Tips Jual Handphone Bekas Secara Online



Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum w.w.

Alhamdulillah sudah 2 tahun saya berkecimpung di dunia perblogeran. Sebenarnya sih suadah dari tahun 2008, hanya saja dulu saya lebih ke tulisan-tulisan opini yang inspiratif. Namun sejak tahun 2016 saya disarankan teman saya untuk fokuskan nichie (tema) blog saya. Cari tulisan yang memang sangat saya sukai. Akhirnya saya memutuskan untuk memilih nichie tentang seputar dunia anak, jalan-jalan dan makan-makan. Kalaupun ada event tentang tema lain, tetap dalam tulisan saya tidak jauh dengan cerita anak-anak saya.



Alhamdulillah lagi dari hasil nge-blog, selama 2 tahun ini saya sudah menghasilkan prestasi.. eciee.. pamer dikit aah.. xixixi.. Dari prestasi saya itu, alhamdulillah saya mendapatkan hadiah-hadiah menarik. Mulai dari kamera pocket, menginap di hotel bintang 4, voucher belanja, bahkan handphone.

Untuk handphone saya sudah 2x dapat hadiah tersebut. Keduanya saya dapatkan dari hasil juara 1 lomba menulis blog. Hadiah handphone pertama saat saya menang juara 1 dalam tulisan Hidup #EnakTapiSehat dengan Vegiefruit Premium Pt. Kalbe Farma, tbk. Dan hadiah handphone kedua, baru bulan lalu nih saya dapat. Menang juara 1 dari tulisan Tips Membuat Bekal Sekolah yang Dicintai Anak-Anak.

Handphone hadiah
Dapat handphone sih seneng yaaa.. tapi kalau handphone lama masih bagus, rasanya sayang saya jual. Akhirnya saya mencoba memutuskan jual handphone bekas saya secara online.

Perkembangan teknologi yang sangat cepat, memang membuat harga gadget semakin mudah turun. Apalagi jika kita perhatikan sekarang ini, berbagai perusahaan handphone berlomba untuk mengeluarkan handphone terbarunya untuk memikat para pengguna. Hal ini pun berimbas pada turunnya harga handphone versi sebelumnya.

Nah, berhubung dapat hadiah hp android terbaru, saya mencoba jual handphone lama saya dan menggunakan yang baru. Apalagi jika handphone yang saya miliki ini, baru dipakai tidak sampai satu tahun. Handphone boleh hadiah juga.. xixixi...

Tapi menjual handphone bekas memang sering kali membuat kita merugi banyak. Lalu bagaimana caranya jual handphone tanpa harus merugi banyak? Yuk simak tips jual handphone bekas berikut ini.

1. Bersihkan Handphone Sebelum Dijual

Fisik handphone adalah hal yang pertama kali akan dilihat oleh penjual. Sehingga kita perlu memperhatikan kebersihan handphone yang akan kita jual. Pastikan kita membersihkan handphone dengan baik ya!

2. Harga Handphone yang Lengkap Tentu akan Berbeda

Jika kita memutuskan untuk menjual handphone, pastikan hp Android tersebut masih memiliki dus dan juga manual book. Kelengkapan lain seperti charger, kabel data atau mungkin headset akan menjadi nilai tambah bagi handphone yang akan kita jual. Untuk itulah, selama menggunakan handphone, jika kita memang berniat untuk menjualnya lagi, rawat semaksimal mungkin. Agar kelak jika dijual, harga yang ditawarkan tidak terlalu turun.

3. Reset Ulang

Pada penggunaan yang cukup lama, tentu handphone kita akan mengalami banyak update terbaru. Mulai dari update OS, hingga update pada aplikasi lainya. Saat akan menjualnya, akan lebih baik kita melakukan factory reset. Dengan mode ini handphone akan kembali seperti pertama kali kita membelinya. Tetapi jangan lupa untuk mencadangkan terlebih dahulu, data yang kita miliki ketempat lain.

Dimana Tempat Jual Handphone yang Tepat?

Setelah handphone kita siap untuk dijual, sekarang saatnya menentukan kita akan menjual handphone ke mana. Ada beberapa pilihan yang dapat kita gunakan. Bisa menjual handphone di counter atau menjualnya secara online.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Kita memutuskan untuk menjual di counter, kemungkinan besar handphone tersebut akan segera laku. Hanya saja harga yang ditawarkan pasti akan rendah. Mengapa? Karena counter membeli handphone tersebut untuk dijual kembali, tentu mereka ingin mendapatkan untung, sehingga harus membeli handphone dengan harga yang rendah agar mendapat untung.

Nah, jika kita memutuskan untuk jual handphone secara online Kita dapat menentukan sendiri harga yang kita inginkan. Meski begitu kita akan membutuhkan beberapa waktu agar handphone kita laku. Salah satu e-commerce yang dapat Kita andalkan untuk jual handphone ini adalah Bukalapak. Karena ada banyak sekali pengguna di Bukalapak dan kemungkinan handphone kita laku pun cukup besar.

Lalu bagaimana agar handphone yang kita jual dapat laku dengan cepat?

Pertama-tama kita dapat melihat harga pasaran di Bukalapak. Filter dengan harga terendah. Setelah kita mendapatkan harga terendah, kita dapat memutuskan berapa nilai jual handphone yang kita miliki. Kita dapat membuat harga dengan sedikit selisih dengan harga terendah yang ada di marketplace tersebut. Hal ini akan memudahkan kita untuk menarik pembeli.

Setelah membuat harga, hal yang tidak kalah penting lainnya adalah membuat deskripsi produk yang jelas. Jangan lupa, jika ada kerusakan atau cacat, Kita harus menjelaskannya dengan detail pada kolom deskripsi. Masukan juga foto produk dengan lengkap. Ini akan membuat pembeli menjadi percaya untuk membeli.

Jangan lupa untuk aktif menanggapi diskusi dengan para calon pembeli. Siapa tahu salah satunya menjadi pembeli handphone kita.

Nah, itulah tips-tips menjual handphone bekas secara online. Semoga bermanfaat yaa ^_^

Wassalam





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^