3 Peran Penting Bunda dalam Mendidik Generasi Maju bersama SGM Eksplor

Dalam islam jelas disampaikan bahwa Ibu adalah madrasah pertamanya anak-anak. Dimana karakter dan tumbuh kembang anak terbentuk dan menjadi cikal bakal terbentuknya generasi maju. Nah, kali ini saya coba menuliskan 3 peran penting Bunda dalam mendidik generasi maju bersama SGM Eksplor.

Bunda SGM Eksplor


Bismillahirahmanirrahim
Assalamu'alaikum w.w.

Dear, mama
Mohon maaf belum banyak yang ade lakuin buat mama, tapi mama sudah harus pergi.

Tapi disini ade mau ucapin terima kasih banget sama Mama, karena ternyata mama sudah menanamkan banyak nasehat saat mama masih ada. Seolah Mama tau, Mama tidak akan lama mendampingi Ade.

Semoga mama disana juga bahagia dan Allah berikan pendamping yang menyenangkan.

Love you, Ma

Surat itu saya tulis dengan airmata yang membasahi pipi. Saya memang tak sanggup menahan airmata, jika teringat almarhumah Mama.

Beliau adalah orang yang tegas dan setiap nasehatnya seolah beliau tak punya waktu lama untuk selalu mendampingi saya.

Seperti nasehat beliau saat memilih jodoh. Dari saya SMP beliau sudah bilang ke saya untuk berdoa dalam setiap sholat, meminta kriteria suami yang saya inginkan. Awalnya saya berpikir masih kecil, masih belum kepikiran untuk nikah. Tapi saya tetap melakukan nasehat beliau. Dan alhamdulillah suami yang saya dapat sesuai dengan yang saya mau dan salah satu syaratnya yang orangtua ridha ya.

Sayangnya 6 bulan sebelum saya menikah Allah sudah memanggil Mama. Jadi Mama sama sekali tidak melihat moment bahagia saya. Tuuuuh kaaan rembes lagi dah ini mata. T_T

3 Peran Penting Bunda dalam Mendidik Generasi Maju

Bicara soal pengorbanan seorang Bunda itu memang nggak ada habisnya. Itu sebabnya tanggal 22 Desember diadakan hari Ibu Nasional.

SGM Eksplor pun tak mau ketinggalan. Pada tanggal 20 Desember kemarin, SGM Eksplor membuat acara mom gathering dalam menyambut hari Ibu Nasional. Acara tersebut bertajuk Indonesia Maju Dimulai dari Bunda.

Acara yang disajikan bukan sekedar acara kumpul-kumpul biasa para Bunda, tapi disana ada penyampaian materi bagaimana peran Bunda yang sangat penting bagi kehidupan seorang anak. Hal tersebut dipaparkan oleh ahlinya, yaitu Ibu Firesta Farizal, M.Psi, psikolog anak.

Firesta Farizal SGM Eksplor
Firesta Farizal

Menurut Mba Eta, panggilan akrab Mba Firesta, mengatakan bahwa Bunda sebagai primary caregiver dapat mempengaruhi bagaimana si Kecil dapat belajar untuk mengembangkan hubungan yang sehat dan positif dengan lingkungannya.

Bahkan Mba eta menjabarkan 3 peran penting Bunda dalam mendidik generasi maju, yaitu :

1. Memberikan Nutrisi Terbaik.

Manusia itu bisa tumbuh dan berkembang karena ada asupan makanan dalam tubuhnya. Sehat atau tidaknya seseorang itu salah satu faktornya adalah dari nutrisi yang masuk kedalam tubuh mereka.

Itu sebabnya Bunda sebagai orang pertama yang memberikan asupan makanan kepada kita, mempunyai peranan sangat penting untuk pemberian nutrisi yang baik dari 1000 hari pertama si kecil.

Tentunya 1000 hari pertama dihitung mulai si kecil berada dalam kandungan. Apa yang dimakan oleh Bunda maka itu pula yang masuk kedalam tubuh si kecil.

Begitu lahir pun dalam 6 bulan pertama lahir, untuk nutrisi si kecil maaih bergantung dari Bundanya, yaitu dengan pemberian ASI eksklusif.

