Tips Travel Bersama Anak 2 : Travel ke jogja dengan Bus

bus travel ke Jogja adeufi.com

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum w.w.

“Mi, kita ke Jogja yuk!” ajak Abang Fi, “tapi kita naik bus.” Lanjutnya lagi.
“Memang kenapa, Bang pilih naik bus?”
“Ingin ngerasain aja travel ke Jogja dengan naik bus”

Hmm.. Memang sih terakhir kali kita travel ke Jogja naik bus adalah saat family gathering di tempat saya ngajar dulu. Itu saat Abang Fi usia 1 tahun. Dan itu kali pertama, Abang mengenal bus. Dari situ pula ia mulai menyukai segala hal tentang bus hingga sekarang.

Ada terbesit juga sih travel ke Jogja dengan menggunakan Bus, namun pastinya saya harus butuh persiapan yang matang. Karena ada Adek Fi sekarang. Saya pun mulai mencatat kira-kira apa yang harus saya lakukan seandainya Pak Suami mengeluarkan surat ijin agar kita bisa travel ke Jogja bersama-sama.

Baca juga : Cara naik bus Damri ke bandara dari Pasar Minggu

Langkah awal untuk melakukan perjalanan sudah pasti mencari tiket perjalanan. Jika jaman dulu membeli tiket bus harus datang ke pool busnya, kini kita tidak perlu keluar ongkos untuk membeli tiket. Tiket bus bisa dibeli secara online.

Iya lah yaaa, secara beli tiket saja sudah mengeluarkan biaya, masa harus ditambah ongkos untuk beli tiketnya juga. Apalagi kalau pool busnya jauh dari lokasi rumah kita, pastinya nambah uang makan juga kan? Belum nyemal nyemilnya.. wah banyak deh keluar ongkosnya. Bisa-bisa harga ongkos beli tiket dan harga tiketnya sama deh. Xixixixi... nggak mau kaan?

Nah, kemarin saya dikasih tau sama Abang Fi kalau beli tiket bus secara online bisa dibeli melalui Traveloka. Memang sih untuk keperluan traveling saya selalu menggunakan traveloka untuk memesan tiket ataupun hotel.

Dulu traveloka terbatas hanya untuk membeli tiket pesawat dan booking hotel saja, namun kini kita bisa membeli segala macam tiket transportasi, mulai dari mobil rental, pesawat, kereta, bus bahkan sampai ke restoran pun ada.



Cara Memesan Tiket Bus Travel ke Jogja

Tentunya langakah awal untuk travel ke Jogja bersama anak-anak adalah memesan tiket busnya terlebih dahulu. Cara memesan tiket bus di Traveloka sama dengan cara kita memesan tiket pesawat, yaitu dengan tahapan sebagai berikut :

1. Tentukan Destinasi Travel

Pastinya sebelum kita memulai untuk memesan tiket bis, kita sudah tentukan terlebih dahulu tujuan perginya kemana. Nah, berhubung saya berencana ke Jogja, maka destinasi saya adalah travel ke Jogja

2. Tentukan Tanggal Keberangkatan

Setelah tujuan keberangkatan, kita bisa masukkan tanggal keberangkatannya. Jika kita ingin membeli tiket baliknya, kita bisa langsung menceklis kotak round trip. Maka akan keluar kolom untuk mengisi tanggal kepulangan kita.

3. Tentukan Jumlah Penumpang

Setelah menentukan destinasi, terakhir kita masukkan jumlah tiket yang akan kita beli. Pada aplikasi ini Traveloka memberikan maksimal pembelian tiket hanya untuk 4 orang. Jadi kalau kita mau berangkat rombongan, misal 7 orang, maka kita pesan 4 tiket terlebih dahulu baru pesan lagi sisanya. Resikonya kemungkinan akan dapat bus dan harga tiket yang berbeda.


Nah, setelah kita mengisi semuanya kita klik search, maka akan keluar tampilan list nama bus dan harga bus dari masing-masing bus.

