Nyobain Sosis Baso Yen

Sudah banyak produk olahan yang terjaja di pasaran, namun sedikit yang memproduksi dengan idealisme menjaga kualitas produk. Salah satu produk olahan yang menjaga kualitas produknya adalah Bakso dan Sosis Baso Yen. Tulisan saya kali ini membahas tentang review Sosis Baso Yen.



Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Semenjak Abang Fi masuk pesantren saya sudah jarang sekali nyetok produk olahan di dalam kulkas. Saya prefer masak langsung beli dipasar.

Apalagi sekarang saya dan pak suami tidak bar-bar lagi dalam urusan makan. Makan kami sudah tidak banyak. Dan Adek Fi juga bukan anak yang suka ngemil. Kalaupun ngemil dia lebih suka yang berbau coklat. Kalau daging olahan, nugget, agak kurang suka.

Sehingga saya membeli makanan secukupnya. Saya sudah jarang mengolah makanan olahan. Saya khawatir mubazir, kalau banyak nyetok produk olahan.

Nah, tanggal 14 Desember, kemarin Abang pulang ke rumah dan libur akhir tahun hingga tanggal 29 Desember nanti. Lumayan lama libur Abang, maka saya mulai lah nyetok produk olahan di kulkas. Ada sosis, bakso, nugget, kentang goreng, dll.

Banyak yaa? Iya, Abang tuh hobi banget ngemil. Saya lebih baik masak buat Abang deh daripada harus jajan diluar.

Baca juga :
3 Cemilan kesukaan duo Fi
3 Cemilan khas Betawi

Resep Soto Sosis Baso Yen

Mumpung Abang Fi ada di rumah. Ada yang habisin masakan saya, maka saya mulai deh berkreasi membuat masakan rumah dengan menggunakan produk olahan.

Kali ini saya mau mencoba buat Soto Sosis. Nah, biasanya kan soto itu identik sama ayam, daging dan jeroaan. Kali ini saya mencoba membuat paduan resep tradisional dengan makanan olahan modern.

Sosis yang saya pakai adalah Sosis Baso Yen. Produk olahan dari Baso Yen. Buat yang mau mencoba ini resepnya :


Bumbu kuah soto diuleg :

  • Bawang putih 3 siung
  • Jahe 1 ruas
  • Kemiri 3 butir
  • Lada 1 sdt


Bahan kuah soto diiris :

  • Daun bawang 5 lembar
  • Seledri secukupnya


Bahan kuah soto lainnya :

  • Sereh diiket dan digeprek 2 batang
  • Gula, garam dan kaldu bubuk secukupnya.


Bahan topping soto:

  • Bawang goreng
  • Jeruk limo


Isi soto :

  • Sosis Baso Yen 3 batang
  • Bihun 1 bungkus
  • Tauge 250 gram
  • Kol 1/2 buah


Sambal soto :

  • Cabe merah plus cabe orange sesuai selera diuleg dengan garam.


Cara membuat kuah soto :

  • Rebus bihun hingga matang, sisihkan.
  • Rebus tauge sebentar saja di air mendidih, sisihkan.
  • Iris kol lalu rebus di air mendidih, sisihkan.
  • Potong-potong Sosis Baso Yen sesuai selera, lalu rebus/kukus hingga matang. Sisihkan.
  • Tumis bumbu uleg hingga harum.
  • Rebus air kurang lebih 1 panci sedang. Setelah mendidih, masukkan tumisan bumbu uleg. Aduk-aduk hingga tercampur.
  • Masukkan sereh kedalam air bumbu soto.
  • Masukkan gula garam dan kaldu bubuk. Cicipi hingga mencapai rasa sesuai selera.
  • Masukkan daun bawang. Aduk rata.


Cara penyajian soto :

  • Tata bihun, kol, tauge dansosis kedalam mangkok. Siram dengan kuah soto.
  • Terakhir taburi bawang goreng, seledri dan perasan jeruk limo. Tambah sambal sesuai selera.

Review Sosis Baso Yen

Sosis Baso Yen yang saya gunakan ini jenis sosis bratwurst. Saya menggunakan sosis bratwurst baso yen ini karena bentuknya yang besar. Jadi walau jumlahnya cuma 6 dalam 1 kemasan, bisa buat isi soto lumayan banyak.