Setelah 6 bulan pemberian ASI eksklusif, si kecil juga masih bergantung pada Bundanya dalam pemberian nutrisi yang baik.

Nutrisi yang baik, sesuai program pemerintah adalah pemberian gizi seimbang bagi si keci, yaitu 40% karbohidrat, 30% sayuran, 15% buah-buahan dan 15% lauk pauk berprotein dimana didalamnya terdapat susu.

Baca juga : Menu Piring Gizi Seimbang

Astrid Prasetyo, Marketing Manager SGM Eksplor 1Plus menyatakan bahwa dari generasi ke generasi, SGM Eksplor selama lebih dari 60 tahun telah mendukung pemenuhan nutrisi anak Indonesia untuk menjadi Anak Generasi Maju.

Astrid SGM Eksplor
Ibu Astrid

2. Memberikan Stimulasi

Setelah mendapatkan asupan gizi yang baik bagi si kecil, Bunda juga berperan penting dalam pemberian stimulasi bagi tumbuh kembang kecerdasan otak anak.

Mba Eta mengatakan bahwa kita sebagai anak adalah peniru paling sempurna dari apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Maka karakter seseorang itu tak akan jauh dari karakter orangtuanya.

Itu sebabnya Mba Eta menyarankan agar kita bersikap lebih hati- hati jika berada didekat anak. Pembentukan karakter dan tumbuh kembang kecerdasan si kecil juga berawal dari stimulasi yang diberikan Bunda kepada si kecil.

Apalagi rasa ingin tau seorang anak itu tinggi sekali. Jangan pernah lelah dan pandai memupuk kesabaran dalam melayani rasa ingin tau si kecil.

Mba Eta mengatakan bahwa otak si kecil itu ibarat pintu kereta. Disaat rasa ingin tahunya datang, maka pintu itu terbuka lebar, disitah kesempatan bagi Bunda untuk mengisi sebanyak-banyaknya stimulasi dan nasehat-nasehat baik untuk membentuk karakter dan kecerdasannya.

Disaat pintu itu tertutup, maka stimulasi apapun yang bunda berikan tak akan bisa masuk dan direkam sepanjang hidup si kecil.

3. Mendampingi dan Mengawasi Tumbuh Kembangnya.


Stimulasi yang baik bukan hanya dengan memberikan mainan edukasi yang banyak dan mahal. Stimulasi terbaik adalah dengan mendampingi dan mengawasi tumbuh kembang si kecil.

Puzzle stimulaai dari SGM Eksplor
Contoh permainan stimulasi yang bisa diciptakan dirumah

Dengan pendampingan Bunda disaat si kecil bermain akan menciptakan bounding berkualitas bagi anak. Bonding terbaik adalah dengan sentuhan, seperti memeluk dan memegang. Selain itu mendengarkan disaat si kecil berbicara dengan menatap matanya, bukan sekedar menjawab namun mata dan tangan sibuk mengerjakan yang lain. Nah loo.. siapa yang masih beginii? *ngacung.

Baca juga : Menciptakan bounding dengan memijat bayi.

Pendampingan bunda disini sifatnya abadi a.k.a sepanjang hidup anak. Namun pendampingan disesuaikan dengan usia si kecil.

Kalau menurut syaidina Ali bin Abi Thalib, salah satu khalifah umat muslim, ada 3 tahapan dalam mendamping dan mendidik anak, yaitu :

  • Disaat usia 0-7 tahun : perlakukan si kecil sebagai raja. Apapun kebutuhan si kecil kita layani tentunya dengan penuh kasih sayang.
  • Begitu masuk usia 7 tahun kedua, yaitu usia 8-14 tahun, perlakukan si kecil sebagai tawanan. Tawanan yabg dimaksud disini adalah memberikan ketegasan aturan mana yang boleh dilakukan anak dan yang tidak. Agar kelak anak bisa memilah mana yang baik bagi diri dan lingkungannya, mana yang tidak. Karena di usia tersebut, anak masih belum bisa memilah hal baik dan buruk.
  • Selanjutnya di 7 tahun ketiga, yaitu usia 15-21 tahun, perlakukan anak sebagai sahabat. Diusia ini adalah usia-usia remaja, dimana anak lebih memilih mendengarkan teman daripada orangtuanya. Itu sebabnya perlakukan mereka seperti sahabat. Agar anak tidak mudah terjerumus dalam pergaulan yang salah.

