaik.

Manusia itu bisa tumbuh dan berkembang karena ada asupan makanan dalam tubuhnya. Sehat atau tidaknya seseorang itu salah satu faktornya adalah dari nutrisi yang masuk kedalam tubuh mereka.

Itu sebabnya Bunda sebagai orang pertama yang memberikan asupan makanan kepada kita, mempunyai peranan sangat penting untuk pemberian nutrisi yang baik dari 1000 hari pertama si kecil.

Tentunya 1000 hari pertama dihitung mulai si kecil berada dalam kandungan. Apa yang dimakan oleh Bunda maka itu pula yang masuk kedalam tubuh si kecil.

Begitu lahir pun dalam 6 bulan pertama lahir, untuk nutrisi si kecil maaih bergantung dari Bundanya, yaitu dengan pemberian ASI eksklusif.

Setelah 6 bulan pemberian ASI eksklusif, si kecil juga masih bergantung pada Bundanya dalam pemberian nutrisi yang baik.

Nutrisi yang baik, sesuai program pemerintah adalah pemberian gizi seimbang bagi si keci, yaitu 40% karbohidrat, 30% sayuran, 15% buah-buahan dan 15% lauk pauk berprotein dimana didalamnya terdapat susu.

Baca juga : Menu Piring Gizi Seimbang

Astrid Prasetyo, Marketing Manager SGM Eksplor 1Plus menyatakan bahwa dari generasi ke generasi, SGM Eksplor selama lebih dari 60 tahun telah mendukung pemenuhan nutrisi anak Indonesia untuk menjadi Anak Generasi Maju.

Astrid SGM Eksplor
Ibu Astrid

2. Memberikan Stimulasi

Setelah mendapatkan asupan gizi yang baik bagi si kecil, Bunda juga berperan penting dalam pemberian stimulasi bagi tumbuh kembang kecerdasan otak anak.

Mba Eta mengatakan bahwa kita sebagai anak adalah peniru paling sempurna dari apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Maka karakter seseorang itu tak akan jauh dari karakter orangtuanya.

Itu sebabnya Mba Eta menyarankan agar kita bersikap lebih hati- hati jika berada didekat anak. Pembentukan karakter dan tumbuh kembang kecerdasan si kecil juga berawal dari stimulasi yang diberikan Bunda kepada si kecil.

Apalagi rasa ingin tau seorang anak itu tinggi sekali. Jangan pernah lelah dan pandai memupuk kesabaran dalam melayani rasa ingin tau si kecil.

Mba Eta mengatakan bahwa otak si kecil itu ibarat pintu kereta. Disaat rasa ingin tahunya datang, maka pintu itu terbuka lebar, disitah kesempatan bagi Bunda untuk mengisi sebanyak-banyaknya stimulasi dan nasehat-nasehat baik untuk membentuk karakter dan kecerdasannya.

Disaat pintu itu tertutup, maka stimulasi apapun yang bunda berikan tak akan bisa masuk dan direkam sepanjang hidup si kecil.

3. Mendampingi dan Mengawasi Tumbuh Kembangnya.


Stimulasi yang baik bukan hanya dengan memberikan mainan edukasi yang banyak dan mahal. Stimulasi terbaik adalah dengan mendampingi dan mengawasi tumbuh kembang si kecil.

Puzzle stimulaai dari SGM Eksplor
Contoh permainan stimulasi yang bisa diciptakan dirumah

Dengan pendampingan Bunda disaat si kecil bermain akan menciptakan bounding berkualitas bagi anak. Bonding terbaik adalah dengan sentuhan, seperti memeluk dan memegang. Selain itu mendengarkan disaat si kecil berbicara dengan menatap matanya, bukan sekedar menjawab namun mata dan tangan sibuk mengerjakan yang lain. Nah loo.. siapa yang masih beginii? *ngacung.

Baca juga : Menciptakan bounding dengan memijat bayi.

Pendampingan bunda disini sifatnya abadi a.k.a sepanjang hidup anak. Namun pendampingan disesuaikan dengan usia si kecil.