Untuk 1 panci sedang saja saya hanya menggunakan 3 sosis saja. Kalau saya gunakan semua, rasa kuah sotonya akan kalah dengan rasa yang dikeluarkan dari daging sosisnya.

Warna sosis bratwurst baso yen coklat krem agak cerah. Berbeda dengan sosis bratwurst produk lain yang terlihat lebih gelap coklatnya, seperti tidak fresh. Enaknya menggunakan sosis bratwurst ini bisa langsung dimasak, tanpa perlu mengupas kulit plastik sosis lagi.

Untuk rasanya sosis bratwurst baso yen ini tidak kalah dengan sosis bratwurst produk luar negeri, tapi tidak bikin eneg. Biasanya saya kan kalau makan sosis bratwurst, 1 aja dah blenger eneg rasanya. Kalau ini pas. Jadi seandainya nambah masih kuat, karena rasanya bikin nagih. Ini akan lebih enak lagi kalau dibuat hotdog atau digoreng dicampur mayonaise dan saos sambal. Yummyyy

Keunggulan Sosis Baso Yen

Setiap produk itu pasti ada keunggulannya ya. Termasuk Sosis Baso Yen ini, ia memiliki beberapa keunggulan yaitu :

Produknya fresh terbuat dari daging sapi pilihan.

Ini merupakan keunggulan Sosis Baso Yen yang saya suka, yaitu produknya fresh. Dipesan baru dibuat, tanpa bahan pengawet. Dia cuma tahan 1 hari di suhu ruang.

Jadi kalau yang mesan dari luar kota, harus ada paket pengiriman 1 hari sampai. Kalau berhari-hari mereka khawatir Sosis Baso Yen nya jadi basi dan kualitas jadi buruk. Karena produk Yen ini terbuat dari bahan-bahan pilihan yang berkualitas.

Pengolahan mie baso & sosis Yen ini pun mudah, sehingga setiap orang dapat memasak mie baso & sosis selezat di resto. Dengan terus berkreasi dan tetap mempertahankan idealisme awal dari perusahaan mie baso & sosis Yen yaitu memberikan dan menghasilkan kualitas produk yang prima, sehingga produk-produk yang dihasilkan tetap terpercaya di mata masyarakat.

Untuk yang produk kemasan vacum, begitu dibuat langsung masuk kemasan vacum dan freezer. Jadi awetnya karena dibekukan dengan suhu dibawah 0 derajat.

Waktu dikirim ke rumah saya aja kondisinya masih berasa dinginnya dengan dibungkus bubble wrap. Jadi benar-benar fresh.

Bersertifikat halal MUI.

Selain fresh, keunggulan lain produk Yen dijamin 100% halal dan sudah bersertifikat MUI. Sehingga sudah terjamin kehalalan dan keamanannya bagi keluarga kita. Sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia Jawa Barat-nya bernomor 01011028720 di Bandung.

Ini penting banget buat saya. Biar makanan yang masuk kedalam perut selain sehat, berkah juga.

Bersertifikat penyuluhan keamanan pangan

Seperti yang saya tulis sebelumnya, produk Yen ini terbuat dari dagimg sapi pilihan dan fresh tanpa bahan kimia lainnya. Itu sebabnya produk Yen ini sudah memiliki sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan Nomor: 442/3121-Dinkes di Bandung.

Tentang Baso Yen

Merupakan perusahaan mie, baso, & sosis yang didirikan sejak tahun 1988. Sejak berdiri, perusahaan Mie, Baso & Sosis Yen mengusung idealisme untuk memberikan kualitas yang terbaik. Pengolahan mie baso & sosis Yen ini pun mudah, sehingga setiap orang dapat memasak mie baso & sosis dengan lebih mudah, praktis dan selezat di resto.

Sejak berdiri perusahaan Yen telah dipercaya sebagai pemasok di restoran-restoran, hotel-hotel, cafe, dan foodcourt.

Lokasi Baso Yen

Baso Yen juga Perusahaan Mie, Baso, & Sosis Yen yang berlokasi di Jln. BKR Komp. Puri Kav 61. Kini Baso Yen telah berkembang menjadi tempat produksi yang higienis dan modern berpadu dengan counter penjualan yang nyaman, hal ini sangatlah sesuai dengan moto perusahaan mie baso & sosis Yen yaitu “Paduan Kualitas dan Layanan Sempurna“.

