Keseruan Lomba Sosial Media Sekretariat Kabinet


Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alikum w.w.

Bulan Maret lalu pernah menulis tentang opening ceremony lomba sosial media #MenujuIndonesiaSatu yang diselenggarakan oleh Sekretariat Kabinet RI dan Bank Mandiri. Masih inget nggak? Buat teman-teman yang belum sempat membacanya, silakan dibaca di Lomba Sosial Media #MenujuIndonesiaMaju berhadiah Rp 107jt

Pada acara opening ceremony tersebut, Bapak Pramono Anung, Sekretaris Kabinet RI, menjelaskan bagaimana pembangunan yang telah dilaksanakan di Indonesia ini. Salah satunya adalah pembangunnan PLBN (Pos Lintas Batas Negara).

Lomba sosial media setkab
Saya dan Pak Pramono Anung

Tujuan Lomba Sosial Media Setkab

Bapak Pramono Anung berharap bahwa para penggiat sosial media aware akan pembangunan yang selama ini telah dijalankan oleh pemerintah. Beliau juga menyatakan bahwa lomba sosial media #MenujuIndonesiaMaju bertujuan agar masyarakat paham capaian-capaian pembangunan yang ada di negara kita tercinta ini.

Kenapa harus lomba sosial media?

Sebab, menurut Pak Pramono, saat ini orang sudah melihat dan mencari informasi melalui sosial media. Pemerintah berusaha mengedukasi nitizen lewat lomba-lomba sosial media ini. Jadi jangan sekedar mencari hoax, tapi mencari tahu bagaimana berita-berita yang benar sesuai kebutuhan tema yang disuguhkan oleh SetKab.


Waktu Pelaksanaan Lomba Sosial Media

Lomba ini, sudah dilaksanakan mulai dari bulan April hingga terakhir adalah di bulan November ini dan berlaku bagi seluruh WNI tanpa batasan usia, selama masih memiliki akun sosial media. Doakan saja yaa ada lomba-lomba berikutnya di tahun mendatang.

Demi mendidik nitizen yang kreatif dan tidak termakan hoax, pemerintah mengeluarkan uang sebesar 107jt untuk hadiah-hadiah lomba tersebut.

Macam-macam Lomba Sosial Media dan Hadiahnya

Adapun sosial media yang digunakan untuk mediakan, yaitu :

1. Vlog dengan menggunakan media Youtube

Pada lomba ini pemerintah mengeluarkan hadiah sebesar Rp 10jt untuk 3 orang pemenang.

Lomba sosial media setkab

2. Posting gambar dan menjawab pertanyaan dengan menggunakan media Instagram

Untuk lomba Instagram pemerintah mengeluarkan hadiah sebesar Rp 38jt untuk 33 orang pemenang.

Lomba sosial media setkab
Contoh lomba instagram bulan Agustus

3. Tulisan dengan menggunakan media Blog

Lomba blog hanya memilih 3 orang pemenang yang total hadiahnya sebesar Rp 6jt.

Lomba sosial media setkab

4. Tulisan pendek dengan media Facebook dan Twitter.

Dan lomba twitter juga facebook ini hadiahnya sekitar Rp 56 jt untuk 56 orang.

Lomba sosial media setkab
contoh soal lomba di facebook


Waah banyak yaa.. Sesuai yang disampaikan oleh Setkab RI sebesar Rp 107jt. Dan semua hadiah ini didukung oleh Bank Mandiri.

Kejadian Seru di Lomba Sosial Media

Awalnya saya ingin sekali mengikuti lomba menulis Blog. Dan saya sudah mempunyai konsep untuk menceritakan tentang perkembangan pembangunan Menuju Indonesia Maju. Sebagai anker (anak kereta) sejak jaman kuliah, saya ingin sekali membuat tulisan tentang pembangunan Kereta Api . Tapi sayangnya, saya kelewat tenggat waktunya huhuhu..

