#AksiSehatCeria : 8 Cara Diet Sehat ala Dokter Sehat

Wednesday, September 19, 2018

#AksiSehatCeria Dokter Sehat


Bismillahirrahmanirrahimm
Assalamu’alaikum w.w.

Hampir semua teman sekolah saya, jika ketemu lagi dengan saya pasti deh mengatakan, “Wah, De.. Lo gemuk banget sih sekarang? Kurusin dooong.” Hmm..

Awalnya saya tersinggung dengan pertanyaan mereka, tapi lama-lama sudah biasa. Habis mau diapain lagi. Saya sudah mencoba berbagai diet sehat yang disarankan teman-teman, seperti diet pisang, diet sayur buah, diet air putih, bahkan produk-produk diet pun saya minum juga. Turun sih, pernah sampai 13 kg malah, tapi setiap saya turun berat badan pasti hamil -_-

Jadi ya saya nikmati saja badan besar ini. Apalagi saat hamil anak ketiga, itu nggak pakai jeda nurunin berat badan (BB), alhamdulillah Allah kasih cepat punya anak. Kelar masa nifas anak kedua yang meninggal, langsung isi. Jadi kebayang kan starting angka BB-nya berapa saat hamil anak ketiga? Dan everybody knows, bahwa yang namanya hamil, begitu kelar melahirkan, pasti menyisakan BB lebih dari starting point-nya. (masih kebawa bahasa anak Jaksel nih ^_^)


Eh, tapi.. obesitas itu bukan derita kaum wanita saja loh, kaum pria juga merasakan. Terbukti dari data yang diberikan oleh dr. Christoper Andrian, M.Gizi, SP.GK, selaku Clinical Nutrition Specialist Ciputra Medical Center, disaat saya menghadiri acara #AksiSehatCeria yang diadakan oleh Dokter Sehat pada hari Sabtu, 15 September 2018.

#AksiSehatCeria Dokter Sehat

Menurut dokter Chris, bahwa obesitas ini bisa membahayakan bagi tubuh kita, karena lemak yang menumpuk itu bukan sekedar ada di permukaan, seperti perut, lengan, dll. Tapi lemak yang berbahaya ini menutupi semua organ-organ penting yang ada didalam tubuh kita, seperti jantung, liver, dll.

Efek dari tertutupnya organ didalam tubuh kita dengan lemak, akan mengakibatkan berbagai macam penyakit tidak menular. Ada 6 penyakit yang disebabkan oleh obesitas, yaitu :
  • Serangan jantung (Heart Disease)
  • Tekanan darah tinggi (Hypertension)
  • Kolesterol (Lipid Problem)
  • Dimensia
  • Diabetes type 2
  • Kanker
  • Polystystic Ovarium Sindrom (Penyakit susah dapat anak karena gemuk)
  • Liver


Duuh serem ya kalau mendengar kenyataan dari pemaparan dokter.. huhuhu..

CARA DIET SEHAT ALA DR. CHRIS

Nah, dari sekian diet yang saya sebutkan diatas Dokter Chris tidak melarangnya, lebih menyarankan untuk konsultasi ke dokter ahli gizi. Hal tersebut berfungsi untuk mengetahui bagus atau tidak digunakan ke diri kita sendiri. Karena menurut Pak Dokter lemah lembut ini (iyaaa gaya bahasa Dokter Chris nih lembut banget.. menenangkan), kondisi tubuh seseorang itu berbeda-beda. Contoh saja diet COD. Diet COD ini tidak cocok bagi yang mempunyai penyakit maag. Lalu diet Keto, untuk diet ini tidak cocok bagi penderita kolesterol tinggi.

#AksiSehatCeria Dokter Sehat
Dokter Chris nara sumber di acara #AksiSehatCeria Dokter Sehat

Selain menyesuaikan kondisi tubuh kita, kita juga harus memahami lebih detail asal usul diet tersebut ada karena apa. Seperti diet keto yang sebenarnya diperuntukan bagi para penderita epilepsi.

Nah, dokter Chris pun memberikan tips diet sehat yang juga merupakan pola hidup sehat bagi siapapun.

Rajin memeriksakan kesehatan

Untuk menjaga dan mencegah kita dari segala serangan penyakit, terutama penyakit yang tidak menular karena obesitas, ada baiknya kita rutin memeriksakan kesehatan tubuh kita ke dokter. Jangan menunggu kita sakit. Minimal lakukan pemeriksaan dengan alat bantu di rumah, seperti pemeriksaan rutin tensi, gula darah dan indeks massa tubuh.