Kalau menurut syaidina Ali bin Abi Thalib, salah satu khalifah umat muslim, ada 3 tahapan dalam mendamping dan mendidik anak, yaitu :

  • Disaat usia 0-7 tahun : perlakukan si kecil sebagai raja. Apapun kebutuhan si kecil kita layani tentunya dengan penuh kasih sayang.
  • Begitu masuk usia 7 tahun kedua, yaitu usia 8-14 tahun, perlakukan si kecil sebagai tawanan. Tawanan yabg dimaksud disini adalah memberikan ketegasan aturan mana yang boleh dilakukan anak dan yang tidak. Agar kelak anak bisa memilah mana yang baik bagi diri dan lingkungannya, mana yang tidak. Karena di usia tersebut, anak masih belum bisa memilah hal baik dan buruk.
  • Selanjutnya di 7 tahun ketiga, yaitu usia 15-21 tahun, perlakukan anak sebagai sahabat. Diusia ini adalah usia-usia remaja, dimana anak lebih memilih mendengarkan teman daripada orangtuanya. Itu sebabnya perlakukan mereka seperti sahabat. Agar anak tidak mudah terjerumus dalam pergaulan yang salah.

Setelah usia 21 tahun keatas, fungsi kita sebagai penasehat semata bagi mereka. Jika kita sudah membentuknya sejak kecil, maka anak akan selalu mencari orangtuanya, terutama Bunda dalam untuk sebuah nasehat dalam keputusan yang akan diambil oleh anak.

Dalam pendampingan Bunda kepada si kecil juga disiapkan fasilitasnya oleh SGM Eksplore. SGM Eksplor menyipakan konten digital untuk menginspirasi para Bunda dalam mendukung si Kecil mencapai potensi prestasi mereka. Konten digital yang disajikan berisi tips stimulasi praktis dan berbagai kegiatan interaktif yang dapat dilakukan Bunda bersama si Kecil di rumah.

Kejutan Acara Mom Gathering SGM Eksplor.

Dalam acara menyambut Hari Ibu, SGM Eksplor ingin memberikan apresiasi spesial kepada para Bunda karena dukungan mereka dalam membimbing, mendampingi, dan menyediakan nutrisi untuk si Kecil jadi Generasi Maju.

Salah satunya hadir kejutan kecil dari Melly Goeslaw yang mengajak Bunda bernyanyi.

Melly goeslaw SGM Eksplor
Melly Goeslaw 

Kehadiran Teh Melly seolah melepaskan sedikit ketegangan Bunda-Bunda yang ada di acara tersebut. Kita bernyanyi bersama, setelah bersedih ria karena sebelum bernyanyi ada sesi dimana para bunda menulis surat untuk bunda mereka.

Ya itu, surat yang saya tulis adalah surat pembuka ditulisan saya kali ini.

Selesai acara bernyanyi bersama, maka selesai pula acara mom gathering SGM Eksplor hari itu.

Pulang dari sana, saya seolah dibukakan kembali mata batinnya bahwa kesuksesan seseorang memang tak jauh dari peran penting seorang perempuan yang bertitel Bunda.

Peran penting Bunda sangat berpengaruh dalam karakter sebuah negara. Wajar jika SGM Eksplor mengangkat materi tentang peran penting bunda dalam mendidik generasi maju.

Selamat hari Ibu ^_^

Wassalam











37 comments

  1. Acara Gathering kemarin memang berkesan ya Mba, banyak kejutan yang membuat kita terharu sebagai seorang ibu termasuk tips cara mendidik anak menjadi generasi maju

    ReplyDelete
  2. ya Allah saya langsung berkaca-kaca baca suratnya. huhu
    Keren banget SGM yang mau kasih apresiasi kepada bunda-bunda ini, bangga banget deh.

    ReplyDelete
  3. Masya Allah peran bunda memang luar biasa. Sebagai madrasah pertama, dia memastikan anak-anaknya akan tumbuh seperti apa. Semoga kita semua kelak bisa menjadi bunda-bunda hebat yang membanggakan ya Mbak ^^

    ReplyDelete
  4. Anak-anak memang punya rasa ingin tahu yang luar biasa besar. Baru kejadian kemarin, bungsu aku ajak pergi. Sepanjang tempat yang kami kunjungi, dia selalu bertanya, Pegadaian itu apa, gadai itu apa, bank itu apa? Banyak sekali yang dia ingin ketahui. Sebagai ibu, aku selalu berusaha memberikan penjelasan meskipun kadang harus ditunda saat waktunya pas. Gimana dong, lagi rame, berisik, bicara sama petugas, kan nggak nyaman juga untuk menjelaskan.