Akhirnya di bulan November ini saya tidak mau menyia-nyiakan hadiah jutaan rupiah itu. Saya pun mengikuti semua lomba yang diadakan di Facebook, Twitter dan Instagram. Tema yang dibuat adalah tentang Pahlawan Masa Kini.
Lomba sosial media setkab
Lomba Instagram

Lomba sosial media setkab
Lomba Facebook

Lomba sosial media setkab
Lomba Twitter

Untuk lomba di Facebook mudah sekali, hanya memberikan jawaban dari teka-teki silang yang diberikan oleh admin Fanpage Setkab RI. Tapi saya pesimis untuk menang di Facebook. Secara saya orang yang sudah urutan kesekian untuk menjawab. Tau sendirikan kalau Teka-teki silang tinggal nyontek jawaban diatasnya yang benar. Tinggal di cross cek di google search.

Nah kesempatan tinggal di Twitter dan Instagram. Saya coba mencari, kira-kira meme apa ya yang bisa saya buat untuk tema Pahlawan Masa Kini?

Akhirnya saya teringat dokumentasi foto lama saya, ketika saya msih mengajar di SDI Dian Didaktika. Disana saya sempat diminta oleh kepala sekolah untuk membuat kegiatan yang menarik pada hari pahlawan.

Saya pun mencoba mencari ide yang tidak biasa. Biasanya kan anak-anak disuruh berpakaian baju pahlawan, atau mereka mengadakan lomba-lomba menarik tentang hari pahlawan. Kini saya ingin membuat anak-anak mudah mengenang salah satu pahlawan Indonesia.

Akhirnya saya meminta Kepala Sekolah untuk memilih pahlawan yang ingin dikenalkan. Kepsek memilih Ki Hajar Dewantara, karena sekolah mempunyai lukisan dari guru seni lukis foto dan puisi tentang Ki Hajar Dewantara. Nah biar anak makin terkenang, saya pun meminta 18 bapak guru berdandan ala Ki Hajar Dewantara, lalu mereka masuk ke kelas-kelas untuk berperan sebagai Ki Hajar Dewantara, sambil bercerita tentang sejarah beliau.

Sebelum masuk, saya sengaja memfoto mereka satu per satu. Dan taraaa... ini lah sebagian dari 18 guru tersebut.

Pak Suhari, Guru Matematika

Pak Kholis, Guru PAI

Pak Suparman, Guru Bahasa Indonesia
Teman-teman Bapak Guru lainnya

Nah, salah satu guru ada yang miriiiip sekali. Foto itulah yang saya buat untuk ikut serta di lomba meme Setkab bulan November ini. Dan Barakallaaaah... saya bisa masuk sebagai pemenang dari 10 orang yang dipilih setkab.
Lomba sosial media setkab
Pak Muhsin, Guru Bahasa Inggris (foto yang dikirim di lomba meme bulan november)

Nah, buat teman-teman yang ikut lomba sosial media Setkab bulan november, inilah nama pemenangnya. Selamat yaaa buat semua pemenang.
Lomba sosial media setkab

Lomba sosial media setkab
Nah, ada akun instagramku disini @ummifikri

Lomba sosial media setkab


Nah, seru kaaan.. alhamdulillah, seperti yang saya lihat semua tujuan Setkab untuk menggunakan sosial media dengan baik tercapai, karena nggak sedikit kok peserta yang ikutan. Untuk lomba meme Instagram saja ada 300 peserta. Saya sempat down loh, soalnya itu bagus-bagus semua memenya.
Tapi alhamdulillah, rejeki nggak tertukar kaaan. ^_^

Buat teman-teman yang belum punya kesempatan ikut lomba, jangan berkecil hati. Pantengin terus sosmed-nya Setkab ya. Siapa tau Setkab menyebar lomba-lomba menarik lainnya. Kalau periode tahun ini sudah selesai. Ini follow sosial medianya Setkab yaa :

Instagram : @Sekretariat.kabinet
Twitter : @setkabgoid
Facebook : Setkab RI

Selamat hunting hadiah^_^

Wassalam








Sumber Foto :
Sekretariat Kabinet
Dokumen Pribadi

2 komentar:

  1. Wahhh pantesan Memenya ikutan menang, menarik sih dan mengena banget emang. Selamat Umi Barokallah. Huaaa akupun telat pengen ikutan lomba vlog nya. Tahu infonya aja baru mampir ke sini.

    BalasHapus
  2. Ummi emang mirip nih pak guru yang jadi Ki Hajar. Sama2 orang akademik pula. Keren lah pantas Ummi menang, haha...

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^