Loh indeks massa tubuh bisa diperiksa di rumah?
Pastinya bisa dong. Kemarin saja dokter Chris memberikan rumusnya untuk kita hitung sendiri indeks massa tubuh, yaitu BMI = Berat badan (kg) / (Tinggi Badan – meter)2

#AksiSehatCeria Dokter Sehat
rumus menghitung BMI

Tapi menurut Dokter Chris selain rumus tersebut harus dilihat usia juga. Nah, daripada ribet, untuk mengukur BMI ini kita bisa menghitungnya di web Dokter Sehat.

DokterSehat menyediakan beberapa fitur lain seperti kalkulator Body Mass Index (BMI) untuk menghitung berat badan ideal, kalkulator kalori, kalkulator masa subur, kalkulator kehamilan, dll. Tinggal masuk ke link ini : https://doktersehat.com/menghitung-berat-ideal-kalkulator-bmi/


Makan sesuai kebutuhan, bukan keinginan

Berhubungan dengan makanan pastinya berhubungan dengan kalori (energi). Karena kita makan untuk hidup bukan hidup untuk makan. Jadi kita membutuhkan makanan untuk energi (kalori).

Pada penjelasan di acara #AksiSehatCeria Dokter Chris menyarankan kita harus bisa menyeimbangkan antara kalori (energi) yang masuk dan keluar.

#AksiSehatCeria Dokter Sehat

Dalam sehari kebutuhan kalori yang masuk untuk pria dan wanita itu berbeda. Menurut penjelasan Pak Dokter AKG ( Angka Kecukupan Gizi) di tahun 2013 pria adalah 2.500 kalori, sedangkan wanita sebesar 2.100 kalori.

Kalori yang masuk kita bisa dapati dari makanan yang kita konsumsi, sedangkan kalori yang keluar melalui 3 hal dibawah ini :
  • Resting Calories : adalah energi yang dikeluarkan untuk proses metabolisme tubuh.
  • Kegiatan sehari-hari
  • Olahraga

Makan 5-6 kali sehari

Loh kok 6x sehari? Dimana-mana kalau diet itu selalu disarankan untuk kurangi makan. Ini kok malah disuruh makan 6x sehari.

Yes, Dokter Chris justru menyarankan kita lebih baik makan 6x sehari tapi sesuai takaran gizi (piring gizi seimbang) daripada 3x sehari tapi melewati batas gizi.

Yang dimaksud Dokter Chris 5-6 kali makan itu adalah (3 kali makan besar dan 2-3 kali snack time).

#AksiSehatCeria Dokter Sehat
jadwal makan sehari-hari


Loh dok itu kok jam 9 malam masih boleh makan?
“Memang boleh,” jawab Dokter Chris, “Tapi.. cukup snack saja, snack sehat ya. Daripada tengah malam kelaparan lalu kita terbangun dan makan berat, itu yang dilarang. Dan dilihat juga porsinya ya.” Lanjut Pak Dokter dengan sambutan hip hip huray dari saya.. hehe..

Kurangi produk tepung dan nasi

Untuk tips ini sangat disarankan bagi kita yang kelebihan berat badan. Dokter Chris tidak menyuruh kita untuk menjauhinya, tapi lebih ke kurangi. Misalkan kita biasa sarapan nasi uduk dengan gorengan bakwan, bihun kecap, dan kering kentang, sebaiknya besok kita kurangi satu-satu.

Tepung apa saja, Dok?
Itu pertanyaan yang kami lontarkan kemarin. Dan Pak Dokter menjawab segalam jenis tepung, mau tepung tapioka, terigu, jagung atau sagu, semua musuh.

Dokter Chris menyarankan agar kita lebih banyak makan-makanan yang banyak mengandung protein, baik nabati ataupun hewani, seperti ayam, telor, tahu, tempe, dll.

Ubah cara masak

Siapa yang suka gorengaaan? *ngacung
Yes, orang Indonesia itu pencinta gorengan sebagai cemilan. Coba perhatikan, hampir seluruh sisi kita berjalan di negeri kita tercinta ini pasti ketemu tukang gorengan. Apalagi saat buka puasa, nggak ada gorengan bagai kapal yang terombang-ambing dilautan lepas. Halah.. lebay. Pokoknya gorengan is the best lah ^_^

Nyemil gorengan itu paling asyik yaa.. tapi kemarin dokter menyarankan kita menjauhinya. Karena dalam gorengan banyak yang harus dihindari, yaitu lemak dari minyak dan karbohidrat dari tepung.