    Semoga setiap anak dan ibu selalu mempunyai ikatan cinta yang kuat di hati mereka, ya.

    ReplyDelete
  5. Bangor itulah kalau anak jaman sekarang bilang, nasehat orangtua di anggap angin lalu.

    Pendidikan parenting juga di ajarkan dalam agama. Lengkap bisa jadi rolemap

    ReplyDelete
  6. Selamat Hari Ibu juga kak.. bener banget sih.. peran kita sebagai ibu emang luar biasa ya.. dan hasilnya jangka panjang.. Semoga kita selalu diberi kekuatan ya untuk bisa membrikan yang terbaik untuk anak..

    dianesuryaman dot com

    ReplyDelete
  7. Mencetak generasi bangsa tidak hanya melahirkan penerus keturunannya, melainkan, mencetak generasi berkualitas unggul yang nantinya akan mampu mempertahankan nilai-nilai kemanusiannya dan budi pekertinya, sehingga mampu membangun peradaban

    ReplyDelete
  8. kagum banget dengan kedahsyatan peran seorang ibu dalam mempersiapkan calon insan terbaik bangsa.. semoga anak kita menjadi generasi terbaik yg selalu membawa kebaikan.. Aamiin

    ReplyDelete
  9. selamat hari Ibu mba Ade! ibu saya jg udh alharhum belasan tahun lalu...suka sedih jg kalo ingat mendiang....thx utk tulisannya ini

    ReplyDelete
  10. Memang bener dengan main sama anak, bonding anak sama ibu bikin anak tidak terjerumus pergaulan bebas. Sukaa deh sama stik es krim, terus digambar dengan warna warni

    ReplyDelete
  11. Suratnya bikin mellow mbak Ade. Aku setuju dengan mbak Ade, apapun yang kita lakukan, kita belajar dari ibu dan butuh ridha ibu

    ReplyDelete
  12. wow, keren tema yang diangkat SGM Eksplor ini sangat menarik.Peran ibu emang sangat penting dalam mengurus keluarga ya, belum lagi mendidik anak ini butuh ilmu dan komunikasi dengan pasangan.

    ReplyDelete
  13. Kuterharu baca suratnya mbak Ade. Semoga mama nya mbak Ade ditempatkan di tempat terindah milik Allah

    ReplyDelete
  14. Peran ibu memang prinsipil banget ya pada masa 1000 hari pertama ananda.

    Itu diajak nyanyi lagu unda ya sama Melly Gowslaw? Woww ....

    ReplyDelete
  15. Acaranya keren bangeeett, ada teh Melly Goeslaw jugaakk, ini surprise yg HAKIKI banget ya Mak.
    Selamat Hari Ibu untuk kita semuaaa...
    Semoga ALLAH mudahkan dan senantiasa beri petunjuk untuk kita dlm mengarungi parenting life ini

    ReplyDelete
  16. Beruntunglah Ummi ketika punya mama yang mendidik dan mengingatkan banyak hal, plus mendoakan. Karena gak semua anak mendapatkan itu :) Asyik Ummi, di hari ibu, Ummi diajak SGM untuk belajar banyak hal juga dalam mendidik anak :)

    ReplyDelete
  17. Terharu bacanya, acara ini bergizi banget ya Mbak, dapat banyak ilmu, hiburan sekaligus bisa curhat dengan menulis surat..

    ReplyDelete
  18. iya, ibu memang madrasah pertama untuk anak-anak. Sampai-sampai di katakan, kalau baik perempuan maka akan baik pula suatu negara. Betapa peranan kaum ibu sangat besar bagi generasi penerus bangsa ya mbak

    ReplyDelete
  19. Wuoo, acaranya ada Mba Melly... selain nambah ilmu juga menjadi terhibur banget... bonus futu futu tjantik...

    ReplyDelete
  20. Aku masih terus belajar parenting ala islami nih mbak, makasih ya sharingnya sebagai reminder lagi buatku

    ReplyDelete
  21. Aduh kau kemarin pas disuruh nulis untuk kartu ucapan hari ibu, mbrebes mili. Kadang menuliskan kata-kata untuk ibu untuk susah ya, banyakan nangisnya. Alhamdulillah nih aku sudah melakukan 3 hal tersebut untuk mendidik anakku agar jadi anak generasi maju.