Setelah usia 21 tahun keatas, fungsi kita sebagai penasehat semata bagi mereka. Jika kita sudah membentuknya sejak kecil, maka anak akan selalu mencari orangtuanya, terutama Bunda dalam untuk sebuah nasehat dalam keputusan yang akan diambil oleh anak.

Dalam pendampingan Bunda kepada si kecil juga disiapkan fasilitasnya oleh SGM Eksplore. SGM Eksplor menyipakan konten digital untuk menginspirasi para Bunda dalam mendukung si Kecil mencapai potensi prestasi mereka. Konten digital yang disajikan berisi tips stimulasi praktis dan berbagai kegiatan interaktif yang dapat dilakukan Bunda bersama si Kecil di rumah.

Kejutan Acara Mom Gathering SGM Eksplor.

Dalam acara menyambut Hari Ibu, SGM Eksplor ingin memberikan apresiasi spesial kepada para Bunda karena dukungan mereka dalam membimbing, mendampingi, dan menyediakan nutrisi untuk si Kecil jadi Generasi Maju.

Salah satunya hadir kejutan kecil dari Melly Goeslaw yang mengajak Bunda bernyanyi.

Melly goeslaw SGM Eksplor
Melly Goeslaw 

Kehadiran Teh Melly seolah melepaskan sedikit ketegangan Bunda-Bunda yang ada di acara tersebut. Kita bernyanyi bersama, setelah bersedih ria karena sebelum bernyanyi ada sesi dimana para bunda menulis surat untuk bunda mereka.

Ya itu, surat yang saya tulis adalah surat pembuka ditulisan saya kali ini.

Selesai acara bernyanyi bersama, maka selesai pula acara mom gathering SGM Eksplor hari itu.

Pulang dari sana, saya seolah dibukakan kembali mata batinnya bahwa kesuksesan seseorang memang tak jauh dari peran penting seorang perempuan yang bertitel Bunda.

Peran penting Bunda sangat berpengaruh dalam karakter sebuah negara. Wajar jika SGM Eksplor mengangkat materi tentang peran penting bunda dalam mendidik generasi maju.

Selamat hari Ibu ^_^

Wassalam











5 comments

  1. Memberi nutrisi yang baik dan stimulasi anak memang dua hal yang tidak dapat dipisahkan ya Mbak Ade.

    Mama memang selalu bikin kita kangen dan
    rindu ya mbak. Ternyata nasehatnya sama. Saya juga berdoa jodoh yang saya inginkan seperti apa sejak SMP. Meski gak kepikiran sama sekali buat pacaran apalagi nikah saat itu. Dan Allah mengabulkannya 13 tahun kemudian.

    ReplyDelete
  2. Ibu.
    Memanggilnya kembali membuat hati ini rindu.

    Semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan dan melimpahkan kebahagiaan bagi para Bunda dimanapun berada.

    SGM membuat hati para Ibu kembali memerah jambu.

    ReplyDelete
  3. Wah ada Melly Goeslaw yaa.. tapi pasti terharu deh jika dia nyanyi yang lagu tentang Bunda itu.
    Aku ngebayangin misal ikutan event ini dan harus menulis surat untuk ibu, pasti juga bakal berderai-derai air mata. Kasih sayang ibu memang yang paling hebat dalam jiwa kita ya.

    ReplyDelete
  4. ah tahap2 mendidik anak ada sesuai usia ya. jadi sampai usia anak 7 th turuti segala.maunya sebab usia tersebut tak terulang, lg imut2nya dan otaknya berkembang pesat

    ReplyDelete
  5. Acara gatheringnya seru banget ya Mbak. Sarat ilmu yang penting banget buat para Ibu. Tumbuh kembang anak agar lebih maksimal lagi. Demi masa depan yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^