Bahkan Dokter Chris menyarankan kita untuk merubah cara masaknya. Sebaiknya makanan yang kita masak itu proses dibuatnya dengan cara di rebus, kukus, pepes, dan di panggang. Kita bukan nggak boleh menggoreng, tapi goreng yang menggunakan minyak dikiiit banget, seperti di tumis.

#AksiSehatCeria Dokter Sehat


Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Cairan dalam diri kita sangat penting sekali untuk proses jalannya darah dalam mengalirkan nutrisi ke seluruh tubuh. Cairan tidak melulu harus air putih, tapi kebutuhan air putih tetap harus lebih banyak daripada air berwarna.

#AksiSehatCeria Dokter Sehat


Lakukan Olahraga secara rutin

Naaah ini nih yang pastinya masih banyak yang tidak rutin melakukannya. Alasan paling utama adalah sibuk. Kaalau saya ditambah malas.. duuh.. jangan ditiru.

Olahraga yang disarankan pak dokter adalah olahraga ringan, tapi dilakukan rutin 30 menit setiap harinya. Seperti berenang, sepeda statis, senam, dan jalan cepat.

#AksiSehatCeria Dokter Sehat

Rajin donor darah

Kalau tips ini adalah tambahan jika kita ingin hidup lebih sehat dari biasanya. Karena banyak manfaat yang bisa kita dapat dari donor darah, salah satunya adalah tubuh kita jadi lebih bugar.


TENTANG DONOR DARAH

Pada acara #AksiSehatCeria dari Dokter Sehat selain blogger gathering ada juga acara donor darah sukarela, yang bekerjasama dengan komunitas Blood4Life Indonesia, Ciputra Medical Center, Blogger Perempuan dan Indodax.

Eh, sudah pada tahu belum Indodax itu apa?
Indodax adalah platform untuk membeli dan menjual Digital Asset seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple dan lain sebagainya. Digital Asset bisa dibeli menggunakan Rupiah atau Bitcoin.

Indodax ini juga menyediakan sistem yang mudah, cepat dan aman untuk melakukan transaksi Digital Asset.

Acara #AksiSehatCeria merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) Indodax bersama Dokter Sehat dalam rangka memperingati Hari PMI serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gaya hidup sehat serta berbagi untuk kemanusiaan.

Kembali ke tentang donor darah yaa..

Menurut Pak Faisal Nur Hidayat, selaku koordinator divisi edukasi dari komunitas Blood4Life Indonesia, bahwa di Indonesia itu sebenarnya butuh minimal 5,1 juta kantong darah per tahun, kurang lebih 2% dari penduduk Indonesia. Sedangkan produksi kantong darah hanya ada 4,6 juta kantong darah. Dari 4,6 juta kantong darah tersebut 3,05 juta berasal dari pendonor.

#AksiSehatCeria Dokter Sehat
Pak Faisal Nur Hidayat

Komunitas Blood4life Indonesia ini didirikan oleh Valencia Mieke Randa di tahun 2009 adalah untuk membantu kekurangan kebutuhan kantong darah tersebut. Mereka membangun IGD Maya.

Apa itu IGD Maya?
IGD Maya adalah media penghubung antara pendonor darah dan yang membutuhkan darah secara online.

Mereka selalu update jumlah kantong darah yang masuk dari seluruh Indonesia. Sehingga disaat ada yang membutuhkan mereka bisa memberikan informasi tentang jumlah kantong darah yang tersedia.

Berarti pendonor juga bisa dong menghubungi IGD Maya?
Yes. Bagi kita yang hendak mendonorkan darah, kita bisa menghubung IGD Maya untuk mencari tahu dimana kegiatan donor darah yang terdekat dengan lokasi kita saat itu. Jadi kita nggak perlu datang jauh-jauh ke kantor PMI pusat jika ingin mendonorkan darah kita.

IGD Maya akan membantu memberikan informasi detail secara real time melalui hotline number : 0878 – 7519 – 5599

Apa saja sih syarat jadi pendonor?
Menjadi pendonor itu nggak sembarangan orang bisa mendonorkan darahnya. Ada syarat-syarat tertentu sebelum kita mendonor, karena kan darah ini akan digunakan untuk yang sakit yaa, jadi darah yang disumbang juga harus sehat.