    ReplyDelete
  22. Mba Ade, aku ikutan sedih bacanya. Semoga kita bisa menjadi ibu yang dicintai anak kita pula sekalipun kita telah tiada nantinya ya. Amin. Ngomong-ngomong anakku juga susunya SGM juga. Soalnya selain bernutrisi harganya juga lebih ramah dikntong mba dan anakku juga suka. Allhamdulillah

    ReplyDelete
  23. Waaa ada Teh Melly, kalau lihat Teh Melly suka inget lagu Bunda lalu nangis mewek deh pas dengerin nyanyian lagu Bunda.

    ReplyDelete
  24. Nutrisi dan stimulasi harus seiring bersamaan ya pemberiannya sama anak guna mendidik generasi maju.

    ReplyDelete
  25. Ummi aku jadi sedih, iya kalau ingat pesan mendiang ibu itu dan kenangan bersamanya pasti sedih.. al-fatihah untuk mamanya ya ummi

    ReplyDelete
  26. Senangnya mba bisa datang ke acara ini. Sepertinya kalau sering ngadain gini bisa jadi semakin terinformasi ya mba peran bunda mba:)

    ReplyDelete
  27. Jadi keingetan lagi tentang piring gizi ini. Sudah niat mau mempraktekkan eh adaaa aja lupanya.

    ReplyDelete
  28. Asupan gizi, stimulasi, dan mengawasi dan menemani tumbuh kembang anak itu memang penting banget ya. Agar anak tumbuh menjadi anak yang sehat dan pribadi yang baik.

    Acara gatheringnya seru banget. Apalagi ada Teh Melly yang ikut meramaikannya. Seneng banget deh yang pada ikut gathering.

    ReplyDelete
  29. Wah ikutan acara keren dari SGM buat para Bunda niy, sangat inspiratif pasti ya. Ada sharing yang pasti bermanfaat banget untuk mendampingin tumbuh kembang anak-anak

    ReplyDelete
  30. Omo.. Ada melly goeslaw juga ya. .Keren ah acaranya. Memang bener ya.. Selain nutrisi hal yg lebih penting juga bonding ibu dan anak. Apalagi di 1000 hari pertama anak

    ReplyDelete
  31. Iya bner y mba,, nutrisi itu segalanya buat tumbuh kmbang anak terlebih 1000 hph kmudian baunding dng anak2,, seneng nya ktemu teh melly Idola Aku bngt itu

    ReplyDelete
  32. Seru banget mak ketemu melly goeslaw aku ngefans loh
    Ngefans banget malaaaah
    Tapi jadi ibu sesibuk apapun penting ya mak di keluarga

    ReplyDelete
  33. Memberi nutrisi yang baik dan stimulasi anak memang dua hal yang tidak dapat dipisahkan ya Mbak Ade.

    Mama memang selalu bikin kita kangen dan
    rindu ya mbak. Ternyata nasehatnya sama. Saya juga berdoa jodoh yang saya inginkan seperti apa sejak SMP. Meski gak kepikiran sama sekali buat pacaran apalagi nikah saat itu. Dan Allah mengabulkannya 13 tahun kemudian.

    ReplyDelete
  34. Ibu.
    Memanggilnya kembali membuat hati ini rindu.

    Semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan dan melimpahkan kebahagiaan bagi para Bunda dimanapun berada.

    SGM membuat hati para Ibu kembali memerah jambu.

    ReplyDelete
  35. Wah ada Melly Goeslaw yaa.. tapi pasti terharu deh jika dia nyanyi yang lagu tentang Bunda itu.
    Aku ngebayangin misal ikutan event ini dan harus menulis surat untuk ibu, pasti juga bakal berderai-derai air mata. Kasih sayang ibu memang yang paling hebat dalam jiwa kita ya.

    ReplyDelete
  36. ah tahap2 mendidik anak ada sesuai usia ya. jadi sampai usia anak 7 th turuti segala.maunya sebab usia tersebut tak terulang, lg imut2nya dan otaknya berkembang pesat

    ReplyDelete
  37. Acara gatheringnya seru banget ya Mbak. Sarat ilmu yang penting banget buat para Ibu. Tumbuh kembang anak agar lebih maksimal lagi. Demi masa depan yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^