Mensortir Bus Travel ke Jogja Sesuai Pilihan

Pada tampilan bus yang keluar, kita bisa memilih bus-bus travel ke Jogja seuai dengan kehendak kita. Pemilihan kategorinya adalah :

  • Waktu keberangkatan
  • Waktu tiba
  • Harga terendah
  • Lama perjalanan

bus travel ke Jogja adeufi.com

Detail informasi Tiket Bus Travel ke Jogja

Setelah kita ketemu waktu dan harga yang diinginkan kita bisa melihat informasi lebih detail pada bus pilihan kita, yaitu :

1. Informasi Tentang Bus

Untuk melihat detail informasi tentang busnya, kita bisa mengklik detail bus. Sehingga akan keluar tampilan seperti di gambar. Disana kita bisa melihat nama bus, jumlah dan formasi tempat duduk serta fasilitas lain dalam bus yang kita pilih.

bus travel ke Jogja adeufi.com


2. Informasi Tentang Rute Perjalanan

Untuk melihat rute perjalanan kita, bisa langsung klik trip detail. Disana akan ditampilkan melalui kota apa saja dan estimasi lama perjalanan kita.

bus travel ke Jogja adeufi.com

3. Informasi Tentang Harga

Untuk detail total harga yang kita keluarkan berapa sebelum kita mengklik book now, kita bisa klik kotak Price Detail.
bus travel ke Jogja adeufi.com


Nah, setelah semua informasi tentang tiket kita sudah sesuai dengan keinginan kita, maka kita tinggal klik book now untuk memesan tiket bus travel ke Jogja. Selanjutnya kita bisa mengikuti tahapan-tahapan apa saja yang diminta oleh Traveloka.

Tips Travel Bersama Anak dengan Bus

Setelah memesan tiket, sesuai pengalaman saya, ada beberapa tips agar teman-reman makin nyaman bertraveling dengan menggunakan Bus.

1. Pilih Jadwal Keberangkatan Malam

Seperti yang saya tulis diatas travel ke Jogja dengan bus memakan waktu kurang lebih 13 jam. Buat saya yang bosanan, duduk di bis selama itu akan membuat saya jenuh. Iya walaupun ada transit-transit sebentar tetap saja jenuh. Apalagi untuk anak-anak seusia Adek Fi. Perlu banyak trik buat mengajaknya jalan-jalan dengan bus.

Baca juga : Tips Travel bersama anak 1 : first flight

Dengan memilih jadwal keberangkatan malam, kita bisa memanfaatkan lama perjalanan dengan tidur. Begitupun anak-anak akan tidur dengan pulasnya. Sesampainya di Jogja waktu bangun yang pas buat kita. Selain itu, berangkat malam meminimalisir kita untuk ke toilet. Ini buat berjaga-jaga seandainya kita dapat bus yang tidak ada toiletnya.

2. Pilih Formasi Duduk yang Lega

Karena kita memilih malam hari, maka sebaiknya kita memilih tempat duduk yang bisa diubah menjadi posisi tidur yang nyaman buat kita, juga buat anak-anak. Formasi ideal tempat duduk yang nyaman diubah adalah 2-1. Tapi biasanya formasi 2-1 itu harga tiketnya juga lumayan. Ya ada harga ada kenyamanan yaa.

bus travel ke Jogja adeufi.com
formasi seat 2-1

3. Siapkan Mainan dan Makanan untuk Anak

Traveling bersama anak-anak itu butuh perlengkapan lebih banyak, yaitu menyiapkan mainan dan makanan mereka. Semua itu untuk mengalihkan perhatian mereka disaat mereka mulai bosan. Mainan dan makanan apa yang harus dibawa, tentunya para orangtuanyalah yang tau yaa. ^_^


Nah, setelah semua persiapan travel ke Jogja dengan menggunakan bus, kini saatnya rembukan untuk memilih tanggal keberangkatan deh. Semoga tulisan ini juga bisa bermanfaat buat teman-teman yang hendak berpergian dengan bus.

Selamat jalan-jalan ^_^

Wassalam







Sumber foto : Traveloka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^