Produk-Produk dan Harga Baso Yen

Saya pikir Produk Yen itu hanya Sosis Baso Yen saja, ternyata setelah saya lihat websitenya di www.basoyen.com ada beberapa produk yang sudah dihasilkan yaitu :

BAKSO

Produk unggulan Baso Yen tentu bakso sapi. Danmemang awal produk yang dibuat itu adalah Bakso. Produk Bakso yang diproduksi ini terdiri dari berbagai varian rasa, yaitu :

1. Bakso Super

Perbedaanya bakso sapi super dengan bakso sapi polos standar ialah dari ukurannya yang sedikit lebih besar. Selain itu, komposisi daging sapi pada bakso sapi super produk Baso Yen jauh lebih banyak sehingga kualitasnya tentu berbeda. Bakso sapi super bisa kita dapatkan dengan harga Rp 51.000/pack dengan isi 20 pcs tiap pack.

2. Bakso Polos Standar

bakso polos sosis baso yen
bakso polos baso yen (photo by basoyen.com)

Bakso polos standar dari Baso Yen bertekstur sangat khas yakni renyah dan tidak berserat. Bakso Sapi Polos Standar dijual perkemasan berisi 25 pcs setiap pack yang dibandrol dengan harga Rp 40.000 untuk setiap pack

3. Bakso Urat Tongcay

Varian urat tongcay ini memiliki tambahan lobak sebagai bumbu penyedap alami dalam bakso urat tongcay. Sehingga rasanya jauh lebih asin dan gurih ketimbang bakso sapi urat standar. Setara kualitasnya dengan bakso super, ukuran bakso sapi urat tongcay ini pun lebih besar dari pada urat standar dan dihargai Rp 51.000/ pack tiap 20 pcs.

4. Bakso Urat Standar

bakso urat baso yen (photo by basoyen.com)

Bakso sapi urat standar produk Baso Yen merupakan bakso urat dengan kualitas pilihan yang bisa kita coba dengan membayar Rp 40.000 untuk setiap pack dengan isi 25 pcs.

5. Bakso Gepeng

Bakso gepeng merupakan produk yang juga sering dicari banyak konsumen Baso Yen. Bentuknya yang berbeda dari bakso pada umumnya, kita hanya perlu mergoh kocek Rp 30.000/ pack untuk setiap 10 pcs bakso sapi Gepeng dari Baso Yen.

6. Bakso Mini

Bakso sapi mini dibuat khusus lebih kecil seperti mutiara sehingga banyak juga yang menyebutnya bakso mutiara. Sering menjadi pelengkap dalam masakan sop, bakso mini bisa menjadi pilihan produk yang selalu kita beli tiap bulan. Untuk tiap 200 gram bakso mini dihargai Rp 39.000/pack.

7. Bakso Mercon

Produk primadona dari Baso Yen ini memiliki rasa yang lumayan membuat meledak di mulut. Pedasnya cabai rawit di dalam bakso sapi mercon tidak perlu diragukan lagi. Sama dengan bakso sapi keju, bakso sapi urat berisi 5 pcs yang bisa kita dapat dengan harga Rp. 18.500/pack

8. Bakso Keju

bakso keju sosis baso yen
bakso keju baso yen (photo by basoyen.com)

Bakso isi memang selalu menjadi incaran penggemar bakso, apalagi jika isinya adalah si gurih keju yang juga lembut saat dimakan. Bakso Sapi Keju menjadi produk yang masuk deratan best seller dari produk Baso Yen. Tiap pack bakso sapi keju berisi 5 pcs yang bisa kita dapat dengan harga Rp. 18.500/pack.

9. Bakso Ikan

Selain bakso sapi sebagai produk utama, Baso Yen juga menyediakan bakso ikan yang bisa dibeli dengan harga Rp 21.000 untuk 10 pcs/pack.

Baso Yen bisa dibilang unggul dengan produk bakso, setiap pembelian 2 pack bakso pembeli yang berbelanja di toko offline bisa mendapat kuah gratis (1/2 liter). Selain kuah gratis yang persediaannya terbatas, tersedia juga bumbu kuah bakso bubuk produk Baso Yen khusus untuk pembelian online. Bumbu kuah bakso bubuk sendiri baru dibuat bulan Desember ini untuk mengakomodir permintaan konsumen Yen online khususnya luar kota yang tidak bisa mendapat kuah bakso yang memang tidak bisa dikirim keluar kota dan hanya tersedia untuk pembelian offline di toko.