Nah, saat acara mendonor di #AksiSehatCeria, saya dan teman-teman ke ruang donor yang disediakan oleh Ciputra Medical Center. Ada 2 tahapan yang harus kita lakukan sebelum mendonor, yaitu :

1. Mengisi Formulir Donor Darah

Sebelum kita masuk ke ruang donor kita mengambil formulir untuk donor darah. Disana akan banyak pertanyaan seputar kesehatan kita.

#AksiSehatCeria Dokter Sehat
formulir pendaftaran donor darah


2. Di Tes Kesehatan

Setelah mengisi formulir donor darah, kita berikan formulir tersebut ke petugas cek kesahatan. Cek kesehatan yang dilakukan adalah cek tensi dan cek kadar hemoglobinnya. Jika semua sudah lolos, kita boleh masuk ke ruang donor.

#AksiSehatCeria Dokter Sehat
tes kesehatan (ki : tes kadar darah, ka : tes tensi)

Pada saat di cek kesehatan, petugasnya memberikan masukkan apa saja yang harus kita lakukan sebelum berangkat ke tempat donor darah. Agar kedatangan kita tidak menjadi sia-sia, yaitu :
  • Tidak minum obat-obatan minimal 3 hari sebelumnya.
  • Bagi wanita : tidak sedang menstruasi, hamil dan menyusui.
  • Tidak sedang di vaksin, kecuali vaksin tersebut sudah dipakai. Contoh saat berangkat umroh atau haji biasanya kan kita selalu di vaksin menginitis. Nah jika kita sudah di vaksin tapi belum berangkat umroh, maka kita tidak boleh donor. Dikhawatirkan jika mendonor, fungsi vaksin tidak bekerja dengan baik saat berangkat. Jika sudah berangkat tidak menjadi masalah.
  • Istirahat yang cukup
  • Perbanyak minum air putih. Karena kemarin salah satu teman blogger lamaaa sekali penuh kantong darahnya, padahal ia masuk lebih dulu dibanding saya, tapi saya duluan yang selesai. Menurut petugas PMI-nya, karena pendonor kurang minum sehingga darahnya mengental dan cepat beku. Jadi Beliau donor tidak sampai penuh 1 kantong.
  • Tidak ada riwayat penyakit yang berhubungan dengan darah, seperti diabetes, TBC, dll.
  • Berat badan harus diatas 45 kg. (Nah yang ini saya lolos banget kaan)
  • Tidak donor darah di 2 bulan terakhir.


Kenapa sih kita harus donor darah ?
Banyak sekali manfaat donor darah ini, diantaranya adalah untuk :
  • Bagus untuk kesehatan jantung
  • Mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh
  • Meningkatkan produksi sel darah merah baru
  • Mendeteksi penyakit
  • Pemeriksaan gratis
  • Merawat kesehatan hati
  • Memperbayak pahala sedekah
  • Menurunkan berat badan


Mba, katanya kalau donor bisa kita tertular penyakit lain, seperti HIV?
Loh, justru kita jadi tahu kita ada penyakit tersebut atau tidak. Karena setelah donor darah kita akan di cek di laboratorium untuk pemeriksaan lebih lanjut. Jika memang kita terindikasi penyakit-penyakit berbahaya seperti hepatitis A, HIV, spilis, torch dll, kita akan dihubungi pihak PMI melalui telp yang kita tulis di formulir pendaftaran.

Beruntung kan kita mendonorkan darah kita? Tanpa perlu biaya besar untuk medical chek up, kita bisa dapat pemberitahuan dari PMI.

#AksiSehatCeria Dokter Sehat
Ini darah saya setelah selesai donor


Kalau kita mau ikutan donor darah dimana ya mba?
Yang jelas di kantor pusat PMI pasti selalu ada untuk donor darah. Selain di PMI kita bisa juga menghubungi IGD Maya dari Blood4life Indonesia untuk mengetahui event donor darah terdekat.

TENTANG CIPUTRA MEDICAL CENTER

Selesai donor darah kita diberikan gimik makanan untuk menambah kalori agar sel darah merah punya tenaga untuk memproduksi. Saya kemarin lebih memilih donor darah sebelum makan siang, jadi setelah donor, saya langsung makan siang yang diberikan panitia. Karena setelah itu kita ada kegiatan keliling di Ciputra Medical Center (CMC).