BAKMI INSTAN MIYUKI

Bakmi instan miyuki produk siap masak dari Baso Yen yang sudah lengkap dengan bumbu, topping dan bawang goreng. Bakmi instan miyuki memiliki dua rasa yakni manis dan asin. Juga memiliki tiga varian topping diantaranya topping ayam original yang gurih, topping ayam charsiu yang mirip seperti rasa barbaque asin manis, terakhir topping ayam rica-rica yang cenderung pedas.

miyuki sosis baso yen
Miyuki baso yen (photo by basyen.com)

Harga untuk Bakmi Instan Miyuki adalah :

  • Miyuki Manis 36.000 (2 Porsi)
  • Miyuki Asin 34.000 (2 Porsi)
Dan untuk Miyuki ini memiliki 3 toping pilhan, yaitu :
  • Ayam Original
  • Ayam Charsiu
  • Ayam Rica-Rica


SOSIS BASO YEN


Nah, ini dia nih produk yang saya gunakan. Ternyata Sosis baso Yen memiliki 9 jenis sosis yang juga tak kalah lezat dari produk lainnya. Untuk produk sosis packing dari Baso Yen memiliki nama Liebens.

sosis baso yen
sosis bratwurst baso yen (photo by basoyen.com)

Semua produk sosis terbuat dari daging sapi. Sosis yang sering dipesan dan menjadi best seller yakni

  • Sosis bratwurst
  • Sosis bockwurst
  • Sosis cocktail
  • Sosis mini coctail.


Sosis-sosis andalan diatas memiliki beragam varian rasa, yaitu :

  • Sosis Beef Frank
  • Beef Blackpepper
  • Cheese Bratwurst
  • Beef Breakfast Cocktail
  • Chicken Breakfast Cocktail.


Untuk kemasan dari Sosis Baso Yen ada 2 macam yaitu :

SOSIS PACKING VACUM

Sosis dengan packing vacuum ini terdiri dari :

  • Sosis Bratwurst (Rp 42.500) isi 6 pcs
  • Sosis Cheese Bratwurst (Rp 43.500) isi 6 pcs
  • Sosis Bockwurst (Rp 82.500) isi 6 pcs
  • Sosis Blackpepper (Rp 34.500) isi 6 pcs


SOSIS KILOAN

Sosis kiloan merupakan sosis fresh yang dibuat setiap hari dan pembeliannya hanya untuk ditoko. Tidak disarankan untuk pengiriman ke luar kota. Sosis fresh ini bisa dibeli dengan minimal pembelian 250 gram.

Varian sosis kiloan terdiri dari :

Sosis Coctail (Rp 126.000/kg)

Sosis mini dan pendek yang tebuat dari daging sapi dan lemak nabati. Sosis jenis ini cocok untuk berbagai hidangan.

Sosis Mini Coctail (Rp 137.000/kg)

Sosis ini berbentuk mini dan pendek terbuat dari daging sapi dan lemak nabati yang prosesnya diasap dengan kayu pilihan yang memberikan aroma asap yang khas.

Sosis Beef Frank (Rp 165.000/kg)

Frankfurter produksi Yen terbuat dari daging sapi asli dan tambahan bumbu rempah. Sosis jenis ini umumnya dipakai untuk hot dog.


Tempat Membeli Sosis Baso Yen

Untuk pelayanan pembelian Baso Yen ada beberapa tempat layanan yang diberika, yaitu melalui :

  • Counter Yen
  • Mobil Toko
  • Layanan pesan antar Yen
  • Layanan online melalui WhatsApp juga Marketplace
  • Layanan pada konsumen B2B khususnya Hotel, Restoran, Catering dan CafĂ©. 

Pembelian offline bisa melalui dua outlet baso yen, yaitu di
Jl BKR komplek Puri BKR kavling 61
dan
Jl Pasirkaliki no 106

Pada layanan offline bisa menggunakan jasa Grab Food dan Go Food.

Sementara untuk pembelian online baik di Bandung atau Luar Kota bisa melalui WhatsApp di 089678391030 atau marketplace Shopee, Tokopedia dan Bukalapak.

Nah, lengkap deh informasi tentang Baso Yen dan review Sosis Baso Yen. Buat teman-teman yang ingin memcicipi produk olahan yang berkualitas, silakan coba produk Yen yang sudah saya jabarkan diatas. Selamat Mencoba ^_^

Wassalam











No comments

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^