CMC ini terletak di lantai 5 Lotte Shopping Avenue Jakarta Selatan dan menempati area seluas 1500m2 dengan interior eksklusif, bernuansa nyaman dan bersahabat. CMC menyediakan layanan-layanan kesehatan dengan konsep yang terintegritas satu dengan lainnya dan saling melengkapi. Konsepnya disebut juga dengan Integrated Health & Wellness Center.

Pada saat keliling CMC kami dipandu oleh Bapak Raymond Chandra, selaku Marketing Communication Officer CMC. Kita ditunjukkan beberapa ruangan klinik yang terdapat di CMC.

#AksiSehatCeria Dokter Sehat
Bapak Raymond Chandra

  • Ruang Mind and Behaviour (Kejiwaan)
#AksiSehatCeria Dokter Sehat
ruang diagnosis mind and behaviour cmc

  • Ruang Akupuntur
  • Ruang Adam Clinic (Andrologi)
#AksiSehatCeria Dokter Sehat
Adam Clinic CMC

  • Ruang Skinsthetic
  • Ruang Dental Clinic
#AksiSehatCeria Dokter Sehat
Ruang periksa gigi dewasa CMC

#AksiSehatCeria Dokter Sehat
Ruang periksa gigi anak CMC

  • Ruang Periksa Dokter Umum dan Spesialis
  • Ruang Life Choach

#AksiSehatCeria Dokter Sehat
Ruang life coach CMC


Selain ruang-ruang tersebut, CMC mempunyai ruang eksekutif, dimana pasien masuk bukan lewat pintu uatama, melainkan lewat pintu khusus, sehingga tidak terlihat oleh banyak orang.

Begitu juga kerahasiaan pasien, khususnya pasien Adam Clinic. Biasa kan pria punya gengsi tinggi dari wanita, CMC menjaga perasaan kaum pria tersebut dengan merahasiakan identitas pasien. Bahkan sampai ke pegawai resipsionis pun tidak tau identitas si pasien. Semuanya hanya diserahkan ke 1 orang petugas khusus yang memgang data kerahasiaan pasien.

TENTANG DOKTER SEHAT dan LOMBA BLOG 

DokterSehat sendiri merupakan salah satu portal kesehatan di Indonesia yang menyediakan informasi, panduan, dan konsultasi online. Sejak didirikan pada akhir Desember 2015 oleh Indra Adam Darmawan, DokterSehat berkomitmen untuk mengedukasi masyarakat Indonesia agar lebih sadar bahwa menjaga kesehatan itu adalah hal yang penting dan mudah dilakukan.

#AksiSehatCeria Dokter Sehat
Bapak Indra Adam Darmawan

Semua informasi kesehatan, fitur, dan konsultasi di DokterSehat bisa diakses secara gratis oleh masyarakat Indonesia.

Nah, selesai keliling-keliling, selesai juga acara #AksiSehatCeria. Selain mengajak kita untuk berbagi dengan donor darah, Dokter Sehat juga mengajak teman-teman untuk ikut lomba blog dengan hadiah jutaan rupiah looh.

Caranya cukup tulis artikel 500 kata tentang pola hidup sehat. Lomba berlangsung sampai 16 Oktober 2018 lho! Selengkapnya, klik www.doktersehat.com/blogsehatceria

#AksiSehatCeria Dokter Sehat


Yuk, ikutan! Siapa tau ada rejeki teman-teman di sini. ^_^


Wassalam





6 comments

  1. Saya sukanya makan junkfood, pie iki?? Lengkap sekali artikelnya. Salam kenal

    ReplyDelete
  2. Jadi pengen donor darah lagi nih.. sudah hampir 1 tahun lebih ga donor darah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sok atuh hubungi dokter sehat atau blood4life utk cari tau donor darah terdekat

      Delete
  3. Mba aku gagal terus kalo donor, katanya tekanan darah belum cukup. Akhirnya aku selalu jadi panitia, hahaha pengen tahu rasanya donor darah.

    ReplyDelete
  4. Nah iya snack buah dan olah-raga atau gerak badan ini yang mesti melengkapi ya untuk balancing diet. Ngomong2 diriku belom pernah loh donor darah. Tempatnya keren banget ya.

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^